Sakamichi Review : Kaze ni Fukaretemo MV

Well, sebenarnya aku tidak begitu mood untuk mengerjakan review dari MV ini. Apalagi kalau bukan karena Bebitan, bukan karena sulky karena dia tiba-tiba grad -as if there were any “announcement” before- tapi karena untuk mereview aku butuh situasi yang tenang. And gone through a bad day wasn’t help either.

Selain itu, sejak kemarin aku membuat sedikit rangka artikel tentang graduate-nya Bebitan, tapi karena ingat hari ini Kaze ni Fukaretemo rilis, maka aku tidak bisa menulisnya lebih banyak juga. Mungkin akan kumasukkan di artikel penutup tahun. Well, langsung saja pada reviewnya kalau begitu.

Dari awal, MV ini terlihat khas Keyaki dengan aura yang cool. Di scene pembuka, hanya ada 18 member yang terlihat, minus Zuumin, Ue, dan Yone. Cukup aneh, apalagi biasanya scene pembuka ini berlangsung cepat jadi kurang diperhatikan. Kali ini, miss besar, apalagi sejauh ini belum ada info tentang absennya mereka.

Neverthelessopening scene ini cukup bagus, kesan boyish dapat, hanya saja jika diperhatikan, beberapa terlihat terlalu berusaha keras agar memiliki ekspresi cool. Jatuhnya malah lucu, apalagi saat mulai tepuk tangan. Aku tidak akan mengatakan member yang mana, find it yourself 😀

Selanjutnya, saat Tecchi berjalan diantara backdancer -dalam arti harfiah, bukan member lain- itu sedikit mengingatkan pada signature SiMa dan di W-Keyakizaka no Uta, saat Tecchi “bertemu” dengan Tecchi yang lain. Hanya kali ini jauh lebih ceria, tidak kaku atau depresif.

Scene beralih pada bagian di junkyard atau harbour? Sulit untuk menentukan, yang jelas lokasinya mirip dengan Amerika. Apalagi banyak sign yang berbahasa Inggris. Hanya saja mau tak mau aku teringat pada Pripyat saat ada komidi putar yang muncul sebagai background untuk Aka dan Berika.

Lalu beralih ke scene dimana member menari dengan mic jadul. Hal ini sedikit mengingatkanku pada film SING, atau pada Nobody-nya Wonder Girls atau STEP-nya KARA. Hal ini akan kubahas selanjutnya. Nah, disini juga adalah kemunculan Yone setelah absen di bagian pembuka. Artinya jelas MV ini tidak diambil di hari yang sama.

Ada satu bagian yang cukup simbolis, yaitu Tecchi yang berjalan sendirian dan melihat Yone dkk di panggung. Lirik yang dinyanyikan Yone terasa tepat sekali menusuk dengan kondisi Tecchi, the son of the sun… sejauh ini.

Kemudian kembali lagi ke harbourdance scene yang kali ini 20 orang minus Ue. Zuumin terlihat disini meski samar. Baru saja aku mengatakan MV ini mungkin tidak diambil di hari yang sama, jadi mungkin setidaknya dua hari karena di scene pembuka minus Zuumin, Ue, dan Yone.

Selain itu aku juga cukup tertarik dengan bagian berlari menubruk pagar kardus. Apalagi in-between ada Tecchi yang terlihat lega. Apa ini pertanda? Lalu beralih ke dance a la SiMa, dengan male dancers di kiri kanan, disini Tecchi melakukan dance yang bebas, it’s just…. nice to look and feel relieved at the same time.

Mungkin karena Bebitan juga, tapi aku mau tak mau teringat Umareta Mama de saat scene Tecchi menari diatas meja, selain itu dance member juga sedikit mirip dengan dance Umareta atau Fuusen wa Ikiteiru. Lalu masuk ke bagian yang paling tidak akal menurutku; party diatas mobil. An old Corolla. Just why?

