Sakamichi Review : Eccentric

Well, kali ini Sakamichi Review yang sedikit berbeda dari biasanya. Belum ada single baru yang dirilis oleh dua grup Sakamichi. Dari Nogi, masih hanya muncul satu lagu (kemungkinan) coupling dari 18th singleHito Natsu no Naga sa Yori yang digunakan dalam event Odaiba Minna no Yume Tairiku 2017.

Dari Keyaki, album pertama mereka hampir dipastikan akan menunda rilisnya single kelima, mengundurnya menjadi fall single. Tapi, sementara itu, Keyaki merilis MV dari coupling Fukyouwaon yaitu Eccentric. Dalam review sebelumnya aku sudah mengatakan Eccentric adalah lagu favoritku dari Fukyouwaon, dan kali ini MV-nya dirilis.

[1080p] MV Keyakizaka46 - Eccentric [suki48.web.id].mp4_000279279

Karena Eccentric menjadi theme song untuk drama Zankokuna Kankyakutachi, maka kupikir mungkin akan ada korelasinya antara MV ini dengan dramanya selain kostum. Pardon me karena aku sama sekali tidak mengikuti Zankokuna Kankyakutachi jadi tidak tahu apa memang ada hubungannya. Tapi dengan begini aku jadi bisa melihat MV ini apa adanya.

Eccentric adalah uncut diamond dari single keempat Keyaki. Setidaknya menurutku karena selain bias -I am sucker to rap- Eccentric secara umum membawa level vokal Keyaki sedikit lebih baik. Tidak sampai satu level lebih baik, tapi bisa dibilang membuat harmoni vokal mereka lebih enak.

Fukyouwaon (main single), W-Keyakizaka no Uta (brand), Tuning (kembalinya Yuichanzou), Wareta Smartphone (MARRY adalah unit yang menjanjikan dari komersil), dan Bokutachi wa Tsukiatteiru (H.Keyaki, de facto Under Member) maka jelas Eccentric kalah prioritas untuk dibuatkan MV dari single keempat.

Langsung ke MV, harus berulang kali melihatnya sebelum paham benar artinya. Atau seperti biasa, MV Keyaki butuh pencernaan yang kuat. Dari scene pembuka, langsung terlihat Neru yang sedang tiduran di kursi dapur. Awalnya kukira dia adalah Zuumin, tapi ternyata tidak, saat dia menghadap kamera.

Yang paling kupuji dari MV ini di satu menit pertama adalah distribusi screentime per member yang lebih baik dari MV Fukyouwaon. Tidak secepat Fukyouwaon dan memberi jatah detik yang membuat kita bisa mengenali member dengan mudah. Dan untuk front row Fukyouwaon, hal ini justru malah lebih baik dari MV main single-nya.

Efek lain dari screentime ini adalah membuat MV ini tidak seekstrim Fukyouwaon. Rap yang cepat dan pengambilan gambar yang lambat menjadi kombinasi yang bagus juga. Komposisi gambar yang digunakan juga bagus, membuat efek unorthodox Keyaki menjadi lebih kuat. Cukup suram, tapi justru bagusnya disitu.

Setelah itu, aku merasa dance scene a la tarian tradisional itu ada hubungannya dengan Zankokuna? Karena aku tidak menemukan alasan kenapa di scene pertama Mona yang duduk di singgasana dengan Mizuho sebagi pendampingnya. Dan kenapa kemudian diganti oleh Yuipon dengan Nijika? Falling monarch? Oh, dan satu lagi, dance di bagian ini mengambil inspirasi dari Ookami ni Kuchibue wo jelas.

Scene memutar sepatu, berjalan di atas meja guru, dan berjalan dengan satu kaki telanjang menurutku adalah manifestasi dari lirik Eccentric yang cukup depresif. Lebih seperti IDGAF, terlebih saat member bernyanyi di bawah guyuran hujan. Tentang bahwa lebih mudah untuk disalahpahami karena pada dasarnya orang akan melihat luarnya saja. Pesan yang disampaikan Takahiro benar-benar kena disini.

