One in A Million

Kali ini, aku ingin mencoba membahas idol group lain diluar Sakamichi. In fact, grup dari negara tetangga. Bukan Girl’s Generation tentu, meski mereka juga akan comeback di bulan Agustus mendatang. I’m excited of course, setelah lama sekali tidak melihat GG. Sayang waktu berlalu dan ada grup lain yang lebih kusukai di jagad K-Pop sekarang ini. Tapi tentu sekali SONE tetap SONE.

Yep, TWICE. Girl group yang terbentuk tahun 2015 oleh agensi JYP Entertainment. Agensi yang sama dengan Wonder Girl’s dan Miss A. Fakta bahwa TWICE debut di waktu yang sama dengan rilisan terakhir GG yaitu Lion Heart, membuatku mau tak mau memperhatikan mereka.

IMG_20170707_182415

Memang aku tidak memperhatikan sejak awal sekali, karena TWICE terbentuk dengan proses yang terbilang unik untuk ukuran K-Pop. JYP yang terkenal sebagai produser aneh bin ajaib meluncurkan survival variety berjudul Sixteen, yang mana ditujukan untuk memilih member TWICE berdasarkan pilihan pemirsa.

Dua tahun lalu hal ini groundbreaking, tapi sekarang menjadi wajar setelah acara Produce 101 juga menggunakan konsep ini. Dan jika bisa mengatakan, Aki-P pun mulai coba-coba dengan konsep ini, yang sayangnya, tidak diupload oleh kos sebelah. Jadi beritanya bisa dilihat disini.

Dari Sixteen, terpilih tujuh orang; Nayeon, Jungyeon, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, dan Chaeyoung. Tiga dari tujuh (Nayeon, Jungyeon, Jihyo) adalah anggota grup 6mix yang gagal debut pada 2013, juga dibawah agensi JYP. Saat grup baru ini mencapai line-up final, JYP menambahkan Tzuyu, yang adalah kontestan paling populer selama Sixteen dan Momo, yang meski tereliminasi lebih dulu, masuk berkat backup dari JYP, yang merasa grup baru ini membutuhkan member dengan kemampuan seperti Momo.

Di akhir 2015, TWICE debut resmi dengan single Like OOH-AHH -silly title, tapi percaya padaku, lagu ini adiktif- dan dengan cepat meroket. Hebatnya, MV debut ini mencapai angka 50 juta views hanya dalam waktu 5 bulan sejak debut dan menjadi debut MV paling banyak ditonton dalam sejarah K-Pop. No little feat.

Tak sampai disitu, EP debut mereka The Story Begins yang juga menampilkan Like OOH-AHH sebagai main single meraih posisi chart mingguan #3 di GAON, #15 di Billboard US, dan #46 di Oricon. Prestasi yang tidak main-main untuk ukuran debut. Tak perlu menunggu lama untuk sophomore, pada April 2016 EP Page Two dengan main single Cheer Up dirilis.

Page Two dengan cepat mencatatkan angka penjualan sebesar 150.000, membuat TWICE menjadi girl group pertama dalam sejarah yang mencatat angka penjualan diatas 100.000 dalam satu tahun. Tidak berbeda dengan debut mereka, Page Two mencatat posisi chart mingguan terbaik di #2 GAON, #6 Billboard US, dan #16 di Oricon. Tapi di titik ini aku belum terlalu berminat pada mereka.

Baru di EP ketiga, TWICEcoaster Lane 1, dengan TT sebagai main single, aku terkena sindrom TWICE addict. Rilis di Oktober 2016, hanya sampai akhir tahun 2016 EP ini mencatatkan angka penjualan 350.000, rekor baru tercipta. MV untuk TT juga tidak kalah, kurang dari 24 jam mencapai angka views 5 juta, dan dalam 4 hari mencapai 20 juta. Pada Januari 2017, TT ditonton sebanyak 100 juta kali.

Tak berhenti disitu, pada bulan Mei TT telah mencapai 200 juta views dan menjadi MV bagi girl group yang paling banyak dilihat sepanjang sejarah. Dari segi penjualan, EP ini menduduki #5 di Billboard Japan, dan efeknya di Jepang terlihat dari banyaknya selebritis yang meniru TT Pose, diantaranya ada ONCE -fansclub TWICE- dari Nogi sendiri, Yuttan yang sering menirukannya.

