Sakamichi Review : Boku no Shoudou

Kemarin, 5 Oktober akhirnya dua MV terakhir dari 19th single dirilis; My Rule yang dibawakan Under dan Boku no Shoudou yang dibawakan Gen 3. Cukup lama jeda waktunya dengan Itsuka Dekiru Kara atau Maaiika dan Shitsuren wo Shoujinin, sekitar satu minggu dan aku mulai bertanya-tanya kapan akan dirilis.

Ini adalah MV ketiga Gen 3, sesuatu yang membuat mereka mendapat posisi yang paling di-push. Tapi tentu saja, hal ini bisa dibilang masuk akal, karena sekali lagi, membandingkan mereka dengan Gen 2 harus dipertimbangkan banyak alasan. Yang tidak akan kujabarkan sekarang.

Pengambilan gambar dilakukan di Tochigi, dan dilakukan sekitar satu bulan lalu. Dan tentu saja, background di MV ini bagus, terutama di bagian berladang. Kesan yang kudapat mirip dengan scenery indah di Shizuoka akhir tahun lalu. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk MV Boku no Shoudou.

Pertama, storyline untuk MV ini bisa dibilang hanya modifikasi yang minim dari MV-MV sebelumnya. Mungkin hanya mendapat sentuhan perbedaan storyline. Pertama, Yoda, Ume, dan Denchan menjadi semacam Miko untuk menjaga Saka otome dan Nogi Kami-sama -yeah, I cringe at this very moment I heard it-

Kuil yang disakralkan adalah stasiun Nogizaka-eki, yang hancur. Dan di mataku -science start off- tempat ini terbawa ke masa lalu dengan semacam space-time distortion. Dan device yang diperlihatkan Yoda pada Momoko dan Riria jelas berasal dari masa depan.

Sementara member lain menjadi semacam murid di tempat yang sama. Nah, harta utama dari tempat ini adalah benda semacam smartphone -yang mana mengingatkan pada Tony Stark- yang memperlihatkan dunia seperti dalam VR. Dan juga memperlihatkan bagaimana penampilan Nogi di panggung.

Tak lama hal ini membuat Momoko, Yoda, dan Riria dekat sampai beberapa kali menonton hal yang sama. Bahkan mereka mulai melakukan dance saat sedang berladang. Disini, teori lain muncul; mereka ada di post-apocalyptic saat para senpai sudah pergi dari Nogi.

Hal ini masuk akal, apalagi mengingat sebelumnya Nogi juga memakai formula yang sama. Bedanya, kali ini lebih eksplisit, dan butuh waktu untuk memahami bagaimana storyline sebenarnya dari MV ini. Selanjutnya, trio ini menemukan halaman tersembunyi di buku kuno.

Isinya menggambarkan 12 orang dan satu raksasa. Sebelum menemukan artinya lebih jauh Yoda sudah diseret untuk mengikuti sebuah upacara. Not a good one, I presume. Karena Riria justru mengajak member lain untuk “menyelamatkan” Yoda. Dan tentu saja, singkatnya mereka berhasil, dan lompat ke scene terakhir.

Dance scene di bagian terakhir bagus, bahkan bisa kubilang penyelamat dari MV ini. Dancing in the dark, with Megatron, and some religious items. That’s Japan for you. All that aside, dance scene kali ini masih enak dilihat, bahkan jika tanpa SFX. Membawa sisi cool Gen 3 yang selama ini belum kelihatan.

Hal ini juga didukung oleh pemilihan center yang tepat. Riria berhasil breakthrough dengan image yang cool dan ini adalah langkah bagus. Karena sejak awal dia memiliki facial feature yang lebih cocok untuk berkarakter chic. Hanya karena di awal dia menunjukkan gejala airhead parah dan Pikachu, karakter itu hilang.

Bagaimana Yoda disebut scene-stealer bagiku sedikit berlebihan. Ingat saja, dia sedang dalam peak, terutama karena PB. Jadi menempatkan member terdepan Gen 3 untuk screentime yang banyak jelas bukan sesuatu yang salah. Kalau untuk member lain, well, kali ini terlalu berpusat di tridente Momo-Riria-Yoda.

Storyline menjadi titik lemah. Setidaknya untukku. Tidak ada benang merah yang jelas. Jika melihat ini dari kacamata skenario sci-fi, masuk akal saja. Masalahnya aku tidak paham apa dan bagaimana Yoda bisa terjebak di masa lalu. Atau jika jawabannya adalah alternate universe pun, kenapa dan bagaimana dia ada di dunia ini?

