O Chart : Boys Will be Boys…band?

Satu hal yang pasti -well, maybe- akan ditolak atau setidaknya akan pura-pura menolaknya, jika seorang laki-laki menyukai boyband. Antara denial dan malah berakting membenci boyband, hal ini sudah begitu sering kulihat. Well, all those years, aku jarang sekali menemui laki-laki yang bisa mengakui kalau dia adalah fanboys dari sebuah boy group.

Seringnya, justru mereka akan mengatakan sebaliknya. Mungkin stereotipe bahwa boyband adalah selera cewek atau mayoritas laki-laki masih menganggap remeh kemampuan bernyanyi sambil menari. Beberapa mengeneralisir boyband adalah “laki-laki belok” yang mana menurutku, adalah pandangan sexism yang masih umum ditemui.

Jackson-5-michael-jackson-12701962-2560-1726
Secara umum, mereka juga bisa dianggap boyband

Well, aku tidak akan mengatakan diriku feminis juga -oh ya, feminis laki-laki ada- tapi jelas bagiku sendiri, gender equality adalah kewajiban dewasa ini.  Untungnya, aku tidak terbawa aliran “melihat sedangkal selokan” ini. Kalau aku bisa mengatakan aku menyukai GG, Sakamichi, atau TWICE, kenapa aku tidak bisa bilang aku menyukai boyband?

Dimana logikanya? Kalau yang dijual boyband adalah musik, untuk apa terlalu mempedulikan bagaimana kelakuan mereka dibalik panggung? Okelah mungkin bumbu semacam ini menarik, tapi untuk boyband, dan bagiku, tidak terlalu penting. Apa yang kusuka dari boyband adalah musik, mainly just music, so nothing else matters.

Satu lagi, karena prinsipku adalah “hanya musik”, pardon me jika pengetahuanku tentang hal diluar musik untuk beberapa grup di daftar ini bisa dibilang cetek.

Arashi

aramajapan_arashi-banner

Sudah sering kusebut, jadi jangan heran kenapa mereka masuk chart ini. Well, karena Arashi adalah boyband JPop pertama yang kukenal, maka mereka menset bagaimana boyband seharusnya untukku. Dalam arti musik, tentu saja. Karena mencari MV dari Arashi semudah mencari gigi ayam. Musik Arashi yang easy listening dan sering memiliki arti yang cukup dalam menjadi daya tarik utama mereka.

Sesuai nama mereka, Arashi adalah boyband terbesar Jepang setelah SMAP. Mereka pada dasarnya ada dimana-mana. Matsujun, Nino, Sho, Aiba, dan Satoshi memiliki daftar CV panjang di dunia entertainment Jepang. Setelah SMAP disband, maka Arashi adalah boyband terbesar Jepang saat ini, untuk alasan yang masuk akal. Acting gigs, CM, dan image positif mereka akan berusia dua dekade pada 2019 mendatang.

Dan aku tidak akan mengatakan mereka memiliki kemampuan vokal terbaik, karena memang tidak. Hanya sampai pada level tidak bisa dibilang fals. Lagu-lagu seperti Niji no Kanata HeKokoro no Sora, LifeNatsu no NamaeHit the FloorDaysMeikyu Love SongBittersweetStep and GoKaze, atau Daylight termasuk nomor favoritku.

Backstreet Boys

Boyband terbesar menjelang pergantian Millenium. Dan siapa yang bisa melupakan hits seperti As Long As You Love MeI Want It That WayBackstreet’s Back, Shape of My Heart, atau Larger Than Life? Singkat kata, lagu BSB abadi, meski comeback mereka pada tahun 2013 tidak memiliki magis mereka pada era millenium, album In a World Like This hanya terjual 800K di seluruh dunia dan mendapat review medioker.

BSB juga memiliki barisan member yang komplit; Brian Litrell dan Nick Carter memberi soul pada lagu Backstreet Boys, sementara AJ, Howie, dan Kevin untuk urusan dance. Di zamannya, mereka adalah boyband terbesar di dunia.

BIGBANG

Well, aku tidak akan mengatakan diriku adalah VIP, tapi secara general aku hampir selalu bisa menyukai rilisan BIGBANG. Swag dan hiphop yang mereka tawarkan sudah menghiasi jagad KPop sejak sepuluh tahun lalu, dan lagu seperti Sunset GlowLiesMonsterFantastic Baby, dan rilisan dari mini series M.A.D.E masuk dalam playlistku. Belum menghitung rilisan solo dari para member.

