Produce 48, Nuts on the Toast

My initial thought was “a spread of nutella butter on a toast won’t feel as bad as the nuts who gonna roast everything

Ya, bagiku, berita tentang Produce 48 secara konteks, memang mengejutkan. Karena apa? Yah, seperti yang sudah sering kukatakan sebelumnya, industri hiburan dua negara ini sangat berbeda. Bahkan dari segi idolnya sekalipun. Approach dan konsep, sampai musik dan image, semuanya berbeda.

Stigma yang berkembang tentang perbedaan antara J & K sama seperti jarak antara Finlandia dan Korut. Begitu jauh meski aslinya hanya dipisahkan satu hal; Russia dan budaya. Masa lalu, dan sentimen seperti Donald Duck serta Mr. Jones, susah akur.

Dan, ya, kita mulai saja artikel tentang pandangan subyektif seorang Mac Orion untuk Produce 48. Well, ini sekali lagi subyektif. So stupid of me who claims other people mind.


Bagi yang belum paham, Produce 101 adalah survival variety yang digagas Mnet sejak 2015 lalu. Sistemnya adalah trainee dari berbagai agensi dikumpulkan untuk kemudian dipilih 11 terbaik dan didebutkan dalam sebuah grup proyek. Dari Season 1, lahirlah girl group IOI yang sukses melahirkan banyak nama dan grup dari agensi masing-masing saat ini.

Girl group Gugudan, DIA, Pristin, Weki Meki, lalu solois Kim Chungha dan TV personality Jeon Somi menjadi alumnus dari IOI. Beberapa langsung debut saat masih berstatus anggota IOI, yaitu Jung Chaeyeon yang kutulis di artikel sebelumnya. Chaeyeon debut dengan DIA di bulan September 2015.

Kenapa bisa grup yang sudah debut bisa masuk ke Produce 101? Karena saat itu konsep idol survival variety sedang trend, apalagi setelah acara SIXTEEN yang melahirkan TWICE. DIA yang kusebut juga masih termasuk nugu group alias tidak terkenal saat Produce 101, karir mereka terbantu karena Chaeyeon.

Masuk Season 2, kali ini dikhususkan untuk kontestan laki-laki. Well, karena ini jugalah aku tidak mengikuti Season 2, dalam artian tidak berminat mencari tahu tentang member-membernya. Dengan konsep yang sama, Season 2 ini melahirkan grup yang sekarang sedang panas-panasnya sekarang di KPop; Wanna One.

Popularitas Produce 101 yang semakin naik membuat atensi untuk Season 2 meningkat tajam. Bahkan muncul petisi agar Wanna One tidak dibubarkan seperti IOI, karena banyak fans yang kadung jatuh cinta dengan grup 11 member ini. Dengan nilai jual seperti ini, jelas Season 3 menjadi ditunggu-tunggu.

Sekitar bulan Oktober kemarin, sudah ada desas-desus kalau Mnet akan bekerjasama dengan AKS. Hal ini memicu debat panas yang baru berakhir setelah akhirnya ada pengumuman resmi di MAMA akhir November kemarin. Official statement dari Mnet adalah menggabungkan yang terbaik dari dua dunia;

Memilih idol mana yang bisa debut dari konsep Produce 101 dan konsep idol you can meet 48G dengan theater sendiri. Inilah yang dikejar Produce 48. Dan untunglah bagi purist, karena Season 3 ini tidak berencana membuat co-ed group seperti yang ditakutkan, karena tujuan utamanya adalah global girl group.

Yeah, ini ide yang terdengar bagus. Karena percaya atau tidak, aku pernah menulis cerita dengan konsep serupa beberapa tahun lalu. Yang minat silakan PM saja. Tapi, bicara realita, ini tidak akan semudah skenario, karena apa? Kita bahas di bagian selanjutnya.


