Sakamichi Review : Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru MV

Akhirnya Sakamichi Review untuk Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru rilis. Sedikit terlambat dari biasanya, karena timing rilis MV yang benar-benar tidak membuatku mood untuk menulisnya. Well, bahkan senbatsunya saja membuat kurang mood. Nah, langsung saja, ini dia Sakamichi Review pertama untuk akhir tahun ini, MV dari Itsuka Dekiru Kara.

Pertama-tama, harus kuingatkan bahwa sebagai OST, apalagi di film yang hampir keseluruhan cast-nya adalah member sendiri, maka tidak bisa tidak MV ini akan membawa unsur film dan ceritanya ke dalam storyline MV ini sendiri. Ada beberapa bagian yang menurutku masih harus dibantu melihat filmnya untuk bisa dinikmati secara penuh.

Di scene pembuka, entah harus disayangkan atau disyukuri, latar belakangnya adalah area pertandingan naginata yang entah kenapa malah terlihat mirip studio. Mungkin karena lighting yang terlalu terang jadi berkesan begitu, ditambah lampu di bagian atas yang sedikit mengingatkan pada Nigemizu.

Kostum yang dipakai disini juga mirip-mirip dengan Harukanaru Bhutan atau Sayonara no Imi, terkesan etnik, untungnya enak dilihat karena warna birunya tidak terlalu glittering. Bagaimana MV dibuka dengan dance scene menurutku menarik karena sudah cukup lama main single Nogi tidak memakai pattern ini di fall single yang biasanya kental dengan storyline.

Membicarakan storyline, karena ini didasarkan pada peran member di stage play atau filmnya, maka tidak banyak hal menarik. Hanya saja cukup banyak easter eggs, diantaranya Kaz, Manatsu, dan Hoshimina yang berperan sebagai penonton dengan pakaian bebas saat member yang ikut terlibat di proyek Asahinagu memakai seifuku.

Kemudian scene latihan yang diambil dari filmnya menurutku adalah pancingan yang bagus untuk menarik penonton. Far better than Onna wa Hitori ja Nemurenai tentu, karena kali ini member terlibat langsung. Jika aku melihat dari sudut pandang orang yang sama sekali buta tentang filmya, pancingannya kena.

Selanjutnya ada bagian yang cukup membuatku bingung. Ikuchan digambarkan ada di sekolah rival di film, hal ini terlihat di satu scene, tapi di scene berikutnya cukup aneh. Dia terlihat bersama dengan member dari sekolah Asahi dan sepertinya berada di masa depan. Begitu juga dengan Sayuringo, Bebitan, dan Reika yang juga sedikit melenceng dari storyline filmnya -sejauh pemahamanku-

Beberapa easter eggs dan pancingan lain termasuk Ashurin yang terlihat menggambar saat-saat pertandingan naginata dan juga Maharu. Lalu Naachan dan Maiyan yang terlihat di stasiun -atau kelihatannya begitu- jelas ini berhubungan dengan film jadi aku tidak bisa bicara lebih jauh.

Mungkinkah MV ini digambarkan sebagai sekuel dari storyline filmnya? Karena termasuk scene-scene yang kusebut di dua paragraf terakhir, maka kesan yang kudapat adalah mereka seperti bersiap mengadakan reuni, timeline waktunya maju dari film. Should wait for premiere then, eh?

Untukku entah kenapa storyline MV ini sedikit jagged. Feel yang kudapat tidak sekuat Otona wa Hitori ja Nemurenai jika melihat kedua lagu sama-sama diposisikan sebagai OST. Tidak semembingungkan Otona memang, tapi mungkin karena storyline Asahinagu yang kurang lebih sedikit lebih familiar untukku ketimbang film Wonder Woman, maka entah kenapa feel-nya kurang, terlebih dari segi karakter.

Untuk urusan screentime, secara umum tidak ada masalah berarti bagiku. SayuMari mendapat jatah yang decent sesuai dengan -at last- status Fukujin mereka. It’s a bless, karena disini terutama Sayu terlihat fabulous dengan rambut pendeknya. Untuk Bebitan, karena penampilannya di film juga tidak beda jauh dengan biasa maka aku tidak bisa mengatakan sesuatu yang wow.

