Abdication of Throne

“I have found it impossible to carry the heavy burden of responsibility and to discharge my duties as king as I would wish to do without the help and support of the woman I love.”

Begitulah kata-kata paling terkenal dari Edward Albert, atau saat mengucapkan kata-kata ini adalah Raja Edward VIII, Raja dari Inggris Raya, Persemakmuran, dan Kaisar India. Pada 1936, tepatnya pada 11 Desember, sang Raja mengumumkan pengunduran dirinya dari tahta.

Ya, sebagai Raja Inggris, Edward VIII melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan monarki Inggris selama hampir seribu tahun sejarahnya; turun dari tahta. Sesuatu yang bahkan tiap orang bersedia membunuh untuk mendapatkannya. Dan atas dasar apa Edward melakukan hal itu?

ed_2080405b

Ditulis dalam sejarah sebagai salah satu kisah cinta paling romantis -jika tidak menghitung tragedi dan kontroversinya- Saat seorang raja Inggris memutuskan untuk melepaskan tahta demi menikahi wanita pujaannya. Ya, demi cinta, sesuatu yang klise, tapi memang benar terjadi.

Edward VIII naik tahta setelah George V mangkat pada 20 Januari 1936, sehari berselang, Edward dinobatkan sebagai raja. Kini berstatus kepala negara, Edward yang sedari awal populer karena memang diproyeksikan menjadi raja -posisi yang kini ditempati Charles, William, dan George- dan charm sang Prince of Wales.

Bergabung di militer, Edward ikut menyaksikan PD I di garis depan. Pengalamannya ini dinilai tepat saat Inggris menghadapi the darkest hour saat fasisme a la Hitler mulai menyebar di Eropa. Tapi sejarah berkata lain, royal family cenderung berpihak pada Hitler, bahkan Edward menyatakan Hitler-lah yang bisa menyelamatkan Eropa dari komunisme. Hanya fakta ini baru terungkap lama setelah 1936.

nintchdbpict000227028967

Untuk urusan romansa, inilah yang membuat Edward sampai melepaskan tahtanya. Socialite dengan riwayat dua kali cerai asal Amerika, Wallis Simpson menjadi tokoh dibalik keputusan Edward. Saat pertama bertemu di 1931, Wallis masih istri dari Ernest Simpson. Lima tahun kemudian, setelah resmi bercerai dari Ernest, media Amerika mengabarkan bahwa Edward-Wallis hanya tinggal menunggu waktu.

Saat media Inggris lebih diam mengenai ini, berita mengenai Edward dan Wallis akhirnya keluar di awal Desember 1936. Hal ini langsung menjadi headlines, dan meski cukup diapresiasi oleh publik sebagai cara Edward me-modernisasi monarki yang masih terpaku di era Victoria, pemerintahan berpendapat lain.

Secara norma, status janda Wallis jelas tidak bisa diterima sebagai pendamping raja Inggris. Kepribadian Wallis juga dipandang kurang memenuhi syarat, termasuk oleh tokoh-tokoh berpengaruh di lingkung royalti. Selain itu hubungan Amerika dan Inggris sedikit renggang, dan menerima seorang Amerika menjadi Ratu jelas sulit diterima.

Selain norma, status Edward sebagai kepala Church of England dan hukum saat itu menyatakan tidak boleh menikahi seseorang dengan riwayat cerai selama mantan pasangannya belum meninggal. Secara politik pun demikian, karena saat itu situasi politik Eropa sedang memanas karena Hitler.

Edward_abdication

Pada akhirnya, di tanggal 10 Desember 1936, setelah baik Edward maupun parlemen tidak menemui titik terang, Edward menandatangani surat penurunan dirinya sebagai raja. Disaksikan empat adiknya; Albert, Henry, dan George. Albert, Duke of York, akhirnya meneruskan tahta sebagai George VI.

