Sakamichi Review : Kaze ni Fukarete Mo

5th single Keyaki, Kaze ni Fukaretemo akhirnya dirilis kemarin, 25 Oktober 2017. Karena satu dan lain hal maka baru hari ini aku bisa merilis reviewnya. Nah, 5th single ini jelas ada di posisi penting sebagai single penutup tahun, dan harus kukatakan, ini adalah rilisan yang solid. Kenapa? Check the review.


Covers Coverage

Seperti biasa, cover dibagi 5. Type A tetap menjadi hak prerogatif Tecchi. Kali ini tidak ada patokan per row untuk member siapa di type berapa. Baik Type B maupun Type C bersetting di semacam gudang. Sementara untuk Type D diluar bangunan bergaya klasik, apalagi dengan member yang memakai suits.

Terakhir untuk Reguler, dengan member paling banyak, dan setting yang lebih bergaya dibanding yang lain, maka ini adalah cover terbaik versiku. Secara keseluruhan, cover kali ini tidak terlalu mengesankan, dan juga tidak bisa dibilang jelek. So-so lah.

Tidak adanya Hiragana di cover menunjukkan kalau eksistensi mereka masih dibatasi untuk saat ini, meski hype seiring masuknya member baru juga besar.


Tracklist

風に吹かれても Kaze ni Fukaretemo

Copy of 欅坂46 『風に吹かれても』_Full-HD.mp4_000137137
MV Review Here

Well, sebagai main single, aroma funk dari lagu ini jelas enak untuk kuping. Secara keseluruhan jauh lebih upbeat dari rilisan lain Keyaki tahun ini, bisa dikatakan membawa nafas Futari Saison dengan musik yang berbeda. It’s just perfect, well, jelas untuk ini subyektif, tentu.

Dari segi vokal, well, aku menganggap bagian chorus adalah yang terbaik dari mayoritas lagu Keyaki. Beberapa kali aku bisa mendengar vokal yang terkesan un-Keyaki-like dan setelah melihat live, harus kukatakan member meningkatkan kemampuan vokal mereka dengan baik.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

それでも歩いてる Soredemo Aruiteru

1080 - Hiragana Keyaki -Sore Demo Arui Teru [suki48.web.id].MKV_000086086
MV Review Here

Lagu baru Hiragana dengan aura folk yang kental. My style. Well, susah bagiku untuk tidak bias menilai lagu ini. Membawa nuansa yang berbeda dari lagu lain di single ini, remind membuatku ingat akan musik dari Bob Dylan. Well, bukan Bob Dylan wa Kaesenai tentu, lagu ini jelas setingkat diatas lagu Yuichanzou itu. Vokal sebelas member Hiragana terdengar cukup baik.

Mungkin pengaruh dari vokal tebal centernya juga. Petikan gitar akustik yang dominan juga membuat lagu ini semakin enak dinikmati. Sedikit mengingatkanku pada Shibuya Blues. Sedikit keluhanku secara subyektif, aku jadi kurang suka saat instrumen lain masuk di lagu ini. Yah, mungkin kecil, karena aku prefer jika full akustik sampai akhir.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

結局、じゃあねしか言えない Kekkyoku, Jaa ne Shika Ienai

Lagu baru Goninbayashi ini menonjolkan bagian vokal falseto. Atau hanya perasaanku saja dan sekedar hanya menaikkan kunci nadanya setingkat. Yang pasti, mereka bermain dengan vokal yang lebih tinggi dari biasanya. Mungkin karena lagunya juga sedikit ceria jadi mau tak mau harus seperti ini.

Sayangnya, lagu seperti ini mudah untuk backfired. Dari sependengaranku, jelas kalau teknologi berperan disini. Aku seperti tidak mengenali kalau ini adalah lagu Keyaki, dan lagi di beberapa bagian jelas sekali kalau masih ada suara “mencicit” meski aku yakin pelakunya berbeda dengan saat Fukyouwaon.

Lagu yang jatuh di segmen lebih bright seperti ini jelas enak, hanya saja dengan banyaknya teknologi yang terlibat, jadi membuatku tidak bisa terlalu menikmatinya. Kurang raw dan generik idol. Eventhough, the song itself is quite easy listening. Not as good as previous one, only quite decent.

Rate : ⭐⭐⭐

NO WAR in the future

「週刊プレイボーイ No.45」 けやき坂46 1、2期生初完全名鑑ReStart! 08

Lagu baru kedua untuk Hiragana ini jatuh di sisi lebih raw, dan aku harus bilang ini bagus. Tidak terlalu computerized seperti beberapa lagu di single ini. Masih dengan beat EDM yang khas, hanya dengan tempo yang sedikit lambat. Hal ini membuatku sedikit penasaran dengan bagaimana lagu ini akan dibawakan live.

Kenapa? Karena jelas ini berbeda dengan Getsuyoubi misalnya, beat yang dihadirkan cenderung datar, tapi dengan musik yang sebenarnya asyik untuk goyang. Well, secara keseluruhan, lagu ini enak didengar. Memang tidak mengeksplor vokal member, tapi bisa dibilang cukuplah.

