Sakamichi Review : Live Shin

Double Release! MV untuk coupling dari 18th single Nogizaka kemarin, 1 Agustus, kembali rilis. Tidak hanya satu tapi dua sekaligus. Satu untuk Gen 2 yaitu Live Shin dan satu untuk Gen 3 yaitu Mirai no Kotae. Artikel ini akan membahas tentang lagu dari Gen 2 yaitu Live Shin. Kenapa satu artikel sendiri? Karena tidak adil kalau tidak menghormati masing-masing generasi.

Nah, untuk judul, sebenarnya aku lebih suka menyebutnya Live Kami. Tapi sutralah, karena meski aku tidak sepakat dengan Shakespeare dalam “apalah arti sebuah nama”, toh kanji yang digunakan sama, arti harfiahnya juga sama. Jadi, lanjut saja.

Karena ini adalah MV pertama -ya, pertama. Setelah 4 tahun- Gen 2, maka aku tidak akan mengharap yang berlebihan. Sudah cukup banyak member yang gugur, dan kisah Gen 2 sendiri yang turbulens dari awal.  Mendapat MV pertama setelah semua kisah mereka, aku tidak bermimpi kisah naik turun mereka akan divisualisasikan dengan baik.

Di scene pembuka, kita bisa melihat ungkapan yang cukup menggambarkan. Mama Rocky mendapat bagian pertama, tidak heran karena dia sejak awal adalah Nogi-wota. Lively menjadi kata kunci Karin, wajar saja. Selanjutnya adalah Junna yang berpakaian polisi dan kata kuncinya adalah Justice. Well, untuk Junna aku kurang begitu paham, apalagi jika ini merujuk pada Gen 2 keseluruhan. Like, seriously?

Lalu ada Iori dengan Softness. Lord Kotoko dengan Peace, mungkin pekerjaan sampingan selain idol? Wise menjadi kata kunci Renachi. Aku sedikit tertawa melihat Maichun mendapat kata kunci Reliable, karena seharusnya kata kuncinya adalah babaMiria mendapat kata kunci Brave, meski sedikit sulit dipahami. Aachan menjadi UnityRanze menjadi Belief.

Kiichan menjadi Force, masuk akal karena dia adalah Gen 2 terbesar nomor dua. Finalnya tentu Miona, dengan kata kunci Lead karena dia adalah original center dari Gen 2. Di awal-awal, kita disuguhi bagaimana member berperan menjadi staff, dan bagaimana konflik terjadi bahkan di tubuh staff.

Konflik antara performer dan staff pun tidak luput. Bagian ini menarik karena member berperan ganda. Bagaimana staff berperan sejak sebelum show dimulai sampai saat pertunjukan, dan performer yang menampilkan pertunjukan. Sudut pandang yang bisa dibilang kreatif dari sutradara Ito Shujin.

Individual scene di MV ini berlimpah, karena ada lagi di bagian tengah lagu. Kali ini hanya menampilkan nama member tapi ditambah karakteristik mereka. Kebalikan dari individual scene pertama. Iori dengan kemampuan juggling, lalu Kotoko dengan bendera slogan Kotoko Kingdom of Heaven. Tiara Maichun yang terkenal di radionya. Sementara untuk Aachan, aku tidak menangkap dengan jelas?

Little Devil Kiichan muncul kembali, lalu horror movie freak Miona dengan aksesoris pisau yang menembus kepalanya. Wings Ranze mungkin merujuk pada Buranko? Lalu Miria jelas merujuk pada Fuusen wa Ikiteiru. Lalu kembali aku tidak paham dengan gyoza (?) yang dibawa Renachi. Shogi Karin muncul kembali -where the hell is Rocky?- dan kenapa Junna makan kacang?

Dance scene di MV ini bisa dibilang superb. Diambil dari sudut pandang penonton dan staff, memang tidak semenarik konsep 360 di Another Ghost, tapi memberi kesan kalau MV ini benar-benar ditujukan untuk membawa suasana live kedalamnya. Sementara unutk dance-nya sendiri, untuk pertama kali kita tidak harus menunggu live untuk bisa menilai dance, singkat kata, eye candy.

