Goldilocks

Pernah mendengar istilah ini? Jika tidak maka akan kubahas sedikit. Tahu cerita tentang Goldilocks dan Tiga Beruang? Oh, tidak, aku tidak membicarakan Lord Kotoko. Aku tidak akan heran jika tidak, karena kisah ini tidak begitu terkenal. Kisah ini berasal dari Inggris, dipopulerkan oleh Robert Southey yang ditulis di awal abad 19, kisah ini sebenarnya sudah ada sebelum Southey menulisnya dalam bentuk buku.

Inti cerita dari Goldilocks dan Tiga Beruang adalah seorang gadis bernama Goldilocks yang tersesat di hutan dan dia menemukan rumah keluarga beruang. Disana dia menemukan tiga mangkok bubur. Karena lapar dia memakannya. Hanya saja, di bubur pertama terlalu panas, sementara bubur kedua terlalu dingin. Untungnya bubur ketiga rasanya pas dan dia menghabiskannya.

Dia juga menemukan tiga kursi yang terlalu tinggi, terlalu rendah, dan ada yang pas dengan ukurannya. Hal yang sama dengan tempat tidur, ada yang terlalu keras dan terlalu lembut, dan dia menemukan tempat tidur ketiga yang pas dan tertidur. Saat dia tidur itulah keluarga beruang pulang dan kaget menemukan Goldilocks dan apa yang terjadi di rumah mereka.

Selanjutnya dari sini banyak versi yang beredar. Setelah mencari di Wikipedia aku membaca Goldilocks terkejut dengan kedatangan tiga beruang dan dia kabur. Sementara dari buku yang kubaca bertahun-tahun lalu aku ingat ceritanya lebih panjang, termasuk bagaimana Goldilocks tinggal bersama keluarga beruang untuk beberapa waktu. Kisah singkat Goldilocks dan Tiga Beruang bisa dilihat disini.

Inti dari cerita Goldilocks adalah bahaya tentang keingintahuan. Di era Victorian, cerita ini diinterpretasikan sebagai pengingat akan bagaimana keingintahuan harus diperlakukan dengan hati-hati. Sementara bagi orang dewasa, hal ini seperti menyindir akan hasrat memiliki apa yang menjadi milik orang lain.

Kisah Goldilocks dan Tiga Beruang memiliki kemiripan dengan kisah Snow White, yang juga tersesat ke hutan dan duduk, makan, serta tidur di rumah para kurcaci.

267_Goldilocks_Zone_draft_02

Nah, kisah Goldilocks dengan tiga benda yang dua diantaranya tidak sesuai preferensi dan satu benda yang tepat menjadi inspirasi bagi penamaan sains. Disini berkaitan tentang solar system, atau tepatnya planetary system dimanapun. Ada zona yang dinamakan Goldilocks Zone, atau zona dimana sebuah planet memungkinan baginya untuk memiliki kehidupan.

Kita membicarakan kehidupan berdasarkan apa yang kita tahu; kehidupan yang membutuhkan air, kunci dari kehidupan. Jika terlalu dekat dengan bintang dimana planet itu mengorbit, kita mengambil contoh dari Merkurius dan Venus, maka air tidak mungkin ada karena suhu yang diterima planet itu bisa menguapkan air dengan mudah.

Sementara jika terlalu jauh dari bintang, maka kemungkinan besar air akan berwujud padat, hal ini masih memungkinan adanya kehidupan namun tidak potensial. Goldilocks Zone berbeda-beda tergantung tipe bintangnyaYellow Dwarf seperti Matahari kita memiliki Goldilocks Zone di kisaran 1 AU, dimana adalah jarak antara Matahari dan Bumi. Yellow Supergiant atau Orange Giant memiliki zona yang berbeda pula.

Seff_HZ_09032015

Saat ini, dengan Breakthrough Starshot, yang bertujuan mengintip tata bintang Centauri, dan kemungkinan adanya exoplanet yang terletak di Goldilocks Zone, maka untuk pertama kalinya manusia bisa melihat kemungkinan akan kehidupan alien. Karena ini pulalah kita masih belum menemukan alien sampai sekarang, kecuali mereka mengambil bentuk kehidupan dengan konsep yang berbeda dari pengetahuan manusia.


