Sakamichi Review : Mirai no Kotae

Double Release! MV untuk coupling dari 18th single Nogizaka kemarin, 1 Agustus, kembali rilis. Tidak hanya satu tapi dua sekaligus. Satu untuk Gen 2 yaitu Live Shin dan satu untuk Gen 3 yaitu Mirai no Kotae. Artikel ini akan membahas tentang lagu dari Gen 3 yaitu Mirai no Kotae. Kenapa satu artikel sendiri? Karena tidak adil kalau tidak menghormati masing-masing generasi.

Nah, untuk Gen 3, ini adalah MV kedua setelah Sanbame no Kaze, dan jika melihat MV pertama mereka, dan bagaimana manajemen mempromosikan mereka selama ini, aku tidak menggantungkan harapan terlalu tinggi. Yah, aku rindu dengan MV yang sedikit gelap dari Nogi. Seperti Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita, karena Gen 3 terlalu staple dengan image yang begitu saja.

Dari scene pembuka, MV ini sekilas mengingatkan pada salah satu Under MV awal Nogi; Namida ga mada Kanashimi Datta Koro. Dari colour tone dan background di sekolah, serta desain ties yang mirip. Bedanya, kali ini tidak mengejar untuk memberikan surat cinta, tapi mengadakan acara bon odori untuk musim panas.

Disini diperlihatkan kalau dua WCenter Kuboshita tidak berada dalam satu nafas sejak awal. Mizuki digambarkan dekat dengan Riria sementara Kubo dengan Ume. Kombi UmeKubo mendapat scene pertama dengan berlatih bon odori sambil tiduran diatas meja. Lalu beralih ke MizuRiri di tangga, dan langsung datang juga Momoko dan Renka.

Duo Denjiro dan Christy yang disambung Tama dan Yoda, lalu Reno dan Hazuki terkesan sedikit terlalu terburu-buru sayangnya. Seperti berusaha agar semua tersorot sebelum dance part pertama. Dan saat dance scene, aku tidak bisa tidak teringat pada Hebirote, dari cara mereka memegang sapu, sampai bagian berputar di tempat. Kemiripannya begitu jauh sampai level mengerikan.

Selanjutnya juga tidak ada scene yang noteworthy sampai bagian mereka bangun tidur. Well, tipe pengambilan gambar ini sering terlihat dipakai oleh grup-grup dari negeri tetangga, dan disini aku melihat wajar kenapa Momoko disebut Baka. Saat beralih ke dance scene di lapangan, sedikit tidak nyambung dengan saat mereka bangun tidur, karena pakaiannya berganti.

Tapi bagian ini adalah salah satu favoritku. Terlihat lebih natural dan sepertinya diambil dalam sekali take. Saat beralih ke dance scene di gym, penggunaan slider -well aku tidak ingat namanya, tapi konsepnya sama- terlihat cukup menarik. Dan disini, masih saja terlihat siapa yang sedikit mengacaukan dance di beberapa bagian. Kapan diadakan Ponkotsu Contest untuk Gen 3?

Saat Riria jatuh pingsan, ini adalah plot yang sedikit aneh. Karena aku tidak menemukan dimana pentingnya scene ini. Dia juga terlalu cepat bangun, mungkin lebih masuk akal kalau sedikit lebih lama. Apalagi scene kemudian langsung melompat ke bon odori. Di bagian ini, kurang lebih hampir fokus sepenuhnya di screentime per member. Dan yah, hal ini menjadi nilai minus sekaligus plus MV ini.

Bon odori menjadi penutup MV ini. Dan untuk summer, harus kukatakan ini cukup appropriate. Karena sudah cukup lama juga Nogi tidak memberi unsur yang satu tema dengan waktu rilis single. Kali ini summer maka bon odori. Untungnya, kali ini ditampilkan dengan cantik, tidak komikal seperti Fuuchan.

