Sakamichi Best MV’s Part 1

Yep, kali ini aku ingin membahas mengenai MV-MV terbaik dari Sakamichi. Karena dari judul saja sudah bisa tertebak, maka aku tidak akan panjang-panjang menulis prolognya. Pendapatku disini subyektif dari sudut pandangku, dan aku menilai hanya dari MV, aspek lagu tidak kumasukkan disini.

Sebelumnya aku pernah menulis tentang lagu terbaik Nogizaka, yang mana juga akan kubuat remake dalam waktu dekat. Dan aku tidak langsung menaruh lagu-lagu pilihanku di peringkat atas karena MV-nya memang kurang mengesankan. Dan ini mungkin akan menjadi proyek akhir pekan mulai dari sekarang.

Nah, langsung saja, ini dia peringkat #46 sampai #37 dalam Sakamichi Best MV’s Part 1. Enjoy.

#46 Hakumai Sama

MV penuh legenda dimana inilah unit pertama yang membuat unit berdasarkan member-member Gen 2 yang terkesan menjadi Under abadi. MV yang terkesan asal bikin dan sama sekali tidak membawa purple line ini justru menjadi viral. Aspek komedi yang dihadirkan disini membawa perubahan di dua rilisan terakhir Nogi -saat MV ini dibuat- menjadi lebih ceria.

Memang terkesan terlalu idolish, tapi sekali-sekali komedi seperti ini bagus. Dan harus kukatakan bahwa lewat SG, Sayuringo membangun kembali popularitasnya? Belum lagi menghitung kadar push yang diterima Karin, Ranze, dan Kotoko. Bisa dikatakan, SG dan Hakumai Sama adalah artian “sekali lempar batu kena dua burung” secara harfiah.

#45 Tsuki no Okisa

Salah satu MV pertama Nogizaka yang menggunakan konsep movie. Pengenalan setiap tokoh di awal MV menjadi landasan kuat untuk memahami karakter member disini. Storyline yang bercerita tentang intrik kehidupan samurai, ninja, dan geisha di masa lalu juga menarik. Bahkan tambahan karakter nyeleneh Miona tidak terlalu mengganggu.

Dari segi sinematografi, aspect ratio 4:3 membuat MV ini seperti drama era showa. Menarik, apalagi tone colour yang sedikit vintage menambah kesan nostalgianya.

#44 Tachinaori Chuu

Sayang aku tidak bisa menemukan MV-nya -yang bisa distreaming tentu- jadi terpaksa hanya dari live saja. MV ini adalah coupling dari Inochi wa Utsukushii, jadi jangan heran melihat Nanamin menjadi lead disini. Inti ceritanya adalah dua orang yang terpisah karena perbedaan prinsip.

Maiyan dan Nanamin adalah teman yang bekerja di pabrik pakaian, sedikit perseteruan dengan Maiyan karena perbedaan pendapat, mereka lalu terpisah. Time skip, Maiyan pergi untuk menggapai cita-cita, hanya untuk merasakan kehidupan keras sebagai entertainer dan kembali ke kampung daerahnya. Happy ending, Maiyan dan Nanamin kembali bertemu.

Penggambaran akan bagaimana orphaned Nanamin menjadi mother Nanamin disini cukup menghanyutkan. Bagaimana waktu bisa berlalu dan kehidupan berubah seiring pilihan kita. Aspek ini yang paling kusukai di MV ini, bonus untuk setting retro dan colour tone yang hangat.

#43 Arakajime Katarareru Romance

Arakajime yang menjadi lagu terpilih untuk dibuatkan MV ini aslinya tidak mendapat MV di Taiyou Knock. Baru di All MV Collection Arakajime mendapatkan MV. Nah, konsep yang dipakai di MV ini adalah titik lemahku. Mereka menggunakan konsep horoskop bahkan dance menggunakan konstelasi bintang.

Kombi AshuMina menjadi lead di MV ini. Dan konsep muka datar selama MV ini menjadi daya tarik utama. Selain itu konsep continuous shot yang menarik, plus mereka yang mengenakan pakaian merah. Quirky, simple and fun.

#42 Bokutachi no Sensou

MV pertama dari Keyaki yang masuk dalam list ini. MV dari unit 5 Cards ini termasuk MV yang groundbreaking. Dalam artian menghadirkan warna baru di Keyaki. Memang MV ini termasuk golongan yang susah dimengerti, bahkan di reviewku sebelumnya dan saat menulis artikel ini aku tidak sedikitpun lebih mengerti.

Bokutachi wa Sensou dalam bahasa paling mudah adalah MV aneh yang anehnya juga adiktif. MV ini seperti menggambarkan member bermain-main dalam pikiran seseorang, sedikit psychic, tapi menarik.

#41 Sanbame no Kaze

MV pertama dari Gen 3, dan sejauh ini masih MV terbaik mereka. Aku lebih suka MV ini dari Mirai no Kotae dalam hal MV ini adalah introduction MV yang benar-benar bagus. Tiap member mendapat jatah screentime dan konsep yang sama-sama menarik, jadi kita sedikit banyak bisa langsung mengenali member siapa yang mana.

