House of Hallowe’en

Setahun lalu, akibat hal yang cukup disayangkan, aku gagal merilis artikel ini. Sebelumnya aku menulis tentang pendapatku tentang Halloween, yang juga menyangkut hal kontroversial tahun lalu. Sure setiap orang boleh punya pendapat berbeda tentang festival tahunan ini, dan kali ini konsepnya beda.

Bagaimana jika member Sakamichi dikelompokkan ke dalam houses dari hantu-hantu terkenal sepanjang Halloween? 9 hantu paling terkenal dalam sejarah Halloween.


House of Zombies

Z-Tech_Zombie

Manusia yang telah mati dan dihidupkan kembali, tak memiliki kesadaran atau pikiran, dan hanya tertarik pada satu hal; daging segar manusia. Native dari Haiti, dimana mereka adalah korban dari voodoo. Lebih tepatnya, mereka diguna-guna agar mati suri dan hidup kembali untuk diperjualbelikan sebagai budak.

Kisah tentang perbudakan zombie ini masih ada sampai abad 20, dan tidak sedikit dari para zombie ini yang kembali sadar dari voodoo karena sihir yang mengikat mereka terlepas. Contoh paling terkenal adalah Clairvius Narcisse, yang menjadi perdebatan hingga saat ini.

Member di house ini adalah member yang cenderung tidak menonjol, karena sifat alami sebagai pengikut. Tapi jelas tidak selalu, yang lebih terlihat adalah mereka menonjol karena keadaan yang membuat begitu. Untungnya karena sifat dasar ini pula, mereka bisa mengontrol keadaan itu.

Kawago Hina, Saito Asuka, Hori Miona, Terada Ranze, Sakaguchi Tamami, Koike Minami, Nagasawa Nanako, Ushio Sarina, Hamagishi Hiyori


House of Vampires

2a10d0d5fbcb61f4db4459a4990cbf27--vampire-cartoon-vampire-bat

Lebih umum dikenal sebagai Count Dracula, atau Vlad the Impaler. Makhluk yang hidup dengan menghisap darah manusia bahkan hewan sekalipun. Bisa merubah wujud dari kelelawar atau kabut, memiliki kemampuan untuk memanipulasi pikiran korbannya. Kelemahan vampir antara lain cermin, bawang putih, salib, dan cahaya matahari.

Asal-usul vampire tidaklah jelas, meski kemungkinan besar digunakan sebagai simbologi dari kematian. Di abad pertengahan, pemburuan vampir banyak dilakukan di Eropa, setelah terjadi banyak kematian misterius yang sebenarnya diakibatkan oleh wabah penyakit.

Mereka di house ini adalah mereka yang memiliki kebiasaan aneh, nocturnal, but never argued with their strength. Sama seperti vampire, mereka cenderung aktif secara individu, tapi bukan berarti mereka tidak memiliki solidaritas.

Ikuta Erika,  Takayama Kazumi, Ito Junna, Iwamoto Renka, Umezawa Minami, Imaizumi Yui, Shida Manaka, Kakizaki Memi, Tomita Suzuka


House of Werewolves

cartoonwerewolf001col__a___by_bdtxiii

Jelas bukan spesies yang suka ngilerin member, tapi makhluk mitologi asli. Manusia yang dikutuk menjadi serigala tiap saat bulan purnama, sejarah werewolves ada sejak abad pertengahan. Dan sampai kini, 80% petani Rusia percaya akan werewolves. Saat bulan purnama, mereka bertransformasi dari manusia menjadi werewolves.

Untuk menjadi werewolves, syaratnya antara lain lahir sebagai anak ketujuh dengan ayah yang juga anak ketujuh, atau di tanggal 24 Desember. Dengan kekuatan diatas manusia, dan target makanan mereka, manusia bisa mengalahkan makhluk berbulu ini dengan panah perak atau peluru perak, satu-satunya kelemahan werewolf.

Sebagai werewolves, maka member yang ada di house ini memiliki kekuatan besar. Kekuatan sebagai persona idol maupun kekuatan di fandom. Cenderung diam dan tidak menarik sebelum berada di panggung, dan siap menggebrak saat kesempatan datang. Panah perak untuk mereka? Biasanya mengarah ke resitensi.