Mengenai kenapa Maiyan yang mendapat second line, padahal bukan WCenter, aku merasa tidak ada masalah. Ingat, lagu ini ada sebagai OST filmnya, maka wajar dia yang berperan sebagai protagonis kedua mendapat jatah ini. Pemilihan Ashurin sebagai WCenter lebih karena dia yang memerankan Asahi di stage play. Jadi tidak ada yang dirugikan juga.

Sementara untuk member lain, oke. Memang sedikit lebih berat ke member yang ikut main di film, ambil contoh Yumi vs Maiyan yang berbeda jauh jatah screentime-nya. Tapi wajar saja, karena ini dibuat untuk kepentingan film jadi tentu akan memprioritaskan member yang ikut di filmnya. Pengecualian untuk Miona karena dia front row.

Karena banyak bagian yang diambil dari film, maka aku pun hanya mendapatkan member-member ini yang mendapatkan solo shot selama MV, dari bagian non-dance scene atau non-movie scene. Cukup adil juga, mengingat sebenarnya ada beberapa member lain yang juga dapat tapi sayang terlalu buram screenshot-nya.


乃木坂46 『いつかできるから今日できる』.mp4_000266265
Dance routine yang mirip-mirip grup hijau

Secara umum, aku melihat MV ini tidaklah semenarik single-single musim gugur dari Nogi. Not the best one for sure. MV ini lebih pada pelengkap puzzle Asahinagu, bukan gambar yang ingin ditunjukkan puzzle itu. Terlebih, bukan kepingan yang besar. To be harsh, MV ini hanya medioker.

Tidak ada storyline yang jelas seperti yang diharapkan, meski untuk ini mungkin akan ada pembelaan “ini hanya bumbu sekaligus pancingan untuk filmnya” dan yeah, aku sendiri tidak akan bisa mengelak jika dijawab begitu. Nah, kenapa aku sampai bilang medioker jika ada alasan demikian?

Jawabannya adalah editing yang terkesan malas. Memasukkan potongan dari film tanpa diedit lebih lanjut, at least menghilangkan black bar itu menjadi poin minus untukku. Apalagi yang digunakan tidak berbeda dari trailer yang beredar, di mataku, what’s the point then? At least, give some effort, guys.

Poin kemalasan ini menjadi yang paling mengesalkan. Padahal secara keseluruhan ketiadaan storyline ini lumayan bisa ditutupi dengan banyaknya close up dan teknik pengambilan gambar yang masih standar Nogi. Speak about Harujion. Nilai jual MV ini jatuhnya di visual, tidak buruk, mengingat statusnya yang juga sebagai pelengkap.

Dan dari info, sutradara MV ini sama dengan banyak MV AKB, but this won’t justify anything, karena dari CV juga dia menyutradarai RIVER. Dan menurutku jika MV ini dibilang berbau 48G, entahlah, karena menurutku tidak sama dengan NGT atau STU. Nogi juga memiliki MV yang terlihat seperti ini sebelumnya.

乃木坂46 『いつかできるから今日できる』.mp4_000127126
When it’s boring, no need to hide it

Overall, mungkin memang MV ini ditujukan sebagai pemanis saja, agar mendongkrak penjualan album sekaligus filmnya. Apakah akan berhasil? 100% aku bisa bilang iya. Demand terhadap film live action yang diangkat dari animanga tidak pernah pudar, meski ujung-ujungnya selalu berakhir baik atau buruk. Kalau bagus ya syukur, kalau gagal toh mereka bukan satu-satunya.

Dari segi penjualan single, bisa kubilang trend-nya masih naik. Dari HS untuk Itsuka di round 2 sudah 7 member yang sold out. Menariknya, 4 dari 7 itu adalah member Gen 3 : Centauri dan Ume. Ini menunjukkan mobilisasi pada Gen 3 -untuk sementara- tidak tergantung pada push.

Mungkin ini bisa berarti baik, mengingat seharusnya manajemen pun tidak selalu memberi push berlebih pada mereka. Meski stage play akan segera muncul, tapi kurasa ini masih terlalu cepat untuk mengatakan posisi mereka terbantu push itu. Mungkinkah fanbase Gen 3 sudah maju sejauh itu?

