Sakamichi Review : Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta

Rasanya benar-benar melelahkan. Setelah 16 lagu yang membutuhkan dua hari untuk menulisnya, Keyaki tidak memberi ampun dengan merilis MV dari lagu utama dari Masshirona, yaitu Getsyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta. Judul yang cukup provokatif, khas Keyaki. Tapi masih ada kejutan dibalik judul ini.

Untuk lagu, sudah kukatakan di review sebelumnya kalau porsi berbagai genre musik disini ada di porsi yang tepat. Rap, rock, EDM, dan opera berpadu dengan bagus. TidakĀ flawless, tapi sudah cocok. Sebagai lagu utama dari album Masshirona, Getsuyoubi memiliki segalanya. Kini tinggal MV, bagaimana Keyaki mengemasnya?

Tema utama dariĀ storylineĀ Getsuyoubi adalah sebelum member bergabung dalam nama Keyakizaka46. Dengan kata lain, prekuel. Ikeda Kazuma kembali duduk di kursi sutradara, membuat Getsuyoubi menjadi lagu keempat yang disutradarainya. Dan di MV ini, begitu banyak kesinambungan dengan MV Keyaki sebelumnya, yaitu Silent Majority.

SceneĀ pembuka dimana Tecchi melihat pembangunan stasiun Shibuya, tempat yang menjadi lokasi MV Silent Majority.Ā CraneĀ danĀ sceneĀ di dalam stasiun saatĀ member bangun dari tidur itu adalah perumpamaan mereka bangkit dari kehidupan normal. Kemudian ada tanda kembalinya Zuumin, yang manaĀ sceneĀ per individu ini adalah kisah member sebelum mereka bergabung ke Keyaki.

OutfitĀ yang digunakan mirip dengan yang dipakai di SiMa, jugaĀ backgroundĀ tiap member. Zuumin diĀ rooftop, Yuipon yang mengendarai sepeda, Tecchi di bus, dan member lain. Pengecualian untuk Neru yang memandang ke sungai dimana Keyaki melakukan pemotretan untuk cover dan jacket SiMa. Hal ini bisa berarti nostalgia atau memberi maksud lain.

wpid-4glMMvbuJ

Hanya aku tidak begitu paham denganĀ sceneĀ dimana Neru berbisik pada Miyu. Ā Dari kunjungan singkat ke S48 kudapatkan teori kalau yang diucapkan Neru mungkin adalah “tsumannai” atau “membosankan”, aku sedikit kurang setuju karena di mataku apa yang dikatakan Neru berakhiran “-ka” ada yang punya ide? Dan kenapa tokohnya harus Neru dan Miyu, serta kilasan dariĀ party?

Secara umumĀ individual sceneĀ dari MV ini berfokus pada lima member front row dari SiMa; Tecchi, Zuumin, Miyu, Yuipon, dan Berika. Harus kukatakan kali iniĀ make up artistĀ bekerja hebat dengan mengembalikan member ke penampilan mereka saat SiMa rilis. Hal ini memberi efek besar ke jalan cerita secara keseluruhan, termasuk korelasi denganĀ timelineĀ Keyaki.

IndividualĀ scene ini juga memberi 5 member ini cerita yang lebih jelas dari SiMa. Yah setidaknya lebih panjang dan memberi gambaran lebih tentang posisi MV ini diĀ timelineĀ Keyaki. Analisis dari fandom sejauh ini masih banyak yang tidak benar-benar kuat. Satu-satunya yang bisa diterima hanyalah ini adalah potongan cerita dari keadaan member sebelum bergabung dengan Keyaki, tapi kenapa?

Dan tidak hanya 5 member ini, setidaknya Risa, Mizuho, dan Neru mendapatĀ solo shotĀ lebih dari satu detik. Mereka menjadi satu-satunya selain 5 member diatas yang mendapatĀ solo shot.Ā Neru jelas karena ada korelasi dengan cerita Keyaki, tapi Risa dan Mizuho? Aku tidak mendapat pencerahan sedikit pun.

