Sakamichi Series Best Song Award : The Result

Tidak terasa, sudah sebulan lebih, sejak diadakannya polling “Sakamichi Series Best Song Award“, pada saat polling dimulai, saya merasa ragu akan lancarnya award ini, dari masalah pemilihan kategori hingga penamaan nama kategori yang tepat. Dan puji Tuhan, tanpa disangka sangka, banyak yang menyempatkan waktunya untuk memberikan suara pada polling ini.

Dan marilah kita menuju kepada acara utama kita, yaitu pembacaan para pemenang, semoga para “Istri”, “Kakak”, “Adik” teman teman, bisa senang atas award ini.


The Song Which Considered The Worst

nogizaka46-2-dome-no-kisu-kara-mp4_000203203

Dari kategori yang pertama, sebuah kategori yang menurut saya agak ngehek, sebuah lagu adalah buah karya dari penciptanya, dan mereka membuatnya dengan sepenuh hati, dan dengan berat hati, berdasarkan pemilih, kategori ini jatuh kepada lagu 2-dome no Kiss Kara., lagu yang dibawakan oleh 4 orang member yang tergabung dalam Manatsu Respect Corps (Akimoto Manatsu, Sagara Iori, Suzuki Ayane, Watanabe Miria). Semoga ini bisa menjadi kritik yang positif untuk kedepannya.

Most Controversial Song

_000009009

Untuk kategori ini, awalnya ragu untuk mamasukannya, karena sifatnya abstrak dan parameternya pun saya tidak tau pasti, tetapi setelah dipikir pikir, akhirnya saya ikutkan juga, dan kategori ini jatuh kepada lagu utama di album pertama Keyaki Getsuyoubi no Asa Skirt wo Kirareta. Saya juga tidak kaget sebab, lagu ini mengangkat kejadian yang benar benar terjadi pada remaja putri di Jepang.

Best Lyrics

[1080p] MV Keyakizaka46 - Eccentric [suki48.web.id].mp4_000258258

Kategori selanjutnya, tercipta karena saya mengagumi sebuah lagu karena lirik liriknya mengandung sebuah arti dan bisa menjadi sebuah simbol (entah itu sebuah pergerakan, kritik sosial, ataupun kehidupan sosial remaja), dan lagu yang mendapa predikat lirik terbaik yakni c/w single ke 4 Keyakizaka, Eccentric lagu yang menjadi BGM dari sebuah drama yang berjudul Zankokuna Kyankakutachi, yang saya pahami, lagu ini menceritakan seseorang yang berusaha menjadi orang normal tetapi masih sering dikatakan aneh oleh teman sekitarnya.

Most Mellow Song

%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%b5%e3%83%a8%e3%83%8a%e3%83%a9%e3%81%ae%e6%84%8f%e5%91%b3%e3%80%8f-mp4_000316024

Sebuah lagu mempunya pengaruh yang sangat tinggi, entah membuatmu gembira atau bahkan sedih, perasaan itu bisa datang dari lirik maupun cerita dibaliknya, dan untuk kategori ini jatuh kepada Single terakhir Hashimoto Nanami, Sayonara no Imi sekaligus sebuah single perpisahan bagi dirinya.

Best Arrangement Song

KimiNogi

Sebuah aransemen sangat mendukung bagaimana sebuah lagu akan dirasakan, baik itu kita memahami liriknya maupun tidak, dan kategori diberikan kepada single ke 5 Nogizaka Kimi no na wa kibou, lagu yang pernah dibawakan oleh Watanabe Mayu dan Ikuta Erika di acara tahunan AKB48, Kouhaku Utagassen ini memang pantas mendapat penghargaan ini sebab diaransemen langsung oleh Sugiyama Katsuhiko (Seifuku no Mannequin, Yume no Kawa) dan Ariki Tatsuro (Aozora ga Chigau, Yume no Kawa).

Most Influental Song

_000213213

Sebuah inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan dari musik yang kita dengar sehari hari, inspirasi tersebut bisa posotif maupun negatif, dan kategori Most Influental Song ini diberikan kepada single pertama Keyaki, Silent Majority, lagu yang meledak pada awal release ini bagai sebagaian fans dianggap memiliki pengaruh besar bagi hidup mereka, baik di dunia nyata maupun maya.

Best Single

keyakizaka46silentmajoritypromo

Setiap single pasti memiliki ciri khas masing masing, ada yang menggambarka perpisahan, center baru, ataupun curahan hati para member, dan kategori ini jatuh kepada single pertama Keyaki, Silent Majority, ya tanpa perlu saya jelaskan kembali, single ini memiliki tempat yang istimewa di hati para penggemar.

Best Coupling Song

[1080p] MV Keyakizaka46 - Eccentric [suki48.web.id].mp4_000201201

Banyak lagu C/W sebuah single yang terkada lebih populer dan cenderung lebih baik daripada lagu utama dalam sebuah single, banyak contoh kasusnya, baik di 48Group maupun Sakamichi Series, dan jatuh kepada lagu Keyaki, Eccentric

Best Nogizaka’s Song

fyp-kunnogizaka46-10th-single-nandome-no-aozora-ka%ef%bc%9f1280x720-h-264-aac-mkv_000016475

Untuk kategori ke tigajatuh kepada single Nandome no Aozora Ka, Single yang dirilis pada tahun 2014 ini diaransemen langsung oleh Hyakkoku Hajime, yang juga menangani lagu Seifuku no Mannequin. Dan di single ini pula, Ikuta “The Pianist” Erika untuk yang pertama kalinya menjadi solo center, setelah sebelumnya hiatus karena fokus ke pendidikan.

