Sakamichi Top 50’s Part I

Untungnya, konser 2 hari Nogi di Tokyo Dome selesai tanpa ada sesuatu yang membuat jantungan. Well, sebenarnya tidak juga, karena graduation bukan sesuatu yang harus ditakuti. Karena tidak ada yang news worthy atau ingin kuangkat sekarang, mungkin di artikel penutup tahun saja, maka saatnya untuk seri artikel baru.

Setelah sebelumnya merilis Best 46 MV dari Sakamichi, kali ini aku ingin menulis versi lagunya. Ya, memang tahun lalu aku sudah membuatnya lewat artikel Nogizaka Best 15, tapi karena itu khusus untuk Nogi, dan hanya 15 lagu, maka sebagai seri baru menjelang pergantian tahun, aku ingin menulis tentang lagunya.

Langsung saja, ini dia Top 50 untuk lagu Sakamichi versiku, dengan alasan kenapa. Bagian pertama, #50-#41Check this out.


50 Harukanaru Bhutan

1aSRCL9029.FH1A_0223

Coupling dari Harujion ga Sakukoro ini dinyanyikan oleh Ikuchan, Bebitan, Misa, Ashurin, Yumi, dan Miona. Sebagai lagu yang mengedepankan tentang budaya dari suatu negara, dalam hal ini negara di perbatasan Tibet dan India. Atau China dan India, manapun yang kalian suka.

Nuansa etnik yang kudapat dari lagu ini jelas berbeda dari kebanyakan lagu Nogi, dan ini yang membuatku suka. Meski vocal-wise, tidak begitu oke. Ikuchan kurang bisa memaksimalkan vokalnya di lagu ini, terkesan masuk. Sementara untuk member lain, well, setidaknya harmonisasi masih bisa dibilang bagus.


49 Boku Dake no Hikari

type-regular

Salah satu lagu yang underrated. Sebagai coupling dari Hadashi de Summer, lagu ini tidak mendapat sambutan besar meski digunakan sebagai theme song dari All Japan High School Quiz Championship 2016. Alasan kenapa lagu ini tidak terlalu populer menurutku jelas.

Karena sebagai coupling senbatsu, Boku Dake no Hikari tidaklah spesial dari output sounds. Mirip dengan main single tanpa distinguished feature. Meski seperti kataku dulu, lagu ini tidak bisa tidak, adalah langkah yang baik untuk Nogi untuk appeal ke publik. Benar saja, tahun ini pun mereka kembali mengisi theme song acara itu.


48 Jiyuu no Kanata

NogizakaAlbumB

Lagu dari album pertama, Toumei na Iro. Dibawakan oleh Under dari Nandome dan juga member yang saat itu masih berstatus KKS; Junna, Kotoko, Aachan, Ranze, Renacchi, & Miria. Khas lagu coupling dari Under, lagu ini membawa suasana yang lebih mature.

Harmonisasi di lagu ini memang tidak bisa dibilang superb, tapi jelas juga tidak bisa dilihat sebelah mata. Tiap member menunjukkan kemampuan dan karakter vokal mereka dengan lumayan disini. Aransemen yang mendukung untuk lagu yang sedikit lebih “serius” seperti ini juga membuatku suka.


47 Kuchiyakusoku

1bSRCL9084.SB1A_JKT

One of most prominent unit; Manatsu, Reika, Kanarin, Yumi yang tidak banyak mendapat kesempatan sebagai unit. Lagu midtempo yang selalu, entah kenapa, mengingatkanku pada Shoujotachi yo! mungkin cuma aku yang berpikir begini. Vokal unit ini jelas lebih baik dari rata-rata mereka.

Meski jelas, lagu ini tertolong berkat aransemen yang rancak. Karena faktanya, hanya Reika yang punya vokal yang bisa dibilang oke di unit ini. Dan memang porsinya sedikit lebih banyak dari tiga member lain. Was this a complain? No.


