Sakamichi Review : Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru

Sakamichi Review untuk single terbaru Nogi akhirnya rilis juga. Besok 11 Oktober, single ini akan rilis secara fisik. Versi digitalnya sudah beredar setidaknya selama satu minggu. Menarik untuk ditunggu apakah single ini akan mempertahankan 1M atau tidak, meski bagiku ini adalah prioritas kesekian.

Yang lebih penting adalah apakah Nogi masih tetap di jalur Purple Line meski banyak badai akhir-akhir ini. Dan apakah, general approach yang dilakukan di single ini bisa membawa keuntungan?

Covers Coverage

Type A menjadi milik WCenter, sama seperti Nigemizu. Kombi AshuNana terlihat berhasil menggambarkan bagaimana sosok Tojima Asahi -jika membicarkan konteks film- dan diluar itu, it bring us back the modesty, the Purple Line. Cover ini juga menonjolkan proportion AshuNana yang mirip-mirip.

Type B diisi dua member front row lain plus Ikuchan. Kenapa Ikuchan ada disini jelas karena selain perannya yang cukup besar di film, di Nogi dia masih menjadi member terdepan dengan semua side jobs-nya. Secara pribadi, aku suka dengan background yang digunakan.

Type C diisi oleh tiga orang yang ikut di film; Sayuringo, Bebitan, dan Reika, sementara Sayu dari stage play namun akhirnya mendapat jatah Fukujin. That laugh somewhat become an irony. Type D juga diisi oleh dua member Fukujin sisa; Yumi dan Misa. Serta Manatsu dan Ikoma. Kenapa Manatsu ada disini sedikit aneh.

Kenapa? Karena dia tidak ikut di film maupun stage play, dan menurutku akan lebih pantas kalau mereka yang ikut di proyek Asahinagu-lah yang masuk. But que sera sera. Popularitas Manatsu masih tinggi. Terakhir untuk Type Regular, diisi oleh member 3rd row. Dan sejujurnya aku tidak mengenali Kaz pertama melihatnya.

Tracklist

いつかできるから今日できる Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru / Senbatsu

乃木坂46 『いつかできるから今日できる』.mp4_000009008
MV Review Here

Main single kali ini masih dengan formula khas fall single: ballad. Yah, mau bagaimana lagi, ini adalah genre andalan untuk akhir tahun. Meski kali ini masih dengan formula yang sama, tak bisa dipungkiri MV dan promosi membuat Itsuka terdengar berbeda. Sedikit.

Pertama-tama, dengan WCenter yang baru, dan urutan yang sedikit “keliru”, aku tidak bisa mengatakan Itsuka memiliki magis sekuat fall single sebelum-sebelumnya. It’s bad, but get’s better by time. Meski tidak bisa dibilang kuat juga. Let’s say, beberapa member masih bisa menyelamatkan vokal lagu ini.

Aransemen masih khas Nogi, beberapa kali violin dan piano terdengar kuat sebelum mulai jedag-jedug lagi. Secara keseluruhan, aku tidak menemukan punch line dari lagu ini. Jadi hanya seperti lagu Nogi pada umumnya, bagus tapi kurangnya kekuatan dari lagu ini menjadi kurang bisa dinikmati. Mungkin juga karena musik yang monoton.

Rate : ⭐⭐⭐

不眠症 Fuminshou / Senbatsu

e2fbbe61

Coupling yang menjadi sedikit kontroversi karena centernya dikatakan adalah Kuboshita ini lebih upbeat dari Itsuka. Mengesampingkan leaks tentang center lagu ini, Fuminshou dalam telingaku, lebih menarik daripada main single. Petikan gitar yang langsung disambung dengan aransemen elektronik membuat goyang sejak awal.

Nah, kalau dikatakan center lagu ini adalah Kuboshita, mungkin ada benarnya. Karena di beberapa bagian aku merasa mendengar suara mereka. Tapi lebih baik menunggu penampilan live saja untuk pastinya. Vokal yang lebih dominan disini ketimbang Itsuka menjadi poin menarik untukku.

Paduan gitar dan EDM yang dihadirkan disini jelas membuat suasana lagu lebih menarik. Meski secara vokal maupun musik tidak sebegitu mengesankan, Fuminshou adalah tipikal lagu yang grow on you. Aku sendiri mendapati lagu ini terputar paling sering dalam playlist-ku.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

まあいいか? (Maa ii ka?) / Akimoto Manatsu, Shiraishi Mai

乃木坂46 『まあいいか?』.mp4_000193192
MV Review Here

Sejak awal, jangan berharap banyak pada unit ini. Kombi Kuroishi-Manatsu yang sejak awal memang ditujukan untuk variety tidak akan memberi banyak dari segi lagu. Lagipula, vocal-wise, Maiyan bukan top notch apalagi Manatsu. Jadi, nikmati saja segi humor yang ditawarkan alih-alih terlalu serius.

Aku jujur sangat suka dengan bagian rap di awal lagu. Hanya terbatas di bagian ini saja tapi. Setelah itu tidak ada poin yang menarik lagi. Kecuali mungkin efek suara yang digunakan terkesan unik, yah, memang dasarnya lagu ini jauh lebih enak dinikmati lewat visual, bukan audio.