Single keempat TWICE, Knock Knock yang masuk dalam EP TWICEcoaster Lane 2 dirilis pada Februari 2017. Untukku pribadi lagu ini sedikit miss, tapi secara keseluruhan dari EP cukup bisa dinikmati. Lebih lagi, di bulan yang sama berita akan debut TWICE di Jepang muncul ke permukaan, membuat Knock Knock undershadowed.

Di bulan Mei, JYP mengumumkan rilisan terakhir TWICE di Korea sebelum debut Jepang mereka. Signal yang digunakan juga sebagai judul single dirilis pada bulan Mei 2017. Sayangnya, Signal tidak terlalu hit di saat pertama karena musik yang dihadirkan terbilang less cheerful dari rilisan-rilisan sebelumnya dan TWICE dikatakan terkena sindrom “5th single” yang populer di Korea.

Maksud dari sindrom ini adalah banyak girl group yang mana rilisan kelimanya termasuk underrated. Tapi untukku, aku malah lebih suka Signal ketimbang Knock Knock, well, mungkin juga preferensi pribadi tapi dari forum-forum, sepertinya Signal memang tipikal lagu yang grow on you, bukan hit suka sekali dengar. Dan juga, dance Signal adalah yang paling ikonik setelah TT.

Sementara itu, debut TWICE di Jepang sedang panas-panasnya. Debut EP mereka, #TWICE yang berisikan 5 single mereka yang diremake dalam bahasa Jepang. Akhir bulan Juni kemarin EP ini dirilis dan langsung terjual sebanyak 130.147 copy dalam satu minggu dan menduduki #2 Oricon. Single debut mereka, tak mengherankan adalah TT yang memiliki impact paling kuat.

Berbeda dengan versi asli, MV TT versi Jepang bertema lebih membosankan, jujur saja. Tidak ada Halloween, hanya member di drive in theater, monoton. Hal ini seperti mengulang cerita GG dimana MV Tell Me Your Wish versi Jepang mereka tidak bisa memiliki magis sama dengan versi aslinya. Selain MV, karena sudah terbiasa mendengarkan versi Korea, TT versi Jepang butuh waktu adaptasi di telingaku.

Setelah TT, single berikutnya yang akan dirilis versi Jepangnya adalah Signal, hanya saja masih belum ada tanggal rilis pasti. Resepsi untuk debut TWICE di Jepang terbilang bagus, karena sekarang mereka dianggap sebagai girl group terbesar K-Pop. Dan kemunculan mereka di MSte adalah yang pertama bagi grup Korea dalam 5 tahun terakhir, ini saja sudah menjelaskan tingkat popularitas TWICE sekarang. Oh, mereka juga melakukan kerjasama dengan manajemen Tokyo Tower.

Selanjutnya mari membahas member. Dengan jumlah hanya 9 orang, mengingat member TWICE akan sangat mudah. Dan aku akan memberikan distinct features dari mereka. Mungkin akan sedikit sulit untuk mengingat mereka, tapi hal ini tergantung preferensi juga. Salah satu yang paling kusukai dari konsep girl group K-Pop adalah mereka menekankan kuat pada karakter, dan ini sangat membantu.

Nayeon adalah member tertua, lahir 1995 dan memiliki penampilan dan tingkah laku sebagai yang paling muda. Jungyeon adalah adik dari aktris Gong Seungyeon dan mudah diingat karena sampai sekarang selalu memiliki rambut pirang pendek. Momo berasal dari Jepang, dan satu-satunya member yang tereliminasi dari Sixteen dan masuk dalam final line-up TWICE, terkenal sebagai dancing queen.

Fans dari GG dan KARA, Sana adalah member paling cute -bias, ehm- dan ini terlihat dari part “Shy Shy Shy” di Cheer Up dan memiliki aegyo paling wow. Selanjutnya leader dari TWICE, Jihyo, yang memiliki nickname Thomas karena kemiripan dengan Thomas the Toy Train. Mina adalah member terakhir dari Jepang, lahir di Texas dan belajar balet selama 11 tahun.

Dahyun terkenal sebagai member hiperaktif, cukup sering menjadi badut grup. Chaeyoung adalah member kedua termuda, terkenal menyukai musik hip-hop. Tzuyu sebagai maknae atau sainenshou berkewarganegaraan Taiwan. Terkenal sebagai visual dan member tertinggi di grup.