Penggunaan yukata menjadi angin segar karena pribadi aku sendiri sudah ingin sekali melihat Nogi menggunakan yukata di MV. Longtime obsession yang kali ini menjadi nyata, sayang tidak terlalu banyak dan sedikit terganggu oleh dance yang menurutku terlalu ekspresif untuk Yukata, meski ini tergantung pada lagunya juga sih. Selain yukata, seifuku yang dipakai kali ini membawa nostalgia, dan itu hal yang bagus.

Screentime tidak ada masalah, karena MV yang seperti ini memang dikhususkan untuk memberi screentime lebih pada member. Yang menjadi nilai minus di MV ini justru storyline yang minim. Jika Live Shin membawa sudut pandang yang menarik, Mirai no Kotae lebih seperti Sanbame no Kaze Summer Version. Untukku hal ini minus karena dua single berturut-turut mendapat MV seperti ini, kapabilitas Gen 3 justru stuck.

Transisi antar scene juga terlihat kacau. Begitu juga dengan teknik pengambilan gambarnya. Ambil contoh saat dance di lapangan dan beralih ke Reno dan Hazuki yang makan es krim lalu ke dance di gym. Terkesan terburu-buru dan budget terlalu minim sampai tidak di-take ulang.

Overall, Mirai no Kotae tidak semenarik Live Shin, karena di saat Gen 2 menunjukkan karakter mereka, Gen 3 masih dipaksa dengan image kawaii. Hal ini terhubung dengan dance, dimana duck-style dance yang digunakan, dan kemiripan dengan Hebirote di tengah lagu, terkesan terlalu maksa.

Meski begitu, bukan berarti MV ini waste. Masih ada yang bisa dipuji, termasuk diantaranya pengambilan gambar yang terkesan warm, nostalgik, dan set yang cukup matang. Sekolah dan bon odori, ditambah yukata menjadi nilai plus. Hanya saja dengan banyaknya poin negatif, pendapatku untuk MV ini menjadi kurang oke. Tapi sekali lagi, semua kembali ke selera.

Dan selera yang ditawarkan MV ini, secara tidak mengejutkan, adalah seleranya para serigala.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

71 Comments

  1. MV
    Bagus Tapi Ane Masih Lebih Demen MV-nya Live Shin 🙂
    Scene Ini Merupakan Scene Favorit Ane Terutama Pas Ngeliat Gerakannya Momoko ❤
    https://redmoonthink.wordpress.com/2017/08/01/sakamichi-review-mirai-no-kotae/%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e6%9c%aa%e6%9d%a5%e3%81%ae%e7%ad%94%e3%81%88%e3%80%8f-mp4_000168168/

    Selain Itu Ane Juga Scene Berpasang-pasangan Di Jendela 🙂

    Lagu
    Ane SUka Lagu Ini Semenjak Dinyanyiin Bareng2 Di SRnya Si Juki…..
    Lagunya Enak Dan Nuansa Summernya Itu Kerasa….
    Nilai: 4/5

    Like

    1. Soalnya gak ada kejutan sih dari MV ini, jadinya ya reaksinya lempeng aja. Momoko bener2 keliatan baka (dalam arti baik) 😀

      Dinyanyiin di SHOWROOM? Emang pernah gitu? Dibocorin maksudnya?

      Like

    2. Apalagi kemarin pas sama Maiyan, baka tapi menang banyak 😀

      Kayanya udah ane bilang, ane gak demen nonton begituan lama2, jadi ya cepet2in nontonnya. Cuma fokus pas ada kuenya doang.

      Like

    3. Kalo Ngeliat Fotonya Maiyan Dan Momoko Yang Itu, Rasanya Ane Pengen Nyempil Diantaranya 🙂

      Ane Pas Nonton SR Ultahnya Juki Juga Langsung Ane Skip Sampe Bagian Rame2 Gan (Alias Pas Dek Reno Dkk Pada Dateng) 😀

      Like

    4. HBD HBD HBD HBD 😀

      Ane gak betahan nonton beginian sih, pas yang anak2 Keyaki disub, download juga tapi nontonnya cuma semenit 😀

      Like

  2. Setuju,ane juga pengen liat mv nogi make yukata,apalagi bikin kyk sakura no shiori nya akb,,,pasti cantik2 banget tuh.

