Sakamichi Review : Masshirona Mono wa Yogoshitaku Naru

Album perdana Keyakizaka46, Masshirona Mono wa Yogoshitaku Naru dirilis pada 19 Juli ini. Sebagai album pertama, seperti biasa ini hanyalah kompilasi dari empat single yang sudah dirilis, tapi yang mengejutkan adalah ditambahnya 16 lagu baru, jumlah yang cukup untuk 3 single.

Nah, dengan jumlah lagu sebanyak ini yang harus direview, maka harap maklum kalau aku memakan waktu cukup lama untuk merilis artikel ini. 16 bloody reviews, my poor fingers. Dan karena aku sama sekali tidak mendengarkan preview yang berkeliaran, maka aku mulai dari nol, dengan begini aku pure menulis ini secara obyektif.

Covers Coverage

K461AlbumLimAK461AlbumLimBK461AlbumReg

Ada tiga cover yang dirilis, tergolong sedikit mengingat biasanya bisa sampai 4-5 cover. Type A Limited, B Limited, dan Regular. Type A masih didominasi Tecchi, yang mana sudah sampai taraf begitu berlebihan. Bahkan Nogi setidaknya masih menggunakan senbatsu di cover Type A untuk Toumei na Iro. Dengan begini ketergantungan Keyaki pada Tecchi akan semakin besar, terutama karena Keyaki=Tecchi & Friends di mata umum.

Type B adalah formasi dua baris depan dari Silent Majority, dengan pengecualian Zuumin yang absen. Tribute band version? Dan versi ini adalah yang paling cocok dengan judul albumnya. Sementara Regular sama dengan Type C dari Silent Majority dengan penambahan Neru. Lebih cool dari Type B karena spektrum birunya, perasaan “kosong” tidak bisa dihilangkan dari versi ini.

Tracklist

月曜日の朝、スカートを切られた Gentsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta – Kanji Keyakizaka

_000009009

Dibawakan perdana di event Ongaku no Hi pada 15 Juli lalu, tidak mengherankan Gentsuyoubi dipilih menjadi lagu utama dari album ini. Aransemen yang sedikit campur aduk, ada opera, EDM, rock, dan sedikit akustik. Formula ini bukan hal baru memang, tapi terdengar fabulous. Rap juga menambah variasi lagu ini. Porsinya tepat.

Untuk pembawaan dari member, kurasa tidak banyak yang bisa dikeluhkan, dari vokal yang terdengar ngos-ngosan di beberapa bagian dan vokal rough dari Tecchi di akhir lagu malah menjadi hook yang adiktif. Secara musik, Gentsuyoubi memiliki semua karakteristik Keyaki, jadi tidak ada yang harus diprotes. Kurasa strategi membuat album alih-alih 5th single adalah untuk lagu ini, yang mana harus kukatakan berhasil.

Dengan Gentsuyoubi sebagai 5th single, katakanlah, pujian pasti datang seiring juga dengan kritikan. Something like “Keyaki membosankan”, well, ini membicarakan image, jadi susah untuk diganti kan? Sementara untuk first live, hmm, ada cukup banyak yang ingin kukatakan -draft sudah ada, hanya karena aku benar-benar lupa dengan tanggal rilis Masshirona terpaksa kutunda dulu untuk SR ini- jadi aku tidak akan bicara tentang ini. MV akan menyusul, mungkin bersamaan dengan first live.

Rate : ⭐⭐⭐⭐


君をもう探さない Kimi wo Mou Sagasanai – Kanji Keyakizaka

K461AlbumPromo

Lagu dari Limited B ini masih membawa pattern khas Keyaki, EDM dan mudah dibayangkan sebagai lagu yang akan cool dibawakan live. Lagu ini sedikit mirip-mirip gabungan antara Kimi ga Inai dan Kataru Nara Mirai Wo, cukup bagus untuk menjadi main single, hanya saja monotonous. Tidak mengherankan lagu semacam ini sering hanya berakhir sebagai coupling.

Rate : ⭐⭐⭐1/2


少女には戻れない Shoujo ni wa Modorenai – Goninbayashi

Unit Goninbayashi terdiri dari 5 member; Nijika, Dana, Fuuchan, Satoshi, dan Mizuho. Jika melihat lineup, mungkin yang terbayang adalah dance unit, ini wajar karena mereka termasuk dancer terbaik di Keyaki. Disini adalah twist yang sebenarnya karena justru lagu yang dihadirkan bertempo lambat plus lebih menitikberatkan di vokal.

Lagu ini adalah salah satu favoritku, tanpa sadar aku ikut sway saat mendengarnya. Untuk vokal, mengejutkan, karena aku tidak pernah benar-benar memperhatikan vokal kelima member ini. Bisa kukatakan adalah mereka mereka mendapat soul disini, jika sedikit melebihkan. Yang pasti, mereka bisa membawakan lagu ini diluar perkiraan banyak orang, twist seperti ini kuharap bisa lebih lagi.

Rate : ⭐⭐⭐⭐


夏の花は向日葵だけじゃない Natsu no Hana wa Himawari Dake Janai – Imaizumi Yui

Kembalinya Zuumin ke line-up diiringi lagu solo. Ini membuatnya menjadi member ketiga yang mendapatkan solo. Jujur saja, comeback melalui solo adalah perlakuan yang tidak berlebihan untuk Zuumin. Kenapa? Aku tidak akan menyinggung soal popularitas, meski itu juga berpengaruh, tapi lebih pada Keyaki tidak memiliki figur solid vocalist, yang mana peran ini bisa disandang Yuichanzou, dan Zuumin sendiri.

Jika dibandingkan dengan Tecchi yang lebih rough dalam tipe lagu, dan Neru yang lebih soft, pilihan jalur ballad untuk Zuumin bagiku adalah approach yang tepat. Apalagi ballad yang disini berbeda dengan Naachan, lagu ini mendorong Zuumin ke batas. Vocal range disini tidak akan bisa ditiru dengan mudah, dan lagu ini akan menjadi signature song Zuumin.

Rate : ⭐⭐⭐⭐


東京タワーはどこから見える? Tokyo Tower wa Doko Kara Mieru? – Kanji Keyakizaka

K461AlbumPromo

Dari judulnya aku malah teringat grup lain. Lagu ini sedikit berbeda, dalam arti output sounds yang dihadirkan terbilang baru. Antara vokal dan musik tidak terdengar sangat sinkron, sedikit miss yang menjadi poin menarik lagu ini. Masih berat di EDM, hanya sedikit lebih meng-highlight vokal, poin yang sedikit meh.

Dengan tempo yang cukup lambat untuk ukuran album ini, Tokyo Tower tidak standout, malah terkesan kalau lagu ini hanya sebagai pelengkap. Well, ini subyektif untukku, aku hanya tidak bisa terlalu menyukai lagu ini.

Rate : ⭐⭐⭐


1行だけのエアメール 1-gyou Dake no Air Mail – Yuichanzou

Album yang sibuk untuk Yuichanzou. Dengan Zuumin mendapat solo dan Yuipon mendapat unit, Yuichanzou juga kembali mendapat lagu di album ini. Dengan ini, Yuichanzou memperpanjang rekor 100% kemunculan di tiap rilisan Keyaki. Tidak ada unit yang di-push sebesar ini dalam sejarah Sakamichi.

Jika Zuumin diatas mendapat lagu yang cocok, Yuichanzou mendapat lagu yang tidak berbeda jauh dari lagu sebelumnya seperti Bob Dylan wa Kaesanai atau Tuning. Yang mengejutkan disini adalah bagaimana vokal Yuipon menjadi sedikit lebih berat. Lebih dewasa dan terasa seperti umumnya diva. Tidak terlalu kentara memang, tapi jika dia berkembang kearah ini, maka patut ditunggu.

