Sakamichi Review : Shitsuren wo Shoujinin

Sakamichi Review ketiga beruntun, kali ini untuk MV dari Wakasama Gundan. Pertama, aku harus mengakui kalau kadar excitement dan usaha agar tidak bias harus kulakukan saat MV ini keluar dan harus direview. Terutama faktor yang kedua, well, one family in one unit, wife and lil’ sis, need I say more?

Dan sejujurnya, mengingat karakter Yumi, aku sedikit berharap akan MV yang mirip-mirip dengan Larger Than Life-nya BSB. Meski sayang akhirnya tidak terwujud. But this one isn’t lack fun either, tapi sejujurnya…well, konklusiku ada di bagian akhir, jadi aku tidak akan membahas ini dulu.

Wakasama Gundan atau akan kusingkat WG untuk mempermudah dan mempersingkat, atau mungkin nama lain, Mi UnitNot to confused with Xiaomi flagship phone, tapi karena keempat member di unit ini memiliki kanji “美” atau Mi di nama mereka; 佑美, 美波, 珠美, 美月. Kebetulan?

Disini, mereka mendapat nama sendiri; Spoon untuk Mizuki, Fork untuk Tama, dan Knife untuk Ume. Untuk Yumi, aku tidak bisa membaca kanji di depan, yang aku bisa baca hanya “Hashi” -really, my kanji ability rotten by time- Dan ini berhubungan dengan skit di awal, dimana mereka berperan sebagai anggota kepolisian yang bertugas untuk kasus yang melibatkan Hashi-kun.

Shitsuren wo Shoujinin diawali dengan skit, yang mana menurutku hanya belibet di satu tempat. Well, kurang lebih seperti skit di 46SHOW!, yang juga bukan seleraku. Mungkin lebih baik ku-skip, selain konten yang penuh kanji membuatku kurang begitu paham total. Intinya, mereka mendapatkan petunjuk mengenai kasus yang mereka tangani.

Setelah skit, maka tiba waktunya untuk MV lagunya. Nah, kali ini WG naik mobil kepolisian Toyota Land Cruiser berplat Nogizaka no 00-46. Dan sesampainya di TKP, kembali mengenakan kostum yang sama seperti saat skit setelah sekilas diperlihatkan kostum yang seperti gabungan Samurai X dan seragam Quidditch.

Penelusuran TKP yang komikal, terutama bagian Mizuki yang clumsy, lalu Ume dan Tama yang perannya terbalik dengan kostum mereka -Ume dengan kostum pasukan unit khusus tapi melakukan pekerjaan forensik, sementara Tama dengan pakaian penyidik tapi maju di baris depan- ini sedikit mengingatkanku pada film Get Smart.

Selanjutnya adalah penemuan bom waktu yang targetnya adalah memotong Hashi-kun emas. Dengan senjata kebesaran masing-masing, mereka mencoba menjinakkan bom. Dengan bayangan-bayangan kegagalan yang tidak masuk akal, khas MV unit Gundan. Dan tidak ada penggambaran jelas tentang endingnya, meski kupikir berhasil karena di scene terakhir Yumi menggunakan hashi-kun emas untuk makan yakisoba.

Dance scene di MV ini tidak terasa berbeda dari dua MV Gundan lain. Memiliki koreografi yang memorable, selain karena ini juga lebih menyatu dengan judulnya; Shitsuren wo Shoujinin atau terjemahan bebasnya adalah broken heart sweeper. Membuatku menunggu live karena bagaimana elemen sapu itu akan dipakai atau tidak.

Jika tidak, bagaimana literasinya dalam live? Well, disini juga diperlihatkan sih, tapi kurang jelas untukku. Pose khas masing-masing juga sedikit lebih baik untuk menonjolkan karakteristik per member. Tapi ini juga menonjolkan petite Yumi lebih dari yang kubayangkan.

Untuk kostum, sepertinya ini yang paling memorable dari MV kali ini. Kostum hakama dengan aksesoris-aksesoris modern, atau seperti yang kukatakan diatas, gabungan antara kostum Samurai X dan Quidditch, itu sudah lama kuinginkan. Cuma sayangnya, kali ini kostum dan tema MV tidak terlalu sesuai harapan.