Kawamura Mahiro, Nishino Nanase, Ito Karin, Oozono Momoko, Suzumoto Miyu, Hirate Yurina, Sasaki Mirei, Kosaka Nao


House of Mummies

egyptian-mummy-cartoon

Pharaoh yang dipercaya akan menjadi Osiris kini dikenang sebagai mayat diawetkan yang dibalut linen, salah satu tokoh utama dalam kisah horor abad 20. The original zombies, karena mumifikasi sudah ada jauh sebelum zombie menjadi terkenal di Haiti. Konsepnya sama, mumi akan bangkit setelah kematian karena itu tubuh mereka harus diawetkan agar bisa bereinkarnasi.

Selama ribuan tahun mumifikasi ada sebagai bagian tak terpisahkan dari kebudayaan Mesir. Namun di berbagai belahan dunia, sebenarnya juga ada mumifikasi meski prosesnya tidak semengerikan bangsa Mesir. Di dunia modern, masih ada mumifikasi meski dengan proses berbeda, paling jelas adalah embalment seperti Vladimir Lenin.

Sebagai orang penting saat mati, dan setelah kematian menjadi lebih penting, member yang ada di house ini cenderung memiliki kedudukan istimewa sebagai member yang mendapat push cukup berlebih. Meski hasil akhirnya tidak selalu baik, posisi mereka cenderung masih under the radar bagi mayoritas fans.

Shiraishi Mai, Matsumura Sayuri, Yamashita Mizuki, Sugai Yuuka, Watanabe Rika, Nagahama Neru, Kato Shiho, Matsuda Konoka, Watanabe Miho


House of Witches

4755a04d90c04af0a745c6105b0fff9e

Termasuk di dalamnya Circe yang ditemui Ulysses dalam petualangannya dan Druid yang umum disalahpahami sebagai kaum yang mengetahui fungsi asli dari Stonehenge. Asal-usul kata witches adalah Wicca, yang dipercaya berasal dari Jerman. Sepanjang sejarah, perburuan penyihir tertulis dengan tinta merah.

Banyak teori konspirasi soal ini, termasuk pop culture yang banyak menggunakannya. Tapi yang jelas, keberadaan penyihir tidak bisa diabaikan begitu saja. Baru di akhir abad 20, image penyihir menjadi lebih modern lewat pop culture seperti Harry Potter dan Lord of The Rings.

Setelah penyihir menjadi lebih modern, stereotype akan nenek sihir juga hilang. Banyak karakter penyihir modern yang lebih flirty & bitchy. Mungkin karena asosiasi dengan setan, makanya penyihir lebih menggoda iman. Nah, dari sini saja sudah jelas kan siapa saja yang ada di house of witches?

Akimoto Manatsu, Eto Misa, Nakada Kana Higuchi Hina, Sagara Iori, Shinuchi Mai, Yoda Yuki, Yonetani Nanami, Watanabe Risa, Saito Kyoko, Miyata Manamo


House of Ghosts

5iRAaqxia

Sejarah tentang hantu sudah ada selama manusia memahami bahwa ada jiwa di dalam raga, dan kemana jiwa itu akan pergi setelah kematian. Beberapa mengatakan hantu adalah jejak jiwa yang tertinggal di bumi, atau tidak bisa pergi ke alam baka karena ada urusan yang belum terselesaikan, atau sekedar jalan-jalan ke bumi dari alam lain.

Beberapa hantu sanggup merasuki pikiran manusia, bahkan membimbing mereka ke kematian. Pop culture pun mengipasi kisah tentang hantu, meski sampai saat ini kita masih terbagi ke kelompok yang percaya dan skeptik akan keberadaan hantu di sekitar kita.

Sama seperti hantu, member di house ini cenderung tidak terlihat. Dalam artian keberadaan mereka seperti antara ada dan tiada. Yah, member-member yang masih hanya menjadi “penggembira” saja, karena secara performance ataupun variety masih kesulitan untuk “menampakkan” diri.

