Sakamichi Review : Hiraishin

Setelah Sore Demo Aruiteiru, kini giliran coupling lain dari Kaze ni Fukaretemo rilis. Hiraishin, lagu yang disebut-sebut member lebih baik dari main single ini rilis kemarin, 17 Oktober.  Well, ini pertama kalinya aku mendengar lagunya, karena aku tidak lagi mengikuti preview.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk MV kali ini, Hiraishin. Judul yang bahkan untuk ukuran Keyaki, bisa dibilang exagerrated. Sedikit terlalu anime, setidaknya untukku. Apakah MV-nya sesuai untuk judul yang sepert ini? Check this out, but I warn you, this review is absolutely subjective.


Opening scene yang kurang lebih menggambarkan Hiraishin itu sendiri, sebuah tonggak di atas bukit -meski mungkin bukan literal- dan Tecchi yang tertidur di dekatnya. Rasanya deja vu? Lalu beralih ke scene yang sangat BIGBANG-like, Tecchi berjalan sendirian di tengah malam dengan hoodie. Atau untuk mudahnya, Majisuka Gakuen 1?

Tulisan yang ada di punggung itu pun menarik “See what u like, love what u see” tidak, ini bukan slogan serigala, tapi lebih ke storyline MV ini. Selanjutnya, dengan kabut pink yang aneh, scene beralih ke hutan. Kali ini aku tidak bisa menghitung jumlah member karena tidak ada full shot, jadi tidak bisa bilang apa ada yang kurang seperti Kaze.

Setelah di hutan, scene berpindah ke awal, dimana Tecchi ada di samping tonggak di atas bukit, dan dia terbangun. Scene lompat lagi ke hutan, dance scene full member. Atau harus kukatakan hanya 18 orang disini. Minus Tecchi, dan tetap, dua orang yang juga ada dan tiada di Kaze; Ue dan Zuumin.

Dance scene kali ini berpindah-pindah antara member dan Tecchi. Dengan dance yang akan kubahas belakangan, harus kukatakan tidak lebih baik atau lebih buruk dari pattern khas Keyaki selama ini. Jadi bisa dibilang “ya cuma gitu aja”, tidak ada unsur surprise atau semacamnya.

Setelah itu, dance masih berlanjut, kali ini pindah lokasi ke savana. Mau tak mau ingat pada Sayonara no Imi bukan? Cukup banyak dance di MV ini. Di beberapa bagian diselipkan bagian storyline, yang artinya Tecchi dimana-mana. Sejujurnya, bagian ini menarik, cuma masih ada sesuatu yang tidak pas.

Seperti kabut pink yang kembali muncul saat Tecchi ada di bibir danau. Urgh. Di bagian ini, member seperti menuju ke lokasi dimana Tecchi sudah ada di danau sebatas pinggang, dan tidak terlihat panik. Begitu sampai di Tecchi pun, dia tidak lagi ada di danau, melainkan di dataran basah.

Dengan kata lain, ini petunjuk kalau ada alternate timeline di MV ini, dan keseluruhan, sama dengan yang terjadi di MV-MV Keyaki sebelumnya. Masih ingat kan korelasi antar MV Keyaki? Ditambah lagi random scene saat Tecchi sudah ada di danau dan sebelum member datang, yang mana seperti terjadi di kepala Tecchi seorang.

Selanjutnya adalah dance sampai akhir MV. Disini, kita melihat bagaimana Za Cool menjadi tridente untuk Tecchi. Disini entah kenapa aku tidak bisa menghilangkan Eccentric sebagai prekuel atau sekuel dari Hiraishin. Terutama karena Mona menjadi partner Tecchi disini. MV diakhiri dengan solo shot Tecchi, seperti biasa.


Gj2flUZ

Scenery MV ini kemungkinan besar diambil di Shizuoka, karena bisa melihat gunung Fuji. Dengan kata lain, bisa jadi juga berada di sekitar lokasi Sayonara no Imi. Dan bagiku, lokasinya memang sama, karena ada bagian dimana rel kereta yang seperti masuk ke danau juga ditampilkan.