Rate : ⭐⭐⭐

失恋お掃除人 Shitsuren wo Shoujinin / Wakasama Gundan

乃木坂46 『失恋お掃除人』[1080P].MP4_000112112
MV Review Here

WG atau Mi Unit -whichever good for you- melakukan debutnya di 19th single. Sama seperti Maaiika? jangan berharap banyak dengan lagu ini. Ingat-ingat saja dengan dua lagu Gundan sebelumnya, dan WG tidak banyak berbeda dari SG atau MRG, yang dijual adalah fanservice, apalagi WG berisikan member Gen 3.

Dari segi lagu, nuansa rock terasa dari pemilihan aransemen, efek suara megafon juga mengingatkan akan Maroon 5 satu dekade lalu. Song-wise, sayangnya, tidak memiliki catchphrase sebaik Hakumai-sama, “sa-sa-sa-sa” dan “pika-pika-pika” terdengar tidak begitu oke. Padahal overall sudah cukup bagus, hanya kekurangan di segi catchphrase membuat lagu ini sedikit miss untukku.

Rate : ⭐⭐⭐

My Rule / Under Member

乃木坂46 『My rule』.mp4_000018017
MV Review Here

Lagu baru Under yang setidaknya bagiku, masih memberi warna yang berbeda seperti biasanya lagu Under. Kali ini memiliki nuansa elegan, dan entah kenapa I’m drawn into the depth, karena vokal Under kali ini, just jaw-dropping. Entah karena teamwork yang sudah teruji, harmonisasi mereka “kena” disini.

Dari segi aransemen, tidak ada perubahan atau sesuatu yang benar-benar berbeda, tapi seperti kataku diatas, dengan vokal yang dominan dan secara umum berhasil menunjukkan musikalitas yang berbeda, tidak ada yang salah dengan lagu ini. Malah entah kenapa aku jadi kesal dengan MV yang seperti itu.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

僕の衝動 Boku no Shoudou / Gen 3

乃木坂46 『僕の衝動』.mp4_000116115
MV Review Here

Lagu keempat Gen 3, susah dibayangkan mereka akan sejauh ini dalam tempo satu tahun. Bukan hanya dari jumlah lagu melainkan juga popularitas. Layakkah mereka mendapat privelege sampai sejauh ini? Bisa iya bisa tidak, tapi untukku, mungkin lagu ini adalah yang terbaik dari Gen 3 sejauh ini.

Jika di Mirai no Kotae mereka masih memiliki vocal rawness, di lagu ini sudah tidak terasa. Yang ada justru kesan cool kudapat dari lagu ini, kesan idol yang sudah siap tempur. Sedikit ada Keyaki-vibe juga malah dari musiknya. Sayang aku tidak menemukan info songwriter/arranger lagu ini.

Apakah lagu setipe ini bagus untuk Gen 3? Absolutely, karena dengan begini secara tidak langsung image bahwa Gen 3 tidak bisa breakthrough dari kesan anak-anak bisa terbantahkan. Sempat terpikir juga olehku kalau lagu ini memang disiapkan seiring dengan adanya Migoroshi Hime.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

新しい花粉 ~ミュージカル「見知らぬ世界」より~ Atarashii Kafun ~Musical “Mishiranu Sekai” yori~ / Ikuta Erika, Kubo Shiori

Kombi baru Ikubo ini menawarkan warna vokal yang paling berbeda dari seluruh lagu di single ini. Jika kalian ingat solo Ikuchan selama ini -bar Teitaion no Kiss– maka magis  dari lagu-lagu itu kini ditambah vocal powerhouse baru; Kubo Shiori. Intro di lagu ini mungkin akan lebih baik jika diberi MV, begitu juga dialog di lagunya.

Bagiku lagu ini almost perfect. Musik yang dihadirkan berhasil membuat kita ikut hanyut. Ikubo berhasil menghadirkan nuansa orkestra dan opera, sayang hal ini tidak ditunjang aransemen yang lebih megah, kesannya jadi kurang oke. Selain itu entah kenapa aku merasa dialog itu tidak terlalu penting untuk dimasukkan. Sedikit hal ini membuat cela di lagu sebaik ini.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

Seifuku

Seifuku kali ini anehnya masih belum diperkenalkan sama sekali. Atau setidaknya ada glimpse dari member, atau sekedar preview dari Kojichuu minggu depan. Hanya saat iklan Snickers Ashurin mungkin menjadi kandidat terkuat untuk seifuku kali ini. Kombinasi biru putih yang familiar karena mirip dengan seifuku Hadashi de Summer. Mungkin juga ini hanya seifuku yang khusus untuk CM, jadi tidak bisa berbicara banyak. juga.

Conclusion

Overall, 19th single ini hanya membawa ciri khas Nogi tanpa ada perbedaan signifikan dari tahun ke tahun. Fall single=ballad memang sudah teruji dan if it ain’t broke, don’t fix it. Untungnya, kunci pokok regenerasi masih dibawa. WG adalah bukti bahwa regenerasi berjalan sebagai mana mestinya, Under still strong tapi yah, they’re gonna be Under.

Selain itu, posisi single ini yang kurang lebih hanya sebagai pelengkap kepingan puzzle untuk Asahinagu juga kurang lebih membuatnya menjadi kurang exciting. Begitu hype film-nya selesai, interest untuk album ini juga akan berkurang drastis, apalagi single ini baru dirilis besok. Menarik untuk menunggu apakah akan ada perubahan dalam resepsi fandom untuk single ini.

