Sakamichi Series Best Song Award

Pada saat yang lalu, sudah dipublish artikel tentang best MV oleh Mac, bila melihat gambar yang bergerak saja (baca: MV) maka tak akan lengkap tanpa adanya lagu yang menjadi suara atau spokesperson dari MV tersebut.

Sebelum pada pembahasan, ada baiknya, saya sebagai penulis memperkenalkan diri, panggil saja saya Ganis, sebagai mahasiswa tingkat akhir pada salah satu Universitas di Bali, yang disibukan dengan tugas tugas gambar, biasalah, Mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur. Jadi singkat saja perkenaln diri saya, btw, oshi saya ada 2, Yui Hatano dan Hirate Yurina. dan mari kita lanjut ke bagaian pembahasan.

Lagu merupakan gabungan dari lirik dan nada yang terhamonisasi dan menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. . Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung kepada ukuran yang digunakan. Lagu merupakan bagaian dari seni musik.

21469632_1643215085748648_667758889_n

Musik telah dikenal manusia sejak berabad-abad yang lalu. Bukti arkeologi awal tentang penggunan instrumen musik tercatat sejak 3000 SM. Sejak saat itu, masyarakat Sumeria yang tinggal di tanah bulan sabit Mesopotamia yang subur, memiliki rangkaian instrumen musik berskala luas, mencakup lira (sejenis kecapi), harpa, dan suling dari buluh (reed-pipe) yang mungkin telah dimainkan sebagai suatu ansambel.

Dari catatan tertulis juga diketahui bahwa praktek mereka dalam menyanyikan lagu adalah secara berganti-ganti atau bernyanyi di dalam kuil mereka. Tidak ada pengetahuan yang dapat menunjukan tentang suara musik mereka, tetapi itu jelas adalah bagian canggih dari kultur Sumeria dan juga memiliki arti religius dan adat yang sesungguhnya.

21397690_1643235522413271_322539967_n

Dari awal saya membuat Award ini, tujuannya sederhana, hanya mengisi kekosongan waktu saya setelah menyelesaikan Tugas Akhir saya, dan minggu depan, saya resmi mendapat Gelar S.T. setelah 4 tahun berkutat dengan gambar denah tampak potongan.

Pada award ini terdapat 11 katagori, antara lain :

  • Best Song

Lagu terbaik, banyak yang menjadi inndikator dari lagu terbaik, baik dari aransemen maupun lirik itu sendiri. Tetapi bisa dikesampingkan bila oshi atau selir kalian menjadi center atau senbatsu dilagu tersebut.

  • Best Coupling Song

Banyak lagu coupling yang lebih baik dari pada single utamanya, contohnya lagu Eccentric di Single Fukyouwaon.

  • Best Single

Single utama merupakan wajah dari setiap single yang dikeluarkan oleh group, terkesamping baik ataupun mengecewakan, pasti ada yang terbaik.

  • Most Influental Song

Setiap lagu memiliki pengaruh masing masing, yang paling baru, waktu kejadian di Senbatsu Election AKB48 2017, dimana Sutou Ririka exNMB yang mengumumkan pernikahnnya dan pada event yang sama Takahashi Juri dengan barani menyindir pidato dari Sutou Ririka, dari kejadian tersebut, saya bisa menyimpulkan bahwa, ada pengaruh dari single keyakizaka yang terbaru, Fukyouwaon.

  • Best Arrangement Song

Apabila seorang penlis lagu menciptakan lirik lirik penuh makna, apabila lirik lagu tersebut sudah rampung, maka proses pembuatan sebuah lagu tidak berhenti sampai disitu saja, maka adalah seorang arranger yang mengarasemen sebuah lagu menjadi sebuah satu kesatuan yang saling mendukung. Dan dalam berbagai genre pula.

  • Most Mellow Song

Terkadang lagu bisa mengubah mood seseorang, baik itu menjadi semangat dalam menjalani aktivitas maupun sedih, dalam nominasi ini, justru dikhusukan dalam lagu yang bisa membuatmu sedih, baik itu dari lirik maupun aransemen lagu.

  • Best Lyrics

Sebuah lirik bisa mengubah cara pandangmu, dan sebuah lirik bisa mengubah dunia, banyak lirik lirik lagu dari Skamichi series yang memilik makna yang terkadang tak terpintas dalam benak kita.