Well, seperti pernah kubahas; budaya ngidol yang benar-benar berbeda. Jepang dengan segala keunikannya dan pasarnya yang luas, lalu Korea dengan pengaruhnya yang lebih global dan menjunjung perfeksitas. Pangsa pasar yang juga berbeda, karena JPop adalah industri musik yang jelas lebih besar dari KPop.

JPop tidak pernah mendapat craze sebesar KPop, tapi rentang waktu mereka jauh lebih lama. Dengan banyaknya benda dan kultur made in Japan sejak puluhan tahun lalu, ini tidak bisa dibandingkan dengan KPop yang baru mulai besar di Asia sejak pergantian millenium.

Tapi karena sudah pernah kutulis, dan tidak ada gunanya panjang lebar menulis lagi dengan hanya sedikit modifikasi, selain karena tulisan ini toh pasti dicopy. Jadi hanya poin-poin utamanya yang akan kutulis ulang. Pertama, dari general approach; perfeksitas vs probabilitas.

KPop jauh lebih perfeksionis dalam tingkat ekspektasi mereka untuk idol. Baik dari kemampuan maupun visual. Hal yang kedua bisa ditutupi jika punya kemampuan yang bagus, as seen on some of today’s K-act, tapi hal ini jarang. Sekali lagi, perfeksionitas menjadi hal utama. Beda dengan JPop.

Video tentang 2x speed dance dari SuJu ini baru saja tayang di Weekly Idol, acara khusus idol yang membuat idol menampilkan kemampuan mereka (ditambah bumbu yang gila). Dan apakah bisa member 48G/Sakamichi melakukan ini? Atau random dance play dari lagu-lagu mereka? Nope. No. Dari awal levelnya sudah beda.

Probabilitas menjadi kekuatan utama, karena sistem asal debut baru training bukanlah hal aneh. Yah, aku jelas tidak akan bilang secara keseluruhan dunia idol JPop terfokus pada 48G/Sakamichi, tapi karena nama merekalah yang digunakan, maka harus disetel ke level mereka. Dan yah, kalian tahu sendiri.

Memang hal ini lebih ke stereotype, karena tidak semua K-Idol perfect. Beberapa nama besar sekarang seperti TWICE, Blackpink, Red Velvet -Big 3 dari Big 3 companies- talent jelas bukan faktor utama, tapi bagaimana manajemen mengemasnya. But still, they’re way better than 48G/Sakamichi if we talk about ability.

Jika talent adalah hal utama, dalam hal ini vokal, maka Little Glee Monster dan MAMAMOO jelas akan menjadi queen di JPop dan KPop. And then, there are very very few 48G/Sakamichi members if we talk about talent. Member kelas A dari 48G/Sakamichi akan kesusahan mempertahankan posisi ini jika ada di KPop.

Kedua adalah konsep. Apakah Produce 48 akan mengambil jalan “meminjam” konsep 48G dengan tetap menggunakan trainee dari Korea atau benar-benar melibatkan 48G sebagai trainee. Jika konsep kedua yang dipakai, maka baru kita bisa mengkhawatirkan tentang culture clash seperti yang kutulis di poin pertama.

Skenario kedua sejujurnya sedikit over menurutku. Seperti yang kubahas diatas, standar ekspektasi yang super tinggi dari K-netizens, I don’t know, it was way worse than J-netizens. Mengingat Produce 48 akan disiarkan di Korea saja -setahuku belum ada info tentang apakah ada yang membeli hak siar acara ini di Jepang-

Selain itu, jumlah member lebih dari 10 tidak selalu diterima pasar dengan baik. Super Junior sebagai salah satu pioneer dalam jumlah member terbanyak di KPop pun tidak debut dengan sambutan baik. Grup dengan jumlah member >10 baru bisa disukai lewat Produce 101; IOI dan Wanna One.

48 Member? Kita tahu jelas tidak akan sebanyak itu, bahkan jika membaginya kedalam team, konsep ini masih terlalu membingungkan untuk K-netizen. Dan juga ekspektasi akan “produk impor” jelas akan mempengaruhi, untung tensi politik dua negara sedang adem sekarang.