Sayangnya, scenery tidak dimanfaatkan secara penuh. Ya MV ini cukup eye candy, tapi karena ini Keyaki, maka fokusnya adalah di dance member, bukan panorama. Cukup disayangkan, apalagi storyline pun tidak begitu ditonjolkan disini. Well, kecuali jika enigma dihitung.

Untuk urusan dance, harus kukatakan Hiraishin menampilkan sesuatu yang berbeda. Sama dengan Kaze ni Fukaretemo, banyak dance yang di mataku cukup mirip dengan koreografi grup lain. Ada dance yang mengingatkan pada “tree of life”-nya EXO, atau CHOO CHOO TRAIN-nya EXILE.

Selain itu ada semi-circular dance di bagian saat mereka pindah lokasi dari hutan, lalu dance a la paskibra formasi -it’s been a while for me- di hutan, dan banyak lagi. Karena ini Keyaki, aku hanya bisa bilang melakukan dance yang somewhat absurd, enigmatic, weird, yet theatrical is a must.

Tidak harus diteliti atau diselami secara penuh, karena inti dari dance Keyaki menjurus ke teatrikal, jadi dinikmati saja. Aku malah menantikan bagaimana mereka akan membawakan lagu ini live, karena transisi antar scene terlihat sedikit aneh di MV ini, terutama saat berpindah lokasi.

Screentime, aku masih menemukan yang mengatakan Tecchisentrism masih over. Aku hanya bisa bilang “menurut lo?” Ini coupling senbatsu, membuat member selain Tecchi menjadi center hanya 30%, apalagi masih mengusung tema timeline, dengan kata lain berkaitan dengan MV lain yang dirilis Keyaki.

Secara keseluruhan, tidak ada keluhan -karena mengeluh terus tentang ini tidak ada gunanya- berarti dari distribusi screentime. Diatas aku menyinggung tentang Mona, dan melihat komentar di tempat lain, dia “mendapat” banyak screentime disini. Aku tidak melihat itu kecuali dia standout karena hoodie yang dipakainya.

Dan karena ada yang menyinggung tentang bagaimana Mona membantu Tecchi selama musim panas kemarin, aku hanya bisa menyimpulkan karena inilah Mona terlihat standout disini. Selain itu, tidak. Aku juga tidak menemukan Mona mendapat solo shot. Untuk member lain, well, kalian mau aku mengatakan apa?


欅坂46 『避雷針』.mp4_000192191.jpg
Scene ini yang membuatku berpikir tentang alternate timeline

Secara umum, apa yang mereka lakukan di MV ini tidaklah sebegitu out of the box, melainkan hanya, yah, seolah mengatakan ciri khas saja. Dance yang masih tetap, konsep yang masih sama, hanya mengandalkan tema alternate timeline yang masih mungkin akan diekspansi lebih jauh lagi.

Bagiku, Keyaki bermain-main dengan tema alternate timeline adalah topik yang menarik. For inner, scientifically me, hal ini malah membuatku ingin mempelajari fisika lebih dalam lagi -dalam artian fisika yang berkaitan dengan space & time tentu- bagaimana Keyaki mengemas hal ini dalam timeline MV rilisan mereka adalah sesuatu yang bernilai penuh untukku.

Banyak hal yang saling berkaitan. Aku sendiri melihat kaitan Hiraishin dengan Eccentric juga dengan lagu lain. Bagian dance terakhir sedikit mirip Kaze ni Fukaretemo, outfit yang sedikit mengingatkan pada Futari Saison dan Getsuyoubi. Jadi, aku menunggu dimana tempat MV ini dalam timeline Keyaki.

欅坂46 『避雷針』.mp4_000097096

Overall, pendapat finalku untuk MV Hiraishin adalah; it’s just another Keyaki MV. Tidak kurang, tidak lebih. Bumbu lain dari MV ini selain timeline adalah masih absennya duo chibi, dan sejauh ini setahuku tidak ada alasan resmi kenapa. They drawing for a bigger picture maybe? In alternate timeline…

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

77 Comments

  1. Hey man, mereka tumbuh semenjak mereka terbentuk menuju arah yang tidak kita duga, bahkan tanpa kita sadari mereka membuat sesatu yang sulit dimengerti dengan sekali lihat dan bahkan dengan wawasan paling luas sekalipun

    Ide itu datang dari mana, tetapi yang saya lihat di MV ini, cita rasa The Ravenant sangat terasa, dejavu ??

