Polaris

Alpha Ursae Minoris, umum dikenal sebagai Bintang Utara, dan nama resminya adalah Polaris yang terletak di konstelasi Ursa Minor -biasa disebut sebagai rasi bintang biduk- adalah bintang yang penting bagi manusia karena perannya yang ada di sepanjang sejarah sebagai penunjuk arah utara.

Bintang Utara ini umum dikenali sebagai bintang penunjuk arah karena letaknya yang berada tepat di poros rotasi Bumi sehingga selalu berada di titik yang sama, di dekat kutub utara. Ini yang membuatnya dikenal sebagai Bintang Utara. Meski dikenal sebagai ‘bintang’ tapi sebenarnya adalah binary star system sama seperti Centauri.

Ursa Minor - The Little Dipper & Polaris

Dua bintang itu adalah  Polaris Aayellow supergiant sementara bintang pendampingnya yang jauh lebih kecil adalah Polaris Ab. Dua bintang ini mengorbit dengan Polaris B, yang ditemukan William Herschel pada 1780. Terletak di konstelasi  Ursa Minor, 433 tahun cahaya dari Bumi, Polaris adalah bintang yang tidak bisa terpisahkan dari sejarah manusia.

Polaris menjadi bintang paling terang dari konstelasi yang redup ini, namun dalam prakteknya, Polaris hanya berada di urutan ke-48 dalam urutan bintang paling terang dari Bumi. Namun karena posisinya yang ideal, maka Bintang Utara ini menjadi terkenal, meski di southern hemisphere Polaris tidak banyak berguna.

hemisphere-02

Melewati khatulistiwa, Polaris tidak akan terlihat lagi. Jika dibandingkan dengan Centauri, Polaris terletak amat jauh. 10 kali lipat jaraknya, dan studi membuktikan -dengan alasan yang belum diketahui pasti- bahwa Polaris setidaknya 4.6 kali lebih terang saat ini dibanding saat pertama kali dipelajari manusia.

Berstatus sebagai bintang kelas F, Polaris memiliki luminensi cukup rendah. Polaris hanya memiliki luminensi sekitar 4000 kali dari matahari, dan bintang kelas Cepheid, atau variabel yang digunakan untuk mengukur luminensi dari obyek yang sangat jauh. Secara singkatnya demikian.

Sebagai perbandingan, Betelgeuse mencapai luminensi sekitar 140.000 kali dari matahari. Sama seperti Centauri, Polaris juga memiliki companion star, tepatnya Polaris A dan Polaris Ab, serta bintang terpisah Polaris B. A dan Ab berada dalam jarak yang sama dengan matahari dan Uranus, 18.5 AU, sementara A dan B berada di jarak 2400 AU.

Polaris-North-Star

William Herschel menemukan Polaris A dan B di tahun 1780, setahun sebelum penemuan Uranus. Sedangkan Polaris Ab tidak terdeteksi sampai tahun 1929 akibat luminensinya yang kecil dan jaraknya yang dekat dengan Polaris A. Dan sebenarnya, Polaris bukan satu-satunya northern star.

Di masa 2600 B.C, bintang utara adalah Thuban yang ada di konstelasi Draco. Saat Plato menulis tentang Atlantis di 400 B.C, Kochab atau Beta Ursae Minoris menempati posisi ini. Di tahun 2100, Polaris akan berada nyaris sejajar dengan kutub utara. Sementara, di tahun 14.100, titel bintang utara akan jatuh ke tangan Vega, Alpha Lyrae.

Bagaimana peran Polaris begitu besar dalam sejarah meski dalam hitungan astronomi tidak spesial, itu adalah sesuatu yang hanya bisa disaksikan jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, tidak lebih dan tidak kurang. Sama seperti Ptolemy yang pertama kali mempelajari konstelasi.


Dari Polaris, kita beralih ke member Nogi yang selama ini belum pernah sekalipun mencicipi senbatsu. Dari 45 member saat ini, ada 6 ‘full member’ yang belum merasakannya; Ito Karin, Ito Junna, Sasaki Kotoko, Suzuki Ayane, Yamazaki Rena, dan Watanabe Miria.

Keenam member ini tidak bisa dibilang lebih inferior dibanding member lain yang pernah merasakan senbatsu. Jelas tidak, karena mereka berada di Under relatif lama, hanya kalah oleh Under dari Gen 1. Tapi mengapa mereka masih belum juga mencicipi posisi prestisius sebagai senbatsu?