    Mv nya fanservice banget yah😆😆😆

    Salam buat Zukki ya bang!

    😆😆😆😆

    Like

  3. Kesndir sama kalimat akhir karna ane suka mv ini 😀 😀 (meskipun bagusan gen 2)

    Tapi untuk lagu ini menang jauh lah dari gen 2

    Puasss liatin ume karna dia dapet blokingan depan. Kubo juga, riria juga, renka juga 😀

    Like

    1. Mengakui diri sendiri serigala? 😀

      Soal lagu ane no comment dulu lah 😀

      Yang kasian yang di belakang Ume, gak keliatan, apalagi kalau live entar 😀

      Like

  4. Ngarep B-side punya storyline mumpuni, budget berlebih, dan waktu syuting lebih dari 1 hari?
    Terlalu dimanjain kayaknya fans Nogi yang satu ini sama kualitas. 😀

    Komen ane sama, B-sides kok diseriusin? 😀

    Like

  5. Yang ini fanservice mv, jadi emang agak gak lebih bagus dari Live Shin. Ane bahkan gak ada yang mau ane komenenin soal ceritanya selain Dek Kubi Double Strike!!! 😀

    Like

    1. Kalau MANUSIA bisa puas, gak bakal maju dunia ini min :p Eh calon abang ipar 😀

      Like

    2. BTW, mimin gimana soal single baru akb yang #SukiNanda? Ane suka lagu sama mvnya karena kerasa nostalgia aja sama zaman doeloe 😀

      Like

    3. Siapa tau sewaktu mimin penat dengan dunia nyata dan merhatiin draft yang numpuk mimin gak sengaja buka medsos/yutup trus liat akb rilis single baru dan ngeplay 😀

      Like

  6. Bs dbilang nih mv buat ngobatin kangenx fans ama mmber2 nogi yg udah g prnah pke seifuku lg alias lulus dari sragam.
    Dan lgs aja ini mv typical biasa aja sih fanservice jg lmyan,krn ane jg blom pnya pgangan di gen3 jd lewat tuh fanservicenya 😀
    Eh,tp ane suka bgt ama tatanan rambut ayatie pas pke yukata,bagus.

    Like

    1. Ya kalau di MV udah lama banget. Terakhir kapan ya? Under song-nya Imahana? *terlalu cape buat mikir 😀

      Katanya belum punya pegangan, sedetik kemudian langsung berubah ke Christie 😀

      Like

    2. Trakhir y di harujion gan. Tp emg imagenya bkal maksa klo dpksain mke seifuku bhkan gen2 skalipun. Satu2nya jalan y mnfaatin muda belianya gen 3 😀

      Eitss,,,, jgn salah ane cuma muji tatanan rambutnya aja lho y 😀
      Gen3 soal kcntikan emg jgn dtnya lg tp bgi ane krakternya blom ada yg merajai hati ane, tssaahhhhh 😀
      Ato ane blom dpet ijin aja dri lord KTK…..

      Like

    3. Emang ada di Harujion? Di lagu apa *beneran lupa 😀

      Itu langkah pertama 😀
      Wah kalau masalahnya birokrasi perizinan dari Lord sih berat masalahnya 😀

      Like

  7. Yg ane bingungkan (ngapain jg dibingungin) di MV 9dan udah disinggung miminnya dikit jg sih) ini cuma satu, knp Riria yg pingsan, klo dlm pikiran ane seharsunya salh satu dari w-center yg pingsan, nunjkin mreka pmeran utama dalm mv yg kerja keras buat event bon odori, eh malh Riria, apa gar2 Riria hari2nya cuma konsumsi garam? *bully diri sndiri

    Suka adegan dibalik selimut,
    adegan Reno sama Hazuki, danntah knp scene Reno yg ane rasa lbih sedikit ktimbang yg laen (?)