    Buat kita, perjuangan mereka untuk menghasilkan hal tersebut bukan hal mudah. Mungkin yang belum tahu, kesan bisa menipu untuk menutupi kekurangan yang ada, baik musik maupun koreo.

    Sumber: Podcast Awal Minggu by Adriano Qalbi dan Summer Wars by Mamoru Hosoda

    Like

    1. Trus menurut mac, apakah itu efisien dalam menekan pengeluaran dana ??

      Seperti yang dilakukan HKT dalam single ke 9 mereka Bagutte Iijan dimana single tersebut menjadi OST sebuah anime…

      Like

    2. Misalkan kita kesampingkan faktor kepopuleran member, misalkan management mengedepankan cerita di dalam group untuk mendongkrak kepopuleran sebuah MV, apakah itu masih mengandung resiko kedepannya, seperti fans bosan dengan cerita mereka…

      Nah satu lagi, yang seperti yang kita tahu, Nogizaka akan merilis album untuk under member mereka, apakah itu termasuk cara terbaru untuk mencari dana segar untuk keberlangsungan mereka ??

      Like

    3. Bisa aja kalau coupling, kaya OST Wonder Woman kemarin.

      Dibilang dana segar juga, paling bagus Under Album cuma dibawah 500K, jadi gak bisa dibilang gitu juga.

      Like

    4. Apakah memungkinkan jika Sakamichi Series mencari dana segar dari yang bukan ranah mereka, seperti membuat pertunjukan comedy/stand up comedy, tanpa embel embel popularitas member, misalkan memungkinkan, apakah itu tidak termasuk “maruk” ??

      Dan satu lagi, bila tiba tiba mereka merubah image mereka yang sudah mereka bangun selama ini, apakah hal tersebut bisa berimbas ke dalam masalah pencarian dana tersebut ??

      Like

  2. Serius, blum ada niatan lagi utk nonton yg kedua kali nih MV, meski dah baca ulasan, blum tergerak hati ini,
    jdi ane blum bisa komen soal MV nya sndiri. Mdah2an besok ane tergugah lagi buat bener2 nikmati nih MV 🙂

    Mudah2an MV AtM (klo rilisnya besok) bisa memberi ane stimulus (halah bahasanya gaya2an) yg positive trus berimab ane nonton algi nih MV 🙂

    Like

    1. Napa min? Ue lg ngambek ya? Pdahal kan msh dua lagi bini ente(pengakuan sepihak) ada di MV in? Ops maaf salah tulis inj buat om2 pemilik kost’an sebelah :p

      Like

    2. @Mac:
      Cieee ngambek, 😀

      Ok, ane dah liat nih MV smlam krena mrasa bersalah sma miminnya tpi ternyata miminnya dah kburu ngambek 😀
      Jadi ini MV dgn lirk dari kisah nyata lagi ya? Hmmm dan lagi2 terkait sama Techi. Ane liat ada grakan dance Fukyouwaon n Eccentric di grakan dance MV ini, Fukyouwaoun → Eccentric → Hiraishin 🙂

      Trus ini lirik dikaitin dgn summer lalu, klo “urusan internal group” gini di jadiin lagu berdampak bagus gk sih? klo kyk Wkeya-no uta oklah tpi klo inikan kyk sisi “gelap” seorng member *mikir apa sih ane ini, mencoa berpikir keras tp gk mampu 😀

      Soal MV ya OKlah, ane gk ada pnilain lebih dari MV ini, it’s just another Keyaki MV klo kata miminnya diatas, dance juga gitu, just another keyaki dance dengan theatrical nya 😀
      Soal screnntime, ane cuma bisa bilang, gak kaget dan dah biasa 😀

      N, Untung yg ditancepin di bukit itu tonggak, bukan palu 😀

      AtM, Aozora to MARRY lah 😀

      ==========================================

      @Fire:
      Nyamber aja gan 😀

      Like

    3. Fire
      Oh wow, sampe kaget ane, mikirnya kapan ane punya banyak bini? 😀

      conan
      Gimana ya, minta, dikasih, eh malah malesin. Indonesia banget 😀

      Kaya yang dibilang Vanquire dibawah, mungkin ini berkaitan sama musim panas kemarin, plus kabut pink.