Beralih ke scene berikutnya saat siluet Zuumin -dikonklusikan seperti itu karena ini jelas adalah bagian Zuumin, dari vokal- muncul dan saat shot semua member kecuali Zuumin di kursi. Pesan bahwa Zuumin akan kembali masih kuat, dan jika memperhatikan di awal, Berika hanya sendiri disaat harusnya Zuumin ada. Scene berikutnya yang menarik adalah dance di gimnasium, mirip dengan Dare Yori mo Takaku Tobe! dari segi sinematografi.

Artsy strikes back. Setelah Ano Kyoushitsu, kali ini MV dengan simbologi yang sulit dipahami kembali. Neru yang dikelilingi member membentuk pose-pose aneh, dalam hal ini, korelasi dengan liriknya cukup kena. Singkatnya, er, well, banyak yang bisa disimpulkan dari sini, yang paling kuat kutangkap adalah tentang skandal. Mungkin juga ini kembali berkaitan dengan Zankokuna.

Tecchi yang menjauhi member di bagian ini adalah manifestasi dari sikap introvert Tecchi. Kemudian Neru yang menjadi center disini mengatakan “mou, souiu no kanben shie yo” yang masuk pas antara lirik dan visual MV. Well, harus kukatakan penggabungan lirik dan visual disini benar-benar strike. Simbologi dari speak no evil, hear no evil, see no evil? Banyak yang bisa menjadi maksud sebenarnya.

Dance Eccentric jelas menjadi topik utama. Unik dan relatif sulit diterima akal fans idol. Untuk fans Keyaki yang mungkin sedikit terbiasa akan dance unik saja butuh waktu untuk mencerna lagu ini baik MV maupun live, apalagi bagi fans idol lain. Tak heran banyak pendapat yang terbelah untuk dance kali ini.

Seperti biasa, masih ada sedikit mishap di koreografi. Di beberapa bagian terlihat dance yang tidak sinkron. Kecil sih, tapi memang kita tidak bisa mengharap kesempurnaan. Lagipula kesalahan ini tidak akan bisa dilihat jika tidak memperhatikannya benar-benar.

Beberapa member mendapatkan screentime lebih; selain Tecchi ada Neru, Yuuka, dan 2Watanabe. Neru dan Yuuka karena mereka adalah Tridente di 4th single ini jadi tidak terlalu aneh. Yang sedikit membuat aneh adalah 2Watanabe. Sekali lagi, hal ini bisa merujuk pada Zankokuna dan aku tidak tahu itu. Tapi jika tidak, sedikit mustahil jika tidak ada maksud tertentu dibalik ini. Mungkin berhubungan dengan akan ikutnya 2Watanabe di TGC.

Cerita di balik pemilihan scene untuk mereka juga menarik. Semua scene Neru lebih seperti mengatakan keberadaannya sebagai member H.Keyaki akan mengundang banyak hal. Yuuka yang bertemu jalan buntu masih berkaitan dengan liriknya dimana kita akan sering menemui hambatan. Bagian 2Watanabe mungkin adalah deskripsi “normal” dan “eksentrik”, serupa tapi tak sama.

Secara keseluruhan, Eccentric benar-benar menunjukkan keeksentrikan lagu dan MV ini. Pesan depresif yang disampaikan disini kuat, I’ll say, mungkin salah satu lagu Sakamichi paling dark. Dari lirik yang semacam ini sudah cukup sering terjadi, tapi divisualkan dalam MV yang seperti ini, baru pertama kali. Pesan dari lagu ini mungkin memang “be yourself” tapi dengan konteks yang sedikit ekstrim.

MV semacam ini memang cukup berbahaya, jika terlalu mendalami atau berusaha mengerti maksudnya dan malah keliru. Bisa juga pendapatku yang kutulis disini salah, karena memang susah untuk memahami total inti dari MV Keyaki. Kali ini, Keyaki menghadirkan MV yang berbeda dari pattern biasanya, lebih artsy dan symbolic, tak heran karena sutradaranya sama dengan Sekai ni wa Ai Shikanai.

Yang pasti, Eccentric membawa konteks “berbeda dari yang lain” dalam porsi yang sedikit lebih dan tidak untuk semua orang. Image “cool” Keyaki justru bertambah dengan MV ini, hanya secara general, dalam artian konteks, MV kali not really my cup of tea. Bagaimana dengan kalian?

