TWICE’s Twice Releases’ Review

Kali ini, aku ingin merilis artikel tentang grup dari negeri sebelah lagi. Well, sekaligus refreshing karena banyak artikel tentang Sakamichi yang rilis bulan kemarin. Kebetulan, timing-nya tepat. Baru-baru ini, TWICE melakukan comeback di pasar Korea setelah melakukan debut di Jepang.

Single keenam, Likey, dirilis pada 30 Oktober kemarin, sementara single Jepang pertama mereka, One More Time, rilis pada tanggal 18 bulan yang sama. Kali ini jelas, sesuai judul artikel, aku ingin sedikit menulis opiniku -atau review, terserah yang mana- tentang dua MV mereka ini. Langsung saja, ini dia.

P.S. efek samping ngiler berlebih tanggung sendiri. Atau jatuh cinta. Atau jatuh ke lubang yang sama.


Pertama, untuk One More Time. Ini adalah single Jepang original pertama TWICE, karena meski debut dengan TT dan Signal di Jepang, itu hanya translate dari versi Koreanya. Rilis pada 18 Oktober kemarin, aku sebenarnya sudah ingin menulisnya sejak lama tapi selalu tertunda.

MV single ini rilis pada 5 Oktober kemarin, dan untuk ukuran single debut, well, single debut “original”, One More Time tidak sekuat TT atau Signal. It lacks punch, cenderung datar dari awal sampai akhir. Apa ya, tepatnya? Mungkin lebih untuk bermain aman, karena pronouncitation mereka masih belum terlalu baik.

Dari segi lagu, sebenarnya, tidak ada yang salah. Mid tempo bubblegum pop yang easy listening. Bit of EDM here there, and….everywhere. Well, coba saja dengarkan, dan tulis pendapat kalian di kolom komentar. Untuk lagu tentu, bukan untuk membernya dasar serigala.

Sementara itu dari MV, One More Time hanya seperti MV KPop secara umum, jangan berharap pada storyline, atau tone yang gelap. Colorful dan dibumbui efek, dan secara umum konsepnya adalah sports. Ada tennis court, bowling alley, gym, & boxing ring yang digunakan sebagai background.

Untuk kostum, seperti biasa, berwarna dan disesuaikan untuk individual. Dan satu lagi, banyak kostum. It’s beautiful, eventhough some are showing too much skin for my taste. Untuk screentime, jelas tidak usah dipertanyakan lah ya. Untuk hairdo & makeup, ini yang paling kuat.

Rambut biru Momo, copper Nayeon, almost-legally-blonde Sana, menjadi salah satu yang menarik mataku disini. Tapi yang paling menarik adalah Chaeyoung yang terlihat superb disini. Aku bisa mengatakan ini adalah salah satu penampilan terbaik Chaeyoung.

Overall, One More Time adalah single yang cukup decent untuk ukuran “debut”. Yang kudapat dari sini adalah TWICE tidak terlalu bergantung pada trio nihonjin Sana-Mina-Momo, tapi berani memberi porsi lebih pada member lain. Untukku, ini langkah yang bagus.


Well, I know, this thumbnail is surely clickbait. Tapi apa mau dikata, ini dari Youtube. Rilisan terbaru ini mengambil konsep live yang populer sekarang, terlihat dari judul album terbaru TWICETAGRAM, dan judul yang jelas familiar, Likey.

Dengan konsep live, maka jelas tema MV juga demikian. Seolah digunakan hanya sudut pandang orang yang melihat live vlog, meski hanya untuk beberapa bagian. Dan yah, seperti live vlog, masing-masing seperti berusaha untuk mendapatkan jumlah like sebanyak mungkin.

Secara MV, jujur saja kali ini mengecewakan. Terutama karena setengah-setengah dalam konsep live vlog. Tidak semua member mendapatkan ini dan yang dapat pun banyak bagian yang sepertinya dipotong. Apalagi, storyline yang memang tidak ada, dibuat jadi membingungkan.

Yang menjadi nilai lebih untuk MV Likey menurutku hanya scenery. Shooting MV ini dilakukan di Kanada, yang tidak akan pernah dilakukan Sakamichi, dan harus diakui, perbedaan panorama membuat perbedaan besar. Beberapa kali memang terkesan seperti menggunakan chroma key, tapi tidak.

Dance disini hampir mirip dengan kombinasi dance Signal dan TT. Serius. Dan FYI, bagian solo dance Momo adalah hasil karyanya sendiri, quite cool. Outfit masih mirip dengan One More Time, sedikit berlebihan untuk rilisan musim gugur.