Satu lagi poin minus, kontroversi untuk Fuminshou menurutku seharusnya tidak perlu dilakukan. Apa gunanya membuat member Gen 3, yang bahkan tidak masuk senbatsu, menjadi center untuk coupling senbatsu? It doesn’t make sense at all. Kalau begini, jadinya Gen 3 itu apa? Member, KKS, atau entitas sendiri bernama Gen 3?

Sisi baiknya dari overpush Gen 3 ini adalah masuknya Shiori sebagai powerhouse. Duet dengan Ikuchan akan mudah membuatmu overshadowed, tapi dari impresi lagu mereka, aku malah bisa mengatakan berimbang. Hanya perlu dipupuk lebih jauh sebelum benar-benar matang. Nah, sejak tadi Gen 3, bagaimana dengan Gen 2?

They’re literally done, get over it. Fanbase yang semula kupikir kuat ternyata hanya dalam tempo setahun crumble di hadapan Gen 3. Jujur kukatakan aku kecewa dengan menurunnya tempo fanbase Gen 2, meski dalam hal ini andil manajemen yang terlalu memajukan Gen 3 juga besar. Aku ragu apa SG dan MRG bisa comeback, dan Cinq Etoiles sepeninggal Himetan, lebih mungkin disband.

Semakin menggilanya fanbase Gen 3 dan melemahnya fanbase Gen 2 ini jelas sesuatu yang perlu menjadi perhatian, apalagi gelombang graduation masih malu-malu menampakkan diri. Next year, take it, or leave it.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

107 Comments

  1. buat gua secara pribadi ada 3 lagu yang memang pas buat gua,
    1. Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru
    2. Boku no Shoudou
    3. Shitsuren wo Shoujinin

    gua memilih ketiga lagu ini karena menurut gua sendiri ke tiga lagu diatas adalah yang pertama kali gua denger audionya melalui siaran yang direkam oleh fans dan diupload ke youtube dan gua nikmati melalui straming audio dan menetapkan kalo ketiga lagu ini akan yang selalu gua tunggu mv nya dan akhirnya rilis juga mv nya dan bener gua mengikuti ketiga lagu ini terutama mv nya dan sama dengan audio nya apalagi mv nya sangat menarik buat gua secara pribadi.
    untuk mv lainnya gua ngak terlalu mengikuti heheheee

    Like

  2. lagu Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru memberiku semangat untuk segera meresmikan seseorang untuk menjadi teman hidup, karena ada lirik seperti ini

    Kyou dekiru yo (itsuka janaku)
    Lakukanlah hari ini (bukan suatu saat nanti)
    Ima sugu ni (hajimereba ii)
    Saat ini juga (lebih baik mulai saja)
    Itsuka mo kyou mo onaji
    Masa lalu dan hari ini itu sama saja
    Yaru ka yaranai ka
    Lakukan atau tidak sama sekali

    Like

    1. wee, mac mac, kalau jadi kakak tu jangan terlalu posesif sama adik sendiri, saya juga ndak ada nyebutin nama manafi di awal, lol

      Like

    2. Waspada tu harusnya sama istri sendiri, nanti tiba tiba diklaim sama orang lain, kan nyesek, lol

      Like

    3. Btw, emang mereka mau diakuin jadi istri sama orang yang belum tentu pernah bertemu sebelumnya ??

      Bukan apa”, takutnya nanti ada yang ikut Barisan Sakit Hati, lol

      Like

    4. Lah, saya kan ndak pernah ngklaim begituan, paling saya anggap teman hidup, ndak lebih, tapi kalau dianya pengen lebih, ya saya mau, lol

      Like

    5. Lagu eccentric bener” jadi soundtrack hidup, berusaha jadi orang biasa, masih dibilang curhat, lol

      Like

  3. Ane urutin berdasarkan selera ane aja ya, kalo disuruh kasih alesan gak tau apa 😀
    1. My Rule
    2. Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru
    3. Lagunya Iku-Kubo
    4. Boku no Shoudou
    5. Shitsuren wo Shoujinin
    6. Maiika
    7. Fuminshou

    Like

    1. Ane coba kasih alesan seadanya 😀
      1. My Rule
      Ni lagu udah nogi bgt lah 😀 masa fans nogi yg sering denger lagu model gini gak suka lagu ini 😀
      2. Itsuka
      Walaupun yg nyanyi solo suaranya ekhm kurang, tapi ane suka bagian solonya, jarang kan A-side nogi ada solo partnya
      3. Duet ikubo
      Aransemennya familiar di kuping ane. Setuju bgian ngobrolnya gak penting
      4. Gen 3
      Khas keyaki, sebenernya ane kurang suka lagu model gini, berhubung nogi jarang ngeluarin lagu model gini jadi ane apresiasi
      5. Waka gundan
      Ada yumi sama ume 😀
      6. Maiika
      Gak suka bagian rapnya, lagunya kayak lagu anak anak 😀
      7. Fuminshou
      Musiknya keramean 😀

      Sekian alasan ngaco dari ane 😀 ane jadi ngetik panjang kan 😦

      Like

  4. Fuminshou kuboshita center…
    Ada senengx ada sedihnya…
    Senengx akhirx kuboshita bisa punya kesempatan buat jd w center bersama official senbatsu….
    Sedih x knpa cuman couplingan??gg dpat jatah pv lagi….hiks…knp koq gg kayak yodamomoko….
    Jadi baper lagi dan berharap single nigemizu centerx kuboshita….
    Whatever…Still have faith for kuboshita for the next duo sun….