Dance scene di kontainer sedikit blur, dan kembali ada pengurangan member. Kali ini menjadi 19 member. Dan member yang hilang masih tetap; Zuumin dan Ue. Sejujurnya aku sempat berpikir Aoi juga tidak ada, tapi ternyata dia di tumpukan palet kedua dari kiri, dan jumlah 19 orang berarti minus duo chibi.

Scene selanjutnya menjadi kurang oke karena penggunaan flakes, padahal ini bagian close-up. Lalu entah kenapa bagian kemunculan pertama Yone diulang lagi sebelum Tecchi berlari diantara pertarungan antar anggota geng -Kungfu Hustle, anybody- 

Final scene dimana Tecchi naik ke langit seperti, well, you know what I’m talking about. And I’m a bit concerned to say it in this narrow-minded, shitty place to this “sensitive” subject. Bagaimanapun, ini mungkin pertanda bahwa Manco Capac pun akhirnya akan resign? Well, ini teori yang paling banyak beredar, tapi aku sendiri pun punya teori sendiri yang tidak akan kujabarkan sekarang tentang final scene ini.


Secara keseluruhan, aura MV ini mirip dengan Futari Saison. Dari aura maupun kesan MV yang lebih ceria dibanding dua rilisan Keyaki tahun ini. Bukan hal buruk tentu, malah bisa jadi ciri khas Keyaki. Fall is not just about ballad, rite?

Yang menjadi main point dari MV jelas adalah dance yang menurutku jauh berbeda dengan Keyaki sebelumnya. Kali ini lebih lambat tidak seperti Fukyouwaon dan tidak terlalu musikal seperti Futari, tidak dramatis seperti Getsuyoubi juga. Lebih ke dance yang populer sebenarnya, khas idol dance.

Untuk urusan dance, ada sedikit kemiripan dengan beberapa grup yang familiar diantaranya sudah kusinggung sebelumnya, yaitu mirip WG/KARA. Kali ini mirip Boy group malah, dari negara sebelah. Pertama, footwork disini terlihat mirip dengan Fiction dari Beast. Versi yang lebih cepat. Hal ini paling terlihat saat dance diatas kontainer, mau tak mau aku teringat pada grup ini.

Selain itu ada juga shuffle dance yang mirip dengan Hayeoga dari Seo Taiji and Boys. Well, sebenarnya ada satu lagi, cuma aku tidak bisa ingat grup yang mana. Yang pasti, di mataku, MV ini terasa familiar karena mengambil cukup banyak gerakan yang sama dengan grup lain. Kebetulan?

Mungkin saja, atau Keyaki memang berniat memasuki pasar KPop. Ingat saja, Eccentric pernah viral karena Koreaboo pernah mengangkatnya, dan sejauh yang kutahu, fandom Sakamichi di Korea cukup aktif dalam urusan subbing dan semacamnya. Mengambil gerakan yang mirip-mirip grup KPop mungkin cara yang bagus untuk tujuan ini. Dan aku ingin tahu pendapat kalian tentang ini.

Screentime, tidak ada masalah. Jika tentang Ue, yang bisa dikatakan hanyalah dia tidak ikut disini, mungkin karena schedule atau apa, meski cukup aneh juga dia tidak ikut di dua hari shooting. Mungkin ada yang tahu? Selain Ue, Zuumin yang hanya muncul sedikit pun sebenarnya mendapat bagian yang cukup meski tidak mendapat solo shot.

Member lain mendapat jatah screentime yang cukup, hanya menurutku sebagai sesama front row, Mizuho kurang mendapat solo shot jika dibandingkan Ozeki atau malah Nijika. Secara keseluruhan merata dari front sampai 3rd row, yah dengan kompromi tentu.

Untuk kostum, meski minim variasi, tetap saja bagiku ini konsep menarik -selain bisa menjadi tambahan untuk artikel yang kusiapkan- hanya setelah terbiasa melihat Keyaki dengan kostum futuristik, melihat suits jadi terasa membosankan sekali. Sayangnya, suits sepertinya hanya akan dipakai di MV karena seragam dinas kali ini tetap a la Keyaki..