Untuk member yang paling “bersinar” di MV ini, mengecualikan Sana karena dia selalu bersinar, masih Chaeyoung dan Nayeon, yang mana mayoritas ONCE bilang adalah penampilan terbaiknya selama ini. Well, untukku, aku lebih suka Nayeon saat di Cheer Up, meski penampilan kali ini menempati peringkat dua.

Overall, lagu comeback TWICE ke pasar Korea ini mendapat respon positif secara umum. Tapi untukku, aku jujur tidak terlalu suka reffrain yang terlalu monoton seperti ini. Secara keseluruhan, lagunya bagus, hanya aku tidak begitu oke dengan part “likey likey likey likey likey” itu. Dari segi MV, ini masih sama dengan MV lain saja sebenarnya.

But it’s definitely worth watching. Check it yourself. *nosebleeding alert though 😀


IMG_20171023_062714.jpg

Overall, membahas TWICE saat ini adalah momen menarik. Beberapa opini di S48 mengatakan rival, at least to say, a neck-to-neck competitor, untuk Keyaki saat ini adalah TWICE. Pro kontra akan selalu ada, karena memang menyatukan opini tidak akan mudah.

Untukku, membuat TWICE x Keyaki menjadi rival mungkin susah. Karena berkaca pada kasus GG x AKB dulu, hal seperti rivalitas tidak terlihat. Jadi aku lebih suka menggunakan istilah friendly competitor. Sejauh ini tidak ada interaksi langsung antara keduanya, baik di event maupun acara musik, kecuali sekedar basa-basi.

Dari image pun tidak ada kemiripan antara keduanya, maupun dari segi lagu. Target pasar mungkin sama, jadi persaingan hanya di sales -yang mana banyak faktor yang akan membuatnya tidak adil- dan dukungan pada masing-masing dari general public. Masing-masing mewakili genre yang berbeda.

Seperti yang selalu kukatakan, tidak perlu ada childish bickering tentang siapa yang lebih baik karena pada dasarnya mereka sudah berbeda. Bagiku, masuknya TWICE ke pasar Jepang menjadi bonus karena bisa ada alternatif lagu dari mereka. Rival untuk Keyaki? Well, I’m pacifist, if you want it, bicker all you want.

In the comment section too, if you want it. Yang pasti, bagaimana pendapat kalian tentang dua rilisan terbaru TWICE ini?

IMG_20171019_184417.jpg
Watching a nonsensical comment wars about Keyaki x TWICE be like…

All images used is credited to it’s respective owners

57 Comments

  1. Ane maruk jadi pilih semuanya 😳😳😳😳

    Tapi emang lagunya kurang nendang sih 😅😅😅 dancenya susah diinget gakayak tt sama signal

    Kapan yg di jepang shooting keluar negeri? Wkwkwk masa kalah sama korea sama china? Snh aja ke italy sama UEA 😁😁😁

    Like

    1. Kok ane gak kaget ya? 😀
      Tapi semua? Sana juga? Wah siap2 ane bacok 😎

      Lagu yang mana?

      Keyaki kemarin ke HK, meski akhirnya ilang gak tau kemana itu hasil shooting kan 😀

      Like

    2. votenya maksudnya wkwkw 3/4 😀 mimin suudzon aza 😀 kan myoui mina tetap di hati ini ❤

      keduanya kurang nendang 😀 tapi klo lagunya bagusan omt si, klo mvnya likey

      walaupun keyaki ada, tapi tetep gaditunjukin itu dmn(mis. orangnya / pemandangannya/ monumennya) atau apapun yng nunjukin klo itu di HK 😀 😀 😀

      Like

    3. sebenernya posisi twice uda bergesar si dari list ane 😀 entah knp lebi suka tipe2 lagunya gfriend 😀

      Like

    4. Lebih tepatnya waspada 😎

      Bayangin lagunya OMT pake tema MV Likey 😀

      Emang di HK ada apa? Casino? 😀

      Yeochin? Apa yang bikin orang2 mikir kalau ane cuma demen TWICE di KPop? 😀

      Like

    5. ya kan ane jarang rebut bini orang min 😀

      lagu omt mv likey dancenya tt wkwkwk 😀 mantap lah

      di hongkong ada… lgbt(?) 😀 😀 😀

      ane gaada bilang lo min 😐 cuma bilang lebih suka lagunya gfriend 😀 mungkin entar bisa dibuat artikel grup mana aja yg disukain + biasnya/oshinya 😀 😀 😀 biar bisa ditikung(eh)

      Like

    6. Wut? 😀

      Lah lagu lain gak ada 😀

      Pikirannya itu mulu dasar HBD 😀

      Bentar lagi bakal rilis artikel yang nyambung sama itu. Tapi mau nikung? Telat.

