Far Side of The Moon

Luna, Moon, atau Bulan yang sebenarnya, satelit alami kita, yang bisa kita lihat setiap malam hari dengan bentuk yang bebeda-beda, menyimpan berbagai fakta yang menarik. Peran Bulan dalam sejarah juga beragam, seringnya Bulan adalah simbol feminis. Secara sains, peran Bulan antara lain menjaga stabilitas Bumi dan membantu melindungi kita dari asteroid.

Bulan dan Matahari terkesan memiliki ukuran yang sama di langit karena perbedaan jarak. Jarak antara Bumi dan Bulan mencapai 384.000 KM, atau sekitar 1.28 detik cahaya. Terdengar tidak jauh, tapi faktanya jarak antara Bumi dan Bulan cukup untuk meletakkan setidaknya 30 Bumi diantaranya. Dan fakta bahwa Bulan tidak disambangi manusia sejak 45 tahun lalu menjadi bukti akan jauhnya jarak antara Bumi dan Bulan.

earth-moon
Jarak antara Bumi dan Bulan

Uni Soviet menjadi bangsa pertama yang mengekplorasi Bulan dengan satelit tanpa awak, Luna 1. Sementara Luna 2 menjadi obyek pertama yang mendarat di Bulan dan Luna 3 mengambil foto di permukaan Bulan untuk pertama kali. Apollo Mission dari NASA menjadi satu-satunya momen dimana manusia berhasil menginjakkan kaki di Bulan melalui 12 orang.

Sudah lama diketahui bahwa Bulan tidally locked pada Bumi, dengan kata lain hanya satu sisi yang menghadap Bumi, sementara sisi lain adalah dunia yang berbeda. Karena tidally locked pada Bumi, waktu yang dibutuhkan Bulan untuk mengorbit Bumi sama dengan lamanya untuk berotasi, yaitu 29 hari. Karena itu kita hanya melihat satu sisi yang sama dari Bulan. Hal ini juga membuat berbagai bentuk bulan dalam 29 hari.

Anggapan akan sisi Bulan yang gelap, karena kita tidak bisa melihatnya dari Bumi, menghasilkan istilah dark side of the moon, dan hal ini menjadi semacam pop culture icon karena melahirkan imajinasi manusia, dan setelah Pink Floyd merilis album berjudul sama pada 1973.

Namun dalam kenyataan, tidak ada yang namanya dark side of the moon, yang benar adalah far side of the moon. Sisi lain Bulan tidak gelap, melainkan masih mendapat cahaya matahari sebagai efek rotasi Bumi. Sisi lain dari Bulan ini sangat berbeda dari sisi yang bisa kita pantau dari Bumi.

Tanpa mengirim space probes, kita tidak bisa melihat far side of the moon. Luna 3 dan Apollo 8 menjadi satu-satunya momen kita melihat sisi ini. Sampai sekarang manusia belum menginjakkan kaki di far side of the moon dan bahkan tidak ada rover yang berada di far side, alasan utamanya karena komunikasi.

phasessouth
Fase Bulan di Selatan
phasesnorth
Fase Bulan di Utara

Far side of the moon memiliki karakteristik yang sangat berbeda dari near side. Jika near side memiliki banyak mare atau laut -bukan laut yang sebenarnya tapi dataran rendah Bulan- maka far side hanya memiliki satu mare. Kawah-kawah bekas tabrakan dari asteroid juga banyak sekali di sisi ini.

Eksplorasi akan far side memunculkan teori bahwa sisi ini bisa menjadi tempat untuk riset ilmiah, terutama bagi radio teleskop untuk mempelajari angkasa seperti Arecibo atau FAST.  Hal ini karena far side bebas dari gelombang radio yang dipancarkan Bumi. Sisi negatifnya, karena terpapar badai matahari dengan intensitas jauh lebih kuat, mendirikan base disini masih butuh kajian lebih jauh.

Selain itu, diduga kandungan Helium 3 di Bulan, terutama di far side jauh lebih tinggi dari yang bisa ditemukan di Bumi dan bisa menjadi sumber energi untuk fusi nuklir. Far side of the Moon mungkin terdengar sebagai dunia yang benar-benar berbeda, tapi disana, saat umat manusia bisa -menggunakan istilah arogansi- menaklukkannya, maka itu saat manusia selangkah lebih maju.


