Sakamichi Best MV’s Part 2

Kelanjutan dari minggu lalu, Sakamichi Best MV’s Part 2 muncul. Kali ini adalah urutan #36-#27. Karena ada sedikit masalah dengan senjata utama untuk menulis, maka aku harus menunda dulu artikel first impression untuk member baru Hiragana dan melanjutkan draft yang sudah 70% sejak minggu kemarin.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Best MV Part 2. Dan sekali lagi, jika ingin memberi komentar, beri komentar menyangkut MV yang kutulis disini saja.

#36 Ookami ni Kuchibue wo

Lagu kebangsaan para serigala. MV yang dihadirkan lagu ini bisa dibilang absurd, khas Nogi di awal-awal. Tidak ada storyline yang jelas kecuali pandemik serigala menyebar lewat cara yang mirip seperti vampire. Vampire-esque, zombie-style werewolves apocalypse menjadi kata paling singkat menggambarkan MV ini. Ending MV ini juga mengecewakan.

Meski banyak kekurangan, Ookami ni Kuchibue wo tetap MV yang ikonik. Dance di lagu ini adalah salah satu yang paling berkesan, meski tidak banyak diperlihatkan di MV. Yang paling kusukai dari MV ini tetap dance scene dengan pakaian casual itu, terlihat fresh dan memberi warna karakter yang kuat.

#35 Barette

Barette tetap salah satu MV Nogi yang paling ikonik, berkat storyline yang bisa dibilang berani. Dramatis dan kontroversial, juga membawa pattern khas Aki-P. Storyline yang melibatkan senjata api menjadi momen paling memorable, dan jika mengikuti Nogi sejak single ini, kita bisa membayangkan darimana Keyaki mengambil inspirasi.

Brainwashing dan betrayal menjadi poin utama, hit you straight. Impact yang dihasilkan Barette membuat Nogi mulai dilihat memberi warna lain di dunia Aki-P kingdom. Single ini juga diingat karena ini kemunculan pertama Yumi sebagai Fukujin, lalu Bebitan yang mendapat peran banyak, dan single pertama dimana Misa dan Hime naik ke senbatsu sementara Sayu turun ke Under.

#34 Inochi no Shinjitsu Musical

Solo MV Ikuchan, dan satu-satunya solo Ikuchan yang mendapat MV. Kreatif menjadi kata kunci dari MV ini, dan influence musikal benar-benar banyak. Tidak lama setelah Inochi no Shinjitsu rilis, Ikuchan bermain di stage play, jadi MV ini seperti early christmas present. Semua aspek di MV ini mirip dengan musikal pada umumnya.

Featuring Sakamoto Kenji, sampai sekarang ini satu-satunya lagu di diskografi rilisan Nogi yang featuring penyanyi lain. MV ini mendapat nilai sempurna, hanya saja sisi imajiner dimana Ikuchan sebenarnya adalah Kamemushi sedikit mengurangi perfeksitas MV ini di mataku.

#33 Namida ga Mada Kanashimi Datta Koro

Sebagai informasi, Ashurin bukanlah center dari lagu Under dari Hashire Bicycle ini. Memang dia mendapat banyak peran, tapi dia bukanlah center, center resminya adalah Nenekoro. Tapi siapa yang bisa menebak jika Ashurin bukan center? Anyway, MV ini bisa dikatakan blueprint untuk apa yang Gen 3 dapatkan sekarang ini di MV mereka.

Tone MV yang cerah, storyline yang ringan, melihat MV ini setelah Mirai no Kotae dan kita tidak akan menemukan banyak perbedaan. Jika mencari MV plus lagu yang idolish dari Nogi, ini adalah jawaban tepat. Sebagai bonus kita melihat wajah member-member Gen 1 di awal Nogi.

#32 Fuusen wa Ikiteiru

Salah satu Under MV paling lawak. Dengan latar belakang parlemen yang kacau, dan lagu yang menggambarkan suasana yang tidak bisa dikendalikan menjadi kekuatan lagu ini. Miria yang baru pertama menjadi center menunjukkan kapabilitasnya, bahkan mampu memimpin Under paling sedikit melalui konser-konser Under Live.

Tapi bahasan utama kali ini adalah MV, singkat kata, eye candy. Konsep suit yang digunakan berhasil ditampilkan dengan baik. Padahal sebagai salah satu pecinta Mr.Mr, standarku akan suit cukup tinggi. Fuusen wa Ikiteiru membawa nafas yang berbeda pada Under dari segi humor, karena biasanya Under MV selalu ada disisi lebih serius.