[1080p] MV Keyakizaka46 - Eccentric [suki48.web.id].mp4_000264264
Being eccentric didn’t hurts, but mind the continuity
All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

82 Comments

  1. Weh. Memang, yg diharapkan dari Keyaki wkwk. Saya sempat kaget, sih, waktu lihat live dance lagu ini pada copot sepatu semua. Unik. Tapi juga catchy. Dan terkadang saya ngerasa lama-lama Keyaki sedikit rasis …. Btw kangen Zuumin.

    Like

    1. Ya, dance-nya itu, sama tentang skandal Neru. Anggota terlambat dapat banyak jatah ketimbang anggota ori 😂

      Like

    2. Dance emang bisa dibilang agak provokatif sih, tapi tergantung persepsi juga. Soal Neru, ane udah keseringan bilang jadi ya gitu deh 😀

      Like

  2. Baru 3x liat MV ini. Pertama, pas abis download, kedua pas lagi nyantai, ketiga pas pengen cari Ue dan liat member basah2an. Setelah itu, ga ane liat lagi. 🙂

    Sebenernya, dari semua lagu di single ke4, Eccentric adalah lagu yg pertama kali nyangkut di telinga ane. Perpaduan antara piano, mentahan dan rap, pas buat ane. Tapi, sayangnya, agak down pas liat MVnya.
    Ane ga bilang MVnya ga keren. MV ini keren dan setuju dengan pendapat mimin tentang banyak simbol dan visualisasi lirik yg digambarkan di MV ini. Tapi, down ane disebabkan karena trauma sama drama mereka. Liat seragam yg sama dengan drama di MV ini, rasanya agak ga nyaman.
    Selain itu, mungkin karena temanya sama dengan MV Keya sebelumnya, rebel, agak bosen juga. Pengen rasanya liat Keya dapat lagu dan MV yg romantis. 🙂

    Soal dance, kayaknya udah banyak dibahas tentang keeksentrikannya. Tapi jujur, ane tertarik dan pengen liat versi awal dance ini, sebelum diubah jadi seperti di MV. Bayangan ane, dance versi awal ini ada sisi imutnya. Mungkin versi awal ini yg ditampilkan pas HUT Keya kemaren. 🙂

    Center di MV ini kayak ada 2, Tecchi dan Neru. 😀
    Bagian yg ane suka mungkin pas reff ke2, pas Ue seperti ngetrance pas ngedance. 😀

    Like

    1. Ane cuma buka filenya sekali, liat sampe eneg diulang2 selama 4 jam 😀

      Kalau lagu ane gak ada komentar lagi. Tapi emang kenapa kalau seifukunya sama kaya Zankokuna? Ada sesuatu kah?

      Selama link 1st BD belum keluar, gak bisa ngomong deh kalau soal ini 😀
      Tuh sebelah gak up berita Keyaki Republic ya? 😀

      Ue trance pas dance? Di menit berapa?

      Like

    2. Hadeh, 4 jam apa ga pusing tuh, min? XD

      Bukan, seifukunya mengingatkan ane ke dramanya. Dan, dramanya ga banget. Jadi, perasaan ga banget dari drama, kebawa pas liat MV ini. 🙂

      Keyaki Republik itu yg diomongin Oda di SRnya kemaren, kan? Ada apa emangnya?

      Menit 3:34 dan 4:02. Yg keliatan banget di 4:02.

      Like

    3. Ane mao komenin dramanya aja, kalo mv si menurut ane oke.

      Ane setuju dramanya gak banget, padahal ane tertarik sama temanya dan naruh ekspektasi tinggi. Sebenernya story line oke, tapi soal detailnya seperti gak diperhatikan yg bikin penonton bingung.

      Tapi ane baru nonton sampe eps 6 soalnya baru nemu sub indo sampe eps segitu. Kalo ada link sub bisalah dibisikin 😀 😀

      Like

    4. @mas
      Muntah iya, sampe tidur aja gak enak 😀

      Zankokuna jelek ya? Ane cuma liat dua episode pertama sih.