Sama seperti Bulan, aku melihat dua sisi yang sama dari satu member. Yang mana kebetulan namanya juga mengandung unsur Bulan, Yamashita Mizuki. Anak ini sudah mencuri perhatianku sejak pertama Gen 3 diperkenalkan, meski saat itu karena alasan yang sedikit konyol.

Seiring waktu, aku merasa pilihanku tepat. Sama seperti saat memilih Aka, yang mana adalah yang pertama dari tiga gelombang member baru Sakamichi, my guts never failed me. Mizuki sejauh ini menunjukkan progress yang meski tidak bisa dibilang superb, tapi tidak mengecewakanku. 18th single? Jika kalian berpikir aku kecewa, maaf jika aku malah akan mengecewakan kalian.

Sejak awal kukatakan aku bukan fans besar dari ide airdrop, kecuali memang butuh. Dan memang aku bukan fans berat dari member airdrop, berjalan seiring waktu lebih menarik untukku. Nah, aku tidak bicara begini karena Mizuki tidak terpilih, tapi lihat saja enam memberku di Sakamichi; Yumi, Bebitan, Ashurin, Aka, Manafin, dan Mizuki, bukankah sudah jelas? Beberapa mendapat extensive push, tapi bukan airdrop bukan?

Kembali ke topik. Mizuki untukku benar-benar seperti Bulan. Dia sejak awal mendapat push yang membuatnya langsung kelihatan di mata fandom. Melalui gravure, dia melanjutkan tradisi Nogizaka. Bukan M-Series juga, tapi level yang sama. Dengan level popularitas yang menanjak, Mizuki menyandang status sebagai ace bukan hanya dari manajemen tapi juga fandom.

Disini, dia mendapat sedikit ombak lewat skandal gigit jari. Dan Mizuki mendapat backlash cukup banyak karena ini, meski dia bukan satu-satunya. Yah, mungkin karena dia langsung disandingkan dengan nama-nama besar sejak debut, atensi publik juga berbanding lurus, begitu juga dengan tingkat backlash.

Hal ini mengingatkan kita bahwa dibalik cerita bahagia seorang idol, masa lalu mereka tidak akan pernah bisa lepas. Suka atau tidak suka, kita sebagai fans harus bisa menerima. Kalau tidak bisa, get a life! Atau ngidol Love Life saja, jangan idol 3D blood and flesh.

Setelah cerita ini, dia steady sebagai salah satu member terdepan Gen 3. 3-nin no Principal menjadi bukti dimana dia menjadi penampil terbanyak selain Kuboshi. Sementara di variety, kemunculan pertamanya di Kojichuu bersama dengan kakak iparnya memastikan popularitas Mizuki. Dan dia ternyata cukup tebal muka juga.

Anak ini diluar penampilan ternyata koplak juga. Gag dari Sunshine Ikezaki menjadi ciri khas. Dan ini adalah gap yang lumayan. Bagiku hal ini menambah charm Mizuki selain karena dia salah satu performer terbaik Gen 3. Sejauh ini memang kemampuan Mizuki masih belum terlalu terlihat selain menjadi Tridente di Sanbame no Kaze. 18th single, kuharap dengan (kemungkinan) dileburnya Gen 3 dan Under akan memberi peningkatan.

[2017.04.21-10.50] FLASH 2017 GW Mizuki x Shiori My favorite two(5)

Bagiku, Mizuki masih ada di far side of the moon, kita belum bisa melihat dengan jelas bagaimana prospek dan kapabilitasnya. Potensi besar namun belum tereksplor. Mizuki bukan tipikal oshi sejuta umat seperti Maiyan atau Ikuchan, atau tipikal crybaby seperti Momoko, tapi dia memiliki semua karakteristik idol yang paling cocok di daftarku. Dan aku tidak membicarakan visual tentu.

Setelah Yoda menjadi WCenter, maka tinggal Mizuki dan Kuboshi yang tersisa dari Centauri. Bagaimana dia akan menjalani karir setelah ini masuk prioritas untukku. Dari far side of the moon menjadi near side of the moon dan setelah ini, fase bulan akan terus berjalan, tinggal mana yang kita sukai, bulan sabit, setengah purnama, atau purnama penuh. I’ll wait for it.

tumblr_osrrdyrPkl1tsk04no3_1280

Akhir kata, otanjoubi omedetou untuk adikku yang paling kecil. Happy 18th birthday! 🎉🎊🎂

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

71 Comments

  1. Seperti yg mimin bilang potensinya besar namun belum tereksplor.
    Di mata fandom nama Zukki udah mnjadi nama yg besar, cepat atau lambat juga dia pasti purnama penuh 😀

    Bareng ama Kuboshi nih mantep kalo suatu saat jadi Double Sun nogi 😀 Tapi masih terlalu jauh buat ngomongin itu.

