Sakamichi Review : Namiuchigiwa wo Hashiranai ka

MV terakhir dari Kaze ni Fukaretemo akhirnya rilis pada 21 Oktober. Unit MARRY kembali muncul setelah terakhir lewat Wareta Smartphone di awal tahun. Sepertinya tahun ini memang ditargetkan menjadi tahunnya MARRY, dan harus kukatakan cukup berhasil.

Satu official model, satu ditambah PB, satu mulai mendirikan dinasti, dan yang dua menjadi pemimpin -de jure- Keyaki. Well, sayangnya, it didn’t goes as planned. Maksudku tidak berlaku baik untuk semua member, tambah lagi, MARRY tidak sepopuler Yuichanzou dari musik maupun image.

Tapi ini pembahasan untuk lain kali, sekarang, langsung saja kureview tentang MV-nya. Namiuchigiwa wo Hashiranai ka, check this out.


Opening scene di laut, yang entah mataku yang blur atau kenapa tapi aku melihat warna pink disini. Lalu beralih ke sudut pandang bird eye untuk member yang membentuk formasi melingkari dedaunan yang dibentuk bunga. Lalu aku tidak bisa tidak tertawa melihat Mona yang kembali hiperaktif di dance scene pertama.

Mereka menyisipkan sesuatu berkonsep instagramable disini. Dari Yuuka yang berbaring diatas kuda, MonaRisa yang duduk dalam daun hati, dan Pechan-Aka yang digambarkan sebagai twin angel. Sederhana, tapi menarik. Space putih di MV membuat kita fokus pada square, yang sekali lagi, instagramable.

Scene Pechan dan Mona yang duduk di tangga dan membuat hujan daun pada Risa mengingatkan pada sebuah kisah fairytale, hanya saja aku lupa apa tepatnya. Kemudian kembali lagi pada bagian instagram, Pechan dan Mona yang seolah kissing ditutupi daun mapel. It reminds me of 2005.

Saat scene 2Watanabe saling menggigit ujung daun, ini semakin mengingatkan akan hal itu. Kemudian salah satu scene yang paling kusukai di MV ini; MonAka di bathtub. Sebagai shipper untuk couple ini, scene langka seperti ini adalah hiburan tersendiri. Lalu beralih ke bagian paling kreatif dari MV ini.

Scene yang mirip video yang sering kita lihat di SNS dimana Mona dan Risa saling merekam satu sama lain dengan membuat daun menjadi seolah gaun. Bagiku, memasukkan scene yang mungkin familiar seperti ini adalah ide yang menarik. Being professional and personal both, nice touch.

Salah satu scene yang aku tidak terlalu paham adalah saat member seperti bermain menyampaikan pesan. Aka membentuk “anjing” dengan jarinya, lalu Mona meneruskannya ke Yuuka, dan kemudian Yuuka malah menyampaikan pose V pada Risa. Lalu Pechan pun membentuk huruf V. Apa arti dibalik ini?

Setelah itu seluruh daun di rumah mereka tertiup angin yang sekaligus menghapus semuanya, termasuk simbol sayap, hati, dan kuda yang terhapus, juga bunga yang dipakai saat opening. Dan kemudian, secara mendadak, scene berpindah ke pantai, mau tak mau aku jadi menggigil sendiri. Masuk ke laut di musim gugur? It’s gonna cold af.

Pemotongan yang dilakukan secara kasar ini menurutku agak aneh. Tidak hanya kasar dari editing, tapi juga dari konsep. Dari rumah a la fairytale yang terang ke pantai yang suram? Apa ini artinya ada waktu yang diloncati? Karena dari segi penampilan pun mereka berbeda dengan awal.

Mungkin apa yang ingin disampaikan adalah tidak bisa untuk selamanya hidup dalam impian, realita lebih, well, realistis. Di awal sampai pertengahan MV mereka digambarkan sebagai teenage/early 20’s, tapi di scene pantai lebih seperti mid-to-early 30’s. Well, otona-lah kata yang lebih tepat.


Dance yang ditampilkan disini simpel. Really simple. Bahkan jika kubandingkan dengan Wareta, Namiuchigiwa ini tampaknya lebih simpel. Dan setelah tiga MV di 5th single ini, aku bisa mengatakan dance untuk lagu ini really not my cup of tea. Aku sebenarnya ingin menulis lebih jauh, tapi, urgh…

Beralih ke screentime. Khas unit, maka untuk hal ini sama sekali bukan masalah. Jelas kalau Namiuchigiwa adalah MV terbaik untuk urusan distribusi screentime. Jelas, hanya 5 member, kalau bisa dibilang, ini sampai tumpah-tumpah. Sampai bisa memunculkan tema yang cukup sensitif.

