Hannibal Barca and The Big Egg

Baru saja, Nogizaka melangsungkan konser di Tokyo Dome pada 7-8 November kemarin. Sebagai grup, jelas ini pencapaian besar. Big Egg adalah panggung idaman, dan prosesnya bisa dibilang lama. Bahkan, jika menilik kisahnya, hampir mirip dengan Perang Cannae yang terjadi pada tokoh sejarah, Hannibal Barca.

Bagaimana bisa? Lanjutkan baca sampai akhir. Dan kali ini, panjang artikelnya, tanpa gambar-gambar yang bisa memuaskan hasrat HBD. 😀


1200px-Mommsen_p265

Enemy of Rome, begitu sejarah mencatat nama ini. Bulan Oktober tahun 202 Sebelum Masehi, Hannibal Barca, komandan dari pasukan Carthage, berhadapan dengan psukan Romawi dibawah Publius Cornelius Scipio di Zama. Hannibal merencanakan perundingan dengan pasukan Romawi, tapi ditolak mentah-mentah oleh Publius.

Ini adalah awal dari pertempuran terakhir Hannibal. Selama 16 tahun menduduki sebagian Italia dan memenangkan banyak pertempuran besar, dia gagal mengalahkan pasukan Romawi. Sejarah tentang Hannibal harus dimulai sejak sebelum dia lahir di tahun 247 SM.

Saat itu terjadi Perang Punic Pertama dengan Romawi. Perang yang berlangsung selama 20 tahun dan berakhir dengan kekalahan Carthage dari Romawi. Kekaisaran Carthage akhirnya jatuh dibawah kekuasaan Romawi. Pajak dan perlakuan arogan dari bangsa Romawi membuat Carthage memberontak.

Di tahun 238 SM, mereka mengambil alih Sardinia, dan dendam dijadikan senjata utama Carthagians. Salah satu pemimpin dari Carthage adalah Hamilcar Barca, jendral di akhir Perang Punic Pertama. Hamilcar memimpin Carthagians untuk meraih kembali kebebasan mereka.

4226406

Untuk itu, Hamilcar membangun kembali pasukan Carthage, merencanakan untuk menguasai Spanyol, Gaul, dan Afrika Utara sebelum menuju Roma. Disini, peran Hannibal muncul. Dalam ritual kuno, Hannibal bersumpah “Begitu dewasa, aku akan menggunakan api dan besi untuk mengirim takdir bangsa Romawi”

Setelah menguasai Spanyol, Hamilcar menemui ajal setelah dikhianati oleh “partner” barunya dari Spanyol di tahun 228 SM. Kekuasaan atas daerah Carthage di Spanyol otomatis jatuh ke tangan Hannibal dan dengan cepat, agresi militernya membuat Romawi akhirnya mendeklarasikan perang pada tahun 218 SM.

Hannibal percaya untuk mengalahkan Romawi, dia harus melemahkan Republik, alias daerah yang diduduki oleh Romawi. Karena Romawi sudah menguasai laut sejak Perang Punic Pertama, maka opsi satu-satunya adalah jalan darat. Meninggalkan Spanyol dengan pasukan berjumlah 50.000 infantri, 9000 kavaleri, dan gajah.

Hannibal terkenal karena mitos melintasi pegunungan Alpen menggunakan gajah perang, dan itu memang terjadi di perjalanannya. Bukan cuma itu, sungai Rhone yang besar pun dilintasinya. Melintasi Alpen menjadi cobaan besar, setelah melewatinya, tinggal tersisa separuh dari pasukan awal.

Fascinating_Hannibal_Barca_Facts_2

Di situasi kronis ini, Hannibal membuktikan kapabilitasnya sebagai salah satu komandan militer terbaik sepanjang masa. Dalam Perang Trebia, Hannibal berpura-pura mundur. Pasukan Romawi yang bernafsu mengejarnya terjebak dalam taktik kepungan dari 1000 kavaleri dan 1000 infantri yang bersembunyi sampai pasukan Romawi datang.