46 Soredemo Aruiteru

IMG_20171014_183741

Lagu yang dirilis untuk 11 member Hiragana yang baru ini sebenarnya sudah kutulis reviewnya baru-baru ini. Jadi yah, karena tidak banyak yang bisa ditulis lagi, aku akan fokus pada kenapa lagu ini masuk Top 50.

Pertama, aku suka dengan aransemen dan tipe lagu seperti ini. Sucker, actually. Kedua, lagu ini menandai lepasnya Hiragana dari bayang-bayang Neru, yang mana membuat mereka langsung mendapat lagu yang jelas, tidak akan bisa dibawakan Neru sebagai matahari Hiragana. Ketiga, ini lagu yang tepat untuk menandai era baru Hiragana.


45 Futogou

1aSRCL9029.FH1A_0223

There was a saying “Under song is mostly better than main single” dan kata-kata ini (kembali) kejadian di 14th single untukku. Dan jika bisa kukatakan, penampilan terbaik Hime sebagai Under Center dalam 4 kali kesempatannya. Lagu yang tepat untuknya.

Apa yang kusukai dari lagu ini adalah vokal yang sesuai dengan lagunya. Menunjukkan karakter vokal sang center, dan mungkin, lagu terbaik Hime selama di Nogi. Dia menjadi center yang sesungguhnya disini.


44 1-gyou Dake no Air Mail

K461AlbumLimB

Yuichanzou adalah unit yang mendapat push besar. Bahkan sebelum Kaze ni Fukaretemo, mereka adalah unit dengan presentase 100% dalam rilisan Keyaki. Mereka mendapat push itu dengan alasan bagus; mereka menjadi unit dimana lagu-lagu yang lebih “dewasa” dimasukkan di Keyaki.

Dan lagu dari album pertama ini menunjukkan bagaimana vokal mereka lebih dari sekedar idol. Karakter vokal yang cukup mature meski jelas masih jauh dari penyanyi pro lain atau Little Glee Monster misalnya. Yah, tapi untuk ukuran Sakamichi, vokal mereka jelas masuk kategori bagus, dan lagu ini menunjukkan kapabilitas mereka.


43 Ookami ni Kuchibue wo

Shampooc

Lagu kebangsaan para serigala, lagu pertama Under yang membuat mereka spesial. Dan siapa yang akan memungkiri magis lagu ini? Ookami menjadi lagu yang ikonik karena dance-nya, dan bagiku lagu ini juga termasuk salah satu yang paling memorable dari Nogi. But just memorable wasn’t enough.

Dari segi lagu, Ookami membawa tempo yang sekali lagi, rancak dan cocok untuk dance. Lagu dengan Bebitan sebagai center ini cocok untuk digunakan sebagai lagu untuk memulai hari. Satu lagi poin plus, lagu ini tidak terafiliasi dengan satu member saja melainkan signature dari Under.


42 Fukyouwaon

欅坂46 4thシングル 「不協和音」 Type Regular

4th single Keyaki ini mengawali 2017 dengan kuat. Fukyouwaon menjadi salah satu lagu paling membangkitkan semangat dari Keyaki, meski seperti dalam review lagu ini dulu, aku sedikit kecewa dengan harmonisasi dan teknik. It even sounds flat sometimes.

Lagu ini memiliki aransemen yang oke, beat EDM yang dihadirkan lebih dari cukup untuk menguatkan image Keyaki. Bagiku poin plus dari lagu ini jelas bagaimana dia bisa menyampaikan pesan yang sebenarnya dark ini dengan kuat. Well, adiktif lagu ini memang hanya di aransemen.


41 Kimi wa Boku to Awanai Kata ga Yokatta no Kana

N46InochiC

Kembali Under song masuk chart. Dan sekali lagi, ini adalah lagu dimana Hime menjadi center. Sole center pertamanya. Lagu ini seperti umumnya lagu Under, dimana warna yang dihadirkan sedikit berbeda dari main single. Jika Inochi lebih gelap, lagu ini lebih ceria, dari segi MV.