Sehari kemudian di 11 Desember, Edward VIII resmi turun tahta. Durasi kepemimpinannya adalah yang terpendek kedua setelah Lady Jane Grey hampir empat ratus tahun sebelumnya. Disiarkan melalui radio BBC, Edward mengumumkan ini pada seluruh dunia.

d52fac5837ce4e0044af3ca8e9607848--kings-speech-edward-viii

Keputusan Edward memicu kontroversi di Inggris, mengingat selama ini dia adalah sosok yang populer bagi rakyat Inggris. Lebih dari adiknya, Duke of York yang tertutup. Tapi pada akhirnya Edward tetap pada keputusannya, pada akhirnya tahun 1936 menjadi tahun dimana ada tiga raja di Inggris; George V yang mangkat, Edward VIII, dan George VI.

Mungkin kalian akan lebih mudah mengenal sosok George VI jika sudah pernah melihat film The King’s Speech, karena film itu didasarkan pada sosok George VI. Setelah George VI, tahta Inggris sekarang masih dipegang Elizabeth II, dan calon raja selanjutnya; Charles dan William, serta George.


43DB396400000578-4848270-image-a-37_1504440810733

Baru-baru ini, Putri Mako dari House of Chrysantemum juga melakukan hal serupa dengan Edward VIII. Sebagai putri dari Pangeran Akishino, nomor dua dalam urutan pewaris tahta Jepang, Mako mengumumkan akan melepaskan status royalti demi menikahi tunangannya. For love, that is.

Meski berstatus sebagai cucu tertua dari Kaisar Akihito, hal ini tidak mengejutkan karena hukum Jepang memang mengharuskan anggota royalti yang perempuan untuk melepaskan status mereka saat menikah. Karena itulah sampai saat ini tidak ada kaisar perempuan dalam sejarah Jepang.


Nah, abdication mungkin bisa dipandang sebagai langkah yang manusiawi, normal, karena semua manusia berhak untuk bahagia. Tapi bagaimana dengan mereka yang ditinggalkan, dalam hal ini komunitas, negaranya?

Edward meninggalkan Inggris di periode yang disebut sebagai darkest hour, bahkan George VI menambah buruk suasana dengan untuk pertama kalinya menunjukkan gejala gagapnya -meski tidak seburuk yang digambarkan The King’s Speech- dan agresi militer Jerman.

Untungnya di tahun-tahun berikutnya, George membuktikan diri bahwa dirinya layak jadi raja. Perang Dunia II berhasil dimenangkan sekutu, dan hal ini dilanjutkan George dengan baik sampai akhir hayatnya. Setelah Elizabeth naik tahta, publik sudah melupakan Edward.


topslide-5thsinglee_iwus8e

Seminggu lalu, senbatsu untuk single kelima Keyaki diumumkan. Dan hasilnya, identitas The Half-Blood Princess akhirnya terkuak, resmi menanggalkan status kennin dan full di Kanji. Somewhat obvious, tapi juga tidak bisa dibilang tidak mengejutkan. Respon untuk hal ini pun beragam.

Beberapa member Hiragana menyatakan bahwa kepergian Neru jelas adalah kehilangan besar, tapi memaklumi itu karena sejak awal mereka melihat kennin Neru adalah sesuatu yang dipaksakan. Bahkan saat melihatnya langsung -kejadian di backstage, salah satunya bisa dicek disini– mereka tidak bisa merasakan yang lain selain rasa kasihan.

Understandable, mengingat bagaimana hectic-nya schedule yang dimiliki Neru. Selain itu dia juga harus menerima jatah ganda sebagai akibat kennin-nya. Dihapusnya kennin Neru sebenarnya sudah terlihat sejak awal tahun, sejak mereka menghapus embel-embel itu dari profile Neru, tapi kenapa butuh waktu selama ini?

IMO, hal ini karena Hiragana belum memiliki base yang kuat. Karakter member masih bland, dan jelas mereka belum capable untuk berdiri sendiri tanpa Neru. Di pertengahan tahun ini jelas banyak hal yang terjadi baik di Kanji maupun Hiragana, dan di akhir tahun ini gong-nya akhirnya dibunyikan.

