Sakamichi Review : Nigemizu

18th single Nogizaka, Nigemizu, telah rilis pada 9 Agustus ini. Kali ini banyak kejutan, atau mungkin lebih cocok disebut promosi jor-joran. Tidak main-main, bahkan salah satu coupling digunakan sebagai image song dari salah satu must-watch movie, Wonder Woman.

Sedikit berbeda dengan saat Influncer, aku kembali merilis review untuk album paling akhir karena terlalu banyak yang harus direview untuk album ini. 5 MV sebelumnya menghabiskan banyak tenaga, dan aku tidak punya cukup waktu untuk mereview lebih awal lagu-lagunya. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Nigemizu.

Covers Coverage

Dibagi dalam 5 cover. Type A milik WCenter baru, dan ini jauh lebih kusukai dari konsep Influencer dimana Maiyan yang ada di Type A. Dengan begini kesan WCenter menjadi lebih terasa. Chemistry MomoYoda diilusikan tampak jelas disini, padahal kenyataannya belum terlalu terlihat. Yang menjadi pertanyaanku adalah panjang kaki Yoda yang sedikit aneh?

Type B menampilkan member dewasa. Tipe obasaan yang menikmati liburan. Type C menampilkan Mac Family feat NanaReika, Type D mengambil konsep PPAP, dan terakhir Regular menampilkan kembali Under di cover setelah terakhir kali di Kidzuitara. Well, daripada dibilang Under, mungkin lebih tepatnya Gen 2 + Gen 3 karena sampai sekarang belum ada kejelasan tentang formasi Under.

Cover-cover kali ini lebih berwarna ketimbang dua single terakhir. Khas cover musim panas, hanya saja setelah konsep selfie yang bagus tahun lalu, kali ini jadi terkesan hambar. Yang menjadi perhatianku adalah Nogi berusaha menonjolkan kaki disini, apa mereka mencoba mengambil konsep GG 5 tahun lalu?

Tracklist

逃げ水 Nigemizu / Senbatsu

乃木坂46 『逃げ水』.mp4_000396687

Sebagai main single, bisa dibilang Nigemizu tidak menggunakan pattern yang sama dengan summer single lain. Tidak ada chorus atau reff yang catchy, Nigemizu justru membawa purple line yang kental. Cenderung ballad dan datar. Bahkan ada jeda menggunakan piano sebelum reff membuatnya semakin terasa berbeda.

Anehnya, bagiku di beberapa bagian instrumen lagu ini terasa mirip dengan Sekai ni wa Ai Shikanai, meski tidak terlalu kentara. Nigemizu jauh lebih lambat dibanding summer single Nogi yang lain, aku tidak bisa mengatakan ini baik atau buruk, karena semua kembali pada selera.

Hanya saja, sepertinya Nogi mencoba mengambil contoh dari Keyaki yang dua summer song-nya tidak melulu bertempo cepat. Dengan begini, Nogi mengambil jalan aman, untuk memperkuat image sekaligus untuk dua WCenter generasi baru. Lagu tipe grow on you, tapi jujur saja untukku masih lack punch. Aku tidak bisa sangat menyukai lagu ini.

Rate : ⭐⭐⭐

女は一人じゃ眠れない Onna wa Hitori ja Nemurenai / Senbatsu

66cd4a72-87bc-4c6b-a94e-d1b9588d8fed

Aku tidak akan menilai lagu ini sebagai lagunya Wonder Woman, tapi menilai dari musik yang dihadirkan. Dan harus kuakui, berbeda dengan MV dimana aku sedikit down, dari segi lagu Onna wa Hitori ja Nemurenai terbilang masuk di playlistku. 

Lagu ini bernafas rock, sesuatu yang sudah cukup lama tidak kita dapatkan di lagu Nogi. Terakhir kali di Koishitara, Kao wo Arae dan Teitaion no Kiss, dan ini menjadi alternatif yang sejujurnya menarik dari main single yang bertempo lambat. Dan rock di Nogi, mengingat bagaimana lagu-lagi tipe ini sebelumnya, kali ini juga tidak jelek.

Tapi tetap ada yang menurutku sedikit mengecewakan dari lagu ini justru bagian reff, karena di bagian lain sudah terdengar cocok. Sedikit mengecewakan apalagi bagian echo “Nai….nai….nai” aku malah kesal sendiri mendengar ini. Yah, lagu bagus dengan sedikit bagian mengecewakan.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

ひと夏の長さより… Hito Natsu no Nagasa Yori… / Senbatsu

Screenshot (145)

Is that Manatsu & Sayuringo sang the first verse? Ini pertanyaan terbesarku. Atau memang mereka menjadi center? Tapi biasanya coupling senbatsu tidak akan berbeda dari main single. Yah, apapun itu, kalau mereka yang menyanyi pertama, biasanya impresi lagu akan hancur seketika. Ingat Boukyaku to Bigaku? Atau Hakumai Sama?

Tapi secara keseluruhan, lagu ini adalah favoritku dari single ini. Not so summerish, tapi masih ceria dan upbeat yang adiktif. Yah, mirip-mirip dengan Boku Dake no Hikari, rasanya aku memang lebih condong ke arah lagu yang sedikit light untuk musim panas. Piano dan petikan gitar akustik menjadi point di lagu ini selain lagunya yang cenderung ringan.

