Manco Capac

Sosok yang begitu dominan, biasanya diperlambangkan sebagai matahari, ada di sepanjang sejarah umat manusia. Amaterasu di Jepang adalah dewi matahari, di Mesir, ada Ra, dewa matahari yang juga sebagai Pharaoh pertama. Di Prancis, Louis XIV digambarkan sebagai Raja Matahari karena karir politiknya. Di Amerika kuno, kisah sang matahari pernah terjadi di pesisir barat Amerika Selatan.

Inca adalah kebudayaan terbesar di tanah Amerika Selatan, sejarah mereka berawal dari akhir abad 14/awal abad 15. Dengan kebudayaan agrikultur, militer, serta praktek keagamaan dan struktur sosial yang sukses, warisan sejarah Inca yang paling terkenal adalah tekstil, sistem jalan raya, dan penggunaan emas dalam dekorasi dan artefak.

Sementara situs mereka yang paling terkenal adalah Macchu Picchu. Sayangnya, tidak banyak literatur yang tersisa dari bahasa resmi Inca, Quechua, hal ini dikarenakan Inca tidak mengenal tulisan. Selain itu asal-usul bangsa Inca juga misterius, diduga kekaisaran Inca dimulai di sekitar abad 12, dengan nama Kerajaan Cuzco.

1007556-Manco_Cápac_Ier
Gambaran tentang Manco Capac

Pendiri kekaisaran Inca adalah Manco Capac, sosok yang misterius. Manco Capac dipercaya adalah putra dari Inti, dewa matahari Inca dan Mama Quilla, dewi bulan. Sebagai Sapa Inca pertama, tidak ada bukti bahwa dia pernah ada dalam kenyataan. Justru mitos yang banyak ada adalah tentang naiknya Manco Capac ke puncak kekuasaan dan pendirian Cuzco.

Tempat paling disakralkan dengan Manco Capac adalah danau Titicaca di selatan Cuzco, disinilah tempat Son of the Sun dikatakan lahir. Namun meski Manco Capac lebih dilihat sebagai mitos, putranya Sinchi Roca menjadi Sapa Inca kedua. Cuzco menjadi kerajaan yang kuat di pantai barat Amerika selatan, tapi kisah Inca belum dimulai sampai Inca Roca, Sapa Inca keenam.

pachacuti
Pachacuti, Sapa Inca paling sukses

Di abad 14, Inca Roca diangkat sebagai Sapa Inca. Berbeda dengan dengan lima Sapa Inca sebelumnya, Inca Roca berasal dari klan Hanan. Persaingan untuk tahta terjadi dan Inca Roca membunuh saudara tirinya Quispe Yupanqui untuk menjadi Sapa Inca. Baru di tahun 1438, Inca mencapai era keemasan dibawah Pachacuti, Sapa Inca kesembilan.

Pachachuti menjadi Sapa Inca pertama yang keberadaannya didukung oleh bukti sejarah. Membangun kembali Cuzco, membangun kuil Qurichanca, bahkan Macchu Picchu dikatakan dibangun sebagai rumah bagi Pachacuti. Area kekuasaan Inca juga mencapai titik tertinggi dibawah pemerintahan Pachacuti. Sayang, kisah Inca berakhir sekitar 90 tahun setelah era Pachacuti.

89-Machu-Picchu-1030x580
Macchu Picchu, salah satu peninggalan Inca

Pada 1532 para penakluk pertama New World; Spanyol conquistadors yang dipimpin oleh Francisco Pizzaro menapaki tanah Inca. Saat Pizzaro datang, bangsa Inca memiliki 12 juta penduduk dan wilayah kekuasaan yang saat ini mencakup Colombia, Ecuador, Peru, Bolivia, Chile, dan Argentina. Ibukotanya, Cuzco berada di daerah pegunungan Southern Sierra di Peru modern.

Setelah penaklukan Inca oleh Pizzaro, Atahualpa sebagai Sapa Inca terakhir dieksekusi Spanyol pada 1533. Hal ini mengakhiri cerita kerajaan yang sempat menguasai pesisir barat Amerika Selatan. Pasca penaklukan oleh Spanyol, beberapa Sapa Inca masih bertahta sampai Tupac Amaru di 1572, tapi mayoritas hanya pemimpin boneka.