Best Keyakizaka’s Song

silent-majority-type-d.jpg

Mari kita lanjut untuk kategori keduajatuh kepada single pertama keyaki, Silent Majority, bisa dibilang masterpiece dari group ini, dan saya secara pribadi kurang setuju bila kakak Techi (katanya The Chosen One) yang menjadi center di lagu ini.

Best Song

fyp-kunnogizaka46-10th-single-nandome-no-aozora-ka%ef%bc%9f1280x720-h-264-aac-mkv_000029488

Untuk kategori ini, sangatlah istimewa, karena kategori ini adalah yang tertinggi, baik segi lirik maupun aransemen, bahkan dari segi pengaruh, dan kategori ini jatuh kepada single ke 9 Nogizaka Nandome no Aozora ka, single yang dirilis pada tahun 2014 lalu ini, pada hari pertama terjual lebih dari 412.000 keping dan saya pribadi menilai single ini ada masterpiece dari Nogizaka, dan akan dikenang sepanjang sejarah musik Jepang.


Selamat untuk para pemenang, dan bagi teman teman yang lagu favoritnya belum muncul, masih ada tahun depan. Tahun ini MVP diberika kepada single pertama Keyaki, Silent Majority, yang memboyong 3 piala sekaligus, bahkan mengalahkan Sefuku no Manequin, yang bisa dibilang tonggak awal kejayaan Sakamichi Series.

Akhir kata, jangan teralu serius dengan artikel ini, jangan terlalu dijadikan sebuah acuan, tetapi award ini akan tetap berlanjut setiap tahun, dan bila ada rezeki lebih, tahun depan, piala dari award ini akan diserahkan langsung kepada member sakamichi yang bersangkutan, agar lebih berasa awardnya. Dan terakhir, saya mohon saran dan kritiknya agar award ini terselenggara lebih baik.


All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

29 Comments

  1. Welah dalah, lagu pilihan ane gk ada yg menang awards nya 😀
    Tpi setidaknya banggalah, lagu yg dicenteri oleh Ikukuh ❤ bisa menang 2 awards 🙂

    Like

    1. Makanya tahun depan ajak temen buat dukung lagu favorit 😂

      “Ikukuh” ?? Yakin doi mau dipanggil kayak gitu ?? Lol

      Like

    2. Iyalah, besok ajak pak RT, pak RW, warga sekampung buat ngedukung lagu pilihan ane

      Loh, gk usah diragukan lagi itu mah, sbenanrnya manggilnya “Umi” sih, Iku manggil ane “Abi” 😎

      Dari hasil diatas, anegk nyangka kimi no kibou dpt awards Best Arrangement 😀
      Dari berbgai mcam versi, ane suka kimi no kibou versi solo Iku 🙂

      Like

    3. Sbenanrnya kimi kibou bukan salah satu lagu nogi fav ane, cuma gra2 pas dengerin versi iku aja jd agak sedikit suka 😀

      Like

    4. Bukan, di bonus dvd single ke-7 nogi, iku ngecover lagu kimi kibou, iku kerjasma dgn sakuma masahide, slah satu produser trkenal di jepang, btw sakuma itu sepupu ayahnya iku dan dah mninggal 2014 lalu klo ane gk slah.

      Cri aja di yutub video nya, iku nyanyi smbil maen piano, sakumanya maen bass klo ane gk slah 😀

      Like

    5. ya, tadi sempet dengerin versi iku, bawaannya pengen meluk dia dari kejauhan

      semoga iku bisa mewarisi bakat pamannya, amin…

      Like

    6. Lagu Kimi Kibou yg ada di HP ane ya versi iku ini bukan versi Nogi 😀

      Amin, tpi kyknya enggk, pamnnya produser klo Iku lbih suka ke musical 😀

      Like

    7. Ntahlah, mungkin krn versi Iku lbih bisa dinikmati suara nyanyiannya + permainan pianonya ktimbang versi Nogi, dan juga mungkin pnilain bias turut andil 😀

      Oh gitu, aaaamiiinnn 🙂

      Like

    1. @Ganis:
      Knp ane yg jadi ngerepotin diri sndiri buat mreka? 😀

      ========================================

      @Mac:
      Keenakan mereka ntar trus jadi manja, ntar mreka gk tau pla kejamnya kehidupan ini 😀

      Like

    1. @mac kan waktu kemarin dia dah bilang “Tiap Muter Lagu2 Sakamichi ini pasti lagu yg pertama kali diputar,saya suka musik’y,lirik’y juga suka walaupun gak terlalu ngerti bahasa’y”

      Like

    2. @mac
      Pasti udah tahu lah alasan’y knp,selain yg disebutin gan ganis di atas😛

      @ganis
      Ya begitulah..tp selain yg disebutin,ada faktor yg lain’y,dan mimin mac tahu itu apa 😀

      Like

    1. Kalo ndak asyik, ya balik lagi dari mayoritas pemilih, masih ada tahun depan untuk merubahnya, makanya ajak teman seperjuangan untuk ikut ngevote, hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s