Nah, dari dua poin diatas, plus fakta kalau J&K adalah realita yang berbeda, termasuk untuk urusan ngidol, proyek Produce 48 ini jelas patut ditunggu. Aku tidak akan menyinggung tentang kegagalan -well, kurang berhasil- tentang idol survival variety seperti Boys24, yang dari konsep kupikir ini adalah yang akan digunakan.

Konsep Produce 101 yang mirip-mirip SSK sendiri sudah lama disindir, dan sejujurnya, Season 1 & 2 adalah panjang tangan AKS untuk masuk ke pasar Korea, pasar yang lama ingin mereka tembus. Jika aku tidak salah ingat, saat peak Hallyu di Jepang, AKB pernah membawakan Hebirote di Korea, and it didn’t ended well…

Aku sendiri jelas tidak akan mempertaruhkan leherku untuk mengatakan Produce 48 akan menjadi huge hit, best of both worlds yang akan mendobrak dinding antara J&K. I’ll just say, it was worth waiting for. Do not let yourself roast the toast too much or it’ll burn and lost it’s taste. 

Dan satu hal terakhir, ini bukan akhir, but a scheme to a bigger picture, even for Sakamichi, aku sudah pernah mengatakan ini sebelumnya. Ini sudah mulai terlihat. So, let the Prediction 2018 begin.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Advertisements

46 Comments

  1. Wah akhirnya yang #ditunggu telah dibuka gemboknya 😀 (udah gatel pengen komen soal pd48 ini)

    ane sebenernya udah curiga bahwa akan ada season selanjutnya, nonton 15 detik terakhir episode final pd101 season 2 ada kerumunan perempuan menuhin satu hall dan sountracknya mengingatkan ane ke 48G karena kemiripan di musiknya. dan tiba2 ada info “pd101 x akb48 presents pd48”

    pertama ane tau tentang hal ini, ane cuma bisa bilang “ehhhh????, ga salah??? seriusan???” ah pokonya gabisa diungkapin dengan kata2 yang jelas. ane ngikutin pd101 season 1 & 2 dan emang acara yg menarik buat ane pribadi. jujur saja, ane suka banget dengan konsep pd101, meskipun ane masih bertanya2 apakah K-idol itu jadi profesi yang paling diminati sampai seseorang yang ingin jadi idol disana harus mati2an melalui proses training yang bahkan bisa bertahun2 buat bisa debut dengan perfect? sementara J-idol yang ane ikuti sebatas 4648G menggunakan konsep sebaliknya (masih awam dengan J-idol)

    banyak yang komen di FB bahwa ini jalan pintas untuk 48 Kingdom membentuk 48G di Negeri Ginseng, tapi ane ga berpikir sejauh itu… sepakat sama agan admin, meskipun pd48 ini nantinya mengusung konsep 48G, tapi ini acara punya K dengan tujuan menghasilkan global idol group disana, bukan co-ed idol dengan 48G… dan ane yakin bahkan trainee 48G ga akan masuk ke sini karena sistem, standar, dan outputnya udah beda.

    yg jelas ane udah gasabar nunggu pd48 ini tayang nanti, semoga lebih keren lagi konsepnya dari pd101 season 2 😀

    Like

    1. Tapi udah kelamaan kayanya, yang komen masih dikit 😀

      Ane gak nyangkanya itu sampe ada kolaborasi sama AKS (ini sama AKS kan pastinya?) soalnya yah, poin2 pendapat ane diatas udah cukup lah ya buat ngejelasin. Mnet juga punya catatan sedikit kelam.

      Ane ragu banget KOR48 atau SOL48 bisa kejadian, konsep 48G masih terlalu ekstrim. Ambil konsep idol you can meet bisa jadi, tapi jelas gak mentah2. Soalnya, sentimen dua negara ini pasti masih ada, dari oknum2 apalagi.