Apapun itu, kali ini aku akan menunggu filmnya, untuk bisa menikmati MV ini sepenuhnya dan mendukung teori timeline-ku. Bagaimana dengan kalian?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

70 Comments

  1. satu yang agak ngeganggu itu perbedaan framerate dari cuplikan film sama mv. framerate buat mvnya terlalu tinggi yang malah bikin mvnya keliatan kurang “real”.

    Like

  2. Kayak nggak sinkron ketika ngemasukin story filmnya yang rada rada vintage ama mvnya yang brightnessnya mentereng banget…. Ia aku juga rada nggak terima ketika seharusnya ashurin yg ngisi second line diganti maiyan. Yah walaupun maiyan pro di movie tapi kan tetep si ashu pemeran utama di stage play. Mgmt mah nggak adil.

    Like

    1. Yah, namanya juga MV buat pelengkap jadi gak bisa berharap banyak.

      Buat kontroversi Maiyan-Ashurin, berhubung ane udah ngasih pendapat ane jadi pass deh 🙂

      Like

  3. Poin Plus
    – Kecantikan Member Naik Berkali2 Lipat Di MV Ini ❤
    – Dancenya Cocok Dengan Lagunya

    Poin Minus
    – Ada Selipan Cuplikan Film Yang Beda Dari Segi Pewarnaan
    – Screentime Yang Didapat Miona Cuma DIkit, Berasa Doi Gk Jadi Frontrow

    Like

  4. “Ikuchan digambarkan ada di sekolah rival di film, hal ini terlihat di satu scene, tapi di scene berikutnya cukup aneh. Dia terlihat bersama dengan member dari sekolah Asahi dan sepertinya berada di masa depan” <– jgn bingung pak, cerita drama Hatsumori Bemars juga gitu, Maiyan n Misa yg jadi rival tiba2 pindah sekolah dan gabung ke sekolah Hatsumori 😀

    Tokoh utama dari MV ini kyk Asuka seorang, scene Nanase lbih bnyak diambil dri cuplikan filmnya, sdngkan scene real MV nya lebih bnyak Asuka. Yah mungkin emng gitu x ya pmbagiannya, Asuka yg maen stage pkay dibnyakain di scene real MV sdngkan Nanase diambil dri film, cuma klo yg gk tau bisa bilang Asuka jd solo center dri MV ini 😀

    Trus gmbar wanita yg dibambar Asuka itu, lord KTK kah? 😀

    Dan setuja sama gan Brokoli, Miona kyk bukan front row

    Like

    1. Makanya, jangan komen malem2 pak, apa hubungannya coba Hatsumori sama Asahinagu. Penulisnya beda, ceritanya beda, formatnya juga beda 😀

      Enggak bisa bilang gitu juga, toh Naachan juga dapet bagian pas di stasiun, Ashurin cuma dapet dua scene; pas gambar sama pas jadi penonton. Beda satu doang. Bedanya Naachan dapet juga bagian dari film.

      Ini apa lagi coba nyerempet Lord 😀

      Ane kok gatel pengen nabokin ya 😎 , padahal tanda2 Miona di front row itu udah banyak banget, mengingat dia gak ikutan di filmnya. Bandingin sama mereka yang gak ikutan di film dan cuma di 2nd/3rd row 😀

      Like

    2. Aduh bapak yg gk nangkep maksud ane, maksudnya ya jgn bingung jg klo ceritanya agak aneh, lagian Iku gabung sma murid Asahi versi stagepaly yg mungkin bagi sutradaranya di adegan itu mreka gk mewakili murid asahi versi stageplay tp lbih ke skumpulan gadis biasa 😀

      Klo ane liat versi scene MV nya tetep Asuka lbih bnyak bagiannya, sdngkan Naachan emang bnyak jg tpi ada juga adegan berbgai scene sama Maiyan, sdngkan Asuka lbih bnyak solonya, dan kesan dari Asuka yg ngebuat gmbar seolah dia yg punya cerita di MV ini 😀