SceneĀ dimana Tecchi didorong secara bergantian oleh memberĀ -f*ck it, aku tidak bisa mengingat istilah yang benar-Ā adalah simbologi dari situasi Keyaki dan Tecchi sendiri yang selalu mendapat tekanan dari berbagai pihak.Ā EndingĀ MV ini dimana Keyaki tampil kembali dengan kostum SiMa dan kemudian melangkah menuju set pengambilan MV SiMa adalah bukti bahwa Getsuyoubi adalah prekuel.

Sementara untuk yang lain,Ā dance sceneĀ di stasiun ini jelas adalah simbologi dari awal mula Keyaki, stasiun Shibuya yang menjadi latar belakang untuk SiMa. Dance di MV ini terlihat fabulousĀ meski tidak sebaik di live.Ā Tidak ada yang bisa dikeluhkan, malah patut dipuji karena ini pertama kalinya Keyaki menggunakan teknik 360 untuk MV. Jika ingat di Fukyouwaon aku mengkritik hal ini.

Keberadaan pilar-pilar anehnya tidak mengganggu seperti saat Another Ghost, malah sebaliknya terlihat artistik. EfekĀ danceĀ Keyaki yang kali ini cukup slowĀ mungkin. Bagiku kekuatan utama MV ini adalah posisinya yang unik diĀ timelineĀ Keyaki danĀ storylineĀ yang sedikit ambigu. Sinematografi yang mengalami peningkatan adalah nilai bonus karena memang seharusnya sudah dilakukan.

Kritikan utama ada padaĀ storylineĀ yang terlalu berfokus padaĀ front rowĀ dari SiMa. Bisa dimaklumi karena ini adalah prekuel, bahkan tidak ada fokus pada Royal Couple wajar, hanya saja jika memang berniat fokus di mereka akan lebih baik kalauĀ hintĀ untukĀ storylineĀ ini diperjelas. Disini malah ada sedikit ambiguitas dalamĀ screentimeĀ untuk Risa dan Mizuho.

Untuk kritik “MV ini membosankan” well aku harus bilang berbeda. Getsuyoubi menawarkan banyak hal yang menarik mulai dari tema hingga peningkatan teknik sinematografi. Tentu masihĀ it’s so Keyaki thats boringĀ hanya saja aku sama sekali tidak keberatan karena MV ini diposisikan sebagai prekuel. Kalau ceria justru malah akan merusakĀ imageĀ SiMa juga.

Bagiku MV ini membuka banyak kemungkinan. Keyaki memilikiĀ timelineĀ yang saling berkaitan untuk MV mereka, dan yang rilis pertama tidak harus memiliki tempat lebih dulu dalamĀ timeline. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau di masa depan bisa jadi Keyaki merilis MV bertemakanĀ alternate universe. SebagaiĀ scifi mania,Ā hal ini membuatkuĀ excitedĀ hanya dengan memikirkannya.

Getsuyoubi adalah MV yang kreatif dari segi tema.Ā TimelineĀ menjadi tema yang sangat menarik, membuatku ingin membaca lagiĀ issueĀ dari All About Space dan National Geographic. Bagiku membawa materi semacam ini kedalam ngidol bisa berarti membuat daftar langganan untuk majalah sains menjadi tidak sia-sia. Secara keseluruhan aku memberi nilai 4/5 untuk Getsuyoubi atas konsepĀ timelineĀ ini.

