Hakuna Matata

What’s this? It’s a problem free philosophy, atau setidaknya begitulah yang kita dapatkan dari lagu yang dipopulerkan oleh Disney dalam salah satu film animasinya. The Lion King yang dirilis pada 1994 membuat kata-kata yang berasal dari bahasa swahili ini masuk dalam pop culture.

Lion King menjadi film animasi ke-32 Disney, berada di tengah-tengah Aladdin dan Pocahontas. Lahir di masa Disney Renaissance, Lion King secara tidak mengejutkan menjadi salah satu film animasi terpopuler sepanjang masa. Sekarang menempati #29 dalam urutan film dengan pendapatan terbesar di dunia, dan #7 untuk kategori film animasi.

maxresdefault (1)

Menceritakan tentang dunia fabel kerajaan binatang, dimana lahirlah penerus dari kerajaan ini, yaitu Simba. Ayahnya, Mufasa adalah sang raja. Kerajaan mereka menggambarkan bagaimana hukum rimba berjalan, dan diperlihatkan makmur, tapi selalu ada sisi gelap, yaitu para hyena dan adik Mufasa, Scar, yang ingin merebut posisi raja.

Kehadiran Simba jelas mempersulit ambisi Scar, apalagi Simba tumbuh dilatih menjadi raja. Namun begitu ambisi Scar tidak pernah padam, dan pada akhirnya kesempatan itu datang. Simba yang nyaris mati terinjak-injak kawanan bison, berhasil diselamatkan Mufasa tapi Scar mengambil kesempatan dengan mendorong Mufasa sampai kematiannya.

Scar membisiki Simba bahwa kematian Mufasa adalah salahnya dan karena itu dia tidak akan diterima lagi di kerajaan. Lebih jauh lagi, Scar menyuruh Simba agar lari supaya harga dirinya dan Mufasa tidak akan hilang. Tidak perlu dipertanyakan, akibat ketakutan dan kepolosannya, Simba kabur.

Simba yang kini sendirian setelah kabur dari kerajaan, bertemu meerkat idot bernama Timon dan babi hutan yang sama idiotnya, Pumbaa. Akibat merasa dirinyalah yang menyebabkan kematian Mufasa, dan akibat tipuan Scar, Simba mengalami depresi. Disinilah mantra sakti Hakuna Matata diajarkan oleh Timon dan Pumbaa.

Yep, lagu yang ikonik ini berasal dari bahasa Swahili yang secara literal, berarti “tak ada beban” ya, kehidupan Timon dan Pumbaa yang juga sama-sama terasing membuat mereka bertiga terlibat pertemanan akrab. Prinsip yang sedikit berbeda dari makna asli Hakuna Matata adalah, di film digambarkan sebagai “jika semua memang tidak sesuai rencanamu, maka biarkanlah mereka berjalan apa adanya”

Dan yah, Simba hidup dengan filosofi mirip-mirip mentalitas Nobita ini untuk beberapa tahun, sampai dia akhirnya bertemu teman masa kecilnya, Nala. Dari Nala, Simba tahu bahwa Scar sekarang menjadi raja, dan kerajaan yang sangat berbeda dari era Mufasa karena kini para hyena menjadi lingkaran terdekat Scar.

Simba awalnya ngotot bahwa semua harus dihadapi dengan Hakuna Matata, sampai dia disadarkan oleh Mufasa lewat imajinasi yang impresif. Sadar akan takdirnya sebagai raja, dia kembali ke kerajaan untuk titel dan membalas dendam atau kematian Mufasa. Pada akhirya? Justice always prevail.

Seperti umumnya film animasi khas Disney, Lion King ditujukan untuk semua kalangan. Moral cerita utama dari film ini adalah semua akan berjalan sesuai kodratnya, bukan cuma filosofi Hakuna Matata, tapi seperti lagu lain di film ini, yaitu Circle of Life. Dan juga bagaimana Simba menolak perannya tapi sadar bahwa di akhir dia tetap harus menerimanya.