Nah, selanjutnya kenapa dan bagaimana aku bisa menyukai TWICE? Yah, jika harus menyimpulkan dalam satu kata; It’s TT Time! TT menjadi single dimana aku benar-benar menaruh perhatian pada TWICE. Level adiktif yang tidak kudapatkan dari WG atau Miss A, dan ini adalah pertama kalinya aku benar-benar suka grup dari JYP.

Setelah itu adalah faktor Momo-Sana-Mina. Dengan memiliki 3 member asli Jepang, tepatnya Kansai. Hirai Momo, Minatozaki Sana, dan Myou Mina masing-masing dari Kyoto, Osaka, dan Hyogo. Keberadaan tiga member ini menarik sejak awal, karena terbilang jarang entertainer dari Jepang di Korea. Kusanagi Tsuyoshi pernah mencoba debut di Korea dan hasilnya? Laughable.

Ditambah Tzuyu, maka 4 member non-Korea ini cukup sering menjadi perwakilan TWICE untuk acara TV. Sayangnya, disini masih tampak jelas kalau secara umum TWICE masih bisa dibilang membosankan. Harapanku tentu saja mungkin mereka bisa lebih aktif di tanah kelahiran dan lebih menghibur, karena tanpa variety, idol group manapun akan susah bertahan.

Untuk sekarang aku cukup menikmati musik TWICE, dan mereka adalah grup K-Pop utamaku saat ini. Debut mereka di Jepang membuatku ingin merasakan kembali momen dimana dulu GG dan AKB pernah berinteraksi, dan kali ini, aku ingin TWICE dengan Sakamichi yang melakukannya. Cukup muluk? Kurasa tidak.

Well, kenapa kali ini aku menulis tentang TWICE adalah karena aku menganut paham tidak terkotak-kotak. Ada di fandom Sakamichi tidak berarti tidak boleh menyukai idol lain bukan? Sudah tidak relevan lagi bertingkah laku kekanakan membenci grup lain hanya karena beberapa perbedaan. Aku sudah pernah terang-terangan menyukai GG, dan aku bisa melakukannya lagi pada TWICE, untuk sekarang, aku hanya ingin melihat mereka maju.

74ef1a3d300a84a0cf705f3a00c528bd
Tertarik pada TWICE?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

87 Comments

  1. Minaaa ❤ ❤ ❤
    Gara gara mimin ane jadi demen twice 😀 😀 😀
    sebenernya kurang seneng lagunya yg terlalu jedug jedug tapi dipaksain lama2 jadi suka 😀 😀 😀

    tapi sampe sekarang gabisa bedain sana sama tzuyu =_= yang beda cuma warna kulitnya doang 😆

    klo di negara tetangganya yang laen gaada yg disukain min? 😀 😀 😀

    Like

    1. Baru demen setelah baca artikel ini atau udah liat sbeelum2nya? 😀

      Gak bisa bedain Hamsy Sana sama Tzuyu? Kalau ane masih savage ane bakal bilang “watdefak”
      mata
      Sekarang, ane bakal bilang, “ya oloh, jauh bener itu bedanya” 😀

      Ane gak ngikutin Mandopop sih, jadi gak tau 😀

      Like

    2. Gara gara artikel yg sebelumnya si 😀

      Kan mimin uda lama liatnya
      Saya liat mukanya masih samar2. 😀
      Kadang2 aja ketuker ngeliat mukanya nayeon sama mina 😀
      yg paling keliatan beda tu cuma jihyo soalnya…. Paling gede 😆

      Like

    3. Artikel yang mana?

      tes kalau gitu, urutin member2 ini 😀
      Gak boleh curang, pake google apalagi 😀

      1
      2
      3
      4
      5
      6
      7
      8
      9

      Jihyo paling gede apanya? #HBD ya? 😀

      Like

    4. Ada, yg chart chartnya mimin kayaknya

      momo
      mina
      sana(?)
      tzuyu(?)
      kenapa harus sebelahan si? 😆
      5.Chaeyoung(?) mole gakeliatan soalnya 😀
      6.Jihyo
      Dahyun
      8.Nayeon
      9.Jungyeon

      pas liat mvnya signal soalnya paling depan dan “menonjol” XD XD XD ane gasengaja liatnya kok min 😀