Copy of 欅坂46 『風に吹かれても』_Full-HD.mp4_000176176

Overall, bagiku MV kali ini menarik. Konsepnya kurang lebih hanya modifikasi, tapi yang paling bagus adalah ekspresi yang banyak disini, tidak datar seperti dua MV terakhir Keyaki. Dan penggunaan wire works untuk pertama kalinya terkesan terlalu maksa. Seperti asal ada dan ending yang ambigu.

Seperti yang kukatakan diatas, MV ini terinfluensi dari budaya pop, sedikit melenceng dari ciri khas Keyaki. Bukan hal buruk tentu, apalagi jika mengincar pasar yang lebih luas. Keluar dari “zona nyaman” akan bagus, meski masih terlalu cepat untuk bilang begini karena hal serupa juga bisa ditemukan tahun lalu.

Aku tidak akan berspekulasi tentang absennya beberapa member selain menunggu berita, atau tentang simbologi di akhir MV. Satu-satunya spekulasi yang ingin kukatakan hanyalah MV ini cukup membawa simbologi yang menggambarkan keadaan Keyaki saat ini. Dan sekali lagi, bagaimana dengan kemiripan MV ini dengan MV dari negeri tetangga?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

114 Comments

  1. Ue ada loh, meski cuma tulisan di akhir. 😀

    Ane sebenernya suka dengan tema, dance dan pewarnaan di MV ini. Kekurangannya cuma dua, screentime member dan penari latar.
    Screentimenya, aduhai kacau sekali. Hak tiap baris tidak berlaku lagi, dan bisa dibilang, screentime member menunjukkan member favorit mnjmn/member populer. Aka! Aka cuma sedikit, padahal dia salah satu member kuat kan? 🙂
    Penari latar! Yg pertama di MV Keya, ya? Mengganggu banget! Ditambah lagi, kostum mereka sama dengan member. Kayak dibikin gitu, buat kamuflase member yg ga hadir. Mungkin penari latar ga masalah, kalo misalnya, ditengah adegan, member ganti kostum dengan suit warna kontrasnya. Jadi, jas putih, kemeja hitam dan dasi putih. Itu lebih oke.

    Dancenya suka, dan ane cuma inget mirip shuffle dance, kayak yg mimin bilang.

    Kalo soal ekspansi ke Kpop, ane ga tau banyak. Cuma pernah liat MissA sama beberapa MV BigBang. Dan kalo hanya berdasarkan itu, mungkin Keya perlu menambah unsur dewasa dilagu dan dancenya, biar bisa pas dengan pasar Kpop. Dan untuk itu, mungkin centernya harus ganti, karena Tecchi aura muda/remajanya kuat banget. Perlu member yg matang, macam Shiichan atau Pon. 🙂

    Like

    1. Ini yang bikin ane nyari2 lama, dan gak sekali salah ngenalin member. Tapi akhirnya, harus diterima Ue emang gak ikutan. Ngapain sih dia? 😀

      Screentime buat ane gak masalah. Per baris? Emang dari dulu udah gak ngikutin pattern ini kan. Dan ane juga gak akan bilang ini favoritsm dari manajemen, karena Zuumin atau Risa juga dapet seiprit.
      Backdancers cukup ganggu? Mungkin juga buat kamuflase kaya yang ente bilang, tapi buat ane ini cukup oke, konsep baru yang masuk ke kostum.

      Image Keyaki sebenernya udah cocok masuk di pasar Korea; mereka unik dan gak cutesy ala girl group atau oversexy. Grup Kpop yang model begini emang jarang ada, dan status “impor dari Jepang” ini bisa jadi counter point untuk itu sih.

      Like

    2. Ane siap2 untuk hal terburuk aja. 🙂

      Mungkin ane agak sebel, karena Ue ga dapat screentime. 😀
      Kostumnya yg bkin ga enak, dan ga bisa nonjolin member karena itu.

