Diana

Bulan Agustus sudah hampir berakhir, tepat 20 tahun lalu, tidak ada yang menyangka bahwa akan terjadi peristiwa yang mengguncang dunia, literally, mungkin salah satu yang paling besar dalam sejarah. 31 Agustus baru saja datang, dan di Paris, sebuah kecelakaan terjadi.

31 Agustus 1997, 00.23, di terowongan Pont de l’Alma, sebuah Mercedes Benz S280 menabrak pilar 13 terowongan setelah hilang kendali dalam kecepatan 105 KM/H. Tabrakan kepala mobil dengan pilar menewaskan dua penumpang seketika, dua masih bertahan saat kecelakaan. Sepintas tidak ada yang istimewa dari berita ini, tapi lain cerita jika penumpangnya adalah Princess of Wales.

princess-diana-death-headlines
Menjadi headline surat kabar di seluruh dunia

Diana Spencer, mantan istri dari Pangeran Charles, penerus tahta kerajaan Inggris menjadi penumpang di mobil itu. Dan jika kalian bertanya-tanya kenapa seseorang yang hanya “mantan istri” menjadi topik utama? Jawabannya mudah saja, Diana adalah The People’s Princess, seorang putri yang juga selebritis dunia.

Masuknya Diana dalam sorotan dunia berawal saat Pangeran Charles, literally the world most eligible bachelor, mengumumkan pada pers bahwa dia menaruh perhatian pada seorang remaja yang bekerja di sebuah taman kanak-kanak di London. Tidak lain dan tidak bukan adalah Lady Diana Spencer. Putri dari keluarga Spencer yang dekat dengan royalti Inggris selama beberapa generasi.

Langsung saja pers menyambut berita itu, dan rakyat Inggris yang merasa Charles sudah waktunya menikah langsung memberi restu atas pasangan ini. Tak lama sejak perkenalan pertama mereka di 1977, Charles, 33 tahun, pewaris tahta Inggris dan Diana, 20 tahun melangsungkan pernikahan di 1981 yang disebut Wedding of the Century.

charles-and-diana-800x420
Wedding of the Century menjadi julukan pernikahan fairytale Diana-Charles

Pernikahan Charles dan Diana disaksikan oleh 750 juta orang di seluruh dunia, angka yang besar di tahun 1981. Janji pernikahan juga diiringi beberapa error, termasuk Diana yang tidak menyertakan bagian “mematuhi” seperti dalam janji tradisional. Hal ini cukup membuat sensasi. Tak lama setelah pernikahan, Kerajaan Inggris menemui pewaris tahta berikutnya, William pada 1982 dan Harry dua tahun kemudian.

Sebagai Princess of Wales, Diana menemukan panggilan hatinya sebagai aktivis kemanusiaan, juga membuat royalti Inggris lebih manusiawi. William dan Harry lebih banyak menghabiskan waktu dengan Diana, mengunjungi orang-orang yang kurang beruntung, mengikuti kunjungan kenegaraan ke Commonwealth atau negara dunia ketiga, atau sekedar berlibur ke Disneyland bersama.

princess-diana7-a

Jika hubungan Diana dan putranya penuh cinta, lain cerita dengan hubungannya dengan Charles. Perbedaan usia 13 tahun sampai popularitas Diana yang jauh lebih besar dari suaminya, serta affair diantara keduanya membuat fairytale wedding mereka jauh dari kata happily ever after. Charles dengan Camilla Parker Bowles, sementara Diana dengan James Hewitt, membuat pasangan royal ini berpisah pada 1992 dan resmi bercerai pada 1996.

Kisah sedih Diana justru membuatnya semakin populer. Sebelum bercerai, Diana sudah menyita perhatian dunia dengan bersalaman dengan penderita AIDS, menghapus stereotipe yang beredar bahwa AIDS menular melalui sentuhan. Gesture yang membuatnya dikenal sebagai aktivis kemanusiaan sejati. Selain itu di saat-saat perpisahannya dengan Charles, Diana mengunjungi daerah ranjau darat dengan pakaian pelindung, salah satu fotonya yang memiliki pesan paling kuat.