Saito Chiharu, Saito Yuri, Yamazaki Rena, Sato Kaede, Yoshida Ayano Christie, Uemura Rina, Sato Shiori, Takamoto Ayaka, Higashimura Mei, Kawata Hina


House of Pumpkins

drawn-pumpkin-jack-o-lantern-5

Jack-o-Lantern, simbol dari Halloween, si kepala labu dengan senyum mengerikan. Menurut cerita rakyat Irlandia mengatakan Jack adalah ‘jiwa yang ditolak masuk surga ataupun neraka’ akibat sebuah perjanjian agar tak masuk neraka yang dimenangkan dari iblis dan tak bisa masuk surga setelah mati setelah melalui hidup penuh dosa dan minuman.

Sejak saat itu Jack berkelana mencari tempat peristirahatan terakhirnya. Karena itulah, orang-orang mengukir Jack-o-Lantern untuk mengusir Jack dan jiwa-jiwa yang tersesat. Awalnya bukan labu yang digunakan untuk mengukir Jack-o-Lantern melainkan lobak, labu baru digunakan setelah Halloween populer di Amerika.

Sebagai simbol Halloween, maka mereka yang masuk di house ini adalah golongan member yang paling mudah dikenali fans, baik internal maupun eksternal. Wandering soul Jack juga menjadi karakter penting, dimana mereka seperti terlihat akan kesulitan begitu lepas dari Nogi, which is all members face.

Ito Marika, Inoue Sayuri, Wakatsuki Yumi, Watanabe Miria, Kubo Shiori, Habu Mizuho, Moriya Akane, Sasaki Kumi, Kanemura Miku


House of Frankensteins

Frankenstein-cartoon-images-clip-art

Monster ciptaan Victor Frankenstein, karya Mary Shelley lewat novel best seller pada abad 19 ini langsung menjadi teror mimpi buruk bagi dunia sejak saat itu. Literatur sci-fi pertama dalam sejarah karena mengisahkan lebih dari sekedar fantasi menjadi “pekerjaan di laboratorium”

Memberi kehidupan pada benda mati lewat eksperimen dan electricity, apa yang akan kau katakan jika kubilang eskperimen untuk membuat Frankenstein masih berjalan hingga saat ini? Ya, para ilmuwan berusaha menjadikan Frankenstein nyata untuk menyingkap sedikit rahasia kehidupan.

Karakteristik utama dari member di house ini adalah loner. Sama seperti Frankenstein yang kesepian, member yang terpilih disini cenderung lebih suka sendiri ketimbang beramai-ramai. Atau mereka yang struggle dengan eksistensi mereka di grup. Bisa dibilang mereka masih belum menemukan jati dirinya.

Nakamoto Himeka, Hoshino Minami, Suzuki Ayane, Sasaki Kotoko, Nakamura Reno, Ishimori Nijika, Kobayashi Yui, Kageyama Yuuka, Takase Mana, Nibu Akari


House of Goblins

24682744-Crazy-cartoon-troll-Stock-Vector-goblin

Mischievous, little Goblin menjadi karakter populer untuk Halloween terutama untuk trick or treat. Digambarkan sebagai makhluk dengan sihir sejenis fairy & demon, dengan karakteristik diantara keduanya. Goblin secara umum dilihat sebagai biang kekacauan.

Mereka juga bisa dikatakan sangat tertarik pada harta, dan karena ini sering digambarkan sebagai tokoh antagonis dalam literatur. Berada di house ini berarti member yang terpilih adalah mereka yang menjadi badut di grup, atau lebih mudahnya, variety member.

Sifat kekanak-kanakan juga menjadi karakteristik utama, terkadang “semau gue” dan lepas, karena itu cukup sering juga memancing anti. Mereka juga cenderung pesimis, dalam artian jika tindakan mereka backfired, mereka akan memikirkannya sebagai refleksi.