Manco_Capac_Statue_Lima_La_Victoria
Monumento a Manco Capac, dibuat dengan kerjasama Jepang-Peru

Sehubungan dengan itu, asal-usul bangsa Inca penuh misteri. Setidaknya ada dua mitos yang berkaitan dengan asal-usul Manco Capac. Pertama, seperti yang sudah kutulis diatas, dia adalah anak dari Inti, bersama saudaranya Pacha Kamaq dikirim ke Bumi, tepatnya danau Titicaca. Mereka membawa Tapacyauri yang akan menuntun ke tempat dimana mereka akan membangun peradaban dan kuil untuk memuja Inti. Tempat itu adalah Cuzco.

Kedua, Manco Capac adalah anak Inca Viracocha, yang tinggal di pinggiran Cuzco dan berseberangan dengan daerah asalnya di Paqariq Tampu. Saat dewasa Manco Capac mengumpulkan pasukan untuk menguasai Cuzco dan berhasil, lalu mendirikan kerajaan. Asal-usul penuh mitos ini tidak mengherankan karena tidak didukung bukti sejarah nyata, tapi tanpa keberadaan Manco Capac, maka Inca tidak akan pernah ada.


13 - mWHrYMJ

Sama dengan Manco Capac, sosok yang disakralkan bangsa Inca, Tecchi memiliki posisi yang sama di Keyaki. Well, aku tidak akan bilang dia sosok yang mistis, tapi keberadaannya adalah Son of the Sun untuk Keyaki -setidaknya untuk saat ini-

Selama ini, posisi absolute zero Keyaki adalah milik Tecchi, selama satu tahun setengah ini tidak ada yang bisa benar-benar serius menantang Tecchi sebagai center. Tentu ada member yang bisa bersaing untuk posisi center, tapi mereka lack di momentum dan push.

Sejauh ini Tecchi adalah wajah Keyaki, bahkan bisa dikatakan dia adalah tokoh sentral Keyaki dalam membentuk image “idol yang berbeda”. Ya, apa yang mau dikatakan lagi? Semua karakteristik Keyaki dibentuk kuat berdasarkan kemampuan Tecchi menarik emosi dari lagu dan dance Keyaki yang out of the box.

Nah, dengan semua beban dan tanggungjawab yang diberikan pada Tecchi sebagai Son of the Sun-nya Keyaki, maka wajar bahwa dia memikul lebih banyak dari yang dia sanggup. 16 tahun, what are we even did at that age?

1080p [MV] Keyakizaka46 _ 4th Single _ Fukyouwaon.MP4_000172172

Kekhawatiran akan kesanggupan Tecchi dalam memikul beban berat sebagai wajah dari grup yang meroket dalam waktu singkat menjadi kenyataan sedikit demi sedikit. Sejak masa promosi Fukyouwaon, banyak yang mengatakan Tecchi terlihat kurang bersemangat dari sebelum-sebelumnya, hanya saja karena Fukyouwaon sendiri adalah single yang sedikit gelap, maka pikiran itu dikesampingkan dengan “kepentingan single”

Namun satu kejadian di bulan Juni lalu sedikit banyak membuat fandom menjadi sadar akan betapa tingginya popularitas Keyaki juga semakin mengundang bahaya. Sasaeng fans -maaf aku lupa apa padanan katanya di Nihongo karena nostalgia, yang jelas artinya fans yang obsesif dan menjurus membahayakan- adalah sedikit dari banyak hal yang bisa menyerang Keyaki saat ini.

Dan ini jelas membahayakan bagi member, emotionally and physically. Lebih parah jika emosi yang terserang, karena jelas lebih susah dilupakan. Kasus dua bulan lalu dan kasus-kasus sebelumnya juga menyerang secara verbal.

Di event Tokyo Idol Festival 2017, hal ini menjadi pembicaraan luas karena attitude Tecchi selama Keyaki tampil di panggung. Entah karena faktor apa, yang jelas penampilannya kemarin memunculkan kekhawatiran dan backlash dari banyak orang. Beberapa benar-benar khawatir, beberapa menganggap angin lalu, dan beberapa glory hunter yang mencoba main api.