Secara keseluruhan, menurutku lagu ini yang paling baik dari harmonisasi vokal. Tidak ada yang terlalu menonjol baik dalam artian baik maupun buruk. Dan jika melihat line-up lagu ini untuk 20 member Hiragana, aku jadi punya harapan semakin besar di tahun depan.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

避雷針 Hiraishin

欅坂46 『避雷針』.mp4_000180179
MV Review Here

Piano yang kuat sebagai intro sebelum beat EDM mulai masuk. Khas lagu Sakamichi akhir-akhir ini. Juga khas Keyaki, fast talking yang dilanjut dengan rap, dan tempo yang cepat dari awal sampai akhir. Well, sebenarnya tidak ada yang salah dari lagu ini, bahkan aku bisa mengatakan ini lagu bagus.

Meski yah, tentu saja selalu ada argumen “membosankan” dan “datar”. Aku tidak akan membantah, karena jika didengarkan, mirip-mirip Eccentric juga. Hanya saja lagu ini menonjolkan vokal member yang terkesan lebih rough dari biasanya, apa ya, lebih banyak part untuk member falseto. Sayang aku tidak bisa mengatakan vokal siapa yang mana lebih jelas.

Rate : ⭐⭐⭐

波打ち際を走らないか? Namiuchigiwa wo Hashiranai ka?

Aozora to MARRY - Namiuchigiwa wo Hashiranai ka- (Keyakizaka46) - YouTube.MP4_000017017
MV Review Here

Lagu baru MARRY ini harus diakui lebih bagus dari 3 lagu terdahulu mereka. Kalau bisa kukatakan, lagu ini khas christmas carol. Winter themed song. Rasanya familiar dan well, sekali lagi, teknologi. Like, are you fu*king kidding me? Where the heck is MARRY here? It’s all computerized.

Ya, vokal ngos-ngosan mereka masih terdengar di beberapa bagian, tapi secara keseluruhan, tidak. Mungkin mereka berkembang? Oke, aku tidak akan menjawab pertanyaan naif seperti ini. Well, mungkin manajemen melihat kritikan yang dialamatkan untuk lagu-lagu MARRY dan memutuskan untuk main aman.

Bagaimana dengan lagunya? Mengesalkannya, ini menjadi faktor yang berkata sebaliknya. Easy listening dan cenderung enak dibawa santai.

Rate : ⭐⭐⭐

再生する細胞 Saisei Suru Saibo

f1ba1bc2

Solo song Zuumin ini juga memutus rekor 100% Yuichanzou. Yah, sesekali mungkin lebih baik untuk Yuichanzou tidak diforsir. Nah, sebagai lagu kembalinya Zuumin ini, menurutku mereka tidak memberinya lagu yang benar-benar cocok dengan kapabilitas vokal Zuumin.

Jelas di beberapa bagian dia struggle dengan kunci nada yang terlalu tinggi. Pertamanya kupikir hanya perasaanku saja, tapi melihat live di 46SHOW, mau tak mau aku melihat dia kurang cocok dengan lagu ini. Well, it by no means she can’t pull it off, but it was bit lack. There’s better option, I presume.

Rate : ⭐⭐⭐


Seifuku

小林由依 & 原田葵 × AKB新聞 2017年10月号 裏表紙

Seifuku baru Keyaki bertema lebih militeristik. Dan kali ini, untuk pertama kalinya, seifuku untuk period tidak digunakan di MV. Bagus sih, jadi tidak terlalu terfokus pada seifuku militer ini saat melihat MV dan sebaliknya. Karena tahu sendiri, Kaze ni Fukaretemo sudah perfect dengan suits.

Motif tartan kembali digunakan. Tetap dengan warna dasar hijau dan aksen yang lebih tua. Warna putih di ujung lengan dan kerah menjadi sentuhan yang menurutku agak terlalu mencolok. Aksen belt di dada yang menyambung ke bahu membuatnya tetap terlihat militer-futuristik.

Seperti biasa, ada perbedaan antara seifuku untuk Kanji dan Hiragana. Perbedaan yang minim, yaitu ada di aksen garis dimana Kanji menggunakan warna merah dan Hiragana warna hijau. Selebihnya, tidak ada perbedaan lagi. Dan setahuku, tidak ada perbedaan juga antara member Kanji, karena biasanya ada sedikit pembeda.


Conclusion

Sebagai single penutup tahun yang berperan besar untuk kans muncul di Kohaku dan kelanjutan karir di tahun depan, Kaze ni Fukaretemo jelas material yang cukup kuat. Dilihat dari sisi general, jelas Kaze ni Fukaretemo sebagai lagu yang lebih ceria dan upbeat akan lebih mudah diterima umum.

Membicarakan konteks Kohaku, lagu ini jelas lebih layak broadcast secara nasional. Fukyouwaon bagus, tapi terlalu dark, sementara Getsuyoubi teatrikal, tapi sekali lagi materinya cukup provokatif. Well, sebenarnya memang terlalu cepat membicarakan Kohaku di titik ini sih.

Secara sales, Kaze ni Fukaretemo juga mencatatkan angka 483K, masih mempertahankan tren menanjak Keyaki. Dari sini saja sudah terlihat bagaimana cerita 5th single ini akan berakhir. Dari segi HS pun tidak ada perubahan, justru 6th single yang akan berperan banyak seiring masuknya member baru kedalam game.