Sama seperti kisah Goldilocks dan pengertian akan Goldilocks Zone, maka aku berniat sedikit membahas tentang hubungannya denan ngidol. Kebetulan baru saja terjadi cukup banyak hal yang mendukung materi artikel ini, termasuk diantaranya terpilihnya 2Watanabe dari Keyaki menjadi official model, lalu MomoYoda menjadi WCenter dan terpilihnya Kubo Shiori menjadi official model untuk majalah Seventeen.

Tiap member memiliki kadar push yang berbeda, dan topik utama kali ini adalah bagaimana member dengan kadar push yang berada di Goldilocks Zone, atau dengan kata lain mendapat push dengan kadar yang tepat. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Goldilocks Push. Kategori yang ada di tengah-tengah dari airdropped, gori, goldilocks, meh, & nowhere push.

Airdropped sudah kita semua tahu, karena baru saja kejadian lagi. Push semacam ini selalu menjadi pedang bermata dua, you name it, berapa banyak kontroversi akan hal ini. Gori juga memliki dua sisi, dan kadang reaksi fandom jauh lebih salty pada push semacam ini karena saat airdropped hanya berlaku sekali, gori memiliki kontinuitas yang bikin bosan. Momo, Yoda, dan Kuboshi ada di dua kategori pertama ini.

Meh push adalah tipe push setengah hati, antara niat dan tidak. Polanya tidak tentu, kadang member di-push tanpa tanda-tanda dan tak lama langsung berhenti. Sering juga dilakukan pada member airdropped yang gagal. Yang terakhir, Nowhere adalah untuk mereka yang sama sekali tidak dilirik. Kasus ini banyak terjadi pada member pioneer, atau member yang memang dari awal kurang cocok dengan irama grup.

Goldilocks push yang ada di tengah adalah yang paling ideal. Mereka yang ada di kategori ini bisa dibilang blessed. Karena apa? Meski dengan push alakadarnya, mereka tetap akan bisa terlihat dengan jelas karena biasanya push ini berlangsung dengan konstan. Sayangnya, member yang ada di kategori ini seringkali kesulitan untuk menjadi besar.

Besar dalam arti tidak memiliki impact sekuat member airdropped atau gori. Bisa dibilang karir mereka selama di grup dengan push ini hanya datar saja, stay popular but stagnant. Banyak fanbase dari member dengan goldilocks push sering menuntut lebih -count me in- karena faktor kekhawatiran akan kelanjutan karir si member apabila grad.

we_bare_bears__primal_meme__by_wcher999-da4jtex
Gambaran fanbase member yang tidak masuk kategori airdropped & gori push

Tetap saja, member dengan goldilocks push adalah member beruntung karena siklus mereka stabil. Meski push pada dasarnya bersifat seasonal, dan rotasi push selalu ada. Jadi istilah late bloomer pun ada karena ini, menunggu memang menyebalkan, tapi selalu akan ada pelangi di akhir hujan.

Masuknya MomoYoda dan Kuboshi dalam jajaran member elit -Fukujin dan M Series- dan naiknya Gen 3 ke dalam level yang lebih menjanjikan dari Gen 2 ini adalah bukti regenerasi nyata di tubuh Nogi. Life isn’t easy untuk Gen 2, tapi mengeluhkan ini terus juga tidak ada guna. Under Album akan datang, dan itulah hadiah terbesar untuk Gen 2 sejauh ini.

 

sankisei

Nah, apa push untuk beberapa Gen 3 ini appropriate? Tergantung perspektif. Bisa positif bisa juga negatif, dan aku tidak akan menjabarkan keduanya. Yang pasti, secara keseluruhan Gen 3 berada dalam Goldilocks Zone, kita bisa dengan mudah memantau mereka. Well, dalam kisah Tiga Beruang mungkin malah ada di sisi “bubur yang terlalu manis” dan “tempat tidur yang terlalu lembut”

Mengingat kecenderungan manajemen untuk memberi Gen 3 privelege lebih, bukan tidak mungkin kasus push berlebihan terjadi lagi, tapi karena tidak semua bisa di-push, maka selalu akan ada tumbal mendapat push meh & nowhere. Tidak menyenangkan memang, tapi harus ada. Pertanyaannya adalah; siapkah fans menerima push seperti apapun yang diberikan?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