Pendapatku yang paling jujur adalah don’t ever, expect 16 years old girl to perfection all the time. Manusia punya waktu untuk moody, apalagi untuk remaja yang ada di fase paling moody. Tidak ada yang perlu dilebih-lebihkan sebenarnya, apalagi sekarang ini beban kerja Keyaki sedang banyak. Dan lagi, Tecchi kehilangan partner in crime sejak beberapa bulan terakhir.

DGdZWbWUwAAJzkj

Tecchi sama dengan Manco Capac, dalam arti dia adalah tokoh sentral dalam popularitas Keyaki, memvisualkan rebellious image yang sesuai dengan lagu dan dance, menjadikan Keyakizaka sebagai Cuzco dunia idol. Tapi Inca tidak menggoreskan sejarah hanya dengan Son of the Sun, dia adalah pendiri dan pioneer, tapi bukan yang membawa Inca ke puncak kejayaan.

Tentu kita menantikan siapa Sapa Inca selanjutnya bagi Keyaki bukan? Sinchi Roca, Inca Roca, Pachacuti, atau Atahualpa? Hanya waktu yang bisa menjawab ini.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

73 Comments

  1. Machu pichu salah satu tempat impian ane itu. Tertarik gara2 nnton the wild thornberries 😀

    2 single prtama techi masih menikmati perannya tp smenjak futazo udah mulai tanda2 sih. Saya hnya bs brharap dy bs ceria lg 😀
    Bukan waktu yg bs jawab center slanjutnya gan tp aki-p dan manajemen, mana aki-p lg naruh prhatian penuh ama keyaki 😀

    Like

  2. gua udah ngak ada yang perlu di koment lagi guys, karena apa yang ada diatas dan gua baca secara seksama itu sesuai dengan kenyataan yang ada sekarang. jadi kali ini gua hanya bisa berpendapat begini aja.

    kedepannya apa yang agan review akan lebih menarik lagi thanks gan udah bahas tentang Yurina.

    Like

  3. Apa yg terjadi selama tokyo idol fest 2017? Gatau apa-apa kak. Bisa dijelasin ga, ada apa kok bikin pembicaraan serius? Bagaimana attitude techi selama tampil?

    Like

    1. Ya intinya karena Tecchi keliatan kurang semangat -gak semangat sama sekali malahan- pas manggung di TIF. Apalagi dapet Hot Stage yang mana itu stage utama, makanya jadi viral. Foto2 diatas bisa ngasih gambaran kan?

      Like

  4. Anta wa, watashi no nani wo shiru! 😀 Entah karena terlalu mendalami lirik, macam Yumi ❤ atau gimmick mnjmn atau kondisi ga bagus, kita juga ga tahu. 😀

    Ane khawatirnya bukan sama Tecchinya. Tapi, sama Keya-nya. Baca reportnya gocchisama pas dia liat TIF, katanya penampilan terburuk Keya dan itu karena Tecchi. Ane ga kaget sih, karena tabiat buruk mnjmn keliatan. Mnjmn Keya dan Nogi sama, kan? Tukang peras abis. Ditambah AkiP, juga, yg lagi “horny” sama Tecchi. Mereka tahu Tecchi tampil bagus diawal debut, dan terus deh, jorjoran di anak ini, lagu, imej, dance. Alhasil, Keya is Tecchi, Tecchi is Keya. Begitu underperform anak ini, Keya secara keseluruhan turun juga. 😀 Untungnya H ga ada kayak ginian. Dulu sempet terlihat bila Memi ❤ bakalan dapat posisi macam Tecchi, tak tergantikan gitu. Tapi sekarang, bisa dilihat, banyak member H yg pas buat zeroposnya H, minus Neru tentunya. 🙂

    Kalo mau jujur, sejak single ke4 ane ngerasa Keya terlalu lebay. Kemasan doang tanpa esensi. Mereka seperti “hanya” ingin terlihat kool (Tecchippoi). Agak drop, minat ane disingle itu, meski bisa nikmati juga karena Ue ❤ ada didepan. Tapi, dibandingkan dengan 3rd yg bisa bikin ane merinding dan couplingnya juga enak, 4th jelas penurunan drastis (minus album). Semoga aja, Summer ini ada member baru H yg lebih mantab. Dan, airdrop, mungkin? 🙂