  • Most Controversial Song

Setiap lagu memiliki ceritanya sendiri, baik itu melesat seperti Silent Majority atau Hype tinggi tetapi hasil akhir kurang seperti Fukyowaon.

  • Best Nogizaka’s Song

Banyak lagu dari Nogizaka yang bagus, tetapi pasti ada yang terbaik dan pantas mendapat penghargaan ini.

  • Best Keyakizaka’s Song

Banyak lagu dari Keyakizaka yang bagus, tetapi pasti ada yang terbaik dan pantas mendapat penghargaan ini.

  • The Song Which Considered The Worst

Kita mengenal siang dan malam, madu dan racun, ada baik ada buruk, tak ada yang terbaik bila tidak ada yang buruk, demikian pula sabaliknya, keduanya saling mendukung saling mengisi dan saling membutuhkan, buruk bukan berarti sesuatu yang tabu, terkadang dari keburukan kita belajar bagaimana menjadi yang terbaik.

Jadi mohon bantuannya untuk megisi Kuisioner ini

https://docs.google.com/forms/d/136its27UViJ4hWgpEclSaiyb2xf6KRZegOUm-khh_sw/viewform?edit_requested=true

Waktu yang diberikan masih panjang, sekitar sebulan, jadi tidak harus berpikir sekarang, kalian bisa memikirkannya dengan matang sambil mendengar kembali lagu lagu baik dari Keyakizaka maupun Nogizaka yang sudah pernah dirilis.


cropped-aniversario-logo-21.png

Sebagai penutup, kata-kata dari administrator alias Mac Orion, masuknya kontributor artikel tidak begitu masalah bagiku. Jujur saja, aku open soal ini. Mungkin jika ada yang berminat menjadi kontributor atau sekedar menyumbang artikel, bisa langsung PM di social media.

All images used is credited to it’s respective owners

98 Comments

  1. Controversialnya bukan dalam artian negatif ya, misalnya kyk guru2 curtain yg smpt “bermslah” gra2 kibasan roknya ya klo ane gk salah atau Getsuyoubi no Asa yg sampe nimbulin petisi 😀

    Like

    1. Ya, gak harus negatif, contoh sederhana, dalam politik Indonesia ada Ahok dalam gebrakannya

      Like

    2. Nulis alasannya brrti di kolom komentar ini? soalnya dikuisionernya cuma untuk nulis judulnya aja kan?
      *kbnyakan nanya ya ane 😀

      Like

    1. Best song Nandome
      Mv dan lagu sama bagusnya

      Best coupling Umareta mama
      Lagu under yang gak under,gak kalah sama lagu senbatsu

      Best single Kimi no na wa kibou
      Cerminan Nogi yang sesungguhnya

      Most influence song Silent Majority
      Memberi warna lain di dunia idol

      Best arransement song (lupa nulis apa)😆😆

      Best Mellow song Kidzuitara
      Ini masuk mellow gak sih?😆yang jelas kalau liat mv nya jadi ikutan mellow

      Best lyrics Under
      Lagu under dengan judul Under punya makna dalam banget

      Most controversial song Taiyou Knock

      Best Nogi song Nandome
      Lagu ok lirik ok mv ok center ok

      Best keya song Futari sezon
      Suka aja,dance keren

      The song which considered the worst Border

      Like

    2. Sebagai ikoma-oshi ane sendiri juga kurang setuju dia center saat itu,kyk belum saatnya aja kembali center,meski alasan manajemen sebagai reward setelah kennin akb,tapi menurut ane masih terlalu cepat,tapi lebih parahnya ane malah suka lagu (dan mv nya)

      Like

    3. Carita dari dalam ataupun cerita di luar lagu itu sama saja, sama sama saling mempengaruhi, contoh film “Inside Out” yang dimana 5 karakter di dalam tubuh Riley Andersen mempunyai kendali emosi atas dirinya, begitu juga sebaliknya, apapun yang terjadi di kehidupan nyata, Riley Andersen pasti akan mempengaruhi bagaimana ke 5 karakter tersebut dalam menentukan emosi dari Riley Andersen

      Like

    1. Oke!
      Best SongInochi wa Utsukushii
      Lagu Sakamichi yg bikin ane merinding. Setelah lagu ini, single utama serasa adem. Lirik, musik dan vokal member juga terdengar enak dilagu ini.