Ingat, sejak setahun lalu aku sudah mengharapkan summer single yang memakai yukata atau sejenisnya, dan kejadian di Sayonara no Imi, dan di tahun ini ada Nigemizu meski hanya sedikit. Untukku, MV dengan yukata, hakama, atau kimono membuat nilai estetikanya meningkat jauh.

Screentime pun bukan masalah karena ini hanya unit. Plenty of it, berlebih malah. Yang patut diapresiasi adalah bagaimana tiga member Gen 3 mendapat solo shot lebih banyak dari Yumi di non-dance scene atau non-storyline scene. Yumi lebih banyak mendapat solo shot di skit.

Secara keseluruhan, MV ini khas unit Gundan Nogizaka. Baik SG atau MRG juga lebih menonjolkan sisi komikal ketimbang storyline. Hanya kali ini WG lebih menonjolkan storyline dibanding saat Hakumai Sama atau 2-dome no Kiss Kara. Was it a good thing?

Well, jika mengingat karakter Yumi, maka hal ini tidak mengherankan. Kurasa hal ini dilakukan untuk membedakan dengan Gundan lain, apalagi karakter majime Yumi sebagai buchou jelas butuh penggambaran yang mudah diingat, mengingat Sayuringo yang doyan makan dan Manatsu yang suka mancing pun digambarkan di MV sebelumnya.

Selain storyline memang karakter Yumi ditunjukkan dengan jelas, terutama di humor Hashi-kun dan akting, termasuk adegan final yang menunjukkan penyakit lututnya. Dan selain Yumi, member lain pun mendapat ciri khas, seperti Mizuki dengan Justice, plus duet dengan Yumi yang mengingatkan pada saat perkenalan Mizuki.

Ada juga Tama dengan gambar horornya, hanya Ume yang tidak kuingat pernah kulihat ciri khasnya. Mungkin ada yang tahu? Dan mungkin sedikit kritik bisa ditujukan untuk peran Mizuki yang terlihat lebih besar disini, bukan nepotisme dariku tentu, tapi memang sedikit disayangkan. Yah, kurasa ini karena Mizuki dan Yumi punya hubungan yang lebih dekat dimata fandom.

Overall, Shitsuren wo Shoujonin memang MV yang ditujukan untuk komikal, bukan MV serius. Dan sejauh ini, MV dari 19th single memang belum ada yang serius. Itsuka Dekiru Kara dan Maaiika, juga MV ini belum menunjukkan tanda bahwa single kali ini akan membawa setidaknya satu MV yang serius atau kuat purple line-nya.

Sejujurnya tidak jelek, tapi aku merasa bahwa ada yang miss dengan merilis MV yang komikal dua kali berturut-turut. Masih ada dua MV yang belum dirilis; Under dan Gen 3. Jika melihat Nigemizu, kemungkinan hanya Under MV sajalah yang mungkin bisa diandalkan untuk MV yang lebih “berat”

Sebagai MV Gundan, Shitsuren wo Shoujinin unggul di storyline, unsur komikal yang menjadi ciri khas pun masih ada. Menarik untuk melihat WG bersaing dengan SG dan MRG, mengingat dua Gundan terdahulu mendapat popularitas yang lumayan. Apalagi anggota Gundan kali ini adalah member Gen 3, so maybe it’s worth expecting for…

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

114 Comments

  1. First ga nih ane? Maklum ada yumi love dan ume love jadi cepet

    Ane ngakak bagian kesetrumnya 😀
    Story line kurang jelas, apalagi buat ane yg bener bener buta sama bahasanya. Sama pas close up member agak blur apa emang sengaja(?)

    Overall ane betah nontonnya karna hal yg ane tulis di awal 😀

    Like

    1. Screenshot diambil dari mv kan? 😀
      Mungkin agak buram karna belakangnya cahaya pas di close up

      Abis yumi sama ume cakep bgt sih bahkan zukki dan tama yg ane gak terlalu notice soal visual keliatan lebih cakep

      Like

  2. MVnya Gundan Pada Nyeleneh Semua 😀
    Sudut Pengambilan Gambarnya Juga Agak Mirip Sama Sudut Pengambilan Gambar Hakumai-sama. Disutradarai Oleh Orang Yang Sama Kah??