    Btw MV WW udah rilis nih 😀 Ehm Ehm HD 😀

    Like

    1. Asal gak jadi kaya kisah2 terdahulu yang gagal sebelum berkembang.

      Kombi Kuboshita ini lagi on fire kan. Ane liat di thread SHOWROOM di S48 😀
      Semoga aja langgeng, bisa kaya Wakarei 😀

      Duh, lagi nyiapin pesta ulang tahun nih jadi gak sempat bikin review 😀

      Like

    2. Iya min sayang aja kalo gitu mah, mudah mudahan Zukki enggak deh.

      Iya min di thread showroom, tapi ane gk nonton sih, secara mereka bukan salah 1 dari bini ane 😀 Tadinya mau ambil Zukki tapi gk jadi 😀

      Mantap kalo kaya Wakarei 😀 Tapi beda sifatnya nih Kuboshita ama Wakarei 😀

      Wih mantep buat Zukki yah ? Orang yg jarinya digigit Zukki ikut datang juga kah min ? 😀

      Like

    3. Berharap yang terbaik aja lah 🙂

      Ane juga gak ada sedot SHOWROOM, cuma ambil yang pas member Keyaki rame2 -itu juga karena ada sub- terus SHOWROOM Sayu+Yumi, sama SHOWROOM Mizuki kemarin 😀

      Emang beda, dan ane ngingetin Mizuki jangan kelewatan bikin kombi kaya kakak iparnya 😀

      Kalau ngungkit skandal itu, ane sih gak masalah. Cool. Wong kasusnya aja sebelum dia jadi member, itu sih hak dia 😎 😀

      Like

    4. Doakan yg terbaik 😀

      Ane jarang sedot Showroom min, sekalinya bini showroom paling livestream atau gk liat di yt doang 😀 Sekarat HDD

      Lah kenapa ? Biarin aja mereka kaya Wakarei, atau mungkin lebih 😀 Tapi ane gk bisa bayanginnya sih ada ship diantara Kuboshita 😀

      Nah ini setuju ane, selama mereka belom gabung ke suatu idol grup dan lakuin hal yg kaya gitu, itu gk masuk skandal 😀 Tapi tetep impact nya bakal kerasa terus.

      Like

    5. Kalau ane sih gak betah livestream, soalnya pasti nyambi garap draft atau yang lain 😀

      Kalau sama Kubo sih bagusnya yang kaya AshuMiona, yang rada2 freak gitu. Jangan kaya Wakarei atau Dana-Pon 😀

      Yah, itu cuma nunjukin mental fans doang sih. Kalau bahas skandal2 predebut terus, bisa kaya grup sebelah.

      Like

  2. Duh min, ane jd teringat sama kisah masa lalu saat jari ane digigit sama dia, duh gk enak ane jadinya 😀

    Btw, dikasih hadiah apa nih Zukki sama abngnya? sebungkus garam? secangkir minyak gorengan? atau hnya ucapan selamat? 😀

    HBD deh buat Zukki 🙂

    Like

    1. Makanya pak, lem itu dipake buat merekatkan sesuatu, jangan dihirup. Mabok kan jadinya 😀

      Satu karung garam, kan adek satu ini demen sama garam 😀

      HBD? Bukan Sindrom HBD kan maskudnya? >:D

      Like

    2. Oh lem itu buat mrekatkan sesuatu ya, kiran buat dioleh kehidung biar pernafasan lwt hidung trasa lega 😀

      Ngutang di warung mana tuh buat kasih satu karung garama? 😀

      Ya, yg mana ajalah, pkoknya HBD. 😀
      Temen2nya ssm gen-3 kasih kejutan di SR, abangnya cuma ksih sekarung gram, ngutang pla tuh 😀

      Like

    3. Ckckck, saking gak mampunya beli inhaler ya pak? 😀

      Ane bikin sendiri lah 😀

      Ente gak tau cerita di backstage sih, soalnya Riria pulang duluan 😀
      Abis itu makan2 di mekdi, ane yang bayarin 😀

      Like

    4. Eccentric pak eccentric, bukan gk mampu 😀

      Bah, pembuat garam jg? join lah klo gitu sama partner ane pngusaha garam itu 😀

      Iya mungkin ente yg bayarin, tpi pake duit hasil malak gen-3, itu kata Riria sama Reno ke ane 😀