      Ya kali aja tergugah itu bapak kos dari penyakit males 😀

      Itu dia sampe trance begitu gak encok semua tuh, kan baba 😀

      @queen
      Kalau dibandingin Tokudare emang Zankokuna sebegitu parahnya kah?

      Gegara komen2 soal drama ini ane liat di kosan sebelah dan males bacanya, analisis panjang2 semua 😀

      Like

    5. @queen
      Sebenernya ada banyak kekurangan yg bisa ane tulis soal dramanya. Banyak kejanggalan dan ketidak wajaran bertebaran disana-sini. Tapi, yg mungkin paling bikin mengecewakan karena gembar gembor diawal sebelum tayang.
      – Pertama, dari judulnya Cruel Audience, sudah bisa dibayangkan kalo dramanya bakalan dark-dark gimana gitu. Ternyata…ga. Dan sampai episode hampir selesai ini juga, cruelty dari audiensnya sama sekali ga keliatan.
      – Nama beda dari member seperti mereka bakalan jadi orang yg beda. Tapi, sama saja. Joke yg dipake sama dengan yg mereka pake di variety.
      – Diwawancara, mereka bilang suruh perhatiin akting mereka. Tapi, aktingnya sama aja, bahkan lebih buruk dari TokuDare. Karakter mereka ga jelas sama sekali di drama ini.
      Plus, didrama ini terlalu banyak ekspos cerita penontonnya. Ga tau hubungannya apa. Dan juga melibatkan YouTubers yg cuma manggut2 dan bilang “ii ne”, ga ada hubungannya.
      Yg jelas, ane bisa bilang, drama ini gagal. Alur cerita ga jelas, terlalu maksa pake popularitas Keya dan kayaknya penulis scriptnya ga mampu buat karakter untuk semua member, karena ditengah drama, setengah dari member dihilangkan. Ngakak aja ane liat drama ini. 😀

      @mac
      Dedikasi banget buat bikin MV review. 😀

      Ane udah tulis diatas. 🙂

      Udah ada pengumuman resminya, kan? Mungkin aja dia mau angkat. 😀 Berarti SR Oda kemaren keceplosan dia. Kitano 2.0 😀

      Ga lah, dia udah latihan, plus udah dibeliin vacuum, jadi lebih enteng pas bersihin kamarnya. 😀

      Like

    6. Gimana lagi, passion berujung pasien 😀

      Jadi makin males buat sedot drama ini 😀

      Cuma kok belum diangkat2 ya? *lirik yang punya kos 😀

      Efek dibeliin vacuum cleaner mahal belum keliatan 😀

      Like

    7. Kalo mimin sakit, Aka dan Zukki ane yg jagain dan bimbing. 😁

      Banyak WTF moment. Tapi ane penasaran, gimana ep akhirnya. Pengen tahu, apa penulisnya bisa kasih konklusi yg masuk akal dan memuaskan atau nggak. 😀

      Mungkin masih Minggu, jadi ga ada waktu. 😀

      Dan, ponkotsu dia kumat, vacuum udah bagus2 dicopot2 ga bisa balikin. 😁

      Like

    8. Yang dulu aja baru 2 hari absen serigala dimana2 😀

      Tinggal satu episode kah?

      Palingan alasannya lagi males 😀

      Dia mau ngerebut titel Ponkotsu Queen dari tangan Berika? 😀

      Like

    9. @mas iya banyak bgt yg janggal cotohnya waktu pintu sudah bisa kebuka kenapa gak semuanya aja langsung keluar 😀 😀
      Ane kira juga bakal serem ni drama, ternyata yg dilakuin member gitu gitu aja 😦
      Kalo soal acting ane no coment krn ane gak ahli.

      Yg ane inget dari dramanya cuma techi sering ngomong f*ck 😀 😀

      Like

    10. @mac
      Becanda min, ane ga akan ganggu Aka dan Zukki, kok. 😁

      Iya, katanya mau disiarin di SR. Pengennya di Hulu, jadi meski 720p tapi ga gede2 amat sizenya. Tapi, ta apalah. 🙂

      Kebanyakan bini dia, termasuk yg udah grad. 😁

      Mungkin terinspirasi dengan Berika, yg meskipun ponkotsu, tapi jadi model Larme. Ue ngeponkotsu lagi, biar dapat tawaran. Semoga KeRA. 😀

      @queen
      Ucapan Tecchi itu yg ane ga suka.