      Ya, mungkin ane bakal nonton lebih sering aja ini Season 3, yang dua sebelumnya cuma potongan2 😀

      Like

    2. mungkin belum ada yang mampir lagi karena yg lain berpikiran artikelnya diprotect, biasanya admin sama serigala2 kosan sebelah udah pada komen kalau ada artikel baru disini 😀

      ane kurang tau kalau kolabnya sama aks atau bukan, tapi kalau beneran kolab sama aks, CJ E&M punya keuntungan besar dibalik sisi gelapnya konsep produce M-Net. ya kasarnya aks atau aki-p(?) jual konsep 48 dengan embel2 kerjasama (siba v2.0)

      sepakat sama agan admin, ngebangun 48 sister di korea meskipun pake kerjasama dengan produser di sana jatuhnya ga akan bagus. kalau konsepnya masih mungkin bisa masuk (ssk, janken, teater, hs, dll)

      ahhh pokoknya can’t wait produce101 season 3 (ga enak nyebut produce48 😀 )

      Like

    3. Demand sama acara ini kurang kali ya 😀

      Gimana ya, soalnya dari forum2 sih bilangnya SNH lebih disukai netizen Korea karena image mereka yang lebih masuk ke selera, dari awal udah rada sensi mulu sama JPN48.

      Kecuali member2 kaya Yamamoto Sayaka mungkin masih bisa, tapi yakali dikirim ke Produce 😀

      Like

    4. maybe 😀

      ah, kalau udah bahas si adek yang itu 48G Japan udah ga akan menang, inget aja single ssk nya dibuatin glenn ballard, mv by zanybros, trainer dance dari korea. jelas selera netz korea suka.

      ngomongin hal di atas kalau yang kerjasama CJ e&m sama siba48 gimana ya? 😀

      member top yang dikirim udah pasti menang dong gan 😀

      Like

    5. Tunggu episode 1 aja lah 😀

      Nah itu dia, selera yang lebih sesuai jadi alasan.

      Ya, mungkin komen superioritas yang keluar setelah perform di MAMA kemarin gak ada, yang ada mungkin rasis2an dikit. 😀

      Belum pasti, karena diliat gimanapun juga, top member 48G/Sakamichi kalau dikirim ke Korea jatuhnya juga paling banter menengah keatas.

      Like

    6. hahaha iya deh, ane udah gasabaran banget soalnya 😀

      kerjasama siba48 dengan korea udah bagus sih (?)

      rasis membela negara masing2 (kayak perang dunia aja) 😀

      ternyata, dapet info dari fanpage sebelah, all member AKB48G bisa daftar jadi kandidat pd48…. semakin panas nih 😀

      Like

    7. iya masih lama, kemungkinan tayangnya bulan april sama kayak season 2 😦

      yang ane tau, salah satu unitnya snh yang 7senses ditraining sama agensi di korea… dan udah dapet 2 single yg korea banget style nya

      kalau minjem istilah di kosan sebelah, rasisme digital 😀

      katanya diumumin pas akb48 kouhaku, all member akb48g bisa ikutan pd48

      Like

    8. Padahal gak sabar liat fanwar *eh 😀

      Oh, tapi tetep rilis atas nama SNH kan?

      Yakin dari sebelah? Kok tumben berbobot 😀

      Hmm, ya jadi, kita liat aja siapa yang pede buat ikutan.

      Like

    9. fanwar kan seninya dunia idol min, ga ada fanwar ga asik ngidolnya 😀

      iya tetep rilis atas nama SNH,

      Yakin dari sebelah? Kok tumben berbobot 😀 <— entahlah ane juga heran 😀

      kalau buat voting mah kirim aja emak, pasti top 1 terus 😀

      Like

    10. Ya asal masih dalam batas wajar 😀

      Oh, jadi ya cuma sistem manajerialnya yang ada influence K gitu ya.

