Nogizaka This Year 2017

Tahun ini Nogi menapaki tahun keenam sebagai sebuah idol group. Waktu dimana biasanya ada jinx, karena di seluruh dunia, sebuah grup dikatakan memasuki masa stagnan setelah tahun kelima. Tidak sedikit cerita tentang grup yang pecah, menurun karirnya, atau bahkan disbandment setelah 5 tahun.

Seperti yang kita tahu, hal ini tidak terjadi pada Nogi, which surely, won’t ever happen to Aki-P group. Sistem regenerasi yang dianut membuat 5 years jinx tidak terjadi, well, mungkin sebenarnya, hanya bisa dibilang ditunda. Dengan kata lain, mungkin bisa dikatakan progressnya menurun.

Kenapa? Dr. Mac akan membahasnya satu-satu alasan kenapa bisa mengatakan begitu. Langsung saja, ini dia satu seri artikel original dari Mac Orion Path, #SakamichiThisYear.


Releases

re 2017

Tiga rilisan tahun ini sejujurnya, dalam katalog musik pribadiku, it was a bit lost of purple line. Aku berbicara dalam konteks single kali ini; Influencer, Nigemizu, dan Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru. Untukku, bisa dibilang hanya medioker saja, dalam seri Sakamichi Top 50 juga kalian tidak akan menemukan tiga lagu ini.

Pertama, Influencer. Single ini memang rancak, single yang di awal tahun kusebut sebagai titik awal dari sisi Nogi yang lebih dewasa, a bit more enjoyable group. Harapan yang hanya bertahan selama satu single saja, karena secara keseluruhan Nogi tidak menunjukkan progress menanjak lagi.

Single ini impresif di awal, dengan nafas yang berbeda dari single Nogi biasanya, tapi tidak diterima dengan begitu baik karena kehilangan purple line. It was a nice song for general acknowledge, but lost it’s signature. Tidak sedikit yang mengatakan hype Influencer tidak long lasting.

Nigemizu membawa angin perubahan dengan membuat MomoYoda menjadi WCenter dari generasi baru, dan tingkat public appeal Nogi juga naik dengan mengisi OST untuk salah satu film terlaris 2017; Wonder Woman. Dan hasilnya? So-so. The real redmoonthink say this.

Membuat Gen 3 menjadi WCenter membuat dua kubu clash; satu yang mendukung regenerasi tidak lompat generasi dan satu yang merasa Gen 3 lebih layak dijadikan center of attention. Bagaimana denganku? Opsi kedua, dengan kompromi. ’cause the last leaf hasn’t fall yet.

Single terakhir tahun ini sekaligus dijadikan OST untuk film pertama -atau kedua, ketiga- dimana Nogi menjadi main cast. Asahinagu versi film dan stage play menjadi daya tarik utama Nogi di Q3-Q4 tahun ini. Hasilnya tidak bisa dibilang menggembirakan juga sejauh yang kutahu.

Jadi, sudah bisa kuketok palu kalau tahun ini bukanlah tahun terbaik Nogi dari segi rilisan. Dari segi musik, sempat naik tapi akhirnya kembali ke staple, purple line yang kurang oke. Dari gimmick, menang banyak tapi juga tidak membantu banyak.


Graduation

Di awal tahun, Nanamin out. Setelahnya di bulan Agustus, Hime mengumumkan grad. Di bulan Oktober, Bebitan mengumumkan graduate. Tiga member yang grad di 2017 ini jauh lebih sedikit dari prediksiku, dan juga bukan member yang setahun lalu masuk dalam kategori rawan lulus.

But it wasn’t surprising. Hime termasuk member yang sudah mentok karirnya di Nogi, and I didn’t think that health was her sole reason to graduate. She’s done this for years. Still there is privacy though. Keputusannya bukan hanya untuk grad tapi pensiun total juga bukan sesuatu yang aneh.

Sebagai pekerjaan terakhirnya dalam naungan nama member Nogi, dia berkolaborasi dengan Radio Fish, lalu di Under Album, yang mana dia adalah Under Center terbanyak, mendapat lagu solo pertama dan terakhirnya. Sedikit berbeda dengan Bebitan yang juga adalah pemegang titel Under Center terbanyak.