      Like

    7. kan ane setia sma 1 bini yaitu zumiko, yg lain mah cuma ngefans biasa ajakok :3

      yaudah lagu omt bgmnya kimi no koto ga suki dakara mv likey dancenya tt kostumnya silent majority (itu gmn coba jadinya?) 😀 😀

      tidak ada kata telat untuk se-….
      aduh masa ane self proclaimed sih 😀 😀 😀

      Like

  2. Duh lupa lagi nama2 personilnya (emng gk pernah inget dri kmarin2) 😀

    OMT
    Bahaya ini, bpk srigla nasional blum nongol ya? bisa melolong heso dia klo dah liat MV OMT 😀
    Musiknya asyik, cuma berhubung ane bukan pnikmatu musik kyk gini (n ini juga yg bikin ane gk cocok sma kpop) jadi ane kasih nilai 3.5 lah buat OMT.

    Likey
    Dari segi musik enakan OMT baut ane, cuma liat MVNya lebih segar, kyk miminnya bilang, scenery.
    Dance lbih suka OMT. kasih nilai yg sama deh sama OMT, 3.5 tpi OMT tetep unggul klo pnilaian ane.
    Heso everywhere 😀

    Like

    1. Cuma inget satu aja 😀

      Ente gak melolong emang? 😀

      Dua2nya nilai 3.5 dari maksimal berapa tuh? 😀

      Bahas Heso mulu, “dia” gak dibahas? 😀

      Like

    2. Itupun gra2 sering ente sebut dlm kalmita komporan2 ente 😀

      Ya enggaklah, ane kan bukan kyk bpak srigala satu itu 😀

      Ya nilai maxnya 5 lah. Stidaknya lbih tinggi pnilainnya ktimbng pnilain ane buat kaze mo 😀

      Gak mau kepancing lagi ane sama ente, nyesel ujung2nya ane 😀
      CUma liat wjah mreka di dua MV ini bnyak prubhana, apa cuma prsaan ane aja gra2 gk sering ngeliat mreka 😀

      Tru, single dsini sama kyk 48&46 yg terdiri dari bbrp lagu atau cuma satu lagu aja? cuma OMT? cuma likey?

      Like

    3. Ah masak? BUkti? 😀

      Tapi ngiler iya 😀

      Wah lebih tinggi dari Kaze? Ada faktor x kah? 😀

      Nyesel apaan, seneng iya kali kalau ente 😀
      Wajah mereka yang mana? 😀

      OMT itu maxi single, jadi cuma satu lagu. Kalau Likey, kan udah ane tulis, itu masuk ke full album TWICETAGRAM.

      Like

    4. Sama hasil perbuatan sndiri kok masih aja minta bukti, cari sndiri klo gitu 😀

      Enggak juga, wong mulut ane ane tutup rpat2 biar gk ada sesuautupun yg kluar 😀

      Itukan pndapat pribadi ente, klo ane tetep nyesel wong sering jd bhan ente buat nyerang ane 😀

      Oh gtu, yg kemarin2 gmn? maxi single jg atau trdiri dri bbrp lagu tiap singlenya?

      Like

    5. Ciee yang takut kesebar lagi 😀

      Jadi tetep insting ilernya keluar kan 😀

      Bahan bully yang enak 😀

      Yang kemarin2 tetep single + album, baru OMT yang maxi single.

      Like

    6. Cie yg tukang kompor TT

      Insting serong lelaki sejati, wajar 😎

      Sma aja kyk kmbrn ninja mesum, suka berbhgia diatas pndritaan yg dsbbakan, masih satu kluarga ya sama dia? 😀

      Maen amankah lntran ini single Jepang original pertama?
      Trus gmn sambutan pnikmat musik jepang? + ?