Dari 40.000 pasukan Romawi, hanya 10.000 yang bisa kabur dari Perang Trebia. Setahun kemudian, di Danau Tresimene, salah satu perang paling savage, Romawi kembali kehilangan 15.000 pasukan berbanding 2500 pasukan Carthage. Demi rencananya melemahkan Republik, menggalang simpati, Hannibal membebaskan tahanan non-Romawi.

Di titik ini Romawi sadar bahwa Hannibal bukan jendral biasa. Untuk itu mereka menyetujui Quintus Fabius Maximus sebagai diktator, posisi yang hanya digunakan saat emergency. Hannibal melanjutkan perjalanan ke selatan, dan Quintus selalu menghindari perang terbuka. Akibat ini, Quintus diturunkan dari jabatannya.

Dalam tahun berikutnya, sekitar 80.000 pasukan Romawi bertemu Hannibal dalam Perang Cannae di selatan Italia. Romawi menyerang dengan agresif sampai hampir ke titik pusat pasukan Carthage, dan sekali lagi taktik mengepung Hannibal berhasil menghancurkan 50.000 pasukan Romawi dalam satu hari.

0e1d5d7aa8ff6cc14aa41689b6c92b5f
Battle of Cannae, kemenangan terbesar Hannibal

Setelah itu, sayangnya, sejarah kekalahan Carthage tertulis. Jika saja Hannibal langsung menuju Roma maka sejarah akan berubah. Tapi Hannibal yang kehilangan banyak pasukan, merasa Carthage terlalu lemah untuk menyerang Roma secara langsung dan menunda serangan langsung ke pusat.

Hannibal tidak bisa disingkirkan dari selatan Italia, dan dia juga tidak bisa menduduki Roma sehingga situasi seperti api dalam sekam. Di sisi lain Romawi meluncurkan serangan pada daerah Carthage di Spanyol. Meski kalah, tapi ini menjadi latihan bagi Publius Cornelius Scipiosurvivor dari Perang Cannae yang menjadi jendral di usia 25 tahun.

Pelan-pelan Publis merebut daerah yang diduduki Carthage; Carthago Nova di 209 SM, mengalahkan adik Hannibal, Hasdrubal Barca di Perang Baecula, memenangkan Perang Ilipa di 206 SM dan adik Hannibal yang lain, Mago. Baru di tahun 208 SM, Hasdrubal kabur dari Scipio dan memimpin pasukan dari Spanyol menuju Italia.

Sebelum mencapai saudaranya, ada Roma di tengah mereka. Dalam perang di sungai Metaurus, Romawi mengalahkan 10.000 pasukan Hasdrubal. Sebagai tambahan, mereka mengirim kepala Hasdrubal kepada Hannibal. Dan ini, adalah pertanda kekalahan Carthage bagi Hannibal.

the-battle-of-zama-cornelis-cort
Battle of Zama lukisan Cornelis Cort

Di 203 SM, dalam tekanan Romawi, Carthage memerintahkan Hannibal dan Mago untuk kembali pulang. Ini mengakhiri agresi 16 tahun Hannibal, yang meski terluka, mengakui kalau semua adalah salahnya. Memulai perang saat Carthage belum siap, berangkat dengan pasukan yang terlalu kecil untuk melawan Romawi, dan itu sia-sia.

Sekembalinya Hannibal, perdamaian antara Carthage dan Romawi pecah dan perang berlanjut. Dengan pasukan sejumlah 40.000 orang, Perang Zama di tanah yang sekarang adalah Tunisia terjadi. Publius kembali menjadi lawan Hannibal. Kali ini, taktik perang Romawi sudah lebih baik setelah banyak menghadapi Hannibal.

Hasilnya sudah jelas, Carthage kalah. Setahun kemudian di 201 SM, Perang Punic Kedua akhirnya selesai. Setelahnya, Hannibal berusaha membangkitkan kembali keuangan Carthage demi membayar pajak yang dikenakan Roma. Tapi jelas ini bukan akhir perjuangan Hannibal.