Bebitan baru saja mendapat kesempatan pertamanya untuk Fukujin, dan tidak lama kemudian grad. Kasusnya jelas berbeda, karena dengan outside job yang banyak -Marika Meets Creators, eksebisi fashion pertama, dan PB yang akan dirilis tahun depan dibawah Shueisha- jalan karir Bebitan terbuka lebar.

Selera fashion yang bisa dibilang cukup disukai plus dukungan kuat membuat Bebitan most likely stay as designer+model for her own brand. Yah, memang karir sebagai idol itu hanya batu loncatan, tapi jangan lupa kalau banyak juga yang selesai karena tidak menemukan batu pijakan baru.

And do not forget, 2017 still hasn’t ended yet.


Uprising

IMG_20171108_205717.jpg

Progress Gen 3 tahun ini tidak bisa dibilang mengejutkan. Karena sejak awal mereka langsung dipersiapkan sebagai replacement jika senbatsu yang grad, bukan pelapis Gen 2. High profile push, atau yah, setidaknya bisa dikatakan, sesuatu yang tidak pernah Gen 2 dapatkan membuat Gen 3 standout.

Dan sejujurnya, sejauh ini cukup mengejutkan. Selain WCenter pertama, Kuboshi menjadi model untuk majalah Seventeen, lalu 3-nin no Principal dan stage play Migoroshi Hime, plus gravure photoshot yang jumlahnya jauh lebih banyak dari Gen 2.

Melupakan Gen 3, tahun ini banyak member yang dikontrak menjadi exclusive model. Yang pertama di tahun ini adalah Miona di ar, lalu Misa di Bijin Hyakka, Reika untuk NYLON Japan, dari Gen 3 ada Kuboshi untuk Seventeen. Penambahan 4 orang dalam M-Series jelas membuat Nogi semakin kuat di segmentasi fashion.

Sementara untuk member lain, relatif masih standar. Member yang memiliki acara lawas seperti Naachan di Lion no Guutachi, Ikoma di JUMP Police, Karin di Shogi Focus, Maiyan di Umazukingdom dan radio-radio member. Ada juga yang mendapat kesempatan langka seperti Chiichan, atau Kotoko-Aachan di Agent HaZap.

Beberapa mendapat stage play seperti Ikuchan (Romeo & Juliette, Les Miserables, Mozart*) Yumi (Inuyasha, Moteryman) Junna (Inuyasha, Kiba Ookami, Three Sisters) Sayu (Nocturn) Hinachima (Doraemon Animal Planet, Vampire in Love) Maichun (Zoku Toki wo Kakeru Shoujo*) *-masih belum tayang

Beberapa diumumkan mengambil peran di silver screen. Ashurin menjadi lead role di remake dari You Are The Apple in My Eye, lalu Naachan tampil di drama Video Girl AI. Keduanya tayang tahun depan, tapi langkah yang bisa dibilang bagus sejak sekarang.


Photobook

Setidaknya ada 8 PB yang rilis tahun ini, yang paling banyak tentu di bulan November saat 5 PB sekaligus diumumkan; Yumi, Miona, Maichun, Sayuringo, dan Yoda. Sebelumnya, sudah ada Misa, Reika, dan Manatsu yang juga merilis PB di tahun ini.

Banyaknya PB ini well, yah, uncomfortable for me. Aku bukan di pihak yang menentang PB, dengan catatan tidak terlalu banyak. Dan aku prefer jika lebih dibatasi ke member otona, mengingat PB selalu diiringi dengan kontroversi tentang leathery appearance.

Sampai pertengahan tahun, 3 PB sepertinya masih wajar, sampai tiba-tiba diumumkan kalau Yoda akan mendapat PB dan juga 4 member otona, plus PB Kiichan yang pada akhirnya tidak keluar tahun ini, padahal dari rumor awal tahun lalu, dan kata-kata penerbit bahwa di tengah tahun akan rilis, sampai akhirnya gagal.