      Like

    7. No commnet 😎

      😎

      Dimata ane sama aja kalian 😀

      Oriocn ngitung juga gk penjualan single mereka ini?
      Gk jadi, pertanyaan diatas ane tulis slm loading page link yg nete kasih 😀
      Weh weh weh, sama Nogi tersayang wak 😀

      Like

    8. Berarti “masih” kalau gini komennya 😀

      Dimata ane, ente sama bapak kos sebelah mirip, sama2 miris 😀

      “nogi tersayang” cuih, bahasanya bikin hooeek 😀

      Like

    9. Terserah ente mau berkesimpulan apa, yg jelas ane no comment 😀

      Cih, mengalihkan pmbicaraan 😀

      Syrik aja 😀

      Like

  3. Berusaha merhatiin ni girlgrup kenapa bisa booming dan selalu dibandingin dengan the queens snsd…berusaha dengerin dan liat mvnya…tetep gg suka lagunya..walo jujur suka bgt mv x cheer up… lagu2nya mpek saat ini masih blum mau keluar ke zona aman….selalu mengandalkan lyric2 catchy dan koreo yg trlalu mehhh…….apakah buat fansx sendiri gg bosan??

    Like

    1. Ciri khas KPop kan begitu, dan kenapa mereka belum keluar dari zona aman, sebagai orang yang dulu juga ngikutin GG, itu karena masih belum ada smash hit yang bener2 oke, khas grup JYP. TT oke, tapi kurang maksimal dan rilisan setelahnya meh semua.

      Dan kalau buat bosen gak bosen, sama aja kaya ngikutin Sakamichi kan? 😀

      Like

  4. Mina❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤Sana❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

    Like

    1. ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤Sana❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

      Like

  5. Sana yang paling bersinar? Gak dong. Apaan sana lempeng gitu #marikitatubir 😀 Tzuchuu yang paling bersinar. Duh Dek ayo terangi hati abang ❤❤❤

    Kok ane suka yang likey ya? Ane gak setuju sama pendapat mimin. Lagunya bagus kalau kata ane. Bagus banget malah 😀

    Like

    1. Jujur aja selain 4 member non korea, ane masih bingung bedain wajah member 😀 Padahal udah nonton variety yang mimin saranin. Tapi tetap aja suka kebalik. Apalagi member gaya dan warna rambutnya suka berubah-ubah. Mimin cara cepat buat ngebedainnya gimana?

      Btw viewersnya udah bisa banyak gitu ya. Kayaknya fans kpop tiap hari streaming bukan didownload 😀

      Like

    2. Formula gampang;
      Nayeon-gigi kelinci, mantannya bapak kos sebelah 😀
      Jungyeon-rambutnya selalu pendek
      Chaeyoung-mirip2 Yone
      Dahyun-yang paling putih
      Jihyo-kata aktivis HBD, yamamotoyama 😀

      Gimana lagi, mereka global gak dikunci 😀

      Like

  6. all hail Lord Mina

    OMT
    rasanya seperti campurana antara What You Wanted nya One Republic sama Sit Next To Me nya Foster The People, mungkin perasaan aja, tapi sedikit terdengar begitu, sehingga first impression nya langsung nyambung tentang apa yang mereka ingin sampaikan ke pendengar, dan sekali lagi, part nya Mina di lagu ini, dapat dikatakan yang terbaik

    Likey
    lagu yang menceritakan seorang gadis yang menyembunyikan perasaannya terhadap seseorang dan gadis itu berusaha untuk menjadi yang tercantik untuknya, waktu pertama kali mendengar, genrenya mirip dengan AVA waktu album L)\/E, dan menurutku ini lebih enak dinikmati dari pada OMT

    kalo mac bilang, “pasti lagi ngelem ya”, saya culik Manafi sama Ashurin buat jadi istri, lol
    mina, luv luv

    Like

    1. Btw, Mac kan bilang Keyaki x Twice, menurut Mac, mana lebih kuat diantara dua group ini dalam hal “Humility, Bond, Kindness” ??

      Like

    2. ok, bagaimana hal tersebut bisa terjadi, apakah itu disengaja, apa ada faktor lain ??

      di lain pihak, keyaki bisa sebesar sekarang tanpa “itu”

      Like

    3. Ya, ikuti kata hatimu, kalo mau jawab, monggo, klo ndak mau dijawab, ya ndak apa”, juga, life still goes on

      Like

    4. kalau ndak salah, Mac pernah bilang, ngidol Nogizaka berawal dari MV seifuku no mannequin, kalau kasusnya Twice, itu bagaiman awalnya, apa karena Sana ??

      kalau mau jawab ya, syukur, kalau ndak mau jawab, ya, ndak apa”, itu hak individu masing masing

      Like

  7. Cuma nonton yg likey 2x, mv-nya bagus dgn kadar keimutan yg bikin kzl 😀 #nooffense
    Lagunya udh lupa yg ane inget cuma gerakan tangannya aja. Mau lanjut yg omt udh keasikan nonton yg lain

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s