Unsur yang paling kusukai di lagu ini adalah harmonika di tengah lagu. Karena biasanya instrumen yang digunakan Nogi adalah piano, kadang-kadang biola, maka harmonika menjadi suara yang memberi efek menarik. Dan bagiku, lirik lagu ini membawa unsur depresif khas Under.


Inilah peringkat #50-#41 versiku. Dan sama seperti sebelumnya, aku tidak akan melarang komentar yang ingin menulis urutan versi mereka tapi aku ingin membatasinya. Jika ingin menulis chart versi kalian, tulislah yang urutan bawah saja atau komentarlah tentang lagu di artikel ini saja.

Don’t be a party pooper guys.

All images used is credited to it’s respective owners

104 Comments

    1. Hahaha 😆 iya. Nanti deh coba kucari di yutub, moga ada videonya ya, kalo yang cuma mp3 kapan-kapan aja deh ya 😆

      Like

  1. Obark-abrik versi ane

    50 Futogou
    49 Kuchiyakusoku
    48 Kimi wa Boku to Awanai Kata ga Yokatta no Kana

    47 Jiyuu no Kanata
    Miriachan ❤

    46 Soredemo Aruiteru
    Andai akustikan dari awal hingga akhir lagu 🙂

    45 Fukyouwaon
    44 Boku Dake no Hikari
    43 1-gyou Dake no Air Mail

    42 Harukanaru Bhutan
    Warna musik yg beda dan 2 bini ane ada di lagu ini, apalgi yg patut ane jelasin 😀
    Gerakan dancenya yg lucu unik menjurus ke lucu (bukan dalam artian lucu -) jg jd nilai lebih.

    41 Ookami ni Kuchibue wo
    Selain enak, alsannya ya kren lagu yang punya cerita tersendiri terkait ane dan Nogi 😀

    Like

    1. Yang nomor 47, emang ada MV? 😀 😀 😀

      46, yakin alasannya cuma itu? 😀

      42, Sayang dua bininya gak dapet peran besar di MV 😀

      41, ya emang asal usul keserigalaan dalam dunia ngidol dengan pioneernya, ente 😀

      Like

    2. Enggak ada , cuma tetep pngen teriak aja, “Miriachaaan ❤ ”

      No comment, hhhhhh.

      MV yg dari 46jikan maksudnya?

      Tanpa tuh lagu, goyangan ini gk akan fenomenal 😀

      Like

    3. Kirain MV delusi 😀

      Apaan menghela nafas segala? 😀

      Emang ada yang lain? 😀

      Fenomenal cuma di kalangan serigala berbulu domba kaya ente 😀

      Like

    4. Emngnya ane kyk ente 😀

      Gk ada, lgi pngen aja mnghela nafas 😀

      Ya mana tau ente dpat MV versi lain lain dri lord KTK 😀

      Pkoe joget pkoe joget pkoe joget 😀

      Like

    5. Engaklah, buktinya ane gk remedial 😀

      Kangen?

      Bahkan lord pun ente mau komporin ke ane? Ckckckckck

      Tau? brrti ente juga 😀

      Like

    6. Isitilah zaman dahulu lebih sadis ya dibanding zaman ane yg skrng 😀

      Apaan tuh kan tuh kan

      Lah yg ente bhas menyangkut pautkan dgn dia jd ane ngomongin dia lah 😀

      Like

    7. X + x = 2x 😀

      :=-}}:-&-(<-&$?-:

      Lord kok dilempar2, seharusnya dihormati n disanjung 😀

      Like

    8. Patrick bisa gak? 😀

      8948421284874>?879641321846 <- bhasa Patrck 😀

      Kena kutuk baru nyahok ente 😀

      Like

    9. Ya segan lah ane, ane kan gk mau dianggap murid yg kurang ajar 😀

      Yah gmn lagi, sehari2 ngborl bareng dia 😀

      Buset, ane lbih milih dilempar rocky ktimbang kena kuutk lord 😀

      Like

    10. Emang ente belum kurang ajar ngata2in? 😀

      Bisa paham ya? Wajar sih kalau udah biasa sama Aoko 😀

      Efeknya langsung dan gak langsung sih 😀

      Like

    11. Sepengtahuan n serasa ane sih blum pernah 😀

      Kok Aoko, Patrick sensei

      Efel rocky masih ada obatnya, efek kutukan lord? jgn hrap bisa smbuh klo gk dsmbuhin oleh lord sndri 😀

      Like

    12. Iyalah, kan ane bukan h.bolot 😀

      Iya juga 😀

      Hahahahahahaha, itu buat yg klo berpikirnya trlalu keras 😀

      Like

    13. Makanya diikat biar nyambung 😀

      Momoko? Ozono Momoko?

      Tak lah, beliau gk seekstrim itu pergerakannya meski sbenarnya bisa aja dia berbuat itu 😀

      Like

    14. Kebanyakan garam ya ente? 😀

      Ada Momoko yang lain lagi? 😀

      Apa yang aneh dari sekte baru di Jepang, bisa aja pas Dome kemarin dia mulai melakukan sihirnya 😀

      Like

    15. Garam apa micin? 😀

      Ya man tau, soalnya tiba2 bawa2 si momoko

      Kan dah ane bilang, bisa aja lord berbuat bgtu, tpi dia gk mau memakai kkuatnnya utk mmksakan sgl sesutu 😀

      Like

    16. Yg penting bukan tiang listrik 😀

      Menang besar doang itu, klo soal kepopuleran, kalah jauh sama Aoko, Aoko ja dulaun rilis PB ktimbang pmiliknya 😀
      http://bit.ly/2zgO5s6

      Makin terkuak kan sisi luar biasa lord KTK 😀

      Like

    17. Loh sgl urusan skrng disangkut pautkan dgn tiang listrik 😀

      Nah buktikan klo Aoko levelnya dah jauh diatas 😀

      Makanya, jd jgn heran klo ane sering bawa2 / bhas lord 😀

      Like

    18. Mentang2 viral, dituntut loh 😀

      Ah tapi inget aja, sekarang Aoko punya pesaing jadi gak bakal lancar sendirian 😀

      Tetep aja curiga kalau ente yang bawa2 😀

      Like

    19. Yah anak zaman now kan gtu, slalu ikut yg viral2 😀

      Dah beda level, utk dikatakan “pesaing” terlalu cepat seribu tahun buat bonekanya momoko 😀

      Itumah dasar entenya aja yg suuzonan TT

      Like

    20. Siapa? Ente? Pantes kebanyakan micin 😀

      Masih satu spesies ini, masih banyak peluang 😀

      Deduksi analisa, bukan suudzon 😀

      Like

    21. Ane emng anak zaman now tpi ane punya prinsip, gk ngikti arus bgtu saja 😎

      Justru gra2sa tu spesies lah, klo beda spesien ya mungkin ada nilai jual lebih, dunia ikan dah si aoko yg megang 😀

      Gaya2an ente pake isitilah deduksi, analisa, pahal suuzon 😀

      Like

    22. Prinsip ente apaan? Makan gak makan yang penting ada garam? 😀

      Ya mau apa lagi dong? Bebek udah ada, ayam udah ada, pinguin juga udah, beruang apalagi 😀

      Tuh kan ente yang suudzon 😀

      Like

    23. Ini lagi sesi curhat khidupan pribadi ente ya? 😀

      Unta tuh belum ada 😀

      Lempar suuzon sembunyi kenyataan ente 😀

      Like

    24. Kan lagi bicarain prinsip hidup ente, atau bukan garam tapi micin 😀

      Ya lucu atau enggak aja bawa2 boneka onta 😀

      Harus tanya ke KBBI, bedanya suuzon sama deduksi 😀

      Like

  2. 3 teratas versi saya yg masuk peringkat kali ini:
    1.Ookami ni Kuchibue wo
    2.Futogou
    3.Soredemo Aruiteru
    Kali ini gak akan keluar tuh kata2 “bias”😀
    Tp untuk peringkat selanjut’y gak jamin kl ada lagu2 yg ada “dia”😀