      Best Coupling SongSekai de Ichiban Kodoku na LOVER
      Lagu dewa ane. Mungkin satu-satunya lagu Sakamichi yg buat ane goyang terus dari awal sampai akhir. Lagu yg paling liar menurut ane. Sebelumnya, bingung antara Sekai de dan HokaHoshi. Tapi ane pilih ini, karena ada yg pas buat HokaHoshi.

      Best SingleInochi wa Utsukushii
      Alasan sama dengan Best Song, ditambah lagi, lagu ini berhasil menunjukkan wajah lain dari Nogi. Liriknya juga oke banget, pas dengan kondisi ane waktu itu. 😀

      Most Influence SongSeifuku no Mannequin
      Lagu ini berarti banget buat ane, karena lagu ini juga yg membuat ane tahu, ada grup Idol hebat bernama Nogi. Kalo ane ga nonton lagu ini di YouTube, mungkin pikiran ane yg berpikir kalo liat idol lain selain 48G adalah pengkhianatan, masih terus ada. 😆 Akhirnya, dengan lagu ini sebagai titik awal, ane benar2 tahu rasanya ngidol dan mencintai grup Idol itu seperti apa. Karena Seifuku no Mannequin, sekarang hanya ada Sakamichi dihati ane. 😀

      Best Aransement SongHoka no Hoshi kara
      Satu2nya lagu Nogi yg buat ane nge-trance pas maininnya dengan gitar. Aransemennya keren, genre ane banget.

      Most Mellow SongUnder
      Satu2nya lagu Nogi, yg bikin ane menitikkan air mata. Karena ane fans berat Under, mungkin. 🙂

      Best LyricsInochi wa Utsukushii
      Sebenernya, ane ga pernah merhatiin arti lirik dari lagunya Sakamichi. Tapi, ane jadi tahu lirik lagu ini, setelah dulu pas ngesub ada bagian member nyanyi lagu ini. Liriknya pas banget buat ane dan cocok dengan bagaimana ane memandang hidup. 😊

      Most Controversial SongOtona wa Shinjitekurenai
      Genre Rock dengan lirik yg cukup sadis. Seperti member Keya ga mau jadi dewasa dan benar2 benci orang lain disekitarnya. Bingung antara ini dan Yokubou no Reincarnation. Tapi, ane pilih ini, yg lebih mengungkapkan masalah mental yg berat dari seorang anak muda.

      Best Nogizaka’s SongSekai de Ichiban Kodoku na LOVER
      Best moodboster song, top song on playlist dan lagu yg bikin bad mood dan males ane ilang seketika. Jadi, pas kan, jadi Best Nogi’s Song buat ane. 😀

      Best Keyakizaka’s SongFutari Sezon
      Rancak bana! Aransemen, tarian, melodi dan vokal, lebih dari lagu2 Keya lainnya. Lagu ini jadi puncak orgasme cinta ane terhadap Keya. 😀

      The Song Who Considered The Worst</> – Oide Shampoo
      48-ish + ane belum liat MV fullnya. Bingung antara ini dan Guru Guru Curtain, tapi karena Guru2 udah liat MV fullnya, ane pilih ini. 😀

      Like

    2. Sama sekali belum liat MVnya full. Cuma potongan2 yg ada di Doko. Nogizaka no Uta juga. Banyak sih sebenernya MV atau lagu Nogi yg belum pernah ane dengerin. Mau ngumpulin, sulit banget dapet linknya. Ya ane pilih lgu disini berdasarkan yg ane tau dan liat. 😀

      Like

    3. Gede banget ukurannha. Total 20+ GB, dan kayaknya ini satu file isinya beberapa MV gitu, kan? Ga enak, ga bisa milih2 MV yg pengen diliat.

      Like

  2. Best song
    Kimi no Na wa Kibou
    Lagu terbaik, sekaligus yg ngenalin ane sama Nogizaka

    Best coupling song
    Kanashimi no Wasurekata
    A-side quality

    Best single
    Influencer
    Single paling balance. Hampir semua lagu bagus.

    Most influential song
    Kimi no Na wa Kibou
    Nuff said.

    Best arrangement song
    Anata no Tame ni Hikitai
    Kurang paham sama bagian ini. Tapi lagu solo Ikuta ini bakal lain kalau yg nyanyi bukan Ikuta.