Prinsip Hakuna Matata adalah berpikir bahwa semua terjadi karena sebab dan akibat. Hidup dengan menjalani semua tanpa beban, bahwa semua yang terjadi di masa lalu tidak seharusnya dipikirkan di masa sekarang. Prinsip yang sejujurnya menarik, tapi susah untuk dilakukan di dunia nyata tentu saja.


Nah, di hari ini 20 September, adalah hari ulang tahun Manafin. Oke, kenapa sampai sekarang aku masih memanggilnya Manafin alih-alih Manafi adalah karena jauh lebih enak di lidah dan jariku untuk menambahkan “n” di belakangnya. Sounds silly, but hakuna matata.

Bagaimana aku mendukung Manafin di awal sedikit mirip dengan Bebitan, yaitu karena it just flow. Aku tidak melihat dari wajah -well, not really- atau kepribadian yang unik. Tapi karena aku merasa she’s got the x. Dan sejauh ini, aku masih belum pernah meleset jauh dari ramalan.

I had my faith on her. Selama ini dia tidak terlalu kelihatan, bahkan di KEYABINGO 3 pun aku tidak mendapat impresi yang spesial darinya. Mungkin sejauh ini hanya skit bersama Katoshi dan Memi itu sajalah yang paling memorable. Apa ini membuatku menyesal mendukungnya? Like hell it could be.

Well, untuk Manafin, memang aku tidak pernah menargetkan dia bisa besar dalam waktu singkat, seperti yang kukatakan, feel yang kudapatkan mirip Bebitan, dalam arti dia tipe yang mungkin akan grow on you. Dan memang, sampai saat ini dia nowhere near untuk menjadi populer.

HS terakhirnya ada di angka 03/09 untuk Masshirona, menempatkannya di kasta terbawah meski di sesi terakhir berhasil menambah satu blok. Kalah telak dari Hiragana non-Neru yang paling banyak menjual HS, yaitu Kyoko di angka 10/11. Dan untukku, yang biasa melihat Yumi, Bebitan, Ashurin, Aka, atau Mizuki di level menengah atas di HS, memang tak bisa kupungkiri sedikit miris melihat Manafin.

Namun aku juga tidak bisa langsung kecewa dan bicara ngawur, jika mengingat Hiragana sendiri baru akan mendapat proper push lewat Re:mind. Dan dari blognya, Hiragana sedang sibuk syuting sehingga Manafin pun tidak mengunggah sesuatu yang spesial hari ini. Justru lebih ke blog sesama Hiragana yang mengucapkan selamat.

Rendahnya HS yang didapat Manafin membuka mataku bahwa ini adalah realita lain dalam ngidol. Tidak selamanya oshi yang kita dukung selalu member populer. Untukku, dari Sakamichi saja, kecuali Aka dan Mizuki, adalah member-member yang meulai dari low tier.

Yumi dan Bebitan dari Under, sementara Ashurin naik turun senbatsu di awal. Aka baru mendapatkan momentumnya setelah menjadi vice-captainsementara Mizuki mendapatkan privelege lebih dari awal, hanya sekarang menurun dan terkesan menjadi kambing hitam fanbase member lain.

Nah, Manafin berbeda, setidaknya untuk saat ini. Dia masih berkutat di kasta terbawah Hiragana, tapi justru membuatku merasakan kembali, secara penuh, bagaimana mendukung member yang ada di kelas kedua. Proses dan progress, bukan menjadi glory hunter -was this a bit exagerrating?-

Untukku, filosofi untuk Manafin hanyalah Hakuna Matata, dijalani saja karena apapun yang harus terjadi, maka akan terjadi. Que sera sera atau Murphy’s Law, atau Hakuna Matata, ini adalah sisi lain dari ngidol. What truly matter is how you support your oshi, regardless of popularity and all that matters.

