Sakamichi Review : My Rule

Kemarin, 5 Oktober akhirnya dua MV terakhir dari 19th single dirilis; My Rule yang dibawakan Under dan Boku no Shoudou yang dibawakan Gen 3. Cukup lama jeda waktunya dengan Itsuka Dekiru Kara atau Maaiika dan Shitsuren wo Shoujinin, sekitar satu minggu dan aku mulai bertanya-tanya kapan akan dirilis.

Biasanya, Under MV memiliki track record seringkali bisa menjadi penyelamat untuk single, baik secara lagu ataupun MV. Meski tidak jarang juga bisa hanya berakhir sebagai MV medioker. Setelah MV Under di Nigemizu tidaklah menampilkan current Under, kali ini harapanku cukup tinggi.

Dengan formasi 14 orang, Under berada di jumlah yang sedikit dan dengan begini -menunggu Gen 3 dilebur ke Under sepertinya masih harus menunggu- maka kesempatan untuk shine terbuka lebih lebar. Hinachima kembali menjadi center setelah Secret Graffiti, dan menarik untuk melihat apa dia akhirnya bisa breakthrough dari image sexy imouto-nya.

Scene pembuka memperlihatkan Hinachima yang mulai dewasa. It screams sexiness and seductive, apalagi saat close-up. Sayangnya, bagiku setelah terbiasa melihat Keyaki, solo dance Hinachima terasa kurang powerful. Lacks power and sharpness, tapi jika dalam standar Nogi, tidak terlalu buruk, apalagi lagu ini memang tidak powerful.

Lalu masuknya Ranze, Miria, dan Renachi menarik. Tiga dari empat member yang pernah menjadi Under Center, sementara Renachi sudah ada di barisan terdepan Under di beberapa single terakhir. Menarik untuk menunggu kapan dan apakah Renachi akan menjadi Under Center atau naik ke senbatsu.

Beralih ke dance scene yang jika dilihat sekilas terlalu kacau dan aneh. Baru akan disadari di paruh akhir bahwa dance kali ini adalah yang paling bermakna dari Nogi. Untuk sekarang, aku akan menunjuk bagian anehnya saja. Dan bagaimana trio Karin-Lord-Iori mendapat dance part, terlihat bahwa Lord sedikit misstep, tapi kuasanya mengalahkan segalanya. That look.

乃木坂46 『My rule』.mp4_000118117
Behold, mortals

Selain poin ini, sejujurnya reviewku selesai. Karena selanjutnya hanya diisi dengan dance, dance, dan dance. Tapi ada satu bagian menarik. MV ini berakhir sesuai lagunya di menit 04.16, tapi kenapa durasinya sampai 5 menit lebih? Pertamanya kupikir aku salah menonton, tapi setelah melihat dari source lain, ternyata memang di menit terakhir itu ditujukan untuk membuka rahasia dari dance di MV ini.

Dance menjadi nilai jual utama. Dengan banyaknya gerakan yang seolah aneh dan tidak cocok untuk angle manapun dance di MV ini terlihat kacau. Tapi ternyata memang tidak ditujukan untuk eye level view melainkan bird view. Jika dilihat dari sudut 90° ternyata dance itu membentuk formasi kata-kata “mizuteppo utsuzo!” alias “main air yuk”

Capture

Dan terakhirnya adalah emoticon marah. Quite a subliminal message. Selain itu ada dance salsa, balet, dan macam-macam lagi. Jadi memang dance di MV ini dipikirkan dengan matang, jadi kritikanku pada kurang powerful-nya MV ini di awal harus kuralat. Formasi mizuteppo ini juga dilakukan secara harfiah di akhir MV.

Untuk urusan screentime, kali ini memang lebih berat ke beberapa member. Iori mendapat jatah yang cukup banyak. Non-dance scene, dia mendapat jatah ini disaat member lain tidak. Well, hanya Ranze dan Miria yang dapat dua kali, tapi itu still, sementara Iori simbolis dengan tiga orang dirinya menaiki tangga.

Sejujurnya, dari segi screentime, Ranze lah yang mendapat jatah terbanyak. Solo shot, solo dance, still, two shots, you name it. Aku baru sadar saat mengupload screenshot, ternyata Ranze yang paling banyak. Lebih banyak dari Hinachima. Aku tidak akan protes karena bagiku Ranze Cassini belum berakhir.

Untuk member lain, sebenarnya tidak bisa dikatakan buruk. Memang kebanyakan hanya bagian solo dance, bukan solo shot, tapi estetikanya dapat. Jika harus dikritik, jelas itu untuk lighting yang over, membuat member menjadi tidak terlalu jelas. Sementara untuk background, tidak ada masalah. Kesannya menjadi elegan meski simpel.