      Loh jgn bawa2 member film atau stageplay dong pak, tpi bndingin jtah Miona sbg front row dgn 3 memmber front row laennya, Klo pun ada adegan Mionanya itu lbih bnyak adegan dgn member lainnya 😀
      Yg ane liat, mulai dari yg pling dikit, Miona, Maiyan, Naachan dan yg pling bnyak Asuka jatahnya 😀
      *minum dulu, sampe keselek ane nulis komen ini 😀

      Like

    3. KBBI mana KBBI, konsentrasi penuh, baca penuh penghayatan karena ini bakal melelahkan 😀 😀 😀

      Oh.Gitu.Toh.Pak? #wakarobostyle

      Sekali lagi, stageplay vs film.

      Sekali lagi, ini dibuat untuk kepentingan film jadi yang diprioritaskan itu yang ikutan di film.

      Sekali lagi, dapet piring cantik ente 😀
      pc

      Like

    4. Ya sudahlah, klo ente bilang “Sekali lagi, ini dibuat untuk kepentingan film jadi yang diprioritaskan itu yang ikutan di film.” maka rasa janggal ane antra Asuka n Nanase di MV ini masih blum hilang 😀

      Like

    5. Ntah, ane pun baru sadar, kyknya ane dah tertular penyakit berpikir keras dari ente, untung ane cepet sadar dan akhirnya mmutuskan untuk merileksasikan pikiran dgn joget sambil dngerin lagu Ookami ni Kuchibue wo 😀

      Ane gk bosan 😀

      Like

    6. Iyalah, serigala ya serigala aja, sono kumpul sama sejenisnya dan nari tarian tradisional Ookami 😀

      Miona dilupain nih, pake itu mulu 😀

      Like

    7. Srigalain ZUkki, Manafi ah, toh dah dikatain srigala emski dah dibilang tidak brp x, jadi ya sudah, jahar aja 😎

      Ente mabok? ngoplos apa? 😀

      Like

    8. Jahar??? Apa ini bahasa baru atau sekedar typo? Hmmmmm….. 😀
      Benerin typo dulu gih sebelum main serigala2an 😀

      Apa yang dibicarakan? 😀

      Like

    9. Hajar itu maksudnya, pas nulis itu Zukki sama Manafi ngegelitikin ane sih 😀 😀 😀 😀

      Lah itu ente bilang ane ngelupain Miona, ngoplos brrti ente 😀

      Like

    10. Bagus deh klo gk percya, itu sama sja ente gk percaya klo ane bisa nyenrigalain yg bukan hak ane 😎

      Lah waktu ane sering pake Miona, knp ente gk nanya “Dah ngelupain Ikuchan?”. mengada-ngada nih 😀

      Like

    11. Gk bahs apa2, ane lagi kumur2 aja tadi (hhhhh)

      Yg dah grad dah teang dipelukan ane, gk usah dipake2 lagi buat meme2an 😎

      Like

  5. Mv dengan visual yang indah,terutama member nya😆😆paling suka pas dance di auditorium dan close up member,,,benar2 mantap jiwa,benar2 fanservice ya,

    Cuplikan filmnya terkesan dipaksakan untuk masuk,kalau gak ada itu malah bisa tambah lebih bagus ya?

    Ikoma😍😍 row 3 tapi berasa fukujin

    Ada alasan Ashu ngelukis Maiyan?

    Secara keseluruhan,lumayanlah ngebantu buat dengar lagunya karena untuk dengar lagunya ane bakal butuh mvnya.

    Like

    1. Seenggaknya soal screentime gak ada masalah dari segi ini.

      Kalau diedit dikit aja, udah cocok2 aja sih.

      Alasan? Kayanya udah ane tulis, itu Maharu. Kan ceritanya Asahi ngefans sama Maharu.

      Ane masih nunggu lagunya sebelum bisa nulis soal ini.