At last but not least, happy 19th birthday, Manafin.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

41 Comments

  1. Karena jadi fans karbitan dan “asal klaim yang cantik dan populer” terlalu mudah sekarang. =))

    Pesan ane sederhana, jadilah fans Yagura Fuuko. Doa mereka tiap Fuuchan ulang tahun itu nyeleneh tapi dalam,
    “Semoga Fuuchan ga pernah populer, sehingga tidak ada yang bisa kita sombongkan sebagai fans-nya.” 😀

    Karena apalah artinya arogansi ketika yang belagu begitu mudah lompat pagar saat rumput sendiri tak lagi hijau?
    😀

    Like

  2. HBD, walau ane gk tau klo Manafi hari ini ultahHBD, habis gk ada undangan yg datang sih 😀

    Soal urusan populer, itu bukan tergantung penjualan HS, tpi mmber tersebut dikelilingi srigra atau enggk,
    nah spertinya Manafi dah dikelilingi srigala, brrti dia populer 😀

    Skali lagi HBD buat Manafi, sukses breng Hiragananya 🙂

    Like

    1. Sorry, gak ada undangan buat yang suka dateng kondangan sambil bawa2 karung 😀

      Teori yang luar biasa 😀
      Tapi kalau gini apa kabar Lord Kotoko? 😀

      Like

    2. Pdahal ente yg ngajarin hal kyk gitu 😀

      Loh kok nyangkutin ke lord KTK pula, lord KTK kan juga bnyak yg ngenyrigalain, cuma gk berani terang2an, tkut kena kutuk 😀
      Jadi lord itu super duper populer sbenarnya 😀

      Like

    3. 5w 1h

      Yah bisa dibilang gitu, tpi kata cemen utk mnggambarkan ketakutan akan kuasa lord KTK emng wajar, lbih baik dikatain cemen ktimbang kena kutukan lord 😀

      Like

    4. Sekolah lagi gih, jgn bolos, jgn nitip absen, jgn duduk dibelakang trus tidur/ngoborl, biar tau 5W 1H itu apa 😀

      Enggaklah, ane terlalu respect ke lord KTK, jd gk bisa jadi srigala cemen soal Beliau-sama 😀
      *sangkin respectnya pake kata beliau + sama lagi 😀

      Like

    5. Udah, tpi pake cermin boongnya doraemon sih 😀

      Hadeh, lagi2 males banget nanggepin komen gk nyambung gini, sekolah lagi gih! Jgn asyik ngidol mulu 😀

      Like

    6. Pantes 😀

      Kalau bisa sih jelas pengen sekolah lagi lah, gak pake mikir ribet2, terutama urusan duit 😀
      Ngaku aja lah, ente juga kan? 😀

      Like

    7. Mikir apa coba? Paling cuma mikir alasan kenapa gak bikin PR kan kalau ente? Atau mikir alasan buat kabur dari kelas? 😀

      Kalau ane sih mikir gimana dapet duit jajan yang banyak doang sih ya, murid teladan sih 😎 😀

      Like

    8. Ente lagi mencoba mengenang masa2 kelam sekolah ente ya? 😀

      Pas jam olahraga, yg laen kluar kelas ente pura2 sakit n diam diri dikelas, trus menjalankan aksi mencari uang jajan tmbahan, gitu ya? 😀
      * ane lagi gk curhat loh ya 😀

      Like

  3. Manafi, HBD, gomen and love you. 🙂 Saat ini, dirimu dan Toshi lagi ada dipikiran dan hati ane. 🙂 Suka sama Kansai-ben dia, sisi M-nya, jahilnya dia ke Sari, garingnya. Tinggal tunggu waktu aja. 🙂
    Ga tau nih, kalo liat Manafi, ane bawaannya senyum dan ketawa bahagia. Menarik, lucu, imut, konyol. Ane berharap dia bisa berkembang lebih lagi, jadi ntar bisa lebih keliatan. 🙂