Overall, single kali ini jelas single yang kuat, ada di sisi lebih bagus untuk approach to general public. Dari segi musik juga berbeda, dance tetap membawa ciri khas Keyaki, aku bisa santai melihat mereka sampai akhir tahun, dan bersiap untuk melihat terawangan nasib mereka tahun depan.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

124 Comments

  1. aman dah ya. hahah

    tipe lagu buat single ini rata2 easy listening and grow on you. jujur perdana denger kazefuka sama no war in my opinion its meh. and then im listening over and over, and become addicted to those song, lol.
    khusus buat zuumin solo bagus suh tapi, i expect more. secara overall tetep keren sih. zuumin kurang lebih kaya ikuchan, nyanyi apa aja keren, hahah.

    kans buat kouhaku cukup aman dah kayaknya, the hype is not over yet.

    Like

    1. Aman, aman 😀

      Kalau dibilang grow on you, ane gak nemu yang begini sih soalnya dari awal kalau gak suka, ya langsung jelek impresinya 😀
      Buat lagu Zuumin, ya gitulah…ane udah nulis diatas.

      Aman, aman (2) 😀

      Like

  2. Buat single ke 5 keya ini peringkat 1-7 nya versi ane
    1. No WAR in the Future -> 90/100
    lebih enak didenger berkali2 dibanding main singlenya… dan setuju enak buat goyang 😀 rap nya juga di kuping lebih pas dibanding hiraishin, minusnya ga ada mv… ane juga nunggu lagu ini dibawain live nya… bakalan jadi hit song hiragana keyaki kalau ditunjang dance yang pas apalagi modelnya flashmob

    Saisei suru saibo -> 85/100
    Aransemen lagunya bagus, meskipun kata agan admin vokalnya kurang cocok dengan nadanya… dan ini solo song sakamichi series yang baru masuk list hp ane setelah tsuribori nya nanase
    Kaze ni Fukarete mo -> 80/100
    Sama kayak No WAR nya hiragana keyaki, easy listening dan enak buat goyang juga… cuma ane kurang suka dengan teriakan “that’s way” yang terlalu keseringan sehingga bikin kuping agak sakit… coba aja sebagian “that’s way” nya diganti dengan tepuk tangan 2x lebih asyik
    Sore Demo Aruiteru -> 75/100
    Lagu yang bukan sekali denger langsung jatuh hati, tapi ketika denger berulang2 jadi bikin ane suka sama lagu ini… minjem kata komen agan diatas, lagu yang “grow on you”
    Kekkyoku Jaa ne Shika Ienai -> 70/100
    Pertama kali denger dan liat di 46show, perasaan ini lagu ada rasa noginya… enak didenger tapi ya sama kayak agan admin… lagunya terlalu umum buat ukuran idol dan jatuhnya biasa aja
    Namiuchigiwa wo Hashiranai ka? -> 70/100
    Sama seperti kekkyoku, tipikal lagunya umum buat ukuran idol… minusnya buat ane, lagunya kurang standout dibanding kekkyoku yang masih bisa ane puter berulang2
    Hiraishin -> 70/100
    Khas keyaki tentunya, yang buat ane naruh lagu ini di peringkat paling bawah meskipun nilainya sama dengan 2 lagu diatas adalah karena rap nya… ane pernah komen di review mv tentang rap nya ini karena buat ane emang pas masuk bagian rap membentuk “jurang” dari bagian awal lagunya yang ane bisa bilang standar bagus buat ukuran keyaki…. dari “jurang” bagian rap kemudian dinaikkan lagi standarnya pas masuk reff… entah apa maksud rap di lagu ini hanya menyesuaikan dengan aransemen lagunya atau gimana…. yang jelas ini lagu bagus tapi sayang banget diancurin sama rap nya

    ini penilaian subjektif dari ane ya, kalau ada yang mau nyanggah monggo.. selera masing2 kan beda2 ya
    thanks agan admin udah update review lagunya

    Like

    1. Wah detail nih soal lagunya, keliatan udah gak sabar pengen nulis opini dari kemarin2 😀

      Tapi nilai paling rendahnya 70 ya, masih bagus dong overall? 😀

      Nomor peringkat? Ane coba liat di dashboard admin juga gak ada nomernya tuh gan?

      Like

    2. hahaha iya nih, ane pegel nahan jari dari kemarin2 buat komen soal lagunya 😀

      lumayan lah buat ukuran single penutup tahun

      oh, mungkin format kalau mau komen tentang peringkat nanti ga akan pake nomer lagi… soalnya udah 2 kali nomor di komennya ilang sama kayak review itsuka kemarin

      Like

    3. Gimana lagi, soalnya ane gak bisa nilai lagu dari MV 😀

      Jadi, aman gak nih buat kans Kohaku? 😀

      Pake “-” aja kalau gitu, atau alfabet.

      Like

    4. Iya ane paham kok gan 😀

      kurang tau juga ya kalau buat kans ke kohaku, tapi ane berharap keya sama kakaknya diundang lagi tahun ini

      next artikel nanti ane coba deh gan 😀

      Like

    5. Sebelum ane ngasih rating, mau nanya dulu tapi,
      kalau yang dibawain ke kohaku itu main song rilisan single setiap artis di akhir tahun atau gimana ya?

      Kalau iya, kans ke kohaku buat nogi nyentuh 90%, apalagi dengan main song single 19 yg jadi theme song asahinagu
      Kalau buat keyaki, ane cuma bisa prediksi sampai 70%, gatau kenapa kayaknya kalau bawain main song single ke 5 kurang wah aja… kalau keya mau bawain getsuyoubi atau fukyouwaon kayaknya 85% bisa tampil di kohaku

      Like

    6. Enggak harus, biasanya sih lagu paling ikonik dari grup. Cuma biasanya dipilih yang paling mungkin dari rilisan tahun itu.