Rate : ⭐⭐⭐


100年待てば 100nen Matteba – Nagahama Neru

Neru mendapat lagu bernuansa retro kali ini. Yang mengejutkan adalah tekniknya menjadi sedikit lebih baik. Well, Matta Atte Kudasai masih lebih kusukai, tapi di beberapa bagian lagu ini aku seperti tidak mendengar suara Neru. Hanya di bagian lain cemprengnya masih begitu kentara yang sedikit mengganggu.

Dilibatkannya lirik english dalam bentuk echo disini juga menarik. Musik yang dihadirkan lagu ini masih idolish, yah kurasa karena ini adalah milik Neru yang de facto center H.Keyaki, sementara image mereka sendiri masih terlalu pop. Yah, lagu ini setipe dengan Seifuku wo Nuide Sayonara wo.

Rate : ⭐⭐⭐


AM 1:27 – Kobayashi Yui, Suzumoto Miyu, Hirate Yurina

Sejujurnya belakangan ini aku terlalu banyak mendengar EDM techno, jadi tidak ada kesan yang spesial dari nomor ini. Yang bisa kukatakan secara singkat adalah lagu ini mungkin akan lebih bagus jika dibawakan live, apalagi dengan member dancer seperti ini. Secara musik, well, ini sudah tipikal EDM, tidak ada kejutan yang berarti.

Rate : ⭐⭐⭐


沈黙した恋人よ Chinmoku Shita Koibito yo – Lima Cantik

Nama unit yang cheesy, tapi aku tidak tahu apa nama unit ini sudah resmi. Lagu ini menarik dalam arti bagaimana mereka menggunakan teknik falseto nyaris di sepanjang lagu, sementara di beberapa bagian “ramen daisuki, Saito Kyoko desu” bertanggung jawab untuk nada rendah.

Lagu ini membuka mata tentang kapabilitas member H.Keyaki. Aku tidak akan mengatakan kemampuan vokal unit ini bisa menyelamatkan H.Keyaki, tapi setidaknya mereka mendapat lagu yang decent dan cocok dengan warna vokal mereka. Oke, aku tidak mengatakan lagu ini sempurna untuk mereka, hanya masih bisa dinikmati sampai batas tertentu. Tapi secara pribadi, aku tidak bisa melupakan falseto disini.

Rate : ⭐⭐⭐


ここにない足跡 Koko ni nai Ashiato – Aozora to MARRY

Lagu kedua MARRY setelah Wareta Smartphone, dan mereka memang tidak ditujukan sebagai unit vokal, jadi kalau berharap lagu sekelas Yuichanzou, lebih baik lupakan. Musik yang dihadirkan kali ini tidak seunik Wareta, cenderung khas idol yang sedikit disayangkan, karena kupikir MARRY akan terus dengan konsep avantgarde -bah-

Sama seperti Wareta, tingkat fals member hanya terlihat saat solo, jadi secara keseluruhan masih bisa diterima. Yah, lagu ini seperti hanya fanservice bagi stan MARRY, terutama dari fanbase per individu. Apalagi, member yang tergabung disini adalah nama-nama paling populer dari grup.

Rate : ⭐⭐⭐


永遠の白線 Eien no Hakusen – Hiragana Keyakizaka

Sedikit meh saat mendengar lagu ini, terutama karena H.Keyaki tidak membawa sesuatu yang wow. Hanya pop biasa saja, tidak memiliki ciri khas seperti K.Keyaki, dan yang paling mengecewakan untukku pribadi adalah masih tidak adanya member yang memiliki vokal kuat bisa ditemukan di lagu ini.

Mereka sudah keluar dari rawness yang terlihat di Dare Yori mo Takaku Tobe, tapi terkesan stuck sejak Bokutachi wa Tsukiatteiru dan tidak berkembang di Eien no Hakusen. Mengecewakan tentu, apalagi kali ini K.Keyaki mendapat Gentsuyoubi. Yah, jika H.Keyaki terus mendapat lagu seperti ini dan K.Keyaki konstan dengan lagu out of the box plus ketidakjelasan status, waktu bagi H.Keyaki bersinar tidak tampak di bola kristalku.

Rate : ⭐⭐⭐


バレエと少年 Ballet to Shounen – 156

156 terdiri member yang….tidak terbayangkan akan dijadikan unit jika bukan karena tinggi badan; Ue, Ozeki, Mii, Naako, Aoi, dan Yone. Sejak intro, lagu ini seperti opening dari anime, mungkin yang seperti Chibi Maruko-chan atau sejenisnya. Yang pasti, lagu ini masuk dalam kategori ringan, bubblegum pop yang tidak butuh waktu lama untuk dicerna.

Secara umum tidak ada yang salah dengan lagu ini. Bagi yang mengeluhkan image Keyaki membosankan, manajemen memberi alternatif lewat lagu ini. Memang hanya unit, tapi setidaknya memberi gambaran bagaimana Keyaki jika diberi lagu seperti ini sebagai main single. Bagaimana?

Rate : ⭐⭐⭐


猫の名前 Neko no Namae – Sugai Yuuka, Moriya Akane, Kato Shiho, Sasaki Kumi

Oke, captain & vice capt Keyaki ditambah Katoshi dan Gummy? Mau tidak mau jadi kepikiran dengan kemungkinan penunjukan yang sama untuk H.Keyaki. Well, ini untuk berikutnya, kali ini fokus pada lagunya saja. Neko no Namae ada di sisi lebih idolish dari single ini. Sorry, Black Cat Nero.

Nuansa akustik kental disini, ditambah titik berat di vokal yang harus kuakui cukup mengejutkan. Tidak seperti di MARRY atau Lima Cantik, vokal keempat member ini jika digabungkan bisa menciptakan suasana baru. Well, karakter masing-masing masih terasa, fals-nya juga masih sama, tapi kesannya berbeda. Kesannya seperti tough oneechan disini meski dengan judul seperti itu.

Rate : ⭐⭐⭐


太陽は見上げる人を選ばない Taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai – All 32 Member

31 - DdQqmMB

Terasa sedikit etnik dari intro, dan lagu ini berubah menjadi lagu downtempo EDM. Satu kata saja untukku tentang lagu ini; beautiful. Harmonisasi vokal yang lebih baik dari W-Keyakizaka no Uta, dan secara musik, aku lebih memilih ini daripada lagu kebangsaan W-Keyakizaka no Uta. Jika lagu ini dibawakan live, maka pilihan utama jelas tanpa dance, karena akan merusak magisnya. Menurutku yang paling cocok adalah a la choir, meski tambahan dance di beberapa bagian mungkin akan bagus.

Rate : ⭐⭐⭐1/2


危なっかしい計画 Abunakkashii Keikaku – Kanji Keyakizaka

K461AlbumPromo

Lagu yang lebih funk. Dan ditambah rap yang cukup dominan. Lagu ini menarik, tapi tidak memiliki magis Gentsuyoubi, mungkin karena rap yang digunakan dalam intensitas lebih dan lebih cepat dari Eccentric. Well, mungkin kata yang paling mudah menggambarkan lagu ini adalah Oto ga Denai Guitar + Eccentric.

Sedikit yang aneh dari Abunakkashii adalah kadang satu lagu ini terasa seperti potongan dari lagu-lagu berbeda yang dijadikan satu. Dari tempo cepat dan kemudian melambat dengan tempo nyaris ballad dan langsung kembali cepat. Yah, lagu ini tidak seunik I Got A Boy memang, you got my idea. Untuk preferensi pribadi, mungkin aku akan lebih suka kalau tidak terlalu banyak rap disini.

Rate : ⭐⭐⭐1/2


自分の棺 Jibun no Kitsugi – Hirate Yurina

merge_from_ofoct

Cabaret feels. Oke, setidaknya cafe feels. Jangan anggap aku asal bicara, tapi ingat saja Yamanotesen. Well, langsung saja ke lagunya. Kali ini tidak ada rock seperti PARCO, tapi jauh lebih slow dan bagiku ini cukup menarik. Tecchi seperti diberi kesempatan untuk mengembangkan diri, tapi bagiku ini seperti terlalu keras membuat Tecchi sebagai obyek fanservice.