    Like

    1. Masih belum pasti kok, nunggu first live aja biar jelas. Makanya ane juga rada males nulis begini kalau belum ada info pasti, bikin H2C.

      Pendapat soal lagunya?

      Like

    2. La iya dri kemarin ngecek…blum keluar2 juga…biasanya emang jarak bbrp hari stelah album physic keluar…
      Padahal pingin banget dengerin lagunya ikubo ma fuminshou….

      Like

    3. Review ane.. setelah akhirnya nongol juga di spotify…
      Maaf sebelumnya…sebenarx lagunya nogi kebanyakan bukan style q..(saya lebih condong ke adekx soalx)
      COVER
      Covernya nogi gg pernah mengecewakan…karena aestheticx selalu dapet dan klop banget dengan visual member yang menawan….lbih menunjukkan background yang indah dan kesan natural….
      Paling suka Type A …duo center with unbeatable hidden charms…senyum mereka dah jadi nilai plus sendiri buat covernya

      itsuka 3,5/5
      Setipe dengan nigemizu…terlalu flat dan monoton…palagi ditambahkan dengan part solo yang kurang nyaman di telinga…

      fuminshou 3,5/5
      Entah kenapa suka intronya….lebih energic dan ngasih feel cool klo emang bakalan ada penampilan livex…

      Maa ii ka 2/5
      Karena saya hanya melihat kualitas……lagu terburuk di single ini…

      shitsuren 3/5
      Walopun saya zukki oshi…tetep gg sreg ma lagunya….

      my rule 4/5
      Lagu penyelamat di single ini….walopun belum bisa mengalahkan fuusennhaa…

      3rd gen 3,5/5
      Keya vibe….sekarang 3rd gen mungkin punya lagu andalan buat perform….the coolest song they ever had….

      ikubo 3,5/5
      Suara kubo oke…kalo iku gg perlu dipertanyain lagi….tapi menurutq warna suara mereka berbeda…sehingga diakhir iku masih mendominasi…
      Nilai lagunya bisa 4 mungkin…klo gg da dialog yang menurutq gg perlu

      Kesimpulan….nothing special for this single….belum ada single yang bikin aq excited lagi…seperti ima hanashita…inochi.. hadashi de summer…atopun senyentrik influencer…..

      Like

    4. Kapan bakal ada Fuminshou live? Bakal menjawab banyak pertanyaan soalnya 😀

      Atarashii Kafun kayanya emang lebih cocok kalau ada MV. Soalnya sebelumnya Inochi no Shinjitsu juga ada dialog2nya, tapi karena udah liat MV jadi kerasa normal. 😀

      Yah, gak bisa selamanya naik terus trend-nya 😀

      Like

    5. Semogaaaa benar adanya kuboshita center……hha

      Laiya….kalo da mvx gpp kalo da dialogx….aq ja menyayangkan kenapa pas lagu inochix ikuta..dialogx dimasukkan di versi audiox segala…..

      Sya gg menuntut lagux harus trend trus….tp emang 2 rilisan terakhir ini bukan style q….

      Like

    6. Kalau ane entah kenapa gak terlalu berharap kalau beneran.

      Untungnya yang itu kebantu MV, kalau ini, emang bikin miss 😀

      Soal dua rilisan terakhir, ini subyektif sih sebenernya. Selain itu faktor kejutan sama pelengkap juga ada, jadi yah…. gak bisa berharap bagus terus.

      Like

  5. Cover
    Suka tipe B, ini mah bias 😀
    Type c Suka sama senyum natural member nya, lepas tanpa beban n paksaan 😀

    Itsuka Dekiru ⭐⭐⭐1/2
    Gak sehebat Nigemizu yg awal dengerin ane bisa langsung suka, untuk lagu ini perlu beberapa kali denger. Aransemen musik menjelang reff harus ane akui menjadi kunci yg ngebuat ane bisa menikmati lagu ini 🙂

    Fuminshou ⭐⭐⭐1/2
    Benarkah desas-desus soal center? 😀
    Ntah kenapa denger lagu ini kyk lagu yg biasanya khas jadi lagu under, perasaan ane aja 😀
    Suara gitar yg cukup dominasi jd nilai lebijh penilaian ane sama lagu ini 🙂

    Maa ii ka? ⭐⭐⭐
    Cikitachi..cikitachi..cikitachi.. cuma ini suara yg lumayan bisa dinikmati 😀
    Aransemennya lumayan enak, liriknya lucu, yaa, maa ii ka! 😀

    Shitsuren Oshoujinin ⭐⭐⭐⭐
    Rock dengan perman guitar n bass yang nyaris dari awal sampe akhir lagu ini jadi nilai lebih lagu ini, pengen ngulik bass nih lagu tpi blum sempet2 *sok sibut amat ane 😀
    Tpi entah kenapa, aransmen reff lagu ini kyk ane pernah denger dari lagu team surprisenya AKB, ntah cuma perasaan ane aja atau emng mirip, sayangnya pas ane mau mastiin trus ane cari2 folder mp3 team surprisenya akb ntah hilang dimana 😀

    My rule ⭐⭐⭐
    Beda pendpat sama miminnya, lagu under kali ini gk terlalu menarik buat anei, lagu under yg biasanya bisa ane kasih nilai lebih ktmbang main song tpi x ini main song lebih bisa ane nikmatin ktimbang lagu under.