#40 Senpuuki

Classic. Senpuuki menjadi nomor wajib bagi siapapun yang baru pertama mengenal Nogi. Musiknya yang ringan, MV yang sedikit suram tapi memiliki dance yang kawaii, dan kadar kemanisan Princess of Darkness yang diluar batas normal menjadi poin utama. Bagiku MV yang terkesan low-budget tapi dikemas seperti ini terlihat menawan. Dan jangan lupakan dance di tengah hujan yang ikonik itu.

#39 Offshore Girl

Solo Maiyan dari Hadashi de Summer ini seperti memberi gambaran langsung tentang image seperti apa yang kita bayangkan tentang Maiyan. Beautiful, independent, adventurous. Selain itu MV yang diambil di Guam ini memberi nafas berbeda dari MV solo Nogi yang lain. The Queen deserves the best.

#38 13nichi no Kinyobi

Under song dari Kimikibou. 13nichi no Kinyobi masuk di peringkat #38. Nah, sebenarnya yang paling menarik dari MV ini adalah konsep flashmob, yang sedang populer disaat MV ini dibuat. MV yang ada disisi ceria ini menawarkan Nogi Gen 1 dengan rasa Gen 3 saat ini, jadi tidak pernah salah ditonton ulang. Selain itu, BebiAshu menjadi Tridente disini ❤

#37 W-Keyakizaka no Uta/32 nin version

Dan peringkat penutup artikel kali ini, adalah W-Keyakizaka no Uta. Well, aku prefer pada 32-nin version tentu saja, apalagi Manafin yang menjadi kunci disini. Tapi sejujurnya, tidak banyak perbedaan kecuali masuknya Manafin dan aku tidak menemukan link streaming untui 32-nin version. Yah, sebagai lagu kebangsaan Keyaki, memang MV menarik, tapi gambarnya terlalu tidak fokus, dan ini menjadi nilai minus.


Sebagai penutup, karena artikel kali ini hanya mencakup 10 MV pilihanku dari peringkat bawah, I beg you, tolong simpan peringkat MV terbaik kalian di kolom komentar. Jika ingin membuat peringkat sendiri, tulislah yang di nomor #46-#37 saja, peringkat 10 besar tunggu waktu artikelnya rilis saja.

Jika tetap muncul komentar “ini 10 besar MV favoritku” jangan salahkan jika aku akan langsung savage. 

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

33 Comments

    1. Gak sempat(tepatnya:males😆) ngurutin mv,dari bawah lagi,,,kalau 10 besar bisa lah😆😆😆

      Lagian ane main aman aja,daripada nulis panjang2 ntar keceplosan “ane paling demen mv …”,kan bisa kena dorr
      Apalagi kyk sekarang,komen panjang tapi gak ada hubungan sama rank mv,mau nya apa coba😆😆😆

      Like

    2. Kalau ane mah selalu memperhatikan asupan gizi yang komplit demi Zukki,Aka juga

      Ane kaget w keya sampai sejauh itu rank nya

      Like

  1. Mv ya…

    Banyak yg ane suka, terutama periode 2013-2015. Paling suka Sekai de Kodoku na Ichiban Lover, suka sama gaya urban yg cool dan muda-nya Sekai.

    Dan Shakiism. IkoHoshi imut banget. Dan MV ini adl surganya pecinta danso. Berharap Ikuo kapan2 dibikinin unit harem berMV.

    Like

  2. Pertama kali liat MV 13nicho no kinyoubi langsung suka gw soalnya konsepnya “dadakan” gitu malah gw kira itu cuman settingan eh ternyata beneran “dadakan” kayaknya wkwk malah pas awal2 gw nonton itu gw kira centernya Nanase wkwk

    Satu lagi Bokutachi no Sensou gw suka gara2 efek “dark”nya berbeda apalagi berika di MV itu cocok mendalami banget kayaknya wkwk

    Like

    1. Awalnya ane kurang suka sih sama MV ini, soalnya waktu itu sering banget liat video2 flashmob jadinya bosen. Baru berapa minggu terakhir pas niat bikin project ini mulai suka 😀

      Berika nunjukin kapabilitas sebagai Lord President of Republic of Keyakizaka 😀

      Like

  3. I see SAYURINGO GUNDAN!!!
    I love them but my vote belong to tachinaori chuu. Good song and tear jerking mv which also good.
    Sisanya nunggu 10 bsar aja deh 😀

    Bcara soal gundan,istri agan mau bentuk wakasama gundan tuh 😀
    My Another dream come true!!!
    Dan adek agan pling kecil udah di panjer buat masuk 😀

    Like

    1. Best 10 palingan baru sebulan lagi deh, kalau ini beneran jadi proyek akhir pekan 😀

      Oh jelas dong, keluarga ane kan akur 😀
      Cuma karena Bebitan sibuk desain sama Ashurin sibuk membangun Empire lagi, cuma Mizuki yang terkonfirmasi ikut 😀