      Ga hanya pintu aja. Yg paling janggal menurut ane, ya nama member yg ga diungkap dan cuma pake nomor urut. Kalo mau ditelusuri, jadinya ga masuk akal. Ada instansi pendidikan yg ga ngebolehin ngumbar privasi, jadi mereka dididik untuk hidup dengan sistem itu, yang artinya, sistem di masyarakat di drama ini emang ga ngumbar privasi sama seperti yg diajarkan di sekolah itu.
      Kenyataannya, para penonton ga gitu, mereka terlihat hidup normal. Beberapa member bahkan tahu nama asli member lain. Dan, kalo mau lebih jauh lagi, kalo cuma sekolah itu yg pake sistem ini, jelas orang tua atau masyarakat protes, kan, kok pake sistem aneh gitu. Artinya, semua ga masuk akal. Kalo mau masuk akal, bisa dibikin sekolah ini atau keseluruhan kejadian di sekolah itu ternyata cuma acara reality show. 😀

      Kalo soal akting, terus terang ane bilang jelek karena ketipu, sama sinopsis yg bilang mereka dapat nama yg beda. Ane kira bakal jadi karakter beda, tetapi tetep sama aja dengan aslinya. Bahkan nama karakter mereka ga dipake di drama ini, kecuali nama asli karakter Tecchi Neru. Untung dulu ane ga hafalin tuh nama2 karakter member. 😁

      Ntar mungkin ane tulis cerita Zankoku na Kankyoutachi versi ane sendiri, yg menurut ane lebih pas. 😀

      Like

    11. Kata2nya bisa dipegang gak nih? 😀

      Kok di SR? Kenapa?

      Kebanyakan masalah dapur 😀

      Ciah Ponkotsu dijadiin senjata 😀

      Baca komentar soal Zankokuna kok malah ngerasa kaya The Truman Show 😀

      Like

    12. Insya Allah. 😀

      Ga tau, ane baca di s48.

      Kasian, kalo bini banyak ya gitu. 😀

      Ponkotsunya itu yg jadi daya tarik mereka. Serasa ingin melindungi dan memberi “bimbingan” 😁

      Pengen liat film itu!!! Dari sinopsisnya kayaknya asyik. 😀
      Untuk drama Keya, semoga aja kayak film ini. Kalo ga, ga tau deh gimana jadinya.

      Like

    13. Biasanya yang begini ini banyak khilafnya 😀

      Masalah dapur=Berika mau masak kabel gas lupa gak dipasang, meleduk 😀

      Bimbingan macem gimana 😀

      Lah, belum pernah liat Truman Show???

      Like

    14. Kan ane ga tobat nasuha, jadi maklumi aja kalo khilaf. Tapi, ga akan ane klaim kok. 😀

      Tapi, kayaknya Berika bisa masak. Pernah minta rice cooker ke Tsuchi, kan? 🙂

      Bimbingan untuk hidup lebih sabar, biasanya ponkotsu kumat kalo terburu2 atau ga tenang. 😀

      Belum. Pengen nyicil pelan2 filmnya Jim Carrey. Tapi, masalahnya ga ada waktu ke rental. 😀

      Like

  3. Jujur pemikiran mimin sama kaya saya tentang mv eccentric, apalagi pas neru di kelilingi para member dari pertama kali liat MVnya udah ketauan kalau itu tertuju pada skandal neru. Dan yang masih bingung sampe sekarang di scene pembuka neru tiduran di kursi itu ngapain ? Apa ada arti dari scene tersebut ? Atau emang sengaja ingin buat scene spesial bagi neru di mv ini ?

    Like

    1. Skandal yang dimaksud ini skandal yang mana dulu nih? Skandal beneran atau status Neru yang ngambang?

      Tebakan ane, di opening itu visualisasi dari Neru yang posisinya aneh sendiri di Keyaki.