      Semoga aja sukses. Atau, mnjmn pengen buka cabang disana? 🙂

      Like

    3. Udah mikir kesitu aja? 😀

      Gimana mau dapet screentime kalau shooting aja gak ikutan? 😀

      Bikin SG? Atau bikin Hangul Keyaki buat debut disana? 😀

      Like

    1. atau mungkin ekspetasi saya yang ketinggian, mac….

      ya melolong biar ndak dikira serius komen saya, entar kakaknya manafi baper, wkwkwkw

      ehh, btw kalau ngajak jalan manafi perlu minta ijin ni sama kakaknya, kalo perlu saya bawain martabak manis kerumah, wkwkwkw

      Like

    2. twist ?? dalam arti apa ni ?? kok mudeng saya ya

      yah…

      kakaknya galak bener, gimana adeknya mau dapet jodoh, kalo kakaknya galak kaya gitu, lol

      Like

    3. Lah, trus sebagai penikmat, saya harus bagaimana ini, berharap tanpa ekspetasi sama sekali apa cuman berdelusi ria saja

      Kalo serigalanya jadi jadian mah, saya ndak takut, kasi aja PP atau PB member, lol

      Like

    4. ya, pilihan saya saat ini tetap, memperjuangkan Manafi agar terbebas dari jerat kakaknya yang sok pahlawan tapi egois sama adek sendiri, lol

      ya, demi keselamat diri dan berkelanjutan group ini, beli PB dan PP original yang banyak dan sisanya kita bagikan kepada serigala yang membutuhkan

      Like

    5. Ya, intinya, apakah termasuk masih tabu membicarakan dan mengangkat topik tentang kematian di kehidupan sehari hari, yang kita tahu, kematian sering diangkat di dalam pop culture, seperti anime death note, grim reaper, dan lain sebagainya

      Like

  2. MV nya enak, nawarin sesuatu yg baru buat Keyaki, meski nggak baru-baru banget buat konsep sebuah idol grup, jadi kesannya medioker juga sih. Pembagian screentime, lumayan. Gak separah fukyouwaon apalagi sekai ni, sayangnya Habu gak sebanyak Ozeki atau Ishimori. Ikemen Tecchi sepanjang MV banyakan ketawa daripada seriusnya, setelah empat single, eh?

    Like

    1. Yah, Keyaki keluar dari image terlalu cool aja udah bisa dirayakan aslinya 😀

      Kok sejauh ini kayanya cuma ane yang kasih nilai positif buat screentime ya? 😀

      Like

    1. “Nevertheless, opening scene ini cukup bagus, kesan boyish dapat, hanya saja jika diperhatikan, beberapa terlihat terlalu berusaha keras agar memiliki ekspresi cool. Jatuhnya malah lucu, apalagi saat mulai tepuk tangan. Aku tidak akan mengatakan member yang mana, find it yourself.”

      Just pointing the obvious. B)

      Like

  3. Seneng liat techi nyengir bebas,udah lepas aja,gak kyk single2 sebelumnya

    Ini yang ane bilang kemaren,porsi techi masih terlalu banyak,emang sih dia center dan dia mampu melakukannya,tapi mbok ya jangan sampai segitu juga,scene terakhir makin nunjukin techi terbang,terlalu tinggi buat digapai😆

    Biasanya lagu terbantu sama mv,tapi kali ini mv yang terbantu sama lagu

    Mana costum cuma satu,dasar paman gober😆

    Like

    1. Perubahan image kali ini kayanya cukup direspon baik juga. 1M views dan liat jumlah dislike di Youtube resminya.

      Banyak yang bisa diartikan dari scene terakhir, yah, ane gak mau komen sekarang.

      Gak suka MV ini?

      Emang pernah pake dua kostum? *sarcasm 😀

      Like

    2. Udah dapat alasan member gak ikut di mv ini?

      Suka,peringkat ke 5 dari 5 single😆

      Kalau sebelum2 nya masih mending cuma 1,lah ini suits seperti ini butuh kostum yang lain,tapi yah maklum juga,kapan sih paman gober gak pelit?😆

      Like

    3. Sejauh ini belum.

      Kira2 mau dipakein kostum apa dong? Inget aja Futari, gimana gak nyambungnya dari seifuku langsung diganti kostum Gundam. Buat ane yang begini lebih masuk akal daripada pake suits tiba2 diganti kostum yang muncul di Keyakake kemarin.