    Keya butuh cambukan lebih keras. Moto Bonds harus diubah dikit. Bukan Bonds karena mereka terus bareng dalam 1 senbatsu. Tapi, Bonds karena mereka satu grup, bernama Keyakizaka. 😀 Sedikit ironis memang, kalo liat ini. Mereka pake moto ini, sedangkan grupnya/kastanya ada dua, K dan H. Tapi ini bagus juga, karena masalah di K ga ngaruh di H. Ribetz bingitz coi! 😂

    Like

    1. Untungnya Tecchi gak bawa2 Hashikun 😀

      Antara kondisi Tecchi sama buruknya live di TIF ini juga bersangkutan dong. Gimana mau perform maksimal kalau centernya aja lagi moody? Ada kekhawatiran dia malah cabut dari panggung juga.

      Kalau dari segi kemasan, ane ada pendapat sendiri tentu. Tapi kalau soal musik, ane gak bisa bilang Fukyouwaon jelek. Yah, every ears to it’s taste.

      Lama2 begini Hiragana minta referendum, atau mungkin nunggu pasukan member baru biar bisa seimbang kalau bertarung sama K? 😀

      Like

    2. Hashikun, nampan plastik bening atau sendok teh, kayak Asuka 100%? 😁
      Kalo ane fans kasual, jelas ga suka dengan penampilan Tecchi. Dia ga pro, dan tau sendiri pandangan orang Jepang tentang pekerjaan. Kalo ga sungguh2 ngapain kerja/jadi idol? Mungkin fans Keya bisa nerima karena (merasa) tahu kondisi internal Keya. 😁

      Itu dia, meski Center adalah poros grup, tapi Keya ini terlalu fokus di centernya. Memang, dancenya memungkinkan pergantian rows, tapi visibility centernya terlalu kuat. Dan, sayangnya, member menerima ini, dan seperti menunjukkan bila masing2 punya peran sendiri. Sebagai center, variety, kapten, dance leader dan lainnya. Jadi, saat perform, semua diserahkan dan tergantung center. Ini yg ga enak. Tapi maklumi aja, grup masih baru, butuh waktu biar tiap member punya aura kuat dipanggung.

      Musiknya genre ane. Tapi secara keseluruhan, ada yg ilang gitu. Faktor X grup 46 dari Keya ga bisa ane rasain. Faktor yg bisa bikin ane wow merinding. Sulit juga ngejelasinnya. 🙂

      Udah kan, di Keyabingo. 😁 Tapi ini yg bikin deg2an. Gimana ke depannya. 🙂 Dan ini jadi daya jual mereka ditengah persaingan yg ketat. 🙂
      Satu lagi, kalo Keya selalu buat kontroversi tiap tahunnya, jadi penasaran kontroversi apa yg mereka hidangkan tahun depan. 🙂

      Like

    3. Ini semua efek push harder, try harder dari manajemen. Selama mereka gak ngepush member lain, ya Tecchi selalu bakal jadi blame kalau ada perform yang jelek dan sejenisnya. Untungnya, casual fans gak begitu dapet coverage dari TIF kemarin, cuma dari video TIF doang, gak ada dari acara berita, jadi gak sebegitu nyebar.

      Karena warna musik Keyaki kan emang lebih upbeat, ya gak bisa dibandingin sama balladnya Nogi.

      Keyabingo 3 ane gak nonton jadi pass lah. Nonton cuma dikit2 doang. 😀

      Like

    4. Strategi peras abis. Ga peduli ini bagus atau ga, selama bisa menarik perhatian, termasuk dengan kontroversi macam kasus ini, itu udah cukup buat jadi media promosi grup.
      Untungnya, ini acara kumpulnya idol2, jadi fans idol lain mungkin ga terlalu perhatiin Keya. Coba aja kalo Keya tampil buruk, pas jadi bintang tamu konser artis lain. Bakalan ribet. 😀

      Iya juga sih. Tapi, meski lagu Keya lebih cepet, banyak kok yg bisa bikin merinding di 3 single awal. Ga tau di 4th ini kok ga ada.