      Like

    5. O Chart? Ane gak pernah nulis soal TWICE kok.

      Ya oloh 7 dari 9 bener tapi masih aja salah ngebedain 2 orang??? 😀

      #HBD #alasantidaksengaja #mesum 😀
      Tambah lagi #saveMina 😀

      Like

    6. Oh maaf dari artikel j dan k ternyata
      Efek keseringan nongkrong di kandang serigala, otak jadi pikun dan tercemar hbd 😀
      #saveMina demi masa depan twice yg lebih baik 😀 😀 😀

      Tukaaan pasti sana sama tzuyu yg ketuker 😂😂😂

      Like

    7. Saya bukan golongan serigala lo min 😀 cukup 1 grup 1 😆

      Mungkin perlu ke dokter mata dulu biar bisa bedain 😀 uda setahun belum ngecek 😀 #alesan

      Like

    8. Asal klaimnya yang tabrakan sama yang lebih dulu, bukan serigala, masih serigala kecil 😀

      Cek dulu gih, tapi jangan ke suster “K”, yang punya galak 😀

      Like

    9. Aih jadi saya sekarang punya gelar “anakan serigala” nih 😀 😀 😀 serigala senior tu yg parah #masToppu

      Siapa sih suster2 tu? Ane kaga tau :v ada hubungannya dengan bini kos sebelah?

      Like

  2. Halo min. Selama ini asik jd sider tetiba pengen komen hm

    Sebelumnya angkat topi buat para wolf disini atau yg dari kosan sebelah, komen kalian yg penuh delusi dan analisis yg kadang nyeleneh selalu sukses menghibur haha
    Dan yg pasti opening tiap artikel mimin bener2 warbiyasyah. Saya jd ikut tau dan belajar (y)

    Sindrom TT memang bukan main. Saya ‘kecemplung’ (?) gara2 single ini. Saya gak ngikut fandom atau apapun itu. Lebih jd casual fans aja LOL
    Trauma masa jahiliyah terulang TT
    Setuju sama mimin, untuk knock2 kurang ngena dan signal lebih kemakan omongan tmn singlenya kurang bgs jd keikut deh haha

    Like

    1. Hahaha, makasih udah mau komen 😀

      Kalau soal serigala dan lolongan, kosan sebelah emang jago, dari zaman dahulu kala 😀

      Masa jahiliyah? Maksudnya?
      Ane sih sejauh ini masih bilang lagu2 TWICE enak2 kok kalau dirata2, yang paling ane sayang dari lagu yang jadi judul artikel ini gak dirilis single.

      Like

  3. Ane tau single ini dari kembaran ane, awalnya ane biasa aja, tapi pas didengerin beberapa kali suka lagunya, cuma kasual fans aja sih, kalau korea ane lebih ke gfriend , hehe. 🙂

    Like

    1. Kembaran? Kok kaya ceritanya sis Junie? Kembaran asli atau enggak nih 😀

      Wah kalau GFriend ane juga demen lagu2nya, pas sebelum suka TWICE mereka tuh yang ane ikutin biarpun cuma lagu2nya doang 😀

      Like

    2. Asli lah, hehe bedanya ane laki laki dia perempuan, hehe 😀

      Sama sih, cuma lagunya doang tapi tetep ngikutin aja biar ada pegangan kpop, 😀

      Like

  4. Ane cuma baca ada sosok leader, yg berdiri di posisi zero sapa pak? apa gk nganut pola kyk gitu?
    Dan janji bpk ke saya blum ditunaikan, mana link perform twice di Mste kmarin, yg HD? 😀
    Ane amankan link TT, Signa & TT(jpnver) dulu, downloadnya ntar malem 😀

    Like

    1. Nah, ini yang ngebedain. Zero position itu gak ada di dunia KPop, secara hirarki. Biasanya member di zero position itu member paling populer, jadi POI juga, tapi intinya sama sih, karena popularitas itu rotasional.

      Itu ada di video terakhir pak.

      Download MV atau lagunya? 😀

      CUma begini nih? Gak serigalain membernya? 😀

      Like

    2. Yassalam, pantes dah komen 2x dan ane yakin ane centang notifnya tpi kok gk ada notif postingan ini yg masuk ke email ane, pas liat ava ternyata beda dari biasanya, brrti td masukan emailnya salah 😀

      Oh, gk ada, jd gma dong posisinya, rotasi trus stiap lagu? atau gmn? blum sedot videonya sih (masih nunggu jam 12 malam) jd blum bisa liat pola formasinya 😀
      “Biasanya member di zero position itu member paling populer” jadi sapa saat ini yg pling populer? populer di korea sama di jepang dipegang personil yg sama?