This slideshow requires JavaScript.

Meski gagal dalam pernikahannya dengan Charles, Diana bukan berarti memiliki kehidupan yang hampa seperti yang digambarkan fotonya yang sendirian di Taj Mahal, monumen cinta paling terkenal di dunia. Affair Diana dengan kolonel James Hewitt terjadi setelah Harry lahir, saat “pernikahannya dengan Charles sudah tidak tertolong”

Setelah dengan Hewitt dan perceraiannya dari Charles, Diana berpasangan dengan dokter bedah keturunan Pakistan, Hasnat KhanMr. Wonderful, begitu Diana menyebut Khan, menjalin hubungan selama dua tahun sebelum berpisah. Sebagaian karena Khan adalah orang yang menjunjung privasi, sementara posisi Diana sebagai People’s Princess jelas tidak memberi ruang untuk itu.

Cinta terakhir Diana adalah Dodi Al-Fayed, putra dari pemilik jaringan supermarket Harrods dan Hotel Ritz Paris -yang tragisnya, adalah tempat terakhir Diana sebelum kecelakaan- Mohammed Al-Fayed. Dalam tahun terakhir hidupnya, Diana dan Dodi dirumorkan akan segera membawa hubungan ke jenjang selanjutnya, tapi suatu hari di Paris mengakhiri itu semua.

31A_DIANA SAS.jpg

Kecelakaan itu membawa teori konspirasi yang beredar luas. Termasuk bahwa M16 ada dibaliknya. Beberapa mengatakan bahwa Diana, masih bagian dari royalti Protestan terbesar dan ibu dari pewaris tahta Inggris, berencana menikah dengan seorang Muslim menjadi tidak bisa diterima. At this point, it’s not a matter of religionism, it was political, I assure you. So be smart, folks.

Bagaimanapun, kecelakaan itu langsung menjadi headline di seluruh dunia. Apalagi di tahun itu, era portal online mulai berkembang, dan BBC salah satu yang menyebarkan berita itu lewat internet. Kecelakaan terjadi di hari minggu, dan Pangeran Charles memberitahu William dan Harry tentang ibu mereka sebelum pergi ke Gereja.

Meninggalnya Diana menjadi pukulan telak bagi pendukungnya, dan bagi kerajaan Inggris, popularitas yang tenggelam oleh ex-anggota keluarga kerajaan menjadi saksi atas bagaimana Diana lebih dicintai. Pemakaman Diana di Westminster Abbey pada 6 September disaksikan separuh warga dunia, dan Kensington Palace dipenuhi bunga sampai beberapa bulan berikutnya.

Diana selalu dipandang sebagai icon, dan kematian seorang icon selalu menjadi perhatian lebih. Beberapa orang mengatakan kematian mendadak Diana yang diperhatikan dalam skala besar terlalu berlebihan. Kehidupan Diana yang seperti ada di pihak yang kalah, ditambah kemampuannya merangkul orang banyak, membuatnya ada di pihak rakyat Inggris dan juga dunia.

Dari semua yang Diana lakukan, sikap dan kehidupannya, dipandang sebagai contoh perubahan stigma royalti yang tidak dekat dengan rakyat, sesuatu yang sekarang dilanjutkan oleh William dan Harry. You can’t buy what Diana have had and did. 

Tapi Diana juga bukan tanpa cela, sebagai manusia biasa dia juga berbuat kesalahan. Satu contohnya adalah affair, meski bisa saja ada pembelaan atas sikap Charles, tapi tetap tidaklah sempurna. Yah, bisa dijadikan pengingat bahwa Diana hanyalah manusia, yang dengan semua yang dia lakukan, telah meninggalkan legacy bahkan sampai hari ini.


Nah, kenapa aku menulis artikel tentang Diana? Well, lebih sebagai tribute, karena beberapa hari lagi adalah 20 tahun meninggalnya salah satu orang paling berpengaruh abad lalu, and because my late mother was her big fans. I’ve grown up told about Diana. All the time. Sampai sekarang pun aku masih punya majalah yang berisi artikel kematian Diana dari 20 tahun lalu.