      COcok2 aja, karena idol yang dark juga banyak. Dan lagi ini coupling, yang gak bakal meledak kecuali ada ledakan.

      MARRY dapet MV lagi toh? Ane gak terlalu ngikutin Keyaki kali ini soalnya banyak jadwal yang jadi berantakan. Ane juga bilang Aka gak usah ngasih info 😀

      Like

    4. Hahaha, tpi kan dikosan sbleha ane gk nuntut dgn kata #ditunggu, soalnya ane mles ngeiat MVnya kmarin jd gitulah, eh ente kburu ngambek 😀

      Ya, ane bca juga komen agan Vanquire td siang, bener juga, ane klo dah bebrau pink mikirnya ke tetangga sbelah aja gk kpikir klo kearah kejadian naas bbrp waktu lalu.

      Cuma klo MV n lirik lagunya ini ngejelasin soal Techi, apa gk bikin nih anak makin terbebani, di s48 aja pmbhsan lbih bnyak soal dia akhir2 ini.

      Iya, dapet lagi unit AtM disingle ini, lagu + MV, klo ane gk salah inget sih, 😀
      Miris x hdup ente, bnyak draft, trus jadwal brntakan lagi 😀
      “Ane juga bilang Aka gak usah ngaish info” <- terkesan negasin banget pak, takut diserang pke kalimat “kok gk tau, Aka gk ngaish tau ya?” ya? jd buru2 melakukan pertahanan diri dulu 😀

      Like

    5. Sama aja pak 😀

      Lah malah lari ke sebelah, kenapa? 😀

      At least udah liat Tecchi ketawa di variety kan 😀

      Sedia tameng sebelum kata2 berbalik 😎

      Like

    6. Apanya yg sama? 😀

      Ya soalnya yg ane tau pink itu ya klo gk Patrick-sensei ya ttangga sebelah 😀

      Mudah2an lanjut cerianya 😀

      😀

      Like

  3. Baru 2 kali nonton MVnya, dan ga nyadar atau lupa ada kabut pink. 😀

    Secara warna, ane suka. Tim produksinya ga pake terlalu banyak tone warna. Simple is best, kalo kata SG. 😀 Pemilihan seragam yg beda2, juga memberi sedikit kemudahan untuk membedakan member (kecuali baris belakang 😀 ). Terutama Mona ❤

    Storyline, ga terlalu tahu dan nangkep. Mungkin ada kaitannya dengan liriknya? Lighting rod, Tecchi jadi tiangnya yg menarik petir, simbolisasi member? Atau sebaliknya? Yg jelas membingungkan dan ane ga terlalu pusingin mikirinnya. 😀

    Dance, ga terlalu nyangkut. Mungkin karena baru 2 kali nonton, jadi lupa. Yg ane inget, sama seperti yg disebutin mimin diatas, gerakan mirip choo choo trainnya exile. 😀

    Yg buat ane komen di kandang serigala, kalo ini MV terburuk Keya adalah screentimenya. Ane bukan ga suka karena pembagian screentime yg fokus ke Tecchi. Dari dulu emang gitu, kan? Tapi, esensi MV ini sebagai MV dari grup Keya ga ada disini. MV ini seperti menampilkan 2 video, video Tecchi dan video pendukung/selipan dari members yg nari2 dan jalan2. Ini mungkin yg pertama di MV Keya, ada pemisahan jelas kayak gini. Sebelumnya ga ada kan? Ini seperti menegaskan, kalo Keyakizaka46 itu, grup yg terdiri dari Tecchi dan members. Ini juga seperti menegaskan, kalo ga bakalan ada yg bisa gantiin posisi Tecchi sekarang (semoga 6th ada revolusi). Jadi, kenapa ga sekalian dibikin aja, lagu ini buat solonya Tecchi, karena keliatan gitu di MVnya. 😀
    Satu lagi yg bikin minus point dari MV ini. Ga ada Ue ❤ 😆