61 Comments

  1. Ane kira bahas soal Lord KTK. 😀
    Keingintahuan mungkin bisa dibilang hal yg membuat manusia menjadi manusia. 🙂

    Soal airdrop Kubo, kayaknya ga deh min. Ane baca di s48, majalah fashion macam ST ini pilihnya bukan karena sodoran dari mnjmn. Tapi, mereka pilih model yg emang pas dengan imej mereka. Kebetulan Kubo pas. Dipilihlah dia. 🙂

    Like

    1. Bukan Cuma Majalah Fashion Gan, Program TV Pun Juga Seperti Itu. Pihak Manajemen Cuma Ngasih Rekomendasi (Kalo Pihak Yang Request Tidak Menyebutkan Nama Member Yang Diminta) Dan Meng-ACC Permintaan Doang….

      Jadi Kalo Misalkan Pengen Member X Diundang Kojichu, Mintanya Jangan Ke Manajemen Tapi Ke Pihak TVnya….

      Source: Odekake & Sashihara No Ran 🙂

      Like

    2. Sejujurnya untuk ini (pemilihan member), pendapat ane ada di sisi yang lebih negatif. U know what I mean.

      Kalau radio, ane gak ngikutin sama sekali sih. Cuma kalau yang ini jelas syarat mutlak pinter ngomong butuh kayanya?

      Like

    3. Itulah, Kubo kebetulan pas, jadi “diminta” oleh pihak ST. Ane bersyukur, setelah bidadari ane, ada juga yg jadi macam ginian. Berharap Mona dulu, tapi Kubo yg dapat. Gapapa dan Alhamdulillah. 🙂

      Kalo TV, ane pernah baca, member yg diundang itu dipilih berdasarkan popularitasnya dipublik. Maksud ane, member yg diundang harus ada salah satu atau beberapa yg dikenal publik secara luas, ga hanya fans aja, jadi bisa narik pengiklan buat masang iklan di acara itu. Misal di Kojichu, member macam Iko, Maiyan atau Iku biasa atau sering muncul, meski ga terlalu terlibat dengan segmennya, karena mereka lebih dikenal dan jadi sumber iklan. Keyakake juga. Tecchi mungkin yg paling dikenal luas, jadi meski dia diem aja dan fokus segmennya ke member lain, macam Naako, Oda dan lainnya, tapi tetep keberadaan Tecchi penting disitu. Yuuka juga, mungkin yg bisa sejajar dengan posisi Tecchi dalam hal ini.

      Kalo radio, selain pinter ngomong, suaranya juga harus enak dan renyah didengar. Karena itu, Mii dan Habu dapet juga, kan. 😀

      Like

    4. Dari nama2 yang disebut untuk urusan TV, mau gak mau ada faktor push yang terlibat kan?

      Kalau dibilang renyah…sependengaran ane dua ini suaranya mirip anime jadi dipilih karena itu? 😀

      Like

    5. Bedakan Push dengan Popularitas publik.
      Ingat, Pihak eksekutif TV berhak menolak rekomendasi member yang dipush manajemen kalau mereka menilai member itu kurang berpotensi mengangkat rating acara(dan iklan), dan disaat yang sama mereka punya pilihan talent/cast yang lebih menarik/populer. Persaingan agensi lah.

      Makanya sekarang Kojichu banyak episode simulasi acara talkshow macam HimuStation atau Comment Queen GP. Itu cara member Nogi belajar sebelum mereka siap direkomendasikan manajemen ke acara2 TV ternama.

      Kalau radio, ingat aja itu latihan mereka belajar public speaking. Sama kayak Showroom sekarang.

      Like

    6. Agensi, ini yang ane garis bawahi. Sejauh ini agensi Sakamichi masih sama kan?

      Tapi kayanya dari artikel ini emang ane gak bisa menyampaikan apa yang ane pengen selancar biasanya. Ada yang salah sama tata bahasanya.