    Most mellow song
    Anata no Tame ni Hikitai
    Cukup pakai iringan piano. Simple, mellow.

    Best lyrics
    Kanashimi no Wasurekata
    Dari judulnya udah menyentuh. How to forget sadness.

    Most controversial song
    Otona wa Shinjitekurenai
    Lirik Inggrisnya bikin orang jadi pingin bunuh diri.

    Best Nogizaka song
    Kimi no Na wa Kibou
    Nuff said.

    Best Keyakizaka song
    Sekai ni wa Ai Shika Nai
    Lagu ini underrated banget. Kalah sama kebesaran Silent Majority.

    Worst song
    Popipappapapapapapapapapa….
    Single ImaHana bakalan jadi best single kalau gak ada lagu ini.

    Like

  3. Best Song N46 – Watashi no Tame ni Dareka no Tame ni (cw 7th)
    Lagu dgn salah satu aransemen yg ane suka + makna liriknya yg bagus.

    Best Coupling Song N46 – Ookami ni Kuchibue wo (cw 2nd) & Oto ga Denai Guitar (cw 3rd)
    Pilih lebih dari 1 gk apakan? soalnya ane emng harus milih 2 utk kategori ini 😀
    Sebelum mendalami Nogi, 2 lagu ini yg ada di list HP dan sering ane dengerin. Miminnya mungkin dah bosan baca ini 😀

    Best Single N46 – Barette (7th)
    Single yg semua lagunya ane suka + single yg bikin ane mendalami Nogi dan akhirnya suka Sakamichi Series.

    Most Influence Song N46 – Barette (7th)
    Kasih pengaruh besar buat mendalami Sakamichi 🙂

    Best Aransement Song N46 – Anata no Tame ni Hikitai (1st album) & Watashi no Tame ni Dareka no Tame ni (cw 7th)
    Lagi2 kategori yg harus ane pilih lebih dari satu 😀
    Anata no Tame ni Hikitai, suara merdu Ikuchan + piano, sempurna.
    Watashi no Tame ni Dareka no Tame ni, aransemennya kasih ketengan jiwa 😀
    Stiap dengerin lagu ini trus ane tutup mata sersa ane duduk dibawah pohon yg rindang dgn hembusan angin sepoi2, tenang dan nyaman 😀

    Most Mellow Song N46 – Shibuya Blues (cw 4th)
    Dari segi aransemen, dari awal hingga akhir cuma diiirngi petikan dan genjrengan gitar.

    Best Lyrics N46 – Watashi no Tame ni Dareka no Tame ni (cw 7th)
    Silakan dicermati sendiri lirik lagu satu ini 🙂

    Most Controversial Song K46 – Otona wa Shinjitekurenai (cw 3rd)
    Sama alsannya sama komen yg laen 🙂

    Best Nogizaka’s Song N46 – Nandome no Aozora ka (10th)
    Center, lagu, lirik, MV, semuanya bagus 😀

    Best Keyakizaka’s Song Futari Saison
    “Rancak bana! Aransemen, tarian, melodi dan vokal, lebih dari lagu2 Keya lainnya. Lagu ini jadi puncak orgasme cinta ane terhadap Keya. 😀” <– setuju sama komen agan Mas 😀

    The Song Who Considered The Worst N46 – Popipapapa (cw 13th)
    Ntah knp bisa ada lagu kyk Popipapapa? masih jd miteri buat ane 😀

    Like

    1. Popipapapa?? Kenapa bisa worst ??
      Pas saya denger sih, agak mirip BGM senam RKJ waktu SD dulu 😄

      Like

    2. conan
      duh, salah gambar pak? 😀 😀 😀
      nay

      Yah selera orang beda2 soal lagu, jadi gak heran ada yang naruh Popippapapa di urutan terakhir.