      Dibandingin Sakamichibingo lainnya, temanya cukup kreatif. Lumayanlah buat isi waktu tengah pekan. 😀

      H gen2 gimana min? Udah liat?

      Like

    5. Yah, begitulah. Tapi tau juga apa fans idol lain merhatiin Keyaki atau enggak, soalnya kan mereka “it group” sekarang ini.

      Yah, kalau dari album?

      Tengah pekan darimana? Tayang aja hari senin 😀

      Belum, lagi finalizing artikel review buat Nigemizu.

      Like

    6. Perhatiin mungkin iya, tapi ga fokus juga ke Keya, mungkin? Lagian Keya tampil berapa menit, sih? 30, ya? Kalo segini, mungkin ga terlalu ngaruh.

      Album ke3 Nogi dan ke1 Keya? Kalo dilihat dari lagu barunya, ane lebih banyak suka yg Keya mungkin. Yg kurang nyangkut di Keya mungkin cuma 2-3 lagu. Kalo di Nogi yg nyangkut mungkin separuhnya, lupa ane.

      Ane ambilnya pas tengah pekan. 😀 Tapi, setelah liat Keyabingo yg sekarang, ane rasa, H dan K beda banget. Anak K keliatan introvert banget, sedangkan H lebih terbuka. H di Bingo kali ini, mengingatkan ane pas Nogi diawal dulu. 🙂 Semoga anak baru H nanti bisa sekoplak Senpainya. 😀

      Ane ga berburu dulu, tunggu lolos audisi baru liat. 🙂 Artikel buat lagu di single Nigemizu?

      Like

    7. Tetep aja, hot stage loh 😀

      Ciah malah udah lupa 😀

      Ane download terus tapi gak liat sama sekali, antara banyak yang harus ditulis sama males jadi satu. Soalnya episode pertama juga gak jelas 😀

      Sama ane nunggu dulu, kalau sekarang sih percuma. 😀
      TUh udah rilis 😀

      Like

    1. tapi kemungkinan paling gede sih bakal tetap pakai Techi. mungkin single 5 bakal agak mundur sambil nunggu Techi-Yui baikan + Hiragana hasil audisi dah selesai.

      Eh tapi meski gw fans Techi, dari sekian banyak member Keyaki, yg agak mendekati image KeyakiTechi ya Mona.

      Like

  5. Di variety show juga gak terlihat aura nya sama sekali, bahkan sampai gak sadar kalau dia ada wkwkwk waktu ikoma jadi center terus itu dia sekitaran 16 juga kan ? tapi salut sih sama ikoma dia bisa kuat gitu di live dan variety acara lain juga. atau mungkin beban nya beda sama yang dialami techi saat ini karena hype yang berlebihan pada keyaki sekarang ya ?

    Like

    1. Ngebandingin Ikoma sama Tecchi jelas harus dipertimbangkan situasi kondisinya. Dan ane gak akan bilang Ikoma setegar itu, yah, tahu sendiri apa yang ane maksud. Satu lagi, sifat alami + stage presence dua orang ini beda. Ini yang jadi faktor kunci.

      Like

  6. Dah bnyakmyg brpndapat dan kurang lebih pndpt ane dah terwakili.
    Bnyak kekhawatiran dampak dari keadaan Techi saat ini,
    satu, bocah 16 tahun ini bakal trus terbebani.
    dua lahir oknum2 yg gk suka sama “attitude” Techi yg kyk gini yg kyk dah adminnya jg singgung.
    tiga, dampak jg ke keyakinya, gmn juga techi tokoh central yg diliat pertama kali sama khlayak umum.