Kali ini sisi science-ku yang bicara. Sebagai orang yang tiap hari melihat sains dan sains, dan bukan Transformers, storyline ini bukan seleraku. Teori kalau ini adalah Nogi post-senpais mungkin lebih masuk akal. Yah, memang kali ini, aku pun sebenarnya menunggu sampai ada teori yang menarik sebelum merilis MV, tapi tetap tidak ada.

Satu-satunya bagian yang menarik dari MV ini adalah penggunaan SFX yang bagus. Levelnya sama dengan saat Sakanatachi no LOVE SONG, jika tidak bisa dibilang lebih tinggi. Iron Man terlihat begitu dekat disini, bahkan Megatron yang menggunakan member sebagai sumber tenaga pun mau tak mau terlihat impresif.

Overall, MV kali ini sedikit miss untukku. Mungkin karena aku lebih prefer MV yang kalem ketimbang yang nyeleneh seperti ini. Menggabungkan image tradisional dan hi-tech tidak akan berakhir bagus jika tidak dilakukan hati-hati. Aku tidak akan meminta diganti total, hanya saja benang merah yang tidak kusut akan lebih kuapresiasi.

Kesan MV ini kurang lebih sama dengan Otona wa Hitori ja Nemurinai. Sisi sci-fi yang tidak diberi penjelasan yang memuaskan, bagiku sama saja merusak nilai estetika tradisional yang ditampilkan. Well, review yang hampir penuh sisi negatif seperti ini tidak bisa dihindari kalau kau adalah sci-almost without-fiction fans. Subyektif tentu.

Sementara, jika melihat sisi positifnya -tentu ini ada- antara lain pemilihan center, SFX, dance, dan lagu. Hanya saja kali ini dikemas dengan konsep yang kurang kuat, tidak tradisional tidak juga modern. Bagaimana dengan kalian?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

79 Comments

  1. Akhirnya rilis juga 😀

    Pertama kali lihat mv nya keren banget, dibanding pendahulunya itsukara, maaiika, sama shitsusouji dan mungkin lebih ber-budget, tapi emang iya kalau dilihat dari konsepnya penggabungan traditional x hi-tech jatuhnya nyeleneh

    dan untuk Yoda-chan, uuncch dedek ane makin bersinar aja ❤ ❤ ❤

    Like

    1. Akhirnya yang nulis bisa tepar dengan lega 😀

      Kalau buat ane, dalam pengertian gampangnya, ini gabungan Sayonara no Imi dan Sakanatachi no Love Song. Jadi ya gitu deh, bagus kalau sendiri2 tapi kalau di-mix, enggak deh makasih.

      Yoda makin laris 😀

      Like

  2. overall kurang lebih setuju. karakter riria sebagai center cukup kuat, kesan cool-nya terasa banget. tapi posisi yoda yang bisa dibilang jadi protagonis di storynya agak kerasa timpang. fokus cerita jadi lebih ke yoda ketimbang riria yang dalam hal ini dia centernya. mungkin kalo ga ada scene dancenya orang-orang malah ngira yoda yang jadi centernya.

    untuk storylinenya, dibanding kesan wah yang mungkin mau ditunjukin dengan holographic, robot, atau transporter, justru kesan yang muncul malah kerasa “absurd”. tapi disisi visual effectnya keren sih, cuma konsepnya aja yang rada gimana gitu ._.

    tapi dari sisi lagu ama dance udah mantep sih. bisa dibilang ini lagu side-b terbaik untuk single ini.

    Like

    1. Sebenernya, hal kaya gini sering kejadian di Nogi. Beberapa lagu Under pernah juga center gak berkesan center, main single juga pernah. Jadi yah, semua tergantung live perform kalau lagu setipe ini.

      Kenapa bisa ada Megatron, itu yang ane kesel. Bukan fans Transformers sih 😀 Kalau SFX-nya emang bagus.