      Like

    1. Eh itu di bagian pertama kan?

      Setelah ane cek lagi, ternyata emang di scene pembuka itu 19 member, minus duo chibi doang. Angle cameranya harus diganti, emang gak keliatan sih kalau di SS yang ane ambil.

      Like

  4. UE gk ada.
    Zuumin – Yone yg hilang timbul.
    Screentime.
    Techi yg lagi2 meski center dikasih “aksi solo” lagi yg klo mnurut ane jadi serasa Techi & Keyakizaka46 😀
    Backdancer yg salah dance tpi gk mau di take ulang 😀

    Soal merambah pasar korea, ane gk ngerti bgituan, tpi klo emng ada tujuan kesitu, moga sukses n bener2 niat gk skedar maen2 doang 😀

    Like

    1. Iya emang gak ada, gak usah digede2in gitu lah tulisan “UE” nya, tahu kok 😀 😀 😀

      Oke, ane masih gak paham kenapa Tecchisentrism jadi masalah, disaat ini emang privelege seorang center? Pembahasan nanti deh di akhir tahun 😀

      Kalau liat target pasarnya, emang susah. AKB aja gak pernah bener2 sukses, tapi itu juga karena waktu itu ada situasi politik yang gak menguntungkan. Sejauh ini dua negara relatif masih aman, terutama karena ada Kim Jong Number Un 😀

      Like

    2. Ane meng serung nulis nama UE pake huruf besar smua kan, sbesar ❤ ke dia 😎

      Gak masalh klo gk terlalu klihatan, center nya techi bukan lagi sbg center yg berdiri di posisi zero atau wajah yg bnyak disirt di MV, tpi dah kyk dia centernya, dia MVP nya dsb, dan hal ini terjadi di smua MV single sejauh ini, simajo yg dia jalan sndiri (its ok lah yg ini), sekai ni (ane dah lupa gmn MVnya 😀 ), futari sezon, dia solo dance, fukyouwaon dia dilingkari member laen, dan kali ini sbenanrnya gk ada msalah sampe adegan dia terbang trus member kyk berusaha menggapai dia atau aplah itu, maksud ane , pola yg sama, pola yg mnurut ane terllau mnonjolkan sosok center, sosok dark nya techi, sosok coolnya techi, tpi ya mungkin ini perasaan ane aja, dan untungnya di point2 yg ane sebut itu Techi sukses menjalani perannya jadi ane sbenarnya gk terlalu fontal juga soal ini, skedar mngeluarkan pndapat dan pandangan 😀

      Ya bisa aja mnjemen merasa keya bisa tmbus ke pasar korea, apalgi mreka kmarin juga bisa meriahin acara japan rock festival yg mungkin membuat mnjemen percaya diri klo nih group bisa mnembus pasar yg bukan dinikmati pecinta idol saja *komen apa sih ane ini

      Like

    3. Menutupi kekecewaan ya? Oke deh 😀

      Oke2 I got it. Intinya Tecchisentrism emang udah kelewatan, gitu kan? Dan lagi de facto Tecchi udah jadi center 6 kali berturut2. Tapi kaya yang ane bilang, emang beresiko ada revolusi sebelum akhir tahun kan. Tunggu aja 6th single nanti.

      Semua tergantung politik. Satu lagi, standar idol Korea jauh lebih tinggi dari Jepang. Kalau bawa eksentriknya doang mungkin Keyaki bisa tembus, meski cuma low to mid tier.