      Like

  6. halo numpang komeng,
    lagunya bagus,
    cuman pas nonton malah ane ga sadar udah berpaling aja dr videonya, ga ane tonton buat fokus merhatiin MV keseluruhan, ane rada bosen, untung memba cakep2

    Like

    1. Wah udah langsung ke lagu aja nih, kalau ane sih belum mendalami lagunya, masih kurang enak kalau dari MV 😀

      Terus gimana, enak atau enggak? 😀

      Like

  7. Buat saya MV ost terbaik masih dipegang dia https://youtu.be/pwE36qz7E_o 😀

    Kl buat saya pribadi,MV Nogi ini saya kira cukup bagus,aura dan kecantikan member disini keluar 😀
    berhubung ini untuk ost film,memasukan beberapa scene dari film’y bagus..jd fans yg tadi’y tidak tahu kl member bermain dlm film ini jd tahu,pun sebalik’y,penikmat film LA yg tdk tahu Nogi krn MV ini bisa tahu 😀
    Soal Iku yg kata’y rival tp barengan sama murid sklh si Ashahi,gpp itu mh krn rival gak selalu harus musuhan atau gak boleh barengan..kurang2i nntn sinetron lokal’y min 😀
    Mau tanya min,emang kl sutradara’y srng kerjasama sama 48,MV ini jd rasa48?krn dngr2 bnyk yg bilang MV ini rasa 48..tp saya gak merasa gitu,rasa 48 dr MV ini yg mana?krn scene2 close up nya? 😀
    entar kl Keya kerjasama sama sutradara ini,bisa2 dibilang rasa 48 juga 😀
    Nogi=Nogi,Keya=Keya,48=48..mereka beda tp punya satu kesamaan,sama2 pantas disayang walaupun kadar syng’y beda 😀

    Like

    1. Kalau buat ane sih ini https://youtu.be/rpzchqFsSSg 😀

      Gak salah tuh, pecinta+penikmat+pemerhati+aktivis sinetron lokal (baca:ente) nasehatin buat gak nonton sinetron? 😀

      That won’t justify anything. Ane juga udah nulis pendapat kalau “rasa 48” itu sama sekali gak ane rasakan kali ini. Yakali.

      Like

    2. Dulu’y pasti prnh pengen jd ultraman ya 😀

      Pemerhati sih bisa jd,tp kl penikmat mh gak..1eps cukup buat menilai kualitas,dan hasil’y gak ada yg layak tonton,terutama buat anak2 muda seperti saya 😀

      Rasa yg ada,hanyalah rasa sayang 😀

      Like

    3. Ane kenal V6 duluan sebelum Arashi 😀

      ANak muda? Sadar diri gak nih ngomong begini? 😀

      Ngomong kemana nyambungnya kemana, belum bayar tagihan telkom ya? 😀

      Like

    4. Suka BB nya ato lagu2’y? 😀

      Komen ini saya tulis dgn sesadar-sadar’y tanpa ada paksaan 😀

      Kmn we min ngomong mh asal dibayar 😀
      Bukan tipe yg suka serius2,krn kl serius sulit pake bahasa yg baik dan benar buat utarain’y 😀

      Like

    5. Waktu itu internet mana ada cepet2nya sih, ane juga baru tahu itu V6 boyband beberapa tahun kemudian 😀

      Efek PCC kali ya makanya ngaco 😀

      Boku wa iya dah 😀

      Like

    6. Skrg kn sudah tahu,trs gmn?makin suka ya sama BB’y,bkn lagu’y? 😀

      Tinggalin PCC min,gak baik 😀

      Like

    7. Iyah pernah,kali aja yg ini jg fav’y 😀

      Yaelah min,kl ngomongin saya hrs’y tentang menyayangi dan disayangi..krn itu bidang saya,bkn pcc dkk 😎

      Like

    8. Tetep cuma “badai” fav’y,gak akan nambah? 😀

      KS min alias Kasih Sayang,terlalu bnyk konsumsi itu..PCC mh jgn,bikin rusak,mndng KS,bikin bahagia 😀

      Like

  8. Berharap scene dancenya dibanyakin. Koreo-nya elegan dan menarik plus underrated (setidaknya di mata fans int.). Dance dan kostumnya cantik. Coba kalau sekalian fokus ke dance mix cuplikan film. Mungkin malah lebih optimal.

    Overall oke. Malah anehnya gw lbh suka ini drpd SayoImi. Kostum, MV, dan lagunya. Jujur aja gw termasuk orng yg salty sama MV
    SayoImi karna Na2se muncul lbh banyak drpd Na2min.