    Like

    1. Nah saya juga gitu,bkn menggambarkan tentang sosok seeigala seperti yg dituduhkan 😀

      Like

    2. Kl alasan’y bkn itu,hrs alasan apa?
      Alasan,kl inget lagu ini jd inget keliaran mimin<—boleh gitu?😀

      Like

    3. Kan ada kulak alias informan dr negara tetangga,jd gak perlu maen kesana😀

      Like

  3. Boku Dake
    Nadanya selalu terngiang2
    1 gyou
    Temponya ane suka. Bisa disandingkan dengan Shibuyagawa, dari sisi kualitas melodinya. Sayang, Yuichanzu udah bubar, jadi ga akan bisa liat mereka dapet lagu lagi. 🙂
    Futogou
    Suka dengan melodi khas 80annya. Salah satu lagu dengan dance terkeren dan cool, seragam dengan Inochi. Lagu ini juga yg mempertemukan ane dengan Renachi, yg akhirnya jadi adek kedua ane. Ane liat dia pas dance ada aura cool, mirip Acchan. 😀
    Ookami
    Nene lagi ngisep2 leher Bebitan. Yumi, pahanya diisep member. Mantab deh. Tapi, aroma distorsi dan bassnya yg bikin ane suka. Lagunya juga pendek ga terlalu panjang. Masih bertahan di playlist ane hingga kini.
    Soredemo
    Santai, dan enak. Sebenernya pengen tulis komen di review 5th, tapi ga ada kesempatan buat dengerin lagu2nya dengan bener. Hanya ini yg sering ane denger karena Re:Mind dan cocok dikuping. Jadi masukin disini. 🙂

    Like

  4. kimi wa boku to awanai hou ga yokatta no kana
    1-gyou Dake no Air Mail
    Fukyouwaon
    Ookami ni Kuchibue wo
    Soredemo Aruiteru
    honeslty tht 1st
    MV nya bagus g demen, himetan yg jadi center kan ya, wahhh kesan saat reuni namun u ketinggalan untuk dateng ketempat ketemuan nya bener” bkin org yg belom prnh ngalamin hal serupa bisa langsung NGEH rasa nya kyk gmn…
    tapi lagu nya sendiri g emang suka kok
    mnurut g pribadi 1-gyou dake no air mail adalah FAV song nya gua bwt Yuchianzu
    suara mereka enak bgt, lirik nya jg g suka. alunan gitar nya pun enak
    Fukyouwaon, hmmm sebenernya rada ssh saat fukyouwaon ada di antara lagu” melow atau yg gak terlalu meng-gebu”, coba kalo lawan ranking nya itu kyk lagu yg serupa, mungkin fukyo bisa naik di rank 1/2 … g demen bgt lagu ini karna gmn ya, bakal ngebuat u keinget masa” rebel u dmn u berasa yg paling jago padahal mah kaga LOL
    Ookami ni Kuchibue Wo
    Ada bbrapa hal yg bkin g suka lagu ini, first saat g tau dsni lbh terlihat kyk Wcenter ito marika ito nene, sayang bgt g kenal nogi saat ito nene udh grad, sebenernya g ckup demen dengan ito nene, g melihat sepertinya ada harapan untuk dia kedepan nya, namun dia udh grad,
    lalu trnyata ini lagu kesukaan nya mai-mai.
    tarian nya unik saat gerakin bahu. Mv nya jg ckup ok lah ya.
    dan saat u ntn BDL dan mereka perform ini, bkin u ckup trtarik untuk ikutan nyanyi , alhasil g jadi demen wkwkwkw
    Soredemo Aruiteiru,
    g kaga suka lagu ini Awalnya, terkesan Plain, begitu doang engga gmn” bila g bandingin ama lagu musikal baru nya ikucan Feat. Kubo
    kelamaan, g jd demen. sebenernya pengaruh Drama mereka sih Re:mind
    lagu ini jadi opening dan saat g ntn opening nya, g ckup heran “KENAPA KAGA PAKE OPENING INI BWT JD MV….” dan malah pake mv yg bkin g ckup bingung dan menambah kesan plain akan lagu ini. Sebenernya g kaga bilang minus MV nya, cmn berasa gmn gitu