Lagu ini tidak bisa dibilang bagus, yah, decent, tapi tidak memberi impact. Kondisi Tecchi sebelas duabelas dengan kondisi saat Naachan mendapat gelontoran solo dua tahun lalu, justru malah membuat bosan lebih cepat. Well, untukku aku akan men-skip lagu ini karena butuh mood dan momen yang pas jika ingin menikmatinya.

Rate : ⭐⭐⭐


Conclusion

Masshirona sebagai album pertama Keyaki membawa kejutan dengan jumlah lagu baru sejumlah 16 lagu. Sebagai perbandingan Toumei Na Iro hanya membawa 8 lagu baru, tapi itu karena Toumei na Iro adalah kompilasi untuk 10 single alih-alih 4. Lagu baru sebanyak ini dalam satu rilisan bisa dikatakan seperti christmas come (too) early.

Pentingkah album ini dirilis disaat Keyaki baru memiliki 4 single? Jawabanku mungkin hanya satu teori; ada stagnansi dalam Keyaki saat ini, manajemen tidak bisa memutuskan apa pattern single per musim bisa dilakukan disaat mereka tidak bisa mengganti center. 5th single dengan tema dan konsep yang sama akan membawa titik jenuh bagi publik, meski kemungkinan ini kecil karena Keyaki adalah satu-satunya mainstream idol group dengan konsep cool.

Tapi trend berbicara. Umaretekara Hajimete Mita Yume tidak bisa dibilang sukses besar secara komersil, tapi mungkin wajar karena Nogi baru jor-joran di 18th single. Sementara Keyaki jelas mengundur 5th single ke fall, album ini jor-joran. Gentsuyoubi mendapat MV, sementara tidak satu pun dari tiga album Nogi mendapat MV -dengan pengecualian Kikkake-

Aku terlalu capek untuk mencari info saat menulis artikel ini, jadi kuanggap pesaing Keyaki di radar publik terbatas pada beberapa grup saja. Apalagi grup dari negeri seberang juga memasuki pasar Jepang dan respon yang bagus. Keyaki masih ada di puncak idol dengan image yang kuat selain kakaknya, dan Masshirona memfasilitasi ini.

Meski yah, sulit untuk lagu-lagu di album ini dikenal publik jika tidak dilibatkan dalam acara-acara. Sejauh ini baru Gentsuyoubi, dan aku ragu apa memang manajemen cuma akan merilis lagu ini ke publik. Jika masih ada gimmick lain yang disimpan, maka album ini bisa terjual lebih baik. Jika tidak, maka siap-siap saja untuk 5th single.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

116 Comments

  1. Sejujurnya lagu yg dijadiin mv menurut ane kurang bagus. Bukan tipe ane sih sebenernya dan bosen kedengarannya. Ane nonton mvnya aja ngantuk karena pertama cukuplah cool-coolnya. Andai mvnya temanya lain aja mungkin ane bakal sedikit bisa suka. Kedua, sekarang udah jelas kalau Keya = Tecchi dan Backdancernya. Mungkin publik gak banyak kenal member lain, tapi yang pasti management takut Tecchi tergeser dari tahta. Ini yang ane takutin sebenarnya. Dan terakhir ane bukannya benci atau gimana, tapi ini udah cukup. Tolong single ke lima jangan gini lagi 🙂

    Untuk album lagu yang paling ane suka lagu Zuumin. Ya Allah suaranya merdu sekali :lv Meski ane lebih milih Yui yang solo, tapi Zuumin sangat tidak mengecewakan. Ane juga suka lagu yang Kimi Mou, malah ane jauh lebih suka itu dari yang dijadiin MV. Lagu Marry juga ane suka. Ceria mendekati mellow, ala musim panas kadarnya pas buat Keya. Lagu Hiragana di album ini adalah lagu mereka yang paling ane suka. Untuk unit yang lain ane bilang cuma bagus. Yang 32nin juga yah gak terlalu gimana buat ane.

    Oh ya kalau mimin perhatiin di mvnya, rambut zuumin kayaknya pake rambut palsu soalnya agak jomplang(?) keliatannya.

    Nilai ane buat album ini secara keseluruhan 8/10. Bagus, tapi hanya itu.

    Like

    1. Gentsuyoubi? Ane baru dua kali liat pas curi2 waktu tadi siang, belum mendalami. CUma kesan pertama “bakal ribet ini paham artinya” 😀

      Zuumin comeback with grace. Tinggal nunggu apa dia bakal dapet kesempatan di panggung live.

      Ane masih mendalami MV Gentsuyoubi. 😀

      Like

    2. Yang ane paham, mv ini dibuat jadi lanjutannya SaiMajo. Udah itu doang 😀

      Dia nyuruh fans nunggu lagi. Ane lebih prefer dia emang istirahat aja dulu biar bener-bener sembuh dan bisa kayak dulu lagi daripada maksain buat comeback dalam waktu dekat terus kumat lagi.
      Dan gara-gara terus ngulang lagu Yuichans ane ngebet banget pengen Yui bisa dapet solo song. Andai Yui suaranya kayak orang mau nangis (mirip Nanasayang) udah ane sikat dari dulu ni anak 😀

      Ane malah gak mau ngulang nonton lagi 😀 😀 😀

      Like

    3. Besok pagi bakal ane rilis review MV ini 😀

      Well, dia tahu apa yang dia mau meski bukan yang paling baik. Sering liat sih yang kaya gini, kaya orang yang harusnya masih opname tapi minta pulang karena gak betah, mirip kan?

      Yuipon udah cocoknya mirip Naachan dari muka melas aja, suara udah bagus begini 😀

      Lah? Gak baca review besok dong 😀

      Like

    4. Kebut amat min 😀

      Makanya dia mending diem aja biar sehat dulu. Zuumin kayaknya juga berusaha nahan diri buat gak cepet-cepet pengen balik. Makin kangen ane sama my chibi unyu ❤ yang satu ini. Kasih emot ❤ dulu 😀

      Kan ane cuma berandai-andai min. Biar makin kerasa aura pengen dilindunginya 😀

      Entar ane “iya”in aja atau seinget ane lah ane komennya 😀

      Like

    5. Terpaksa soalnya hari ini Nigemizu rilis, kalau Getsuyoubi gak rilis sekarang entar numpuk.

      Yah, dia udah gede juga, biarin aja. Lagian dia udah absen dari Fukyouwaon, selama penyakitnya gak parah ane yakin udah cukup itu buat recovery. Lain ya kalau masalahnya di psikis.

      Pengen #HBD-in kali 😀

      Like

  2. Cuma ada 3 lagu yg sekali denger langsung nyantol di kuping yaitu Gentsuyoubi , lima cantik ama 156. Yang lainnya belum bisa di terima di kuping saya mungkin karna belom lihat live perfom lagu tersebut jadi ga begitu nyantol. Sama halnya kaya fukyouwaon kalau hanya denger musiknya saja keliatan biasa tapi kalau lihat live perfom baru keliatan wah dan jujur lagu keyaki sekarang lebih banyak aura EDMnya apa karna ngikutin tren ? Atau ingin terlihat lebih cool lagi ?

    Like

    1. Kalau nungguin live performance sih bakal lama gan. Palingan di 46show itu juga untung2an 😀

      Kalau EDM influence di Keyaki sih udah dari SiMa juga begini pattern musik mereka.

      Like

    2. Kata siapa lama min ntar juga konser tanggal 22-23 bakal bawain semua lagu di album 😁

      Tapi kalau SiMa ga terlalu EDM menurut saya malah yg sekarang baru kerasa EDMnya, saya lebih suka lagu tipe sekai ni wa 😁

      Like

    3. Buat Sahabat Bumi, gak ada link gak berguna 😀

      Trend musik Jepang dua-tiga tahun terakhir ini emang banyak EDM kok. Gak jauh-jauh Nogi aja main2 EDM.