      Kerasukan kali yang punya kos 😀

      Bakal perang besar kalau voting SSK diitung 😀

      Like

  2. Ane baru tahu info ini kmrn setelah hermit mode ane berakhir, telat banget yak 😀
    Niat awalnya cuma pengen tahu info agnez sama raisa-isyana yang dapat award eh malah nemu info ginian. Pertama liat ada momen hening sejenak dan gak nyangka aja soalnya ane belum pernah denger desas desus buat programnya mnet ini sebelumnya, lebih milih apdet buat grup yg lain dan variety show 😀

    Dari awal ane udah gak semangat nonton mama setelah tahu ada di tiga tempat yang berbeda. Bikin males dan bener aja B)
    Ane inget AKB pernah tampil bawa river pas mama. Lupa tahun berapa dan itu momen yang bikin ane cringey pas nonton reaksi audiens koreanya.
    Salah satu komen yang ane banget dari asianjunkie, “Korea48 happening is karma to all kpop stans who love making fun of AKB48 but were quick to stan when produce 101 happened.. meanwhile it’s fun to see jpop stans freak out on my TL. thanks MNET”. Sip. Another fanwar yang makin asik buat diamatin 😀

    Jadi ini masih belum jelas gitu ya gan konsepnya gimana. Ane udah baca berita dari allkpop atau soompi pun masih gagal paham. Ane pikir di blog agan pasti dibahas, eh pas mampir kmrn di protected. Disitu ane bingung dan ternyata ada masalah toh. Moga masalahnya segera selesai dan keep writing gan!
    Fix nunggu tahun depan ini mah 😀

    Like

    1. Menang tapi sayang gak diundang buat perform raisyana 😀

      Yep, fanwar asal masih dalam batas wajar ini yang ane tunggu, yang bikin males kalau ada micin yang melebar kemana2 😀

      Format acaranya masih belum jelas, tapi kemungkinan ya cuma ambil konsep idol you can meet sama vote, soalnya kalau mix J&K malah mengkhawatirkan. 😀

      Iya untuk sementara ini bakal ane protect artikel2 baru, jadi ya harap maklum aja 🙂

      Like

    2. Nah dananya gak cukup kali. Padahal menang banyak mnet tahun ini ckck

      Fanwarnya fans jaman now kalo gak pake micin gak gurih (?) gan 😀

      Yang pasti kalo kemungkinan kedua yang agan paparin kejadian.. Netijen dua pihak makin gila terutama yang K. Eh tapi lucuk juga ya kalo bener kejadian 😀
      Ane pikir yang season 3 nunggu wannaone yg sependek pertahuan ane bubar dua tahun lagi sesuai kontrak awal :v

      Tetep semangat gan. Yg ngopy overdosis micin. Di sleding aja gan 😀

      Like

    3. Males bayarin tiket dari Indo 😀

      Asal jangan overdosis 😀

      Kata orang sih karma, dulu pas AKB manggung di Korea atau kolab antara JPop & KPop dibash, tapi pas SIXTEEN sama Produce 101 naik eh pada demen juga 😀

      Disleding gimana coba? 😀

      Like

  3. denger2 acara mnet pd101 itu banyak dramanya ya? ya gabeda jauhlah sama babeh akip yg suka ngetroll :v

    iya, kpop sama jpop itu beda jauh. kpop itu perfect sedangkan jpop, ya tau sndiri lah. di akb sendiri ambil aja contoh sashi yg dulu dianggap kurang dalam ‘visual’ tp skrg bisa jadi ratu ssk brkali2. jpop itu lebih ke nampilin proses sih, kalo kpop nampilin yg udh ‘jadi’.

    akip di sini bakalan terlibat langsung gak sih?
    cie, dibaik2in sama mnet sampe dikasih penghargaan segala wkwk
    kalo akip turun tangan, mungkin gak ya, trainee yg underrated bakalan kepilih, dan jadi semacam ‘anomali’ gitu, pasti heboh dunia perkpopan. halah kbnyakan micin gw jd halu :v

    Like

    1. Dramanya itu lebih banyak dari fans masing2 member sih.

      Nah, proses ini yang biasanya jadi serangan. SOalnya hasilnya juga gak keliatan, dan ane bilang dari segi idol, segi penyanyi bukan entertainernya.