      Like

    7. Bikin aja bagian Conclusion, dan terangkan apa yg pengen mimin sampaikan melalui artikel ini. Kalo ga ada, ya artikel ini bisa jadi multi-tafsir, sesuai perspektif pembacanya. 🙂

      Like

    8. Biasanya emang ada kan, tapi pas nulis ini emang rada sengaja ngosongin 😀

      Niat awalnya emang bikin multitafsir sih, tergantung yang baca 😀

      Like

    1. Adek min… Cuma Adek. Masih kecil belum boleh dinikahi. Kasian masa depannya ntar :p

      Dan jujur ane gak nyangka Dek Kubo lebih kecil dari Hinatankuh :lv 😀 Gak apa yang penting tetep sayang :lv

      Like

    2. Ciri khas serigala #1 : klaim punya orang lain, meski Kuboshi juga gak jelas siapa yang klaim pertama 😀

      #2 : menyatakan rasa “cinta” yang berlebihan 😀

      #3 : addicted sama emot merah, pake dimana2 gak kenal waktu meski beda kosan beda kode 😀

      Like

  2. Bahasan push ini mesti melihat potensi member yang dipush juga.
    Karena Goldilock itu hanya terjadi kalau kemampuan member bertemu kesempatan yang sesuai, bukan konstan.

    Punya artikel grafik majalah yang mencantumkan metrik member Nogi Juli kemarin?
    Biar perspektif kita ga standar ganda aja dalam melihat push. Orang lapar susah diajak ngobrol soalnya. 😀

    Like

    1. Berkaitan, tapi ga berjalan beriringan.
      Potensi perlu diasah secara konstan. Tapi kalau memang potensinya bukan disitu, diasah konstan juga buang2 tenaga dan waktu. Failed push biasanya muncul dari situ, bukan karena membernya gagal, tapi pushnya ga liat potensi. Cuma orang laper kan pasti liatnya “Member A dipush terus-terusan kok ga berkembang yah?”. 😀

      goo.gl/idiC4f
      goo.gl/NCUumA
      goo.gl/Bqwqa2
      Bookmark aja itu link referensi. Kalau kedepannya ada yang mau diskusi soal push di dalam Nogi, kasih itu link. Ane ada catatan tambahan juga kalau kita mau bahas member satu-persatu 😀

      NB: Btw, sekalian dicatet.
      top: Interaksi HS
      right: Kadar push didalam grup
      bottom: Potensi kedepan
      left: Daya tarik fisik.

      Like

    2. Kayanya ane lupa nambahin soal potensi ini, padahal sempet ada paragrafnya pas draft. Kehapus kali ya? Dan sebelas duabelas sama ini sih.

      Oh yang ini, ane kemarin sempet simpen tapi setelah baca2 sama aja kaya artikel ane, subyektif dari penulisnya jadi ane gak mendalami sih 😀

      Like

    3. Jangan2 karena lapar lagi, makanya ga sengaja kehapus? 😀

      Agan Mac, itu grafiknya diambil lewat survei. Ada koresponden dari fans beserta staff Nogi LLC juga. Jadi kalau subyektif, itu bukan dari penulisnya. 😀
      Cuma memang penulisnya sudah nambahin sih itu bukan buat patokan mutlak, cukup jadi referensi aja.

      Like

    4. Beneran lapar ini sampai dopost. 😀

      Itu sampai digambarnya ada penilaian metrik 1 ke 5, dapat infonya darimana coba kalau ga nanya2 orang dan survei sendiri? 😀

      Kalau macam artikel kolom opini, pasti Wall of Text. Ga akan kepikiran bikin grafik, apalagi yang bualan. Coba aja tanya draftnya. 😀

      Like

    5. Ya ane cuma liat sekilas doang kemarin *pembelaan diri terakhir 😀

      “Coba tanya draftnya” masalahnya, draft yang mana, wong ane ada >80 draft 😀

      Like

  3. Kirain bahas gadis berkerudung ungu bernama Masha 😀

    Push yg enak itu, push yg alakadarnya + member yg dipush jg nunjukin klo dia pantas dapat “push” itu 😀
    Jam segini ane disuruh berpikir keras, keringetan ane 😀

    Like

    1. Kerabat Lord Kotoko, gak baik diomongin 😀

      Butuh 3 menit -serius- buat bales komen ini dan tetep gak ngerti harus ngomong apa selain “kenapa ane ikutan keringetan????” 😀