    Kalo sekarang fine2 aja karna konteksnya emang Nanase center utama dan Maiyan tokoh penting dlm film. Selain itu, praktis cuma Maiyan yg jd andalan untuk menarik penonton di luar wota. Jd, impas.

    Overall, di single lbh tertarik sama 3rd gen, lagu mereka dan waka gundan, dan Ikubo. Penasaran sama lagu lengkap Atarashii Kafun. Aseem bener, duet Ikubo ga dapet MV diputer cuma seuprit.

    Untuk HS, kepikiran sama Ranze. Kecepatan penjualan dia turun cukup drastis? Pindah ke gen 3 kah?

    Tanpa push, antusiasme ke member tertentu bisa turun. Setelah Ayane, sekarang Ranze.

    Like

    1. Tapi kesannya ganggu gitu. Kan ashurin w center ama nanase masa 2nd line dikasih ke maiyan 😂😂 lagian ashurin juga nggak kalah populer kok dari maiyan.. Bahkan sama kok populernya!!!

      Like

    2. Madoka
      Emang sih dance-nya bagus, tapi buat ane, warnanya terlalu mencolok, sama kaya Nigemizu. Ane pengen warna kalem lagi atau agak gelap sekalian. Kidzuitara contohnya.

      Nah, ini kan soal Naachan + Maiyan, gimana porsi Ashurin?

      Ane belum dengerin preview sama sekali, bikin review gak bisa enak sih 😀

      Mungkin aja, lagian bisa dibilang fanbase dia kecewa gagal masuk senbatsu Nigemizu, mana gagal center pula. Padahal tahun ini ane kira juga bisa jadi momentumnya Ranze.

      Moeno
      Jauh, masih jauh banget level+public recognition-nya… masih level Bishop vs Queen…

      Like

    3. Terlepas dr dugaan bhw line up ini awalnya solo center…..

      Yah… sebenarnya ga mau nyulut api. Tapi mari lugas aja…..

      Momentum Maiyan di general public sdg tinggi2nya. Jauh kalau dibandingin member lain. Beberapa artikel menulis, 2 member yg udah level out of idol frame: Shiraishi dan Ikuta. Yg benar2 jd sensasi nasional cuma Shiraishi. Dia lbh news worthy. Di berbagai poll public kaliber dia Gaki, Ishihara Satomi, Yamamoto Mizuki.

      Peran PR Maiyan untuk AsahinaguProj sprtinya lbh ‘besar’ dbanding ego fans.

      Janggal? Memang. Tapi ini bukan yg pertama, jd (gw) kalem aja. Terganggu? Nggak juga. Suara Maiyan lbh mending untuk menggangkat solo line kedua dbanding Ashu. Udah tahu duluan lagunya dan agak aneh malah pas tahu line upnya.

      Sbagian Ashu-oshi protes, wajar. Tapi kalau dirunut, menurut gw harusnya Maiyan team yg merasa di-PHP. Lagu muncul duluan, lumayan banyak yg bikin prediksi berdasarkan pembagian line.
      Kalau lihat di channel beberapa fans rata2 memprediksi 20nin, 6 front

      Iku/Misa-Miona-Nanase-Maiyan-Ashu-Misa/Iku

      ######
      Soal ranze,

      Masih observasi. Tunggu ronde depan. Hipotesis: fanbase emang belum sebesar kelihatannya dan masih banyak fans musiman. Ada yg lbh fresh, pindah ke yg baru. Apalagi penambahan blok untuk gen 3 ga tanggung2.

      Atau fans Nanase dkk masih menimbang2 mau ngelamar member yg mana.

      Like

    4. Yah, balik lagi ke general recognition, tapi untuk ane, ini sedikit blunder. Bukan karena ane jelas di stan Ashurin, tapi ane ngerasa porsi Maiyan mungkin harusnya dibikin kaya Ikuchan -which is not likely to happen- atau bikin Ikuchan di front row juga. Dengan gitu spotlight bisa lebih rata, mungkin. Well, ini diposisikan sebagai pelengkap film, peran emang lebih dicondongin ke member yang ikutan film, tapi juga bikin meh kenapa justru malah Asahi versi stage play yang jadi WCenter, bukan dua protagonis utama di filmnya.