Untukku sendiri, Diana memiliki arti sebagai simbol dari filantropis sejati. Bahkan jika sisi paling harsh dariku dikeluarkan, tetap saja sulit menemukan sisi negatif dari Diana. Mudah untuk dibuat kagum, sulit untuk dibuat benci. Sosok seperti ini sudah jarang sekali kita jumpai dewasa ini.

Katakan saja Diana masih hidup, bukan hanya wajah Inggris saja yang akan berubah tapi juga dunia. Meski alternate universe bisa jadi baik ataupun buruk. Jika melihat keadaan sekarang ini, saat hate speech dimana-mana, sosok seperti Diana sangat dibutuhkan.

Apa yang kumaksud dengan hate speech? Konteksnya tidak hanya satu belakangan ini, bukan sekedar ngidol, bukan sekedar regionalisme, mungkin malah global. Banyak. Yah, mungkin aku lebih ingin berbagi kisah inspirasional Diana daripada mengurusi urusan bodoh seperti yang sering terjadi belakangan ini. Was this truly the death of Diana?

 It’s just f*ckingly annoying, that brainless, selfish good for nothing people still exist. Well, this equally made me as bad though, if not worse. Guess we need some different perspectives for each matters. 

Wanna share some thoughts?

All images used is credited to it’s respective owners

 

Advertisements

58 Comments

  1. Gak terlalu ingat bnyak sama beritanya ttg lady diana, soalnya waktu itu ane masih kecil nan lugu 😀
    *duh terbongkar deh ane bukan generasi 2k-an
    Yg ane inget emng waktu itu beritanya “heboh” sampe didalam negeri juga gitu

    Like

    1. Emang dari awal ada yang percaya ente generasi milenium? 😀 😀 😀

      Makanya ini dibikinin, inget2 yang ngalamin, belajar buat yang belum tahu biar gak malu2in, plus ambil hikmahnya.

      Tapi kok sepi komennya nih? Terlalu berat kah ini artikel? 😀

      Like

    2. Adalah, ane sendiri 😀

      Ane jg baru tau dri sini klo ada dugaan M16 terlibat dlam kasus ini 😀

      Antara terlalu berat atau berita ini jauh terjadi sblum rata2 penghuni sini lahir 😀
      Ente sih rilis artikel yg seumuran ente, perhatiin jg dong pengunjung genrasi millenium kyk ane 😀

      Like

    3. Menghibur diri 😀

      Rumor doang tapi, yakali yang begini diiyakan aja 😀

      jas merah dong 😀
      masih aja ngotot generasi millenium, gak konsisten 😀

      Like

    4. Dri pda gk ada yg ngehibur 😀

      Mnambah bumbu2 kejadian ini ya

      “masih aja ngotot generasi millenium, gak konsisten” <– kan ane lgi mengihur diri sndiri 😀

      Like

    5. Bini2 juga enggak? Wajar sih 😀

      Yakali dia yang jadi pelaku 😀
      je

      Iya aja lah, iya, kasian ane 😀

      Masih sepi aja ternyata komennya 😀

      Like

    6. Ane kan selalu terliat ceria didepan mreka, gk mau bikin mreka sedih 😀

      Hahahahah, klo dia mah cuma bisa buat onar dan ngelawak 😀

      Makasih dah mau kasihan 😀

      Mungkin lady diana gk berhasil menarik minat penghuni srigala disini, bukan tipe mreka 😀

      Like

    7. Jangan salah, cuma dia yang bisa bikin Her Majesty tunduk, dalam arti sebenarnya 😀

      Makasih mulu, tanda terimakasihnya? 😀

      Bah, pada gak mau belajar sejarah, mau jadi apa? 😀

      Like

    8. Hal yg bahkan gk bisa dibikin 007 😀

      Kmarin ane mau krim gram ente bilang gk usah gra2 stok gram ente jg bnyak 😀

      Mungkin pda berplikir, “masa lau biarlah berlalu, mari mnatap masa depan” 😀

      Like

    9. 007 itu muridnya jhon english 😀

      Seandainya gitu, gk perlu ada lagi air mata yg kluar dri mata ane setipa masuk pertngahan bulan apalgi kahir bulan 😀