      Nogi kemungkinan malah bawain Nigemizu kalau buat ane di Kohaku.
      Getsuyoubi menang di teatrikal, Fukyouwaon rada terlalu dark kalau buat Kohaku sih. Jadi ane milih Kaze.

      Like

    7. oh gitu toh, ane baru tau sih 😀

      kalau gitu peluang buat adek kakak 46 ini tampil di kohaku udah diatas 90% an menurut ane… soalnya ane juga nanya ke temen yang di jepang sekarang hype 46G udah lebih besar dibanding hype nya 48G

      Like

  3. Lagu MARRY itu tipe ane banget. Tipikal lagu yang kita bawa ceria bisa, bawa sedih juga bisa. Jadi lagu ini favorit ane di single kali ini 🙂

    Lagu kedua yang ane suka yang no war. Bagus lagunya.

    Selainnya biasa aja menurut ane.

    Covernya jelas ane suka yang ada Risa ❤❤❤❤❤

    Seifukunya jelas ane suka yang Risa pakai ❤❤❤❤❤❤❤

    Like

    1. Kalau gak bias, lagunya MARRY paling bagus menurut ane. Kalau bias, ya lagu lain gak ada apa-apanya dibanding lagu MARRY 😀 Ane serius loh ane sukanya lagu kayak gitu. Tipe lagu nogi. Makanya waktu denger lagu ini ane jadi sadar kalau mereka (anak keya gen 1) audisi keya karena mereka mau masuk group yang seperti nogi. Karena meski mereka sister group, sebelumnya ane gak bisa bayangin anak keya perform lagu nogi selain seifuku no manekin. Dan sekarang, bisa kalau salah satu member MARRY jadi centernya. Jadi, masih ada kemungkinan keya ganti image dan lepas dari tecchi. Tapi, tetap aja masih lama.

      Ane mau diskusi nih min. Sekarang anak sakamichi udah gak ragu buka-bukaan di majalah. Di group banyak yang share foto member yang bajunya kurang bahan, bahkan maiyang ❤ pakai bikini, meski katanya itu cuma sisa pbnya. Nah kesannya anak sakamichi udah gak “pure” lagi. Menurut mimin itu gimana? Ane sih gak suka ya. Apalagi anak hiragana udah pakai image seksi. Jadi, apa bedanya mereka dengan yang lain? Kemana image “idol tak tersentuh” yang dulu? Mungkin emang karena anak nogi terutama udah dewasa jadi sisi liarnya muncul gara-gara terlalu lama sendiri. Tapi tetap aja. Ane gak suka.

      Like

  4. Cover suka yang B dan D

    Lagu hampir merata ,sebatas ‘lumayan’

    Gak heran sih naiknya cuma sedikit,materi lagunya lumayan bagus semuanya,tapi ya itu,sekedar bagus,gak ada ledakan,,,

    Di keya,siapa yang punya kualitas vokal diatas rata2?

    Optimis menuju kouhaku,semoga tidak ada scandal yang menghalangi tampil nantinya,dan pengen nya keya bawa gimmick apa gitu,gak sekedar nyanyi biasa

    ,
    ,
    ,
    ,
    ,
    ,
    ,
    Aka❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    Like

  5. Kaze ni Fukaretemo ⭐⭐⭐
    SAmpe sekrng nih lagu gk nyantol sama kuping ane, ntah dimana salahnya, pdahal bukan type EDM sangat kyk Fukyouwaon, Fukyouwaon yg EDM yg biasanya gk bersahabat sama ane aja bisa ane terima, tpi lagu ini, dah brp x denger tetep aja gk nyantol 😀

    Soredemo Aruiteru ⭐⭐⭐ 1/2
    Setuja mengingatkn sama Shibuya Blues, adanai akustikan dari awal sampai akhir, dan MV nya ane lebih suka klo pake MV di dramanya, pas member bermain2 di pinggiran pantai, lebih pas aja kelihatannya ketimbang MV yg sbenarnya 😀

    Kekkyoku, Jaa ne Shika Ienai ⭐⭐⭐⭐
    Kaget sama penilaian ente min, bagi ane, ini lagu pnyelamata disingle x ini. suka suara unik masing2 member, aransemen lagunya khas lagu sang kakak. Pas liat di Keyashow dah suka, n pas dengerin lagi lagunya makin suka. Logi terfavorit ane disingle ini

    NO WAR in the future ⭐⭐⭐ 1/2
    Suasana lagu ini semcam suasana lagu gen-3 nogi , maksudnya ada suara sorak sorai “hei” ny 😀
    Gitar nya masih kental jadi ane suka meski ada EDm nya jg.

    Hiraishin ⭐⭐⭐
    Sama kyk Kaze, blum bisa nyantol sama kuping ane, pdahal permainan bassnya asik kyk lagu waka gundan tpi gk bisa narik perhatian ane 😀

    Namiuchigiwa wo Hashiranai ka? ⭐⭐⭐
    Lebih suka Wareta Sumaho, udah gitu aja 😀

    Saisei Suru Saibo ⭐⭐⭐ 1/2
    Dari segi aransmen lagu suka, dari segi vokal, OKlah

    Cover
    Segi coolnya dapet, Sukalah sama covernya.