      Tapi sekali lagi, emang susah kalau bicarain soal ini yang bisa bikin semua pihak (sedikit) puas. Win-win solution? Lebih ke compromise everything buat ane.

      Mungkin juga sih, atau emang strategi Vini Vidi Vici Gen 3 jauh lebih efektif dari strategi down-to-earth Gen 2? 😀

      Like

  9. Lagu
    Sedikit review aja, karena dari MV ini, ane baru tahu lagunya kayak gimana. 😀
    Intro dibuka dengan permainan piano yg memberikan kesan misterius/elegan. Setelah itu, biasa aja. Tapi, bisa dikatain, lagunya pas buat single utama. Catchy dan mudah diinget. Beberapa nada awal reff mengingatkan ane pada Mirai no Kotaenya gen3. Sekian. 😀 Kok ane jadi takut liat penampilan mereka di MSte kemaren, ya. 😀

    MV
    Bingung. Alur ceritanya ga jelas. Sisi pewarnaan juga kurang menyatu. Seperti banyak potongan video dimasukin begitu aja. Pas scene di bus, mengingatkan ane pada MV Sakura no ki ni narou.
    Tapi, MV ini tertolong dengan adanya scene ini https://goo.gl/sgMguQ ❤ sejenak nafas ane berhenti karena kagum akan keelokan wajahnya. ❤ YUMI, ANE MENCINTAIMU!!! ❤ ❤ ❤
    Overall, amburadul. Ane juga ga terlalu perhatiin screentime dan sejenisnya. Ga ada perasaan senang dan excited macam pas liat MV Nigemizu. Jadi, kebanting. 😀 Tapi, mungkin akan berubah setelah liat beberapa kali 🙂
    Satu lagi yg ane ga suka, wooden floor x high heels = ga banget. Lebih keren kalo member nyeker atau pake sneakers. Rasanya lebih nyaman.

    Kalo ane yg jadi penulis cerita MV, ane bikin cerita yg mirip dengan Sakura no ki ni narou. Member udah grad, termasuk rivalnya. Lalu mereka mengunjungi sekolah dan tempat mereka bertanding dulu. Disini, bisa deh dimasukin potongan/trailer filmnya, buat menggambarkan kenangan mereka. Kalo gini, lumayan nyambung menurut ane. 😀

    Btw, ini yg menyutradarai sama dengan sutradaranya Ookami? Kok agak mirip, khususnya scene close up wajah member.

    Like

    1. Lagu, no comment, ane gak mau review ane kena influence 😀

      Ya, ya, ya, gampang amat kena pancingan solo shot. Korban virus serigala 😀

      Kalau terlalu detail, entar siapa yang mau nonton filmnya dong? 😀

      Jangan bilang “rasa 48” lagi deh, inget, di CV sutradaranya, dia juga di balik kemudi buat RIVER. So?

      Like

  10. Dripda males ane lbih nilai mv yg terburu2 😀

    Itu adegan nanamainya co cwitttt bgt sih,pke mau pisah sgla tp akhirnya balikan jg. G bs mungkiri klo nana g bs hdup tnpa mai 😀
    *ane ngomong apa sih XD

    Lgian ane ngerasa singlenya bukan maincourse tp filmnya, jd y macam pelengkap aja 😀
    Oh y kesalahan trbesar llc kedua stlah gen2 y g adanya mv buat ikubo. Udah tau itu musikal g dkasih mv y gmn mw nikmatinnya, walopun suara mrk bagus kayak gmnpun ttep btuh visualisasi lah.
    Llc BAKA!

    Like

    1. Haste makes waste, hasute to wasute? *pengen liat mechaike bakajo jadinya 😀
      htw

      Virus Yuri lagi kumat ya? 😀

      Nah, emang gitu kan 😀
      Ane no comment lah kalau udah bahas lagu 😀

      Like

  11. Satu hal yang paling bagus dari mv ini, cintakuh Marika screentimenya banyaaaak sekali ❤❤❤❤❤❤❤❤❤ Ini kalau dibanding 2nd row lainnya, kecuali Ikuchan.