Selain musik, karena BIGBANG ada di dunia KPop, mencari video variety mereka yang memiliki subs tidaklah susah. Daesung di Family Outing -tak terasa sudah 7 tahun sejak aku pertama melihat variety ini- dan banyak acara lain menjadi magnet yang sedikit mementahkan prinsipku “aku tidak peduli pada aspek selain musik”

Generations

GENERATIONS-from-EXILE-TRIBE-World-Tour-2017

Yep, aku tidak memasukkan EXILE tapi lebih pada grup junior mereka ini. Secara musik aku lebih tertarik pada Generations, lagu seperti Ima, Kaze ni natteKataomoiLet me Fly, Always with YouLove You More, dan Sora menjadi lagu-lagu yang masuk di playlist kategori boyband.

One Direction

Bash me then, do your worst. Untukku 1D memang bukan grup favorit, tapi lagu-lagu mereka tak bisa dipungkiri memang easy listeningWhat Makes You Beautifultell me, siapa cewek yang tidak akan meleleh jika kau menyanyikan lagu ini? Live While We’re Young atau Best Song Everbasically their song won’t fail if you had someone catch your eyes on. 

Sandaime J Soul Brothers

Sandaime_J_Soul_Brothers

Satu lagi cabang dari EXILE. J Soul Brothers yang sekarang, seperti namanya, adalah generasi ketiga. Yang original didirikan oleh founder Hiro. Lagu hits seperti Best Friends GirlR.Y.U.S.E.I, dan Summer Madness ditambah myself made chart seperti Love SongFightersSpark, dan Pride adalah yang favoritku.

SHINee

Jika Barack Obama sekalipun men-tweet tentang sebuah boyband, maka grup itu pasti spesial. Tidak, aku tidak bercanda, tweet Obama tentang ini viral beberapa hari yang lalu. Nah, SHINee, meski memiliki image muda, faktanya sudah berkarir selama 9 tahun dan memiliki track record yang menarik.

Fandom mereka tidak bisa dibilang yang terbesar, tapi bisa dibilang salah satu yang paling loyal. Dengan SHINee sendiri termasuk veteran, lagu-lagu seperti JulietteRing Ding DongReplay1 of 1SherlockWhy So Serious, atau Married to the Music menjadi umum didengarkan. Sayangnya, seperti semua grup SM, banyak nada miring yang selalu menghampiri grup ini, banyak yang tidak berkaitan dengan musik.

Take That

take-that-press-2015-1444993262-list-handheld-0

Aku bahkan menulis satu artikel yang didasarkan pada lagu mereka sebelumnya. Take That pada dasarnya hanya Gary Barlow+Robbie Williams ditambah tiga orang yang lain. Saat Robbie Williams meninggalkan Take That, mereka memang kembali dengan hit Patience yang mana menarik, tapi saat Robbie kembali dan merilis The Flood, itulah saat dimana Take That ada di puncak setelah awal 1990’an.

Hits seperti Back for GoodBabePray, dan A Million Love Songs di awal 1990 adalah masa keemasan Take That. Di era sekarang, sepeninggal Robbie Williams untuk kedua kali dan Jason Orange, trio Take That masih menelurkan karya baru, dengan New Day dirilis hanya beberapa bulan lalu.

TVXQ

JYJ_TVXQ

Sebagai TVXQ maupun JYJ, aku tidak bisa melewatkan grup ini. TVfXQ meski dengan kisah kurang mengenakkan 8 tahun lalu masih ada di level legenda hidup KPop generasi kedua. Aktif dengan nama Tohoshinki di Jepang, TVXQ melewati masa-masa sulit sebagai pioneer KPop di Jepang. Setelah publik sudah mulai terbuka akan Korean act, justru TVXQ & JYJ berpisah jalan. Kini, kedua grup sedang tidak aktif.

Westlife

Mungkin boyband paling “bisa diterima” dari semua act di chart kali ini. Lagu I Have A Dream menjadi lagu wajib di masanya -yang merasa seperti ini, berarti kalian sudah berumur- dan lagu kocak seperti Uptown Girl, atau yang memiliki pattern khas boyband seperti My LoveCloseSoledadFlying Without WingsBop Bop BabySwear it Again, dan Beautiful World adalah nomor-nomor Westlife paling terkenal.