      Bgitulah, ngoplos air putih campur air bekas cucian piring 😀

      Like

    10. Ilmu dan kgilaannya blum kyk gurunya, john english, mknya blum trkenal 😀

      Bisa, tpi msalhnya ada yg amu barter kuota sama gram? 😀

      Rasa lemon, ada pedes2nya juga dikit, kyk permen lemon mint 😀

      Like

    11. Keseringan ganti pemain juga 😀

      Kalau setau ane di dunia normal sih enggak ada, tapi kalau di tempat ente ada kali, kan….. 😀

      Kirain ente cuci piring pake pasir 😀

      Like

    12. Beda sama john english, limited edition, gk ada yg bisa gantiin 😀

      Nah ditempat ente yg normal aja gk ada apalgi ditempat ane yg diatas normal
      *kyk penrh dnger kalimat “diatas normal” 😀

      Pasir untuk bersihin klo hbis.. ah sudahlah 😀

      Like

    13. TInggal nunggu film ketiga 😀

      Gitu kek ngaku kalau tempat ente ajaib 😀
      Emang dasarnya bukan anak millenium aja, kalau iya mana tahu kalimat ini 😀

      Habis apa? 😀

      Like

    14. Tpi kbarnya john english dah wafat saat bertugas 😀

      Ajaib, mutakhir, sgalanya lah 😀
      Loh skrng kan zaman google, tinggal sercing 😀

      Habis buang air… cucian piring 😀

      Like

    15. Ulah klompok Saracen kah? 😀

      Dari pda gk ada yg menghibur 😀

      ahhh, lagi2 ente terlalu beripikir serius dan suuzon, majime Yumi pindah ke ente ya? 😀

      Like

    16. 😀

      Kan dah brp x ane bilang, klo depan bini2, ane slalu kliatan ceria, gk mau bikin mreka khawatir 😎

      Sumpah geli ane “suami-istri” 😀

      Like

    1. Anggap aja yang kemaren2 tu bukan ane😆😆😆

      Maksudnya dari pada ngeliat Lady Diana dan affairnya,lebih baik syukuri aja Lady Diana punya jiwa sosial yang tinggi,bisa jadi inspirasi banyak org,,,toh beliau jadi idola bukan karena keburukannya,tapi kebaikan yang ada dalam hatinya
      (Ane juga mengidolakan beliau)

      Satu lagi: Misalnya ada gelas yang berisi air setengahnya,daripada memikirkan setengah kosong,mending fokus pada yang setengah isi
      (Kyknya tadi kepala ane kejedot di kamar mandi deh😆😆😆😆)

      Like

    2. Terus siapa? Kedok serigalanya? 😀

      Human affection Diana emang sisi yang jarang diliat, apalagi for those who never put himself into her shoes.

      Kelamaan di kamar mandi ya? Ngapain? 😀

      Like

  2. Walaupun saya belum lahir saat kecelakaan ini terjadi,namun saya dan Diana punya 1 kesamaan,sama2,baik,berhati Mulya,tdk angkuh dan sombong serta banyak disayangi 😀

    Like

    1. Ada dua hal yang sama sekali gak bisa dipercaya;
      1. Belum lahir pas Diana meninggal
      2. “sama2,baik,berhati Mulya,tdk angkuh dan sombong serta banyak disayangi”

      😀 😀 😀 😀 😀

      Like

    2. Cih,itu sih semua yg saya tulis :p
      Kl gitu saya ganti..
      Sama2 bnyk menyayangi,tdk membeda2kan,dan suka saling berbagi 😀😀😀

      Like

    1. Ingat2 dan cari’y dgn fikiran yg jernih,kl bisa sambil tapa dibawah air terjun,pasti nemu jawaban’y,dan jawaban’y pasti ada 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s