#31 Eccentric

Sama seperti judulnya, Eccentric adalah MV yang unik. Dalam review sebelumnya aku pun tidak menemukan konklusi dari MV ini. Sedikit mengingatkan kembali, yang kudapat dari review adalah “being yourself not hurts, just mind it a tiny bit” dan mungkin MV semacam ini memang enak untuk dinikmati tapi tidak untuk dicermati.

Eccentric dengan segala keunikannya membuat posisi MV ini sedikit terangkat di chart ini. Memang jika ingin idol yang cool dan unik, Eccentric tidak akan mengecewakan dengan banyaknya subliminal message disini, tapi jika ingin yang lebih mild, MV ini tidak cocok untuk semua orang.

#30 Shitto no Kenri

Under song dari Imahana, dan tema yang cukup yuri memang sedikit mengganggu. Well, sebenarnya tergantung bagaimana kita melihatnya saja, tapi untukku MV ini memang kuat kesan yuri-nya. Storyline yang menceritakan hubungan per member yang cukup ruwet juga tidak bisa dicerna sekali lihat.

Meski begitu kenapa MV ini ada di peringkat cukup atas adalah dance scene yang menawan. Mungkin salah satu yang paling simple yet elegant dari MV-MV Sakamichi. Keyaki beberapa kali mengulang konsep di gymnasium ini, tapi tidak ada yang sebaik Shitto no Kenri dari segi hasil akhirnya.

#29 Taiyou Knock

Salah satu MV dengan storyline terbaik Nogi. Menceritakan semua kejadian saat Ikoma kembali menjadi center dengan bumbu-bumbu intrik dan resepsi fandom. Well, disini beberapa member akan terlihat kejam, tapi bagi yang belum terlalu “dalam” pada Nogi, inilah yang terjadi pada saat itu, mereka menggambarkannya dengan nyaris sempurna.

MV ini adalah epitomi dari keadaan saat itu, karena itu meski tidak bisa dibilang memorable, dan juga bukan summer single terbaik Nogi, tidak perlu diragukan lagi kalau MV Taiyou Knock adalah salah satu yang paling realistis. Menontonnya akan membuat kita ingat bagaimana resistensi jangka panjang bisa memiliki dua sisi.

#28 Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta

MV terbaru Keyaki ini memberi nostalgia karena storyline yang berkisar di kisah predebut mereka. Prekuel ini menjadi konsep yang menarik karena baru pertama kali dipakai di Sakamichi. Hal ini memberi kesinambungan antar MV dalam timeline Keyaki, kreatif dan menarik.

Dari segi MV, banyak yang mengatakan ini terlalu membosankan. True, karena hampir semua MV Keyaki setipe ini. Tapi harus kukatakan lagi kalau MV ini adalah prekuel, jadi memberi warna ceria justru akan merusak image Keyaki bukan?

#27 Romance no Start

Diambil dari sudut pandang orang pertama, yang mungkin di kehidupan sebelumnya menyelamatkan dunia karena kehidupannya dikelilingi member Nogi. Dan yang paling mengesalkan, dia mencoba mengejar Naachan dan didukung oleh member lain. Untungnya, menjawab doa fandom, dia di-friendzone Naachan.

Sisi kreatif MV ini tidak lagi ditemui dalam rilisan akhir-akhir ini. Fun to watch,  Romance no Start tidak perlu diragukan lagi adalah salah satu MV terbaik Nogi. Dan ini mengingatkanku pada saat-saat pertama mengenal Nogi. Nostalgic.


Dan seperti biasa, ada vote disini. Tapi seperti yang kukatakan, untuk urusan komen aku akan strict karena tidak seru jika semua memberi rank lebih dulu sebelum aku menulisnya.

All images used is credited to it’s respective owners

69 Comments

    1. atau saya buat riset, pengaruh idola terhadap pemilihan peringkat di dalam artikel Sakamichi Best MVā€™s yang dimuat dalam Blog Redmoonthink serta yang dibuat oleh Mac Orion, hehe

      siapa tau ada siluman yang nyamar jadi bang Zuumin, hehe

      Like

    1. Ookami ni Kuchibue wo, Namida ga Mada Kanashimi Datta Koro dan Fuusen wa Ikiteiru.

      gua kalo N46 Pasti ikut vote gan hehehee

      Like

    1. Lagu yang lain juga bagus, tapi mungkin kurang berkesan. Kalo di MV Namida sih, suka sama storyline nya, kasian Asuka, padahal aslinya kan Asuka kejam šŸ˜€

      Like

  1. romance no start itu #27 atau #36 sih (ahahaha)

    lagu favorit ane belum keluar

    apa jangan2 nandome jadi peringkat #1 juga di mvnya šŸ™‚

    Like

  2. Nyimak(lagišŸ˜†šŸ˜†)

    Lagunya para serigala,lebih enak liat pas live

    Dan setuju,ane juga melihat realita di mv taiyou knock,banget

    Btw,typo tuh,,,atau jangan2 blog ini udah di jajah oleh bapak kos sebelah?