    Boku no Shoudou ⭐⭐⭐ 1/2
    Beri kesan yg berbeda dengan 3 lagu gen-3 sebelumnya.
    “Apakah lagu setipe ini bagus untuk Gen 3? Absolutely, karena dengan begini secara tidak langsung image bahwa Gen 3 tidak bisa breakthrough dari kesan anak-anak bisa terbantahkan.” <– setuja.
    Dan ane bersyukur, centernya dek Riria ❤

    Atarashii Kafun ~Musical “Mishiranu Sekai” yori~ ⭐⭐⭐
    Lagunya bagus, suara Kubo dan Ikuchan ❤ juga OK, tpi karena tipe lagu yg mirip2 seperti ini sudah pernah ada sebelumnya (Inochi no Shinjitsu Musical Ringo Uri to Kamemushi) jadi efeknya kurang kena ke ane, mungkin klo ada MV bisa nambah penilaian ane 😀

    Seifuku
    Klo seifukunya kyk yg dipake di CM Asuka, ini kyk versi terbaru dari baju dinas single ke-15 😀

    Like

    1. Desas2 center buat Fuminshou harus ditunggu sampe live 😀

      Ane baru ngeh apa yang dimaksud chikitachi pas review lagu ini 😀

      Banyak yang gak cocok sama My Rule ya? 😀

      Bah, bilang aja gak suka Atarashii Kafun karena temen duetnya itu Shiori 😀

      Like

    2. Klo bener berarti berita dri web official gk bisa lagi dipercaya sepenuhnya 😀

      Yaelah, pdahal pas review MVnya dah ane jelasin, ente baca komen ane gk sih? atau amen langsung bales aja, orng dah capek2 nulis jg 😀

      Iya kah? ya klo bagi ane emng lagu Under x ini gk smenarik biasanya.

      Lah, knp pula gk suka gra2 teman duet Ikukuh ❤ shiori, toh shiori jg jd temen duet Miona ❤ di Mjalah, jadi gk ada alsan gk sreg sma dia, ini murni faktor tipe lagu yg sudah ada sebelumnya, jadi ya gitulah, trus kyk ulasan ente juga, aransemen yang kurng megah.

      Like

    3. Itu bukannya berita dari leak majalah?

      Ane gak pernah dengerin atau muter ulang MV-MV yang udah direview. Paling dengerin lagunya buat direview, gak nonton MV lagi 😀

      Subyektif sih ini.

      Mungkin aja gengsi karena Shiori adiknya (?) bapak serigala nasional kan? 😀

      Like

    4. Ia, pdahal waktu tracklist rilis di web official, fuminshou ditulis (klo gk salah) dibawain senbatsu single ke-19, makanya ane bilang, klo leak majalah ini bener, berita dari offi gk bisa lagi spenuhnya bisa dipercaya 😀

      Ane jg kagak, pas pertam x dengerin MVnya langusng tertarik sama cikitachinya doang 😀

      Iya, klo dari ane ya gitu penilaiannya

      Gengsi knp pula? Ane malah curiga, Kubo di koujichuu sma Miona, single sama Iku, trus mjalah sama Miona lgi, jgn2 ada mksdu dibalik ini semua, jgn2 dia minta tolong ke ane buat ambil alih status dia sbg adek dari bpk srigala nsional 😎

      Like

    5. Tiada lain tiada bukan, ya hanya dia seorang 😀

      Om2 atau kakek2? Gra2 ente terllau jauh tuanya jadi anggap tuh orng kyk om2 ya? 😀


      (gk nyambung sbenarnya, tpi lagi pngen memperlihatkan hubungan harmonis lord sma pliharaannya aja)

      Like

    6. Halah gampang, tinggal cari anak2 kecil yg megang smartphone, panggil, pinjem, kasih permen kaki, kelar urusan 😀

      Like

  6. Cover
    Bias D, karena Yumi. 🙂 Obyektif, C, ijo, adem dan seger. 🙂

    Itsuka 4/5
    Ngerasa sedikit magis Inochi. Single utama yg beneran ane suka setelah ane selalu bergantung ke lagu Under di single2 setelah Inochi. 🙂
    Diawali permainan piano, yg bikin suasana misterius. Lalu masuk orkestra khas Nogi. Membuat kesan elegan tambah kuat. Lalu, elektric music, masuk nambah tempo yg bikin tambah semangat. Salah satu single terkuat, menurut ane. Sederhana dan ga neko2. 🙂
    Paling suka bagian solo Misa yg dilanjutkan solo Iku. Sayang, dirusak dengan solo Ikoma setelahnya. Kalo saja urutannya diubah, bagian solo Ikoma jadi solonya Reika, terus Ikoma ganti dibagian Reika setelah solo itu, manteb jadinya.