      Like

    2. Kalau menurut saya skandal beneran, kalau status neru yg ngambang ga harus sampe segitunya juga kan member tutup mulut,mata,kuping kaya gitu cuma untuk status neru yg ga jelas terlalu berlebihan ah.

      Maksudnya aneh dia masuknya ke kanji keyaki atau hiragana gitu ? Tapi kenapa harus di scene pembuka ? Biasanya scene pembuka itu center.

      Like

    3. In fact, cukup beralasan. Semua juga ngakuin kalau kedatangan Neru cukup bikin riak di grup kan.

      Yang harus diingat di MV ini gak ada center “resmi”, jadi semua punya kesempatan yang sama di MV. Kalau untuk live, emang jadi privelege Tecchi karena coupling senbatsu selalu pake formasi yang sama kaya main single.

      Like

    4. Yap, apalagi di single debut dia langsung dapet lagu solo di tambah lagi single ke-2 dia masuk senbatsu,dapet lagu solo,center pula di hiragana cukup wah bukan bagi seorang member yang datang terlambat.

      Tapi saya ngerasa neru cukup banyak di shoot di mv ini malah sugai yang ada di line depan juga pun tidak seberapa.

      Like

    5. Jadi yah, bisa banyak interpretasi untuk ini. Neru sedikit dianakemaskan, tapi ini juga bukan yang pertama kejadian di Sakamichi. Intinya gimana kita menyikapi aja sih, toh ini juga bukan Neru yang minta.

      Kaya biasa, Keyaki gak pake sistem row untuk dapet screentime lebih. 2Watanabe bukan front row Fukyouwaon, tapi dapet lebih disini. Ini yang pertama sih, karena sebelum2nya coupling senbatsu biasanya yang dapet screentime emang 11-12 sama main single.

      Like

    6. Eh saya ga tau sih ada kasus kaya gini sebelumnya karna saya ga ngikutin selain keyaki. Yang masih dalam pertanyaan kenapa neru masuk ke keyaki ga barengan aja sama member hiragana lainnya ? Jadi di tunda dulu masuk keyaki biar nanti masuknya bersamaan dengan pembentukan hiragana ? Kenapa harus masuk dalam grup yang lagi masa pendekatan satu sama lain yah ? Atau sengaja neru masuk terlambat trus di perkenalkan dia member hiragana jadi pas hiragana terbentuk dan member terkumpul ada satu member yang di kenal untuk mengangkat grup hiragana ?

      Btw gara gara mimin ngereview mv ini saya jadi sering main kesini 😁
      Lanjut ngereview mv keyaki ya min biar saya kesini terus 😁

      Like

  4. Sebelumnya kurang suka lagunya,tapi setelah liat mvnya,,hmmm not bad juga,,,dan ya,rap nya ane juga suka
    Di penampilan live,ane pengennya ada member yang ngiringin pake piano kyk azuma rion di escape nya ske atau iku di kimi na wa kibou…
    Ada gak member keya yang bisa main piano?

    Like

    1. Kalau ngambil informasi dari keyakake sih banyak yang bisa piano,Sugai,Ue,Berika. tapi kalau ane lihat sih cuma sekedar bisa aja. belum lihat potensi yang sama dengan monster seperti ikuta

      Like

    2. @kid
      Nah itu udah dijawab soal siapa yang bisa main piano 😀

      Kalau liat trendnya sih, kalau mau modal dikit ada yang main piano, mungkin Berika yang bakal dapet peran ini.

      @ahmed
      Keyaki emang gak ada figur panutan di instrumen kaya Iku atau Rotti sih, yang ada trio piano ini cuma sekedar bisa, ada juga master2 alat tiup doang 😀

      Like

  5. Tobangga do tobangga do!
    Ane nntonya hnya smpe separoh bkan krna apa emg lg g smpet aja 😀
    Dari awal ane emg suka ama lgunya tp trnyata nih lgu pnya titik bosen yg cepet pula. Balik ke mv aja deh, keyaki bgt yg dark,cool dan representasi yg pnuh tnda tanya. Dan yg paling penting NYEKER IS LIFE!
    maaf y gan nyepam komen g jelas 😀

    Like

    1. Lagi nungguin Nogieigo kayanya makanya gak terlalu fokus sama Keyaki 😀

      Btw ngikutin Zankokuna kah? Kok kata yang diatas dramanya kurang oke?