Ikoma Rina, Sakurai Reika, Noujo Ami, Wada Maaya, Kitano Hinako, Ito Riria, Mukai Hazuki, Ozeki Rika, Oda Nana, Saito Fuyuka, Harada Aoi, Iguchi Mao


Bagaimana, punya pendapat sendiri tentang pengelompokan member berdasarkan monster-monster paling terkenal di Halloween? Share your thoughts.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

90 Comments

  1. lah, manafi kesepian, kan udah ada “Kakak” mac yang dia jadiin “budak” kenapa bisa kesepian, lol

    yah, kakak Shiraishi Mai dibilang “Meski hasil akhirnya tidak selalu baik, posisi mereka cenderung masih under the radar bagi mayoritas fans.” lol

    padahal penjualan PBnya aja mencapai angka 100K, lol
    pantesnya sih di House of Wolf

    Like

    1. btw, di Keyaki, kalo mereka rilis PB secara gratis, tapi kualitas nomer wahid, siapa yang dapet yang terlaris ?? saya tebak pasti Manafi, secara, bidadari dari Surga, hhe

      faktornya apa aja tu, penasaran saya

      Like

  2. Gambar zombienya kyk sering anenliat di HP ane 😀

    Miona, Asuka msuk zombie ya, klo Miona kyknya lbih tepat sama bini ane yg satu lagi, Ikuta, di vampire.
    Atau gra2 Miona suka Resident evil makanya dimauskin ke rumah zombie? 😀

    Klo dari deskripsi vampire, ok, setuju utk Ikuchan 😀
    Klo vampire Haus darah, iku haus makanan + drama panggung 😀

    Wow, deskripsi werewolf dipositngan ini beda 180 drjat dgn deskripsi werewolf dikosan sbelah 😀
    Sayang gk ada bini2 n adek2 ane yg masuk dirumah ini mnurut miminnya TT

    Weh, Berika, Neru, Miho masuk satu rumah.
    Push cukup berlebihan ya? Berika kyknya gk kena push, cuma krena krakternya aja dia jadi menarik dan ngebuka jalan bagi dia, Klo Neru mungkin iya, klo Miho, blum tau, baru debut sih 😀

    UE dirumah casper
    Pait pait pait, penggembira dan pemanis ruang studio aja 😀

    Miria pumpkins
    Iyakah miria bkl mudah dikenal in n eks ? amin deh klo gitu

    Reno frankestein.
    Ya, reno lagi mencari jati dirinya di group, mudah2an nemu trus makin naek populeritasnya, makin laku HSnya, makin maju row di 3rd gen-nya 🙂

    Dan Riria goblins.
    Klo Riria bukan memancing anti, tpi mancing iler srigala, sampe ane sbg abngnya kewalahan 😀
    Klo Riria spertinya gk cenderung pesimis, tpi optimis

    Like

    1. 3310? 😀

      Sekali lagi, ini subyektif pak 😀

      Coba dibaca lagi itu deskripsinya, kenapa ane taruh Miona di zombies 😀

      Ciee, haus drama panggung, tumben ngaku 😀

      Ada yang gak terima ada yang dapet push, maunya apa coba 😀

      Miria bukan ke lebih terkenal, tapi wandering soul-nya yang bikin dia masuk House of Pumpkins 😀

      Riria di gambar atas gak keliatan kaya Riria 😀

      Kalau ente, di House pocong atau genderuwo? 😀

      Like

    2. Iya, klo algi maen game di HP 3310 ane, sering liat wujud zombie kyk gitu 😀

      Iya tau, maknya ane gk terllau protes sama isi postingan ini (gaya2an sok2 mau protes 😀 )

      Deskripsi zombie:
      cenderung tidak menonjol -> Miona mnonjol dgn krakternya
      karena sifat alami sebagai pengikut. -> Gk ngikut krkter idol yg idol, gesrek iya
      yang lebih terlihat adalah mereka menonjol karena keadaan yang membuat begitu -> pasti dari sini nentuinnya 😀

      Mau gmn lagi, dah pasrah, gmn juga sbg pendamping hidup Iku yg baik ane harus mensupport karir + nya dia meski dibalik itu ane sakit 😎

      Kok gak nerima, buktinya ane akuin klo Neru dipush, cuma klo Berika dri awal dia udah menarik sih, buktinya pas HS pertma Keya, dia peringkat pertma. krakter + pnampilannya dah mendukung, mnjemen tinggal manfaatin 😀

      Oh kirain gra faktor lebih terkenal, ternyata bukan ya, kok jadi miris ane mengetahui Miria dinilai bukan gra2 itu 😀