Banyak hal yang bisa dikatakan. Pertama, sebagai Under, mereka jelas tidak kekurangan apapun; performance, variety, opportunity, they’ve had it all. Under live, stage play, Nogiten, dan yang paling dekat selanjutnya, Under Album yang kemungkinan besar akan dirilis sebelum pergantian tahun.

https-imgix-proxy.n8s.jpcontentpic2017101196958A9F889DE0E3EAE3EAE5E2E2E2E1E3E2E0E2E3E5E2E2E2E2E2E2-DSXZZO2182098003102017000000-PB1-3

Selain itu secara individu, keenam member ini juga tidak bisa dibilang tidak memiliki kesempatan; Karin lewat Shogi Focus dan dilirik Disney, Junna kini memiliki dua stage play dalam portofolionya, Renachi populer lewat HS dan radio, Kotoko dan Ayane belakangan cukup uprising di variety, sementara Miria lama di radio dan sukses “memimpin” Under di awal tahun ini.

Nah, dengan track record seperti itu, kenapa mereka masih belum bisa naik ke senbatsu dan malah disalip di pertengahan tahun? Aku tidak akan membahas tentang “perlakuan tidak adil” atau sejenisnya, karena faktanya memang hal itu perlu dilakukan dalam situasi Nogi saat ini.

Gen 2 ada di posisi yang ambigu, seiring regenerasi yang lambat di Nogi. Ya mereka mencapai titik terang, tapi itu setidaknya dua tahun setelah mereka diperkenalkan, dan tidak lama kemudian Gen 3 datang. Jadi tidak mengherankan mereka tidak bisa naik sebaik Gen 3.

Nogizaka46 Under Live Zenkoku Tour 2017 08

Di awal tahun, untuk pertama kalinya Ranze bisa merasakan senbatsu, dan kupikir itu tanda kalau pelan-pelan enam member ini pada akhirnya akan bergantian merasakan posisi itu. Sayangnya, justru di single selanjutnya malah Gen 3 yang menggebrak dan secara tidak langsung momentum enam member ini terpental.

Dalam tulisan Nikkei, mereka menulis bahwa Under adalah “meski dengan skala aktivitas minim, Under berhasil mencuri perhatian dengan effort mereka, dan perasaan itu tersampaikan dengan akhirnya melakukan show besar” dan “keringat dan air mata, keberadaan Under tidak tergantikan”

Kembali ke topik awal, apakah enam member ini pada akhirnya bisa mencapai status senbatsu? To be honest, I still have faith on them, even it was nearly impossible. Gen 3 bahkan kencang dirumorkan masuk sebagai center di coupling senbatsu Itsuka. Things just don’t justify, but do keep the faith.

Mengacu pada HS terakhir dari Itsuka Dekiru Kara, hanya 3 orang yang menjual HS sampai 30 slot; Miona, Maichun, dan Ranze. Dengan kata lain, Ranze masih punya kans besar untuk menjadi Kiichan kedua. Sementara itu Kiichan, one time management favorite, baru berhasil menjual 3 slot. Jauh dibawah Miria, Renachi, dan Aachan.

Keberadaan Karin dan Kotoko di kasta terbawah tidak pernah berubah, dan kupikir mereka ada di posisi lebih sulit untuk senbatsu. Kecuali jika memang ada keajaiban. Dan sejujurnya, kans terbaik mereka adalah Under Album mendatang,  my best bet adalah unit atau lagu yang membuat mereka menjadi center. Lebih baik lagi, solo.

Sama seperti Polaris, Alpha Ursae Minoris, keberadaan keenam member ini tidak tergantikan untuk saat ini, yaitu ada di tempat minor dalam Nogi universe. Tapi itu tidak menjustifikasi keberadaan mereka sebagai “tidak penting” karena meski redup, baik Polaris maupun keenam member ini adalah bagian tak terpisahkan dari cerita masing-masing.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

63 Comments

  1. g yakin seyakin yakin nya
    6 org ini akan rasakan senbatsu di atas 20th…

    well, 3rd gen masih jadi kantong uang nya nogi skrng
    so why they must stop with what they did..
    if they stop, it didnt make sense from the business perspective
    –forget about what i just said

    semoga makk semoga under album bisa meledak kyk bomb, lagu nya bnyk bwt unit baru mungkin, solo juga, atau jenis lagu nya beragam, image under bisa di otak atik di setiap lagu

    i just want to see them get in senbatsu so damn F*****G much ♥
    lol

    Like

    1. Lah terus kapan dong? 😀

      Semoga di Under Album seenggaknya ada 10 lagu baru, meski ini agak muluk, soalnya liat yang sebelum2nya, pasti ada jatah lagu Under dari single 1-19 😀