      Like

  4. Di Best MV part1 ini udah pasti MV Tachinaori Chuu yg paling saya demen..
    Sebenar’y anak yg ada di MV ini,anak asuh kami,saya dan Nanamin❤ 😊

    Like

    1. Akh disama2in aja :p
      Sebenar’y dlm mv ini,maiyan dan nanamin berpisah gara2 rebutan saya,tp saya lebih milih nanamin,krn itu maiyan migrasi dan pas pulang kaget kl nanamin dan saya udah punya anak,walaupun anak asuh😊

      Like

    2. Tuh disamaain lagi kn :p

      Gak di iyain juga saya ttp bahagia kok..saya hanya bilang kenyataan 😀

      Like

  5. Meski dah telat tpi tetep saja blum semua MV kmbali ane liat 😀
    Sulit, MV nya bnyak sih, coba dikategorikan aja, MV terbaik dari single segini ke single sgini 😀

    Ane gk bikin peringkat deh, tpi ini MV yg ane suka, tpi (mungkin) bukan MV top10 sakamichi ver ane

    Nogizaka46 1st Single – Aitakatta Kamoshirenai
    Remake Aitakaat AKB versi Nogi,, nilai + nya ya bini prtma ane nongol di MV ini 😀

    Nogizaka46 7th Single – Tsuki no Ookisa
    Lagu yg dipake di anime Naruto, MV bertema Ninja. Pling suka pas scene 2 klan(?) yg mau bertarung trus ada ledakan api, klo divideo yg ane punya sih ada di menit 03:20 an,

    Nogizaka46 11th Single – Arakajime Katarareru Romance
    Arakajime Katarareru Romance itu single Inochi min, bukan Taiyou Knock. Suka sama dancenya dan ekspresi tak berdosa para member 😀

    Nogizaka46 11th Single – Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Kana
    Ini kyknya bias gra2 pas ngeliat2 MV Nogi lagi trus pas sampe nih lagu, Hime centernya 😀
    2 mmber chuusangumi jadi tokoh pnting di MV ini

    Nogizaka46 12th Single – Muhyoujou
    MVnya Karaage Shimai. Klo dari lagu, complangnya suara 2 mmber ini jadi bikin lagu ini menarik 😀

    Nogizaka46 13th Single – Ima, Hanashitai Dareka ga Iru
    Salah satu MV Nogi yg bisa nguras perasaan, Ktika seseorng yg “spesial” diterima dengan hangat bukan dijadiin sasarn bully kyk yg terjadi di negeri seberang.

    Sgitu dulu lah 😀

    Like

    1. Udah karatan nungguin, hasilnya penonton kecewa 😀

      Harus kasih warning pula, kan udah ane bilang kalau harus komen, komen urutan dari bawah, bukan yang paling disuka.
      Kalau dari artikel cuma dua yang suka, ya komenin itu aja dong pak >:D

      Minta dikutuk ini orang satu.
      hpnay

      Like

    2. Lah, emngnya peringkat 46 yg ente bikin yg paling jelek? pasti ada MV yg lebih jelk lagi kan?
      Lagian itu bukan yg pling ane suka, amsih bnyak MV yg lebih ane suka dari MV2 yg dah ane sebut, lntran bnyak MV sakamichi makanya ane bingung mau bikin peringkat

      Klo dari yg jelek, sejauh yg udah ane liat ulang lagi ya kebanyakan dari singe2 awal, gmbarnya bikin sakit mata ane 😀
      Hmm, yg ane inget Nogizaka no Uta, MV dgn budget rendah itu kyknya, gk ada apa2nya sma sekali 😀
      2 MV kebangsaan Sakamichi gk ada yg beres soal kualitas video 😀

      Like

    3. Segini?

      Gak kebayang perasaan yang punya kosan,udah nungguin lama yang datang cuma ‘segini’…😆😆😆😆

      Ternyata selain kata ‘mengingat’,kata ‘memahami’ juga sesuatu yang mustahil dimiliki bapak reptil berbulu srigala ini ya😆

      Like

    4. @Kid:
      Masih mending setidaknya ane ada usaha,
      ktimbang cuma “Nyimak”, klo cuma komen gitu dri kmarin ane jg dah komen 😀

      Like

    5. @conan, gak bisa dibilang lebih jelek, cuma not my piece of cake.

      Kalau gitu, nunggu yang part 2 aja lah ya pak, biar ada improvisasi 😀

      @kid, ngomporin gak canggih, malah meleduk sendiri tuh 😀

      Like

    6. Iya nunggu part 2 ajalah, itu pun ane paling bingung lagi mau ngomennya gmn, bnyak sih MV sakamichi, mana bisa ane inget seua MVnya gmn2 trus kaish pringkat 😀

      Like

    7. Yah paling ane nyebutin MV sakamichi yg ane suka laennya, soal peringkat? ane pun gk tau MV2 itu ada diperngkat brp versi ane 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s