Membuat member yang menjadi “titik perkara” akan dualisme ini menyeberang ke pihak lain, jelas pukulan bagi Hiragana, tapi di sisi lain, sama seperti keputusan Edward, hal ini adalah langkah positif. Neru jelas tidak akan sanggup bertahan dengan kennin lebih lama lagi -meski aku tentu ada di pihak pro-Hiragana-

vkjg170926-0139050685-650x366

Bahkan Neru sendiri mengatakan eksistensinya yang seperti burden bagi kedua grup. Kini dia bisa sedikit lega, meski butuh pengorbanan. Dan lebih lagi, tidak ada yang tahu tentang ini sampai saat pengambilan gambar untuk Keyakake minggu lalu. If I could say, they were felt like betrayed?

Bisa dipahami, tapi aku jujur tidak bisa melihat kenapa ini tidak bisa menjadi awal baru Hiragana, to live as their own, not undershadowed anymore? Kekecewaan ini jelas ada, tapi mungkin hanya temporary. Mungkin yang paling menusuk adalah kepergian Neru dari Re:mind juga, karena ini manuver yang cukup riskan, kecuali tekniknya hanyalah pancingan semata.


Pada akhirnya, berakhirnya kennin ini adalah sesuatu yang positif. At the very least, menghilangkan pertanyaan tentang apa dan bagaimana sistem K&H. Memang masih jauh dari kejelasan, tapi setelah Neru tidak lagi kennin, maka aku bisa bilang dalam istilah paling mentah, mirror dimention.

IMG_20170916_053559
…dan penggambaran paling mentah yang bisa kupikirkan

Bagaimanapun, bahkan jika alasan abdication Neru ke Kanji senaif alasan Edward VIII yang berkeras pada Wallis Simpson, it’s for greater good. Dan mungkin satu lagi, everyone entitled to their own fate.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

52 Comments

  1. Artikel yg ditunggu 😀
    Pastinya soal Neru yg dihapuskan status Kennin bakal muncul pro kontra. Tapi secara pribadi, ane rasa emang sudah seharusnya manajemen ngelakuin itu. Demi kebaikan Neru juga, karena selama kennin juga Neru bilang kayak kerja setengah² buat kanji dan hiragana. Harapan ane moga Hiragana lebih mandiri tanpa Neru dan moga status hiragana kedepan bisa jelas mau digimanain. Pengen liat member hiragana ada di senbatsu 🙂

    Like

    1. Nogi kebanyakan rilis MV sih minggu ini 😀

      Revealing yang setara dengan keberpihakan Severus Snape 😀
      Bakal bikin lebih bagus atau lebih jelek? Ane di pilihan pertama, soalnya dengan begini pun mau konsep Hiragana kaya gimana juga lebih enak.

      Like

    1. Murphy’s Law atau Que Sera Sera? 😀

      Emang sih, tapi kemarin pas final touch ane juga liat blog aslinya dan ane rasa secara umum intinya tetep sama kok.

      Like

  2. Jadi inget sama film “King Speech”
    Edward VIII memutuskan turun tahta karena ingin menikahi Wallis Simpson yang memiliki status janda, sedangkan peraturan yang ada, seorang “Supreme Governor of the Church of England” tidak boleh menikahi seorang wanita dengan status janda.

    Like

    1. Ya, seperti lagunya Blink-182 Love is Dangerous

      Btw, mengapa sunrise di bukit Keyakizaka tidak seindah dulu ??