      Like

    2. Dunia nyata lg btuh kasih sayang ane gan 😀

      Drama y,cma liat 5 ep yg ada subnya. Klo mw dlihat dri sdut pandang ngidol dan yg g peduli kualitas yg pnting liat oshi nari2 g jlas dan bkin expressi aneh mah surga tuh drama dg fanservice overloaded tp klo dri org awam bkal bikin marah. Acting, pengembangan karakter,jalan cerita, dan setting semuanya kacau. Sharusnya anak2 keyaki diksih pengalaman acting yg lbih baik dg eksekusi drama yg baik pula tp yasudahlah.

      Like

    3. Hahahaha 😀

      Seburuk itukah? Atau cuma over the top aja?
      Dari komentar2 soal Zankokuna, ane rencana mau download dan coba2 nonton, tapi akhirnya jadi males juga 😀

      Like

    4. Ane cma liat 5 ep dan itu udah lbih dri ckup dan g niat liat endingnya. Liap ep 1 aja trlalu bnyak miss dan sejuta pertanyaan yg mncul serta kata “seharusnya” bakal srg mncul klo liat tuh drama. Sayang bgt sumpah!

      Download aja gan lmyan bs liat akanen pke bju tenis press body and then bouncing her body when she swing the racket in a slomo 😀

      Like

  6. Ini pada bicarain skandal Neru, skandal disni maksudnya soal Neru yg telat msuk trus dikasih bnyak “kemenangan”? kok ane risih ya klo itu disebut sebagai skandal, ane bisa jadi Daisy klo kyk gini 😀
    Atau ane salah paham soal skandal disni?

    Klo menurut ane adegan Neru yg dikelilingi member itu gk berkaitan lagi dgn kisah “ketinggalan bus” (lebih nyaman dgn istilah).
    MV W-KEYAKIZAKA no UTA udah menceritakan semua kisah keyakizaka trmasuk konflik di Keya akibat “ulah” Neru, jadi ane rasa gk perlu “dirusak” lagi di MV ini klo soal kisah Neru.

    Neru seolah jd center di MV (dan pasti ada yg keberatan Neru paling bnyak screen time nya) ini trus adegan Neru dikelilingi member ane rasa ini berkaitan degan peran dia di drama zenkokuna, dia salah satu krakter penting di drama itu + dia seolah krakter abu2, yg buat peran dia di drama itu antara kawan atau lawan, nah ini mungkin yg diambil dikit sbgi latar cerita di MV ini pas adegan Neru dikelilingi member,
    Ah mungkin ini bias nya ane yg ingin membela Neru kuh ❤ 😀

    Like

    1. Mungkin skandal asmara kali yang dimaksud. Masih inget kan? *mancing 😀

      Kalau soal Neru, ane gak usah lah ya bilang panjang lebar, udah jadi satu artikel sendiri. Intinya ane masih di pihak resistan soal semua ini selama belum jelas.

      Jadi beneran ada hubungannya sama Zankokuna ya? Belum tamat kah?

      Terus pendapat soal MV-nya mana pak? Panjang2 cuma Neru doang 😀

      Like

    2. Masak Neru menjalin asmara sama suaminya (baca: ane) dikatain skandal sih 😀

      Neru pas audisi, jadi “korban” kputusan ortunya, skrng pas jadi member, jadi “korban” manajemen , di MV ini, jadi “korban” delusi pra srigala gra2 basah2an, kasihan Nerukuh 😀

      Ya gk tau jg, itu cuma tebak2an ane aja 😀
      Blum, minggu depan episode terkahir tyng di SR klo gk salah,
      klo versi NTV alias versi ditayangin di tipi, minggu depannya lagi.