    Like

    1. Pertamanya Namida ga mada ane kirain centernya Ashu lo,atau paling gak w center Ashu- Nene

      Masih gak rela kali ikoma centeršŸ˜†

      Kirain bapak kos sebelah ikut jadi admin di sini,dan bikin artikel sekeren inišŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†

      Like

    2. Banyak sih aslinya MV yang center-nya malah gak keliatan. Apa aja? Tunggu bagian selanjutnya šŸ˜€

      Yang ngidolnya kemarin sore kali šŸ˜€

      Lebih gak rela bapak kos sebelah nanam saham disini šŸ˜€

      Like

  3. Mabuk airputih oplosan min, romance no start itu mksudnya peringkat 26 x, kok 36 šŸ˜€

    Nogizaka46 1st Single – Ushinaitakunai kara
    Bisa dbilang 11-12 sma MV Under, mungkin MV under trinspirasi dri MV ini šŸ˜€
    MV yg ngeliatin proses Nogi diawal, perknalan diri, latihan, tangisan dan ngingetin ane sma pngumuamn snbatsu lewat handphone šŸ˜€
    Wajah mmber pun maish polos n unyu2 šŸ˜€

    Nogizaka46 3rd Single – Hito wa Naze Hashiru no ka
    Member pda maen bola, dan dari kgiatan sehari-hari trus diterapin dlm permainan bola šŸ˜€
    Reika di MV ini, duh
    Selebrasi Ikuchan stlah nyek gol tk sengaja ā¤

    Nogizaka46 2nd Single – Ookami ni Kuchibue wo
    Aaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…!!! udah gitu aja šŸ˜€

    Nogizaka46 3rd Single – Oto ga Denai Guitar
    Gak nyambung antra mmber yg pake seragam sama lokasi mreka berada, tmpat mobil rongsokan(?) šŸ˜€
    Yumi mengkhayati skli jd drummer nya šŸ˜€

    Keyakizaka46 1st Single – Te wo Tsunaide Kaerouka
    MV keya yg dimasukin cerita didalamnya, Neruuu, Berikaaa, UE gk bnyak kliahtan di MV ini TT

    Keyakizaka46 2nd Single – Mata Atte Kudasai
    Bias ini mah šŸ˜€

    Nogizaka46 12th Single – Hane no Kioku
    Member tiba2 aja nari tnpa keinginna mreka, Ikuuuu, cakep benr dah ā¤

    Nogizaka46 12th Single – Wakaregiwa, Motto Suki ni Naru
    Ini MV sbenarnya masih bisa kluarnya lbih lma lagi, alais pringkat lumyan pling ane suka, tpi stipa lit nih MV bikin ane mimpi buruk gra2 sosok si .. arggghhhhh

    Keyakizaka46 4th Single – Eccentric
    Basah2an ^_^

    Keyakizaka46 4th Single – W-KEYAKIZAKA no Uta
    Satu2nya klemahan di MV ini ya kualitas video, brhrp pas versi 32 kualitasnya lbh bgus, trnyatsa sama aja, bedanya cuma ada Manafi doang šŸ˜€

    Like

    1. Setdah, salah tulis dikit (3) šŸ˜€
      Tapi kayanya gak tahu diri banget seseorang ngomong begini šŸ˜€

      Masih aja pak komen yang gak ada MV-nya disini….

      Like

    2. Dikit2 lama2 jadi bukit, klo gk ditegur ntar gelar typo ane ente rebut lagi šŸ˜€
      Justru gra2 tahu diri makanya ane tegur, yg laen pda gk sadar x ente typo, cuma ane yg sadar šŸ˜€

      Lah itu, ookami, eccentric, piye toh om??
      Lagian itu tanda slera kita berbeda kan šŸ˜€
      eh enek ane klo pake kata “kita”, ane benerin deh, Lagian itu tanda slera ane sama ente berbeda kan šŸ˜€

      Like

    3. Yang lain ada yang sadar juga šŸ˜€

      Ya yang gak ada disini gak usah dikomenin dong, entar pas keluar MV-nya ente mau komen apaan coba? šŸ˜€