      Like

    3. @Xira:
      Bukan warna musik yg ane suka aja + kyk kta agan Mac, selera. 😀

      ====================================================

      @Mac:
      Salah gambar? Ya enggak lah 😎

      Like

    4. Stelah berpikir keras skrng ente menuduh dgn penuh ke-suuzonan, luar biasa 😀
      Pdahal ada yg lagi kesemsem sama Yuzu, tpi ane gk mau bersuuzon 😀

      Like

    5. Yg ada ente yg jrang menyadari kebenran2 dari komen2 ane slm ini 😀

      Hadeh, komen ente yg bener dong kyk komen2 ane 😎

      Like

    6. Jgn mirip2in sam lord KTK lah, gak sopan 😀

      Makanya jgn bkin kembang desa ngambek, repot ntar ente 😀

      Like

    7. Wah menghina ente, awas nasib ente ntar kyk tuh foto 😀

      Kyknya klo mau ikutin umur asli ente blum ada yg namanya artis, wong tipi blum ada 😀

      Like

    8. Yg begituan ente kirain pacaranya, klo bukan penghinaan apa lagi sebutan yg tepat 😀

      Super duper tua sekali 😀

      Like

    9. Setdah, dah ngirain tuh tengkorak pacarnya, skrng ngata2in beda dunia, sungguh ter..la..lu..!!! 😀

      Dari pada tua tapi ngaku 😀

      Like

    10. Et dahhh, ente yg ngata2in lord KTK, eh ente pula yg nasehatin ane jgn macem2 sama lord KTK,
      situ sehat min? 😀

      😀

      Like

  4. Ini Versi Saya Sendiri

    Best Song
    Keyakizaka46 – Overture
    Sederhana, lagu yang membakar semangat para member dan penonton sebelum konser, dan setiap mendengar lagu ini, merinding rasanya, seperti melesat dikepala

    Best Coupling Song
    Keyakizaka46 – Kimi Ga Inai
    Kekuatan dari lagu ini adalah komposisinya, padat dan mudah dimengerti

    Best Single
    Nogizaka46 – Nandome no Aozora ka
    Lagu yang selalu menemani hari hari saya di ladang, sambil menatap langit biru, sangat menyenangkan

    Most Influental Song
    Keyakizak46 – Fukyuowaon
    Berkat lagu ini, saya berani mengatakan tidak pada orang lain untuk segala sesuatu yang merugikan orang lain

    Best Arrangement Song
    Keyakizaka46 – Overture
    Saya rasa yang mengisi part gitar di dalam lagu ini adalah seorang Dewa, sangat monumental

    Most Mellow Song
    Imaizumu Yui – Natsu no Hana wa Himawari dake ja nai
    entah mengapa setiap saya mendengar lagu ini, jadi teringat masa masa indah dulu yang penuh canda dan tawa

    Best Lyrics
    Nogizaka46 – Sayonara no Imi
    Saya benci sebuah perpisahan, tetapi sebuah perpisahan ada untuk sebuah pertemuan kembali, dan saya menyukai itu

    Most Controversial Song
    Keyakizaka46 – Silent Majority
    single paling sukses, bisa dibilang single of the year, tetapi menariknya mereka terlihat masih dibayang bayang single ini

    Best Nogizaka’s Song
    Seifuku no Mannequin
    Sebuah gelombang besar yang tak terduga, dan membawa pengaruh besar pada masa depan group

    Best Keyakizaka’s Song
    Eccentric
    sebuah single yang out of the box dan menggambarkan bagaimana group ini sendiri

    The Song Which Considered The Worst
    Keyakizaka46 – Wareta Smartphone
    ini bagaikan kegagalan bagi group ini, anatara dipaksakan untuk release atau memang sengaja dari sang pembuat lagu agar terkesan kontroversial

    Like

    1. overture adalah nyawa, jadi sampai akhir perjalanan sebuah group pasti akan selalu ada dan selalu membakar djiwa, hehe

      Like

    2. Notif sms pake bwaan hp, cuma alarm yg kadang pake suara Iku, Mio, Miria, Riria atau Renokarno 😀

      Like

    3. Niat sekali, hehe
      Kalau saya notif pesan saya kadang pakai suara Techi kadang Yukka pas di showroom, hehe

      Like

    4. Duh aneh2 pake begituan, apa daya karena ponsel ane buat kerja sama ngidol beda, kalau keliru bawa ponsel ngidol terus ringtone aneh2, udah diliatin kaya alien 😀

      Like

  5. Mau tanya dulu,ini orang yg berbeda ya,bkn mimin mac?maklum anak baru saya mh 😀
    Yui Hatano?Yui Hatano yg “itu”?
    Saya ngisi yg di G Doc aja,kl dsini ketahuan sama mimin mac alasan utama memilih’y 😀