      Like

  3. Hmm bingung mau komen apa. Saking banyaknya lagu, malah semakin susah buat masuk telinga. Hasilnya, cuma 5 lagu yg bener2 masuk dan langsung inget.
    Lagu utama kanji, K+H, Yuichanzu, Zuumin, sama Goninbayashi.

    Setuju emang kalau album ini seperti chrismas come too early. Mereka bener2 jor2an ngasih fans service sejak single 4. Mulai dari MV Eccentric, terus album ini puncaknya. Sayangnya, penjualan album ini kayanya dibawah ekspektasi. Khawatirnya, semakin banyak gimmick yg diberikan, kedepannya mereka jadi lebih cepat stagnan, karena udah kehabisan ide. Tapi yaaahhh Keyaki selalu punya kejutan sendiri.

    Like

    1. Ane aja udah lupa lagu2nya kaya gimana, yang nyantol cuma Gentsuyoubi karena lagi proses mendalami MV 😀

      Ane belum jalan2 sih, tapi kalau dari kos sebelah yang sampe 160K, masuk akal aja soalnya harga album ini gila. Hari kedua udah ada info berapa?

      Like

  4. Getsuyoubi, Ballet, lagunya Goninbayashi, AM127.
    – Getsuyoubi, enak buat genjrengan dan langsung nyangkut dikepala.
    – Ballet, langsung suka dan bukan karena ga bias, genre ini emng pas buat ane. ☺ Ane juga suka buat genjrengan. Centernya Mii kayaknya.
    – Goninbayashi, enak banget! Suara member juga kedengaran enak. Bisa dibilang, lagu yg pas buat 5 orang ini. 🙂
    – AM127, agak lupa, tapi lumayan enak genre kayak gini.

    Sebenernya, di album ini, ane berharap ada suara member yg bisa bikin ane merinding, macam Iku atau Rotti. Sayang, ga ada. Sempet merinding pas denger Natsu no, tetapi mungkin itu karena ane terlalu kangen Zuu. 🙂

    Untuk saat ini, warna suara member yg ane suka mungkin Mii dan Shiichan. Mii hanya perlu latihan biar bisa stabil suaranya. Kalo bisa, pasti manteb banget hasilnya. Shiichan udah enak, apalagi kalo maen falseto. Yang disayangkan Yone. Sebenernya enak, tapi keganggu sama cadelnya.

    Untuk Zuu, ane ga terlalu suka dengan gaya suaranya. Sengaunya dan vocal rangenya kurang, kayaknya. Tapi, mau gimana lagi, emang suara aslinya kayak gitu. ☺ Tapi kalo denger suara biasanya Rotti yg cempreng kalo bicara biasa dan indah bukan maen pas menyanyi, seharusnya Zuu juga bisa. 😀

    Lagu lainnya masih ane denger sepotong2, karena ngantuk. Jadi, mungkin pendapat ane bisa berbeda ntar. 😀

    Like

    1. Yakin yang lagunya 156 bukan karena bias? 😀

      Enggak juga, karena menurut ane emang Zuumin udah punya vokal bagus dari sononya makanya tinggal poles dikit aja. Natsu no lagu yang pas buat dia daripada tipe lagu Tecchi/Neru. Dan range vokal tiap orang kan beda2, Rotti emang bisa main di range yang lebih lebar dari Zuumin sih sependengaran ane.

      Sekarang udah jelas? 😀

      Like

    2. Bukan. Lagu itu yg ane langsung suka pas denger previewnya. Dan, akhir2 ini ane suka lagu dengan nada klasik macam ini dan imut kawaii, macam Gomen ne Smoothie. 😀

      Mungkin warna suara Zuumin aja yg ga terlalu pas di kuping ane. 🙂

      Udah denger beberapa kali. Lumayan suka juga yg lagunya Yuichanzu. 🙂

      Lagunya Tecchi enak banget, mengingatkan ane pada Double Troublenya Eric Clapton. Sayangnya, kualitas vokal Tecchi kurang banget. Good song, worst singer.

      Dan, ane kayaknya jatuh cinta sama Katoshi. Suaranya di Chimonku enak banget. Ane suka warna suara nyantai macam ini. Kalo buat solo mungkin ga cocok, tapi kalo Katoshi jadi vokalis band, manteb banget. 😀

      Like

    3. Suka karena bikin hormon merah meningkat? 😀

      Vokal masih jadi kekurangan utama Tecchi. Yah, kalau dia dapet lagu yang cocok sih gak parah2 amat.

      Bisa gitu ngebedain vokal member di Chinmoku? Ane cuma bisa denger Sarina sama Kyoko 😀

      Like

  5. Duh pengen komen objektif tapi gabisa 😀

    Paling suka yang pasti lagu natsu no hana wa himawari dake janai ❤ ❤ ❤

    Yang laennya bagus juga si 😀 😀 😀
    Dan… Member azora to marry… Ga secempreng dan bero kayak wareta no smartphone #maapkeun 😀 😀 😀

    Ini sebenernya manajemennya takut salesnya turun atau gimana? Techisentris dari dulu =_= kasian techi 😦 too much pressure on her (maybe)

    Like

    1. Langsung keliatan subyektifnya 😀

      Untuk MARRY, ane harus setuju kalau vokalnya gak secempreng Wareta 😀

      Banyak faktor jelas, gak bisa ngejudge dari satu sisi aja kenapa terus Tecchi yang dipush.

      Like

    2. yang penting ane dengernya bagus 😀 dan yang nyanyi zumiko 😀 😀 😀

      baru dengerin yg 32 member 😀 kayak dengerin soundtrack spakbola 😀
      mu dipake untuk 2020 kah? XD XD XD

      yaudah gausa ngomongin tecchi
      semoga ga terlalu tertekan abis itu (grad)….

      Like

    3. Bias! Egois! Fasis! 😀 😀 😀

      Taiyou wa Miageru kaya lagu bola? Ya oloh dari mana downtempo EDM gitu kaya lagu bola???

      Gak baik ngomongin orang, kecuali ngomongin bapak kos sebelah 😀

      Like

    4. Biarin :p

      iya 😀 ane denger ad suara kendang2 brazil gitu jadi inget piala dunia 😀 😀 😀
      efek cuma suka denger ballad mungkin 😀 gaterlalu genre lagu laen :’D

      😀

      Like

    5. Saya sudah klaim sejak toriizaka ya min 😀 pengunjung tetap kos2an serigala 😀

      Ya entar klo uda dpet solo kayak gitu genrenya pasti ane suka 😀 😀 😀
      Orang laen suka lagu karena genrenya dan ane suka lagu karena yg nyanyi 🙂 genre balakangan (komen terlalu subjektif) 😀

      Like

    6. Kan bapak kos uda bbrp kali pindah pindah 😀 belum sempet ss

      Biarin :p modus dan subjektif itu mirip mirip kok 😀

      Like

  6. salam dari silent reader….
    sering banget ngikutin info di kosan sebelah dan dari sini

    entah ada angin apa jadi pengen komentar terutama buat album baru geng ijo
    khusus buat hiragana kok ane jadi ngerasa kasian sama mereka,

    dari status yang ga jelas seperti apa perannya, genre lagu yang maaf “jauh tidak berkualitas” dibanding K, satu member spesial dengan status “kennin” ke senbantsu (K) yang meskipun ane oshiin dia tapi sangat disayangkan perannya jauh lebih mendorong kekuatan senbatsu (K) dibanding ke status dia asalnya (H).

    sama seperti agan diatas, pengen objektif tapi gabisa

    yang ane harap, semoga H bisa bersinar terang mulai 5th single
    cukuplah sampai album ini mereka “dikebawahkan”, dan manajemen menegaskan peran dari H terhadap keyaki secara umum. bukan status “under beda rasa dan perlakuan”

    maaf ya min, mungkin terlihat seperti emosi
    kalau kelihatan agak kasar mungkin boleh dispam aja

    yang jelas ane tetep dukung mereka, khususnya buat H dan umumnya buat grup sama manajemen
    tks