    Kostum dinas
    “Dan setahuku, tidak ada perbedaan juga antara member Kanji, karena biasanya ada sedikit pembeda.” <- tradisi kelas berdasarkan umur masih ada ane rasa, liat aja gambar yg ente pake min, kostum dinas Yuipon sama Akanen ada bagian yg beda kan?

    Like

    1. Bah, bilang aja karena faktor Ue, alasan aja 😀

      MV Drama Soredemo? Yang mana? Yang buat Re:Mind?

      Suara unik? LOL 😀

      Setdah, lagu yang ada MV semuanya gak ada yang doyan kecuali satu 😀

      Apaan? Kerahnya?

      Like

    2. Ane bsa jamin bukan gra2 gk ada UE, soal gk ada UE ane dah mengikhlaskannya, emng blm ngeklop aja sma tuh lagu, ntah knp 😀

      Iya, dri drma re:mind, pasti ente gk tau gra2 gk ngikutin tuh drama kan? Maleslah klo gtu ane bhas pnjang lebar 😀

      Kdang suara unik lbih bsa ane nikmatin loh ktimbang suara bagus 😀
      Lagian mnurut ane gk terlalu dipoles teknologi amat suara mmber, ane masih bisa ngenalin mna suara nijika, mna suara habu dst, dan suara unik mreka pas aja sma lagunya, pnilaian ane berubah, bkan 4 bintang lagi, tpi 4,9 bintang 😀

      Hahaha, iya, faktor MV gk bnyak mmbantu pnilain di single x ini 😀

      Iya, kerahnya

      Like

    3. Entah kenapa? Karena gak ikutan di MV kali 😀

      Cari episodenya ribet, kebanyakan versi. Baru download yang episode 1 doang 😀

      Iya ya, kaya suara mencicit seseorang gitu? 😀
      Yakin masih bisa ngenalin? Atau ini kata2 yang keluar setelah liat 46SHOW? Ane juga bisa kalau gitu 😀

      Jangan2 satu lagu yang suka karena ada MV-nya itu, faktor terselubung? 😀

      Gak terlalu keliatan tapi.

      Like

    4. Dengan berat hati saya ucapkan saya setuju dengan pendapat Conan..Goninbayashi penyelamat buat saya di single ini..Satoshi❤❤❤

      Like

    5. Mac:
      Hadeh, pdahal dah dijelasin bukan gra2 faktor UE gk ada tp masih aja ngotot, boku wa iya dah 😀

      Ikutin versi sub yg tersedia aja, versi yg netflix, itu alsan ente aja sbenanrnya, pdahal emng gk ada kuota kan 😀

      Itu trus, suara Habu dah kyk ketua geng SG 😀
      Gra2 part solo awal di lagu ini, ane jd berharap Nijika sam Oda dpt lagu solo trus lagunya yg modelnya bginian, enak aja ditelinga ane 😀
      Asli masih bisa ngenalin ane, apalagi suara Habu 😀

      Suuzon trus hidup ente, gk capek? 😀

      Itu masih mendng, coba liat baju katarunara, perbedaannya cuma warna garis lurus tipis ditengah dekat barisan kancing baju, lebih gk kelihatan bedanya 😀
      Dan lmayan sering kok bedanya dibagian kerah

      Ninja Mesum:
      Duh mimpi apa ane ini sampe2 ninja mesum spendapat sama ane, petanda sial ini 😀
      Setidaknya penilaian ane murni, gk bias gra2 seorang member 😀

      Like

    6. @detective galau
      Sama,saya juga murni krn suka lagu dan musik’y,dtmbh kmrn lihat tampil,dance’y suka,apalagi yg pas reff..krn salah satu member,itu nilai tambah buat saya 😀
      Kl sependapat lg,jgn2 kita se…..pait pait 😀

      Like

    7. ninjamesum
      ciee akur 😀

      detektifpensiun
      Soalnya alasan ente meragukan 😀

      Bentar, emang udah ada sub?

      Oh ganti target? 😀
      Yah selera kuping beda2 😀

      Kan ada masa lalu tertinggal buat ente disitu 😀

      Baju coupling mah ane gak ngitung, jarang dipake ini 😀

      Like

    8. Tukang kompor
      Ane akur sama ninja mesum? itu pasti gra2 ane dibawah genjutsunya dia, klo enggak mana mungkin itu terjadi 😀

      Sub drama itu? Ya ada lah, eng, indo, tipis amat sih pergaualn ente 😀

      Nah kan, pdahal ini lagi bahs soal musik malah dibelokin kmn2 TT

      Masa ulah kompor ente maksudnya 😀

      Ya pkoe gitulah, biasanya maen di kerah bedanya 😀

      Pencuri yg takut Ikan
      Nyambar aja 😀

      Like

    9. detektif hopeless
      Genjutsunya aja dipertanyakan kok 😀

      Gak nemu dimana2, bagi dong 😀

      Emang dibelokin kemana? 😀

      Cih, mau bukti disebarkan? 😀

      maling gagal
      Mau ikutan? 😀

      Like

    10. Pkoknya klo ada hal2 yg aneh dari ane ttg tuh ninja, brrti ane kena genjutsunya 😀

      Yaelah, gk nyangka ane ternyta pergaulan ente terllau tpis dri perkiraan ane 😀
      cari di blog sakamichistation46