      Like

  3. Ane setuju storyline nya kurang jelas, padahal pertamanya ane udah seneng mv nya ada kesan tradisional ala sayo imi.
    Yg ane apresiasi adalah background pemandangan dan costume nya oke bgt

    Yoda cakep bgt disini :lv sayangnya ume :lv dapet screentime sedikit 😦

    Kalo buat lagu ane berbanding terbalik, menurut ane ini yg terlemah setelah maiika

    Like

    1. Sayang cuma keliatan sedikit, pas ada yang bagus juga malah ditambahin Megatron 😀

      Ciee kode merah2 disini beda sama di kandang serigala sebelah, gagal deh 😀

      Ane bakal nulis soal lagu di SR terakhir, tanggal 11 nanti. 😀

      Like

    2. Duh ane ingetnya kode love kosan sebelah lagi, bikin malu aja 😀 ketauan kan sering tebar love disebelah

      Like

  4. Zukki❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    Like

  5. MV favorit ane. Selain karena bidadari ane, Riria ❤ jadi center, ane suka SFXnya. Banyak yg bilang SFXnya cheesy di s48. Tapi, ane ga setuju, karena bikin efek kayak gitu, susahnya bukan main. Ane pernah coba. 😀

    Storyline, mantab. Suka dengan kisah Yoda yg harus dikorbankan, karena mereka belum tahu halaman rahasianya, dan Riria coba menyelamatkannya. Setting ceritanya juga mantab, mengambil setting jauh di masa depan yg mirip cerita salah satu manga kesukaan ane, Dr. Stone. 🙂

    Ada hal menarik di MV ini, yg bikin penasaran.
    Yoda jadi Saka otome/Hill’s maiden. Apa ini artinya dia bakalan jadi member kesayangan mnjmn yg baru? 🙂
    Penggunaan kata Jingu/kuil kecil sebagai tempat pengorbanan Yoda, sama dengan nama Jingu tempat konser Nogi tiap tahun. Apa artinya ini Yoda bakalan terus tampil di Jingu alias member tetap Senbatsu? 🙂

    Dance! Suka banget. Gerakan kakkoiinya, dan Riria memang dari awal ane udah liat kalo saat anak ini tampil, ekspresif banget. Paling ekspresif dibandingkan member lainnya. Dia bisa jadi sangat imut, seperti di lagu gen3 sebelumnya, dan keren, sadis dan serius, macam di lagu ini. RIRIA ❤
    Dan, pas ngedance banyak member keliatan paha kekarnya! Belahan rok mereka tinggi banget. Ini yg ane suka. 🙂 Semoga ada NOGIShow yg nampilin full lagu ini. 🙂
    Dan, meski kerempeng ga terlalu keliatan, ane ga terlalu masalah. 😀

    Kalo lagu, mungkin ntar aja. Tapi, pas denger lagu ini pertama kali, satu kata muncul dipikiran ane. Keyakizaka! 😀

    Like

    1. Kalau dibilang cheesy ane juga gak setuju, apalagi kalau dibandingin sama Bemars 😀

      Bisa ane bilang Yoda dapet push ganda, a la Maiyan dan a la Naachan sekaligus. Sejauh ini respon juga belum ada yang terlalu negatif, jadi yah, mungkin masih dipaksa sampe PB rilis baru setelah itu ada sedikit titik terang.

      Bah, gak masalah Shiori gak keliatan karena udah mulai lirik Riria ini namanya, pake sok2 ngejabarin detail segala 😀

      Good choice, unek2 di tanggal 11 ya 😀

      Like

    2. Lebih bagus ini daripada bemars. 🙂

      Ane liat juga begitu, dan Yoda juga dapat memenuhi ekspektasi mnjmn dan fans. Jadi, ga ada yg dikecewakan disini. Bisa ane bilang, mnjmn pas milih gen penerus Nogi.

      Ente salah min. Dari awal, ane udah jatuh cinta sama Kubo dan Riria. Jadi, ga baru2 ini. Karena itu juga, ane bisa jabarin banyak, karena ane sayang Riria. 🙂

      Kalo ane liat, mnjmn kayaknya audisi gen 2 buat pelapis gen 1 dan audisi gen 3 sebagai pengganti seniornya. 😀

      Like

    3. Iyalah 😀

      Tahun depan bakal jadi ujian sbeenarnya buat Gen 3.

      Boku wa iya dah 😀

      Lanjutan dari sebelumnya, kalau “pengganti” ini langsung dipake tanpa pernah jadi “penambal” gimana jadinya?