Overall, Live Shin tidak jelek untuk ukuran first MV. Secara keseluruhan memberi gambaran jelas bagaimana karakteristik dan cerita member Gen 2. Sama seperti Sanbame no KazePity, isn’t it? Nah, dari sisi ini, dan karena mendapat MV pun sudah seperti durian runtuh untuk Gen 2, maka patut disyukuri saja.

Sudut pandang dari MV ini dimana dibagi menjadi bagian “staff ” dan “performer”, hal ini menunjukkan dua sisi yang dijual lagunya, yaitu Live. Gen 2 yang berperan sebagai staff untuk memberi show yang memuaskan, lalu performer yang melanjutkan pekerjaan staff menjadi sisi cerita yang bagus.

Hal ini memberi sedikit gambaran -yang mana aku yakin, sudah banyak diketahui- tentang fakta di backstage. Bagaimana member dan staff bahu-membahu untuk memberi pertunjukan yang menarik. Sisi ini jarang diekspos sebelumnya, dan menurutku storyline semacam ini lebih menarik. Lebih humanis.

Menariknya lagi, tulisan di kaos yang dipakai staff bertuliskan Light Staff sementara di akhir, tulisan yang dipakai performer bertuliskan Right Stuff. Permainan kata-kata yang sedikit terkesan childish, tapi berarti cukup dalam juga. Kadang member Gen 2 seperti tidak dianggap, tapi keberadannya penting. Light & Right. Kalau mengutip kata-kata Doraemon, “kalau ada satu saja baut yang longgar, maka pesawat pun bisa jatuh” maaf aku lupa di volume berapa ada kata-kata ini 😀

Dari segi screentime, mengingat khusus untuk Gen 2, maka hal ini berlimpah. Member-member yang biasanya hanya ada di 3rd row Under bisa mendapat kesempatan emas. Dan harus kukatakan, kali ini member terlihat luar biasa. Mungkin image yang tepat untuk Gen 2 memang sedikit rough, jadi mereka tidak overshadowed oleh kakak dan adiknya.

Untukku sendiri, MV Live Shin ini patut mendapat apresiasi. Nasib Gen 2 yang selalu tidak jelas mendapat hadiah tidak terduga seperti MV. Dan bagusnya, mereka bisa memaksimalkan MV ini untuk memberi warna mereka sendiri, dalam hal ini image dalam live yang jarang diekspos. Memberi kesan bahwa Gen 2 adalah fighter. Tapi juga tidak melupakan sisi ah-dork-able mereka.

乃木坂46 『ライブ神』.mp4_000104104

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

79 Comments

  1. Untuk Individual Scene Ditengah2, Ayane Itu Bawa/Menerbangkan Pesawat Kertas Gan. Alasannya Mungkin Karna Doi Itu Otaku Pesawat 😀

    MV
    Bagus Banget….
    Benar2 Menggambarkan Karakteristik Dan Keadaan Member Gen 2…..
    Selain Itu Tingkat Kecantikan Member Di MV Ini Naik Beberapa Persen Terutama Iori ❤

    Lagu
    Kurang Suka Sama Lagunya….
    Nilai 2.5/5 😦

    Like

    1. Oh pesawat kertas toh? Ane udah pegel banget kemarin males melototin 😀

      Bah, tiba2 di belakang nama Iori main ada merah2nya aja ini 😀

      Like

    2. Jangan Lama2 Melototin Dek Ayane, Ntar Kalo Kesengsem Bakal Brabe 🙂

      Iya Nih, Lagi Demen2nya Sama Iori Tapi Belum Berani Klaim Adek Ke-7…….Takutnya Cuma Cinta Sesaat 😀

      Like

    3. Ngeri disini dia gampang kepancing. Senggol bacok 😀

      Kalau Iori sih, bahaya kalau appeal-nya keluar. Kalau enggak dia jarang dilirik 😀

      Like

  2. Jujur ane gak terlalu tau soal gen2 dan kisah2 didalamnya(mungkin karena gak ada buruan disana kali ya😆😆)

    Mv nya bagus,punya cerita,ada tulisan nama nya,lucu juga sih dapat mv perkenalan tapi setelah 4 tahun,,tapi yah,lebih baik trlambat daripada tidak sama sekali

    Keliatan banget Miona benar-benar ‘lead’ dalam segala hal diantara gen2

    Like

    1. Tepatnya belum ada buruan kali, kan serigala 😀

      Kebanyakan Gen 3 sih, jadi apapun yang Gen 2 dapet kesannya basi 😀

      Ini kalimat terakhir berunsur mancing kayanya 😀

      Like

    2. Kayaknya bakal gak deh,,,

      Jadi waktu dulu gen 2 muncul gak ada prlakuan yang spesial ya dari manajemen kyk yang di berikan ke gen 3 sekarang?