    Like

    1. Hahaha, salam kenal juga gan 😀

      Ane gak akan bilang lagu H.Keyaki dibawah kelas K.Keyaki, tapi lebih ke “belum dapet lagu yang bisa nunjukin kapabilitas secara maksimal” soal dualisme yang terkesan menganaktirikan atau status Half Blood Princess, pass deh, udah keseringan nulis artikel soal ini 😀

      Santai gan, ane bakal allow some savages kok 😀

      Like

    2. Ane gak akan bilang lagu H.Keyaki dibawah kelas K.Keyaki, tapi lebih ke “belum dapet lagu yang bisa nunjukin kapabilitas secara maksimal” <—- Kapabilitas disini apakah nyambung ke “dua entitas berbeda dalam satu grup ya min?” secara yang pernah ane baca, K itu lebih cool sementara H itu lebih ke kawaii?

      haha iya sori min, soal dualisme dan status “half-blood princess” itu mah cuma menegaskan aja kekecewaan ane aja terlebih ada (agan/sis?) yang komentar di bawah tentang status terbaru H sebagai “imouto raibaru” … makin geleng2 kepala aja ama manajemen

      yoweslah nikmatin aja, dan berharap 5th sebagai titik perubahan yang baik buat grup, ga kehabisan “bensin” buat sampai ke puncak saking melesatnya geng ijo ini

      tks responnya min

      Like

    3. Begitulah. Meski ane juga gak ngarep K=cool H=kawaii juga sih. Terlalu jomplang.

      Ane sih udah males ya kritik manajemen berlebihan, cuma kalau pelitnya udah keluar kebangetan baru deh ane senggol 😀

      Akhir tahun kemarin ane ramalin Keyaki mulai kehabisan tenaga di pertengahan tahun, tapi malah makin kenceng jadi ane rasa masih aman lah 😀

      Like

  7. menurut gua ada 2 lagi di 1st Album Keyakizaka46 ini, yang pertama adalaha 1 Gyou Dake No Air Mail (Yuichanzu ). di lagu ini karakter suara dari Yui dan Zuumin sangat berbeda dengan di lagu-lagu sebelumnya. di lagu ini bukan hanya pada suara antara Yui & Zuumin tapi juga pada arti lagu dan juga genre music yang sangat bagus menurut gua. gua ngak bisa menjelaskan dengan panjang lebar mengenai lagu ini tapi 100% ini adalah lagu terbaik menurut gua.

    dan yang kedua adalah Taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai yang dimana lagu dan music ini sangat kental dengan genre EDM ( nya emm kalo dipikir-pikir lagi lebih tepatnya Dubsteep dech ), dan jujur setelah mendengar lagu ini gua agak sedikit kaget dan juga mencari beberapa lagi di K46 & N46 dengan genre EDM seperti lagu ini ternyata ini adalah lagu dengan genre EDM yang sangat kental dan dengan music EDM di lagu ini gua jadi ingat dengan music Dubsteep nya NCS & TrapCity. dan lagu ini adalah lagu favorit gua dan juga 100% buat gua dan untuk lagu Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta gua ngak tertarik dengan lagu ini walaupun sudah lebih sudah ada MV nya gua tetap pada 2 pilihan gua diatas.

    ini hanya menurut pribadi gua aja yach gan heheheeee. jika ada yang salah dikata-kata gua, gua minta maaf yang sebesar-besarnya.

    Salam Ranze46

    Like

    1. Bener banget, karakteristik vokal Yuipon disini jauh lebih berkarakter dari sebelum2nya. Terutama Yuipon lebih ane apresiasi karena Zuumin udah dapet solo.

      Ane gak tau apa genre Taiyou wa Miageru itu dubstep atau downtempo EDM, ane gak begitu paham EDM 😀

      Jadi cuma milih dua lagu nih dari keseluruhan?

      Like

    2. sebenarnya lagu yang gua suka ada 4 lagu diantaranya gua mulai dari lagu favorit gua di list 1 dan 2

      Taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai
      1 Gyou Dake No Air Mail
      100Nen Matteba (Nagahama Neru)
      Jibun no Hitsuki (Hirate Yurina)

      disini gua suka dengan lagu solo dari Yurina dan Neru kenapa ? karena gua disini lebih suka dengan setiap genre lagu yang dibawakan oleh Yurina. dan kali ini dengan genre slow rock pop dan cocok banget dengan karakter nya, music dan lagunya pas banget dengan gua. dan lagu solo dari Neru juga hampir sama dengan lagu yang dia bawakan sebelumnya sebut saja Matta Atte Kudasai, dan lagu 100Nen Matteba kali ini juga genre music nya sama dan menurut gua cukup bagus untuk Neru karena lagunya juga sedikit energik, dan ada karakter kawaii nya so pas lah menurut gua.

      Like

    3. Ane bakal bilang untuk kualitas tiga solo di album ini merata ya. Ballad di Zuumin, Pop di Neru, & slow rock di Tecchi. Dari segi musik ketigany udah cocok lah, cuma Neru kalah di vokal & Tecchi kalah di soul.

      CUma kalau dibandingin Yamanotesen atau PARCO, kayanya ane emang milih Jibun no Kitsugi. Kalau Neru, ane lebih milih Mata Atte Kudasai sih.

      Like

    4. bener banget gan, dan gua mau bahas apa yang gua rasakan tentang Solo dari Yurina dan Neru dan ngak akan ngebahas zuumin karena kita udah tau kualitas zuumin heheheee

      yang pertama Yurina, di lagu solo Jibun No Hitsuki ini jauh banget dengan 2 solo sebelumnya kenapa ? karena di lagu ini surara Yurina lebih halus di bandingkan dengan 2 lagu solo sebelumnya karena mungkin dari genre juga kali mempengaruhi lagu kali ini tapi entahlah ?

      yang kedua, Nagahama Neru, memang kita udah tau yach kalo Neru memang kalah di vocal tapi dengan suara Neru yang seperti itu membuat lagu solo dari Neru gampang di tau walaupun tanpa kita ada nama Neru di list pembawa lagunya. coba bandingkan dengan 2 lagu solo nya yang sebelumnya adakah perbedaan yang mencolok ? dan
      bagaimana kualitas suara Neru di lagu kali ini ?

      tapi secara keseluruhan gua suka kok dengan lagu Keyakizaka46 walaupun ada beberapa lagu yang Noise tapi di nikmati aja dech heheheeee

      Like

    5. Kalau soal suara Tecchi, ane rasa itu karena genre. Di Getsuyoubi suara dia masih kedengaran rough kok 🙂

      Dua lagu solo Neru yang sebelumnya? Dia baru punya dua solo kan emang? Itu kalau gak ngitung Yuuhi 1/3
      Antara 100nen no Matteba sama Mata Atte Kudasai, kayanya ane lebih milih yang pertama.

      Like

  8. -Taiyo wa miageiru
    -ballet
    -natsu no hana
    -gatsuyoubi

    ane anggap 4 ini yang terbaik dari 16 lagu yang ane dengar..
    -taiyo wa migaeru suka ama dentungan musik awalnya, easy listening, mirip ama zenzenzense nya radwimps.. ane rasa lagu ini juga bawa angin baru di keyaki..
    – ballet.. sependapat ama mimin mirip lagu2 anime, mungkin karena itu juga ane langsung suka..
    – natsu no hana, (ane bukan oshimennya zuumin dan cuman ue ada dihati ane :v ) pertama dengar lagu ini jujur ane benar2 terkejut kenapa type lagu ini bisa masuk di list lagu idol. ane paling suka dengan lagu type kyk gini… soalnya tipe lagunya seperti lagu artis atau band pada umumnya, seperti “last scene”, “Ashita e no Tegami”, atau “hanamizuki” (ane juga suka lagu2 ini :v)… klau ini di bandingin ama seluruh lagu solo yang ada di 48grup mungkin yang menyaingi lagu ini cuman “migikata” nya achan… (klau di nogi nggk tau soalnya ane nggk terlalu tertarik ama nogi). ane juga suka suaranya zuumin yang main di nada tinggi, emosinya nangkap banget apagi pas masuk reff akhir, bener2 bikin merinding… bisa dibilang ini lagu memiliki tingkat kesusahan yang tinggi, yang mungkin cuman zuumin yang bisa nyanyiin lagu ini dengan sempurna, dan suaranya minim editing jadi terdengar sangat lembut… ane sangat menantikan zumin nyanyikan lagu ini pada saat live dan tentunya tidak secara lipsync, harusnya sih bisa..
    -gatsuyoubi hmm feel darkanya langsung berasa pas awal dengar.. hmmm sulit di deskripsikan dengan tulisan.. intinya bagus..