      Like

    4. Bah, brrti ane terlalu PeDe šŸ˜€

      Oh gitu, jd postingan ini buat ngemonein peringkat MV brdsrkan pilihan miminnya, kirain bikin peringkat maisng2 šŸ˜€
      Oklah, next ranking ane ngomenin MV yg ada dipostingannya ja šŸ˜€

      Like

    5. Baru nyadar? šŸ˜€

      Sebenernya “bikin pilihan masing2, cuma dibatesi sama yang ada di artikel”
      Eta terangkanlah, eta terangkanlah šŸ˜€

      Like

    6. Masih ada 2 postingan lagi kan terkait seri ini?
      masih adalah waktu bagi ane utk kmbali kejalan yg bener šŸ˜€

      Like

    7. Iya kali dri pringkat 26 sampe 1 dibhas dlm satu postingan šŸ˜€
      Klo pun iya stidaknya ada satu ksmptan kan, itu dah lbih dri cukup buat ane kmbali k jlan yg benar šŸ˜€

      Like

    8. Kenapa harus?

      Asem, iya ya,
      iya klo ente dikasih ksmptan nyelesain postingan ranking ini *eh šŸ˜€

      Like

    9. Suka2 tuan rumah dong šŸ˜€

      Emangnya titel D.K ane itu sepele? Ane gak ada persiapan buat artikel? Semua udah scheduled lah šŸ˜Ž

      Like

  4. Sonna baka na satu-satunya mv nogi yang ane pengen biar ada mv yang konsepnya kayak gini šŸ˜€

    Balik ke rangkingnya, karena ane males ngulang ngeplay mv lama ane cuma bakal buat top 10 aja ntar. Soalnya kalau ane ikutan buat 46-01 pasti banyakan mv keya sama main song nogi karena cuma itu aja yang masih membekas diotak ane šŸ˜€

    Like

    1. Membernya pada “have fun” dan sedikit “sengklek” otaknya šŸ˜€ Nigemizu sebenarnya bisa, cuma belum selepas sonna baka na šŸ˜€

      Semua ane suka. Malab dari rangking itu ada yang top 10 ane sih šŸ˜€ Cuma yang Ookami ane rada-rada lupa. Mau ngeplay terhalang kouta šŸ˜€ Dan yang Barette ane hampir aja gak suka. Untung membernya cakep jadi ya bisa termaafkan šŸ˜€

      Like

    2. Aslinya banyak juga yang kaya gini kan, bukan cuma Sonna Baka na, kaya ….. eh entar spoiler, gak jadi deh šŸ˜€

      Yang mana top 10-nya? šŸ˜€

      Like

    3. Ada ya? Ane gak ingat satupun šŸ˜€

      Adalah pokoknya. Ntar ane sebutin spoiler juga šŸ˜€

      Like

  5. Memang susah ya kalo harus nge-rank MV aja..
    banyak MV yang bagus tapi lagu kurang srek di telinga, trus ada lagu yg bagus tapi MV mengecewakan

    Dari rank 36-27 diatas favorit ane cuma ‘Namida ga Mada Kanashimi Datta Koro’
    btw ada saran ga MV yg sejenis ini..? shojou-ish manga banget, ga perlu sakamichi, musisi jepang lain jg gapapa..
    tapi jangan yg ujung2 nya Yuri

    di nogizaka cuma tau ini, Futougou, sama Otona chikamichi
    suka kalo liat tampang2 heroine kaya gitu, aura gadisnya keliatan banget

    Like

    1. Yah begitulah, makanya entar2 mungkin rank buat lagu bakal ane buat juga sebagai perbandingan šŸ˜€

      Ane sih kurang gitu ngikutin kalau MV dari act lain, lebih sering liat yang dari negeri sebelah sih, lebih gampang šŸ˜€

      CUma tau atau cuma suka maksudnya?

      Like

    2. Kalo dari negeri sebelah udah beda lagi min auranya, soalnya memang itu makanan sehari-hari mereka, jarang ada yg polos banget gitu kaya cewek2 jepang..

      Maksudnya Cuma tau itu MV yg Mengandung tema shoujo manga yg ane ketahui..

      Like

    3. Bukan, maksud ane lebih gampang liatnya soalnya di youtube juga banyak. Kalau J-idol kan rada susah šŸ˜€

      Oh kirain šŸ˜€

      Like

  6. Ini best MV kan ? Atau sama Lagunya juga ?

    Cara bikin emot love gimana sih min ?