      Gak niat mancing juga,itu beneran statement polos dari mata awam ane

      Like

  3. Mv nya Bagus, junna keliatan manis. No comment soal mv 🙂

    Lagunya ga banget buat ane, mungkin selera orang beda beda 🙂

    Like

    1. Kan ane suaminya (?) jadi junna dah sepenuhnya tanggung jawab ane 😀 😀

      Ditunggu deh review lagunya 🙂

      Like

  4. Oh, Miria dapat Brave karena dia punya reputasi sebagai member paling vokal dalam menyuarakan nasib gen 2. Kalau Junna, ane yakin yang rajin mantengin blognya lebih paham, agan Mastoppu mungkin :D. Sementara Miona lebih halus tulisan blog-nya, tapi kental aroma passive-aggressive dan pemilihan kata yang bernas bagi yang bisa melihat secara detil.

    Gyoza di Renacchi itu karena sekarang “This Azatoi Girl” lagi getolnya belajar bahasa mandarin, sementara kebetulan di catatan ane, salah satu Big Fans yang sering datang ke line HS dia memang orang Taiwan sana. Pagi di bandara, siang di venue HS, malam sudah di bandara lagi. And it’s not a myth. Sakamichi has lots of those kind of fans. Bisa jadi, Kojin PV dia di single ke-17, inspirasinya dari situ juga. 😀

    Kalau mau diseriusin, ini MV banyak Easter Egg-nya. Bahkan untuk scene remeh macam “kacang” Junna.

    Tapi sekali lagi, B-side kok diseriusin? 😀

    Like

    1. Miria dapet didikan demo dari siapa sih? 😀
      Oke siapa yang bisa jelasin maksud dari Junna=Justice emang layak jadi abangnya 😀

      Kalau ngomongin Kojin PV, pass deh ane. Cuma itu Renachi ada main mata kah sama fans dari Taiwan? *mancing 😀

      Eh ternyata ane liat dari kosan sebelah yang dimakan Junna itu konpeitou toh? 😀

      Like

  5. Ranzenya emang gak ada tulisannya? Ane kira cuma mata ane yang gak bisa nagkep tulisannya 😀

    Karin-Junna scene paling bikin ane ngakak 😀 Miona gak terlalu mendominasi, bagus karena ane pengen center baru atau gak wcenter sebenarnya 😀 Miria lucuk ❤ Renacchi-Junna-Iori tiga bidadari gen 2 cakep ❤ Lord tunduk sama Bunda. All hail Mama Rock(y) XD Iori mutar matanya chuu banget ❤

    Ane lebih suka ini sih dari yang gen 3 meski Dek Kubo center di sana. Lebih menghibur aja 😀

    Like

    1. Ada tapi jelek, pas muka Ranze gak keliatan.

      Bunda? Bunda ini siapa lagi elah 😀

      Gimana lagi, sutradaranya sama kaya Hakumai Sama sih 😀

      Like

    2. Terus kenapa gak dibahas tulisannya min? Jahat nih menganaktirikan. Ketularan LLC 😀

      Ane sebenarnya tulis “Bunda” buat Karin cuma udah ane ganti lagi “Mama Rocky” biar mimin paham, eh typo yang keganti cuma yang sebelah doang 😀 Mata udah kurang sehat nih 😀

      Dan sama kayak Igai 😀 Pantes mirip-mirip emang 😀

      Dan buat lagu, sebenarnya ane suka. Cuma kenapa pake autotune sih? Kayak lagu dangdut jadinya 😀

      Like

    3. Tulisan yang mana sih ini maksudnya? Yang pertama itu yang kedua? Kalau yang pertama udah jelas itu ane tulis “Belief” kalau yang kedua yang nama2 emang pas jelek yang ada tulisan Ranze-nya.