      Like

    5. Eccentric tuh definisi “kaya gembel tapi rekening tebel” kalau situ? 😀

      Ogah bener, hidup ane ikutan kacau entar 😀

      Itu cuma isu yang dihembuskan sama yang gak dateng 😀
      Ajaran abangnya itu pasti, suka gosip 😀

      Like

    6. Kalau ane, “rekening tebel tapi kaya gembel” 😀

      Emng hidup ente gk kacau slama ini min? adek cuma dikasih garam, diajarin bohong dgn alsan jari ptah biar gk kerja, dsb 😀

      Sapa yg gk dateng? Mungkin yg gk dateng krn dah bisa nebak, pling ntar di palak 😀

      Like

    7. Kalau ane percaya, dosa 😀

      Itu cuma pendapat yang gak melihat dari sisi lain. Pandangan sempit. Bibit2 teroris! 😀

      Dipalak enggak, cuma bakal duduk di deket Valak. Soalnya dia dateng buat ngejagain dari serigala 😀

      Like

    8. Gk percaya ente amsuk neraka 😀

      Gaya bicara ente dah kyk politisi negeri seberang 😀

      ngomong apa sih ente min? kehabisan garam ya makanya mabok? 😀

      Like

    9. Mending percayalah, gk jelek konsekuensinya 😀

      Ya tikus2 berdasi pemimpin di negeri seberang 😀

      Ane tiap hri dpt nutrisi kok dri susu generasi maju, ente aja x kbnyakan mkan gram sampe gk jelas bahas apa 😀

      Like

    10. Berdosa dibilang gak jelek? Dasar setan 😀

      Ente ngomongin negeri seberang mana ane tau korupsinya kaya gimana 😀

      Dapet nutrisi SGM? Panteslah jadi bernuansa serigala 😀

      Like

    11. 😀

      Ya gk perlu tau juga, hanya bikin pusing 😀

      SGM ane beda sama SGM ente, klo ane kan susu generasi magu bukan srigala generasi majapahit 😀

      Like

    12. Maish mending ane lah ya, sumur ada faedahnya, bisa munculin air, lah dijurng buat apaan? 😀

      Yah namanya jg kami kenal karena kami partner kerja 😀

      Like

  3. Selamat ulang tahun Yamshita My zukki,semoga menjadi adek yang baik utk abg nya,semoga kita langgeng juga😆😆😆hadiahnya ntar malam aja,pas abgnya udah ditidur,tunggu tempat biasa ya

    Like

  4. Usia legal untuk dinikahi. Dan, di usia ini, tulang pinggul juga sudah terbentuk sempurna, jadi ga masalah saat melahirkan. Met Ultah, Yamachan! Ane klaim matamu, ya! 🎂😁🎉

    Like

    1. Ane hanya ngomong fakta, loh. Di Jepang, cewek usia 16, udah legal untuk dinikahi, tapi butuh persetujuan orang tua. Tapi, untuk 18 tahun, bisa memutuskan sendiri. 🙂

      Tulang pinggul juga udah terbentuk sempurna, jadi dia bisa melahirkan dengan lancar. Ini juga yg buat banyak negara melarang ada pernikahan dengan cewek usia dibawah usia ini. Memang, sel telur mereka udah matang dan siap dibuahi sperma cowok, tapi struktur rahim, tulang disekitarnya dan tentu aja mental mereka belum siap. 🙂

      Untuk mata, Yamachan punya salah satu mata terindah di Nogi, meski minusnya gila2an. 😂

      Like

  5. Yakali Ashurin bukan Airdrop… 😀

    Banyak2 bersyukur aja, karena skandal punya 2 sisi.
    -Nunjukkin wajah asli oshimen,
    -Sama nunjukkin mana fans yang bener2 setia.
    Wakatsuki juga beruntung kena skandal diawal, jadi loyalitas fansnya udah difilter dari yang latahan. Good shit.