    but now ini lagu bila g play 5th Single keyaki, dia selalu lagu ke3 yg g play wkwkw

    so overall, g menantikan rank selanjutnya

    g baca ada yg blng kalo mungkin u prlu mnambahkan Link untuk lagu nya, well boleh” aja MV nya jg sekalian kalo mp3 doang ya gpp kalo u bsa bkin dia buat langsung d play dsni dengan kata lain maka itu keren

    ok sekian 🙂

    damn gimana bkin penomoran ya.. sorry g dopost deh jdnya

    Like

    1. Kalau buat nomer, emang rada susah kalau wordpress, mending pake (-) aja deh 😀

      Jadi urutannya Kimi wa boku to->1-gyou->Fukyouwaon->Ookami->Soredemo?

      Masih jelas ya, kalau emang MV-lagu itu berkaitan, kalau lagunya dengerin doang gak demen, liat MV bisa berubah 😀

      Iya, masih coba2 nyari link soal video, karena susah juga carinya kalau bukan single2 terakhir/lagu dari album. Kalau ada palingan entar ane ganti jadi video/streaming lagu. 😀

      Like

    2. iya
      (1) Kimi wa boku to
      (2) 1-gyou
      (3) Fukyo
      (4) Ookami
      (5) Soredemo

      iya kadang kalo denger aja bisa suka atau gara” di tambah MV bsa tmbh suka, atau lbh baik denger aja tnpa pake MV…
      well preference masing” wkwkwk

      Like

    1. Kalau sempat, ane mau nulis artikel soal bedanya ngidol Momusu to AKB to Sakamichi kok, karena ane juga ngalamin masa2 itu, tapi liat waktunya 😀

      Like

    1. bahasanya dijaga ya gan 🙂

      Masa sih? Setau ane itu dari tanggalnya aja duluan artikel ane kemana2 kok? 😀

      Kok emailnya sama sih? Tapi IDnya beda? 😀

      Like

  5. beberapa lagu emang enak banget untuk didenger sih dari top 50’s part 1 ini. salah satunya sih yg jiyuu no kanata. lagu ini emang berkesan sih buat gue sendiri, soalnya menggambarkan orang yang ingin bebas dari segala apapun yang ngebebanin dia (udah ngecek lirik lagunya dan emang menyentuh banget). oh iya, maaf baru bisa komen sekarang, saya suka banget baca artikel di blog ini karena wawasannya cukup luas dengan beberapa postingan yang berkaitan dengan astronomi dan ada juga yang berkaitan dengan sejarah yang dimana orang awam jarang tahu akan hal itu. sekali lagi salam kenal untuk mac orion

    dari
    silent reader yang akhirnya berkoar

    Like

  6. dah ndak kaget, kalo tiba tiba ada lagu ini di Top Rank
    – Silent Majority
    – nandome no aozora ka
    – seifuku no mannequin
    – Futari saison
    dan ndak bakal kaget, kalo Mac komen
    – Ndak mau spoiler
    – tunngu aja nnti
    – sok tau deh

    Like

    1. beginilah, kalau orang nonton film horor pasti pengen yang hantunya keliatan beneran, trus kalau film action, kalau bertarungnya, pukulan dan tendangannya harus keliatan beneran, coba kalau becandaan, kalau keliatan beneran, pasti dianggapnya serius, hadehhh…

      Like

Leave a comment