    Klo utk penialain lagu, tunggu review lagu ajalah 😀

    Like

    1. Yah, karena ente sendiri udah ngasih tahu kenapa Riria pingsan dan tambahan, kenapa Mizuki yang nungguin, itu karena dia dapet asupan nutrisi bagus jadinya sehat. Emang gak keliatan disini, tapi setelahnya dia ngebagi bekalnya ke Riria 😀 😎

      Bah, #HBD, pasti ngebayangin yang aneh2 😀
      Wajar kalau dapet dikit, 3rd row minta banyak 😀

      Like

    2. Benar juga, makin jelas skrng benang merahnya, Riria pingsan gra2 hanya makan gram, trus yang nunggu si Zukki sang pecinta garam, punya naisb yg kurang lebih sama mereka, Hmmm, MV yg penuh story rupanya 😀

      Suuzon aja ente 😀
      Ya meski 3rd row tpi gk gitu juga lah, dikit x, apa cuma perasaan ane aja yg terlalu ingin liat Reno lebih bnyak? 😀

      Like

    3. Bedanya Mizuki beneran suka, kalau Riria kan terpaksa 😀

      Keseringan digerecoki aktivis HBD sih 😀
      Itu mah pengennya aja, toh selama dia muncul selalu barengan sama Hazuki. Christie sama Denchan lebih dikit.

      Like

    4. Suka karena terbiasa alias gram dah jadi makanan pokok Zukki.
      Terpaksa karena jrang alias gram bukan mkanan pkok Riria, jadi wajar perutnya kaget trus lemes, biasnya kan dia makannya karaage 😀

      Pengaruh ninja mesum ini 😀
      Iya ya, brrti penialan bias ane 😀

      Like

    5. Mendingan garam kemana2 daripada karaage buatan Ikuchan 😀
      Gak ada cerita masuk rumah sakit karena makan garam, tapi cerita masuk rumah sakit karena karaage Ikuchan? banyak 😀

      Pake saringan dia 😀
      Makanya, diliat tuh pake mata, bukan pake hati 😀

      Like

    6. Loh sapa yg bilang makan karaage buatan Ikuchan, kan Riria sama Renokarno bisa bikin karaage mreka sndiri 😀
      Ente browsing atau baca berita dmn sampe bilang ada banyak yg mausk RS gra2 karaage buatan Ikuchan? pdahal berita itu dah ane usahain gk terekspos media loh 😀

      Yah gmn lagi, ane selalu melihat sgl sesuatunya dgn mata hati ane sih 😎

      Like

    7. Itu ikuchan, tpi itu dulu, skrng Iku dan bnyak perkmbngan soal masak 😀
      Loh itu bisa ngebantu pasien pnderita kekurangan garam loh 😀

      😀

      Like

    8. Dari level katastropik jadinya gimana? Level bencana alam? 😀

      Ente hidup di zaman terlalu lama, zaman sekarang kurang garam? Menyedihkan 😀

      Like

    9. Loh dah liat kan perkmbangn pesat itu sampe bisa dpt juara T-1 😀

      Ya pasti adalh pihak2 yg masih kekurngan garam makanya ane nyogok ke RSnya pake garam 😀

      Like

    10. Itu juga palingan pake ngancam Kaz di belakang panggung pake wajan 😀

      Coba koruptor kaya ente, nyogok pake garam, kita bisa jadi negara dengan penderita asam urat terbanyak di dunia 😀

      Like

    11. Loh jgn samakan Iku dengan kelakuan Yumi atau Akanen dong 😀

      Ente suuzon sih mikirnya, klo negara ini bnyak gram gra2 sogokan ane, negara ini bisa jd ngra pengekspor gram terbesar di dunia 😀