All images used is credited to it’s respective owners

61 Comments

  1. Saya suka mvnya šŸ˜€
    Ada zuumin soalnya šŸ˜€

    Gak kok šŸ˜€ emang sinematografinya bagus kok šŸ˜€
    cuma pas ngedance agak susah bedain orangnya šŸ˜€ ketutup rambut membernya šŸ˜€

    klo yg dibisikin neru tu ane liatnya antara tsumareta atau nusumareta(?) gatau jugadeh šŸ˜€

    Liked by 1 person

    1. Oh, jadi alasan suka MV karena ada Zuumin itu cuma buat serigalain dia toh? šŸ˜€

      Yang ngeri kaya Mona pas first live kemarin šŸ˜€

      Jangan2 wareta…..smartphone? Neru jadi peramal šŸ˜€

      Like

    2. Duh salah aje jadi “suaminya” zumiko šŸ˜€

      Iyaaa šŸ˜€ serem kali si mona šŸ˜€

      Wah…. Klo neru bilang wareta… Jangan2 dia mau ngancurin entitas k sama h (emang uda si) šŸ˜€ šŸ˜€ šŸ˜€

      Like

    3. Harus jelas dong, resmi ya resmi serigala ya serigala šŸ˜€

      Kingdom of Mona! šŸ˜€

      Gosipin mulu, awas yang punya pegang garam batu! šŸ˜€

      Like

    4. Resmi lah šŸ˜€ baru waktu ini nikah online šŸ˜€
      ane gaterlalu merhatiin member laen di keya jugaan šŸ˜€

      šŸ˜€

      Iya iya šŸ˜€ entar ane diblok di kosan sebelah gara2 ngomongin istrinya šŸ˜€

      Like

  2. Suka lagunya pas denger previewnya, ditambah MV, tambah suka. šŸ™‚

    Secara keseluruhan, MVnya oke banget, meski ane ga terlalu memperhatikan cerita diMVnya karena keenakan menikmati lagunya. Tapi, ada satu scene yg paling ane suka, yaitu pas scene dance distasiun, dengan Nijika dan Mizuho didepan. Disitu, ane bisa liat Ozeki ngedancenya lumayan bagus. Dan, dia masuk di scene ini, artinya dance dia udah termasuk bagus? Atau hanya karena dia 2nd row di SiMajo? šŸ™‚
    Dan, tentu aja, kehadiran Zuu buat mata segar kembali, setelah kangen karena ditinggal beberapa bulan. ā¤

    Satu bagian yg ga terlalu ane suka adalah scene Tecchi di bus. Setelah dia bilang “anta wa watashi no nani wo shiru”, yg berdiri, lalu bergerak ga jelas, marah dan frustasi. Terlalu teatrikal menurut ane. Ga sinkron sama scene member lain yg terlihat wajar saat mengungkapkan frustasi mereka. Scene ini sebenernya bisa diganti dengan Tecchi tetep duduk dan menunjukkan frustasinya/kemarahannya dengan ekspresinya. Lalu tiba2 teriak sekencang-kencangnya. Ini lebih bisa menggambarkan kondisi diliriknya, menurut ane. Tapi, mungkin karena dia harus lipsync liriknya, jadinya harus gaya begini. Ane sukanya, pas adegan per member, ga usah pae lipsync. Pas adegan dance seharusnya bisa dicloseup wajah member kalo mau diperlihtkan lipsync mereka.

    Ue ā¤ terlihat pendek banget di MV ini. šŸ˜€ šŸ˜

    Like

    1. Ane sekilas inget Kataru Nara di bagian dance yang dimaksud ini. Kalau tebak2an kenapa Ozeki ada, mungkin karena faktor prekuel sih.

      Rada lebay, ane harus setuju. Cuma ngasih efek yang bagus di lagu. Rough play. Tapi jelas, scene gini sedikit ngurangin estetika.

      Ue keliatan di menit berapa? Ada gitu?

      Like

    2. Apapun itu, ane udah cukup senang Oz dapat lumayan jelas. šŸ™‚

      Mungkin juga, tapi ngeganggu buat ane. Jadinya, kesatuan antar scene berkurang. Tapi, biarlah, wong cuma beberapa detik. šŸ˜‚

      Ada, dia pake seragam yg sama seperti di iklan Lotte. šŸ˜€

      Like

  3. Gue rasa yang dibisikin neru tuh “Sudah makan kah”? Dan membuat miyu kaget…. Haha sumpah cuma mata aku aja yang kurang jeli atau gimana aku nggak liat berika pas mereka nari rame rame. . .