      Yassalam, ane gk baca judul videonya sih, cuma liat dua gadis ane pikir itu video wawancara masyarakat umum soal twice, trnyata itu video di mste ya, jadi malu saya 😀

      Download video TT n signal yg ada dipostingan ini

      “CUma begini nih? Gak serigalain membernya?” <- entar ane srigalain member favorit ente, ente kalang kabut pula, pesona ane kan lbih kuat dri situ
      * punya kntong plastik kan? 😀

      Like

    3. Kok ane gak kaget ya? 😀

      Rotasinya biasanya tiap lagu juga, tergantung level popularitas membernya, lagi dapet gimmick atau enggak.
      Relatif masih sama sih di Jepang sama Korea, cuma ya kalau di Jepang jelas spokesperson-nya tiga member yang asli sono.

      Udah liat kan? Puas atau masih kurang? 😀

      Padahal link albumnya juga ane sisipin loh 😀

      Kalau dia, off limit kan, dasar serigala gak ngakuin yang namanya off limit 😀

      Like

    4. Nih kkynya masukin alamat email smbranagn aja tetep ditelan ya sama Wp (?)

      Ya udah liat ane MV signal sama TT (korea & japan ver) bnyak digilir eh rotasi maksudnya 😀

      Kuranglah pak, apaan performya cm sebentar, bnyak nanyain masyarakat umumnya, apa emng cuma sgitu durasi perfom TT nya?

      Ya ane coba cicip dulu MVnya, klo suka baru ntar sedot albumnya, cuma…
      stelah nonton dgn seksama 3 MV mereka dan mencoba meresapi lagu2 nya, kyknya ane emng gk cocok sama lagu2 korea, gk berhasil mancing ane, waktu GG dulu jg gitu, dah sedot bnyak2 MVnya, trus ane play tpi gk mancing sma sekali, ujung2nya ane hapus filenya *pose TT

      Like

    5. Pengalihan isu typo 😀

      Apanya yang rotasi? Member?

      Susah emang kalau sama orang tua maunya banyak http://v.yinyuetai.com/video/h5/2900743 😀

      Coba aja mini album Jepangnya, link ada, kalau gak nemu jangan males2 cari sendiri 😀
      GG yang artikelnya ane bikin waktu itu? 😀

      Kalau girl group KPop sih kalau mau “kena” paling cepet loncat ke variety sih, soalnya fansub mereka yang dari Korea terkenal rajin. Kalau dari member, udah ada yang “kena”? 😀

      Like

    6. Tpi kyknya emng gitu, dah sering ane salh msukin alamat email tpi kyknya sama WP diterima aja

      ya formasinya

      haduh download lagi, nyiksa kuota amat ane sih *pose TT

      Ya, Girls generation, dulu bhkan sblm kenal dgn 48G ane kan dah sedot dulu file2 MV GG cuma ya kyk ane bilang, emng kyknya gk cocok kuping ane sma musik girlband korea jadi ane hapus 😀

      Klo soal variety girlband2 korea, emng mudah ya cari linknya?
      Soal member, kyknya gra2 dah sering liat pesona cewek jepang di keluarga ane, ane milih 3 member asal jepang 😀
      Btw yg ane bilang mirip itu mantan member Bla Bla Bla itu sapa ya? soalnya klo diliat dari foto diatas gk bisa ngenalin ane 😀

      Like

    7. Iya iya 😀

      Dari segi dance emang gitu, dibagi rata, lagian membernya cuma 9 jadi lebih gampang blockingnya kan.

      Tadi minta sekarang protes dasar orang tua 😀

      Musik gak cocok tapi mata cocok enggak? 😀

      DI Youtube aja tinggal cari, tambahin eng sub juga udah muncul. Muntah2 deh.
      Ehm, tiga member Jepang boleh, tapi yang satu off limit ya, inget pak 😀

      Itu yang dibilang mirip Ue, tapi bukan ane yang bilang pertama. Ente malah bilang mirip “dia” 😀
      nayeon

      Like

    8. Nah kan bener 😀

      Iya ya, inilah enaknya member gk seabrek 😀

      Namanya manusia, bnyak maunya gk mesti tua 😀

      Loh, ane sebagai lelaki tulen yg gk pke campuran zat apapun ya klo ditanya soal cocok sama mata ya pasti cocok lah gadis cantik2 gini, tpi tapi…. sama hati kan belum tentu jg #asik 😎

      “Ehm, tiga member Jepang boleh, tapi yang satu off limit ya, inget pak” ane cuma mencoba jawap pertanyaan ente aja, gk usah buka sarung golok sgla 😀

      Nayeon ya yg dibilang mirip Ue itu?