Tidak heran lagu ini dipilih menjadi theme song untuk Odaiba Minna no Yume Tairiku 2017, sama seperti tahun lalu dimana Boku Dake no Hikari terpilih. Memang lagu simpel semacam ini cocok untuk musim panas, untuk dinikmati secara ringan tanpa perlu terlalu mendalami. Yah, khas pop song. Hanya saja Manatsu dan Sayuringo sedikit merusak experience lagu ini.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

Under / Under Members

乃木坂46 『アンダー』.mp4_000083083

Dikhususkan untuk Under, sekaligus lagu terakhir Himetan sebagai member Nogi. WCenter dengan Kiichan, lagu ini ada di sisi yang emosional. Apalagi ini momen perpisahan dengan Sumetal sister salah satu member paling populer di fandom Nogi.

Secara keseluruhan, bisa dibilang Under adalah lagu yang megah, orchestra-style, dan anehnya membawa pattern khas lagu-lagu yang pernah di-center-i Hime, seperti Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Kana, Shitto no Kenri, dan Futogou. Nuansanya sama dan musiknya juga mirip.

Aku tidak akan berkomentar tentang liriknya. Karena spekulasi sudah terlalu banyak. Dari segi musik, Under bagus, seperti biasa bahwa Under Song yang berbeda dari main single. Kali ini pun demikian.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

ライブ神 Live Shin/ Gen 2

IMG_20170801_123027

Lagu dan MV khusus Gen 2 setelah empat tahun yang panjang. Disaat Gen 3 saja sudah mendapat 3 lagu sejauh ini, maka nasib Gen 2 semakin memprihatinkan. Sayangnya, secara subyektif, bagiku lagu ini sedikit mengecewakan. Lagu bergenre EDM ini terdengar bagus di awal, tapi kemudian jadi tidak terlalu enak di kuping.

EDM yang seperti ini sering kudengar di KPop, terutama di rilisan akhir-akhir ini. Kalau hanya ini sih bagus, tapi disini juga dicampur dengan tune yang sedikit kasar, ini kurang nyambung dengan keseluruhan. Selain itu echo yang dipakai juga sedikit annoyingFade in & out juga kurang cocok dengan seleraku, jadi lagu ini up & down untukku.

Rate : ⭐⭐⭐

未来の答え Mirai no Kotae / Gen 3

IMG_20170801_122903

Lagu ketiga Gen 3 setelah Sanbame no Kaze dan Omoide First. Sedikit jahat juga membahas mereka setelah membahas Gen 2. Lebih parah lagi karena lagu ini justru sedikit lebih easy listening ketimbang Live Shin. Yah, meskipun kalau hal ini kembali pada selera sih.

Untukku, aku merasa Mirai no Kotae sedikit mengalami penurunan di vokal, dalam arti vocal rawness dari member terasa disini. Sesuatu yang hilang dari dua lagu pertama. Dan ini sesuai dengan tema dan judul lagunya. Banyak bermain di range tinggi, secara mengejutkan Gen 3 bisa membawakan lagu ini dengan baik. Sedikit ngos-ngosan memang, tapi karena aku mengapresiasi vocal rawness disini, tidak masalah.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

泣いたっていいじゃないか? Naitatte Iijanaika? / Senbatsu

838dd9b8

Satu lagi hidden gem dari Nogizaka. Meski hanya tampil di edisi reguler, Naitatte Ijanaika masuk dalam kategori lagu yang berbeda dari Nogi. Nuansa rap yang kental tapi dipadu aransemen yang manis, membuat lagu ini langsung standout di playlistku. Tambah lagi vokal yang khas Nogi.

Memang dengan konsep semacam ini jadi mirip dengan lagu Keyaki, tapi masih membawa purple line yang terasa. Dalam sekali dengar bisa langsung tahu kalau ini adalah lagu Nogi. Dari segi lirik lagu ini juga cukup dalam, dan ini menjadi kekuatan dari single ini.

Yang pasti, Naitatte Iijanaika dengan cepat masuk dalam kategori lagu favoritku untuk sementara ini. Lagu ini bersaing dengan Hito Natsu no Nagasa Yori sebagai lagu terbaik dari 18th single untukku.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

Seifuku

Seifuku kali ini kembali menggunakan chequered pattern setelah terakhir kali dilihat di seifuku Hadashi de Summer. Bedanya, kali ini menggunakan warna pastel yang cukup enak dilihat. Sayang, warna yang digunakan tidak terlalu jelas antara putih dan pastel peach-nya, jadi terkadang terlihat sebagai seifuku monotone.

Sementara aku lupa pada kapan dan dimana Sayu, Manatsu, Aachan, dan Kotoko menggunakan seifuku khaki yang terlihat di foto atas. Apa memang ada seifuku ini pernah dipakai atau hanya untuk kepentingan suatu acara?

Conclusion

Overall, Nigemizu adalah single yang bagus. Mereka keluar dari pattern biasanya untuk main single, tapi bereksperimen dengan coupling. Under, Live Shin, Mirai no Kotae masuk dalam kategori ini. Eksperimen dalam arti output sounds yang dihasilkan berbeda dari usual Nogi, tapi masih membawa purple line.