Secara keseluruhan, MV ini berat di tema yuri. Aku sebenarnya ingin mengangkat artikel tentang ini tapi waktunya selalu terhalang. Jadi akan kubahas yang ada di MV ini saja. Well, diatas aku sudah menulis kalau ini mengingatkanku akan 2005, dan apa yang kumaksud, ini adalah tahun dimana Canada melegalkan same-sex marriage.

Singkatnya, sejak 2005, Canada menjadi negara terdepan untuk urusan ini, termasuk LGBT rights. Nah, kenapa Canada? Jawabannya tentu di scene Pechan dan Mona. Dan sejak tahun 2005, banyak yang berubah sejak hukum ditetapkan, bahkan dikatakan sedikit banyak menjadi over di tahun-tahun terakhir.

Nah, karena aku tidak sedang ingin membahas ini lebih jauh, apa yang ingin kukatakan MARRY mungkin hanya ingin menampilkan sisi lain dari yuri. Sesuatu yang masih ditekan di Jepang, against all odds. Dan sejujurnya, tahun depan, ada kemungkinan besar Jepang akan mengikuti jejak Taiwan sebelum 2020. This is for next time.

Aku sendiri tidak akan mendefinisikan diri sebagai homophobic atau mendukung Pride.  Dengan image Keyaki sebagai rebels, ini juga bentuk rebellion dari sudut lain. Still, take it this far is quite…serious. Kembali ke review MV, mengesampingkan tema, ini adalah MV yang cantik, meski tidak memberi impact yang tepat.


Overall, pendapat finalku untuk MV ini adalah, mungkin MARRY memang ditujukan untuk segmentasi tertentu saja, bukan selera tiap orang di fandom. Tema yang sendirinya sensitif pun tidak membantu. Dan MV kali ini bahkan menurutku lebih “kena” bagi fans Keyaki di Jepang yang juga banyak dari segi gadis sekolah.

Apa yang “kena” itu, silakan artikan sendiri.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

94 Comments

  1. Single utama judulnya “Kaze”
    Di setiap MV C/W song ada still shot air, ini maksudnya mereka mau buat gelombang baru “peridolan” Jepang apa gimana ??

    Like

  2. menggunakan lebih dari 46.000 daun musim gugur berwarna gold dan ruby
    daun-daun itu dibentuk menjadi pola-pola yang kreatif
    lalu member berpose bareng daun-daun
    endingnya member berjalan di pinggir pantai dengan pemandangan matahari terbenam di belakang mereka
    MV nya terasa feminim
    fan service 😐

    Rate 3,5 ⭐ deh, seharusnya mereka bikin wareta smartphone 2 aja 😀

    Like

    1. Coba bikin aja, yang nari-nari balet 😆

      Soalnya MV yang bikin ketawa lebih menarik buat ditonton dibanding MV yang serius 😆

      Like

    2. Haha, ditunggu 😀

      Wareta bikin ketawa, soalnya agak di luar nalar, out of the box ya istilahnya. Kalo Namiuchigiwa gak bikin ketawa sih, tapi tetap bagus kok.

      Sekarang tinggal nunggu single ke-6. Penasaran sama yang bakal terjadi, apalagi ditambah member gen2.

      Like

    3. Lah 😀

      Kirain bikin ketawa karena vokalnya 😀

      Hmmm, 6th single ya…. Gak mikir kejauhan dulu deh, fokus rilis artikel impresi member baru Hiragana aja 😀

      Like

  3. serigala serigala biasanya doyan yang yuri yuri kayak gini nih /_-

    lagunya asik, feel fall-nya kerasa (i feel a lil bit like nogi song). konsep mv nya keren, scene scene yang ditunjukin photogenic. hubungan antar member marry ditunjukin deket banget, bahkan bisa dibilang intim, lol. but im not a fan of somekind yuri stuff ._. maybe yes its related as you said. fall – maple – canada – lgbt (?)

    and for the story that i got from my perspective a lil bit same as you said, marry member live on dream world (fall), and then they wakeup (fall is over – leaf got blown by wind). After they wakeup they realized the winter is coming, the atmosphere become serious because this time to fight for kouhaku lol. and for the last scene when they stand on the beach its remind me of akb mv – greenflash.

    but atleast i like the song. this is the second song that i love so far after hiraishin. looking forward for the live perform.