    Like

    1. Ya orangnya beda bukan Mac, ya Yui Hatano yang “itu”, share aja disini, macnya juga open minded kalo masalah beginian, lebih baik dishare aja disini, biar bisa jadi bahan artikel pemenangnya bulan depan, hehe

      Like

    2. @xiratechi
      Kl gitu salam kenal,saya orang baru yg polos 😀
      Brrti kpn2 bisa lah ya tanya2 tentang Yui Hatano 😀
      Ok,kl gitu nanti share disini,msti on di dekstop dulu 😀

      @mac
      Emang baru kan,polos lagi 😀
      Pura2 gak mudeng jg tentang kedekatan saya sama adek’y? 😀

      Like

    3. @Mac
      cie cie pura2 gak tahu,malah dilempar nama Nanamin sayang 😀

      -Best Song

      Sayonara no Imi
      Tiap Muter Lagu2 Sakamichi ini pasti lagu yg pertama kali diputar,saya suka musik’y,lirik’y juga suka walaupun gak terlalu ngerti bahasa’y

      -Best Coupling Song

      Kyuushamen
      entah knp,tp yg jelas lagu ini saya suka

      -Best Single

      Sayonara no Imi
      alasan’y seperti yg diutarakan diatas

      -Most Influental Song

      Seifuku no Mannequin
      Lagu bersama MV ini yg menarik saya kenal dan mulai mencari tahu dan suka Nogi

      -Best Arrangement Song

      Nandome No Aozora Ka

      Most Mellow Song

      Kimi no Na wa Kibou & Naimononedari

      -Best Lyrics

      Sayonara no Imi & Kanashimi no Wasurekata

      -Most Controversial Song

      Barrete
      kontroversial krn center’y (mungkin)

      -Best Nogizaka’s Song

      Sayonara no Imi
      alasan’y kyk diatas

      -Best Keyakizaka’s Song

      Silent Majority

      -The Song Which Considered The Worst

      2 Dome no Kiss
      entah knp tiap denger lagu ini saya cengar-cengir sendiri,sering di skip jadi’y

      mohon maaf bila ada yg kurang berkenan 😀

      Like

    4. Terus adek’y siapa?nah itu yg saya maksud yg sdg deket 😀

      Gak tahu ya,emang sama? 😀
      Yg pasti pilihan diatas semua’y selera berdasarkan musik dan lagu 😀

      Like

    5. ada lho,kalo lagi mode S,saya suka 😀

      gak semua karena Nanamin lah,musik dan lagu juga ,mempengaruhi 😀

      Like

    6. Sama Ashu gak tertarik?sipp lah 😀

      Pasti itu jawaban yg keluar,dmn2 “gak percaya”,dan kalo percaya dikatain musrik 😀

      Like

    7. Mabok cinta sama Ashu 😀

      Giliran ada yg berbagi HBD lgsg percaya kl seseorang anak kost sebelah yg nyebar 😀

      Like

    8. Lho knp min?gak baik nyuruh orang berhenti dgn harapan,jahat 😀

      Entahlah,cm dsebelah kata’y ada yg dituduh gitu 😀

      Like

  6. Maaf kalo ini bakalan panjang…

    1) Best Song : Nandomeno Aozoraka?
    Lagu pertama Nogizaka yg ane denger, bagian terbaik adalah solonya Ikuchan. Memang bener2 cocok kalo lagu ini dinyanyiin versi choir dengan iringan orchestra. Terdepan dalam hal kualitas, ane bener2 meragukan mereka bisa membuat lagu yg lebih baik dari ini.

    2) Best Coupling Song : Another Ghost
    Lagu yg mengisahkan tentang seseorang yg paranoid karena merasa diikutin hantu gentayangan.. Lagu yg ane suka pertama kali di single Influencer. Komposisi yg bener2 bagus dan Chorus yg ngga ngebosenin, serta dance yg tergolong rumit namun elegan.

    3) Best Single : Inochi wa Utsukushii
    Lagu yg benar-benar terbaik dari segi aransemen/composing, lirik, koreografi, dan juga MV. Semua lagu dalam single ini bener2 bagus dan bisa ane suka dalam sekali dengar. Dan juga Single Campaign yg paling ane sukai, yaitu menempel poster potrait mereka ke seluruh Metro Station yg ada di tokyo yg jumlahnya sekitar 140-an, dan poster cover yg berisi tandatangan seluruh member di Nogizaka Station.