Onna wa Hitori ja Nemurenai menjadi lagu yang diuntungkan karena kerjasamanya dengan Wonder Woman. Sementara Naitatte Iijanaika adalah lagu yang seperti biasa, menjadi pelengkap tapi bukan berarti tidak bagus. Secara keseluruhan aku menilai lagu ini bagus, meski ini subyektif. Dari segi materi, bisa dibilang bagus meski lack surprise.

Nah, sebagai summer single dan banyaknya hal yang dipertaruhkan di single ini, secara keseluruhan manajemen terlihat sedikit bermain aman dengan memberi lagu yang formula yang mirip dengan Keyaki plus bumbu purple line. Dengan begini maka mereka bisa perlahan memasukkan member generasi baru ke muka publik, tidak frontal seperti kasus sebelumnya.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

92 Comments

  1. Belum bisa ngevote, karena belum ane dengerin semuanya. Masih dalam bentuk RAR. 😀

    Tapi, kalo dari lagu MV, ane lumayan suka.
    Nigemizu bawa suasana Summer tradisional Jepang, dimana kita enak rebahan diatas tatami, tidur siang sambil denger wind chimes. Pas buat single utama. 🙂
    Otona, belum nyangkut, karena yg ada di tablet ane cuma MVnya yg males ane tonton. 😀
    Under, biasa, terasa istimewa karena lagu khusus untuk Under dan lagu terakhir Hime.
    Live Shin, masuk moodbooster playlist ane. 🙂
    Mirai, suka, lagunya kawaii banget. Tapi, kalo cuma denger mp3nya, mungkin ga masuk playlist. Kalo sama MVnya, lain ceritanya. 😀

    Cover
    Suka, bikin segar mata (bukan karena kaki!!!) warnanya Summer banget. Kalo soal kakinya Yoda, ga ada yg salah, emang segitu panjangnya. 🙂

    Seragam
    Suka, rasanya ada kesan futuristiknya gitu.
    Overall, suka. Sekarang tinggal tunggu hasil penjualannya. 😀 Center baru, promosi WW dan lulusnya Hime, ane rasa bakalan ada peningkatan tajam. 😀

    Like

    1. @mas
      Setdah masih berbentuk rar 😀

      Nunggu bales komen setelah ente dengerin lagunya aja lah, daripada bingung 😀

      Tahu dari mana panjang kaki Yoda emang segitu? 😀 😀 😀

      Seifuku kotak2 itu futuristis?

      @ein, faktor eksternal mencakup WW?

      Like

  2. Lagu
    – Nigemizu = 3.5 / 5
    – Onna Wa = 2.5 / 5
    – Live Shin = 2.5 / 5
    – Mirai No Kotae = 4 / 5
    – Under = 4 / 5
    – Natsu Sa Yori = 4 / 5
    – Naitatte = 5 / 5

    Seifuku
    Seifuku Yang Warna Latte Itu Cuma Pernah Sekali Dipake Sama Mama Sayu, Dek KTK, Dek Ayane Dan Manatsu Di Acara “7-gatsu wa Wadai no Anime Seizoroi! Minion & Kokosake Miryoku Kaimei SP” Gan

    Like

    1. Sejak Awal Diperdengarkan Di Zip Ane Langsung Kepincut Gan…
      Bahkan (Kayaknya Sih) Ane Merupakan Akun Pertama Yang Komen Kalo Naitatte Merupakan Lagu Terbaik Di Single Ini Baik Itu Di S48 Maupun Kosan Serigala 😀

      Acara Bincang2 Sama Adachi Rika (Partnernya Ikoma Di Jump Police)

      Like

    2. Dulu Link Videonya Pernah Ane Share Di Thread Nigemizu S48 Kok Gan…

      Iya Cuma Bincang2 Tentang Anime Movie “Anthem Of The Heart” (Film Yang OST-nya Imahana) Yang Dibikinin Versi Live Actionnya…

      Like

    3. Ane gak buka thread nigemizu sebelum MV rilis, takut gak tahan godaan baca2 komentar soal lagu/download, bikin review jadi setengah2 😀

      Cuma dipake sekali itu doang seifuku ini?

      Like

  3. Yg diatas masih mending dah dlm bentuk rar, ane masih dlm bntuk http 😀

    Ada yg tau tautan download full alias off vocal vernya jg ada, trus 320kbps, soalnya klo gk memenuhi syarat itu ane gk bkal sedot, http yg ane amankan gk memenuhi syrat itu mknya blum ane eksekusi 😎

    Like

    1. Sahabat bumi banyak maunya 😀 😀 😀

      Karena udah dapet tuh, awas kalau komen alakadarnya 😀
      Alasan “biar gak repot bales komen serius” gak diterima 😀

      Like

    2. “Karena udah dapet tuh, awas kalau komen alakadarnya” <– brrti butuh waktu lbih lma klo gk boleh komen alakadaranya, dan itupun gk ada jaminana bkal beebobot komen ane 😀

      Pling cepet besok, file dah ditngan cuma seharian td blum sempet play 😀

      Like

    3. Bah, tinggal dengerin lagu, terus komen apa susahnya 😀
      Lama2 ane suruh bikin review sendiri nih 😀

      Besok itu mencakup jam 00:01 nanti kan 😀

      Like

    4. Sabar dong, gk sabar banget sih *jijay 😀
      Td sore proses masukin file ke HP, nah nih mlam sambil tidur di play
      Besok bru keluar hasilnya 😀