    Ga tau nih, mnjmn kok seneng main peres. Sayang, kalo bakat2 lain di Keya berguguran, karena strategi kayak gini. Seperti ane bilang sebelumnya, Keya kuat secara grup. Tapi, individu mereka, lemah. 😀

    Like

    1. Muncul segitu banyak gak tahu? Nontonin apa sih? 😀

      Gak ngerasa kalau warna di MV ini terlalu surem? 😀

      Screentime, ya gitu deh. Ane udah males juga komen soal ini. Tapi karena ini masuk dalam kategori “MV ber-timeline” Keyaki, ane juga gak bisa banyak protes. Karena sejauh ini toh emang belum ada kandidat center lain. Kalau ngasih hint terang2an disini juga gimana gitu, meski banyak yang bilang menjurus ke Mona. 😀

      Lemah pake banget, Hiragana masih mendingan kayanya 😀

      Like

    2. Warna nya gelep bgt,,
      rasa sensai gloomy, suram” gmn gt

      apalagi scene pembuka, bbrp detik prtama.. gila bos gelep bgt
      itu gunung fuji yg di kelilingi cuaca super buruk..
      ya kyk techi yg di kelilingi aura” suram atau paling engga itu yg ane liat dr bbrp bulan lalu. kalo skrg sih fine” aja
      tp gap techi di variety sama di radio gede bgt ya udh kyk org yg brbeda wkwk

      eitt balik lagi ke mv
      prtama kali ntn hayooo psti ngeh langsung ‘mau di bkin kyk eccentric ke2 nih yg narik prhatian org krna tarin nya yg aneh’

      coba ntn lgi ada pas scene yg kyk mereka baris trus nari ke kiri ke kanan gt kyk robot nah ada scene pe-chan
      hehehe cantik bgt uyy
      mata nya belo bener” bagus

      ehh malah ke pe-chan skrng
      balik lg ke mv

      u lupa 1 hal min…
      itu jaket yg techi pake… MAHAL
      dah itu aja

      Like

    3. chris
      Kaya komen di bawah, mungkin juga ini efek “petir” yang dibawa 😀

      Ane sebenernya mau masukin solo shot Pechan pas dance, cuma gak afdol kalau dia doang. Padahal udah kebanyakan gambar di post ini 😀

      Iya, ane baca 2000 Yen lebih 😀

      Like

    4. Lah scene pertama aja udah bikin ga enak + udah baca kalo Ue ga ada, ya ga konsen deh ane. 😃

      Ane liat 2 kali di tablet. Mungkin karena itu ga terlalu suram dimata ane. 😀 Tapi, ane suka yg suram dan gelap gini. Adem dan hening. 😀

      Ga usah dibahas deh kalo soal ini. Itu sudah jadi ciri khasnya Kanji. 😀

      Entah salah push atau mnjmn ga ngasih kesempatan, ini buat bingung. Tapi ini masih 2 tahun, kan? Ashurin aja butuh 3 masuk ke 4 tahun buat jadi model, dari sebelumnya macam member kurang gizi. 😀
      Sentralisasi ke grup juga. Member terlalu terikat ke grup, jadi kurang bisa ngembangin diri. Tambah lagi, minimnya rivalitas.
      Tapi, kalo ane liat, emang penantang itu lebih memukau, secara individu. Karena ada nilai kerja keras disitu, yg bisa buat orang kagum. Kerja keras buat melampaui yg ditantang. Perbandingannya, Nogi dulu dengan AKB, dan sekarang H dengan K. Tmbah lagi, H membernya dikit, lebih mudah tereksposnya. 😀

      Like

    5. Wow banget alasannya 😀

      Kalau Fukyowaon? Kurang gelap gimana tuh? 😀

      Bedanya ya emang iklim rivalitas. Yang lain kayanya pasrah aja jadi backdancer. Yang punya probabilitas paling besar jadi pesaing center bawaannya kalem, ada yang hiatus, sibuk sama loveline, kacau 😀