      Kasian Karin, butuh Buzz Lightyear buat melindungi diri dari ancaman serigala. Rocky sendiri mana kuat 😀

      Lagu, ane no comment dulu.

      Like

    4. Tulisan yang awal, yang bukan nama member. Kok ane gak liat dipostingan mimin? Habis Ayane langsung Kiichan sama Miona. Ranze gak ada.

      Tenang, ane kan bukan serigala 😀

      Like

  6. MV nya bagus dan semua tentang kepribadian member diperlihatkan disini. walaupun masihh banyak easter eggnya. dan yang paling ajib ntu yaitu 3 tiang dari gen 2 yaitu Miona , Kitano and Ranze 😀

    Like

  7. Gimana si agan kereliablean milady BBA dutchess of nogizaka diragukan 😀
    Gtu2 dy jmbtan tk lgs gen2 dan manajemen walopun bnyak diignore jg sih :p
    Dan sperti yg ane tulis dikosan sbelah jdulnya jg bs dibaca live scene mkanya mvnya ckup msuk akal jg dpke macam gtu.
    Mv di buka oleh my smol baby toy story mania karin udah blessing bgt 😀
    Dtmbah pesona ranzee yg bikin ane mkin tomaranzeeee 😀
    Dan tk lupa almighty LORD KTK tp dy bs tunduk jg y ama mama rocky? 😀
    Ane kira junna bkal diidentikkan ama kikyo,apa tkut kna hak cipta y?
    Konpeito udah trlalu jdul soalnya prlu upgrade. Dan ayane jg ane kira bkal bwa aksesoris nyentriknya di agent hazap 😀
    Tp overall ane suka semua kok,TOP MARKOTOP!
    lagi2 ito shujin nunjukin kecintaannya kpd gen2 dg baik 😀

    Btw,itu iori ama lady BBA nyasar di miss universe shg apa? 😀 😀 😀

    Like

    1. Hahaha…
      Bukan gan tp god mothernya lord KTK 😀
      Miss universe yg kbetulan dihelat di thailand. Sassuga milady BBA smpe ninggalin live fns demi kesono,apa gra2 dy jd duta TAT y?
      Tp emg sih diantara gen2 mrk ber2 yg bhs inggrisnya lmyan 😀

      Like

    2. Tua bener Karin jadi godmother 😀

      Ane liat videonya setengah kesel, masih aja ngambilnya vertikal, mana gak terlalu keliatan. 😀
      Mungkin emang karena ada hubungannya sama Thailand, kalau Iori entah. Bener karena english mereka bukan english pinggiran kali 😀

      Like

  8. MVnya seolah dikemas ringan dan lucu2an tpi butuh mikir buat mecahin setiap Easter Egg yg diselipin 😀
    Scra keseluruhan suka liat MVnya, gk sesuram yg ane duga baik lagu sama MVnya, kirian bkal nagis2an gen-2 di MVnya, tpi pas dengerin bocoran lagunya di radio kmarin dah mikir gk mungkin lagu yg bisa bikin pinggul ane goyang sndiri nyuguhin MV bertipe nguras air mata 😀

    Adegan paling favorit pastinya saat Miona digangguin Miria, ah~ bahagia itu sederhana 😀

    Like

    1. Mikirnya ini yang bikin ente susah komen ya? 😀

      Sutradara Hakumai Sama disuruh bikin MV yang menguras perasaan? Bisa aja ente 😀

      Tapi Miona kesel, hubungan mereka gak akur ya? 😀

      Like

    2. Sssst, klo dah tau gk usah diumbar gitu lah, ngerusak image ane aja 😀

      Iya kan tebak2an sbelum lagunya bocor, kirain gen-2 bkal dpt lagu yg nguras air mata scra keseluruhan, ternyata enggak, musiknya bikin goyang pinggul, mvnya bikin ngakak + keringat dingin mikirin “mister2” dibalik MV nya 😀

      Akurlah, kesel yg manja itu, liat aja ekspresi Miria, ada kepuasan membuat kakak iparnya kesel gitu, itu menunjukkan hubungan yg harmonis 😀