    Btw Ane Gk Setuju Kalo Pake Singkatan WG Karena Singkatan Tersebut Sama Kayak Singkatan Dari Wanita Gelap.

    Like

    1. Kayanya emang udah ciri khas 😀

      Katanya sih sama Ito Shujin 😀

      Pikirannya aja yang negatif, padahal WG juga bisa jadi singkatan Wonder Girls 😀

      Like

    2. Setelah Ane Baca2 Kembali Artikel Di Kosan Sebelah, Ternyata Sutradaranya Emang Sama 😀

      Di Otak Ane Udah Terpatri Kalo WG Itu Singkatan Dari Wanita Gelap Karena Teman Kerja Ane (Yang Mayoritas Adalah Om2 Genit 😀 ) Sering Nyebut Istilah Itu. 😀

      Like

    3. Well, gak heran kalau mirip 😀

      “Teman kerja ane (yang mayoritas adalah om2 genit)” ini menghitung diri sendiri gak? Soalnya biasanya kan satu pergaulan gitu 😀

      Like

    4. Doakan Aja 😀
      Meskipun Ane Gk Yakin Ilmu Ane Bisa Disejajarkan Dengan Mereka (Temen Ane Ada Yang Bisa Merukunkan 2 Orang Wanita Dalam Satu Rumah Hahaha 😀 )

      Like

  3. ane belum ada kesan lebih dalam buat mv ini, cuma adegan terakhir yumi yang hampir jatuh di dance-scene bagian akhir + zukki yang kebelit sama police-line yang buat ane ketawa

    selebihnya karena mungkin ane terlebih dahulu suka sama mv itsudekiru maka jatuhnya ke mv ini jadi biasa aja

    kalau ane berpendapat buat mv under sama gen 3 nanti keduanya bakalan nonjolin purple-line yang cukup kuat,

    berhubung ane udah dengerin versi radio rip nya, lagunya under khas nogi banget, sementara lagunya gen-3 ane udah tulis di kosan sebelah lagunya mirip gabungan seifuku no mannequin sama hymne sepakbola dan kemungkinan mv-nya mirip2 seifuku no mannequin

    kira2 kapan ya 2 mv itu rilis? ane udah ga sabar… (nunggu review 2 mv lagi dari agan nantinya 😀 )

    Like

    1. Yah, gimana lagi, emang ciri khas MV Gundan series sih, comic-purpose 😀

      Ane gak dengerin preview, jadi pass deh soal lagu, nunggu rilis singlenya aja 😀

      Anda senang saya loyo, review begini capek loh 😀
      Apalagi kalau kaya Nigemizu kemarin, rilisnya bareng 😀

      Like

  4. Biased, MV sempurna, ada Yumi ❤ tambah gen 3 yg semua ane sayang. 🙂

    Objectively, ada nih, poin plus dan minusnya.
    Plus:
    – Ada ceritanya. Lumayan menarik juga.
    – Kostumnya pas ngedance ane suka banget. Perpaduan tradisional dan modern. Macam Ghosbuster dari Jepang.
    – Tariannya juga suka. Mungkin ane sudah komen disebelah, kalo gerakan dancenya yg menyapu lantai, mirip dengan gerakan menyapu Rerere no ojisan dari Bakabon. Mungkin koreografernya sengaja masukin ini sebagai salah satu unsur komedinya. Paling suka gerakan tarian Ume. Dia tinggi, dan gerakan tariannya buat dia tampak elegan.
    – Dan, kostum Yumi, mirip Kindaichi Kosuke. 😀
    – pewarnaannya juga suka, membuat para member cantik ini keliatan sangar.
    – Zukki sekilas mirip Hoshimina di bagian dance. 🙂
    – mobilnya! Pengen coba naik itu. 🙂

    Minus:
    – Penggunaan gag member, hashi kun, justice, gambarnya Tama, bikin ane agak ga nyaman. Mungkin trauma dengan Zankokuna, jadi penggunaan bahan kayak gini agak ga enak dimata ane. Hashi-kun mungkin masih bisa diterima, karena itu dasar dari terbentuknya gundan ini. Yg lainnya, ga nyaman ane liatnya.
    – Close up wajah member, ane ga suka. Kelihatan lebay dan mirip grup sebelah. Seingat ane, hanya MV gundan satu ini yg ada close up dekat wajah membernya. Lain rasanya dengan close up Yumi pas di Itsuka.
    – Aktingnya kaku, dan ini berlaku untuk semuanya.