      Rasanya ada yang kurang, hehe

      Like

  3. Artikel Hugh Hefnernya? ☺

    Ane bersyukur Neru udah ditransfer full ke Kanji, jadi ga ada mirip2nya dengan sebelah. Dan ane liat, H bisa kok sendirian. Tinggal lagunya aja yg jgn kualitas B-side. Kalo AkiP bisa beri mereka lagu bagus, sukses deh grup ini.
    Tambah lagi, banyak member H yg punya karakter dan kemampuan yg lebih bagus dari K. Tambah juga, member H jumlahya cuma 11 orang, jadi pembentukan karakter dan pengenalan mereka lebih mudah daripada K yg 20, yg buat beberapa member K ketutup sama member lain yg karakternya lebih kuat. Dan, saat karakter 11 H udah kuat kebentuk seperti sekarang, munculnya 9 member baru ga akan masalah, bahkan lebih mudah diperkenalkan. 😀

    Like

    1. Kapan ane pernah janjiin? 😀

      Selain lagu, yang lebih penting itu re:mind sih kayanya.
      Jangan lupa, sekarang Hiragana juga udah 20 member, jadi kekuatannya bisa dibilang imbang lah ya. Bukan dari jumlah member, tapi dari karakteristik. Sejauh ini ane masih liat kekuatan mereka berimbang.

      Like

    2. Loh, katanya mau dibikij di hangout. 😀

      Ntar dibandingin sama Zankokuna? Semoga aja lebih bagus. 🙂 Tapi, impian double a-side tetep ada, jadi lagu juga penting. Minggu depan katanya bakalan dirilis MVnya.
      Kan ane bilang gitu. Seimbang, bahkan ane liat H sedikit unggul, karena mereka ga ada patokan imej khusus. Lain dengan K, yg harus tampil cool. Artinya, H punya kesempatan nyamber kemana2 dan ke acara yg ga cocok buat K. 🙂

      Like

    3. Gak pernah janji kok 😀

      Tergantung storyline juga kan kalau itu.
      MV siapa? Hiragana?

      Kaya yang ane bilang di artikel beberapa waktu kemarin, Gen 3 vs Hiragana, kalau gitu mungkin lebih bisa kejadian 😀

      Like

  4. Meski jadi “korban” keputusan ortunya, meski jadi “korban” keputusan manajemen. tpi dia mencoba menjalani itu semua se-pro mungkin 🙂

    Setidaknya yg beranggapan Neru gk bnyak berkontribusi buat hiragna bisa terpatahkan dgn isi blog Mao, yg laen istirahat dia ngapalin dance, ngajarin dance, untung Neru anak alam yg mungkin fisiknya diatas rata2, coba dia anak perkotaan *apa hubungannya 😀

    “But Neru is not a super human, she’s a human like us, and she is 3 years younger than me a 19 years old, and I think her situation was really really difficult. Neru-chan might not be a super human, but she is a super human.” – by: Mao

    Like

    1. Kisahnya Neru udah cocok naik sinetron banget ya? 😀

      Itu kayanya ane juga kasih link ke translate blog-nya Mao deh pak. Kebiasaan deh 😀

      Like

    2. Dijadiin 1000 episode bisa nih cerita nyata Neru 😀

      Iya, ane tau, ane cuma mau mempertegas aja, curigaan mulu ente min 😀
      Mao membuka mata bgi mereka2 yg mandang sinis ke kberadan Neru di Hiragana,
      pengen rasanya ane kasih permen kaki ke Mao sbg bntuk rasa trimaksih dari kami skeluarga 😀

      Like

    3. Tawarin ke TV lokal gih, lumayan dapet pemasukan tambahan 😀

      Kirain kaya di sebelah, langsung main komen aja gak baca artikel (bikinnya capek woy) 😀
      Permen kaki? Makanan legendaris kembali 😀

      Like

    4. Dapat pemasukan tambahan pun ane gk bakal ngotot ikut menikmatinya, ane kan bukan kyk ente 😀

      Jgn samakan ane dengn yg laen dong, ane baca lah meski kadang gk semuanya kecerna sama otak ane 😀
      Ya, ane rindu sama permen kaki, makanya ane UP soal permen legend satu ini 😀

      Like

    5. Masak? 😀

      Baca bagian ngidolnya? 😀
      Pengen tapi malah up bukannya ke warung buat beli? *eh masalahnya bisa beli atau enggak ya, sorry 😀

      Like

    6. Lagi2 masak? kesambet setan koki ente? 😀

      Ya itu pasti, yg bukan ngidolnya juga ane baca 😎
      Ya kan dah malam, mana ada warung buka, pagi tadi ane langsung beli permen kaki 😀