      Like

    9. Iya aja iya, master T 😀

      Nah, jadi kalau member banyak2, jangan protes kalau cuma keliatan sepersekian detik 😀

      Pembelaan tak berdasar 😀

      Ah, yakin yang hati belum cocok?
      nayeonselca

      Waspada setiap saat 😎

      Ciee, kemarin pas mimpi kenalan ya? 😀

      Like

    10. 😀

      Ane gk prnah protes, cuma kesel aja 😀

      😀

      Yakin gk ya~???? 😀

      Pancing terusssssssss!!!!

      Tp emng klo ane disituh milih TOP5 yg paling cantik dianatar 9 member ini, yg ori jepun pasti masuk 3-3nya 😀

      Bukan mimpi, kan kmarin ane bilang ane mau mencari jawaban dari langit 😀

      Like

    11. Kesel menjurus protes 😀

      Udah yakinin! Mikir lama2 buat apa 😀
      Mancing mania, mantap! 😀

      Top 5? 1,2,3 udah jelas lah ya kalau gitu. Yang 4 & 5? Ane kok dapet feeling yang nama depannya N bakal masuk ya? Perasaan aja kah? 😀

      Jadi udah kenalan apa belum nih ceritanya? 😀
      nayeon4

      Like

    12. Klo pun protes itu demi kebaikan bersama *apaan 😀

      Enggak2! gk mau ane kepancing ente, pancingan ente terlihat enak tpi ujung2nya ane di bully 😀

      Hahahahahaha, ya iyalah, yg N amsuk top 5 *kan, kepancing lagi ane 😀

      Udah download satu variety meerka dari yutub pake keyword yg ente kaish, cuma smlm blum nntn sampe habis, 50 menitan wak durasinya.

      Eh, mending kirim aja link sedot semua gambar si “dia” yg ente punya min dri pda mancing satu2 kyk gini *pose TT

      Like

    13. Kebaikan siapa? 😀

      Masa gak belajar dari kasus “Suster K”? Kalau udah kena klaim ya udah berhenti, kalau gak ya terus kompor+bully 😀

      Yang satu lagi pasti asal milihnya buat menuhin kuota 5 orang 😀

      Yang dari youtube, yang dari source satu lagi? 😀
      Emang rata2 durasinya segitu kalau acara Korea.

      Ehm, uhuk, ehm, bbrrrrr, kasih gak ya???? 😀 😀 😀

      Like

    14. Kan dah ane bilang, kebaikan bersama 😀

      Allahmak, klaim unofficial aja lah, cuma biar kompor n bully nya berhenti 😀

      Yg satu lagi ada , cuma ane lagi2 gk tau namanya, ane liat muka di video sama di foto jd pening sndiri 😀

      Ane downloadnya dri HP, klo dri sumber yg ente ksih repot mau sedotnya, klo dri youtube lbih gmpang 😀
      Cuma apa acara korea kyk gitu ya? tempat syutingnya kyk ala kadar gitu, diruang putih ksong melompong, setidaknya pake green scren atau gmn gitu biar lebih menarik, tuh acara klogk ada gadis2 cantiknya males jg ngliatnya 😀

      Ane cuma memacing aja, dikasih ya syukur, enggk ya berusaha ngerayu lagi 😀

      Like

    15. Kebaikan bersama atau kebaikan diri sendiri? 😀

      Jadi, kata2 finalnya? 😀

      Ane liat video yang ente download yang 50 menit, bilang aja yang bajunya apa 😀

      Itu ciri khas Weekly Idol, emang konsepnya gitu dari zaman baheula. Bagus sih kalau ane, beningnya makin keliatan 😀

      nayeon 6

      Like

    16. Kebaikan lord KTK 😀

      Klaim Unofficial *istilah apa ini 😀

      Yg berdirinya pling dekat dgn MC pak, sebelum cewek yg pake baju warna orange, Mina(?)