      Like

    3. Muke gile, image dari mana? 😀

      Yang bikin ane mikir, “Mister2” ini apaan, ternyata….typo! Penonton kecewa 😀

      Iya deh yang menghibur diri 😀

      Like

    4. Cuma mreka2 yg berjiwa suci yg bisa ngeliat image ane 😎

      Misteri maksudnya, tombol “i” nya entah hilang kmn tadi 😀

      TT

      Like

    5. Sok tau 😀

      Buset, masak keyboard ane ksih mkan garam juga, bisa berkurang dong jatah adek2 n bini2 ane 😀

      ente duta klaimnya neng Nay ya? ngotot mulu 😀

      Like

    6. Fakta berbicara, survey membuktikan 😀

      Yakali, apa2 ente taburin garam 😀

      Kasian imut2 gitu diklaim gak resmi 😀
      *yang bilang gak imut2, periksa mata gih 😀

      Like

    7. Pling hasil survey dri lembaga surveynya cak lontong 😀

      Taburin garam? trus adek2 n bini2 ane mau ane kasih mkan apa? 😀

      Hahahahaha, imutnya hanya skedar untuk dipuji, bukan utk dimiliki #ahhay 😀

      Like

    8. Nah kan bener, survey si cak lontong yg dipake 😀

      Curhat?? 😀

      Demen nya sekedar demen gk sampe menembus lubuk hati yg pling dalem 😎

      Like

    9. Cuma ilmu tinggi buat mempercayai hasil suvey lmbaga cak lontong 😀

      Bijih besi, bekarat lagi 😀

      Yakin! sama kyk lagu, seenak apapun lagu GB korea ane lbih tertarik sma lagu2 IG jepang, secantik2nya cewek GB korea, ane lbh tertarik sama cewek Jepang.
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      Eh, tpi di twice ada yg dari jepang jg ya #ups 😀

      Like

    10. Lembaga survei paling oke tuh 😀

      Ketahuan pas sekolah molor Mulu di kelas 😀

      Preettt, itu aja demen Nay lagaknya 😀

      Kalau mau, sama Momo atau Mina aja nih 😀

      Like

    11. Bgi yg suka data gk falid ya tuh lmbga emang OK 😀

      Molor? ane nitip absen loh bukan molor 😀

      “Preettt, itu aja demen Nay layaknya” <– kok agak rancu ya baca kalimat komen ente, kyk ada yg gk pas 😀

      Klo yg satu lg gmn? sapa tuh namanya? 😀

      Like

    12. Loh justru itu memicu kesadaran, karena datanya gak valid 😀

      Lebih parah 😀

      ??? Ane tulis lagaknya gitu, kok ente ganti?

      Daerah terlarang untuk serigala kalau yang satu lagi 😎

      Like

    13. Terserahlah, ngapain jg bhas pnjang lebar tuh lmbga survey 😀

      Ane gitu loh, suka hal2 yg ekstrim 😀

      Loh ane copas kalimat ente loh itu bukan ane tulis ulang

      Skedar pngen tau namnya aja 😀

      Like

    14. Karena itu lembaga survey yang kredibel 😀

      Suka yang ekstrim? Kalau entar link R&J sama LesMis bertebaran download yang FHD, terus tonton pake VR, mantap jiwa 😀

      Kalau gitu anggap aja ini adalah misteri 😀

      Modus operasi reptil berbulu domba begini nih, sok2 nanya nama, terus keluar tuh ilernya 😀

      Like

    15. Cara berpikir pengikut lord KTK 😀

      Pastinya, cuma mata ane tutupin alias merem nontonnya 😀

      Pas bikin nih blog gk diadain acara syukuran atau selametan ya? pantes mulai mistis 😀

      Kok kyknya paham sangat, pernah ngelakuin? 😀

      Like

    16. Urusannya apaan Cak lontong sama Lord? 😀

      Gak punya ketegaran hati 😀

      Bilangin juga tuh partner ente di kosan sebelah 😀

      Karena spesies baru, sekarang lagi diteliti sama ilmuwan soal karakteristik reptil berbulu serigala 😀