Di 191 SM, Hannibal melancarkan serangan pada Romawi atas perintah Kekaisaran Seleucid. Kembali kalah, Hannibal kabur ke Kerajaan Bithynia di Asia Kecil, tempat dimana pasukan Romawi menemukannya. Mereka mendesak agar Hannibal diekstradisi. Tahu bagaimana nasibnya jika jatuh ke tangan Romawi, pada 183 SM akhirnya Hannibal mengakhiri kisah hidupnya dengan tangannya sendiri.


IMG_20171108_205717.jpg

Sama seperti kisah Hannibal di Perang Cannae, Nogi pada akhirnya berhasil menaklukkan Big Egg. Memang bukan karena taktik yang superb atau sesuatu yang out of the box, tapi lebih kepada perjuangan pelan-pelan yang berakhir manis.

LLC jelas tidak bisa dibandingkan dengan kemampuan taktikal seorang Hannibal Barca. Nogi pun tidak bisa dibandingkan dengan pasukan Carthagians. Tapi jelas pencapaian mereka bisa disamakan dalam bidang masing-masing.

Sejak debut, sejak failzaka46, sampai akhirnya di Tokyo Dome, membutuhkan waktu yang panjang. 6 tahun memang tidak bisa dibilang panjang, tapi mengingat bagaimana Nogi lahir dan masa depannya direncanakan, hal ini berlangsung cukup lama. Yah, karena memang jalannya tidak selalu mulus.

Konser di Dome kemarin pun berlangsung relatif aman. Dan karena memang ini bukan konser yang ditujukan untuk sesuatu yang spesial, karena hanya sebagai penutup dari Manatsu no Zenkoku Tour, konser dua hari sebenarnya sudah cukup untuk membuktikan level Nogi saat ini.

This slideshow requires JavaScript.

Sekitar 100 ribu orang memadati Dome dalam dua hari, mencapai kapasitas maksimal. Hal ini berarti banyak, karena bisa dibilang pencapaian yang “wajib” untuk ukuran grup yang disebut sebagai “nation idol group” sekarang ini. Tepuk tangan terasa tidak begitu penting karena ini sudah “wajib” dan “sudah seharusnya”

Namun bagiku sendiri hype dari konser ini lebih mirip dengan keberhasilan Battle of Cannae. Kenapa? Karena meski Nogi tidak pernah secara eksplisit berhasrat untuk konser di Tokyo Dome, tapi panggung ini adalah salah satu target mereka sejak lama, bahkan sejak AKB konser disini.

Konser kali ini mencapai target itu, dan mewujudkan salah satu impian lama. Hanya, sekali lagi, aku merasakan sedikit bad omen kali ini. Apalagi kalau bukan karena melihat flow Nogi yang sedikit beriak akhir-akhir ini. Mulai dari gelombang PBkritik pada grup yang temponya sedikit melambat, sampai graduate-nya Bebitan & Hime.

b89802bd-7257-4965-9904-8988116d7981.jpg

It is weird, tapi memang, keberhasilan di Tokyo Dome ini tidak akan berarti jika Nogi sendiri masih dengan flow seperti ini sampai spring tahun depan. Shifting image yang jelas berpengaruh, jika memang sudah “kecemplung” maka lebih baik jika sekalian merubah arah musiknya, meski sedikit.

Akan lebih baik begitu karena, bagiku pribadi juga, title song dari Nogi tahun ini meh. Jadi meski Tokyo Dome bisa full house, tetap masih ada yang kurang. Atau karena terlalu maruk? Mungkin, hanya aku melihat terlalu banyak berita buruk untuk entertainment world yang kuikuti akhir-akhir ini.

Yang pasti, jika memang Nogi saat ini memenangkan Perang Cannae, maka progress ini harus dilanjutkan jika tidak ingin menemui hasil akhir seperti Hannibal. Dalam kasus Nogi, gagal melanjutkan tren atau mempertahankan popularitas dan menurun atau malah hancur-hancuran tahun depan.