      Like

    5. Nigemizu
      Dari awal denger lagunya pas dibawa live, mski bnyak yg bilang kurang summer lagunya, ane tetep suka.
      Lagu ini diperingkat 2 buat lagu summer nogi versi selra ane, numero uno masih tetep hadashi 😀
      Apalgi pas dengerin off vocal alias cuma dengerin alunan musiknya doang, enak, cocok dikuping ane. Lagu yg masih bisa bikin ane semangat lah buat cari chord gitar nya 😀
      ⭐⭐⭐⭐

      Onna wa Hitori ja Nemurenai
      Byangin lagu ini dibawa versi orkestra, pas bagian awal musiknya, ane ngebyangin pasti dirigennya goyangin tongkatnya dgn semangat berapi-api 😀
      Setuju sama miminnya, rocknya algu ini ada, cuma klo miminnya kecewa sama bagian reffnya, klo ane maish suka
      ⭐⭐⭐ 1/2

      Hito Natsu no Nagasa Yori…
      Lagunya enak, tapi cuma sebatas itu buat ane, yg bikin ane suka dari lagu ini ya bagian reffnya.
      Dan selamat buat para ketua geng yg jadi center bareng 😀
      ⭐⭐⭐ 1/2

      Under
      Lagu enak, MV bagus ditambah bumbu ngebayangin ini lagu Hime terakhir, lengkap sudah buat nih lagu emosional, nguras perasaan (halah). Klo pun “kekecewaan” yg ada lbih kearah teknis, gk usah dijelasin lah ya, phamlah pasti 😀
      ⭐⭐⭐⭐

      Live Shin
      Diluar dugaan Gen-2 pt lagu yg modelnya kyk gini 😀
      Sbenarnya mau kasih nilai tinggi, cuma ane sadar nilai tinggi itu hadir dari rasa bias ane yg ngedukung kberadaan Gen-2 😀
      Tpi tetep suka sama lagu ini, asli gk bias ini 😀
      ⭐⭐⭐

      Mirai no Kotae
      Entah kenapa, lagu Gen-3 di telinga ane dari lagu ke lagu malah makin lemah efeknya buat ane, tetep lagu Sanabanme yg paling enak, lagu omoide first kedua dan lagu ini diperingkat pling akhir sejauh ini.
      ⭐⭐⭐

      Naitatte Iijanaika
      Musik awalnya bikin ane Meh, tpi pas mulai nyanyi, enak enak enak 😀
      Aransemennya simple tpi yg simple kyk gini yg bikin enak, nuansa rap nya jg enak, sayang gk dapet MV 😀
      ⭐⭐⭐⭐

      Conclusion:
      Akhirnya bisa terlpeas dari serangan “#ditunggu”, inikah rasanya? 😀

      Like

    6. Kirain doyan Girls Rule, enggak toh? 😀

      Onna wa kaya EDM campur rock yang rada meh 😀

      Ente bilang selamat ke ketua geng, yang gak selamat penonton kupingnya berdarah 😀

      Under, Live Shin, Mirai no Kotae ane no comment lah 😀

      Emang hook Naitatte itu di vokal, kalau pas intro emang meh. Ane juga begitu pas pertama denger 😀

      Baru sehari, kurang lama ah, jiwa S ane belum puas 😀

      Like

    7. Girls rule sama Natsu imbang mnurut ane, peringkat 3 sejauh ini 😀
      Setelah itu bari Taiyo knock, trus Hashire! Bicycle 😀

      Tapi masih OK lah klo bagi ane 😀

      Hahahahaha, kmarin pas duet sama Takayama dpt penilain bagus si Manatsu, skrng jeblok lagi? klo Macchun mah ya gtu lah,:D

      Di single ini Mirai yg paling lemah bagi ane musiknya, klo MV ya bikin seger 😀

      Soalnya bca2 juga di s48, trus bca disini dapat nilai tinggi juga, pas dengerin bagian awal, “bah, gini dpt nilai tinggi?” eh pas nyanyi baru pham knp dpt skor OK 😀

      Di postingan selanjutnya deh, ane lama2in 😀

      Like

    8. Girls rule imbang sama Natsu? Wew 😀

      Kemarin sama Kaz dapet nilai bagus soalnya sama salah satu vokalisnya Nogi, lah sekarang sama orang yang sama2 buta nada 😀

      Yah, selera sih kalau soal Mirai, ane sih suka sengau2nya itu 😀

      Ane malah gak buka2 S48 sampe sekarang, di thread Nigemizu 😀

      Lewat 2 hari udah kadaluarsa tapi 😀

      Like

    9. Ya masih bisa dinegosiasikan atau dicincai2 lagilah, mungkin grils rule sedikit diatas NnFE 😀

      Hahahahaha, ntah nenggak air oplosan apa LLC sampe ngeduetin 2 kpla geng itu sbg w-center 😀

      Suka kok gra2 sengau2 😀

      Ane jg gk baca2 kali sih, tpi lmyan bnyak yg uska, si agan Brokoli jg kmarin komen dikosan sbelah, bilang suka

      Klo cuma 2 hari gk lama itu pak, jiwa S ente kurng OK klo gitu 😀

      Like

    10. Gak konsisten 😀

      Mungkin karena posisi mereka sekarang terancam sama hadirnya Gundan baru 😀

      Serak2 basah sexy 😀

      Ane karena gak mau review lagunya jadi kena opini orang lain, kalau ente palingan karena males 😀

      Keburu basi beritanya, bukan ane gak tahan nungguin 😀

      Like

    11. Yah namanya selera, naek – turun *apaan 😀

      Terncam sama Yumi gundan? klo ane sih gk kaget sama kata “terancam” yg dibawa dari Yumi gundan 😀

      Dari sengau ke serak2 basah?