      Like

    17. Sama2 butuh penalaran yg tinggi 😀

      Maklum, sangkin cintanya pastinya rasa cemburu dlm hati ane #Ahhay 😀

      Srigala bentuknya klihatan, lah blog ini, mistis wak 😀

      Bah, kirain situ pernah atau sedang mengalaminya 😀

      Like

    18. Ngatain lagi… awas digebuk beruang 😀

      #merinding_disko_baca_komennya 😀

      Wajar, satpamnya aja Grim Reaper 😎

      Partner ente kayanya termasuk spesies baru ini 😀

      Like

    19. Bukan ngatain, justru itu bntuk pujian 😀

      Pas nulis itu aja ane muntah dan muntahnya lwat ujung jari-jemari ane bukn lwat mulut 😀

      Tp tetep aja tembus sama srangan srigala 😀

      Dia multi spesies 😀

      Like

    20. Ngomong itu pujian dibawah ancaman beruang? 😀

      Sasuga jari2 ente 😀

      Wajar, banyak yang harus diberesin. Kan serigala mati satu, dua tetes ilernya bikin seribu serigala baru 😀

      Semacam Mystique gitu ya 😀

      Like

    21. Gk lah, ane sama berunag2 lord KTK itu BFF 😀

      Ane aja kaget, baru prtama x nya kejadian kyk gini 😀

      Brrti sumber dari tumbuh suburnya srigala itu ada ditetesan ilernya ya? ane kira gara2 eyang subur 😀

      Mystique itu hasil uji coba dari sample DNA dari partner ane itu 😀

      Like

    22. Kaya si kuning sama pink? 😀

      Entah harus kagum atau kasihan 😀

      Dari ujicoba di ITB dan IPB katanya begitu sih 😀

      Iyain aja lah 😀

      Like

    23. Iya, terinspirasi dri mereka 😀

      Kagum aja, ane dah cukup dikasihani, kurang dikagumi 😀

      😀

      Like

    24. Trimksih atas rasa kasihannya, sungguh sngat brrti 🙂

      Pattrick cinta produk lokal kali ya 😀

      Like

    25. Sori, kuota ane masih mlimpah, sampe bingung gk ada yg mau di download tp kuota msih stumpuk 😎

      walau badai sering menerpa 😀

      Like

    26. Makan gk makan asala ku(ota)mpul 😀

      Shinchan, One piece *pose TT
      Untung disini dpt chanel tv negara tetangga, jadi utk Shinchan masih bisa ane nikmati 😀

      Like

    27. Sayang R&J sama Lesmis gak ada link yang beredar ya, kan lumayan tuh ngabisin kuota sekalian ngabisin air mata 😀

      Ente emang dimana sekarang?

      Like

    28. Iya, klo disaat ane kaya kuota paling ane nangis hnya melihat adegan di R&T, tpi klo linknya ada pas ane beneran fakir kuota, kan double yg ane tangisin 😀

      Gk dmn2, msh di Btm, cuma ya itu, chanel utama 2 ngra tetangga, Sin&Mly, dapet 😀

      Like

    29. R&T? Stage play baru kah? Rukun & Tetangga? Ikuchan jadi ada disitu? 😀

      Gembel, kirain ada di luar negeri. Kalo ngomogin tv nasional selalu bilangnya “tv negeri seberang” 😀

      Like

    30. R&T itu Romeo & Tamago-queen 😀

      Hahahahaha, soalnya ane serasa orng asing di negeri sndiri *tak jelas 😀

      Like

    31. Ente trlalu bnyak nnton ftv sih, jadi nebaknya kstiu 😀

      Ini ente lagi gk curhatkan? bukannya ente yg dipinggiran sampe sinyal 1+2 gk kuat 😀

      Like

    32. Ane nontonnya doraemon, kan itu FTV juga 😀

      Justru di tempat ane, 4G 1+2 yang gak kuat, terlalu maju 😀
      Operator lain mah dapet aja 4G-nya 😀

      Like

    33. Percaya aja deh, percaya daripada gak berujung 😀

      Justru bisa mengkap sinyal yg gk bagus itu yg disebut kawawasan maju dan hi-tech, klo bisa nangkap sinyal operator yg emng bagus mah dah biasa kan

      Like

    34. Itu brrti daerah ente tinggl gk hi-tech, tmpat ane yg dgn hitech bsa merubah yg busuk mnjadi sesuatu yg manis 😀

      Like

  9. Maichun berstelan ol yg berkacamata itu,,sebuah suguhan terbaik buat saya di MV ini selain si My Little Demon Kiichan 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s