    Like

    1. Setuju soal Taiyou wa Miageru, makanya ane sampe berani bilang lebih suka ini dari WKeyakizaka no Uta 😀

      Yang ane sedikit khawatir dari Natsu no Hana cuma Zuumin keliatan maksa sampe range vokalnya, dan jelas pas live dia bakal susah kalau nyanyi ini live. Jadi yah, kalau ada live dari Natsu no Hana, ane gak akan berekspektasi terlalu tinggi sih.

      Like

    2. lihat zuumin pernah ikut audisi nyanyi gitu di youtube sebelum masuk keyaki, dan setelah keluar dari dunia lucknutnya :v , memang range vocalnya udh gitu walaupun dulunya controlnya masih sedikit berantakan, dan sepertinya aki p memberikan lagu ini ke zuumin untuk mendorong seluruh potensinya keluar.. klau sering latihan ane percaya pasti zuumin bisa…

      Like

    3. Entahlah, kalau ane sih kayanya emang limit vokal Zuumin emang sampe disini. Maksain ngelebarin range vokal kayanya bukan pilihan baik.

      Like

  9. Min, yang diatas kepencet ya hehe😅 btw saya mau curhat hehe

    Admin percaya, dengan pepatah begini, “kalau mau kepuncak, kita bisa menapaki tangga dengan perlahan, niscaya pasti pada akhirnya kita bisa sampai dipuncak, namun jika kita menapaki tangga dengan berlari dan dengan terburu-buru, besar kemungkinan kita bakal tersandung dan jatuh mundur, dan bukan sampai keatas.”

    Well, sebenarnya kalau menurut saya pribadi konsep cool dan elegan yang dibawa oleh Sakamichi jauh lebih bagus dan menarik dibanding konsep idolish yang dibawa AKB. (Tentu mereka punya banyak genre namun belakangan ini main single dan image mereka, meh~).

    Apa yang saya suka dari Nogi? Sebenarnya tidak hanya konsep dan pembawaan saja, namun bagaimana mereka menapaki “semua” dari awal. Istilah kasarnya dari gembel ke sosialita. Caelah😂

    Bener kata admin, Keyakizaka bisa berjalan mulus di jalan yang telah dibersihkan sama Nogi, kakanya. Dan konsep yang dibawa di SaiMajo, bagaimana publik menyukai dan membawa impact besar Keyaki, unexpected for me.

    Tapi, melihat bagaimana Keyaki jor joran untuk mempromosikan image dan golden girl mereka menjadi ace mutlak di grup mereka, sampai sampai AKI-p memberikan, ugh, selusin lagu lagu baru kemereka alih alih mengurusi the 48 sisters yang suram, ane sendiri khawatir malah menjadi boomerang suatu saat mereka.

    Ane ngerti, Keyakizaka sekarang sedang masa puncaknya, dan publik pun sepertinya masih menyukai apa yg mereka suguhkan, Hirate and her bestfriends. Tapi, apakah attention publik bakalan stabil terus? Apakah manajemen tidak terfikirkan selera publik juga berubah? Even Nogi doesnt treat Maiyan like Keya treats Tecchi (padahal Maiyan has what it takes, IMO). Ane takutnya, Tecchi bakalan semakin naikkkk bahkan melebihi dominasi Acchan namun selera publik semakin turunnnnn karena bosan.
    Itu aja ya min, kalau ada kurang berkenan, maaf.

    Like

    1. Percaya? Ngalamin aja pernah kok 😀

      Kalau dibilang soal gimana perhatiannya Aki-P ke Keyaki, ane bakal bilang “nostalgia ke 10 tahun lalu” pasti pada tahu lah apa yang ane maksud. Sehubungan sama ini, karena Keyaki gak terafiliasi sama Nogi kaya grup sebelah, ane memang gak akan bilang lebih aman tapi mungkin lebih aman untuk grup secara keseluruhan.

      Dengan Tecchi sebagai Sol Invictus buat Keyaki, pasti ada lah kekhawatiran bagaimana kalau publik bosen, atau fans bakal beralih. Nah, disini ane akan bilang, publik lebih “nrimo” dari fandom. Selama lagu mereka tetep unorthodox dan image rebel masih kuat, yakin atensi publik masih terjamin seenggaknya untuk satu-dua tahun kedepan. Masalahnya cuma di fandom, karena separo dari kita tahu gimana cerita AKB setelah Acchan grad, pasti banyak yang teriak. Jikalau Tecchi grad, cerita Ikoma lah yang bakal terulang, bukan Acchan.

      Like

  10. Hanya sekedar mmpir dan maaf komen ala kadarnya 😀
    Cover
    Eh? Hiragana mana?
    Disingle dkasih kok di album dskip?
    Mv getsuyobi
    Antara prequel ama sequel saimajo
    Lagu
    Dari segi vocal ane suka bgt ama yg dsuguhin zuumin dan lima cantik.
    Grup MARRY , nice music tp stdakx btuh 1 org dg vocal yg kuat/khas buat nyeimbangin kecemprengan yg ada 😀
    Klo musik dan lagu lainnya masih btuh waktu yg pas buat bner2 dnger biar g bias dan g trsugesti ama “bosan dg konsep keyaki yg itu trus”.
    Ternya baru tau ane status hiragana sbg “imouto raibaru” pas dsbutin dkeyabingo kmren, jd g ada peluang nih buat h masuk di k atau sbaliknya pas di single senbatsu? Ato btuh kennin buat tiket masuknya macam neru?

    Like

    1. Duh, ane aja gak mau bahas absennya 12 orang di cover soalnya males eh ini malah diungkit pula 😀

      Jangan bilang aneh2 soal MARRY, ada pasukan berkuda+Lord Berika yang backup mereka 😀

      Hahaha, emang susah kalau review lagu itu kena sugesti, makanya ane gak mau dengerin preview atau liat2 thread di S48 soal album ini 😀

      Ane gak tau kenapa gak minat liat Keyabingo 3, udah sedot tapi belum liat sama sekali.

      Like

    2. Beckingan lord KTK msih lbih mmpuni gan 😀
      Ane mnta maaf deh buat unit kesayangan fans 😀

      Ane jg g mmpir sma skali di threadx keyaki lho buat jga harmoni telinga dan hati 😀

      Ane nnton cm pngen liat ada prubahan kagak klo dmsukin hiragana,eh malah hiragananya ikutan diem dan malu2. Mana konsepx mau kyak di zankokuna lg, manfaatin komen sns.
      Agan sok2 an g mau liat,ntar ada info akanen adegan slowmo lgi jg ngiler 😀

      Like

    3. Kalau buat ane cuma karena ada MonAka makanya belain MARRY 😀

      Udah liat juga akhirnya episode 1, tapi entah kenapa gregetnya gak dapet. Masih malu2, konsepnya juga gak jelas di mata ane.
      Ane gak download Zankokuna loh sampe sekarang. Gak worth it aja rasanya download cuma buat #HBD-in adek sendiri 😀

      Like

  11. Oh ya min, ini oot. Ane sebenarnya mau nanya ini dipostingan Twice cuma koneksi kurang bersahabat 😀 Variety yang ada member Twicenya apa aja? Mimin biasanya nyedot filenya di mana? Ane pengen nonton soalnya 😀