Kostum juga menjadi bumbu yang manis di MV ini. Kombinasi black & white tidak pernah mati. Desain yang bagus, individual dan tidak seragam menjadi kuncinya. Yang menjadi kata kunci desain adalah layer dan see-through. Dan belt hitam. Jika ingin dibilang dengan kata-kata yang mudah, ini versi upgrade dari kostum putih di Fuusen wa Ikiteiru.

82145460
Semua desain yang berbeda, they nail it

Yang menjadi kritik dariku untuk keseluruhan adalah beberapa member, terutama Hinachima, terkesan ingin mendobrak image mereka, tapi masih malu-malu. Gamblang saja, Hinachima adalah member yang paling mungkin mengikuti jejak Maiyan dan Misa, disini cukup difasilitasi, hanya dalam konteks yang meh.

Kostum saja tidak akan cukup membuatnya memiliki image sexy yang kuat. Terkesan kurang niat. Selain Hinachima, ada Ranze. Dia hampir tidak tersenyum sama sekali, kecuali tipis di beberapa kesempatan. Nah, kalau dia mencoba image itu, sayangnya hanya bisa di MV. Karena ingat saja Buranko juga ada dengan image itu.

Hal yang sama untuk Miria. Dia berubah total dari saat Fuusen wa Ikiteiru. Tridente kali ini seperti berusaha keras untuk terlihat berbeda dari biasanya. Berhasilkah? Aku tidak bisa bilang iya.

Overall, Under MV kali ini masih meneruskan tradisi Under Song yang berbeda. Nice to look at, different aesthetic from main single. Tema elegan dan sexy bukan tidak pernah diaplikasikan, hanya saja dari seluruh MV yang dirilis untuk Itsuka, aku bisa bilang My Rule adalah yang terbaik.

Purple Line yang kuat dari segi MV maupun lagu, ciri khas Under yang masih kental, kesan yang berbeda dari MV lain, plus dance yang bermakna kuat jelas membuat My Rule unggul secara estetika dari MV lain dari Itsuka Dekiru Kara. Bagaimana dengan kalian?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

53 Comments

    1. Did you believe in Sakamichi, i mean, did you still stand beside Sakamichi until the end of them,

      Like

  1. Ane bingung mau komen apa, isi mv nya cuma dance di satu tempat, terkesan low budget.
    Tapi background dan kostum oke, lagu yg terbaik di single ini
    Cuma gak sesuai ekspektasi ane aja, liat jjudul lagunya ane langsung berekspektasi tinggi sama kaya under, tapi ternyata mv nya terlalu sederhana

    Dan ane jadi tertarik sama Ranze gara2 mv ini

    Like

    1. Hukum Pertama Sakamichi: Manajemen terutama LLC itu pelit 😀

      Well, Under kan emang lebih ke hit & miss, semuanya balik ke preferensi sih.

      Yang bikin kesel ane, Ranze lebih bagus disini daripada pas Buranko.

      Like

    2. Gak juga, mv gen 3 sama waka gundan keliatan lebih bermodal 😀

      Wajah Ranze yg seksi seksi sendu cocok sama image lagunya disini 😀 buranko juga cocok sih sebenernya

      Like

    3. Susah bilang definisi “modal” dan “gak modal” kalau udah urusan sama LLC 😀

      Ciah, apa ini efek dari Kojichuu dua minggu lalu? 😀

      Like

  2. Apa ada makna dari dance yang terakhir?mungkin ada kaitan dengan lirik dari my rule itu sendiri atau jangan2 emot marah ditunjukan pada gen 3 atau fans yang selalu membandingkan under dan gen 3?seolah olah under mendeklarasikan genderang perang “mari kita buktikan siapa yng lebih baik”

    Like

  3. Formasi dancenya bener2 buat kaget. Tapi, ane agak kurang suka dengan gerakannya yg kurang powerful. Mungkin karena ane berharap tinggi pas liat judulnya dan ga dengerin preview lagunya. Ane kira lagunya bakalan keras atau tempo tinggi. Tetapi…mengecewakan. 🙂
    Setelah Inochi, ane selalu terselamatkan dengan lagu Under dan MVnya. Tapi kali ini, ga kayaknya. 😀

    Yg paling ane inget dari MV ini cuma pahanya Junna ❤ yg bergetar-getar, pas discene awal perang air. 😀

    Like

    1. Itulah, ane pertama nonton kesel juga liatnya kok kaya gak niat bener camera angle-nya. Ternyata konsepnya out of the box.