      Like

    6. 😁

      Fukyouwaon masih ada langit birunya, kan? Ini surem dan mendung. 😀

      Di Doko105, ada segmen Misa, Hime, Kawago ngobrol soal Under. Mereka katanya pernah kebagian tugas megang bendera/kain buat nutupin Senbatsu yg akan tampil didepan fans. Macam staff aja! Ini mungkin yg bikin Senbatsu jadi berarti banget buat mereka. Jadi, mereka sampai nangis gitu pas masuk pertama kali Senbatsu. Anak Keya ga pernah ngalami itu, kan? 😂 Bebannya dan usaha yg dibutuhin beda, kalo hanya pindah baris.
      Mungkin mereka latihan keras agar grup tampil baik. Tapi, ga ada pemicu agar individu mereka bisa terlihat lebih dan masuk ke tingkat yg lebih baik (Senbatsu). Yg ane khawatirin, pada akhirnya, mereka akan terlalu bergantung pada grup. Jadi, pas grad, ga ada pegangan. Dan, ntar ujung2nya, belok. 😧

      Like

    7. Mungkin pas bikin MV ini mereka gak liat ramalan cuaca 😀

      Lupa episode yang mana, entar coba liat lagi 😀
      Kalau bahas sampe pasca-grad, jelas gak ada member yang punya pegangan sama sekali sampe sekarang. Mungkin cuma Neru, karena cukup sering keluar di kuis sampe menang. Yang lain? Grad=sayonara 😀

      Like

  4. haha setuju banget ane.. mungkin ini alasan ane agak kurang demen sama mvnya.. terlalu terpusat dimana yang lain hanya penari latar, nggk ada screen time yang memperkuat existensi mamber lain dan malah lebih memperkuat image techi is keya.. mona ? yah karena dia paling mudah dilihat, entah karena rambunya atau pakaiannya.. seandainya techi di beri kesempatan duet sama salah satu mamber mungkin akan lebih bagus,
    padahal pembagian screen time seperti di mv getsoyubi sudah sangat bagus banget, masing2 punya alur cerita sendiri…
    dan entah kenapa ane masih memiliki perasaan single ke 6 masih techi lagi centernya.. :v

    Like

    1. Lah dobel nih? Sama mau bales komen yang diatas ya? 😀

      Soal screentime, ane udah tulis diatas. Jadi yah, gimana ya, karena belum ada center selain Tecchi, dan konsep MV ini yang berkesinambungan sama yang lain, gak bisa bilang apa2 juga. Masih wajar aja. Soal Mona pun ane gak nemu dia standout di mananya. Kalau Getsuyoubi, karena itu jelas prekuel SiMa, makanya jelas ada pembagian storyline.

      6th? Ane gak mau berspekulasi dulu deh. 😀

      Like

    2. sekilas ada techi yang berjalan di trowongan perkotaan, jadi ane pikir mungkin masih ada hubungannya dengan smajo.. karakter yang kuat smajo ada berika, suzumon, zuumin, ama yupon.. ane kepikiran aja kenapa slh satu dari mereka tidak diberi kesempatan duet sama techi..

      Like

  5. Kalo aku sih gak suka waktu awalnya tim suzumon dan tim risa lagi jalan dengan gaya cool gimana gitu, terus tiba2 beralih mereka jalan PBB… -_-

    Like

    1. Wah ane sebagai mantan anak (yang doyan mantengin anak) paskibra sedikit tersinggung nih 😀

      Hahaha kobok2an, mungkin ini alasannya duo chibi gak ikut. Yang satu baru sembuh yang satu takut rematik 😀

      Like

  6. dua kata buat mv ini – Gelapnya Kebangetan-

    meskipun otona wa shinjite kurenai sama2 gelap, tapi yang ini bener2 parah gelapnya jadi ane skip2 aja nontonnya
    terlebih rap di lagunya malah bikin ‘jurang’ … ane udah enak2 denger lagunya di awal2 kemudian pas masuk ngerap jadi eeehhhh….?

    dance scene, seperti biasa dengan mv2 kanji sebelumnya.. bagus tapi tidak berkesan

    60/100 juga buat mv ini

    Like

    1. Emang sih, ane juga sempet ngatur brightness ke paling tinggi pas harung ngitung member, tapi tetep 😀

      Wah kalau lagu, pass dulu deh untuk alasan yang udah diketahui 😀

      Nilainya sama2 rendah nih, kalau buat Kaze?