      Like

  6. Nogi Demen Banget Bikin MV Dengan Pewarnaan Macam Gini….
    Ane Paling Demen Sama Visual Effect Dan Dance Scene Paling Akhir ⭐

    Menurut Ane, Hal Yang “Bodoh” Dalam MV Ini Adalah Dance Scene Di Sawah….
    Mereka Yang Mencangkul, Mereka Yang Menanam, Mereka Yang Menyiram, Mereka Yang Menginjak 😀

    Like

    1. Scene paling akhir? Megatron yang menghilang? 😀

      Mungkin ini ajaran dari ninja romusha, harus ditanyakan ke orang yang paling bertanggung jawab untuk urusan pacul memacul 😀

      Like

    2. Itu sih bukan “paling” akhir namanya 😀

      Tuh si Hatake Kakashi, yang di sebelah punya kembaran yang suka HBD sama bikin member jadi pekerja paksa 😀

      Like

  7. Belakangan nogi demen rilis MV yg agak nyeleneh yak min, pengen eksperimen kali yak 😀
    But overall suka MVnya, ditambah lagi pesona Kubo, Yoda, Momo bikin makin jatuh hati 😀

    Like

  8. Shinsekai yori …

    coba di cek. sapa tau jg mungkin udh prnh ntn anime nya

    … soalnya pas g ntn ini mv.. bayangan dunia shinsekai yori dan tema ceritanya.. mirip

    Like

  9. Di 1st centernya, Miria ❤ dapat sambutan hangat
    Di 1st centernya, Riria ❤ mengikuti jejak kakaknya, juga dapat sambutan hangt
    Apalgi yg bisa ane katakan selain bangga dan makin ❤ sama mereka 🙂
    Renokarno <3, moga bisa ngikuti jejak mereka ya 🙂

    Jadi kangen sama kampung gra2 liat MV ini, jadi pngen maen lari2an disawah 😀
    Nyelenh MVnya tetep ane suka, Visual Effect sejauh ini suatu hal yg ane bisa nikmati, bikin mikir aja, “gmn buatnya ini? “:D

    Like

    1. Yg ente anggap “udah gitu doang”, bagi ane itu udah berjuang keras buat menggerakkan jari-jemari ane 😀

      Like

    2. Udah, pake sub + kara efek untuk karaokean lagi, tetep aja gk nemu apa yg mau ane bahas lebih 😀

      Like

  10. Lagux bagus…bisa ngasih impact yang cukup kuat buat image gen3….sayangnya walopun saya penggemar scifi fiction pun…tetep gg suka sama jalan ceritax …entah emg aq blum bener2 ngenal riria ato gmana…. tp dari sudut pandang q aura riria masih dibawah f4 …. ato emg masih belum dapet feelx riria… biarlah waktu yang menjawab…
    Untuk sekarang mungkin yoda momoko yang memimpin untuk generasi3… tapi aq berharap kuboshita bisa jadi the next duo suns…..

    Like

  11. Rate: ⭐ ⭐ ⭐ 1/2

    Setting-nya adalah masa depan dimana dunia kembali menjadi zaman agrikultur.

    Yoda mengajari Riria dan Momo tentang kehidupan orang di masa lalu, melalui sebuah benda kuno (smartphone).

    Mereka bertiga juga mempelajari gambar dari masa lalu, yaitu 12 gadis yang melakukan semacam ritual dan memanggil seorang raksasa.

    Yoda bilang di kuil itu ada ‘senjata kuno’ yang bersemayam dan untuk memanggilnya perlu dilakukan ritual.

    Endingnya, ritual dilakukan dan raksasa itu ternyata robot 😆

    Lirik: biasa 😀
    Dance: keren
    Musik: gak ngerti kalo bagian ini 😀
    Akting: bagus
    View: beautiful

    Liked by 1 person

    1. Wah, terinspirasi dari MV ini ya? Di bagian awal MV ini juga dijelasin, kalo di masa depan nanti, teknologi yang pernah ada hanya dipandang sebagai mitos. Semangat deh ya nulisnya 🐱

      Like

  12. untuk MV ane suka banget , ane suka banget MV yang pakai effect kek gini contohnya sayonara no imi , taiyou knock , sama ima hanashitai. tapi sayang lagunya menurut ane agak aneh. lebih enakan denger my rule

    Like

  13. Ayo yg di ladang,jgn lupa nyanyikan mars kita sebelum berladang,biar selalu menyenangkan https://youtu.be/X__hHByh0EU 😀

    Dari MV ini yg bikin penasaran member yg lagi live yg ditampilkan di smartphone,apakah yg akan grad selanjut’y? 😀
    Secara pribadi,saya suka MV ini,mirip sayoimi mungkin jln cerita’y,”menyelamatkan” 😀

    Yoda di MV ini, MANIS 😀

    Like

    1. Wah generasi tua 😀

      Kayanya enggak, mungkin cuma deskripsi dari center2 di saat Nogi lagi naik.