Tokyo Dome bukan akhir, tapi hanya satu hal yang harus dilakukan. Masih ada kekaisaran Romawi yang belum dirubuhkan Nogi, dan frasa yang cocok untuk mereka adalah Aut viam inveniam aut faciam

Sementara untuk fans, It’s not what you appreciate; it’s that you appreciate. Oke, ini terdengar selfish setelah semua yang kutulis kali ini, hanya saja, aku masih belum ingin mengucapkan selamat tinggal, so, allow me to be frank.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

98 Comments

  1. Ketika Kartago tidak memimiliki angkatan senjata yang permanen dan tangguh, akhirnya mereka menyewa tentara bayaran, dan ketika membayangkan Kartago membayar tentara tersebut dengan PB Nogi atau Keyaki, aku ndak yakin mereka bisa menahan ke”serigala”an mereka dalam melihat PB tersebut, lol

    Like

    1. bila Nogi berhasil mengejar “Bigg Egg”, bisa jadi, Keya bisa membuat tempat mereka sendiri, yah, kayak Woodstock, siapa kira, berawal dari festival di ladang, bisa seterkenal itu, banyak tempat dijepang yang belum diketahui potensi untuk dijadikan venue yang kelak menjadi yang terbaik sepanjang sejarah permusikan jepang

      Like

    2. Jangan berpatok dalam aturan yang tak pasti, Keya juga tidak mengatakan memiliki target untuk menaklukan Big Egg, jadi tinggal dukung langkah mereka, selagi mereka masih semangat

      Like

    3. Juga, sejak kapan, menggapai Tokyo Dome dijadikan lomba, itu bukan patokan yang pasti untuk sebuah kesuksesan, juga kita tidak mengetahui, arti dari kesuksesan secara harafiah yang diterima secara universal khususnya di Jepang

      Like

    4. makanya dari itu, keyaki harus mwmbuatnya sendiri, ngapain jadi follower kalau bisa jadi pioneer dalam hal ini

      Like

    5. masuk akal ??

      mereka aja udah ndak masuk akal dari awal, idol group yang terkesan bukan idol umumnya, lirik dan musikalitas yang berbeda, dan lain sebagainya

      Like

  2. Lupa isi artikelnya. 😅

    Ane sadar Tokyo Dome prestisius, dan ini salah satu pencapaian terbesar Nogi, bisa tampil ditempat ini. Tapi, kok, ane lebih ngerasa daya magis Jingu, ya, daripada Dome? Mungkin, harus liat liputannya di Nogishow, biar ngerasa juga. 😆

    Like

    1. Nggak “Nah kan”, udah ane baca dari awal. Cuma setelah baca, lupa ane isinya. Short memory loss gitu. 🙂

      Mungkin karena sering di Jingu, jadi Nogi = Jingu. Di Jingu juga banyak gimmick menarik dari konsernya Nogi. Di Tokyo Dome ini, kayak konser biasa aja. Tapi, ya itu, nunggu liputannya aja. 😀

      Min, passwordnya apa nih, buat artikelnya? Dihangout?

      Like

    2. Pikun? Umur gak bisa boong sih 😀

      Ya lebih ke penutup tur aja, diumumin juga di tengah2 tur, jadi gak berasa spesial 😀

      Udah tau kan? 😀

      Like

  3. Ane pribadi sangat senang akhirnya nogi berhasil sampai di Tokyo Dome. Meski sangat disayangkan Bunda Mai sama Nananim tidak bisa ikutan. Itu juga mungkin yang buat rasanya ada yang kurang. Tapi ya sekali lagi ane bersyukur nogi bisa sampai di sini.

    Soal image, duh ane makin bingung. Ane liat maiyan udah makin buka-bukaan di majalah. Member juga kalau promosi pb bagian yang dibuka pas pakai bikini. Takut ane nogi udah gak konservatif lagi (ane dari kemarin bingung mau pakai istilah apa dan akhirnya inget setelah baca link yang mimin kasih di komentar artikel sebelum-sebelumnya 😀 ) Semoga aja ini bukan yang pertama dan terakhir nogi konser di tokyo dome 🙂

    Like

    1. Udah biarkan mereka tenang disana 😀

      Kalau soal image, ini bagian dari “Aut viam inveniam aut faciam” jelas. Ada demand ada penawaran. Mungkin lebih lengkapnya di artikel akhir tahun aja. 😀