      Like

    7. Ane kan gak cuma masak garam kaya seseorang 😀

      Boku wa iya dah 😀
      Beli atau ngutang? Denger2 gosip katanya ada yang udah numpuk 😀

      Like

    8. Apaan lagi garam dibawa2

      Jadi kalimat favorit ente ya 😀
      Gosip kok didenger trus dipercaya, ckckckckck

      Like

    9. Artinya masakan ane bervariasi dan bergizi 😀

      Apalagi setelah gak ada lagi Half-Blood 😀
      Gosip yang ente sendiri secara eksplisit udah ngakuin 😀

      Like

    10. Mnurut n pendapat sepihak ente aja itu 😀

      😀
      Itu hanya untuk joke, klo kenyataannya amh gk pernah ane lakuin itu 😎

      Like

    11. Pikirkan soal siksaannya, siksaan dosa besar lbih perih 😀
      *bahas apa ini, buang2 power jari-jemari aja 😀

      Like

  5. Sekarang tinggal amati Hiragana kedepan’y tanpa ada’y Neru..
    Pasukan udah nambah,dorama juga dapat,semoga bisa seimbang prestasi’y sama Kanji 😀
    Dan tentu’y berharap Katoshi semakin bersinar 😀

    Like

    1. Cuma tinggal nunggu drama sih kalau buat ane, medioker atau ancur, ini stepping stone yang penting. Kecuali kalau di tahun depan ada gimmick baru lagi.

      Katoshi doang? 😀

      Like

    2. Kyk bakal bagusan yg Re:Mind drpda yg kmrn 😀

      Di Hiragana mh Katoshi dong,gak ada yg lain 😀

      Like

    3. Nonton lah,setidak’y 1-3 eps,buat penilain..kl kyk yg kmrn,lgsg drop..kl sesuai ekspektasi lanjut 😀

      Kl untuk skrg blm ada,entah kl udah lihat si no.15 dr gen 2 Hiragana,bisa ada atau gak ada 😀

      Like

    4. Kl saya cuma bemars doang yg tamat,krn faktor dia..yg ada dia meski kurang klop saya tamatin,termasuk J bad boys 😀

      Bisa 90% jadi,bisa pula gak jadi..tergantung nanti setelah dia muncul 😀

      Like

    5. Mimin memang pantas di suudzonin kyk bpk kost sebelah 😀

      Panggil saja dia Jūgo-chan sampai tahu nama asli’y 😀

      Like

    6. Kl nama’y udah jodoh gmn,bkn ngincer berarti kn? 😀

      Emang Hiragana ada cowok? 😀
      Krn gak tahu nama’y jd pke nama panggila,itu yg no.15..
      Tp stlh kmrn likat keyakitte,bkln nambah dlm dftr pengamatan 😀

      Like

    7. PCC=Pitamin Cacih Cayank? 😀 😀

      :p
      Soal’y no.7 lucu jg duet sama dek Nako
      No.12 jago rap,dan pernah HS sama Katoshi,jd kata Katoshi dan dek Nako kedua’y hrs masuk 😀

      Like

    8. Itu nama obat2an yang dikasih ke pekerja ladang ya, biar mereka tetep dalam ilusi? 😀

      Kena deh 😀
      Wah, gak sampe seminggu udah nemu aja pekerja baru 😀

      Like

    9. Itu obat pemberian Ijiri lho,selain menyehatkan dan membahgiakn,jg bikin nurut 😀

      Soal’y yg dua itu berhubungan sama kedua yg saya sayangi..sebener’y ada 1 lg yg dipertimbangkan,yg ngaku2 punya kesamaan sama Satoshi,tp dipending dulu buat lihat no.15 😀

      Like

  6. finally the half-blood princess reveal her true identity. udah persis kayak snape beneran ini. kontribusinya ga keliatan secara langsung, tapi di belakang panggung bolak-balik kanji hiragana belajar dance ama koreo. oh neru-chan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s