    Dari part 2 ini MV yg paling ane demen :

    Romance no Start
    Di MV ini para member lagi pada kawaii kawaiinya, ane rindu liat Iku yg dulu yg masih imut šŸ˜€ :lv ā¤ :love:
    Konsep MV nya juga bagus, diambil dari sudut pandang orang pertama.
    Gimana yah kalo seandainya Naachan nerima oang ini ? šŸ˜€
    Shitto no Kenri
    Seperti kata mimin, kesannya terlalu yuri, tapi gpp lah masih bisa dinikmati šŸ˜€ Dan Miona yg banyak direbutinnya :lv ā¤ :love:
    Awalnya ane ngira cuma cemburu karena persahabatan, tapi kok malah jadi cemburu karena cinta sih.
    Bagian akhir si Maaya creepy bener haha šŸ˜€
    Namida ga Mada Kanashimi Datta Koro
    Ane sekali nonton langsung tau kalo Ashu bukan center šŸ˜€
    Konsep MV yg ringan, ditambah warna yg fresh, bikin mata seger šŸ˜€
    Apalagi liat member member masih pada muda, Ashu :lv ā¤ :love:

    Sorry min ane coba coba bikin emot love siapa tau ada yg berhasil haha šŸ˜€

    Like

    1. Berat ke MV-nya sih. Kan judulnya aja Best MV’s šŸ˜€

      Ciah mau pake emot love pula, kelamaan di kandang serigala sebelah begini nih šŸ˜€

      Kalau Naachan nerima dia, ya cuma bakal nangis gulung2 fanbase dia yang lagi grow up waktu itu šŸ˜€

      Cih, suka Namida cuma buat melototin adek ane, pake merah2 pula, ckckck.
      Emang kelamaan terpapar virus serigala ini šŸ˜€

      Like

  7. Akhirnya ketemu juga emot love nya hahaha šŸ˜€

    Ane bisa ngerasain, walaupun ditolak Naachan, fanbase pasti tetep kesel aja, karena Naachan di tembak šŸ˜€
    Untung aja, di MV Nandome Iku ā¤ gk ditembak ama pemeran pria nya šŸ˜€

    Ane juga suka kok lagu ama MVnya.
    Eh di MV nya Ashu yg suka ama cowonya yah ? šŸ˜€ Lebih parah ama yg Naachan ama Iku šŸ˜€

    Like

    1. Bakal makin merah ini šŸ˜€

      Kata siapa Iku gak ditembak di Nandome, coba ada sekuelnya udah pegang2an tangan tuh šŸ˜€

      Dari segi cerita emang gitu.
      Lebih parah Naachan sama Iku? Maksudnya dibandingin RnS/Nandome?

      Like

  8. Makin merah makin rame kan ? šŸ˜€

    Kampret dah šŸ˜€ Untungnya gk ada sekuelnya, mana cowonya diliatin jelas banget lagi.

    Maksudnya lebih parah yang Ashu, soalnya dia yg suka ama cowonya šŸ˜€ Gk kaya yg Naachan ama Iku šŸ˜€
    Tapi ane juga gk bisa nyimpulin kalo Naachan ama Iku gk suka ama pemeran cowonya.

    Like

    1. Makin keliatan serigalanya šŸ˜€

      Diliatin jelas apanya? Ambigu nih šŸ˜€

      Ya namanya storyline, kalau sesuai sama lagunya juga bagus kan šŸ˜€
      Kata siapa Naachan/Iku gak suka male lead di MV-nya? šŸ˜€

      Like

    2. Muka cowonya min maskudnya hehe, diliatin jelas di MV Nandome maksudnya šŸ˜€ Gk kaya cowo di MV RnS.

      Kan ane bilangnya juga “gk bisa nyimpulin kalo Naachan ama Iku gk suka ama pemeran cowonya”. šŸ˜€

      Udah ah jangan bahas Iku wkwk gk kuat kokoro ane šŸ˜€ Walaupun oshi ane yg lain contoh Miona di salah satu MV ada yg suka ama cowo yg kaya India ane gk terlalu mikirin, tapi kalo Iku udah beda ceritanya šŸ˜€

      Like

    3. Gitu dong jelas šŸ˜€

      KEnapa gak kuat? Gegara Romeo & Marius? šŸ˜€
      Ciah, jadi kalau Miona oke2 aja gitu sama Shahrukh Khan? šŸ˜€

      Like

    4. Malah ngungkit masalah Romeo lagi, masalah itu udah ane lupain min šŸ˜€

      Yah sebenarnya gk rela sih wkwk, masa Miona suka ama yg gitu ? Kesannya gimana gitu, malah mikir takut diapa2in si Miona nya šŸ˜€

      Like

    5. Kalau ane sih gak bisa lupa, bait-material yang enak soalnya šŸ˜€

      Mungkin aja Miona emang seleranya yang berbulu+gede dan suka kari dan nari *loh šŸ˜€

      Like

Leave a comment