      Like

    4. Itu maksudnya, Uni Emirat. 😀

      Kalo soal Tecchisentris, ane lebih karena Takahiro sensei, yg membuat dance dengan gerakan terlalu banyak berpusat pada Center atau terlalu mengagungkan Center. Misal, Katarunara, di awal Tecchi duduk dengan member lain seperti jadi pemuja dia. Mungkin, pemahaman dia tentang sosok Center Idol ini beda dengan koreografer lain, atau memang ada permintaan mnjmn untuk itu.

      Like

    5. @Mac:
      Ya elah pdahal dah dijelasin masih aja nebak yg enggak2

      “Tecchi udah jadi center 6 kali berturut2” <– Mabok min? ngoplos apa? 😀
      “Tapi kaya yang ane bilang, emang beresiko ada revolusi sebelum akhir tahun kan” <- gk mesiti revolusi yg terlalu berlebhan, cuma peran sperti terlalu menonjolkan techi nya yg ane hrapa agak dikurangi, ini juga mungkin yg bikin Techi makin terbebani, dah center trus dia sperti “dperlalukan lebih” disetiap MV

      Nah makanya ane bilang, korea “keras” klo mau nembus ane hrap bukan skedar maen2, tpi harus bener2 niat 😀

      ================================================================

      @Mas:
      Nyambar aja 😀

      Klo dari single 1 ~ 4 OKlah gan, mngkin faktor Takahiro sensei dlm ngebuat dance, cuma di MV x ini yg efek Techi terbang, ane gk pham apa makna dibalik itu semua 😀
      Dan klo soal dance sebenanrnya Takahiro juga bisa berhrap sama member laen.

      Note: Ini skedar mengungkapkan pendapat, jgn disalah phamkan ini komen sbg Anti Techi 🙂
      *ngeri2 sedap soalnya klo dah bahs soal center, apalgi centernya OK punya 😀

      Like

    6. Boku wa iya dah 😀

      Ente yang mabok. Getsuyoubi kan centernya Tecchi juga *gak pake bales “kan itu bukan single blablabla” 😀

      Maknanya Tecchi ascended to heaven udah jelas, Takahiro itu bukan penganut bumi datar. Dia yakin tempatnya Tecchi itu di langit Keyaki 😀

      Like

    7. Itu trus, bosan ah 😀

      Ane harus balas apa klo ente dah ngelarang *gak pake bales “kan itu bukan single blablabla” ? 😀

      Nah itulah, ntah emng ini cara pandang om takahironya, atau sutradaranya, atau sang empunya group 😀
      Cuma ya itu, klo dari ane mah ya sdikit dikurangi lah biar anggapan Techi n Keyakizaka gk semakin sering mencuat 😀

      Like

    8. Gimana lagi, di single ini gak dapet punch line kan *ups 😀

      Tau deh, makanya argumen tuh yang matang 😀

      Yang punya masih merhatiin? Kirain lagi berenang di duit? 😀
      6th single, tunggu aja. Kalau masih tetep Tecchi centernya, berarti teori ane ada yang bener.

      Like

    9. Dah nnton fukyouwan pas di MTV? boku wa yada nya Neru sesuatu x 😀

      Lah ente bawa2 getsuyobi ke ranah single 😀

      Hahahahaha, lidahnya sampe kering gra2 liurnya dipake buat ngitung duit 😀
      Ane gk bisa keberatan jg klo Techi center lagi, Asal! Asal yg kyk ane bilang, dikurangi adegan2 terlalu mnonjolkan techinya 😀

      Like

    10. Belum 😀

      Ane gak bilang spesifik “single” kan? Minum dulu gih 😀

      Atau Tecchi tetep center cuma spotlight dikasih ke member lain? Kaya di MV Boku no Shoudou? 😀