      Like

    12. Itumah gk masuk itungan, tuntutan peran itu 😀

      Gantunglah mimpi setinggi bintang dilangit 😀

      Like

    13. Gmn gk lancar, wong hari2 Iku dapat sosok yg bisa dijadikan panutan dalam hal itu, Yumi 😀

      Cerdas itu namanya 😀

      Like

    14. Knp serasa keren gini jadinya, pdahal kenyataannya diajarkan untuk berbuat kekerasan 😀

      Terserah deh, ane dh gak tau arah pmbicaraan yg ente bawa 😀

      Like

    15. Loh, emang Wonder Woman aja gak ngajarin kekerasan? Mana lagi coba ada cewek pakaian minim pukul2 cowok? Kaya skenario film berstandar khusus 😀

      Like

    16. Klo WW bukan kekerasan tp bntuk perlawanan, lagian tindakannya utk kmslhatan dunia, lah klo kluarga ente, kekerasan utk kepntingan pribadi 😀

      Like

    17. Allahmak, iya jg, tpi setidaknya utk kpntingan sglintir orng, bukan kpntingan pribadi/keluarga kyk yg ente dan family lakuin 😀

      Like

  8. Suara Dek Momoko saat berpidato enak ❤
    Ume saat tiduran di meja,cantik ❤
    Dek Tama tiduran sambil ditutupi selimut,Lucu ❤
    Dek Rentan saat joget di tangga,kelihatan imut’y ❤
    dan mereka saat pake yukata,saya hanya bisa ngasih ❤❤❤❤ 😀

    MV dan musik enak,ini jenis MV dan musik kesukaan saya..
    kalau lihat MV ini,dalam imajinasi saya,saya membayangkan mereka jadi idol 2D (akibat terlalu banyak nonton anime idol) 😀

    Like

    1. Kunai saya kn buat simbol cinta damai,bkn buat membunuh 😀

      Love Live,LocoDol,WUG,The Idol M@ster,Aikatsu.. Love Live terfavorit,Kotori Minami❤ 😀

      Like

    2. Gak disini,gak disebelah mimin’y tkng muntah 😀

      Momusu tahu dikit,kl yg AmiYumi gak tahu,tahu’y cuma sama AyumiKurakiMaki 😀

      Like

    3. Soalnya harus bales komen yang bikin mual 😀
      Eh tapi kok tau di sebelah juga tukang muntah padahal gak main kesana? 😀

      Bah, generasi tua 😀

      Like

    4. Mual’y darimana coba? 😀
      Ada informan,jgn ragukan mantan anbu 😀

      Emang yg tahu Momusu dah pasti tua? :p

      Like

    5. geli gemes kali 😀
      gak dibayar min,kita lagi menjalin kerjasama dalam pertukaran informasi,msekipun masih dalam tahap percobaan 😀

      kirain g momusu..selama itu bikin enak,nikmati aja siapapun juga 😀

      Like

    6. Udah dibilang geli jijik juga 😀

      Duo yang patut diawasi, bisa2 ngelebihin kombi Kim Jong Number Un sama ajudannya 😀

      Iya aja lah 😀

      Like

    7. Ya kan bilang gitu krn jaim 😀

      Lebih berbahaya si kim sama ajudan’y lah,maen sikat aja :F

      Like

    8. Ya siapa yg tahu,bisa aja gitu 😀

      Ngapain jd pria paling sexy,enakan jd pria biasa yg banyak disayangi istri dan adek 😀

      Like

    9. Gak,krn mereka itu terpaksa,kl nolak bisa2 tinggal nama..saya gak mau gitu,harus berdasarkan rasa sayang 😀

      Like

    10. Berdasarkan berita2 yg beredar tentang kegalakan dia,bkn sok tahu :p

      Ngapain iri,saat ini kan saya juga dikelilingi istri2 caem dan dedek2 ucul 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s