      Btul sekali, males bacanya apalgi biasanya ane maen kes48 itu diujung aktivitas alias dah mau tidur baru mane ksna biar kbar seharian yg terjadi ane bca, tpi gra2 sering dah ngantuk jdi mlh kyk kunjungan formalitas aja 😀

      Hadeh, gk konsisten 😀

      Like

    12. Termasuk urusan bini kah? 😀

      Bilang aja iri bini+adek ente gak diajak 😀

      Beda tipis lah itu 😀

      Kunjungan formalitas? Kaya pejabat daerah aja 😀
      Paling kalau mau usaha nyari link ente baru mampir kesono 😀

      S juga liat waktu dan tempat dong 😎

      Like

    13. No commnet klo soal itu, ane mlas bahs ttg khidupan kluarga ane, disni bahaya soalnya 😀

      Iri gra2 gk diajak masuh Yumi gundan? justru bersyukur, lo amsuk bisa jadi krakter “keras” bini2 n adek2 ane 😀

      Beda jauhlah, inikan malesnya males beralsan bukan sekedar males gitu aja 😀

      Apaan tuh krkter pake acara trgntung sikon 😀
      Brrti gk alami S nya 😀

      Like

    14. Bahaya juga di kandang serigala sebelah 😀

      Gak usah gitu lah, entar kalau masih ada lowongan member biar Riria atau Reno diajak masuk deh 😀

      Iya ajalah, tukang ngelas, eh ngeles diladenin 😀

      Ane kan level S-nya belum sampe kaya Ashurin & Nanamin *eh nyebut nama entar ada yang muncul gak ya? 😀

      Like

    15. Pmbahasan disni bisa dibawa-bawa ksana, itu yg bhayanya dsini 😀

      Mnding Riria & Reno bikin unit sndiri, unit 2R, trus ntar dibajunya ada lambang huruf R, kyk kostum tim rocket pokemon gitu 😀

      😎

      Blum cukup lama brrti ente betapa digunung angkernya 😀
      Dia muncul klo dibakar menyan 😀

      Like

    16. Suudzon ente kejauhan 😀

      Gini bilang anak millenium? Generasi penonton Pokemon season 1 begini 😀

      Bakar aja duit palingan dateng 😀

      Like

    17. “Suudzon ente kejauhan” <– kyk pernah baca kalmat ini 😀

      Ane nnton DVD punya kakak ane 😀

      Klo bakar duit ane yg susah, duit mana yg mau dibakar? yg ad auang koin, bakal susah itu buat dibakar 😀

      Like

    18. Ah cuma perasaan 😁

      DVD apaan paling betamax 😁

      Makanya, tuh kemarin jangan main nyumbang aja Ikuchan, sekarang gak bisa manggil ninja mesum jadinya 😁

      Like

    19. Ya x ya, cuma perasan ane aja x 😀

      Loh didaerah ane kan hi-tech, ditmpat ente betamax di tmpat ane dah dvd 😀

      lagian buat apa amnggil ninja mesum, kyk gk ada mkhluk laen aja yg lebih bagus buat dipanggil 😀

      Like

    20. Iyasih, kecuali perasaan ane trhdp wanita, gk pernah salah 😎

      Iya ajalah, dripda trus berlanjut, betamax resolusi 4k? iyalah ane coba percaya 😀

      Kangen kok ngangenin nija mesum, kyk gk ada makhluk laen aja 😀

      Like

    21. “Miko”??? Oh maksudnya ente lagi bicarain bpk kos sbelah ya? hubungannya sma ane apa? 😀

      Nah, apalgi klo dah bawa2 lord KTK, ane cuma bisa angguk iya aja 😀

      Sama aja itu, satu wujud, satu sifat, satu perguruan mreka 😀

      Like

    22. Konsen dong pak, kbnyakan beban pikiran nih 😀

      Apalgi kutukan lord KTK ya 😀

      Sama aja itu, yah namnya intel, disini identitasnya A, disana identitasnya B, tpi belangnya tetep sama 😀

      Like

  4. Ane nyimak aja,gak terlalu tinggi hype untuk single ini,,,semua mv nya bagus,tapi ya sekedar bagus aja,,,gak terlalu istimewa,,,sedikit wah hanya karena duo center baru

    Untuk lagu,sangat di sayangkan kenapa lagu sebagus Naitatte ditaruh di reguler dan gak dapat mv kan ya?ane suka banget,mungkin ini lagu yang paling ane suka di seluruh single ini,,,(dan kayaknya ane memang adek ipar yang baik,lagu ini juga bakal masuk playlist abadi ane yang isinya melow semua😆😆😆😆)
    Bagian pertama lagu ‘wah,,,keya banget’

    Like

    1. Untuk ukuran center baru,dari new gen pula,,not bad lah.Mungkin kalau gradnya hime diumumin sebelum ini hype bakalan lebih dahsyat kali ya?Hime di single 19 gak ikut lagi?