    Like

    1. Tumbennya belum ada yang melolong 😀

      Well, let’s use the less offensive words; “pride” 🙂

      Not to describe the meaning of grown up then rather than changin’ seasons?

      Let’s waiting for the single first 😀

      Like

    2. mungkin bisa related juga dengan konsep grownup. youth rebel fantasy become gloomy adult reality (?). or adulthood (the wind) get rid of youthful fantasy (mapple leaf).

      btw di 46show tadi udah ditampilin goninbayashi sama zuumin solo. and after watch the performance, i think goninbayashi got better song than marry. and for zuumin solo, we cannot doubt zuumin voice.
      udah itu aja dulu, sisanya disimpan buat nanti komentar artikel song review. haha

      Like

  4. Berikaaa ❤

    Itu Mona sblum syuting MVnya kyknya ngoplos dulu, ceria x wak dia sampe bikin ane nyengir sndiri 😀

    “Aka membentuk “anjing” dengan jarinya, lalu Mona meneruskannya ke Yuuka, dan kemudian Yuuka malah menyampaikan pose V pada Risa. Lalu Pechan pun membentuk huruf V. Apa arti dibalik ini?” ,- klo di Babymetal, sebutannya kitsune pose ya klo gk salah? Si Mona pas si Aka kasih pesan juga ngebentuk V tnganya cuma pas nerusin ke Yuuka diubah jadi kitsune nah sedangkan si kapten gk ngelakuin hal yg sama, yg ane tngkap dari kejadian ini adl, kapten masih aja ponkotsu 😀

    Klo soal “bgtuan”, ane anggap adegan yuri yg ditmpilin di MV ini hanya skedar fan service, hal yg sama kyk yg dilakuin di Wareta, cuma levelnya dinaikin dikit 😀

    Like

    1. Kan, dibilang juga apa pasti isi komennya Pechan mulu 😀

      Mona udah mulai alkoholik kaya yang diprediksi Tsucchi 😀

      Seinget ane dari referensi yang pernah baca, pose ini biasa dipake buat mainan anak kecil, yang bentuk tangannya disenterin ke tembok itu loh.
      Kapan kapten2 Sakamichi bener sih 😀

      Fan service? Udah gitu doang? 😀

      Like

    2. Yaelah msak nyebut nama aja dpermsalahin 😀

      Atau jgn2 ngedrugs dia sprti kcurigaan yg diutarakan tsuchi 😀
      Nah makanya, adegan di MV ini mmpertegas keadaan itu 😀

      Ya soalnya klo isu bgtuan ane no comment (halah), AtM sejauh ini sprti sngja djadiin snjta fan service olh mnjmen di saat image keya yg cool, dark dsb

      Like

    3. Di sebelah bilang enggak soalnya 😀

      Tinggal nunggu dia tercyduk 😀
      ??????? 😀

      No comment karena pura2 gak tahu atau emang otak udah buntu? 😀

      Like

    4. Enggak itu maksudnya gk berlebihan, ini ka skedar nyebut nama + kasih lope2 😀

      Siap2 berduka para penduduk UKM klo itu terjadi 😀

      Solnya klo ane bhas soal itu, bisa2 isi komen ane cerama isinya *halah gaya2an 😀
      Nah makanya lbih baek ane mikirnya ini fan service aja, sama halnya kyk yg pernah di lakuin 48G bahkan Nogi, cuma klo mreka scr group klo Keya pake senjata pamungkas bernama AtM 😀

      Like

    5. Sama aja 😀

      Tinggal nunggu siapa yang meneruskan tahta 😀

      Kalau gitu ceramahlah entar di artikel soal ini, yang mungkin bulan depan rilisnya 😀

      Like

    6. Hhhh, diriku slah lagi brrti? TT

      Berisa, orng terkasihnya 😀

      Ah, enggaklah, ntar ane dapat undangan2 ceramah pula, ntar sapa yg jaga bini2 n adek2 ane 😀
      Ceraah, ohhh, ceramaaahhhh 😀

      Like

    7. Sok imut ah 😀

      “orang terkasih” wow 😀

      Iya, ane yang salah bilang ente ceramah aja. Yang ceramah kaya gini gimana pendengarnya 😀