    My Rule 2/5
    Nada flat ditambah musik yg juga flat, terutama electric drumnya, bikin ane harus kasih nilai segitu. Kalo saja musiknya bisa lebih rancak, bakalan lumayan. 🙂 Melodinya udah banyak dipake.Tapi, harus diakui, lagu ini catchy banget, meski bukan selera ane.
    Lagu Under yg mungkin ga bakalan ane sering puter. Ane bakalan cuma liat MVnya, khususnya bagian maen air. 🙂

    Boku no 3.5/5
    Keren dan Keya banget. Suara member masih kurang, tapi melodi enaknya membantu. 🙂

    Shitsuren 3/5
    Enak, suka aransemen mentahnya. Peringkat dua untuk lagunya Gundan, dibawah Hakumaisama. 🙂

    Fuminsho 3.5/5
    Genre ane banget. Ane coba denger lagi, apakah beneran ada suara Kubo dan Zukki. 😀

    Maaiika 3.5/5
    Karena ane pria santei, lagu santei macam ini suka banget. 🙂 Nada centil, harmonisasi dan tempo yg bikin ane angguk2 kepala. 🙂

    Atarashii 4/5
    Baru nyadar, suara Kubo manteb banget. Powernya!!! Memang, belum level Iku. Masih ada bagian yg buat dia terdengar susah payah. Vibrasi juga ga keluar alami. Tapi, ada arah, kalo suara Kubo bakalan buat ane merinding di masa depan, macam saat ane denger Iku dan Rotti. Secara lagu, ini lumayan bisa nunjukin kemampuan IkuKubo, terutama Kubo. 🙂

    Seifuku – apa aja deh, ane suka asal ga bugil. 🙂

    Secara keseluruhan, single ini isinya lagu yg manteb. Ga tau apa bisa melebihi single sebelumnya. Kalo ane liat dari bonusnya, kurang menarik, khususnya untuk fans. Tapi, kayaknya mnjmn pengen coba bidik pasar baru dari penggemar manga Asahinagu dan filmnya itu sendiri.

    Like

    1. Buset, tinggi bener nilainya buat Itsuka 😀
      Selera sih ya mau gimana 😀

      Jangan cari2 suara Kuboshita di Fuminshou, tunggu aja livenya 😀

      Ya jelas lah, gimana juga levelnya Ikuchan yang udah biasa musikal jelas beda dong. Apalagi ini diduetin sama yang bisa dibilang amatir 😀

      Ane belum cari2 bonusnya sih 😀
      Ada link? 😀

      Like

  7. Untuk cover suka semuanya,adem liatnya,itu pada nyengir apaan sih?pada lepas semua

    Lagu : paling suka Boku no dan Itsuka,malahan Boku no lagu yang paling ane suka dari gen 3,,,tapi Fuminsho dan Atarashii belum ane dengar sih😆😆😆nunggu live aja

    Seifuku-idem aja deh sama bapak delusi diatas,asal gak bugil,,seksi2 dikit boleh lah😆😆

    Semoga cepat 1M nya

    Like

    1. Baru sedot tapi belum sempat dengar secara full,
      Tapi ane dengar sepintas Atarashi kurang wah di musiknya,setuju sih,aransemen nya kurang megah,kalau musiknya bisa lebih keren bakal jadi upgrade nya Teitaion

      Prediksi berapa minggu?apa mungkin dibawah Nigemizu?

      Like

  8. Masih rada kecewa itsuka maiyan ngambil posisi ashurin…. Gimana mau ngeup memba kalau mgmt blm mau ngelepas memba oldnya… Bebitan udah grad… Dan tinggal tunggu maiyan grad setelahnya.. Dan era baru nogi dimulai. Lagian di dokumenter maiyan bilang mau grad tapi masih mau jadi manusia lagi.. Dan skrglah waktunya

    Like

  9. Urutan lagu favorit :
    1. Itsuka dekiru kara kyou dekiru (4/5)
    Pas pertama kali denger langsung suka, emang biasanya lagu buat film rada dibagusin kali ya 😀
    1. Atarashii Kafun (4/5)
    Rada bias karena Kubo :3 Tapi emang enak lagunya, dialognya juga masuk lah 😀
    3. Boku no Shoudou (3.8/5)
    Lagu gen 3 paling enak sejauh ini, paling nendang pas bagian awal reff 😀

    Untuk urutan setelahnya, setara semua sih, soalnya denger cuma pas liat mvnya aja 😀

    Like

    1. Itsuka emang tipe lagu yang ane suka sih 😀

      Fuminshou liat di youtube, waktu bocoran lagu dari radio 😀 Dan ane ga kuat dengernya, nanti ane coba denger lagi 🙂

      Like

  10. 3 lagu yg saya suka di single kali ini,
    1.Itsuka dekiru kara kyou dekiru..
    krn saya lebih suka ballad ketimbang yg ada umsur edm’y,suara piano dan biola’y adem,tp suara Misa yg lebih ngademin 😀
    2.Maaiika..
    Ini nih yg paling enak bikin goyang musik’y,reage..nikmati bandrek ditepi pantai sambil dengerin lagu ini,ntap 😀
    3.Atarashii
    Enak buat pengatar bobo 😀

    Soal seifuku,yg pntng bkn rok sepaha yg kl nungging pantat’y dadah2 kyk di garpu2 😀