Sepeninggal Brian McFadden pada 2004 -dengan merilis Irish Son, Brian menjadi one hit wonder- Westlife bertahan sebagai kuartet hingga Westlife bubar pada 2012.

Others

Beberapa seperti NKOTB, O-Town, NSYNC, ME, Jackson 5, The Wanted, BTS dan lain-lain juga masuk kategori boyband yang cukup kusukai. Hanya saja, tidak terlalu seperti grup di chart kali ini. Mungkin ada juga boyband lain yang kusukai hanya saja aku lupa, atau tidak masuk karena artikel ini sudah cukup panjang. Kenapa kali ini aku menulis mengenai boyband juga sudah kuungkapkan diatas.

Yang menjadi final adalah, apa penting, menilai musik dengan faktor-faktor yang justru diluar konteks musik?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

84 Comments

    1. Iya, lumayan dapet juga tulisan dia. 😊 Tapi mungkin belum jodoh, jadi ane dan dia sahabatan. 😊

      Min, ga up album Keya? Udah ada linknya tuh, di KeyaID.

      Like

    2. Sahabat berbau modus jangan2? 😀

      Ane baru download, dan ane harus bilang sama sekali gak dengarin preview. Baru tau Gentsuyoubi pas live kemarin, jadi ini masih proses mencerna lagu2nya.

      Like

  1. Kalo Dari Boyband Yang Agan Sebutin Diatas Tentu Saja Yang Paling Ane Demen Itu Westlife…
    Alasannya Karena Lagu Westlife Banyak Yang Enak Dan Menjadi History Di Hidup Ane Terutama Lagu “I Lay My Love On You” 🙂

    Sedangkan Untuk Arashi Dan Idol Johnny Yang Lain, Ane Cuma Suka Lagunya Arashi Berjudul “Love So Sweet” Sama SMAP “Sekai No Hitotsu Dake No Hana”

    Btw Kalo Ngomongin Boyband Kayaknya Kurang Lengkap Kalo Gk Nyantumin F4 Dan Kahitna Gan 😀

    Like

    1. Westlife for 2000’s kids! 😀

      Ciah, JE Boys generasi lawas semua. Yang baru gak demen nih? 😀

      F4? Yang Taiwan? Emang lagu mereka apa aja? 😀
      Kahitna sih bukan boyband kali 😀

      Like

    2. Westlife For Life 🙂

      Kalo Lagu Barunya Johnny’s Yang Menurut Ane Lumayan Enak Itu Lagunya News Yang Judulnya Koi wo Shiranai Kimi e Gan…

      Lagunya F4 Yang Ane Tau Ya Cuma Yang Jadi Ostnya Meteor Garden Doang 😀
      Kahitna Termasuk Boyband Juga Kali Gan…Toh Mereka Juga Nyanyi & Ngedance 🙂

      Like

    3. Sayang udah bubar 😀

      OST drama kah?

      Kayanya satu2nya lagu mereka ya cuma itu 😀
      Ngedance udah terlalu sesuai sama umur jadi gak bisa dibilang dance lagi 😀

      Like

    4. Ost Drama The Girl Who leapt Through Time Gan…
      Tapi Ane Lebih Dulu Tau Lagu Ini Dari Mste Sih 🙂

      Lagunya F4 Yang Jadi Ost Meteor Garden Gk Cuma Satu Loh …
      Kahitna Kalo Perform Pake Poco2 Dance 🙂

      Like

    5. Nah kan drama 😀

      Yang ane inget cuma ….. yang ada “uwooo oooo” nya itu *gak tahu nulisnya gimana 😀 Emang ada yang lain?
      Kalau terlalu intens habis manggung pada opname mereka 😀

      Like

    6. “uwooo oooo” << Apaan Nih 😀
      Btw Meteor Garden Ini Lebih Dulu Ngadaptasi Hana Yori Dango Sebagai Serial Drama Dibandingkan Dorama Hana Yori Dango Itu Sendiri. 😀

      Jadi Urutannya Adaptasinya Kayak Gini
      1. Hana Yori Dango Manga
      2. Meteor Garden
      3. Hana Yori Dango Dorama
      4. Boys Before Flower
      5. Cinta Cenat Cenut 😀

      Kalo Poco2 Dance Malah Bikin Sehat Gan 😀

      Like

    7. Gimana lagi, ingetnya cuma itu 😀

      Iya ane inget, pas Hana Yori Dango yang ada Matsujun dibikin ane kira itu copas dari Meteor Garden. Dulu belum ada internet sih 😀

      Like

  2. Hm, untuk boyband ane terpengaruh admin kayanya , hehe. ane jadi ingin tau tentang arashi gara gara dari sini 🙂 Akhirnya jadi suka, Lagu favorit ane apa ya? maklum masih mendalami dulu hehe.