      Belum ada selentingan kabar, kalaupun jadi juri juga bakal susah.
      Trainee 48G di korea? Sangat2 diragukan 😀

      Like

  4. Klo komen ane terkesan konyol, maklum aja ya, ane sma sekali buta sama hal ini.

    1 – “Sistemnya adalah trainee dari berbagai agensi dikumpulkan untuk kemudian dipilih 11 terbaik dan didebutkan dalam sebuah grup proyek.” <- maksudnya trainee dari agensi ini, trainee individu atau trainee yg udah dalam bentuk grup
    2 – Trainee dari agensi? semua agensi atau emng kerja samanya hnya dgn agensi yg ngurusin orng2 yg mau diorbitkan jdi idol?
    3 – 11 pmenang ini nantinya masih dibawah agensi mreka yg lama (saat mreka traonee) atau narik 11 pmemnang ke agensi baru buatan mreka?
    4 – Keuntungan bagi 11 pmenang acara ini apa aja?
    5 – Ada masa tugasnya gak 11 pmenang ini? maksud ane mreka dijadiin group utk jngka pnjang 5 tahun atau selama mreka bisa kompak bertahan?

    Utk saat ini segtu dulu pertanyaan konyol ane 😀

    “Kedua adalah konsep. Apakah Produce 48 akan mengambil jalan “meminjam” konsep 48G dengan tetap menggunakan trainee dari Korea atau benar-benar melibatkan 48G sebagai trainee. ”
    Klo melibatkan 48G, “seru” x ya? 😀

    Like

    1. No.1 Anggap aja Mnet kaya Avex, terus LLC ngirim trainee mereka (gen 3), S&F ngirim Hiragana Gen 2, AKS ngirim generasi berapa AKB, agensi SKE NMB dll juga ngirim trainee mereka, nah entar mereka yang kepilih bakal dikontrak jangka pendek sama Avex terus debut.

      No.2 kerjasama sama agensi2 yang punya trainee. Siapa aja yang mau ngirim trainee mereka ikutan Produce 101.

      No.3-5 istilahnya kennin, masih terikat kontrak sama agensi awal, cuma dikontrak setahun buat jadi grup kaya IOI & Wanna One. Keuntungan? Ya jadi populer instan, samalah kaya acara2 pencarian bakat.

      Seru di fanwar? 😀

      Like

    2. 1 – Paham2, trus ada batasan dalm jumlah trainee yg dikirim utk ikutan acara ini dari maisng2 agensi?

      2 – Sip, semakin cerah pngetahuan ane 😀

      3 – Oh, setahun kontrak toh, stelah setahun, dibubarkan?

      Ah ente curigaan aja 😀

      Like

    3. Gak ada, semua tergantung manajemen masing2. Banyak juga yang gak mau ngirim trainee buat acara ini.

      Makanya jangan nambang berlian semu mulu 😀

      Ya, kaya IOI bubar. Wanna One rumornya kontrak 2 tahun.

      Udah ketahuan kali 😀

      Like

    4. Gk ada btasan jumlah toh, berrti klo mnjemen mau kmungkin meng besar bisa lah ya kirim perwakilan sbnyak-bnyaknya 😀

      😀

      Jadi initi acara ini cuma kerja sama sesaat lah ya?

      😀

      Like

    5. Bisa, kalau gak malu dibilang gak tahu diri 😀

      Yang ane heran apa member 48G bisa dibolehin ikut.

      Ya namanya ajang seru2an doang, acara American Idol dll aja juga begitu kan.