      Like

    2. Masih belum rela. Karena ane jatuh cinta sama mereka dan nogi setelah mereka udah grad 😀

      #Ditunggu 😀

      Btw itu yang nuduh kopas artikel bahaya min. Bisa merusak nama baik. Ntar salah-salah kena lapor juga. Terus pindah lagi. Lagi kena lapor. Pindah lagi. Kayak kandang serigala sebelah 😀

      Like

    3. kalau soal bikini selama masih tahap PB dan bukan majalah gravure nggak jadi masalah tapi cuman kritik member2 nogi keya sebenernya kurang proposional untuk model gravure

      Like

  4. entah kenapa hype tokyo dome kurang berasa. konser di dome serasa sebagai “formalitas” aja untuk ngimbangin pencapaian official rivalnya 5 tahun lalu. mungkin juga karena daya magis jingu yang tiap tahunnya selalu wah, jadi tokyo dome serasa kurang.

    tapi overall konsernya keren, full house selama 2 hari terus ditutup pake 乃木坂 46 アリガトウ dari fans.

    Like

    1. Nah itu dia, makanya kali ini, jangan sampe jadi satu momentum aja kaya Perang Cannae. Jingu jelas punya peran besar buat “overshadowed”-nya Tokyo Dome…

      Like

  5. Komen ane sama kyk bapak srigala nasional di atas n agan Vanquire, Jinggu lebih krasa sbg tmpat yg WOW buat Nogi, makanya pas diumumin Nogi konser di dome yg ane rsakan skedar, “wah, slamat”, gk sampe yg terlalu gmn2 nanggepinnya, mungkin gra2 kyk ente bilang min, Nogi tidak pernah secara eksplisit berhasrat untuk konser di Tokyo Dome.
    Tpi tetep sneng Nogi bisa ke TD dan mnuliskan nama mreka sbg salah satu idol yg pernah konser disana.

    Klo urusan PB yah mau gmn lagi, Nogi lagi naek daun, penerbit pasti kpincut, n LLC pasti tergiur, kloplah sudah 😀

    Utk musik, mduah2an Nogi bisa trus jga kualitas lagu n trus ditingkatkan *serasa pesan guru yg ditulis di raport anak muridnya 😀

    Like

    1. Kirain sama kayak Bapak Serigala Nasional di segmen “lupa isi artikel” 😀

      Harapan ane cuma konser kali ini bukan cuma buat event “asal ada” 😀

      Mungkin pihak2 yang bikin PB ini gak tahan denger lolongan+iler serigala yang dompetnya tebel 😀

      Sekarang sering liat nilai raport cucu ente ya? 😀

      Like

    2. Dgn umur ane yg masih fresh ini, ente tkut ane lupa isi artikel kyk bpk srigla nsional? Haha, becanda aja ente 😎

      Asal Ada, Pngen mnegaskan idol yg lagi diatas, dll, mudah2an bukan sperti itu, lbih ke hadiah utk member n fans yg sudah bersama- sma sejak Nogi kbentuk.
      Lagian klo menganalisa (halah) komen kapten yg bilang masih ada tempat luar biasa selain tokyo dome, brrti tokyo dome emng bukan dianggap sbgai tujuan akhir, tujuan teratas Nogi meski Tokyo Dome jg gk bisa dipungkiri sbg slh satu tmpat luar biasa (komen apa sih ane ini)

      Dan ane bukan termausk dari kedua golongan itu, golongan srigla dan golongan dompet tebel *ntah harus bangga atau miris dgn keadaan kyk gini 😀

      Lagi2 becanda 😀

      Like

    3. Fresh? 😀

      Ini Ejaan Aoko Yang Dirumitkan atau gimana? 😀
      Nah, tempat luar biasanya itu dimana, itu yang jadi pertanyaan 😀

      Nangis dulu sono 😀

      Mengalihkan pembicaraan? 😀

      Like

    4. Iri ya gra2 ente dah kadaluarsa 😀

      Kok tau? Jgn2….. 😀
      Kmarin di blog bbrp nyebut Nissan stadium (?)
      Klo ane sih, GBK 😀

      https://goo.gl/tKHBfL

      Emngnya kpn pmbicraan di blog ini gk teralihkan? 😀

      Like

    5. Sok2 mau jadi kids zaman now ente 😀

      Kemarin liat ada kamus bahasa Aoko 😀
      Yokohama international arena, kalau buat ane masih kejauhan itu.