    4) Most Influence Song : Nogizaka no Uta
    Biasa aja sebenernya, mulai dari verse, pre-chorus, chorus.. tapi lagu ini bener2 ninggalin kesan yg bagus banget, khususnya bagi penonton waktu live concert mereka. Lightstick ungu dan wowowow yg menjadi ciri khasnya, menutup serangkaian konser mereka. Waktu di 46 Hours TV lagu ini dinyanyikan oleh fans di segala penjuru Jepang, dan dibuat MV dengan konsep voice relay.

    5) Best Aransement Song : Boukyaku to Bigaku
    Lagu yg mengusung genre rock ini bener2 yg terbaik dari segi musikalitasnya, instrument mulai dari gitar, piano, violin, drum, sampe EDM bener2 selaras saling mengisi bagian2nya masing dengan rapi dan solo part yg enak didengar. Dan aku merasa sayang banget ternyata lagu ini dikasihin ke Manatsu sama Takayama. Bisa jadi epic banget kalo ini yg jadi main song di album bukannya Skydiving.

    6) Most Mellow Song : Kikkake
    Biarpun dibilang Kimi no Na Wa Kibou versi 2. Menurut ane lagu ini benar2 melampaui nya dalam hal kualitas dalam lagu Mellow dengan koreografi yg indah dan elegan. Composer dan Arranger dua lagu ini pun sama yaitu Sugiyama Katsuhiko, jadi bener banget kalo dibilang, dia ingin membenahi semua kekurangan yg ada di kimi no na wa kibou (meskipun kayanya gaada) menjadi lagu yang satu ini.

    7) Best Lyrics : Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Ka na
    (Apakah sebaiknya kau tak pernah bertemu denganku?)
    Love song terbaik dengan lirik yg menyentuh untuk lagu jepang yg pernah ane denger. Setiap bagian liriknya membuat ane baper kalo mengingat kenangan dulu waktu ane SMA yg pernah deket dengan seseorang. Apalagi Himetaan yg jadi centernya setelah berhasil melalui masa puber nya.
    *Ano KAFE no Koibitotachi tanoshi sou de. Hitorikiri ga yarusenai. (Kekasih yg duduk berdua di kafe itu terlihat bahagia sedangkan aku tak berdaya akan kesendirian ini)
    *TIME MACHINE notte futari ga deau mae ni yukou. Kimi ni hanashikakezu ni toorisugite shimaou. (Ingin ku gunakan mesin waktu untuk kembali ke masa sebelum kita bertemu. Tanpa mengajakmu bicara, aku akan langsung melewatimu..) hiks hiks

    8) Most Controversial Song : Onna wa Hitori jaa Nemurenai
    Aku pilih lagu ini gara2 ada insiden sedikit misinterpretasi antara Lyricist dengan fans Wonder Woman, tapi ya apa boleh buat, memang lagu OST ngga harus sesuai sama jalan cerita Film nya, tapi paling nggak mampu menggambarkan sedikit tentang karakter utamanya yang ikonik sekali.
    Tapi ane pilih ini juga karena kurang mendalami masing2 dari sejarah lagu, jadi Cuma ini yg terlintas dipikiran.

    9) Best Nogizaka’s Song : Hadashi de Summer
    Lagu yg bener2 bisa membuat gemuruh stadion dengan teriakan penonton “YEAY, YEAY, YEAYEAYEAYEAY”, sampe2 ngalahin chants-nya supporter Liverpool YNWA. Lagu summer terbaik dengan koreografi yg atraktif dan mudah diingat.

    10) Best Keyakizaka’s Song : Sekai ni wa Ai Shika Nai
    Bener-bener lagu yg bikin ane merinding dari awal sampe selesai walaupun udah didengerin berulang-ulang kali.

    11) The Song Who Considered The Worst : Aitakatta Kamoshirenai
    Yaah, lagu daur ulang re-aransement yg agak dipaksakan, udah ngertilah gimana hasilnya. Karena yg aslinya udah familiar banget ditelinga..

    Like

    1. Hahaha, Boukyaku to Bigaku bagus2 aja kalau Kaz yang center, yang jadi masalah itu Manatsu 😀

      Kalau Aitakatta Kamoshirenai, ane sih oke2 aja sih sebenernya. Lagian itu lagu dapetnya pas Nogi lagi cari identitas, jadi oke lah.