    Like

    1. Lah kalau gitu harusnya bisikin ke Nanako šŸ˜€

      Berika ada kok gan, cuma emang karena pake 360 jadi harus mata elang banget buat ngespot member siapa yang mana.

      Like

  4. Menurut ane kalau emang ini niatnya dibuat sebagai prekuelnya saimajo, storylinenya harusnya bisa lebih jelas. Ini sebenarnya yang ane bosenin dari mv keyaki. Gak ada kejelasan storyline dan mvnya gitu-gitu doang. Ane rada salty. Kenapa gak buat ceritanya lebih jelas dan warnanya gak gelap lagi? Dan ane juga sejujurnya kurang suka lagunya. Bukan type ane lagunya. Cuma ya untungnya Risa dapet solo shot yang dia duduk megang lutut. Duh minta dinikahin banget mukanya šŸ˜€ Emang rada ambigu sih kenapa dia bisa dapet solo shot selain yang enam (front row saimajo sama neru) terus solo shotnya bukan pas ngedance. Kalau habu mungkin rezekinya dapet kesorot banyak pas ngedance. Ini risa kenapa? Apa gara-gara dia awalnya bukan siapa-siapa jadi yang paling banyak dikenal publik selain neru-techi?

    Dan soal zuumin, pas ane perhatiin lagi (ane mau gak mau nonton lagi biar lebih jelas) dia rada ngebungkuk gitu badannya. Apa efek karena dia masih sakit jadi lemes cuma dia paksain bisa ikutan syuting?

    Dan pe. Siapa yang nyangka dia aslinya absurd banget? Di mv ini dia yang paling standout menurut ane. Yui juga, cuma pe lebih bikin wow šŸ˜€

    Kalau dari 1-5 ane kasih ini 3. Banyak yang ane kurang suka soalnya.

    Like

    1. Nah ane juga kasih opini soal ini “So Keyaki it’s boring” jadi yah, nothing is perfect.

      Mizuho di screenshot atas bukan pas dance scene loh, tapi emang dia dapet screentime lebih. Sama kaya Risa, ini masih jadi teka-teki yang mungkin bakal ada kelanjutan di MV selanjutnya.

      Bukannya Zuumin emang aslinya rada bungkuk?

      Itu dia jerit2 frustasi soalnya habis ditolak lamaran kerja untuk ke-50 kali. Untung yang ke-51 diterima di Keyaki šŸ˜€

      Like

    2. Emang “Nothing is perfect”, tapi masa LLC gak bisa kasih storyline yang lebih jelas? Kurang dana atau emang pelit dana? šŸ˜€

      Iyakah? Ane gak perhatiin šŸ˜€ Jangan-jangan, risa bakal…. grad? Terus dia sebenarnya bingung mau ngumumin sekalian tentang pernikahan kami atau gak? šŸ˜€ Kayak yang disebelah

      Di sini keliatan banget dia kayak ngebungkuk. Cuma gak tau mungkin karena techi yang semakin bertumbuh šŸ˜€

      Atau dia frustasi karena dia terus dikekang sama bapak kos serigala? Mana cuma dikasih makan micin doang šŸ˜€

      Like

    3. Kalau pelitnya sih jangan ditanya šŸ˜€

      Iya aja deh, iya šŸ˜€

      Bisa jadi, kan fase pertumbuhan Zuumin udah mandek šŸ˜€

      Masuk akal banget šŸ˜€

      Like

    4. Dan ane udah cek ulang. Tergerak pengen mastiin šŸ˜€ Scene habu itu emang pas dance kan min? Cuma mereka lagi pada diem terus di sorot satu-satu. Nijika, pon, sama siapa lagi satu juga keliatan di sini. Beda sama risa yang beda tempetnya

      Like

    5. Hasil keuntungan dari penjualan dipake apaan dah sampe mau buat mv lamaan aja gak bisa šŸ˜€ Ntar ane suruh bini-bini ane nyumbang ke sana šŸ˜€