      Dan ini jelas emang benar2 suka,,,modus nya hanyalah bonus dari ilmu cocokologi😆😆😆
      Lagunya emang mirip keya,tapi rasa nogi nya sangat berasa banget,,,paket komplit lah,,,bisa lah nanti kalau jadi konser satu panggung lagu ini di mashup sama lagu keya

      HBD buat ashu yang bang!
      Salam buat Zukki❤ dan Aka❤ ye bang!

      Like

    2. Enggak lah, kemungkinan habis Under Album selesai, dia grad. Panggung terakhirnya disana kayanya.

      Gak tau mau bales komen gimana, soalnya ane udah panjang lebar nulis Naitatte diatas.

      Ujung2nya tetep kan, serigala 😎

      Like

    3. Mimpi apa sih LLC hingga jadiin sayuringo dan manattan center?itu beneran apa cuma di penampilan kemarin aja?

      Cuma nitip salam,di bilang serigala,,,hadehhh

      Like

  5. Baru abis dengerin semuanya 🙂 ni urutan yg ane suka
    1 hitto natsu
    2 under
    3 naittate
    4 nigemizu
    5 mirai no kotae
    6 onna wa
    7 live shin
    Kalo ngasih nilai ane ga bisa 😀

    Like

  6. Urutan peringkat lagu di single ini menurut selera saya
    1. Natsu Sa Yori
    2. Naitatte
    3. Nigemizu
    4. Mirai No Kotae
    5. Under
    6. Onna Wa
    7. Live Shin

    Cover yg paling saya suka dari single ini yg Tipe-B..alasan’y sederhana,para mbak2 alias member dewasa ❤ 😀

    Like

    1. Ckckck..kesimpulan macam apa itu :p
      Enak aja musik’y,pas ditelinga saya,bkn krn kedua mbak itu..pilih2 kl min saya jg kl mbak2,mbak Maichun dong 😀

      Like

  7. Kemarin ga beli Influencer dan lebih pilih si Waon. Tapi kali ini Nigemizu ga bisa ditolak. ‘Boom boom’ Influ bagi ane annoying dan bikin hilang selera.

    Biarpun b-sidenya bagusan influ, Nigemizu punya daya tarik yg magis bernama nostalgia. Ga tahu kenapa liat MV gen 3, inget jaman gen 1 masih suka pake sragam sekolah.

    Overall 3.45 deh…

    Like

    1. Mutusin pilih influ ato Waon mikirnya lama banget. Sama2 kurang klik dg a side, tapi influ lbh parah. Jd Waon menang.

      Tapi kalo urusan grup dan member buat ane pribadi Nogi masih menang telak. Variasi member dan sistem grup lebih punyavdaya tarik. Kalau menurut ane biar dikata musik Nogi sejak 2016 suka hit and miss, sbg grup idol mereka paling ‘sehat’ dan menyenangkan buat diikuti (di antara aki-p*g kingdom).

      Sejujurnya belakangan lebih banyak dengerin lagu keya. Tapi selebihnya makin lama makin garing. Variety, perkembangan grup, member, entah kenapa makin dicoba makin ‘ya elah gini doang?’. Bagi ane keya lebih enak dinikmati dr sisi fans kasual yg nyari lagu dan performa panggung. Satu2nya hal yg bisa bikin ane melongok ke dalem cuma Mona, kadang Techi, dan sesekali Kage. Lainnya udah nyoba, tp masih bland bahkan bikin ane ga nyaman. Jadi buat keya tetep jd fans kasual aja heuheu…

      Like

    2. Kalau dibandingin Keyaki, emang Nogi menang kemana2 sih. Gen 3 aja kalau mau dibandingin sama Keyaki dari segi variety masih menangan Gen 3 kayanya. Apa ya, kaya terlalu kaku tapi mencoba jadi luwes. Hasilnya ya awkward.

      Satu2nya variety queen di Keyaki emang cuma Mona kayanya. Semoga aja Mona Kingdom beneran kejadian 😀

      Like

    3. 1.Nigemizu 4.5/5
      2.Naitatte ii janaika? 4.4/5
      3.Hito Natsu no Nagasa yori 4/5
      4.Mirai no Kotae 3.5/5
      5.Under 2.8/5
      6.Onna wa hitori ja nemurenai 2.5/5
      7.Live Shin2.5/5

      Nogi selalu punya lagu adiktif yang bisa didengerin terus dan akan jadi makin enak jika didengar lagi setelah lama gak diputar di playlist, contohnya Nandome no aozora itu nostalgia banget. Keya ane sama sekali gak nyimpen mp3nya, karna emang mereka menonjolnya di perform MV nya yang unique &dark dan live yang gila-gilaan.