      Like

    11. Buruan nonton, pasti ente akan merinding 😀

      Klo gk spesifik kesingle berrti seharusnya lebih dong 😀

      Boleh klo Keya mau ikutan ciri khas kakaknya 😀

      Like

    12. Pilihan ente gk ada yg enak 😀

      Jumlah centernya lah 😀

      Harus ane jawab, ya 3 bini ane lah 😀

      Like

    13. Merdu? Kok ane susah percaya ya? 😀

      Tanyakan pada rumput yang dimakan kambing aja lah 😀

      Soalnya jawaban ente selalu menjurus sama kehidupan yang tua 😀

      Like

    14. Serius ane, ktimbang ente suuzon lbih baik buktiin sndiri, sedot filenya 🙂

      Duh, brrti harus call Yoda dulu 😀

      Lempar tua sembunyi umur

      Like

    15. Yakinlah, sampe2 ane rindu suasana bilik warnet gra2 dah jrng kewarnet akbat kuota melimpah 😎

      Like

    16. Dasar penjahat kacangan tuh bapk kos sebelh, yg diincar malah konter, bukan perusahaan providernya 😀

      Like

  5. Kl buat saya ini MV dan musik’y saya suka..tentang kesamaan dance dgn group lain saya gak tahu,krn gak kenal sama group2 yg disebutin diatas 😀

    Banyak yg krng suka sama porsi Techi di MV ini,kl untuk saya mh gak terlalu masalah kl MV’y bagus,asal dia https://goo.gl/hxAYf3 ada 😀

    Like

    1. Itu ane kasih link video biar bisa liat kesamaan dance yang ane maksud. Udah liat? Emang boy group, gak ada yang bisa diserigalain, tapi coba liat lah 😀

      Siapa itu? Ohno Satoshi? 😀

      Like

    2. Entar diliat kl lagi mau,soal’y kl BB suka’y dengerin tanpa lihat video mereka 😀

      Dah jelas Sato Shiori,malah dihanti2..Satoshi Ohno mh kn oshi’y mimin di BB 😀

      Like

    3. Jatuh cinta?sama orang’y?gak mungkin 😀

      Kl gitu,
      1.yg dulu maen di hana yori dango 2.yg maen di keizoku tantei
      3.yg maen di Nazotoki wa Dinner no Ato de
      Yg mana kah? 😀

      Like

    4. Gak mungkin lah,sama2 laki 😀
      Kl sama Kara dan WG tahu dikit krn prnh menyukai’y dl,seksi sih 😀

      Haha..kirain suka nntn dorama mereka,mkn’y pke kode krn gak tahu nama mereka,cm tahu wajah doang 😀

      Like

    5. Sekarang tren tuh, bromance 😀
      Siapa yang lebih sexy? 😀

      Udah sering banget kayanya ane bilang, drama tuh bukan makanan sehari2 ane 😀

      Like

    6. Gak deh,mksh min..cuma tertarik dan suka sama yuri 😀
      Seksian Kara kyk’y 😀

      Kn setidak’y tahu sama dorama yg mereka peranin meski gak nonton 😀

      Like

    7. Yuri nama orang atau Yuri genre? 😀
      Voluptuous 😀

      Emang sinetron dalam negeri, panjang episode sampe hafal judulnya. Yakali hafal semua drama yang cuma 10 episode dari mereka 😀

      Like

    8. Yuri genre dong,tp yuri on ice jg suka 😀
      Voluptuous<—kyk’y saya faham 😀

      Nah kn,lokal yg ratusan eps tahu,sdgkn pnya mereka gak..terlalu 😀

      Like

    9. HBD 😀
      Kl kata Misa yg lg disamping saat ini “yada,mimin no ecchi” 😀

      Kn kl gak dikasih tahu,bisa di anggap pemerhati 😀

      Like

    10. Cie ngambek 😀
      Gak perlu dibilangin,dia sadar diri kok,dia ecchi kl lagi sama saya aja 😊

      Segitu nolak’y,pdhl pengamat 😀

      Like

  6. Overall, ane cukup puas dengan MVnya. Tapi buat lagunya, mungkin ane butuh membiasakan dulu, gak bisa langsung jatuh hati.
    Soal screentime, ane rasa beberapa member lain kurang dapet porsi yang bagus. Mungkin bakal bagus kalo porsi screentime kayak Nigemizu kemarn 😀

    Btw buat pertanda kayak kata om admin, apakah itu pertanda single ke-6 techi bakal lengser dari posisi center? Mirip ikoma jadinya