      Bukan mandek, tapi yang bertumbuh itu bagian yang lain šŸ˜€

      Ane juga muternya ane pelanin biar bisa nangkep muka member šŸ˜€ Dan ane nemu ada risa keliatan cakep banget mukanya frustasi gitu ā¤ā¤ā¤ā¤ā¤

      Like

    6. Bini2 apaan, korban serigala iya šŸ˜€

      Apanya? šŸ˜€

      Risa cakep karena frustasi? Kalau depresi bakal gimana tuh cantiknya? šŸ˜€

      Like

    7. Udah sah kalau ane min. Coba mimin perhatiin kenapa akhir-akhir ini risa sama maiyang mamerin jidatnya. Biar orang-orang bisa liat kalau dijidatnya itu ada cap nama ane šŸ˜€ Kalau Hinata belum boleh soalnya bunshun lebih gencar kalau sama 48 šŸ˜€

      Yang “itu” loh min. Masa gak paham šŸ˜€

      Tetep cantik dia mau gimana mah ā¤ā¤ā¤ā¤ā¤

      Like

    8. Cap jidat? Ane cuma liat di jidat Maiyan ada bekas ciuman Kanata Hongo tuh šŸ˜€ šŸ˜€ šŸ˜€

      Enggak, ane bukan pasien #HBD dan sejenisnya šŸ˜€

      Merah dimana2, ckckcck šŸ˜€

      Like

    9. Cih kalau tu orang bukan karena kerjaan udah ane rudal dari kemaren šŸ˜€

      Bukan atau gak mau ngaku? šŸ˜€

      Iya dong! Wajib ada merah kalau dimilik ane mah šŸ˜€

      Like

    10. Menang banyak tuh orang, peluk cium pula šŸ˜€

      Ane pasien penyakit komporakutitisme, gak ngomporin langsung demam šŸ˜€

      Bikin sakit mata yang non-serigala kaya ane šŸ˜€

      Like

  5. Saya paling suka pas scene dance nijika,habu dan yg lain di stasiun saya rasa itu dapet banget momentnya. Oh iya saya malah di mv ini terfokus ama nijika ama habu, di mv juga dia lumayan di shoot atau jangan” kode mereka berdua next single row depan ? Trus saya masih bingung pas scene techi kenapa di bus ? Padahal pas di mv SiMa dia ga di bus tapi kaya latihan dance gitu diruangan tapi kalau yg lain berika,monta,yuipon,zuumin sih nyambung sama yg di SiMa. Dan lagi lagi neru… (udah ah ngomongin dia mulu) šŸ˜

    Like

    1. Main kode mulu ah, bosen, istirahat dulu. Lagian udah ngomongin 5th single aja, masih lama. INi juga belum seminggu šŸ˜€

      Kalau yang Tecchi seinget ane ada hubungan sama CM Mechakari atau apa gitu, pas awal2 Keyaki. Lupa juga sih.

      Like

    2. Saya resep min main kode kodean gini lagian juga mumpung MVnya masih fresh kan šŸ˜

      Setau saya CM mechakari techi di awal itu main basket min jadi dia dateng langsung rebut bola trus di shoot dapet dah 3 point horreee.. šŸ˜

      Like

  6. Yg dibisikin Neru:
    Tsuman’nakatta (?)
    Yg lucu, ada yg bilang “Yobarechatta” atau aku ditelpon(?), jadi Neru bisikin/kasih tau ke suzumon klo dia ditelpon emaknya dan disuruh segera pulang kerumah, nyindir masa lalu Neru šŸ˜€
    Ada yg bilang “Ubawarechatta” / “Ubatchatta” / “Moratchatta” atau yg initnya kira “aku merampasnya dari mu (?)”, jadi pacar suzumon selingkuh trus Suzumon datengin pacarnya trus “menghajar” pacaranya, makanya dimenit 02:26 Suzumon terlihat berdiri sambil kyk ngepalin tangan (gra2 habis mukul pacaranya), trus Neru datang kasih tau klo dia yg ngerampas pacar suzumon (?), yah cuma tebak2an fans, moga ntar Neru atau suzumon kasih pencerahan lewat blognya šŸ˜€