      “Riria di gambar atas gak keliatan kaya Riria” <- Masih kok klo dimata ane, mlah Kawago yg kyk klihtan Nanase + Renokarno 😀

      Ente x tuh, klo ane vote Frankenstein, krna ane gk terlalu suka suasana yg ramai, hiruk pikuk 😎

      Like

    3. Pas mainin tuh hp terus ngaca ya? 😀

      Boku wa iya dah kalau ente artiin begitu 😀

      Sok kuat, udah makan garam batu ya? 😀

      Boku wa iya dah, mau bahas Lord President panjang2 juga buat apa 😀

      Miris aja, kaya selama ini belum miris aja 😀

      Atau mata ente yang mulai kepincut sama Kawago? 😀

      Ane sih di House of Mouse 😀

      Like

    4. Ente kyk gitu ya? 😀

      That’s the way *apaan 😀

      That the way (2) 😀

      Thats the way (3) 😀

      Yg jelas gk smiris ente 😀

      Emngnya ane si agan Brokoli 😀

      Boku wa iy dah 😀

      Like

    5. Ane gak mainan game di ponsel kaya ente 😀

      That’s the way mulu, keliatan males mikir 😀

      Ane belum pernah gagal dobel kok, senbatsu sama Under Center 😀

      Loh iyakah 😀

      Like

    6. Ente gk pham game kekiniankan makanya gk maen 😀

      Ente blesnya cuma boku wa iyadah, mana tau ane harus bls apa 😀
      Lagian kuota 2 komen serius udah terpenuhi 😀 😀 😀

      !@#$%^&()P{}”:><>?><>:”}{)(&^%$#

      Thats the way
      So cool
      positive positive postive 😀

      Like

    7. Maen game di ponsel? Sorry, konsol game banyak *bekas juragan PS 😎

      Artiin apaan lah, dasar gak punya imajinasi 😀

      Itu bacanya “Aku mencoba pura2 tegar” ya? 😀

      Katanya gak demen lagunya, dipake aja liriknya 😀

      Like

    8. Konsol bnyak tpi x dah gk bisa dipake buat apa, jual gih trus blei HDD, biar gk ngerampok mulu 😀

      Apa yg mau diartiin? 😀

      Ok tau, pernha ngalamin n pake bhasa Aoko itu ya? 😀

      Lagu gk demen tpi liriknya yg english itu ya ane tau, kloy g jepunnya gk inget 😀

      Like

    9. Ane maen game ganti2, satu main balap, satu main bola, satu RPG 😎

      Imajinasi ente tipis 😀

      Kok tanya ane itu bahasa Aoko atau enggak? Wah bener2 dah 😀

      Alasan aja 😀

      Like

    10. Syarat agar ente bisa amen game itu, ente hatus tidur dulu ya? 😀

      Tpi gk setipis pergaulan ente 😀

      Apaansih, kan ane bilang “kok tau, pernah ngalamin/pake bhasa aoko itu ya?”
      ane yg ngoplos ata ente yg ngelem? 😀

      Sama, “We Never Stop” 😀

      Like

    11. Skedar kesan + suuzon ente aja itu 😀

      Gaya2an, katak dlm tempurung 😀

      Kayaknya kan, sbenanrnya ente yg ngelem + ngoplos

      Ada lagi kah pnggalan lirik englis di single ke5 keya selain yg dah ane sebut? 😀

      Like

    12. Mungkin yg laen, tpi klo soal ane gk pernah bner 😎

      Sudahlah, klo keceplosan ngaku aja 😀

      Tau ah gelap

      Kan ane nanya, ada lagikah lirik dgn kata2 english disingle ke-5 keya kmarin?
      Karma ini gra2 ente sering nyalah2in micin 😀