      Ente, bukan piter parkir 😀

      Kaya di sebelah 😀

      Like

    6. Ane emng anak zaman now, tpi tidak scr berperilaku yg buruknya 😎

      Beli? atau skedar buka bungkus diam2 pas pnjga toko buku lewat langsung kalap 😀
      Kejauhan gmn ini?

      Ah bisa aja nih yg namanya gitu 😀

      Apa2 sebelah yg disalahin, kasihan 😀

      Like

    7. Tae mau enaknya doang 😀

      Liat doang, langsung dogeza dan pergi 😀
      Ya masih kejauhan, level Nogi sekarang palingan gak bisa bikin sold out disana.

      😀

      Kasian mulu tapi sendirinya gak pernah kesono/bicara hati ke hati sama yang punya kos 😀

      Like

    8. Nah kan ane bcara jujur ente sewot 😀

      Ckckck, ane gk kaget klo ente bgtu 😀
      Lbih besar kah kapasitasnya?

      Ane tkut kecipratan nasib miris nya 😀

      Like

    9. Oh si Jujur orng hong kong? 😀

      Ngehormati gra2 dogeza? Ane gk yakin, pling ente lagi nyari uang receh yg mna tau ajtud terus nyelip di rak2 buku 😀
      70-80rb ya, 2020 bisa lah klo gitu Nogi konser disana 😀

      Apaan “nah itu” sgl

      Like

    10. 😀

      Oh iya ya, ente dari masa majapahit ya 😀
      Klo ente mahal juga kah klo dijual? 😀

      Awas, doa orng teraniaya itu ampuh, tar dikutuk sama “dia yg miris” bru nyahok ente 😀

      Like

    11. Ane sering diminta jadi koresponden National Geographic History, cuma ane tolak 😎

      Siapa? Bapak kos sebelah? Duh harus pura2 takut dong ane 😀

      Like

    12. Ya enggaklah, ane cuma ngurus klo mreka btuh ksih syang, klo soal mkan kan mreka dah pda kerja 😀

      Yah mau gmn lagi, mau kerja jd superhero dah gk dipake lagi, jd asyik nangis lah 😀

      Like

    13. Ogah jadi kembaran tuh ninja 😀

      Jgn lait pakaiannya, tpi smngat juang superheronya, mreka dah tua, hdup di panti jompo, tpi tetep ada smngats uper hero 😀

      Like

    14. Itumah Ninja yg ada dirumah ane…
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      brosurnya! 😀

      Hasil jd urusan terkahir, yg penting semangatnya, hasil buruk juga gra2 ulah kuning n patrick sensei 😀

      Like

    15. Iya, tiap hari ane liatin angkanya, mana tau ada yg rontok atau ada yg berubah 😀

      Bukan sok2an, tpi semangat 😀

      Like

    16. Jual gram cuma bisa beli motor ninja bekas
      .
      .
      .
      .
      .
      Maenannya 😀

      Namanya jg semangat api *malah ke naruto 😀

      Like

  6. Yah emang kesannya kaya konser2 biasa. Toh juga ‘cuma’ penutup summer tour. Harapannya nanti mereka bisa bikin special konser, bukan graduation konser, bukan birthday live, tapi dengan nama yg beda dan baru. Karena selama ini, pola konser Nogi tiap tahun ya gitu2 aja. Zenkoku tour, birthday, chrismas, under, dst.

    Like

    1. Kalau buat ane, andaikata konser lagi disini, itu joint concert sama Keyaki. Ini harapan yang belum terkabul buat ane, sekali setahun juga boleh. 😀

      Like

    2. nah ini dia juga yang ane idam idamin, konser tunggal sakamichi series. bahkan mungkin mayoritas fandom pengen ini.

      tapi kalo dipikir pikir dari manajemen. kalo mereka bisa bikin 2 konser terpisah yang masing2 fullhouse, kenapa harus disatuin di satu konser ._.