    MVP mv ini Nijika, mudah2an next single front row deh buat member satu ini

    Like

    1. Nah pertanyaannya lead role-nya kenapa harus Neru-Miyu? Demi ngasih Neru peran di prekuel SiMa ini dengan modifikasi story Miyu? Karena Neru aslinya emang main2 sama pacarnya Miyu? Siapa pacarnya Miyu yang direbut Neru? šŸ˜€ šŸ˜€ šŸ˜€

      Like

    2. Klo ditanya knp Neru? mungkin krn status dia yg selalu menimbulkan gonjang-ganjing, stiap pnmpilan dia jdi pmbicaraan, penampilan di MV, penampilan di Showroom šŸ˜€
      Siapa pcr Miyu yg direbut Neru? Amon-kun x šŸ˜€

      Like

    3. Sama Amon cuma sebatas dunia kerja, klo dunia kehidupan asli neru ya ane lah šŸ˜Ž

      Like

    4. Jangan bilang 1412…šŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†bisa bikin tambah pusing nih,diperebutkan banyak memberšŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†

      Like

    5. Ran aja bisa ane culik apalagi cuma si darah campur

      Dan ane bukan maling,ane pesulapšŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†

      Like

  7. Lagunya Enak Tapi Gk Spektakuler….
    Enak Buat Didengerin Sambil Tiduran (Sekali Dua Kali) Tapi Gk Enak Buat Dinyanyiin….

    Komentar Ane Soal MV Ini Hampir Mirip Dengan Komentar Ane Di MV Keyaki Sebelum2nya….
    Semua Member Memainkan Karakter Yang Sama + Distribusi Screentime Yang Gk Seimbang….

    Btw Tumben Banget Album Dapet MV šŸ™‚

    Like

    1. Yah, kaya yang ane bilang, stagnansi di Keyaki memang ada efek yang harus diterima. Tapi ane bilang keputusan tepat nunda 5th single buat ngasih jatah ke lagu ini. Karena ini album, perubahan gak harus dilakukan. Apalagi ada Keyaki Republic.

      Iya, MV dapet karena menurut ane Getsuyoubi emang disiapkan jadi single, bukan masuk album.

      Like

  8. Ane suka banget sama MV nya. Tapi kalo soal lagu, lagu ini masih dibawah lagu2 A-side nya Keyaki kaya Futari sama Sekai. Entah kenapa, ane lebih demen lagu2 Keyaki yg ringan macam Sekai sama Futari.
    Dan disini semakin jelas green line mereka. Mau dibawa kemana image mereka udah jelas. Tapi ada yg ngganjal dari ane. Semakin kesini, lagu2 utama mereka itu semakin gak bisa dibawain secara live singing. Mereka kaya udah berubah jadi dance group, bukan idol group lagi. Emang dance mereka impresif. Tapi elemen utama idol group itu ya nyanyi, baru dance.

    Like

    1. Ane sih sama sekali gak keberatan kalau Keyaki fokus sama dance-based idol group. Soalnya dari segi vokal juga mereka gak punya decent vocalist kecuali beberapa nama doang, itupun push terbatas di kalangan fandom. Fokus jadi dance-based idol group bakal bawa mereka ke segmen yang lebih prestise.

      Like

  9. Iya terus dilumat lagi bibir seksi nan tipis itu. Puas?!

    Emang dah mimin tukang kompor sejati šŸ˜€

    Ane iyain biar calon abang ipar seneng šŸ˜€

    Like

    1. Komen ane (lagi-lagi) mencar šŸ˜€ Ini kalau pake hape pintar emang suka gini ya? šŸ˜€

      Like

    2. Mimin emang gak pernas puas ngomporin orang. Untung calon abang ipar šŸ˜€

      Emang berat jalan cinta ane sama dek Marika…

      Zidan P. MaRiNa2

      Like

Leave a comment