      Ane harus respon gimana sama kalimat terakhir? 😀

      Like

  2. amazing ya, Sir Frederick William Herschel ini, sudah Astronom, Komponis juga, berkat beliau, Planet Uranus akhirnya punya teman hidup

    tu WM, belum pernah masuk senbatsu, gimana ceritanya, HS SoldOut, punya aura goib, lah ndak senbatsu

    Like

  3. kalo dilihat lihat sih kesempatan paling memungkinkan untuk nge”boost” posisi gen 2 yah di album under. situasi gen 3 bener-bener lagi uprising sekarang. single 20 kemungkinan besar udah bakal di rule lagi ama gen 3.

    btw udah denger rumor single 50th akb bakal include sakamichiAKB part 2 belum?

    Like

    1. Padahal di awal tahun udah kaya iya aja fanbase Gen 2, HS mereka di-SO, sampe2 naiknya drastis. Eh di tengah tahun malah kehabisan gas.

      Like

    2. Kalo harus milih yg naik ke Sembatsu, mungkin Miria dan Jun, dengan Rena sebagai cadangan.
      KTK, Karin dan Ayane, auranya terlalu biasa. Masuk Senbatsu, meski di baris ke3, pasti langsung ketutupan sama member lain. 🙂
      – Miria, udah banyak pengalaman jadi backup. Jadi, dia yg paling berpeluang. 🙂
      – Jun, ga tau karena bias atau ga, anak ini punya aura yg kuat banget diantara gen2 lainnya. Entah karena tingginya, cantiknya atau sifat premannya, dia bisa keliatan gitu. Dia juga jago dance dan suaranya lumayan. Satu lagi, dia mungkin salah satu member paling supel di Nogi. Akrab dengan banyak Senpai dan Kouhainya. Ane liat dia, sedikit lagi, bisa jadi kapten. 🙂
      – Rena, perlu dipupuk, karena anak ini bisa jadi penerusnya Manatsu. Biasa dibully di Under dan pemancing. Dan sifat elegan + penyuka sejarah, pas kayaknya buat imej Nogi di Senbatsu. 🙂

      Like

    3. Junna jadi kapten? Mau jadi pasukan yankee atau gimana? 😀

      CUma sekali lagi, semua tergantung sama fans. Liat HS Itsuka, duh, makin miris. Manajemen jelas mana mau ngasih kesempatan kalau minim begitu.

      Like

    4. Lah, ada yg yankee dari ubun2 sampai ujung kaki dan dia jadi wakil kapten, pasukannya ga apa2 tuh. 😀

      Ya, ane nulisnya tanpa merhatiin HS mereka. Kalo pake HS, ya ga masuk mereka. 😀
      Kalo bisa, mnjmn buat variasi gitu. Misal, Senbatsu coupling beda.

      Like

  4. Ane pernah bilang, mereka + under gen 1 udah ‘kadaluarsa’ mau naik ke senbatsu juga udah gak interest.
    Paling tinggal berharap ke miria sama ranze 🙂
    Untuk 20th ane prediksi hinachima yg bakal naik. Kalo untuk gen 3 sulit diprediksi krna muncul tiba tiba (di 18th) dan hilang tiba tiba (di 19th) 😀

    Like

    1. Wah Lord Kotoko gak dimasukin nih? Awas dikutuk 😀

      Buat ane Gen 3 udah menang banyak dapet jatah lagu per single, itu juga pake “dimasukin” ke coupling kaya rumor Fuminshou. Jadi yah…

      Like

    2. Kalo buat kotoko, kalo dia dah murka jangankan senbatsu nogi, langsung jadi center di senbatsu ekebi dia 😀

      Kalo fuminshou menurut ane management bener-bener mabok kalo centernya dari gen 3

      Like

    3. Jangan heran kalo tahun depan nama kotoko jadi juara sousekyou 😀

      Ya gak adil aja karna itu jatah senbatsu. Kalo mau mix aja sekalian. Untungnya fuminshou gak ada mv, kalo ada mv dan gen 3 yg muncul jadi center bakal gimana ya