      MVnya ya, apa ya, dance ane suka sesuai lah sama judulnya eccentric, simbolis2 kyk byangn Zuumin, kursi kosong, trus kpla Yuipon yg ke jepret karet ikat rmbut, ekspresi psycho Berika, cuma itu yg ane inget 😀

      Like

    3. Pait pait pait pait 😀

      Kaya korban sinetron aja Neru 😀

      Lah bukannya ente ngikutin tuh drama?
      Ada gak korelasi antara Zankokuna sama Eccentric?

      Kalau gini doang sih ikan peliharaan ane juga inget pak 😀

      Like

    4. dibikin manis aja kata patrick-sensei 😀

      Suaminya korban bully, istrinya korban sinetron, pasangan yg malang 😀

      Ya nonton, cuma klo korelasi MV sama Dramanya yg ane yakin cuma di kostumnya aja, klo korelasi misalnya ada adegan di drama yg dimasukin ke MV kyknya gk ada, dan yg kyk ane bilang, Neru dpt jtah bnyak di MV, dia jadi sosok yg dikelilingi member yg sprti curiga mungkin itu ambil dri latar blakang peran dia di drma, cuma itu tebak2an ane aja 😀

      Hahahahahaha, asem bener, ane disamain ikan peliharaan 😀

      Like

    5. Kaya gini? https://goo.gl/jbEo9E 😀

      Yang satu lagi korban stage play, terus ada korban drama, korban gosip, tinggal kurban hari raya yang belum 😀

      Dari storyline gak ada ya berarti?

      Gimana lagi, mau nulis kucing juga ane alergi kucing 😀

      Like

    6. Sapa itu? berani2nya bikin image patrick-sensei jadi buruk kyk gtu

      keluarga yg penuh warna-warni korban 😀

      Storyline nya dah ente bahas semua sih apalagi yg mau ane tulis 😀

      Loh, Yuuka alergi kucing aja bisa pelihara Tom 😀

      Like

    7. Yang membuat seperti itu adalah sensei itu sendiri 😀

      Korban perasaan ada? 😀

      Korelasi sama dramanya, kali ada 😀

      Iyakah Yuuka alergi kucing?

      Like

    8. F**k, ada apa dgn sensei kuh sampe bisa berbuat konyol dan khilaf kyk gitu 😀

      Ya mau gmn lagi, ane emng lelaki yg penuh emosional, perasaan ane trllau snsitip 😀

      Yeee, kan dah ane bilang pdahal, klo korelasi sma drama ya mungkin yg kyk ane bilang itulah, adegan neru di MV yg dikelilingi member yg melihat dia seperti curiga, dibaca gk sih komen ane? bikin sebel (duh gk ada emot tepok jidat lagi di saat sprti ini)

      Iya, dia ngaku pas tmpil di radio rekomen: https://twitter.com/hzkz_u/status/851451331998957568

      Like

    9. Emang dari awal konyol 😀

      Hati sensitif? Sikat pake Sens*dyne! 😀

      Habis yang itu kaya kurang yakin, makanya tanya lagi kali udah yakin 😀

      Ada gitu alergi kucing baru muncul setelah punya peliharaan bertahun2? Alergi serbuk bunga kali 😀

      Like

    10. Masak? brrti amata ane telah tertutupi oleh pesonanya 😀

      Asem, dikira hati ane sama kyk gigi org tua kbanyakn 😀

      Ya sudah, ane yakin, 😀

      Itulah aneh 😀
      katanya stelah dicek kedokter bri tau klo dia punya alergi kucing, cuma mungkin bukan alergi thap yg terllau sensitip x
      *sok tau 😀

      Like

    11. Sukanya yang begitu ya? 😀

      Ya biar gak sensitif 😀

      Mungkin si Tom yang kelupaan dibawa ke dokter, wajar pemiliknya rada ponkotsu 😀

      Like

    12. Hahahaha, gpp dipake, toh bukan utk delusi atau tindak kejahatan, cuma mewakili rasa ketawa ane aja 😀

      Like

    13. Klo ane klaim nanako, mau dibawa kmn arah hidup ane, dah ada Berika trus tmbah Nanako pl 😀 😀 😀

      Like

    1. Gak apa. Biar setidaknya katakana juga punya perwakilan di senbatsu 😀

      Ane muji disangka HBD. XD

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s