      Lah itu bawa2 masa lalu TT

      Bukti komporan ente? 😀

      Like

    11. Mesum jutsu kali, bukan genjutsu 😀

      Kan emang dari awal gak minat ngikutin 😀

      TT TT mulu, mau dibahas juga? 😀

      Sama bukti khilafnya ente 😀

      Like

    12. Yah apapun namanya, pkoknya pasti ane kena jutsu dia 😀

      Nah kan, makanya ane mals kmarin memperjlas soal dramanya, males ngebhas sma orng yg males trus pake beralsan lagi pdhal emng pergaulannya tipis 😀

      Masih pake ditanya algi disaat dah dikasih “TT” bgtu TT

      Bukti khilaf gra2 komporan ente TT

      Like

    13. Kalau kena mesum jutsu, udah “diapa2in” dong ente 😀

      Iye dah, percaya, ente anak gaul zaman now, alias generasi micin 😀

      Ooooh 😀

      Habis manis sepah dibuang 😀

      Like

    14. Setidaknya itu bukti ane tidak hnya mempesona bagi kaum hawa 😎
      Tpi klo kena jutsu itu pasti gk ngaruh ke ane, ada penangkalnya 😀

      Micin disalahin 😀

      Ooooh oooh ooh pula

      Blum smpet nyicipin manis nya kok 😀

      Like

    15. “mempesona” cih mau ngeludahin aja ogah jadinya 😀

      Tuh kan generasi pembela micin 😀

      Lagu baru mereka keluar tuh, butuh direview gak? 😀

      Belum sempat? Oh jadi harus naik review nih biar kesempatan 😀

      Like

    16. Ente algi gak numpang curhat kan? 😀

      Yaiyalah, yg hancur generasinya, yg disalahin micinnya 😀

      Lagu sapa?

      Ente bhas apa sih sbenanrnya? kok jadi bahas review???

      Like

    17. Jd ente lgi curhat toh, trus ente yg curhat, ente jg yg mules? 😀

      Pnduduk ngri sberang sring gitusih, mreka yg slaha, trus nyalahi2n hal yg laen 😀

      Klo bhas sesuatu yg GAK ane IKUTIN, yg jlas dong 😀 😀 😀

      Like

    18. Krena kbnykan mkan micin? 😀

      Nah satu lagi ciri pnduduk ngeri sberang, gk prnah “kacaan” 😀

      Oh besok, ok, ane tunggu sejelas apa gambarnya 😀

      Like

    19. Bener, makan micin=baca komen “mempesona” ente 😀

      Karena kaca udah terlalu mainstream, sekarang pake selfie 😀

      Mau berapa banyak? 😀

      Like

    20. Efek syirik ente ke ane itu 😀

      Selfie pake 3310 pasti 😀

      Gk mesti bnyak, dikit tpi berkualitas lbih baek 😀

      Like

    21. Ayolah, ngaku saja! 😀

      Ane gk pernah selfie, ane kan pake cermin kebohongan mulu 😀

      Sabar 😀

      Like

    22. Klo ane sih pesta di gedongan, hotel2 bintang 5 gitu, ente dilapangan ya? pesta amakn rumput? 😀

      !@#$%^&*()_+}|”?<>?:{}|++()&%$%**()_

      Like

  6. Kaze 4/5
    Keya di setiap rilisan main singlex selalu ngasih sesuatu yang beda..itu yg sangat perlu diapresiasi…memang patokan lagu yg berkualitas bukan selalu lagu yg ear-catchy untuk mayoritas orang…..well secara subjektif aq sependapat dengan penulis..klo lagu ini enak di kuping…dan termasuk style q…dan merupakan the best song in this single

    Soredemo 3/5
    Lagu yang terlalu tinggi levelnya buat hiragana menurutq….karena model lagu blues seperti ini membutuhkan vokal yang kuat buat eksekusi lagu…dan aq harus jujur gg bisa menikmati lagunya…

    Kekkyoku 4/5
    Style musik seperti inilah yang aq dambakan akan dibawakan keya selanjutnya untuk jeda ato rehat dari konsep dark dan powerful yang selalu melekat di keya….dan jujur…lagu ini termasuk second best dari top3 setelah kaze…

    No war 3.5/4
    Klo mau jujur lgu ini lebih nyantol di kuping daripada soredemo….coz edm always my fave…..

    Hiraishin 3.5/4
    Paling suka pas part “mu kanshin wa mikata da” dan the best part adalah rap setelah chorus…bagian positif dan negatif juga lumayan nge-hook di kepala….

    Namiuchigawa 3.5/4
    Cuman maw bilang klo lagunya lebih bagus drpda sebelum2nya….you know…the best thing in this unit is just because of their visual….palagi da berika…hehehe

    Seisei suru saibo 3.5/4
    Sori gg bisa ngasih 4…padahal suaranya ok bgt…pa karena lagunya ya…sayang banget vokal yg oke buat zuumin lagunya menurutq terlalu biasa….tapi vokal yang biasa dan malah cenderung annoying kayak neru malah dapet lagu yg menurutq bgus banget….karena sampai saat ini lagu solo terbagus di keya mnrutq masih “matta aate kudasai”

    Cover…keren lah ….bisa nampilin konsep singlenya yg cool…dan masih kagum sama techi karena dia selalu tampil dengan look yang sesuai dengan konsepx…

    Seifuku…no comment lah…dari dulu sakamichi seragamx selalu bergaya konservatif…dan aq selalu kebingungan buat ngomen… soalx terlalu plain…hahaha
    But they slay the suit costume….