      Like

    6. hahahaha

      Di event kouhaku 48G kmarin, diumumin tuh, seluruh member 48G diperbolehkan mngikuti produce 48 dan periode pendaftran dibuka dri tgl 15 dsember ~ (lupa) klo gk salah

      Iya sih 😀

      Like

    7. Kalimat baris 1 n 3 itu efek lagi sambil maen nogifes 😀

      Ane gk bakal tepuk tngan buat yg berani dagrat, berrti mentalnya luar biasa 😀

      Like

    8. Gila gra2 diamond semu 😀

      Buset, amburadul x kalimat ane, ini yg bener:
      Ane bakal tepuk tngan buat yg berani daftar, berrti mentalnya luar biasa
      😀

      Like

    9. Ngejar yg semu aja bikin gila, gmn ngejar yg beneran? 😀

      ini semua gra2 diamond *masih aja ngelempar keslahan 😀

      Like

  5. I feel soooo old 😦
    Bneran udah buta soal kpop,ngikutin brita artis YG aja senin kamis.
    Nih acara sedrama big brother/america next top model g?
    Enlight me about the drama 😀

    Si agan smpe buka “hotline bling” soal beginian sgala,dedikasimu sungguh luar biasa gan 😀

    Like

  6. Gelap saya soal ini🙈😀
    Untung pertanyaan2 dari detektif diatas telah mewakili dan jawaban’y sudah mencerahkan😀

    (Setahu saya)JPop menang di formasi2 band,kl KPop menang di formasi2 GB/BB..saya belum pernah denger(ntah saya yg kudet) kl band2 Korea nama’y lebih tenar daripada band2 Jepang di dunia,kl GB/BB saya akui mereka(Korea) lebih terkenal di dunia drpda IG/GB/BB jepang😀

    Like

    1. Ente kan terang soal HBD doang 😀

      Band? Ada cukup banyak lah, dari FNC ada CNBLUE & FTISLAND, Drug Restaurant, tuaan dikit ada Cherry Filter, Kiha & The Faces, YB, hiphop group juga banyak, kaya Leessang, Dynamic Duo, Epik High, Drunken Tiger, dll. CUma emang gak wow karena idol itu industri paling gede.

      Like

    2. Mau konsul?😀

      Sasuga dr pengamat negeri K,pengetahuan’y banyak..
      Dari yg disebutin,sumaph satupun saya gak tahu..
      GB pun yg tahu hanya Miss A,krn
      suka sama Suzy 😀
      Tp ya,yg saya tahu di dunia,kl band,J masih menang dr K,kl idol memang K lebih unggul..

      Like

    3. Enggak makasih 😀

      Ente mana demen sih grup yang gak bisa di-HBD-in? 😀
      Taunya suzy doang, kaya bapak kos sebelah 😀

      Karena apa? Sekali lagi, industri J jauh lebih matang dari K. Satu grup yang bikin wajah KPop kaya sekarang ya idol group, band jarang.

      Like

  7. Ga ngerti soal kpop dan 48. Tapi, mungkin, AkiP ingin ambil konsep Produce101 ini dan menerapin di grup idol milik dia. Buat persiapan 2020. Jadi, ga heran bila ntar, ada idol grup besutan AkiP yg anggotanya anak2 48,46,22/7 atau apa lagi itu lupa ane. 😀
    Sekian, gitu aja deh. Ane taunya kalo korea cuma Suzy, Eunjung, HJW sama SHK. 😀

    Like

    1. Lah, original Produce 101 aja udah dibilang ngambil konsep SSK kok 😀

      Maksudnya Produce 48 ini jadi ajang ujicoba buat mix 48&Sakamichi gitu?

      Like

    2. Ya, bukan unit macam kemaren, tapi grup idol. Bayangan ane, mereka bakalan gabung dan beraktivitas selama setahun, dan gongnya tampil di 2020, terus setelah itu bubar. 😀

      Btw, soal kpop, ane lagi kepincut sama heart shaker, nih. 😀 Udah liat lainnya juga, TT, signal, oohaah (?), dan lainnya lupa. Heart shaker yg paling nyangkut. Ngebayangin kalo 46 bikin lagu dan dance macam itu, sangar kali, ya. 😀

      Like

    3. Arah kesana sih udah keliatan samar2 lah. This is just a part of the bigger picture.

      Ane gak bakal review heart shaker sampe tahun depan, udah terlalu full sampe akhir tahun 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s