      Lagu ane no comment dulu lah 😀

      Sungguh alasan dan ingatan yang luar biasa 😀

      Like

    2. Kayaknya, MV ini bakalan masuk arsip kayak Otona kemaren. 🙂

      Sayangnya, lagu mempengaruhi penilaian ane ke MV ini. 🙂

      Mau gimana lagi. Yg di close up pahanya Junna. Sebagai abang yg baik, ane harus menginngat scene satu2nya dimana dia keliatan jelas banget. 😀

      Like

  4. Masih Dengan Resep Yang Sama Dengan MV Under Sebelum2nya…
    Dance, Kostum Dan Latar Yang Elegan Dipadu Dengan Alur Yang Nyeleneh 😀

    Paling Demen Sama Scene Rotty Nari Pendet 🙂

    Like

    1. Khas Under banget lah, belum lagi kalau ngitung konsep yang beda dari main single.

      Ane mau pake itu pas ngasih screenshot member, tapi hasilnya jelek banget 😀

      Like

  5. Demen lagunya, sekali play langsung jatuh hati 😀
    Demen MVnya juga, dan bahagia karena Ranze dpt screentime lebih 😀

    Like

  6. Gak banyak yg bsa dikomentari soal MV, yg penting basah2an 😀
    Mau komentari soal lagunya, tpi tunggu reviewan lagu aja 😀

    Ane cuma fokus sama satu hal, cuma rok Miria ❤ yg satu2nya ada strip hitamnya, kode? Next naek ke Senbatsu? 😀

    Like

    1. Bah, naluri HBD-nya keluar gak terkendali 😀

      Berharap mulu, udah, bangun dari mimpi! 😀
      Makanya pas ada momentum jangan sok2 nunda 😀

      Like

    2. Yah mau gmn lagi, jgn mancing pake tari2an di dinding atau maen basah2an lah, bisa liar ane 😀

      Hahahahah, tpi ngeri2 sedap juga ane mau berhrap banyak, ntar kyk kasus Miona di harujion, Mai2 pake acara nyeret2 serasa ngasih kode, tak taunya 😀

      Like

    3. Sukanya basah2an ya oke… 😀
      PB Miona tapi entar di tengah gurun kayanya, gak ada basah2nya deh 😀

      Nah itu tau, pengalaman bicara, masih aja berharap. Di-PHP udah sering juga 😀

      Like

    4. Sssssttt…!!! 😀
      Loh klo itumah fokus ke Mionanya lah 😀

      Pngalaman ane dah bnyak soal di php-in 😀

      Like

    5. Klo basah2an mah dah tiap hari sama Miona 😀

      Mksudnya bukan ane nya, tpi pngalam ane didunia ngidol 😀
      Krn itulah ane tua pnglaman, bukan tua umur 😀

      Like

  7. Gak tahu mau komen apa..yg psti suka aja 😀
    Dance’y bagus ya,bikin kata yg arti’y perang air(?)
    Sayang gak bisa ikutan 😀

    Hinachima makin2 aja 😀

    Like

    1. Jgn samakn sama itu bpk min,da emang gak ada yg bisa bnyk dikomentari,jd bingung sendiri..gara2 gak ada pegangan juga berpengaruh mungkin 😀

      Tuh kan apa? 😀

      Like

    2. Kpn saya bilang Miria adek?gak pernah 😀

      Makin2 itu,makin cakep..drmn HBD’y coba? 😀

      Like

    3. Malan’y yg jelas,siapa? 😀

      Trs apa yg bikin gak percaya?mmng’y apa lagi selain cakep? 😀

      Like

    4. Sadar diri dari apa? 😀

      Sebener’y faham mksd’y kok,pasti takut dibilang HBD yg kl di ucapin(?) 😀

      Like

  8. From mcdreamy to mcsteamy 😍
    Enjoy bgt liat mvnya, simple tp g bikin bosen. Dan side bang ranze emg bner2 bhaya dsuruh lord itu biar sma2 pke side bang krn bikin hoki 😀

    Keluhan ane cuma 1 yaitu sepatu,baju udah ok dan akan lbih kluar lg sexynya klo pke heels.
    Overall I LOVE IT!

    Like

    1. Tumben gak ada pendapat soal Lord 😀

      Nah, ini yang jadi masalah, seinget ane Nogi jarang pake heels di MV, Influencer, Kodoku Kyoudai, apaan lagi ya? mungkin buat image preserve mereka?

      Like

    2. Lord ktk udah sempurna,g prlu dikomen lg ntar ane kna karma 😀

      Aduh, nogilegs udah trkenal syg klo g dmksimalkan. Tp ane hrap di live ganti sih. Krn mnrut ane slah stu kelbihan nogi lainnya y mrk tau mix n match outfit dan sepatunya 😀

      Seifuku 19 blom rilis y?
      Ane prnah liat manatsu pke sragam coklat motif kotak2 kcil di suatu acara,tp logo noginya g kliatan jd agak ragu jg ane.

      Like

    3. Matanya kaya Basilisk, memancarkan kutukan 😀

      Biasanya kan gitu, tapi itu juga palingan di konser. Kalau di Nogishow atau yang lain palingan ya tetep wardrobe MV yang dipake 😀

      Nah itu dia, ane jadi bingung nulis review seifukunya. Sutralah, tetep aja rilis besok. Ane juga lupa, kayanya belum download video Manatsu yang itu, keburu ilang dari peredaran.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s