      Like

  7. Best Song – Nandome No Aozora Ka? & Inochi Wa Utsukushii
    Lagu Nogi Yang Paling Sering Ane Puter Karna Lagunya Emang Cocok Didengerin Dalam Berbagai Suasana 🙂

    Best Coupling Song – Hane No Kioku & Sukima
    Selain Nandome & Inochi, Hane No Kioku Dan Sukima Juga Merupakan Lagu Nogi Yang Paling Sering Ane Puter. Selain Itu, MV Hane No Kioku Merupakan MV Nogi Yang Paling Sering Ane Tonton 🙂

    Best Single – Girls Rule
    Semua Lagu Di Single Ini Enak Semua 🙂

    Most Influence Song – Nandome No Aozora Ka?
    Lagu Yang Membuat Ane Jatuh Cinta Sama Nogi Dan My Lovely Iku ❤

    Best Aransement Song – Anata no Tame ni Hikitai
    Permainan Piano Dan Suara Iku ❤ Perfect Banget

    Most Mellow Song – Tsuyogaru Tsubomi & Mou Sukoshi no Yume
    Setiap Denger Maupun Nyanyiin Lagu Ini Bawaannya Sedih Mulu. Apalagi Setelah Tau Arti Lirik Lagu Ini 😦

    Best Lyrics – Inochi Wa Utsukushii & Kanashimi no Wasurekata
    Liriknya Punya Makna Yang Dalem Banget Dan Punya Pengaruh Kuat Di Hidup Ane 🙂

    Most Controversial Song – Ooide Shampo
    Lagu Yang Sering Diungkit2 Oleh Orang Yang Mencari Sisi Kontroversial Dari Nogi

    Best Nogizaka’s Song – Nandome No Aozora Ka? & Inochi Wa Utsukushii
    Alasannya Sama Kayak Yang Diatas

    Best Keyakizaka’s Song – Silent Majority
    Lagu Keya Yang Paling Enak Buat Didengerin Maupun Dinyanyiin.

    The Song Who Considered The Worst – Kodoku Kyoudai
    Tiap Dengerin Lagu Ini Bawaannya Pusing Mulu 😀

    Like

    1. Lagi2 background dari lagu yang jadi masalah pas milih worst song. 😀

      Padahal kalau dari lagu, ane justru malah bilang Oide Shampoo paling bagus dari tiga single pertama Nogi 😀

      Like

    2. Ane Milih Kodoku Kyoudai Sebagai Worst Song Bukan Karena Backgroundnya Kok Gan Tapi Emang Tiap Ane Dengerin Nih Lagu Bawaannya Bikin Pusing Aja 🙂
      Bener2 Gak Cocok Sama Telinga Dan Jiwa Ane 😀

      Yup Setuju, Ooide Shampo Emang Paling Enak Diantara Side-A 3 Single Pertama 🙂

      Like

  8. Ane (gak) mau ngisi. Kenapa? Males aja 😀

    Best Song : Nandome. Kenapa? Emang paling best lagunya 😀

    Best c/w : Umareta Mama. Ane tiap inget lagu ini pasti langsung kebayang Marika dengan senyuman manisnya ❤

    Best Single : Girls Rule. Ane kan #TeamGirlsRule 😀

    Most Influence song : SekaiNiWaAiShikaNai. Satu-satunya single terbaik Keya sejauh ini menurut ane.

    Best Aransement : Nandome / SayoImi. Ane suka musik keduanya, mungkin ImaHana bakal masuk kalau gak over mellow 😀

    Most Mellow : ImaHana / Tachinaorichuu. Mungkin ini lagu Idol yang bisa buat ane mellow *karena nangis itu bukan pria sejati 😀

    Best Lyrics : Ane emang gak merhatiin terjemahan lirik lagu. ImaHana mungkin?

    Most Controversial : Mungkin yang Ost WW 😀

    Best Nogi’s song : Jelas #TeamGirlsRule #ImaHanaSquad 😀

    Best Keyaki’s song : Sekai ni wa ai shika naiii 🎵

    The worst : Getsuyoubi. Ane masih gak bisa masuk sama lagunya. Fukyouwaon ane bisa sukanya akhir-akhir ini. Bukan tipe ane lagunya 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s