      Like

    4. Kenapa harus heran? Kalau dia tiba2 ngegeser posisi Aki-P pun ane gak heran 😀

      Kalau ada MV, ane udah nulis review sepanjang 2000 kalimat 😀

      Like

  5. Ah bicarain gen 2 jd throwback ke 3th BDL nogi dlu, btp snangnya kenkyusei itu jd mmber full nogi. Ngepush scra gen jg udah g mngkin jd at least yg bs dilakuin ya itu td job individu.
    My baby smol karin, ane hrap bs brdiri 1 baris brsma oshi kami brdua kazumin 😀
    Lord dan my baby smol karin adalah tipe2 yg asalkan jd mmber nogi udah sneng dan dikasih pekerjaan yg mrk sukai udah sgt brsyukur. Mngkin itu kompensasi manajemen krn g sgra naikin mrk ke senbatsu. Tp saya sbg fans jg ngebet pngen liat mrk di senbatsu. Bahkan lord dan karin mama g prnah jd sub di acara tv, ane kok jd curhat y 😀
    Btw, scr track record nogi slalu ngasih jatah senbatsu sblum mmber grad kan?
    Tlong dksih pncerahana nogi history ane 😀

    Akhir2 ni ane rada concern ama kiichan, rada mngkhawatirkan jg. Ane blom prnah liat kiichan se- emo itu. Dan hs kiichan msih 3 slot yg kjual mngkin gra2 absennya dy di bnyak acara senbatsu ato gra2 cra hs dy yg mulai mmbosankan. Bcorannya sih kiichan pas hs yg slalu diomongin slalu anjing.

    Like

    1. Kochan
      Prinsip Karin itu “punya pekerjaan bagus, ya jalanin aja”? 😀
      Kalau Lord “Selama bisa melebarkan sayap di balik layar” kah? 😀

      Well, karena sejauh ini belum ada Gen 2 yang grad ane gak bisa bilang apa2, kalau Gen 1 kan semua udah senbatsu, yang grad sampe era Kimikibou gak dihitung ya 😀

      Nah itu udah dikasih bocoran kenapa bahasnya anjing 😀

      Ein
      Masalah anjing cuma salah satu faktor kan tapi? 🙂

      Like

    2. @Mac
      Well,
      Ingat aja kalau image Kiichan di Nogi itu “Ultra-Genki Imouto”. Dan industri idol itu semua tentang image yang bisa dijual(dan didelusikan).

      Sampai sini paham dong akarnya dimana? 😀

      Like

  6. Individual Job 6 Member Diatas Sepanjang Tahun Ini (Seinget Dan Setau Ane)
    Dek KTK 3 Kali), Guest Acara Anime
    Dek Ayane 5 Kali), Photoshoot Majalah (>3 Kali), Ramen Walker
    Dek Miria ❤ = Nogi No No (Tergantikan), Photoshoot Majalah (< 3 Kali), Guest Program TV (PR Nigemizu), Ramen Walker
    Renachi 3 Kali)
    Mama Karin ❤ = Ratu Blog Nogi, Shougi Focus, Disney, CM, Photoshot Majalah (< 3 Kali Tapi Viral),
    Jujun 3 Kali + Ada Yang Viral), Ramen Walker

    Kalo Diliat Dari Individual Jobnya, Mama Karin Unggul Dibanding Yang Lain Karena Cuma Dia Satu2nya Member Under Yang Punya Program Sendiri Dan CM Sendiri (Ranze Dan Chima Masih Bareng Member Laen). Tapi Kalo Bicara Member Paling Berpotensi Masuk Senbatsu Terlebih Dahulu, Maka Ane Jagoin Dek Ayane Dan Jujun.

    Like

    1. Lord, Aachan, Junna, Renacchi 3 kali, 5 kali ini maksudnya gimana?

      Ane lupa kalau Karin ada CM, yang mana sih?

      Aachan & Junna potensi senbatsu duluan meski mereka kalah dibanding Renachi/Miria?

      Like

    2. Harusnya Yang Dihapus Itu Komen Yang Ini Gan Bukan Yang Bawah….
      Dek KTK = Agent Hazap, Photoshoot Majalah (>3 Kali), Guest Acara Anime
      Dek Ayane =Agent Hazap, Photoshoot Majalah (>3 Kali), Guest Program TV (>5 Kali), Ramen Walker
      Renachi = Ratu SR Nogi, Radio, Guest Program TV (Sekali), Photoshoot Majalah (>3 Kali)
      Jujun = Stageplay (2 Judul), Photoshoot Majalah (>3 Kali + Ada Yang Viral), Ramen Walker

      CM Mama Karin

      Individual Jobnya Dek Ayane & Jujun Lebih Unggul Dibandingkan Renachi Miria Gan Baik Dari Segi Kuantitas Maupun Kualitas Jobnya (Dek Ayane Jadi Guest Acara TV Gede Lebih Dari 5 Kali & Jujun Dapet Stageplay Gede)

      Like

    3. Oh jumlah individual job di depan kamera toh 😀

      Itu CM apaan sih? Shogi Focus?