    Like

    1. Kalau ane, yang gampang ada rujukan ke Running Man (2 kali guest) Knowing Brothers (2 kali guest) sama Weekly Idol. Semua ada disini, http://kshowonline.com/list

      Running Man episode 302 & 328, Knowing Brothers episode 27 & 76, Weekly Idol cari aja di youtube banyak udah eng sub juga. Rekomen Knowing Brothers sih, dibahas lengkap 😀

      Selamat datang di TWICELAND 😀 😀 😀

      Like

    2. Ngeri running man. Pas ane tanya di temen ane yang sering nonton, satu episode bisa makan segigaan. Nangis kouta + HDD ane 😀

      Ane kayaknya download yang mimin rekomendasiin aja deh yang lengkap dan biar hemat 😀

      Ane pengen liat Tzuyu ❤ kalau dia variety kayak gimana karakternya. Dan yang lain juga sih 😀

      Like

    3. Itu yang HD, kalau yang 480p palingan cuma 600-an MB.

      Gak bisa hemat juga, durasinya tetap 1 jam setengah dan ukuran juga sama kaya Running Man 😀

      Yah, ane gak mau spoiler soal karakter. Liat aja sendiri lah 😀

      Like

  12. Pada dasarnya album itu kumpulan B-side nganggur, ditumpuk bareng lagu single pendahulunya buat dijual lagi.
    Karena B-side, paling banter yah rata-rata cuma 1 lagu yang nyangkut dikepala orang awam. Ini ane liat dikomen2 diatas ternyata paling rendah 2 lagu yang nyangkut. Bukan rata-rata.

    Ngeri yah? 😀

    Like

  13. Jadi, kapan rilis nih? Tanggepan mimin pas nonton pertama kali gimana? Yang jelas baru kali ini dua-duanya rilisan Sakamichi yang biasa aja menurut ane 😀

    Psikis? Entah kenapa tiap ada yang bilang penyakit psikis ane pasti mikirnya g**a 😀

    Enggak lah. Kalau nge HBD in member yang paling mantep itu A(tiit) 😀

    Like

    1. Gak keganggu urusan dunia nyata min? Kayaknya ngebut banget 😀

      Gak tau kenapa tapi ane pasti mikirnya gila 😀 Ngeri kalau dibayangin

      Kan namanya Akane. Cuma karena takut abangnya marah jadi ane sensor 😀

      Like

    2. Ngidol pun ada quality timenya. Ane ngidol bisa kapan aja. Maklum tinggal nunggu wisuda aja 😀

      Serigala? Mana? Mana? 😀

      Dan setelah ngeresapin semua lagunya, lagu 156 mirip sama lagu akn yang sweet & bitter. Pas ane denger, kayaknya ane emang pernah denger lagu macam gini 😀

      Lagu Hiragana lebih ke Nogi. Atau akb versi lebih jadul. Bukan ijo kalau ane denger. Gak cuma status sama kanji aja yang jelas, lagunya juga gak ada kejelasan 😀 Cuma ane lumayan sukalah lagunya.

      Dan kenapa emang banyak yang mirip sama akb versi jadul lagunya. Akip kyaknya kalau nemu center yang udah jelas balik lagi ilmu bikin lagu bagusnya. Cuma emang masih ada kemiripan sama lagu lamanya(?)

      Ane udah ngerate albumnya belum sih? Karena banyak tipe yang growing di ane (kecuali lagu yang ada mv yang masih horror ane denger), ane kasih 8,5/10.

      Like

    3. Habis wisuda baru kerasa gak punya waktu buat ngidol 😀

      Nyari serigala gak usah jauh2 kalau ada cermin kan 😀

      Banyak yang mirip sama lagu AKB? Karena ane udah banyak yang lupa lagu2 mereka, pass deh 😀

      Like

  14. Wah super duper telat ya ane 😀
    Maklum, selera utk dengerin musik blum balik2 + headset yg bikin kuping ane menderita jadi bikin ane males buat muter lagu *ini curhatku, mana curhatmu? 😀

    Gentsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta – Kanji Keyakizaka
    Jenis lagu yg ane banget, suara gitar yg kerasa.
    ⭐⭐⭐⭐

    Kimi wo Mou Sagasanai – Kanji Keyakizaka
    Ntah cuma ane atau enggk, dengerin lagu ini kyk dengerin lagu yg khas dari grup sebelah 🙂
    ⭐⭐⭐

    Shoujo ni wa Modorenai – Goninbayashi
    Ngebayangin dance lagu iyg dibawain dance unit ini. Setuju sama miminnya, malah vocal yg lebih ditonjolkan.
    ⭐⭐⭐ 1/2

    Natsu no Hana wa Himawari Dake Janai – Imaizumi Yui
    Mendayu-dayu. Lagu solo terenak di album ini.
    ⭐⭐⭐ 1/2

    Tokyo Tower wa Doko Kara Mieru? – Kanji Keyakizaka
    Lagi2, munkin cuma ane, lagu kanji yg ini juga kerasa kyk khas grup sebelah 🙂
    ⭐⭐⭐

    1-gyou Dake no Air Mail – Yuichanzou
    Utk suara, ya unit ini emng ok, cuma klo dibandingkan dgn lagu2 mereka sebelumnya, ane kasih peringkat terbawah utk lagu ini.
    ⭐⭐⭐

    100nen Matteba – Nagahama Neru
    Masih enakan lagu Mata atte dan ane sempet gk ngenalin suara neru.
    ⭐⭐⭐

    AM 1:27 – Kobayashi Yui, Suzumoto Miyu, Hirate Yurina
    Bukan lagu selera ane.
    ⭐⭐⭐

    Chinmoku Shita Koibito yo – Lima Cantik
    Lagu unit peringkat kedua di album ini
    ⭐⭐⭐ 1/2

    Koko ni nai Ashiato – Aozora to MARRY
    Lagu unit peringkat kedua di album ini. Posisinya sama kyk lagu unit Lima cantk
    ⭐⭐⭐ 1/2

    Eien no Hakusen – Hiragana Keyakizaka
    Bokutachi wa Tsukiatteiru masih jadi lagu Hiragana yg pling enak buat ane.
    ⭐⭐⭐

    Ballet to Shounen – 156
    Nah, ini lagu unit yg paling ane suka di album ini + lagu unit peringkat pertama, bukan bias gra2 ada UE ❤
    Tp enak aja keunikan yg disuguhin lewat lagu ini, suara member unitnya, musiknya trus temponya yg mlambat diujung lagu. Lagu ini juga yg bikin ane meluk gitar ane setelah sekian lama gk ane jamah tuh gitar 😀
    ⭐⭐⭐⭐ 1/2

    Neko no Namae – Sugai Yuuka, Moriya Akane, Kato Shiho, Sasaki Kumi
    Ini lagu utk Tom kah? 😀
    ⭐⭐⭐

    Taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai – All 32 Member
    Malah kerasa Ungunya ktimbang Ijonya bagi ane 😀
    ⭐⭐⭐1/2

    Abunakkashii Keikaku – Kanji Keyakizaka
    Lagu kanji yg pling lumayan enak di album ini. Kanji nya lumayan kerasa gk kyk 2 lagu sblumnya yg ane bilang mlah kyk lagu grup sebelah 😀
    ⭐⭐⭐1/2

    Jibun no Kitsugi – Hirate Yurina
    Parco masih menjadi lagu solo Techi yg paling enak bgi ane.
    ⭐⭐⭐

    Like

    1. Intinya bilang aja “Lagi males” deh pak 😀

      Lagi2 yang ngasih rate tinggi buat lagu 156, dan alasannya sama “bukan karena Ue” kapan dan dimana ane dengar ini ya? 😀 😀 😀

      Kok banyak bener lagu K.Keyaki yang mirip grup sebelah pak? Grup pink kah?