      Tapi ane akan selalu melihat nogi lebih unggul walaupun meliha hype dan jumlah sales yang didapet keya, ane ngikutin keya karna ada oshi ane zuumin disana,sedangkan oshi ane di nogi ya nogi itu sendiri, ane nogi freak yang lebih milih 1 tiket birthday nogi daripada 10 tiket live nya keya wkwkwk jadi curhat bukannya ngereview lagunya ya intinya se-down apapun single nogi,mereka akan selalu ada di top priority download ane.

      Like

    4. Lah nitip di komen orang lain nih 😀

      Kalau ane sih gak bisa bilang gimana2 soal Magis lagu Sakamichi sih, soalnya banyak juga yang masuk ke playlist online maupun offline ane 😀
      Dan proyek 46 Best Songs juga bakal jalan nantinya, ditunggu aja 😀

      Hahaha, kaya yang dibilang Madoka, emang kayanya lebih enak ngikutin Keyaki sebagai casual fans, soalnya gak rugi2 amat 😀

      Like

    5. Nunggu setahun dua tahun lagi mungkin keya bisa semeriah nogi.

      Kalo masalah musiknya nogi, nunggu si babe bosen sama keya baru dikasih lagu sebagus era 2014. Sekarang mending member cari jon luar sebanyak2nya dulu aja.

      Like

    6. Kalau ane sih, nunggu apa masuknya member baru Hiragana bisa ngasih impact deh. Plus butuh exposure yang tepat juga sih.

      Yang ane sedikit cari2 info, itu Akira Sunset dkk kayanya jarang nulis lagu buat NOgi lagi kah?

      Like

  8. Ah weekend bukan lagi weekend sejak les privat nambah 😥

    Ternyata cover D itu spesial Mac family ya ahaha 😀

    Lagu:
    Hito Natsu No Nagasa Yori ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
    Matsumura dan Manatsu center, sugoi 😀 Untung nyanyinya gantian sama member lain. Lagunya easy listening, suasananya ceria.

    Mirai No Kotae ⭐ ⭐ ⭐ 1/2
    Suasana sekolahnya kayak kuno gitu ya, kayak sekolah berhantu. Musiknya santai, bagus.

    Others ⭐ ⭐ ⭐
    Gak ada yang berkesan, meskipun lagu under sedih.

    Nittatte Iijanaika? ⭐
    Soalnya belum denger. Anti mp3, kalo ada videonya baru dengerin, sekaligus nonton.

    Seifuku: warnanya suka.

    Like

    1. Hahaha, I know how that feels 😀

      Bukan, yang Type C 😀

      Hito Natsu no Nagasa Yori bagus, asal dua kepala geng ini gak terlalu over aja nyanyinya 😀

      Kayanya sekolah yang dipake di Mirai no Kotae itu cukup sering dipake Nogi buat shooting MV 😀

      Coba deh dengerin Naitatte Iijanaika, asli bagus kok 😀

      Like

    2. Eh iya type C 😀

      Akhirnya ngederin Naitate Iijanaika juga, ini pertama kalinya ngedownload mp3 Nogi, abisnya di yutub gak ketemu versi live nya.

      Bagian tengah lagunya bagus, entah kenapa rasanya jadi terharu. Bagian awal dibikin versi akustik mungkin juga bakal bagus. Lebih bagus lagi dibuat MV, dengan storyline semacam dokumenter member Nogi, rate nya 4 dari 5.

      Like

    3. Iya gak download, Naitatte Iijanaika sekarang jadi satu-satunya file mp3 di hape, sisanya mp4 😀

      Dulu sih hampir gak pernah dengerin lagu, sekarang malah aktif denger lagu meskipun sebatas lagunya Sakamichi, dan itu pun cuma yang ada MV nya. Selain musik, ane juga menghindari nonton tv, main game, dan medsos 😀

      Like

    4. Kalo lagu-lagu sebelum single influencer, masih kurang tau. Ada rekomendasi gak, buat bahan bacaan, tapi ntar weekend sih baru bisa baca lagi 😀

      Sesekali kalo ada waktu luang, baca novel, tapi secara random sih, gak punya hobi tertentu 😀
      Ngikutin idol gini bukan hiburan kok, tapi semacam kutukan, something weird, dan tragis hehe :’D

      Like

    5. Ditunggu chartnya *plak 😀
      Makasih link nya ya, tapi ngebaca nanti, senin-kamis fokus belajar dulu.

      Kembaran ane termasuk korean fans so much, suka streaming acara musik boyband gitu meski tengah malam, jadi sering ane ledekin, tujuannya biar dia berhenti jadi fans. Gak sengaja kubilang “sia-sia banget hidupmu..” Akhirnya keluarlah kutukan dari dia 😀

      Tragisnya karena, ane termasuk sombong dan mungkin “menghina” thd orang-orang seperti julie, termasuk fans manga, anime, dan idol deh kayaknya. Dulu rasanya mereka itu annoying banget, suka teriak-teriak, nonton drama atau MV di kelas. Tragis kan? Sekarang ane sama kayak mereka, bedanya sih bukan Korea dan hanya ngikutin di akhir pekan 😀

      Like

  9. Peringkat ane single ini :

    1.Nigemizu 4/5
    Lagunya suka, waktu sebelum reff yang bikin beda, enaklah pokoknya 😀