    Like

    1. Lagu ane no comment dulu deh 😀

      Khas Keyaki; screentime bagi rata gak pake row, jadi emang untung2an siapa yang kena sorot 😀

      Soal ini baru bakal ane jawab di akhir tahun 😀

      Like

  7. Tiap liat mv ane slalu pngen nyanyi i hate this love song…..i hate this love song……
    Gra2 sama pke suits 😀
    Aahhhh yong bae,,,,,😍

    Ane heran ama tiap mv keyaki, soal burung sring mncul aja jd teori konspirasi yg baru. Apalgi soal simbologi techi, ane udah kpok soal bgituan. Inget kan ane dlu prnah ngomong soal naachan di mv ima hana dan miona oshi yg dbkin baper di mv harujion 😀
    Klo suka ya nikmatin aja, g suka y tinggalin gtu aja repot.

    Utk mv,klo ane org awam psti ngiranya pnyanyinya y si techi doang lainya macam sonata femina. Dan adegan techi terbang rada maksa dan cringy bgt bgi ane. Dan klo dri segi lagu msih bs kok mv dksih bmbu sexy dikit jgn cool mulu skali2 dikasih yg meliuk jg boleh lah 😀

    Jujur ane krg excited ama rilisan sakamichi kali ini, lbih nunggu epik high aja lah 😀

    Like

    1. Buset lama amat lagunya, yang hitam putih pula 😀
      Yongbae udah bahagia, relakan 😀 😀 😀

      Ane gak merhatiin burungnya sama sekali, daripada teori konspirasi mungkin tuh burung mau dijadiin maskot Keyaki? 😀

      Kalau dikasih yang sexy, ya Tecchi harus lengser dulu, masih kecil dia 😀

      Epik High rilis album lagi?

      Like

    2. Itu mv slah satu yg masterpiece buat ane 😀
      Justru yong bae udah ada yg punya ane makin cinta.

      Klo mnurut ane sih itu pnghormatan utk nama awal keyaki aja,kan dlu toriizaka46 😀

      Ane g ngrujuk techi lho,klo imagenya techi kool y gpp lainya yg pnya sexy chara kan kasihan jg.

      Iya epik high rilis tgl 28 ntar klo g slah, mkanya ane ckup excited krn tau ndri epik high klo rilis wktunya pnjang2.

      Like

    3. Kenapa ini terdengar salah? 😀

      Burung camar bahasa Jepangnya apa sih?

      Nah makanya, harus ganti center 😀

      Ngomong2 tuh Papa YG mau bikin variety baru?

      Like

    4. Iya dong,jd yong bae g tbar2 pesona ditiap panggung krn ane g trima tiap konser wanitanya beda2 😀

      Ambil nama burung scara umum aja sih,lgian msih dprpnjang aja bgi ane g prmasalahin sih. Mau mrk pke burung emprit ato cucak rowo jg kagak ngaruh 😀

      Klo soal gnti center itu srahin ama aki-p aja, klo dy msih sneng lagunya dicenterin techi wota hnya bsa apa 😀

      Ane dri dlu g prnah ngikutin varietynya K-POP, wong variety bigbang yg kmren aja kgak liat ane. Lbih ke musiknya aja klo YG mah.

      Like

    5. Siapa2 dicium 😀

      Mungkin bakal pake maskot penguin *kesenengan Miichan kalau gitu 😀

      Hanya bisa rants & raves 😀

      Kirain ngikutin juga 😀

      Like

  8. nih lagu feel free dan easy listening banget, seklai dnger langsung nyentol nggk pake lama.. dancenya juga keren, dan point pentingnya, ane suka sama semua expresi mamber alami banget palagi nanako yang pas pose depan mic sekilas tapi sangat berkesan bagi ane, yone, monta(the best dancer), dan techi… walaupun ue nggk ada sih 😥 , tapi overall ane suka lagu ama mvnya… jiyuu no tsubasa (eh kok malah Attack on titan)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s