    Overall, tanpa memasukkan unsur lagu, MV ini bisa ane posisikan di kelas menengah bawah. Ga wow, biasa dengan sejumlah momen yg buat ane cringey. 4/10. 😀

    Like

    1. Ane mau bilang kaya kostum Miko, tapi liat MV Gen 3 batal deh 😀

      Mizuki mirip Hoshimina? Di bagian mana?

      Akting kaku ane gak heran, ini karena skit-nya. Ayo deh, kapan skit kaya gini bikin akting keliatan bagus? Emang tujuan komik juga, jadi gak bisa akting serius.

      MV Gundan sejauh ini emang gak ada yang memorable kan? COba siapa yang inget dance Hakumai sama & 2-dome no Kiss Kara?

      Like

  5. Yang sendok jangan sampai (gak) nunduk😍😍😍cantikkkkkk banget

    Yumi pas banget milih sumpit,kode biar dua agan M gak berantem,jadi masing2 dapat satu😆😆

    #zukki1412
    #budayaNunduk😍
    #DownToEarth

    Like

  6. Hai.

    MV bagus. Tapi diantara lagu ber mv yg udah dirilis. Lagu ini mungkin yg terlemah, imo.

    Sayangnya kok ya dirilis bareng Maa ii ka? Timingnya kurang pas. Bikin novelty lagu dan mv waka gundan berkurang. Bisa kah melampaui popularitas Maa ii ka? ?

    MV gen 3 mungkin mirip SayoImi. Setidaknya dr scan majalh yg td gw lihat. Dan sepertinya lebih ber-budget dr a-side.

    Like

    1. Ane belum mau komentar soal lagu deh 😀

      Nah itu dia, ane juga singgung sedikit di akhir, ini entah salah strategi atau dua MV ini emang cuma “tumbal” buat MV Under -yang udah kita tau kualitas biasanya- dan MV Gen 3 -yang dari majalah, mungkin juga lebih wow-

      Kalau persaingan sama Maaiika, entahlah, soalnya MV kaya gini lebih sering dilupain. Inget aja Igai BREAK.

      Like

    2. Hakumai cukup memorable. Karna lagu gundan pertama. WakaGun berpotensi banget. Sayang dirilis setelah epic Mai x Mana.

      Budget MV mungkin dibawa ke gen3.

      Entah coupling mana yg bakal di push ke NogiShow kalau begini. Biasanya gundan juga ditampilin. Tapi saat ini mereka punya gen 3, under, Mai x mana yg saat ini dpt respons bagus, Ikubo yg menawarkan kualitas. crowded. C/W kali ini dijejali unit yg menarik.

      WakaGun hadir di tengah perang bintang.

      Like

    3. MV Gen 3 dibilang budget?

      Kalau Ikubo, mungkin ini yang di-skip. Soalnya gak ada MV, mungkin dapetnya di next 46SHOW. Kaya Anata no tame-nya Ikuchan dulu. Selanjutnya mungkin MaiMana, soalnya gak yakin lagu ini dibawain di TV 😀

      Like

  7. 2 MV “komedi” berturut? 😀

    Kirain Gundan satu ini bkal serius, tak taunya bocor juga kelakuannya 😀
    ini semua gra2 hashikun-nya Wakabayashi Isei-sensei 😀

    Bedanya komedi gundan ini sma gundan2 sebelumnya, kali ini komedianya dikemas dgn tampilan membernya keren, suka sama kostumnya. Klo soal dance, stipa gundan ada dance uniknya amsing2

    Cuma dari MV ini ane makin sadar, cuma suara Iku yg suara ngomong sama nyanyi bisa ane kenalin, member yg laen bahkan Miona kadang ane gk ngenalin suaranya klo dah nyanyi, di lagu ini juga, klo gk liat MVnya mungkin ane gk tau ini part sapa itu part siapa, pdahal itu part solo, sdikit beda suara antara ngebrol biasa sama pas nyanyi, yah mungkin kuping ane 😀