      Like

    8. Syirik aja sma keimutan ane 😀

      Iya, berisa orng terkasih Mona kan 😀

      Nah itu tau 😀
      Untung ente sadar sma kesalahan fatal ente ini 😀

      Like

    9. Foto muda ente ya?

      Kurang M apa lagi, ente yg terlalu S kyknya 😀

      Pasti dunia cerminnya ada di bathtub nya shizuka 😀

      Like

    10. Gundu itu apa ya? klo berbau zaman dahulu tolong dijelasinsoanya ane gk tau 😀

      Curhat soal bapak kos sebelah 😀

      Emngnya ane ninja mesum 😀

      Like

    11. Oh terlalu advanced ya itu buat zaman ente? Jadi apa dong permainan pas ente kecil? 😀

      Hidup kok jadi bahan curhat mulu 😀

      Muridnya kan 😀

      Like

    12. Waktu ane kecil? PS, nitendo, dan game2 menggunakan teknologi laennya 😀

      Ntah, curhat yg miris lagi, gk pernha ada cerita bhagianya tuh orng 😀

      Ente x, ane mah ogah 😀

      Like

    13. “Soalnya siapa yang percaya masa kecil ente seadvanced itu”
      Cuma ENTE!
      Yg laen pda nerima kok kbenaran yg hakiki ini 😀

      😀

      Like

  5. Bingung mau komen apa. Baru 1,5 kali nonton MV ini. 😀
    Kalo warna pink, jgn2 itu warna tema mereka untuk 6th. Jadi, Keya yg lebih ceria, kawaii dan 48ish. 😀
    Ane kok punya pikiran aneh2 kalo liat my baby Mona ❤ disini. Terlalu imut! Terlalu manis! Terlalu cantik! 😀

    Perubahan warna disini apa simbolisasi perubahan mereka? Dari yg masih kayak anak2 ke wanita dewasa. Dan kalo bener, semoga lagu mereka ke depan juga lebih dewasa. 🙂

    Agak ga enak liat anting2 yg dipake member di scene akhir. Ga pas atau terlalu mencolok. Kalo pakai yg model sederhana mungkin lebih enak. 🙂

    Like

    1. Kemarin baru nonton dua kali, sekarang baru 1.5 kali, makin turun aja angkanya 😀
      Mona kayanya habis kebanyakan minum 😀

      Perubahan warna? Dari terang jadi gelap itu maksudnya?

      Namanya juga fashion 😀

      Like

    2. Sekali lewat tablet, 0,5 kali lewat laptop, ga ane lanjutin karena bikin merinding. 😀

      Ya, scene awal sama akhir. Scene akhirnya mirip Green Flashnya Akb. 😀

      Daripada pusing, ane liat bibir dan kakinya Mona aja. 🙂

      Like

  6. Mnrut ane mv nya udah sempurna, ane g bakal bnyak komplen 😀
    Cma 1, ane pngen ganti lagunya dg ini

    And that would be a masterpiece for me 😀

    Ane rada kurg setuju soal yuri dan lgbt meski temanya sama. Tp bg ane yuri itu lbih ke perbuatan (fan service) dan lgbt lbih ke pergerakan/komunitas. Jepang bs nerima yuri/shoujo ai/yaoi/shonen ai tp g bs trima soal lgbt. Ane bukan trmasuk org yg pro ataupun kontra, ane hnya menikmati fan service dan chemistry yg ada tp itupun hnya trbatas yuri aja. Klo yaoi ane pass deh, bikin makan hati 😀

    Single ke 5 keyaki kli ini ckup mngangkat tema itu,qt tau ndiri lagu utama dibuat image “butch”. Bnyak fans “mendadak ghey” gra2 techi ganteng 😀

    Like

    1. Kalau ganti lagu ini, emang bisa mereka nyanyiin? 😀

      Nah ini dia anehnya Jepang kan, dibungkus dikit aja penerimaannya bisa beda banget 😀

      Sayangnya gak ada cerita yang normal2 aja 😀

      Like

  7. Lagunya ane suka. Mvnya ane suka. Alasan utamanya risa screentimenya banyak. Tema mvnya ane suka. Udah itu doang 😀

    Di keyashow pe banyak banget salah dancenya. Untung cakep. Risa di awal juga salah. Sebenarnya sih ini salah ane juga. Pas mereka syuting ane ada di depan jadi agak gak fokus risa jadinya 😀

    Like

    1. Kenapa saat ane gk niat komen malah ke kirim? Pas udah nulis panjang malah gak? Kenapa?!

      Liat aja min. Aneh pas AtM perform centernya tiga orang, pertama Yukka, terus Pe, terus di mau akhir Risa eh diganti Yuka lagi. Aneh.