    Hito Natsu no Nagasa yori 4/5
    Enak pas bagian sayuringo sama manattan, suara sayuringo kayak anime gitu, jadi suka ❤

    3.Mirai no Kotae 3.8/5
    Lagu gen 3 yang ane suka, sebenernya rada bias sama kubo, tapi emang enak kok 🙂

    Under 2.5/5
    Rada lupa ini gimana lagunya, pokoknya ga jelek jelek amat.
    Onna wa hitori ja nemurenai 2.5/5
    Enak cuma engga spesial. 😀
    Naitatte ii janaika?
    Ane lupa, pas ane denger lagu ini ane ketiduran XD

    7.Live Shin
    EDM nya rada ganggu , jadi gabisa ngasih nilai 😦

    Single ini bagus, tapi gara gara ane lagi suka sukanya sama Hey Say Jump, jadi lagu nogi yang masuk playlist favorit ane cuma dua teratas tadi 🙂

    Like

    1. Setdah, baru pertama ada yang bilang demen suara Sayuringo disini 😀

      “Rada bias sama Kubo” like hell I’ll believe that 😀

      Wah lagi demen HSJ nih 😀

      Like

  10. Iya sih ya, suaranya enak gitu imut imut, ala anime 😀

    Padahal bias ane di gen 3 momoko, tapi entahlah sejak airdrop itu dimulai, ane rada kurang greget sama momo 😦

    Kalau ane suka arashi kejauhan masa iya jarak umurnya 20 tahun, kalau hsj mah 10 tahun doang lah 😀

    Like

    1. Pertama ada yang bilang gini, biasanya bilang suaranya ancur 😀

      Kalau ngedukung berdasarkan push sih, mana enaknya 😀

      Iya aja lah 😀

      Like

    2. Sayuringo imut sih suaranya tipikal seiyuu, punya banyak variasi suara walaupun gak bagus2 amat(ngeliat pas nogi live di line kemarin) tapi emang bener bener ancur kalo nyanyi wkwkwk

      Like

  11. Setelah seminggu ane di sekap, gk bisa pegang hp, nntn tv dan segala macam alat elektronik lainnya akhirnya bebas juga, dan langsung disuguhkan dengan banyak berita sakamichi dan yg paling besar tentang Himetan 😦
    Btw inget ane gk ?

    Kembali ke review
    Untuk lagu ane sepakat Naitatte Iijanaika jadi hidden gem di single ini, sekali denger langsung nyantol, sayangnya gk dibuatin MV.
    Kedua ane suka Hito natsu, cuma gk nyangka aja center nya para ketua Gundan :D, tapi tidak mengecewakan, sama sependengaran ane kok ada bagian yg mirip lagu 365 kamihikouki ya ? Kerasa gk min ?
    Lagu WW ane kurang suka baik MV ataupun lagu menurut ane meh.

    Sisanya ane belom pada denger, paling Nigemizu, ulasannya pernah ane tulis disini.
    Nnt ane lanjut sisanya kalo udah ane denger semuanya 😀

    Min kabar Iku, Miona, Yoda, ama Ashu yg terbaru apa aja yah, ane bener bener ketinggalan berita :’D

    Like

    1. Kalah perjalanan spiritual Beatles ’65 😀
      Ane belum setua bapak kos sebelah, masih kuat ingatannya 😀

      Ane gak pernah bener2 dengerin lagu 48G belakangan (baca:in a thousand years) ini, jadi gak bisa komen miripnya sama 365 😀

      #ditunggu 😀 😀 😀

      Gak ada berita apa2 sih, lagian kalau berita larinya ke kandang serigala aja 😀

      Like

  12. Krena mimin bilang “#ditunggu” ane jadi merasa punya beban, jadi ini rasanya dapet komen :ditunggu” 😀

    Under
    Lagunya bagus, kesannya megah, tapi bagian chorus kok ngebosenin yah ?
    Ane gk tau apakah lagu ini cocok buat graduationnya Hime.

    Live Shin
    Lagunya gk cocok ama kuping ane, genre EDM gini ane gk demen.
    Ada part yg diulang ulang lagi meh.
    Sayang banget Gen 2 dapet lagu gini 😦

    Mirai no Kotae
    Setuju ama opini mimin, lebih easy listening dari Live shin, sama ada penurunan dari 2 lagu pertama.
    Tapi untuk instrumennya ane seneng, cocok ama Gen3 yg masih fresh 😀

    Kalau di urutin dari yg terbaik versi ane :
    1. Naitatte Iijanaika
    2. Hito Natsu no Nagasa Yori
    3. Nigemizu
    4. Mirai no Kotae
    5. Under
    6. Lagu WW
    7. Live Shin

    Naitatte sampe skrg masuk playlist ane 😀

    Like

    1. Itu yang ane rasakan tiap ada MV baru 😀

      Udah dengerin semuanya kayanya nih, tapi awas, kena rese sama tim “orang2 suci” yang lagi berkeliaran memberantas file2 ilegal 😀

      Like

    2. Yang sabar yah min 😀

      Orang orang suci ini bener bener kampret, bikin ane resah aja. Niat mereka bagus kalo untuk ngeberantas file ilegal, tapi gk gini juga kali, ane sebagai fans kecil, buat beli kuota aja susah apalagi buat beli yg original.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s