      Setelah kejadian tahun kemarin, ane gak yakin jadi guest di acara TV itu bakal bawa keuntungan lebih 😀

      Like

  7. Sebenarnya yg mereka butuhkan itu gebrakan dari diri sendiri. Ane lihat karakter2 dari sebagian mereka itu ya masih biasa2 aja. Gak begitu unik dan menonjol. Contoh gebrakannya misalnya jadi lebih aktif lagi, atau munculin sisi unik mereka masing2, atau bisa juga bikin sedikit kontroversi asal gak kebablasan aja. Udah dibuktiin sama KTK, walau cuma sebatas ucapan, popularitasnya bisa sedikit naik.

    Kalau soal pengalaman, member2 low tier ini udah punya banyak banget pengalaman lewat job2 diluar. Bahkan ane bilang, pengalaman member2 low tier ini lebih baik daripada member2 mid tier di grup2 lain.
    Pengalaman2 kaya gitu bisa jadi kesempatan. Tapi mereka juga butuh keberuntungan. Jadi kesimpulannya Only Lord Knows. 😀

    Like

    1. Kalau buat ane sih, karena emang udah kehabisan bahan aja sih soal karakter ini. Udah 3 tahun, mereka udah hampir all out di semua kesempatan sejauh yang ane liat, cuma emang karena nature mereka lebih introvert aja kali ya istilahnya, sama kesempatan buat general fans yang lebih kecil makanya udah mentok.

      Jelas kalau soal push, mereka gak bisa dipandang sebelah mata. CV udah panjang, acara privat juga rata2 udah kena, cuma ya itu, sekali lagi, manajemen sendiri sedikit setengah hati+treatment bumi dan sumur sama Gen 3 bikin lebih keliatan mencolok. Cuma ya kesempatan itu loh, ada apa enggak?

      Like

  8. 6 member ya, jumlah yg masih banyak itu klo mau dicicil sedikit demi sedikit 😀
    Mungkin bkal 2x single klo mau nycil 3 meber 3 meber dulu 😀

    Stelah “kecewa” krna disingle ke-19 gk ada nama gen-2 baru krn single nya jg utk kbutuhan film, jadi berharap single ke-20 jd salah satu jalan utk mnjemen nyicil mmber gen-2 yg blum masuk snbatsu, doa terbesar pasti untuk adinda Miria ❤

    Like

    1. Harapan ente tinggi, habis fly ya? 😀

      Duh bahasanya kuno banget, “adinda”, yah sesuai umur sih 😀
      Cuma satu pertanyaan deh buat harapan ente; “yakin?” 😀

      Like

    2. Demi masa depan yg cerah utk keenam meber ini, ane rela berharap tinggi 😀

      “Dimana bumi dipijak, dsitu langit dijunjung”, ngertikan maksud ane? 😀
      Yakin lah seyakin yakinnya, Miria gk masuk snbatsu gra2 under mau rilis album aja, klo gk ada album under pasti dah amsuk senbatsu dia kmarin2 😎

      Like

    3. Kebanyakan garam ya? 😀

      Urusannya gimana coba nyasarnya kesini, pencerahan mana pencerahan 😀
      Oh, terus gimana prospek Under ALbum yang masih mitos ini? 😀

      Like

    4. Ente tuh yg kbanyakan makan gram, komen sampe dua x 😀

      Yaelah gitu aja gk pham, kbnyakan makan micin nih 😀
      Kan komen ente, “Duh bahasanya kuno banget, “adinda”, yah sesuai umur sih” <- nah ane pke bhsa kuno krn mnysuaikan dgn pmilik kosan ini yg juga dah kuno, maknya dimana bumi dipijak distu lngit dijunjung, jgn sering2 mkan micin lah, makan makana yg bergizi dikit la 😀

      Tenag aja, ntar pasti di tur under yg sdng berlangsung bkal diumumin judul, tgl bahkan mungkin dibawain utk pertmakalinya main song di album itu. Ente duduk manis saja sambil nabung utk beli kuota 😀