      Dan ane lupa bilang itu ss yg Aka BAHAYA 😀

      Like

  8. konsep mv nya yang daun2 itu bagus banget
    sayang ada hal yang bikin ane ga suka seperti disinggung sama agan admin terutama adegan chuu-chuu nya
    –meskipun ga nempel tapi buat ane jadi gagal nikmatin mvnya keseluruhan–
    ditambah pemandangan di pantai itu jadi tabrakan dengan dengan adegan indoor nya

    dance no comment, ane liat di 46show juga kesannya biasa aja… dan ternyata adegan chuu-chuu di mv dibawain live juga o_o jadinya ane skip aja

    seifuku, 11 12 sama fuusen kah? keliatannya cuma aka aja yang keliatan beda

    ane kasih nilai 75/100

    Like

    1. Wah kalau sampe nempel sih bahaya itu. Delusi semakin menggila 😀

      Belum nonton 46show 😀

      Fuusen? Fuusen wa Ikiteiru?

      Paling tinggi nih nilainya 😀

      Like

  9. wkwkwk iyalah pasti kalau beneran nempel 😀

    tonton dong min, di youtube udah banyak banget kok… btw lagunya goninbayashi sama solo zuumin lebih enak dari lagu unit marry ini, sama hiraishin juga di bawahnya (selera ane)

    iya, agak2 mirip potongan bajunya… kecuali aka

    lumayan lah , ane demen mv ini karena yang daun2 itu… bagus banget… seandainya ga ada adegan chuu-chuu nya itu ane kasih 90… dan mv ini ga bikin sakit mata kayak hiraishin yang gelap, kaze ni fukarete mo yang ga jelas konsepnya, sore demo yang dance nya masih acak2an

    Like

    1. Banyak yang baper 😀

      Barusan sedot, tapi belum nonton juga. Entaran deh, soalnya SR terakhir juga kalau enggak besok ya lusa 😀

      Maksudnya yang pas baju putihnya Fuusen?

      Hahaha, bukan karena bias sama seseorang kan tapi? 😀

      Like

    2. yang baper serigala bukan ya 😀

      sedot mulu kalau ga ditonton menuhin HDD aja 😀

      iya baju putihnya fuusen

      ane ga bias karena seseorang di mv ini karena adek2 ane ga ada di unit ini, meskipun visualnya memang tipe2 ane terutama capcen 😀

      Like

    3. Baper karena laper 😀

      Habis gimana, gak disedot entar sehari dua hari udah keburu dihapus 😀

      Bah, pertama bilang gak bias, di ujung kalimat ngakuin doyan kuda. Eh doyan kapten 😀

      Like

    4. curhat 😀

      hahaha, cuma pengandaian tipe visual kok gan… bukan bias ke capcen nya apalagi kudanya 😀 lagian ane udah punya adek yang imut (kage-chan ❤ ) 😀 entar disangka serigala lagi

      Like

    5. Engga deh makasih

      takutnya nyolong punya orang kan ga enak, ane pengen damai aja dengan 5 anggota keluarga ane sekarang
      Yuttan ❤
      Renachi ❤
      Hazuki ❤
      Kage ❤
      Nao ❤

      Kalau yang mau nyolong Katoshi ane pasrah aja dah, tapi kalau berlima ini digangguin berarti agan/sis minta dikirimin tabung gas ke perutnya (Evil_Smile)

      Like

    6. duh kok apes banget ya diserigalain mulu

      ya udah lah, make it feel happy aja… yang jelas cinta ane ke mereka akan tetep utuh meskipun banyak godaan dari serigala

      Like

    7. May Got 😀 bahaya dong kalau ane yang diserigalain -TMT- wkwkwk

      gatau mau mampir gatau engga, takut tekena virus delusi serigala liar 😀

      Like

  10. Akaaaaa❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    #dah gitu aja😆

    Like

  11. Ada yg bilang ada yuri2an,benarkah?
    Soal’y sampai saat ini belum nonton MV ini 😀
    Gak ada pegangan alasan utama blm nonton 😀

    Like

    1. Maaf2 aja,kalo urusan kuota melimpah dannunlimited 😎
      Kl Goninbayashi mh pasti di no.1 kan 😀

      Like

    2. Dih gak tahu dia,di konoha segala ada,si boruto tuh sehari2’y maen game online mulu..yg gak ada cuma NAV sama NGV 😀

      Like

    3. Kalau soal ilmu dan jurus2 mereka tdk perlu diajari,yg perlu diajara kpda mereka adalah cara saling menyayangi,kedamaian akan terwujud kl saling menyayangi sesama 😀

      Like

    4. Gak mungkin itu,dan gak boleh..kl yg kerja itupun krn kemauan mereka,membantu orang yg disayang’y (dibaca:kakashi) 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s