    Soal Maiyan yang dapat 2nd line itu karena ya management emang maunya gitu. Bukan cuma Maiyan loh yang dapat jatah gak sesuai posisinya. Ikoma juga. Bahkan pas perform 2nd row sama 3rd row digabung-gabung nyanyinya. Jangan salahin Maiyan aja. Maiyan cakep gitu disalahin. Ntar ane kirimin rudal lu pada 😀

    Dan tolong yang bilang Asuka sama populernya sama Maiyan jangan buat ane ketawa dong 😀 Asuka emang populer. Tapi jangan dusamain sama Maiyan 😀

    Like

    1. Serigala kembali beraksi, makanya adek ane gak semangat, gimana mau semangat kalau didelusiin serigala mulu

      Sekali lagi, ini buat kepentingan film. Telen aja udah 😀

      Jangan buat Yao MIng ketawa juga 😀
      bitch

      Like

    2. Mimin salah tangkap. Justru Marikacinta sedih gara-gara cinta kami tidak direstui oleh Abang Ipar 😀

      Ane sih selow aja. Hidup ane kan emang selalu selow 😉

      Umpanya Raisa sama Chelsea Islan. Orang awan kalau ditanya siapa itu Raisa pasti langsung bisa jawab. Kalau Chelsea belum tentu semua tau. Meski dua-duanya populer 🙂 Ah tapi bodo amat udah. Maiyan kan cintanya sama ane ❤❤❤

      Like

  12. lagunya bagus cuma mvnya ada minusnya si walaupun uda bagus 😀
    menurut saya bagusan awalnya lebih fokus ke storynya, terus endingnya dance kayak ima hanashitai dareka ga iru 😀 solo shootnya bagus si cuma jadi agak agak gmn gitu liat mvnya klo tiga vers digabungin (dance, solo, sama story)
    knp management gak mau coba buat dance ver. sama story ver.? 😀

    Duh achuuu ❤

    semoga next next single w center ashu-yoda 😀
    untuk next single berharap iku center 😀

    liat hs dmn sih min? 😀

    Like

    1. Kenapa gak buat dua versi? Jawabannya sih gampang; duit 😀

      Dijaga ya merah2nya…
      cat

      The Force Reign kalau WCenter AshuYoda 😀

      Tuh di S48 ada, kalau mau riber di 2ch 😀

      Like

    2. dasar management serakah 😦 😦 😦 diseruduk kambingnya master baru tau rasa

      ya mau gmn dong 😀 di senbatsu cuma suka achu < 3 doang (kan gak merah sekarang)

      terus lagu + mvnya tema starwars kan lucu jadinya 😀 😀 😀

      gaterlalu ngerti jugasi baca hs 😀 ada round round(?) ++ (?) ada 11/12(?)

      Like

    3. Itu juga kalau kambingnya masih hidup. Kayanya habis kurban kemarin gak ada fotonya lagi 😀

      Gak merah tapi ngeselin ikon-nya 😎

      Kaya begini intro MV-nya 😀

      Duh, panjang juga sih kalau dijelasin pake komen…
      contoh dari HS Itsuka
      01. (04.) 30/30 (+30) Umezawa Minami (Sold out!!) < di round 4, Ume berhasil sold out 30 blok HS
      08. (04.) 29/30 (+29) Hori Miona < sama2 round 4, tapi Miona cuma ngejual HS 29 blok dari 30 blok

      Like

  13. Mv nya ane bilang lumayan aja soalnya bagi ane masih kurang epic…wkkwkwkw
    Baju nya bagus ane suka
    Trakhir baru kali ini liat nachan begitu manis luar biasa bikin hati galau jadi ilang hahahah

    Like

  14. Silent rider mau open mic,, hehehe…
    Di mv ini bagian terbaiknya part ikuta.ku,,, selain itu part kazumin pas jadi penonton itu bener2 bikon pangling, cantik bener,, manatsu juga…
    Lagunya cukup nempel ditelinga.

    Like

  15. Suka mvnya ❤
    Maiyan, cantik banget ❤

    Lagunya semenjak denger di mste langsung suka entah kenapa, mungkin bagian reff yang catchy jadi suka ❤

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s