      Like

    5. Internet terlalu kenceng ya gitu, harus pelan aja kliknya, kalau gak ya dobel2 😎

      Oh, oke aja lah 😀

      Ane gak percaya sama ramalan ente, sering salah sih 😀

      Like

    6. Jgn bikin ane ketawa deh ngebacanya 😀

      “Boku wa iyadah” biasanya gitu 😀

      Itu bukan ramalan, tpi keniscayaan 😀

      Like

    7. Non-believers emang gitu, dikit2 ketawa 😀

      Dia udah dapet PB, jadi ane kurangin mantra itu. Kan gak lama ane mulai demen pake kata itu, dia dapet PB. Kalau ane terusin, dia bisa debut solo 😀

      Tinggi tata bahasanya, niscaya. Habis ngoplos ya? 😀

      Like

    8. Delusioner mah gitu, dikit2 ngayal 😀

      Jadi dgn kata lain, bila ane simpulkan, ane persingkat, ane ringkas, ane rangkum, semua rezeki neru akhir2 ini, gra2 ente gitu?

      Habis nelan KBBI 😎

      Like

  9. Hanya Tuhan Yang Tahu 😊
    Kl dari ke 6 nama diatas salah satu dinaikan ke senbatsu di single ke 20 nanti,kira2 siap yg diturunkan ke under?atau mungkin kl jumlah senbatsu’y yg ditambah,siapa yg akan naik kl senbatsu yg skrg dipertahanin?
    Bisa jd gak ada dr ke 6 nama diatas alias yg sering naik turun senbatsu-under yg dipilih,atau di “serobot” lagi sama gen 3 😊
    Karena itu saya bilang hanya Tuhan yg tahu..LLC gak bisa ditebak 😀

    Yg pasti ke 6 nama diatas semoga secepat’y merasakan senbatsu,tp jangan turunin Kiichan sama mbak Maichun ya kl bisa 😀

    Like

    1. Tuhan atau Lord? 😀

      Siapa naik, siapa turun, siapa bertahan? Lebih gampang tebak juara World Cup tahun depan kayanya 😀

      Nah, pengen ada yang naik, tapi gak mau ada yang digeser, fantasi doang kerjanya 😀

      Like

    2. Kl KTK yg naik,verarti kehendak Lord..kl gak ada yg naik atau selain KTK,berarti kehendak dari yg lebih tinggi dr Lord 😀

      Makan’y ini yg bikin asyik,susah diprediksi,kyk sepakbola lokal,yg nama’y udah besar atau mulai besar belum tentu juara..beda sama yg lain 😀

      Ya mau gmn lagi,ingin yg lain masuk tp yg kesayangan gak mau tergeser..semua layak masuk sih menurut saya mh 😀

      Like

    3. Wah mempertanyakan kuasa Lord Kotoko 😀

      Ane kira sepakbola lokal itu susah diprediksi akhirnya, peluit bunyi sepakbola, tengah2 bisa jadi WWE, tinju, atau olahraga lain? 😀

      Bah, gak berpendirian 😀

      Like

    4. Makan’y Lord hrs sesegera mungkin menaikan diri’y,jgn yg lain mulu 😀

      Soal pertarungan mh gak usah di prediksi jg pasti kejadian..yg perlu di prediksi siapa juara’y krn yg udah beken blm tentu juara 😀

      Susah sih,krn suka semua’y..tp ttp aja yg terfavorit yg ingin paling saya dukung 😀

      Like

    5. Loh itu sih sesuka hati dia, gak boleh disuruh2 😀

      Juara kompetisi lokal itu ditentukan sama apa ya? Suap? Hit point pas baku pukul? Suporter anarkis? 😀

      Siapa? 😀

      Like

    6. Demi kebaikan rakyat,itu harus sesegara dilakukan 😀

      Yg jelas krn faktor uang,terlepas dr masalah suap atu yg lain’y..kn skrg 16 club ada yg mau mogok gara2 gak transparan kata’y..dah kyk angkutan aja mogok kalah saing 😀

      Gen 2 yg Kiichan sama mbak Maichun 😀

      Like

    7. Wah maksa, siap2 dikutuk 😀

      Yang bikin ketawa orang yang dulu juga “berperan” di kisruh sepakbola sekarang ikutan pilkada di provinsi ane 😀

      Oh. Udah gitu doang 😀

      Like

    8. Ini udah dikutuk,bnyk bini dan adek 😀

      Bagus donk,pilih aja dia biar bikin kisruh provinsi’y,entar demo ramai2 biar seru..tp siapa?NH bkn? 😀

      Iya udah gitu aja,emang apalagi? 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s