      Like

    13. Nah kan bener, tega! jahhat! 😀

      Ngapain jg ane repot2 nydorin bukti utk hal yg sudah jelas 😀

      Udah, 3 bulan yg lalu 😀

      !@#$%^&()+}{“:>?<?@#$%(^)*

      Like

    14. Belum pernah ditabok parutan kelapa? 😀

      Alasan buat yang gak bisa ngasih bukti 😀

      Dua bulan pasti petugasnya diguna2 😀

      Ane bilang sama kambing, bukan sama Aoko 😀

      Like

    15. Blum, knp? enak ya? 😀

      Komen tukang kompor yg mana2in mangsanya 😀

      Bukan, 2 bulan petugasnya masih mempan disogok pake permen kaki 😀

      !@#$%^&()}:>?<>:”<{$%#&()

      Like

    16. Ane gk suka coba2, untuk perut kok coba2 😀

      Maknya, gra2 ane tau ane gk mau terjrumus lagi 😀

      Ternyta maish ada yg mau disogok pake permen kaki, jgn2 petugas itu ente ya? 😀

      😎

      Like

    17. Kebanyakan garamicin begini nih, ngomong parutan kelapa malah urusannya sama perut. Laper pak? 😀

      Tunggu aja, entar pasti terjerumus lagi 😀

      Kalau ane kerja di PLN sih enak *ngarep 😀

      Like

    18. Ente yg kurng makan grmmicin, akn ente yg bilang “mau cobain ke ente(ane)” ya makanya ane bilang gk usah, ane gk mau coba2

      Slamat mnungu hal yg gk pernah akan datang 😎

      Syangnya ente cuma penjual minyak gorengan ya? 😀

      Like

  3. Geeh Satoshi dikatain gak terlihat,padahal dimata saya dia sangat jelas😑

    Knp gak pake hantu atau mahluk mitos dari Indo? 😀

    Like

    1. Itu kan buat ente doang, kalau gitu ceritanya sah2 aja ane taruh Manafin di House of Pumpkins dong 😀

      Gak ada yang keren, lagian hantu Indo ceritanya rata arwah penasaran doang 😀

      Like

    2. Gak dilihat juga,selalu terbayang,susah berpaling 😀
      Ya sah2 aja,gak ada yg larang 😀

      Kan ada yg gak penasaran,macem tuyul,jenglot,genderuwo,wewek gombel 😀

      Like

    3. Itu kan pendapat orang..yg jelas bnyk berfaedah mh bagi2 kuota 😀

      Tahu lah,mereka kan pasukan penjaga 😀

      Like

    4. Jadi gmn,mau bagi2 kuota? 😀

      Dukun gak ada apa2’y dibanding ilmu2 saya..dukun mh tukang bohong..contoh’y bisa bikin orang kaya,tp sendiri’y gak kaya2 😀

      Like

    5. Maklum belum pembaharuan,jd agak seret🙊

      Kn para dukun banyak saya tumabangin dgn ilmu yg saya miliki,makan’y saya tahu 😎

      Like

    6. Lagi2 tuduhan tanpa bukti,buat file2 Misa lah😎

      Ero no jutsu mh mimin ahli’y 😀

      Like

    7. Lho Misa mh sepenuh’y milik saya,jd gak bisa dibilang HBD😀

      Curhat tentang mimin😎

      Like

    8. Ya kn saya bisa jd siapa saja tergantung kasus’y..Dekisugi kn baik,samaan sama saya😀

      Like

  4. Maksudnya apa yah kalimat “Meski hasil akhirnya tidak selalu baik, posisi mereka cenderung masih under the radar bagi mayoritas fans”. Berarti maiyan kurang terkenal dong dikalangan fans? PB terjual 200k copy terus followers SR yang udah tebus 100k tertinggi di semua idol 46/48 masih belum bisa membuktikan dia famous yah? Kira kira faktor apa yah?

    Like

  5. Bingung ane bacanya. Otak ane mupeng habis wisuda 😀

    Kalau versi ane, Maiyan, Risa, Nana, Marika, Denchan, Dek Kubo, Dek Katoshi, dan Suzuka masuknya hati ane ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    Like

    1. Sisi baiknya ane bisa habisin waktu lebih lama dengan kesayangan dan cinta-cinta ane ❤ Kita harus liat sisi positifnya min. Jangan negatif mulu 😀

      Dibilangin ane bukan serigala. Emang susah jadi orang biasa di tengah kumpulan serigala. Pasti tetap dianggap sama kayak mereka 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s