      Like

  7. Hmmmm
    g rasa kalo dome di gelar 3 hari juga masih bakal full terus

    Bagus aja, seneng aja ngeliat mereka akhirnya bisa nyentuh tokyo dome, keinginan dari lama.. Memang enggak di umbar”. Ikoma yang akhirnya bsa ngerasain dome bareng nogi, Hime dan marika yang Grad..

    **nanya : ini konser terakhir mereka b2 kan ya?
    Last HS marika tgl 23/12 , lalu himetan kapan? sama? setau g dia belom resmi out
    ada udh resmi?

    Final zenkoku tour ata mungkin ada bbrp yg meng-anggap ini adalah Grad concert.


    bagi kalian yg sadar , dan ini jg baru prediksi gua, kyknya semua kostum mereka d rombak habis” an. Influencer yang d rombak kyk kostum tuan putri, *Bagus
    atau yg di pakai Asuka&Marika di atas, kira” lagu apa ya? Umareta Mama de?

    g berfikir sama ama u gan,

    ” Konser kali ini mencapai target itu, dan mewujudkan salah satu impian lama. Hanya, sekali lagi, aku merasakan sedikit bad omen kali ini. Apalagi kalau bukan karena melihat flow Nogi yang sedikit beriak akhir-akhir ini. Mulai dari gelombang PB, kritik pada grup yang temponya sedikit melambat, sampai graduate-nya Bebitan & Hime.

    Yang pasti, jika memang Nogi saat ini memenangkan Perang Cannae, maka progress ini harus dilanjutkan jika tidak ingin menemui hasil akhir seperti Hannibal. Dalam kasus Nogi, gagal melanjutkan tren atau mempertahankan popularitas dan menurun atau malah hancur-hancuran tahun depan. ”

    Nogi secara perlahan mencoba meng-otak atik Kubik 3×3 nya satu persatu, mencoba kira” yg mana yang bakal tembus pasar, g yakin mereka (org” yg punya hak akan nogi) juga mikir kalo Gelombang pertama mereka udh mulai lemah, harus dicoba di rubah ke yg baru.
    Gen1 engga brtahan lama lagi kecuali mereka yg masih muda ( contoh : Dalam anggapan bahwa umurlah yg menjadi alasan Grad) Image nogi yg kita tau selama ini bener” lengket dengan Gen 1 mereka, well no wonders

    jjur yg g maksud d sni adalah MEREKA/MEMBER GEN 1 yang memang senbatsu (Mereka” ini yg punya image *Purple Line kalo u biasa bilang)

    gimana bila image nogi di mainin di gen 2 & 3, pasar suka? fans lama gimana?
    karna kita punya OSHIMEN, makanya jarang kita bsa suka yg baru hanya pure dari lagu doang, Kecuali memang” enak di denger.

    *DAMN kepanjang

    Like

    1. Kalau konser terakhir mungkin enggak. Masih ada konser lain sebelum 23 Desember, kalau Hime juga belum ada tanggal pasti, toh kerjasama bareng Radio Fish masih pake nama Nogi.

      Shifting ke generasi 2&3 udah keliatan, meski porsinya beda. Yah, semuanya nunggu flow, karena belum ada tanda2 ada nama besar lain yang bakal grad, dan sekali lagi, “pengganti” bukan terms yang tepat. 😀

      Kalau untuk lagu, untungnya, sejauh ini fans Sakamichi masih “sehat” dan gak liat siapa member yang jadi center. Gak terlalu lah kaya grup sebelah.