      Brrti ane bisa ambil ksimpulan, klo urusan olah tmpialn variety, kyknya lebih menarik jepang ya

      Ente gk capek upload satu2 gitu? *kmbali mencoba ngerayu 😀

      Like

    17. Dia gak butuh kebaikan karena LOrd Kotoko adalah kebaikan itu sendiri 😀

      Klaim macam apa itu 😀

      Udah hapal yang nihonjin ya 😀
      Yang pake sweater pink? Tzuyu itu pak 😀

      Kan ane bilangnya cuma Weekly Idol yang begini. Kalau variety lain biasanya outdoor sih. Idol variety tergantung tema, soalnya seasonal, gak terus kaya Kojichuu/Keyakake.

      Enggak juga sih pak 😀
      imnayeon

      Like

    18. Apa yg telah kulakukan sampe2 aku berkata hal yg konyol sprti itu? ampun lord KTK 😀

      Klaim jenis baru 😀
      Klo ibratnya tuh kyk nikah sirih, sah tpi gk punya kekuatan hukum 😀

      Hahaha, hapal dikit tpi masih sering bingung juga 😀
      iya yg pake sweater pink trus pake busana luaran (ntah apalah itu namanya) wrna biru, Tzuyu. Ok komplit TOP5 ane 😀

      Oh kirain kyk gitu semua.

      Gk capek ya? ane yg capek save satu2 😀

      Like

    19. Cium kakinya baru dimaafin 😀

      Awas kena razia polisi, kan di mata hukum gak sah 😀

      Yang ane tanyain, emang ada disitu yang pake busana daleman pak??? Yakali 😀

      Coba aja download dari link satu lagi, acaranya konsepnya sekolahan 😀

      Bini ente kalah *eh ini bini juga atau bukan ya? 😀
      nayeon100

      Like

    20. Ntar ane basuh kakinya pake air trus air basuhannya ane minum trus kakinya ane cium 😀

      Gk ada polisi utk urusan kyk gini, klo pun ad atinggal kasih “pelicin” 😀

      Yah pokoknya itulah 😀

      Yg kamrin aja blum selesai ane nontonnya 😀
      Ntarlah klo minat ane dwnload lagi, msih bnyak kuota ane 😀

      Bukannya ajang ini hasilnya diumumin 27 desember, masih kandidat kan itu, si Naanya juga msuk

      Like

    21. #HBD #HBD #HBD 😀

      Kaya punya aja pelicin 😀

      Belagu amat yang punya kuota 😀
      Perut udah diisi? 😀

      Cih ternyata ngikutin juga beritanya, padahal niat mancing 😀

      Like

    22. Loh, kok HBD, itu bentuk rasa bersalah dri ane 😀

      Soal pelicin gmpang itu 😎

      Makan gk amakan, asal punya kuota *lagu Slang itu 😀

      Yaikutin lah pak, wong bini muda ane masuk kandidat, masak ane gk ikutin 😀

      Like

    23. Udah #HBD, M level tinggi pula ini 😀

      Garam dijadiin pelicin? 😀

      Slang? Selang air? 😀

      Milih mana, bini muda atau kecengan baru? 😀

      Like

    24. Demi dpt ampunan dri lord KTK, ane rela deh disebut apa aja asal bukan srigala 😀

      Loh, enet gak tau klo garam bisa dibuat pelicin? ente bahsa2 astronot dsb tp gk tau gram bisa jd pelicin? 😀

      Ya bisa lah klo mau dibilang gitu juga mah 😀

      Bgm klo mereka berdia bilang “kami bukan pilihan” 😀

      Like

    25. Jgn sebut aku srigala 😀

      Jgn liat itu teknik siapa, muda/tua, tpi liat faedah dari teknik itu 😀

      Nah bang Iwan aja paham soal “bukan pilihan” 😀

      Like

    26. Sebut diriku lelaki dgn sejuta cinta #wuek 😀

      XD

      Seiring waktu berjalan dia pasti paham *apa saja lah yg dibahas ini XD

      Like

    27. Imut dong berarti ane 😀

      Minta MULU, bukannya ane dah minta link folder, ente aja yg rela upload satu2 😀

      Like

    28. Klo ane berdasi mungkin garam bukan menu utama makanan ane hari2nya 😀

      Kan yg pnting klaim, 😀

      Like

  5. Ane lebih demen lagunya blackpink. Lebih demen membernya blackpink. Lebih suka liat variety dan acara yang ada blackpink. Lebih antusias debutnya blackpink di jepang. Jadi, ane no comment soal twice. Cuma ya ampun itu Tzuyu chuuu banget ❤ kasih kissu dulu. Meski ane gak demen twice, tapi ya masih lirik membernya 😀 Ane juga belum ketahap ngidol sama blackpink. Meski suka lagunya ya tetep gak bisa masuk playlist 😀 My Jissooooo ❤