    Dan permianan bass di lagu ini mengingatkan ane sama lagunya bondan – tetap semangat, bahkan rada mirip 😀

    Like

    1. Gimana? Masih nyesel 2R gak diajak gabung? 😀

      Kenapa tiba2 bahas soal suara? Lagian pake nyeret2 Ikuchan sama Miona, tapi di artikel WG? 😀

      Duh, makin nyesel dong ya lagu bagus 2R gak ikut? 😀

      Like

    2. 2r itu Red Ribbon di dragonball kah? 😀

      Bukan ngebahas, skedar FYI aja, sejauh iin cuma suara Iku yg paling bisa ane kenalin, pas bicara bahakan saat nyanyi, sdngkan yg laen masih suka gk bisa nebak 😀

      Ente kompor sngat ya

      Like

    3. Mungkin, ane gak ada koneksi sama mereka 😀

      Boku wa iya dah 😀
      Kalau suara original yang mencicit ini pasti langsung kenal ya 😀

      Baru tahu? Level original ya begini 😀

      Like

    4. Kalau dibilang ada, entar dituduh serigala pula 😀

      Masih aja pake TT, belum move on dari yang ini juga? 😀

      …..boleh ketawa guling2? 😀

      Like

    5. Takut sama tuduhan sbg srigala? 😀

      Mau gmn lagi, disini gk ada emot nangis sih, gra2 TT ini ane juga repot harus googling image dulu 😀

      Knp? habsi liat isi dompet? 😀

      Like

    6. Apa2 males, kpn sih ente serajin ane min? 😀

      Ya kan Neru sdang dinas, jd lagi gk dirumah 😀

      Bisa aja muji ane, mau minta gopek ya? 😀

      Like

    7. Males x ane sma orng yg males ngadepin orng males 😀

      Lempar tua smbunyi umur ente 😀

      Lah, ente kan biasanya cuma minta gopek, buat beli gorengan trus diperas buat dapetin minyak gorengannya 😀

      Like

    8. Emngnya ane situ, males sma dri sndiri 😀

      Siapa yg hidupnya gk kekinian? ente kan! 😀

      Tak jelas 😀

      Like

    9. Makin lama makin kaya obrolan Patrick sma Spongebob 😀

      Gak kebalik pak? Siapa yang gak tahu cloud? 😀

      Emang kapan pernah jelas 😀

      Like

    10. Sapa spongebobnya, sapa patricknya? 😀

      Gak make bukan brrti gk tau 😀
      Eh pernah sih sekali pake dropbox, lagian hemat kuota 😀

      Kyk hidup ente ya 😀

      Like

    11. @conan
      Ah detective mesum bisa aja kl ngatain 😀
      Lain kali hati2 kl mau pake gambar,ada Sa dan Ka saya nyamber 😀

      @mac
      Dua2’y min,gak bisa milih kl diantara mereka,krn mereka satu paket..KaKaShi itu kn Kakashi+Katoshi+Shiican 😀

      Like

    12. @Mac:
      Sapa spongebobnya, sapa patricknya? 😀

      Gak make bukan brrti gk tau 😀
      Eh pernah sih sekali pake dropbox, lagian hemat kuota 😀

      Kyk hidup ente ya 😀

      ================================================

      @Ninja Mesum:
      Dikatain mesum sama sosok master meusm itu rasanya pait sangat, pdahal ane gk mesum *tepok jidat