      Like

    2. Emng “lagi males” males dengerin musik + males sma headset yg nyiksa kuping 😀

      Jgn samakan diriku dengan dirinya 😀
      Tpi emng lagu itu yg pling enak, getsuyobi emng enak cuma gra2 itu emng genre yg ane suka jadi klo ane suka, wajar. Nah 156 ini bukan genre ane tpi ntah knp suka makanya aksih rate tinggi 😀

      Ya mungkin cuma perasaan ane 😀
      Bukan si pink nya, tpi sister grupnya, si orange dan si coklat (macan tutul)

      Like

    3. Kasian, makanya Ikuchan jangan nyumbang aja, suruh beliin headset 😀

      “dirinya” itu siapa? 😀
      SUka lagunya karena mengingatkan masa lalu yang penuh kebahagiaan kah? 😀

      Mirip dari musiknya atau mirip dari single baru mereka?

      Like

    4. Jiwa sosial Iku terlalu tinggi sih 😀

      “dirinya” itu siapa? mari bertanya pada rumput yg bergoyang, dududududoooo, wooooo,,,,hhmm.. hmmmm..hmmmm
      *ebit g ade nyanyi 😀

      Masa skrng ane jg bahagia 😎

      Bukan single baru mereka sih, cuma warna musik yg kyk gitu serasa sring ane denger dari lagu 2 group sebelah itu

      Like

    5. Sampe segitunya padahal di rumah cuma makan garam + gak bisa beli headset 😀

      Selera orang tua emang beda 😀

      Bahagia dari mana, udah chapternya gak kelar2, sering apes, korban bully pula 😀
      Atau emang M jadinya bahagia? 😀

      Masih inget sama warna musik mereka ya, kirain udah lupa 😀

      Like

    6. Itulah kluarga kami, terlalu tinggi sosialnya sampe2 mikirn orng laen tpi gk mikirin khidupan sndiri 😀

      Bukan selera orng tua, tpi selera tinggi akan musik dan lagu 😎

      Hidup ini dibawa bahagia aja meeennn Hohohohohohoho, maknya banyak2 berguru ke patrick star-sensei 😀

      Maishlah, stipa mreka rilis single/album masih ane sedot filenya 😀

      Like

    7. Nah satu lagi yg hrus bpk ketahui ttg kluarga kami, selain berjiwa sosail tinggi, kami juga punya hrga diri yg tinggi jd gk mungkin ngelakuin yg bpk bilang 😀

      😀

      Muter lagu yg ada MVnya aja sih, itupun rata2 ane cepet2in klo dari awal musiknya dah ane bisa tebak bukan selera ane 😀

      Like

    8. Harga diri tinggi? Ane punya dua kartu nganggur kuota full. Mau? 😀

      Ah gak asik keburu bilang gak suka padahal gak dengerin. Bibit2 rasis nih! 😀

      Like

    9. Enggak, soalnya klo pun ane mau bakal repot ngedapetinnya, ane berpikir logis , kcuali ente tetangga ane 😀 😀 😀

      Loh kan dah didengeris, bagi ane intinya dah dengerin sampe reff bagian prtma, dri stu ane dah bisa menilai sebuah lagu sesuai slera ane atau enggk 😀

      Like

    10. Baru dikasih sumbngan susu tadi sama tetangga makanya ane bisa berpikiran logis 😀

      klo dah master atau pro emng gitu, cukup nyicip dikit dah bisa kasih nilai scr ksluruhan 😎 😀

      Like

  15. Mau numpang nge-vote pak meski telat 😀

    Trs mau ngasih pendapat pribadi urutan lagu dr album ini,top chart kl kata program2 musik mh 😀
    1.chinmoku Shita Koibito yo – Lima Cantik..yg ngasih nama unit pasti Sarina ya? 😀
    2.Neko no Namae – Sugai,Akane,Katoshi,Kumi
    3.Natsu no Hana wa Himawari Dake Ja Nai – Imazumi Yui
    4.Eien no Hakusen – Hiragana Keya
    5.Ballet to Shounen – 156
    6.Koko ni Nai Ashiato – Aozora to MARRY
    7.1-Gyou Dake no Air Mail – Yuichanzu
    8.AM 1:27 – Yuipon,Hirate,Suzumoto
    9.Gentsuyoubi no Asa,Skirt wo Kirareta – Kanji Keya
    10.Shojo ni wa Modorenai – Goninbayashi
    11.Taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai – All 32 Member
    12.Abunakkashii Keikaku – Kanji Keya
    13.Tokyo Tower wa Doko Kara Mieru – Kanji Keya
    14.Kimi wo Mou Sagasanai – Kanji Keya
    15.100nen Matteba – Nagahama Neru
    16.Jibun no Kitsugi – Hirate Yurina

    Katoshi&Satoshi😚

    Like

    1. Modus apa min?
      Buruk aja fikiran’y :p
      Padahal itu sesuai selera musik idol saya 😉

      Like

    2. Gak percaya amat kl gak semua suka krn faktor K&S :p
      Perbandingan’y,Faktor K&S 60%,faktor lagu 40% 😀

      Like

    3. Goninbayashi kan ada Satoshi,jd kl krn sepenuh’y faktor bias,harus’y itu ada diurutan 5 teratas 😀
      HBad-in siapa sih min? :p

      Like

    4. Kenapa nyeret Satoshi padahal bicarain K.S? Urusannya dimana? 😀

      Siapa ya? Kebanyakan nama sih yang situ niatin HBD, jadi gak bisa nyebut nama2 siapa aja 😀

      Like

    5. Emang K.S itu siapa?bkn’y Katoshi & Satoshi? 😀

      Bkn terlalu banyak,tp hanya nuduh tanpa bukti 😀

      Like

    6. Ckckck, ane salah kira cuma satu nama Kato Shiho. Emang levelnya beda kalau serigala 😀

      Selalu menyangkal kenyataan. Cocok jadi politikus 😀

      Like

    7. Lho cuma mereka berdua di Keya yg saya sayangi 😀

      Salah satu’y siapa min yg mimin tuduh saya HBD-in :p 😀

      Like

    8. Gak mau terlalu percaya, ujung2 tetep aja tebar emot merah 😀

      Terlalu banyak yang situ bilang sayangi, ujung2 HBD, mana ane inget satu2 😀

      Like

    9. Ya emot merah hanya untuk kedua orang itu saja di Keya mh 😀

      Kl di sakamichi gak ada yg di HBD-in krn bnr2 tulus,kl di yg lain ya ada lah beberapa,aura’y beda walaupun rasa tulus jg ada 😀

      Like

    10. lihat aja,bukan omdo..paling nambah kalo gen 2 Hiragana beneran ada,itu juga kalau ada yg menarik hati 😀

      makan’y cobain banyak bini,Harem enak lho 😀

      Like

  16. album dgn berbagai macam genre musik.

    sekilas dengerin yg nyangkut pertama kali shojo ni wa modorenai jd pengen nge jam bareng, di menit ke 02:04 ada sesion bas betot ( bukan yg dipake banci ngamen) ama piano clasic, kebayang Oda, fuuchan,habu, nijika, shiori tampil live di panggung jazz.

    solo zumin, kok ane kebayang ost drama korea, full color musicnya.
    yuichanzhu pop country mirip shania twain. both of them good song.

    hirate pass awal ane kaget denger gitar solo “blues” song? kayak the doors tp agak kecewa jd slow rock, mungkin pengen nge blues tp hirate gak dpt feelnya untuk lagu blues, tp lagu yg bagus.

    156, shoujo manga bgm with theatrical style, koike imut….

    taiyou wa Miageru Hito wo Erabanai , lebih ke Republic of Keyakizaka song, W keyakizaka no uta sakagumi song. kebayang MV nya orang lari sambil bawa bendera RoK dr berbagai belahan dunia, diakhir mereka ngeliat matahari terbenam, member keyaki muncul cma di akhir MV.

    neru di lagu solo ini keliatan lbh bisa nikmati lagu dgn ciri khasnya “datar” tp lbh enjoy gw denger walau lagunya kurang pass, mirip the jackson 5.

    lagu utama simple “enjoy the story of keyakizaka member”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s