      Like

    2. Ya mana tau ente dh dapat acc buat up soal kerabat lord KTK 😀

      Hahahahahahahahahahaha..
      Yah mau gmn lagi, dan baca potingan ini dari semalam, tp baca malam2 dgn mata yg dah 3 watt berat rasanya mau komen.
      Eh tadi sore stelah seharian bergelut dgn paitnya dunia nyata trus buka nih postingan lagi, masih gk tau mau nulis komen apa, keringetan ane jadinya 😀

      Inti postingan ini soal push ke member gen-3 kan?
      *mencoba mensederhanakan arah pmbicaraan 😀

      Like

    3. Kemarin aja pas bikin artikel Lord Kotoko yang beginian
      gb
      langsung keliatan di sekitaran rumah ane 😀

      Baru pertama kali ane tau ada artikel yang bisa bikin panas dingin 😀

      Penyederhanaan ente keliru pula 😀

      Like

    4. Sumpah, gmbar beruang ter-cool yg pernah ane liat 😀

      Bah, itu yg hari2 ane alami klo buka postingan ente 😀

      Allahmak, salah ya, jadi klo disederhanain ini ttg apa dong? 😀

      Like

    5. Bodyguard Lord itu 😀

      Kalau liat postingan kaya Beautiful Nogizaka aja demen ya? 😀

      Ane lagi males ngejabarin, habis kerja (pa)rodi jadi mikir sendiri ya 😀

      Like

    6. Pasti itu pimpinan bodyguard nya kan, makanya ane baru liat, sealama ini yg ane liat anak buahnya aja 😀

      Pkoknya sejauh ini yg gk bikin keringet dingin itu cuma psotingan yg nentuin tipikal fans 😀

      Pose TT

      Like

    7. Sudah ane duga, makanya keren dan berwibawa kyk gitu 😀

      Nah akhirnya ada potingan kedua yg ringan, yg soal reblog, itu isinya ringan sekali 😀

      Cuma perasaan sesaat jgn2 😀

      Like

    8. Keren sih tpi gak semacho yg sebelumnya,
      rokok 234 + megang senjata, klepek2 ane liatnya 😀

      Bise gitu ya wp

      Dari pda ada yg terluka kedepannya, lebih baek jujur dri skrng meski pait #ahhay 😀

      Like

    9. Pantas, cocoklah jadi bodyguard pribadi lord KTK yg juga semakin elegan 😀

      Kenangan buruk itu maish memberkas jelas diingatan 😀

      “Siapa yang terluka?” ya si ceweklah, krn dia yg ngejar2 ane kan 😀

      Like

    10. Pasti acara pngenalannya dah kyk acara royal wedding 😀

      blogspot brp x tpi jeda waktunya lumayan lama pak dan ada waktu baut back-up. wp sekali tp gk nyampe sminggu dan tiba2 ilang aja tnpa bisa back-up, pmbahasan ini hnya mmbuka trauma ane *pose TT

      😎

      Like

    11. Waktu skolah jg gk pernah ngebahas soal diana, knp stelah ane lama gk sekolah harus ngebahas soal dia? 😀

      Gampang digusur, gampang pl dibangun lagi 😎

      Like

  4. Duh jadi was was nasib ume nanti kya gimana, jangan sampe kaya junna lah 😦 😦

    Untuk bini bini yg lain macam wakatsuki, hoshino, dan asuka aman lah 🙂

    Untuk yoda ssemoga kedepannya gak ditinggal gitu aja

    Like

  5. Pertama kali baca judulnya “kyk pernah baca tapi dimana ya,,,”setelah lanjut baca ke bawah,wah iya pernah punya buku ini,,,bongkar gudang lagi nih kyknya😆😆😆😆

    Buat ane selama airdropnya gak terlalu ekstrem dan yang di kasihpun memberikan imbas yang sesuai ya sah2 aja

    Salam buat Zukki ya bang!😆😆😆

    Like

    1. Loh inti komennya kan emang sebaris diakhir,dan anggap aja dua paragrap pertama itu dari kogoro mouri😆😆😆

      Jangan lupa disampein salam ane,itu amanah lo bang!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s