    Dan soal kejelasan rumor center fuminsho,biarkan live yg menjawab’y 😀

    Like

    1. Tumben gak ada lagu yang suka dikait2in sama fall single tahun lalu 😀

      Ah, suka Maaiika karena lagu atau ada faktor lain? 😀

      Nah kan, kebanyakan HBD jadi begini deh komennya soal seifuku 😀

      Like

    2. Nah kan di inget2in lg sama dia,atau mau mancing biar “si pocari” disebut2? 😀
      Gara2 pertnyaan ini,lgsg nostalgia saat dia berguru bikin bento https://goo.gl/j1rtpB 😀

      Sama lagu’y dong..kn dah dibilang cocok buat nemenin ngebandrek di sisi pantai..faktor lain apa? 😀

      Bkn HBD min,cuma gak sanggup kl misal Nogi seifuku’y kyk gitu,bisa2 rasa ini berkurang 😀

      Like

    3. Pocari? siapa ya? 😀

      Mana ane tahu, kan ane bukan master HBD 😀

      Seifuku gak sanggup tapi PB bela2in download per halaman? Warbiyasah 😀

      Like

    4. Adalah..lagi pula jgn sok2 gak tahu 😀

      Lagipula dr maiika apa yg mau di HBD-in? 😒 😀

      PB mh seni,seseksi apapun masih bisa diterima asal ga full nude 😀
      Kl seifuku kn bakal sering dipake,jd gak mau yg seksi 😀

      Like

    5. Oh, dia? 😀

      TUh aki2 kali, lumayan bisa jadi manajer ladang 😀

      Boku wa iya dah, kalau udah bawa2 “seni” tapi liat Sandy aja kena sensor 😀
      sandy

      Like

    6. Iyah dia 😀

      Ogah,cukup kami sekeluarga yg ngelola ladang mh,susah senang bersama 😀

      Jgn samakan sama disinilah,jgn kn si sendi,rokok aja dlm film mh d sensor,darah di anime2 pun di sensor..sedangkan cinta2an dan peluk2an diperbanyak..payah 😀

      Like

    7. Oh ternyata, sama doi juga toh 😀

      “Bersama”-nya patut dipertanyakan 😀

      Bagus dong kalau cinta2an dibanyakain. Bikin petisi putar JAV di TV lokal! 😀

      Like

    8. Ckckck..gak lah,belum si pocari mh,baru skdr penambah ion/stamina doang,blm bisa nambah HP kl di ibaratkn game mh 😀

      Emang gmn kl bkn bersama2?😛

      Iya kl bakal diterima itu petisi,kartun aja di sensor,apalagi JAV😑
      lagi pula,cinta2an’y bikin muak 😀

      Like

    9. Boleh percaya,boleh ng’gak tergantung yg di rasakan om jin 😀

      Ya kn delusi saya suka terinspirasi dr kenyataan 😀

      Lihat anak kecil yg dibuat2 dewasa peluk2an,gak banget,geli 😀
      Dada nongol dikit aja kena sensor,gmn mau bikin macam jav 😀

      Like

    10. Cie om jin mulai menampakan diri 😀

      Atau kisah nyata yg dijadikan delusi 😀

      Krn itu entertain lokal gak maju2..blm lg ada wacana penyiaran bakal di monopoli sama pusat,makin suram dan gak bebas dh,demokrasi sdkt2 hilang,bisa2 si tom dan jerry kna sensor krn telanjang mulu 😀

      Like

  11. Karena ane suka ska, ane paling demen sama Maa ii ka 😁

    Soal fanbase gen 2 yang udah melemah, dan fanbase gen 3 yang semakin maju… Yasudahlah hehe. Dari awal gen 2 dibentuk buat nambel Under yang pada caw, mungkin takdir mereka nantinya “kebanyakan” bernasib disitu saja sampai mereka cabut.

    Like

    1. Ciah, satu lagi yang suka Maaiika 😀
      Tapi ini beneran karena lagunya kan? Bukan karena yang nyanyiin? 😀

      Kayanya bakal ane up artikel soal ini deh, banyak yang bisa dibahas soalnya 😀

      Like

    2. Lagu ballad dan rada rada serius di Nogi melimpah min, lagu-lagu yang easy listening kaya Maa ii ka bagaikan nigemizu/mirage hehe jadi tau lagunya kaya beginian sih ane langsung demen, kalau yang bawain sih kebetulan pas sama tipe lagunya, gak kebayang lagu ini dibawain Nanase atau Iku hehe

      Like

    3. Lagu kaya Maaiika emang butuh buat komedi. 😀

      Kalau Naachan masih mungkin bawain, kalau Iku, udah susah2 main musikal kalau dikasih lagu gini dia downgrade level dong 😀

      Like

  12. Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru
    Suka Sama Dentuman Piano Pas Intro Sama Aransemen Musik Pas Mau Ke Chorus
    Rate: 3 Dari 5

    Fuminshou
    Verse-nya Datar Tapi Chorusnya Bagus Banget Terutama Pas “Amaeteru jibun ni boku wa hekieki to shita”
    Rate: 3.5 Dari 5

    Maa ii ka?
    Lagu Ber-MV Di Single Ini Yang Paling Ane Demen 😀
    Musknya Bikin Kita Manggut2 😀
    Rate: 3.5 Dari 5

    Shitsuren wo Shoujinin
    Lagu Paling Lemah Di Single Ini…
    Meskipun Begitu Ane Berpendapat Kalo Lagu Ini Masih Cocok Dijadiin Openingnya Majijo 😀
    Rate: 1/5