    Like

    1. Loh kok nilainya ada yang /5 sama /4?

      Wah kalau diliat hampir semua lagu nilainya tinggi nih, “aman” dong berarti untuk single ini? 😀

      Cuma kayanya pendapat ane soal Kekkyoku jadi loner kali ini 😀

      Lah, seifuku kali ini konservatif & plain? Kaya gini? 😀

      Like

    2. Maaf….apa aq lagi nglindur ngetik 5 jadi 4….kurang caffein buat begadang….hhahah

      Apa aq terlalu bias y….mangkanya nilaix tggi2…keya emang masih main aman soalx…

      Menurutq plain….entahlah keseringan liat seifuku rival yg selalu ombre2….hhha

      Like

    3. Hahaha, kata bang haji jangan suka begadang 😀

      Mungkin karena bias berbicara 😀

      Hmm, ane gak tahu jadi pass deh, gak merhatiin grup lain lagi 😀

      Like

  7. Terfavorite di single kali ini adalah Kekkyoku, Jaa ne Shika Ienai..selain faktor Satoshi❤❤❤,tentu saja krn jenis musik’y saya suka 😀
    Ditambah setelah lihat penampilan di Keyashow menambah rasa suka..
    Saya kasih 🌟🌟🌟🌟🌟 😀

    Untuk lagu yg lain’y,biar saya simpan sendiri aja,nilai’y gak ada yg lebih dari 🌟🌟🌟 😀

    Cover sedikit kecewa karena gak ngikutin Hiragana,kn gak ada Katoshi❤❤❤jadi’y 😀

    Seragam dinas,seperti yg udah pernah dibahas,selama gak rok pendek yg kl nungging pantat’y dadah2 kyk di video garpu2,saya mh ok2 aja 😀

    Penjualan naik berkat campaign’y para dedek2,dek nana-chan,dek juni-chan,dan dek jugo-chan 😀

    Like

    1. Yg gak biasa apa sih buat om jin? 😎

      Seperti yg sudah dikatakan,bkn gak hafal,tp pake panggilan sayang 😀

      Like

    2. Gak,kn mimin terlahir 5000th yg lalu,jd seumuran sama itu om 😀
      Ya,yg biasa?

      Yg sudah2?siapa?atau pengalaman? 😀

      Like

    3. Bilangin kenyataan,malah dikatain ngeles😑

      A.K?emang pernah atau suka nyerobot dia?😶 Kayak’y ngg’gak 😀

      Like

    4. Yang jelas komennya gak mbulet kaya ente 😀

      Contoh disebelah banyak, males bener ane share2 segala. Baca sendiri dan silakan muntah 😀

      Like

    5. Mbulet itu apaan? 😀

      Kl romantis mh gak mungkin muntah,yg ada bakal saya jadikan panutan 😀

      Like

    6. Itu mh pndpt mimin aja yg bnyk fikiran..hati2 stress,inget umur 😀

      Ogah,ngapain sama dia..kl disuruh jadian sama Ashu,sekarangpun siap 😀

      Like

    7. Jgn stress..saya kan bukan serigala😎

      Contoh yg baik dalam memulai suatu hubungan? 😀

      Like

    8. Dikatain mesum mh ok lah,kan laki,jd mesum dikit mh wajar,krn bisa bikin bergairah😎
      Kl dikatain romusha apalagi dimiripin sama penghuni kosan detektif mesum,gak saya terima🙊

      Delusi halal itu 😀

      Like

    9. Ckckck..disama2in sama detektif mesum skrg 😒

      Dikasih tahu bukti malah muntah..gak bpk kost disini,gak bpk kost sebelah,sama aja 😀

      Like

    10. Ngapain ngaku yg memang kebenaran’y gak seperti yg dituduhkan😎

      Itu mandor mh,cuma saya manfaatkan,bkn intel saya😀

      Like

    11. Ya sama aja kyk mimin,delusi romusha😎

      Kembar dalam berbagi kasih’y,gitu maksud’y?😀

      Like

    12. Ckckck..yg disebalah lagi,berbahaya kah dia?😀

      Mau belajar kamus bahasa yg bikin wanita2 meleleh? 😀

      Like

    13. Ketemu yg suka ngaku2in milik org,bisa bikin kesel ntar😀

      Saya kan gak kyk mimin yg O-San zaman Now😀

      Like

    14. Lho kpn saya ngaku2in punya orang?

      Disini bnyk’y generasi O-San kyk mimin,kl yg micin diluaran sana bnyk’y😀

      Like

    15. Ini pasti krn Ashu,pdhl kn cuma lg pdkt,bkn ngaku2in 😀

      Lho saya kan masih seumuran sama Satoshi❤^_^

      Like

  8. Lagu solo Imaizumi kok ane dengernya zoom-in gak nyaman nyanyiinnya, okelah di Lagu himawari karna dia habis sakit tp di Lagu ini kok gak senyaman di Yuichanzu.
    Di main single ane merasa ada 3 sub unit yg nyanyiinnya, Goninbayashi, 156, AtM dan lead vocal nya goninbayashi.
    Kalo AtM sampe skr blm denger lagunya tp nonton MV dan blm bosen :p
    Sedikit kaget dgn lagu goninbayashi, genre beda dgn yg diharapkan to tetap suka dgn karater vokal goninbayashi.