    Like

    1. Pdahal komennya dah sehari sejak artikel diposting, tpi ujung2nya tetep aja komennya kyk gitu *ngehina diri sndiri 😀

      Blum, akhir2 inicuaca buruk jadi sinyal wangsitnya kacau 😀

      Like

    2. Anggap aja ane sedikit meringankan ente, kan klo semua komen disni seirus gk enak juga, nah inilah tugas ane, komen OOT 😀

      Dizaman kyk skrng, sinyal memiliki peranan penting 😀

      Like

    3. Di dunia nyata dah meras otak, masak dunia ngidol jg nyuruh peras otak pak, bisa bocor otak ane 😀

      Signal yg satu buat kebutuhan hidup, klo signalnya si nay utk kbutuhan hasrat #loh 😀
      *bisa jadi boomerang komen ini klo dimanfaatkan pihak2 yg pngen menjatuhkan harkat martbat ane

      Like

    4. Meras otak mikirin cra ngerubah keringat jadi duit, slma ini yf ada keringat jd air mata 😀

      Sudah diduga

      Like

    5. Belajar banyak sama Patrick, dia aja bisa ngerubah sedotan WC jadi sendok abad pertengahan 😀

      Cuma buat nunjukin ke sebelah, ada serigala baru 😀

      Like

    6. Gk mungkin ane bisa mendekati apalgi menyamai ilmu sifu ane satu itu 😀

      Gk usah ditunjukin, anggap aja ini rahasia negara 😀

      Like

    7. Kyk pernah dengar kalimat hastag itu 😀

      Untung dibahas di momen yg gk tepat, di postingan yg dah gk seru utk dikunjungi, jadi gk berhasil serangannya, setidaknya utk saat ini 😀

      Like

    8. Ya tmpat dimn ane hidup emng gitu, serba gaul dah hi-tech 😎

      Loh ada adek ente ya? ane cuma fokus sama Berika ❤

      Like

  7. Entahlah, sudah kayak bola panas. Merembet kemana2. 😀

    Ane cuma bisa bilang satu fakta. Ane udah cek rantai organisasi Seed and Flower(sumber dirahasiakan) yang menaungi Keya.
    Dan Konno Yoshio ga ada didalamnya.

    Like

    1. Beneran (2)?
      Soalnya waktu pengenalan keyaki diawal dia jg nongol, apa cuma numpang tenar aja? 😀

      Like

    2. Sumber ane juga nyebut sih Seed and Flower belum dibentuk saat pengenalan gen pertama Keyaki.
      Jadi pada dasarnya kita bicara tentang hierarki organisasi yang ga mungkin dipublikasi, kecuali ada sumber internal.

      Like

  8. Duh mimin ngapain ada fotonya zumiko sih 😂😂😂

    Berharapnya center ke5 si zumiko tapi dia masi sakit ya gmn dong…. 😥😥

    Klo neru center ya….. Yagitudeh

    Gataujuga deh 😀
    Semoga tecchi baikan aja 😀 kasian banget tu uda cape malah disuru kerja rodi lagi

    Like

    1. Lah itu udah sesuai konteks artikel, salah dimana coba? 😀

      Kenapa ini artikel Tecchi malah banyak yang ngebahas Zuumin sih? 😀 😀 😀
      Malah komen soal Tecchi cuma ditaruh di akhir 😀

      Like

  9. klau ane lihat sosok techi seperti seorang protagonis dalam sebuah cerita, yang mulai mempertanyakan ideologi yang dia jalani sekarang,.. mungkin aki-p melihat techi sebagai sosok yang idol yang dicari2 selama ini, dan apa salahnya management manrh banyak harapan pada techi,(keyakizaka is techi, techi is keyakizaka) why not.. di sisi lain techi juga masih anak2, yah seperti yang banyak orang bilang masih 16 tahun, di samping fisik, yang sangat mempengaruhi keadan techi sekarang yaitu psikologis dan mental.. management pasti tau itu dan itulah ujian techi saat ini… apakah dia bisa terus naik, atau menyerah dan mengatakan tidak mampu.. selama ini aki-p selalu mendengarkan keluhan mamber.. jika dia ingin berhenti cukup katakan berhenti(menjadi center)… yang dibutuhkan techi saat ini yaitu rival.. yang saling mendukung dan saling bersaing.. untuk single ke 5 ane masih berharap techi yang menjadi center… ane penasaran sejauh mana techi bisa berkembang, sejauh mana dia bisa membawa nama keyaki… mungkin coupling nya bisa digantikan yang lain untuk melihat bagaimana mereka bersaing dengan techi..