    Satu lagi, BTS juga ane lumayan suka, dan lagi lagi gegara kakak kembaran ane 🙂

    Like

    1. Pokoknya waktu admin bilang kalau arashi boyband favorit admin, udah lama, entah kapan 😀 , Ane penasaran, sebagus apa sih, pas ane searching, ane langsung hapal membernya, kirain mereka masih 20an , ternyata udah 30an 😀

      Kakak ane mah gitu, sampe diputer lebih dari 3 kali sehari, sampe ane apal 😀 tapi ane juga muter lagu nogi lebih dari 3 kali, sampe dia juga apal 😀

      Like

    2. Iyalah cuma 5, pada wara-wiri di dorama juga semuanya gimana gak cepet hafal 😀
      Kalau lagunya, download juga?

      Simbiosis mutualisme 😀

      Like

    3. Tapi ane belum nonton drama yang ada arashinya, ada reccomend kah?
      Lagu yang udah di download GUTS, terus yang masih sebatas liat di yutub mah meikyu love song, sama sora no shita, kimi no tonari.

      Like

    4. Ane juga nonton dorama juga pilih pilih cast nya, pertama nonton doramanya ishihara satomi, eh sukanya sama akting yamapi, nonton boku unmei, eh sukanya sama aktingnya kame, intinya ane nonton dorama kalau ada cast yang ane suka 😀

      Tapi ane masih mau dengerin banyak lagu lagi sih, yang admin reccomended di atas enak kah?

      Like

    5. Ane malah gak terlalu paham sama nama2 ini 😀
      Drama sih pass kalau ane, gak kuat iman nontonnya 😀

      Kalau ane rekomen ya jelas enak lah gan, seenggaknya di telinga ane. Coba aja download 😀

      Like

    6. Ane juga baru baru ini nonton drama, stok anime habis, jadi nyoba nonton drama, eh ketagihan 😀
      Gak kuat iman? emangnya di drama ada hal apa yang sampe bikin admin ga kuat iman?

      Ane nunggu wifi ane bener lagi aja lah, lagi gangguan 😦

      Like

    7. Gak kuat iman maksudnya gak betahan nonton serial, anime atau dorama sama aja, kecuali yang ceritanya pendek2 kaya Doraemon 😀

      Pake apaan emang, operator yang lagi down itu?

      Like

  3. Westlife satu album yang coast to coast jadi penghuni abadi playlist ane,,,udah berapa kali ganti hp,ganti memori,yang 1 album tu pasti ada

    Like

    1. Jelas dong, tapi ada satu lagi “udah berapa kali ganti hp,ganti memori,yang 1 album tu pasti ada” keliatan paling enggak pengalaman sepuluh tahun 😀

      Like

    2. Hahahaha,,,satu album tu udah jadi soundtrack hidup kyk ya😆😆😆

      Sorry oot dikit,bonucchi pindah emang dia yang mau atau emang gak di butuhin juve lagi?tanggapan fandom gimana?

      Like

    3. Dasar tkang galau 😀

      Fandom? Yakali 😀
      Kalau ada niat mungkin aktivitas transfer ini naik artikel Coffee Break, kalau ada niat dan waktu 😀

      Like

  4. Pass, grup yg dibahas ane tau,
    tpi utk lagu2nya? . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
    Satu2nya group boy (nyaris) band yg ane tau dikit itu, https://goo.gl/UjcMYS 😀

    Like

    1. Pasti tau lah cuma gak tau judul sama penyanyinya aja. Emangnya ente tinggal di mana kalau gak tau lagunya BSB, Westlife, sama Jackson 5 😀

      Legend! 😀

      Like

    2. Ya mungkin juga gitu, ane pernah denger n tau tpi gk tau klo itu lagu mereka 😀
      Lagian wajarlah ane yg generasi 2000an ini gk tau 😀