      Klo gitu, laen x kasih tau tuh Sa n Ka nya, jgn deket2 sama Neru 😀

      Like

    13. ninjamesum
      Boku wa iya dah 😀

      detektifmesum
      Yang jelas bukan ane dua2nya 😀

      Selalu alasan kuota, makan cuma garam, padahal bini juga kerja 😀

      Lempar masalah hidup sembunyi tangan 😀

      Like

    14. @Admin Kompor
      Jadi sapa? 😀

      Emngnya ane situ, yg memanfaatin sponsor adek ente 😀

      Maksa 😀

      Like

    15. Wop bawa2 kambing, ada sesuatukah sama kambing? 😀

      Klo rezeki mah jgn ditolak 😀

      di dapur 😀

      Like

    16. Atau algi kepincut sama gen-3 yg mlihara kambing? 😀

      Lah emng iyakan, rezeki jgn ditolak 😀

      Bahas apa sih 😀

      Like

    17. Sama sekali enggak 😀
      Ngapain tertarik sama musuhnya adek ane 😀

      Boku wa iya dah, kalau udah sama tukang ngeles 😀

      Tanya sama Patrick, pasti dia tahu jawabannya 😀

      Like

    18. Awas kena karma ntar 😀
      Ya mana tau, ente yg cari2 info demi menjatuhkan musuh adek(?) ente tp mlah jatuh hati stelah mngenal lbih banyak 😀

      Males x baca kalimat itu mulu 😀

      Mending ane nanya sama rocky deh 😀

      Like

    19. Karma=bilang benci jatuhnya cinta, ane gak pernah bilang gak suka Yoda 😀
      Ane malah nungguin The Last Jedi, battle antara Ashurin vs Yoda 😀

      Ane nulisnya aja males 😀

      Rocky atau emaknya Rocky? 😀

      Like

    20. Lah salah komen ane, seharunsy komen yg tdi utk postingan “abdication.. ” 😀

      ==================================================

      Loh karmanya bukan karna blng gk suka, tpi ya akrma aja 😀
      Battle memperebutkana ne? Kyaaaa *gk tau mau bales apa jadi ginilah 😀

      Males kok dipelihara 😀

      Yg mana ajalah, yg penting asyik diajak bicara 😀

      Like

    21. Makanya gak nyambung *eh ini sih udah biasa 😀

      Mabok garam ya pak? 😀

      Karena selalu berhadapan sama orang yang malesin 😀

      Ciee, modus bawa2 Rocky buat deketin emaknya 😀

      Like

    22. Untungnya ane sadar disri sndiri 😀

      Klo mabok gram brrti tiap makan ane mabok dong 😀

      Nyalahin orng lagi, males x denger alsan kyk gini 😀

      Ini smeua gra2 foto 😀
      *Bisa jadi bahan buat nyerang ane nih

      Like

    23. 😀

      Ya enggklah, garam itu gk memabukkan 😀

      Didapur 😀

      Wes, nyimpan link gambarnya pak? 😀

      Like

    24. Kan dah pernahdibilang, air bekas cucian piring 😀

      (&%&^%>{PL|”:>”^%#$^

      Ane jg punya kok 😀

      Like

  8. Sayuringo gundan msih jd gundan favorite ane 😀

    Sbenernya ane bingung mau komenin apa soal type mv macam gini,makanya komen mv maiika? Ane skip krn y bngung komenin soal apa wong emg dibuat utk ngocok perut. 😀
    Kostum gundan paling ribet dan dark kayaknya, sma kyak agan penasaran pas live ntar.

    Mv gen 3 bkal mmbawa memori kelam buat ane kyaknya,mirip sayo imi. Dan syukurlah centernya ganti, bagus buat promosi dan rolling 😀

    Like

    1. Karena tekanan dari Lord? 😀

      Komen aja susah kan, bayangin perasaan ane yang harus panjang2in review 😀

      Memori kelam? Kaya apa aja MV mereka 😀

      Like

  9. Saya senang istri ke-5 dan adek ke-3 saya dapet unit 😀
    Agen2 yg hebat,bisa nemuin penjahat’y berdasarkan gambar payah’y si dedek 😀
    Ada manfaat’y juga mereka kl drmh suka saya latih nyapu2 😀

    Like

    1. Masa dilatih nyapu dibilang romusha,pdhl kn itu buat kebaikan mereka,biar bersih dan sehat 😀

      Like

    1. Iya nih, tapi dari dulu gak pede kalo mau komen, pengetahuannya kalah jauh sama yang lain. Obrolan yang di atas aja kurang bisa ngikutin nih 😳

      Like

    2. Rasanya insecure banget kalo levelnya gak sama 😥

      Serigala yang idol addicted emang kowaiii, ane takut jadi gak bisa ngikutin obrolannya 😆

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s