    Akhir kata, udah nonton SR-nya belom? 😀

    Like

    1. Harus disamain dulu nih definisi airdrop-nya 😀

      Buat ane selama kasusnya pas sebelum masuk grup, gak masuk hitungan. Kalau pas udah di grup, yah, cuma butuh waktu aja 😀
      Kalau soal Yumi, yang baru tahu setelah nonton Kanashimi no Wasurekata, banyak yang latahan juga loh 😀

      SR? Baru juga download ini 😀

      Like

  6. Jujur aja. Ini ane gk bias soalnya Zukki (belum) jadi salah satu member yang ane oshiinm Tapi, entah kenapa dia kayak mengulang kejadian Risa dimata ane. Meski dapet push yang lumayan, tapi tunggu dia bener-bener siap baru dikasih ke depan. Banyak positifnya, soalnya fandomnya bakal berkembang lebih pesat, bakal lebih banyak bentuk dukungan dari fandomnya, dan popularitasnya lebih besar kemungkinan bakal naik daripada turun. Malah mungkin rodanya bakal macet kalau dia udah di atas. Zukki punya segalanya buat jadi center/ace. Visual, dance, karakter, dan vocal. Dan soal skandalnya liat aja gak terlalu berpengaruh menurut ane. HSnya masih bagus.

    Dan terakhir HBD temennya Dek Kubo 😀

    Like

    1. Ane sebenarnya gak mau berharap muluk, karena banyak juga kasus gagal push, macet di tengah, atau kaya Naachan. Mizuki bisa jadi yang mana aja, jadi ane bakal liat prosesnya dulu 🙂

      Like

    2. Biasanya yang gagal push itu yang udah dapet airdrop min. Ini Zukki kan gak gitu. Enak liat prosesnya dia soalnya bertahap. Dan dia bisa maksimalin potensinya juga. Antara di panggung, potoshot, sama variety sisi-sisi yang ditampilin Zukki beda-beda. Ini yang bikin enak ngidolin dia. Cuma karena ane udah gak sanggup nampung lagi, dia ane pass. Dek Kubo juga gitu soalnya, pushnya bertahap dan karakternya beda-beda (panggung, variety, dll) miriplah kayak Zukki 😀

      Like

  7. HBD Juki…
    Semoga Untuk Kedepannya Karir Juki Makin Lancar Dan Bisa Dikontrak Sama Salah Satu Majalah Fashion 🙂
    Selain Itu, Ane Harap Juki Mau Ngerapiin Giginya Biar Jadi Makin Cantik Kayak Dek Reno ❤ Dan Tamagochi 😀

    Like

    1. Kuboshi Baru Aja Jadi Model Eksklusifnya Majalah Seventeen Gan 🙂
      Tapi Belum Ada Pernyataan Resmi Dari Official Sih….

      Iya Gan…
      Dedek Ane Yang Paling Bontot Ini Sekarang Giginya Udah Rapi Dan Makin Cantik ❤ ❤ ❤

      Like

    2. Kalau belum ada kata resmi ane gak akan pegang. Kalau gini kasusnya sama aja kaya Renka & Riria kemarin dulu.

      Siapa? Reno atau Tama? 😀 😀 😀

      Like

    3. @Mac:
      Tapi Kayaknya Untuk Kasus Kuboshi Cuma Tinggal Nunggu Waktu Aja Gan….Sama Kayak Miona ❤ Dulu…..

      Dek Reno Dong Gan ❤ ❤ ❤
      Sekarang Doi Udah Resmi Jadi Adek Ane Yang Ke-6 😀

      =====================================
      @Conan:
      Ini Adek Ente….

      Like

    4. @brokoli, sebenernya ada sedikit mau singgung soal Kubo juga, tapi gak spesifik dianya. Nunggu mood nulis ada atau enggak 😀

      Mirip dari mananya?!?!

      @conan
      , terusin dong, mumpung malam minggu 😀

      Like

    5. “terusin dong, mumpung malam minggu” <– malam minggu ente membosankan ya min sampe2 ngomporin buat cari hiburan?

      Like

    6. @Mac:
      “Mirip dari mananya?!?!” << Dari Leher Ke Atas Gan 😀 Kalo Dari Leher Ke Bawah, Ane Masih Belum Tahu Tapi Kayaknya Beda 😀

      =================================
      @Conan:
      Dek Reno ❤ Tanpa Ane Itu Ibarat Mainan Bebek Karet Tanpa Bunyi “Cekuek2” 😀

      Like

    7. @Mac:
      Dah overtime tpi setiap lihat dompet ente selalu nagis, miris sekali kehiudpan anda saudaraku 😀

      ==============================

      @Brokoli:
      Renokarno tnpa ane ibarat mainan kapal tek-tek tnpa bunyik “teketekketek…” 😀

      Like

    8. Luar biasa, ane kagum meski isi dompet lari ke bini dan adek2 ente hanya dalam bentuk garam 😀

      “Ngerebutin”??? ane mempertahankan hak ane bukan berebut
      *pose TT dulu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s