      Like

    2. hahaha… sama ane juga… soalnya ane kira laptop ane bermasalah pas lihat mv ini
      udah full brightnessnya masih aja gelap dan ternyata emang mv nya yang gelapnya kebangetan

      iya udah deh entar aja ane komennya nunggu review lagu pas udah rilis semuanya

      kalau kaze sih ane bingung mau ngomentarin apa, storyline di mv nya ga bisa ane tangkep maksudnya… dance udah biasa khas takahiro for techi -eh maksudnya keya- kalau nilai dari ane cuma bisa 50/100 soalnya mv ini cuma didukung sama lagunya… bukan seperti biasa rilisan mv yang ngedukung lagunya

      Like

    3. Udah gitu ane masih harus pake nyari member siapa yang mana 😀

      Sipp 😀

      Malah lebih rendah 😀
      Kok banyak yang gak demen Kaze ya? Heran ane 😀

      Like

    4. Hahaha resiko nge-review itu

      okay

      entahlah, cuma kalau buat ane emang kaze ga se-epik mv2 keya yang lain, bahkan kalau dibandingkan sama sekai ni yang mv-nya bikin pusing karena efek drone ane prefer sekai ni daripada mv kaze ini

      Like

  7. lagunya bagus. setelah lagu side-a kemarin yang kurang nyantol di telinga, akhirnya bener kata member, lagu yang ini keren. kazefukarete bagus, tapi yang ini lebih asik (feel a little bit nogi + eccentric rap?).

    atmosphere mv nya keyaki-ish banget (gloomy? :D). ga begitu suka dengan asap pinknya. tapi mungkin aja ini representasi dari sesuatu (flare maybe?). Warna pink dipilih pasti bukan tanpa alasan, secara ini setnya hutan, pasti yang ada dipikiran orang-orang umum pertama kali pasti kabut, tapi di mv ini malah pake asap pink. masih nunggu breakdown teori-teori lain dari pakar mv :D. tapi secara keseluruhan keren sih mv nya. dance di becekan terus closingnya bener-bener keren. dan bener, scene pas techi berdiri sendiri terus ada genangan air ngingetin miss-s nogi di sayonara no imi (techi will disappear?). tapi ini ga bisa kita hubung-hubungin soalnya secara ini keyaki timeline.

    masalah screentime mah, udah gini gini aja dari dulu juga, image “techi’s and backdancer” belum hilang. bukan berarti ga suka techi. aura techi as center kuat banget, dan dari umurnya yang memang masih muda, dia jadi aset jangka panjang buat keyaki. tapi kasian aja nanti pas konser dia bakal center-in berapa lagu. member lain absen ga terlalu keliatan, tapi kalau techi yang absen, ga ada member lain yang bisa nutupin. tapi sebenarnya ini masalah klasik, just deal with it. satu yang bener-bener disayangin ya itu ga adanya ue ama zuumin. zuumin mungkin aja masih bisa stand-out karena ada solo song, tapi ue entah bakal gimana. dua mv senbatsu ga muncul-muncul ga tau lagi dah ._.

    Like

    1. Lagu ane pass dulu 😀

      …bener, flare. Duh ane kelupaan sama ini pas nulis soal Tecchi-Mona di akhir. Iya kalau gini bisa jadi ini visualisasi kejadian musim panas kemarin di MV. Kalau gini, berarti ini easter eggs yang bagus, tinggal nunggu dimana tempatnya ini MV di timeline.

      Yah, itu dia. Kalau disalty-in terus juga gak ada guna karena posisi Tecchi itu emang gak gampang digantiin. Itu pake acara gak mau dicoba manajemen juga, tapi disini ane bisa liat ada arah kesana.
      Soal Ue, yah, emang ini bikin harap2 cemas sih.