    Like

    1. Sayang min kalo yg udah dimakan dikeluarin lagi. Lebih baik, telen aja bulet2. 😀

      Kan ane ambil foto blog anak Keya tiap hari. Jadi tahu dikit lah, perubahan Manafi. Dari dia yg keliatan aneh pas ambil foto dengan senyum canggungnya, hingga sekarang dimana dia udah tahu, sisi imut dan manis mana yg dia punya. Bahkan beberapa diantara fotonya sudah berani menggoda. 😀
      Intinya, ane ga klaim. Cuma kagum dan sayang, macam ane ke Ikuchan. 😀

      Like

    2. Komen ente terlalu bikin perut mual 😀

      Setdah, tiap hari. ANe aja paling seminggu sekali paling banter 😀
      CUma bisa bilang satu kata: Karma! 😀

      Like

  4. Prasaan yg sama trhadap ane ama my baby smol karin dan lord KTK 😀
    tp akhir2 ini rada rusak gara2 postingan laknat kmren. Karin jd bnyak yg lirik dan delusiin yg gak2.

    Well,met milad y manafin prjalanan masih panjang 😀

    Like

  5. Manafin, the girl who conceded little wave in the big thing, have a good will, and get more positive energy, good luck in the future

    bau inget mac lagi sakit pilek dia, get well really soon, inget, manafi senbatsu, antara podcast atau bakar bakaran, hehe

    Like

    1. Btw, besok sabtu lo, lusa dah minggu, dan saat manafi dipanggil saat senbatsu, maka saatnya bilang auuu….

      Like

  6. Mungkin ini sama kayak a ne dukung Hinatan. Sejak NGT kebentuk, ane langsung jatuh cinta sama Rikachan. Dapat push yang lumayan (lumayannya bisa dibilang dikit, tapi lebih banyak dari yang member rakyat jelata yang lain) dan main drama. Di drama itu, ane ketemu Hinatan yang juga dapet peran. Gingsulnya buat ane langsung ngeklaim dia 😀 Dan sebelumnya ane emang udah memperhatikan dia karena dia setiap perform entah kenapa buat ane salkus 😀 Hinatan HS awalnya miris. Bahkan lebih dikit dari Tsugimin (salah satu best HS seller NGT) kala itu. Tapi, lama-kelamaan management mulai favorit sama Hinata. HSnya yang naik secara berkala mungkin jadi alasan utamanya. Dan akhirnya Hinata yang awalnya gak banyak yg tau jadi banyak yg klaim sana sini.

    Tenang aja min. Enak rasanya ngeliat proses yang gak langsung jadi besar itu 🙂 Dan Manafi chuuu sekali. untung dia masih sodaraan sama Marika kalau gak udah ane klaim 😀

    Like

    1. Ya ya ya, entah kenapa ane malah baca sejarah perserigalaan seseorang di grup lain 😀 😀 😀
      Boku wa iya dah 😀

      Dan ini satu lagi yang bau2nya menjurus ke Manafin 😎

      Like

  7. Itu sejarah menemukan cinta sejati dan tambatan hati min. Bukan sejarah perserigalaan 😉

    Tenang. ane masih setia sama kakaknya Manafi yang pipinya empuk sekali itu min 🙂

    Like

  8. Oshinya sama min 😀
    Dari pertamakali liat hiragana, langsung jatuh hati ke Manafi, khususnya pas perkenalan hiragana pertamakali di keyakake.
    Setuju dengan pendapat om admin, Manafi cukup menajalani aja apa yg terjadi dan pastinya tetep sambil diiringi usaha keras. Ini rasanya kayak dukung Ashurin atau Ranze yg dari bawah pelan² mulai naik. Moga kedepan Manafi pun bisa terus mengembangkan kemampuannya.

    Like

    1. Oshi Hiragana maksudnya? 😀

      Well, buat ane, kaya kembali ke beberapa tahun lalu sih. Cuma karena sekarang ada member baru Hiragana juga, mungkin konsentrasi ane bakal kepecah 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s