    Like

    1. Ini cuma soal selera kan? Gak ada savage2 yang terlibat soal TWICE-BP ?

      Tapi tetep aja chuu Tzuyu & love2 ke Jisoo, emang dasar seri…. 😀

      Like

    2. Lah? Emang twice sama blackpink gak bagus ya hubungannya min? Ane murni selera. Lagu twice terlalu ceria buat ane 😀 Dan ya ane keracunan balckpink karena adek misan ane emang juga suka, jadi bisa sharing-sharingan.

      Kasih emot ❤ dikit dibilang serigala. Emang ane kayaknya udah jelek reputasinya di sini

      Like

  6. Hasrat k-pop ane udah melemah gan seiring hilangnya 2ne1 djagad hallyu,stu2nya yg bikin tahan dikit y taeyang itu aja. 😀
    Twice y, jujur jnis musiknya bukan tipe yg pas dkuping ane dan,mmberx lbih dri 5 y…nyerah ane susah bedainya.dlu GG aja btuh 1 thun buat apal mmbernya, beda ama 2ne1 yg lgs nyantol lagu ama org2nya 😀
    Smoga langgeng ama TWICE dan sukses buat album baru GG ntar 😀

    Like

    1. Lagunya BTS Yang “Blood Sweet & Tears” Menurut Ane Sih Enak….

      Masih Kurang Ngena Gan….
      Kalo Cewek Korea, Ane Demennya Sama Song Hye Kyo Gan Dan Itu Gara2 Nonton Full House 😀

      Like

    2. Enak buat party 😀

      Iya, kalau yang ini jangan sih emang, udah (hampir) diklaim sama seseorang 😀

      Ciah Full House, keliatan angkatan berapa 😀

      Like

    3. Hingga Saat Ini, Full House Masih Menjadi Drama Serial Terbaik Yang Pernah Ane Tonton…
      Drama Serial Yang Nilainya Paling Mendekati Cuma Amigos X Siempre Sama Ratu Malu Dan Jendral Kancil 😀

      Like

    4. Kalau dorama Jepang sih pass ane, yang terakhir ane liat cuma Kuzu, itu juga gak sampe tamat 😀
      Bemars, 4 episode. Tokudare, 5 episode. Zankokuna, 2 episode 😀

      Like

    5. ane bts kaga demen, makeupnya ketebelan, sama musiknya bigbang wannabe.
      member non korea twice oke punya emang gan, kalo yang korea paling cakep kata ane jungyeon, tapi ane paling demen dahyun

      Like

    6. @Riduch
      Pas Twice Jadi Guest Star Di Mste, Ane Kira Yang Jadi Juru Bicara Grup (Yang Ngobrol Sama Tamori) Itu Dipilih Karena Member2 Tersebut Lebih Populer (Karena Lebih Cakep). Eh Setelah Ada Thread Ini Ane Jadi Tau Kalo Member2 Tersebut Dijadiin Juru Bicara Grup Di Mste Sebab Berasal Dari Jepun 😀

      Like

  7. Masih pas,,,padahal udah bolak balik liatin buat suka,,,

    Palingan kalau berbau korea2 suka sama song hye kyo sama michelle chen(eh ini taiwan kalau gak salah,tapi tetep aja ane anggap korean hahahaha)

    Kalau yang nyanyi2 pas deh,,😆😆😆

    Like

    1. Wah,,,iya?bpk kos sebelah mah lapar mulu,bening dikit disambar

      Wah,ane suka song hye kyo tapi anehnya ane gak patah hati tuh,pokoknya ane seneng aja liat doi baik sendiri atau berdua,,,demen juga ama tingkah dia,,,pokoknya demen aja gitu,,,

      Like

    2. Bening dikit hajar ye,,,rakus juga bapak tu,yang di luar jepun di embat juga?

      Udah senang dari full house sih,,,

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s