    My Rule
    Intro Lagu Ini Mirip Interlude Vierra – Rasa Ini 😀
    Verse Dan Chorusnya Kerasa Datar 😦
    Rate: 2 Dari 5

    Boku no Shoudou
    Ane Gak Demen Sama Lagu Yang EDM-nya Kental Banget Kayak Gini Tapi Harus Diakui Bagian Chorus Lagu Ini Enak Banget Apalagi Ada Iringan Biolanya Pulak….
    Rate: 3 Dari 5

    Atarashii Kafun ~Musical “Mishiranu Sekai” yori~
    Ane Pernah Komen Di Kos2an Sebelah Kalo Ane Pengen Banget Lagunya Iku-Kubo Itu Ada Dialog Di Sela2 Lagunya Dan Ternyata Harapan Ane Dikabulkan 🙂
    Lagunya Bagus + Kualitas Vokal Keduanya Benar2 Kentara Di Lagu Ini 🙂
    Lagu Favorit Ane Di Single Ini ⭐
    Rate: 4.5 Dari 5

    Like

    1. Karena Tipikal Suaranya Ikuchan :lv Dan Kubo Itu Tipikal Suara Artis Musikal Yang Enak Pas Nyanyi Maupun Pas Ngomong Biasa 🙂
      Selain Itu Dialog Dalam Lagu Duet Musikal Itu Bisa Jadi Sarana Untuk Memperlihatkan Chemistry Antar Penyanyinya Apalagi Lagu Ini Gk Ada MVnya Pulak 🙂

      Like

  13. 3 besar buat single ini versi ane adalah:
    1. ItsuKara – 4,5 dari 5
    alasannya, ane suka banget dari awal iringan piano sampai bagian reff nya, minusnya mv yang kurang wah untuk ukuran theme song di mata ane

    BokuSho – 4 dari 5
    alasannya, reff sama alunan biolanya nya adiktif banget, tipikal kesukaan ane + Yoda-Chan dimana-mana bikin ane makin cinta sama dedek yang satu ini ❤ ❤ ❤ … minusnya, storyline sama gabungan trad x hi-tech yang buat nyeleneh…. kalau aja dibuat dance version aja atau ga ada gabungan trad x hi-tech mungkin lebih baik
    My rule – 3,9 dari 5
    alasannya, musik khas nogi banget yang buat ane jatuh cinta saat pertama kali dengernya, minusnya mv mendung sama dance yang kurang lepas konsepnya… coba aja dancenya dibikin konsep lebih sexy sama mv yang lebih cerah ane kasih 4,5 sama kayak ItsuKara

    Buat 2 mv sisanya mv ane cuma kasih nilai aja
    4. ShitsuSouji – 3 dari 5
    5. Maa ii ka – 2,5 dari 5

    2 lagu sisanya ane belum denger, ada yang mau kasih link? hehehehe

    Like

    1. kurang lebih sama nilainya kalau biara soal lagunya aja… ane campur sama mv penilaiannya karena ane jarang komen di review mvnya agan jadi sekalian aja komen disini 😀

      yaudah deh ntar ane keliling lagi mudah2an penilaian ane ga berubah sama 2 lagu yg belum ane denger 😀

      Like

    2. ane baru denger hari kemarin yang fuminshou sama atarashii
      fuminshou ane kasih 3,5 dari 5, di bawah my rule karena musiknya keramean dan mengingatkan ane di beberapa part nyanyiannya mirip ai chuseyo SDN48…

      kalau atarashii ane kasih nilai 3 dari 5, setara sama shitsusouji karena suka dengan lagunya tapi tidak dengan dialognya… nikmatin lagunya jadi setengah2… karena seharusnya kalau ada lagu dengan dialog2 di dalamnya ya ditunjang dengan MV,

      Like

    3. Wah baru dengerin? Padahal bentar lagi udah mau rilis full yang Kaze ni Fukaretemo 😀

      Fuuminshou musiknya segitu rame kah?

      Nah, lagi2 ada pendapat tentang dialog gak penting itu 😀

      Like

    4. cari linknya susah 😀
      kalau ane udah denger semua lagunya 5th single keya meskipun yang 1 audionya radio rip… tinggal nunggu adminnya update review lagunya wkwkwkwk

      menurut ane emang keramean musiknya, jadi ga bisa didenger berkali2… beda sama itsuka yang ane sering puter lagunya sampai sekarang

      mudah2an aja nanti ada mv nya…. masa eccentric keya yang di reguler dapet mv tapi yang atarashii nogi engga? meskipun beda kasusnya tapi ya harapan tetep ada

      Like

    5. Lah 😀
      Nah udah tuh 😀

      Yah namanya selera pasti beda2 lah ya 😀

      Beda kasus dong, Eccentric dapet MV soalnya ada drama. Lah Nogi? 😀

      Like

    6. Iya sih emang beda kasus

      tapi mudah2an aja manajemen berbaik hati ngeluarin uang lebih buat mv ikubo 😀
      tapi khawatir hujan badai juga kalau LLC beneran sebaik itu 😀

      Like

    7. hahaha 😀

      kayaknya lord kotoko bakalan menunjukkan kekuasaannya yang luar biasa di album under nanti 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s