      Like

  8. MV gak lepas dr isi lagu… Petir dikenal “heaven punishment” ketika seseorang melakukan kesalahan atau memiliki kemampuan “heaven defying” sebagai test untuk kemampuan tersebut.
    1st. Apakah keyakizaka46 memiliki kemampuan melebihi “another idol group” ? Let’s see keyakizaka46 fight “The Heaven” and make new territory for an a idol group.
    2nd. Siapa yg dilindungi dan siapa yg melindungi? Lihat dr sudut yg beda dan akan terlihat bentuk yg berbeda.
    3rd. Angin, skr petir nanti mkn kayu, logam, air, tanah… Dan semua inI terjadi sebelum negara api menyerang. why so serious? 😀

    Like

      1. Sebenernya Keyaki bisa sejauh ini kan juga karena status+dukungan major
      2. Semua tergantung sudut pandang 😀
      3. Kalau pake konsep begitu, asik tuh, lima elemen dasar 😀

      Like

  9. Kaze lebih bagus lah drpd hiraishin…
    Keya masih bertahan dgn konsep dark x … kapan lagi keya bakalan nampilin lagu model futari…??
    Cz klo gelap2an trus…takutx techi kesurupan…
    Untuk urusan screentime yaa dah biasa sih…maklum blum da yang nandingin the genius-idol….a.k.a the almighty techi…

    Like

    1. Hmm kapan ya? Aslinya udah kan, yang rada2 ceria gitu, semua MV Hiragana 😀

      Ah, kalau buat ane sih, matahari Keyaki udah condong ke barat kok 😀

      Like

  10. Belum nonton MV-nya Keya, rilisnya pas orang lagi sibuk-sibuknya belajar mulu sih. Tapi dari review, kayaknya gak ada MV yang berkesan nih 😀

    Like

    1. Semesteran ya? 😀

      Hmm, soal berkesan enggak berkesan, ane masih harus nunggu MV lain dari single ini sebelum bisa bilang iya/enggaknya 😀

      Like

    2. Belum semesteran kok, tapi porsi belajar rodi nya ditambah nih, soalnya dituntut buat masuk kuliah di sana di sini sih 😀

      Total udah 3 MV ya. Dalam 1 single biasanya ada berapa MV?

      Like

    3. Akhirnya nonton MV maraton juga. Untuk Hiraishin 3,5 ⭐
      – Alurnya loncat-loncat buat nunjukin perbedaan ketika member nari bareng Techi dan ketika member nari tanpa Techi
      – tanpa Techi, dance member terasa kurang
      – ketika Techi sendirian tanpa member, dia keliatan menderita
      – jadi MV ini menggambarkan ikatan dan hubungan mereka
      – kalo kabut pink mungkin cuma personal taste si sutradara/director, bisa juga untuk menambah aura misterius, soalnya kabut pink kan bisa jadi kabut beracun

      Yah akhirnya Aozora to Marry rilis juga nih. Dibawa santai aja reviewnya 😀

      Like

    4. Kalau soal kabut pink, udah dibahas diatas, mungkin ada hubungan sama flare yang kena ke Tecchi di musim panas kemarin 😀

      Buat MARRY… komen di artikelnya aja entar ya 😀

      Like

  11. Tahun kedua idol group berdiri selalu ditandai 2 hal.

    Kecintaan fans-nya semakin besar. Begitu pula Fanatisme dan Ego-nya.
    Ekspektasi fans-nya semakin besar. Begitu pula suara-suara kecewa-nya.

    Coba diingat lagi, kita ngidol buat apa? 😀

    Like

  12. Jd lokasi’y sama seperti lokasi MV sayoimi ya?nanti saya coba teliti lokasi’y(kl gak males) 😀

    Terlalu gelap MV ini,sampai2 menemukan Satoshi sulit 😀
    walaupun saya suka tema kayak gini,tp entah knp kurang/gak cocok buat keya,mungkin krng sesuai sama musik’y..Necronomidol satu2’y yg cocok dgn tema MV gelap seperti ini 😀

    Judul coupling ini sama nama’y dgn jurus chidori yg dikembangkan sama murid saya 😀

    Like

    1. Males sih kayanya enggak, baper mungkin 😀

      Itu ane kasih gambar (yang ngasih tahu dimana) Satoshi di terakhir 😀

      Murid? Murid? 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s