      Super legend 😀

      Like

    3. @mas Yang dua masih aktif kayanya di TV penyelamat masa depan Indonesia 😀

      @conan Duh, iya deh iya, yang berusaha mati2an biar orang2 percaya kalau masih muda 😀

      Like

    4. Legend! 👍
      Sekarang udah bubar, ya. 😀 Lawakan mereka mirip lawakan Jepang, mungkin levelnya lebih ringan, dan lebih ringan juga dari Srimulat. Tapi, karena Indo gila sensor, jadinya gitu deh. 😁

      Like

    5. @Mas:
      Klo dibilang bubar kyknya enggk juga gan, grup itu kbntuk pas boyband lagi booming sih di Indo, skrng boyband yg mereka paradoin dah tenggelam jadi gk bisa diparodiin lagi deh sama mereka 😀
      Klo soal job masih dipake mereka sama stasiun2 tipi 😀

      ====================================================================

      @Mac:
      Isitlahnya tinggi amat, “TV penyelamat masa depan Indonesia” 😀
      Pengakuan yg sulit ane dapat itu, butuh perjuangan mati2an 😀

      Like

    6. Gimana lagi, toh TV yang acaranya paling berkualitas ya itu, satu2nya yang ane kadang tonton di youtube 😀

      Hasilnya? Nihil tuh pak perjuangan ente 😀

      Like

    7. Hahaha, iya cuma istilahnya ketinggian 😀

      Meski demikian, perjuanagn ini tidak akan daku hentikan 😎
      *sambil play lagu “perjuangan dan doa” 😀

      Like

    8. Mnurut ane ketinggian, ya sudahlah gk diperpnjang pmbahasan gk penting ini 😀

      Itu ane disuruh bpk ane play tuh lagu 😀

      Like

    9. Kurang tau juga, tpi kyknya amsih ada lah, tontonan yg bermanfaat gitu gk mungkin gk ditayangin 😀

      Like

    10. Padahal dulu bapak ane pegawai dinas Penerangan (yang gak tau silakan googling, ini bukan dinas lampu) dan dia doyan Spongebob, kenapa sekarang KPAI doyan bener sensor? DUlu Titanic aja gak disensor sekarang Spongebob disensor, dunia sudah gila 😀

      Like

    11. Ya alasannya krn gk mendidik anak2 makanya kyk one piece, shinchan gk pernah tyng lagi di itipi nasiona, spongebobo sama naruoto amsih untng msih bsa dinikmati sampe skrng.
      Ngeri ini lucu, alsan pngen didik anak bangsa, tpi sinetron yg gk jelas tayang di golden time dan ntah apa2 isi ceritanya, naruto yg kelahi2 nyaris gk boleh tyng, sinetron yg maen kebut2an, kelahi2an asyik bermunculan, betapa lucunya negeri ini
      *serius amat 😀

      Like

    12. Beli kuota jg merusak mental akhir2 ini gra2 komen bapak2 komplek n tukang kompor beredar dmn2 😀

      Like

    1. btw, kan teknologi kloning kan bukan hal yang tabu untuk dipraktekan, siapa tau dimasa depan ada idol kloning biar ndak ada rebut rebutan “Mamah” Adik” atau “Kakak”, hehe

      Like

  5. BIGBANG is VIP! Walaupun banyak yg ngehujat gegara badai skandal tp gak kalah banyak juga yg selalu nunggu karyanya mereka

    Inget F4 inget temen yg punya piring F4 saking ngefansnya haha
    Mana slayernya dulu hitz banget

    Kalo lagunya yg gak pernah bosen mah WESTLIFE punya. Always memorable

    Sedikit OOT, mungkin http://www.kaoskakibau.com/?m=1 salah satu dari sedikit yg berani ngaku jd fanboy sejati -bkn promote loh min cuma “terkesima” sama isinya- haha

    Like

    1. Udah ada kelanjutan soal skandal di Bingu?

      Westlife 4 life! 😀

      Hahaha, ini contoh yang gak mau terkotak2, jadi apa aja genre musiknya selama kita suka ya hajar! 😀

      Like

    2. Terakhir taunya om tabi pindah rmh sakit. Gak tau deh gimana kelanjutannya

      Sayang udh disband

      Nah itu. Tp sayangnya msh banyak yg punya pemikiran kalo cowok ngefans boyband itu maho, apalagi yg dance cover #ngaca ke diri sendiri

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s