    Like

    1. Yang jadi concern itu gak semua orang punya kemampuan yang sama, itu aja. Kalau liat Tecchi yang makin introvert, ane kok jadi ragu kalau semakin dia dipush justru malah berdampak baik. Tapi bikin dia tiba2 mundur juga sebenernya bukan pilihan bagus dari psikis, yang dibutuhin sih bener emang rival sekarang ini. Tapi anehnya, dari flow malah bukan cuma satu orang yang bisa jadi rival Tecchi, tapi cukup banyak dan malah punya kekuatan “geng”, bukan standalone kaya Tecchi.

      Yah, liat aja gimana flow dua-tiga bulan ini, sebelum 5th single.

      Like

    2. yaah ini tugas yukka sebagai ketua grup untuk terus membimbing dan mendampingi techi.. klau techi semakin memburuk(secara psikis/atittude bukan posisi) ane cuman bilang yukka gagal menjadi kapten dan akane gagal untuk membantu yukka… klau rifal untuk dalam waktu dekat ini ane masih ragu ada yang bisa menyaingi techi menyandang image keyaki, bukan untuk kelompok tapi mampu membawa seluruh grup… salah satu caranya kita tau, aki-p memberikan kesempatan buat mamber lain untuk menjadi center di salah satu lagu single ke 5.. perlu hati2 aja, salah langkah popularitas keyaki yang selalu ngebut akan berakhir disitu,..

      ane makin penasaran gimana drama keyaki selanjutnya.. :v

      Like

    3. Why did it become Yuukanen fault? Reika gak dipersalahkan waktu kejadian Ikoma dulu 🙂

      5th single kemungkinan besar center emang masih Tecchi, karena itu single penting. Single akhir tahun selalu punya posisi paling penting dari single lain karena berpengaruh sama banyak hal. Biasanya gak ada eksperimen kecuali materinya + timing bener2 bagus.

      Like

    4. hahahaha.. itu pendapat pribadi ane sih hehehe 🙂 ane cuman mikir beban techi terlalu banyak, dan dia menjadi introvert karena selalu menganggap memikul beban sendiri, sudah tugas yukka kan sebagai kapten dan sekaligus mamber tertua untuk mensupport techi yang masuk dalam fase memberontak …
      mulai mendekati techi, meringankan bebannya, memukul bahunya, memarahinya ketika salah, dan selalu menanyakan masalah yang dihadapi.. soalnya yang ane lihat techi terlalu individual( dan itu bukan sifatnya yang dulu malainkan mirip seperti sifat yang terbentuk karena tragedi atau kasus ) dan sudah menjadi tugas kapten mengatasi masalh anggotanya, mejadi perantara antara management dan mamber.. paling tidak untuk sekarang sosok techi terlihat jauh dari hubungan mamber lain seperti yuka aka/habu, linkaran setan yuipon dan oda termasuk risa dan mona, para fans saito, atau hubungan rina, ozeki, aoi dan zuumin..
      ane nggk terlalu tau sih masalah ikoma hehehehe.. tapi contohnya kalau tidak salah juri(capt team 4) ketika dia merasa tidak mampu mengganti posisi miichan pada saat itu takamina langsung meng-smsnya dan juri terkejut kenapa dia tau.. dia bilang pas 48show bagian consultasi takamina.. yaah itulah sosok captain yang ane kagumi peka terhadap masalah yang dihadapi anggotanya…

      nah iya.. karena jaraknya lumayan lama ane berharap single ini menjadi single yang wah..

      Like

    5. Captain Sakamichi itu dua2nya ponkotsu. Satu vice capt juga tipe “daddy” di Keyaki, jadi malah lebih rough dari seharusnya. Perbedaan karakter ini yang bikin Captain Sakamichi kalah pamor dibandingin sama captain 48, meski kita gak tahu gimana di backstage tapi kalau liat dari gimana member lain di Sakamichi bisa ngata2in captain mereka, kayanya onstage sama offstage sih gak beda jauh 😀

      Well, karena info cuma bisa dari mulut ke mulut, ane sih antara percaya gak percaya sama yang begituan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s