      Like

  8. Krn saya gak kenal sama sosok yg mimin bahas diatas,saya mau rada2 sama2kn Nogi sama sosok yg saya kenal😀
    Bagi saya Nogi kyk Tughuril Mahmut..secara perlahan satu persatu mulai dicapai,kl Nogi pencapaian terbaik saat ini Tokyo Dome,kl si Tughuril Mahmut dlm cerita yg saat ini saya ikuti,pencapaian terbaik’y saat ini berhasil meredam pemberotakan dari 3 sultan di kerjaan Turqey dan berhasil membuat koalisi dgn 3 Negara di dekat’y(lupa nama negara’y) untuk melawan kerajaan penjajah(lupa juga nama’y)..
    Memang tujuan Tughuril Mahmut belum tercapai,krn masih berlanjut cerita’y,dan begitupun Nogi sama,malah gak tahu saya,saat ini tujuan Nogi apa,setelah mereka berhasil jd Idol Nasional(pdhl di internasional pun dh terkenal) 😊
    Hanya saja menurut saya, kesamaan’y yg sama diantara mereka adalah kesabaran dan perjuangan yg tak kenal lelah 😀

    Konser Nogi di luar jepang dengan full member bisa terjadi gak?dan kl bisa,yg cocok dmn?😀
    Dan kenapa tiap tour Nogi jarang,(mungkin) gak pernah bawain lagu sayoimi setelah center’y pergi?😀

    Like

    1. Kadal, ternyata anime 😀
      Gak tahu anime dan lebih suka baca manga, jadi pass 😀

      Full member overseas? Bisa aja kalau mau keluar duit segitu banyak 😀
      Tempat mungkin yang deket2 aja, Taiwan/HK 😀

      AH perasaan ente doang kalau itu mah 😀

      Like

    2. Emang dikira’y apaan?😀
      Ada lho manga’y juga..rekomen deh bagi yg suka sama cerita yg berbau historis/kerajaan 😀

      Terlalu deket itu mh,naik kapal aja kl pengen murah,pengen lebih murah,naik sampan😀

      Soal’y belakangan ini kl lihat list tour,sayoimi gak terlihat😀

      Like

    3. Kalau menyangkut ente, biasanya yang HBD HBD 😀
      Ane suka manga yang didasarin sejarah asli, gak banyak bumbu 😀

      Curhat yang gak bisa ke singapore meski deket? 😀

      Masa? 😀

      Like

    4. Ckckck..kl anime atau manga gak demen yg HBD 😎
      Ya itu juga gak banyak bumbu,kecerdasan dan strategi’y yg saya demen dr anime ini😀

      Siapa yg deket?jauh saya mh,harus nyebrang sungai laitan berkali2 😀

      Iya,itu yg saya rasakan😀

      Like

    5. Saya cari2 nama tokoh di dalam dunia nyata,ada yg sama nama’y sama di anime tsb,Mahmut juga,kelahiran Baghdad dan meninggal di Turki,sdkt ada kesamaan😀

      Lho bkn’y mimin yg dkt sama singapur?😶

      Mimin lihat aja track list setelah dia gak ada,lagu’y jrng dibawain😁

      Like

    6. Ya gpp,yg penting ada walau penampilan berbeda..kl harus mirip mh,hrs kakek2 dong animasi’y😀

      Lho knp,kn cuma nanya..gitu aja lgsg ngatain yg tdk2😒

      Ya biar gak cuma perasaan aja😀

      Like

    7. Yang penting akurat lah 😀

      Kapan ane bilang posisi ane deket sama Singapore? 😀

      Kan udah pasti, jadi ngapain pake nyari2 info segala 😀

      Like

    8. Gak asyik dong kl gak dibikin ganteng/keren mh😀

      Kirain deket sama pengasuh detektif mesum😀
      Baru inget,mimin yg punya gunung yg ada “padang pasir” ya😀

      Kata’y cuma perasaan,skrg yakin😒

      Like

    9. Ya kan ane bilangnya yang penting akurat 😀

      Ini apa lagi padang pasir segala? Ente dehidrasi? 😀

      Karena ente nyuruh2 cek, jadi ya ane yakinin aja lah 😀

      Like

    10. Masa gak ngerti?bromo maksud’y😒

      Tumben yakin sama saya?
      Berarti dah yakin juga sama hubungan saya dan Ashu(?)😀

      Like

  9. Tenang saja nogi keya secara popularitas bakal bertahan lama karena sakamichi kan pengikut iluminati freemason ,lol lambang segitiga 😏😏😏😎😎😎😎😎😎

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s