    Like

    1. Kaya ngos-ngosan gitu ya?

      Hmmmm, 3 unit ini aja bikin sepertiga jumlah member, ya iyalah kalau keliatan lebih banyak 😀

      Sekali lagi, pendapat ane soal lagu Goninbayashi jadi minority 😀

      Like

    2. Akhirnya…
      Udah denger semua track list type a.b.c.d dan re. Penasaran karena single ke 5 dijanjikan bakalan glamour.
      Perpaduan aransemen sebuah Orchestra dan seorang DJ.

      Kaze ni fukarete mo.
      funk music, antara uptown funk dan daft punk di aransemen oleh Orchestra dan DJ.

      Sore demo…
      Good song tp bukan fans Balada jd No Comment.

      Kekkyoku, Jaa ne Shika Ienai. Goninbayashi
      Beat cepat tp masih bisa dimbangi oleh member. Biola mendominasi di lagu ini dan di beberapa bagian terdengar suara hasil mixer DJ, merasa ada bayangan lagu futari saison di lagu ini to entahlah.

      No War in future
      Pure EDM (cma gak tau genrenya apa), lagunya hampir mirip dgn taiyou wa miaeguru hito wo erabanai “samba”… Brazil ama Jepang sama2 suka party. Carnaval dan matsuri (festival).

      Namiuchigiwa o Hashiranai ka?, Aozora to Marry.
      Suara mixer dan duet lead gitar dan gitar rhythm mendominasi dgn background keyboard.

      Hiraishin.
      EDM drum and bass, paduan bass electric ditambah duet piano dan keyboard. Cooling down tidak terlalu cepat.berasa musim gugur telah tiba.

      Saisei Suru Saibou, Imaizumi Yui
      Wah ini lagu… Sangat bagus aransemen nya.
      Diawal synthesizer dan piano gak lama cello, kemudia drum,bass electric, pemain biola sepertinya lebih dr satu, wah langsung kebayang gimana di iringi orchestra simfoni yg pemainnya lebih dr 100 plus seorang DJ.

      Lagu yg lain juga gak kebayang kalo di iringi orchestra simfoni… Glamour hampir, tinggal tunggu dibawain pas konser gimana. Konser nogizaka kemaren dicoba dibawain secara theatrical,
      beberapa lagu nogizaka di aransemen ulang until ini dan keyakizaka dibawain secara entertaining ( coba cari dan tonton dvd konser Michael Jackson, yah sangat2 menghibur), apa karna Aki-P membentuk IG baru dari avex, yg menjurus ke musikal theatrical?

      Gak Rugi…. Ha ha

      Like

    3. Overall pendapat agan bagus dong berarti untuk ini single?

      Kalau Nogi emang bukan pertama bawain lagu pake aransemen yang beda kan, cuma kalau Keyaki, dari konser2 selama ini kayanya masih terpaku di formula original song aja.
      Konser MJ? Udah khatam gan 😀

      Gak rugi? Beli yang asli kah? 😀

      Like

    4. Overall bagus ada point minus dan plusnya. Playing safety dgn EDM untuk mengamankan kohaku dan melalui MV AtM (kumpulan member dgn fansbase besar) to dibandingkan dgn 1st album kalah rame dalam Hal genre musik.

      Dlm hal ini nogi mencoba dgn aransemen baru yah biar gak bosen, okelah fans bilang tidak bosan tp yg nyanyiinnya? Sudah brp kali mereka nyanyi lagu diawal mereka debut. Mencari konsep konser yg bagus dan let’s have fun with fans.
      Sebaliknya keyaki ada berapa lagu yg harus mereka bawakan untuk Hari pertama, kedua? Jd konsep keyaki let’s have fun dimulai dr konser republic keyakiza interaksi dgn main air, summer tour juga antar fans berinteraksi sebelum konser dimulai dgn berteriak “oshi gw berika paling imut” dijawab oleh fans laen ” bukan oshi gw Akanen yg paling cantik” saling sahut begitulah seterus sampe overture dimulai. Entah kapan tradisi fans saling sahut dimulai

      MJ konser visual dpt, sound dpt 🙂

      Beli yang asli? Kata siapa? Maksudnya gak rugi download :p

      Like

    5. Aman berarti ya, aman 😀

      Ya intinya, Keyaki masih belum bisa kan pake konsep Nogi, masih terlalu terpaku sama konsep original.

      Halah, kirain. Ternyata masih setia jadi sahabat bumi 😀

      Like

  9. klau ane yang nyaman dengernya bisa berulang2 cuman lagunya zuumin, kaze, ama soredemo,
    zuumin soulnya berasa banget ketika dengar lagunya, kaze seperti yang ane bilang lagunya membawa nuansa baru di keya, dan soredemo musicnya adem2 gimana gitu, langsung ingat lagu “take me home country road”.. sisanya standar 2- 3 / 5, suka nggk benci nggk… dan seperti biasa ane masih paling benci suaranya akanen..

    Like

    1. yang suaranya seperti nyanyi sambil tutup hidung min.. nggk enak aja dengarnya.. yuka ama mona masih merasa adem, giliran aka, jadi agk gimana gitu dengernya.. sama seperti di nekononamae dan di wareta sumoho . entah itu terlalu berlebihan memakai efek suara, atau karakteristik suara aka emang gitu..

      Like

  10. paling suka lagunya zumikooo ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ #bias
    cuma emang nadanya agak ketinggian dari vocal rangenya dia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s