      SayoImi lagi SayoImi lagi 😀

      Manis doang? Gak sekalian pedas & gurih? 😀
      bango

      Like

    2. Cie pdhl itu yg nyanyi dulu beda 7th ma mimin,malah ngatain tua sama saya 😀

      Kirain yg akan grad kedepan’y,dan mereka digambarkan sebagai pengganti’y 😀

      Krn ada sdkt kesamaan cerita,jd mau gak mau teringat sama sayoimi 😀

      Gak,krn Yoda bkn bango min 😀

      Like

    3. Itu apa dan gimana bisa bilang beda 7 tahun sama ane coba 😀

      Masih aja “pengganti”, padahal udah dibahas sebelumnya 😀

      Boku wa iya dah 😀

      Yoda itu apa dong? 😀

      Like

    4. Cuma feeling aja min,trs yg sbnr’y beda berapa tahun dong? 😀

      Kn kirain min,sensian 😀

      Boku wa yes 😀

      Yoda di MV ini tuh kyk pocari,mengembalikan ion yg hilang akibat aktifitas 😀

      Like

    5. 500-1000?jin kah? 😀

      Kan cuma “kirain”,imajinasi ath 😀

      Jgn panjang2 lah,nanti melebar ke arah si queen s 😛

      Gak ah min,ckp seperti yg saya bilang diatas 😀

      Like

    6. Kl gitu saya panggil om jin mulai skrg 😀

      Mending spongebob drpda sinetron lokal children of the sky 😀

      Krn itu mending jgn dbhs pnjng,bisa jd serangan telak 😀

      Mual bilang’y,pdhl suka :,D

      Like

    7. Anak milenium dong,cm suka sama serial2 tv jadul,makan’y tahu..om jin mh suudzon mulu 😀

      Ya kali ada min,itu mh judul samaran salah satu sinetron yg gak bagus buat kesehatan 😀

      Gak bisa sadar,logika ini hilang kl urusan sama dia..kn jd kangeun 😀

      Bilang’y buat bully,pdhl buat penelitian 😀

      Like

    8. Alasan yang sungguh dibuat2 😀

      Segitu doyannya nonton sampe bisa bikin judul inggrisnya ya? 😀

      Boku wa iya dah 😀

      Penelitian kenapa ninja dan serigala itu ternyata sama 😀

      Like

    9. Cuma mebeberkan fakta,bkn alasan 😎

      Dih gak banget,biar yg menggemari’y gak ada yg sadar..kl kl pake judul yg biasa ketahuan,entar saya di tusuk2 😀

      Aku mh iyes ath sampe kpn pun 😀

      Ninja dan serigala?
      Ninja’y saya,serigala’y siapa?mimin? 😀 😀

      Like

    10. Alasan yang dibuat supaya terdengar seperti fakta 😀

      Siapa yang nusuk? Diri ente sendiri? 😀

      Bukannya ente ninja merangkap serigala merangkap kepala kerja paksa? 😀

      Like

    11. Ah itu mh alasan mimin aja buat memutar balikan fakta 😀

      Dah terlanjur,drpda ditusuk orang,mending ditusuk diri sendiri 😀

      Salaha,saya hanya ninja pemikat wanita 😀

      Like

    12. Skdr pengumuman 😀

      Gak salah,wanita yg terpikat sama saya itu gak salah,yg salah itu ya saya,krn membuat mereka terpikat 😀

      Like

    13. Jgn ragukan kemampuan saya..kl saya mau,Ashu dgn kedipan mata bisa jatuh kepelukan saya😎

      Like

  14. Akhirnya kawago centaaa…..eh salah riria trnyata,mirip sih 😀

    Klo liat mv nyeleneh otak ane suka ikut nyeleneh jg. Itu iphone seri brp y?
    Trus batrenya diisi dri doa gtu? 😀

    Denchan udah kna dempulnya llc,level kecantikannya mningkat 😀
    Apa krn kmren reno 2shot brg lord ktk trus mvnya jd brbudget kyk gni? 😀
    Lord approved!

    Like

    1. Jauh banget 😀

      Yang jelas iPhone lama, LLC kan pelit 😀

      Yang ane sayangin kayanya dia beneran ngilangin mole-nya dia. Padahal itu charm loh.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s