So far, hasil dari gerudukan PB ini bisa dibilang tidak mengecewakan. Semua mendapat angka yang lebih baik dari PB Kaz yang sejauh ini ada di peringkat terbawah penjualan PB setelah cara promosi gagal tahun lalu. But still, there was something missing here… to the next part.


Images

SHIBUYA109 7DAYS BARGAIN TGC 2017 001

Seiring dengan banyaknya PB yang rilis, jelas ini mempengaruhi cara pandang fans maupun publik. Selama ini Nogi dikenal lebih konservatif dalam lagu maupun outfit. Yes, memasukkan PB kedalam aspek ini jelas aneh, tapi bagi fandom, ini adalah sesuatu yang butuh waktu untuk diterima.

For old fans, the one who adored their sacred concept, like mac, banyaknya PB ini cukup mempengaruhi. Apalagi kalau bukan karena leathery appearance, bukan munafik karena that’s part of fanservice, juga permintaan pasar, selalu ada pengorbanan. But I still a bit opposed to that.

Selain PB, untungnya, Nogi sekarang memperkuat posisi mereka di jajaran model group, seiring seringnya partisipasi mereka di modelling event. Setidaknya 5 kali Nogi tampil dalam event TGC atau Girl’s Awards. Was this a good thing? I’ll say yes.

Jika PB adalah cara untuk meraih pasar lebih luas dari segi fans idol, modelling event adalah cara untuk meraih fans dari casual public. Fans dari remaja perempuan atau yang sudah dewasa. Jarang idol group bisa meraih pasar ini, apalagi yang kedua. Disini Nogi berhasil.

Kupikir PB juga bisa menjadi seperti ini. Membuat model tampil lebih terbuka»fans wanita melihat»membuat mereka menjadi body goals. Cara ini sudah bisa dilihat, karena cukup sering majalah menampilkan tips & trik make-up, diet, dan fashion dari member.

LLC really making cash cow from female fans right now. All credit to redmoonthink.wordpress.com


Final Words

66c3a90e-5ce3-47ba-b1b7-fdaf21689484.jpg

Banyak yang berubah dari Nogi selama 2017 ini. Some are good, some are just…not necessarily makes me happy. Well, selalu ada kompromi tentang ini. Sebagai idol group, seperti yang kukatakan diatas, ini bukan tahun terbaik Nogi dari segi rilisan.

Ever changing theme, ditambah minimnya unsur kejutan membuat perjalanan Nogi dari musik tahun ini terkesan membosankan, arahnya terpencar. Dari absennya beberapa member tahun ini, baik absen HS panjang maupun hiatus dari grup, lalu rumor liar dan menjamurnya shitty fans seperti umumnya grup yang sedang ada di atas adalah sisi buruk tahun ini dari kacamata pribadiku.

Pencapaian terbesar sebagai grup tahun ini tentu adalah Tokyo Dome, yang mana memang bukanlah sesuatu yang wow karena “hanya” dijadikan panggung penutup rangkaian Manatsu Zenkoku Tour. Hype untuk Big Egg hanya sebentar saja.

Sisi baik tentu seperti yang sudah kutulis, level public recognition untuk Nogi meningkat lagi lewat modelling gigs, media appearance, dan push. Ini jelas bisa berpengaruh banyak pada masa aktif grup, tapi juga berpotensi membuat banyak old fans berpaling.

2017 sendiri bagiku adalah tahun yang penuh kompromi, karena aku merasa kalau purple line tidaklah terasa tahun ini. Meski tidak sampai membuatku berpikir untuk pensiun, sebagai old fans, ini adalah perubahan yang tidak bisa dielakkan, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Ready or not for even tougher 2018?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

51 Comments

  1. untuk rilisan tahun ini sebenarnya bagus-bagus. influencer menjadi sejuta copy perdana, nigemizu muncul 3th gen center, itsukara jadi sound track movie asahinagu. cuma bener ga ada yang longlasting.

    terus gelontoran pb tahun ini kayanya sengaja buat nargetin serigala serigala berduit, xD
    gua juga tergolong fans lama, dan banyaknya pb ini perlahan memudarkan eksklusivitas nogi yang dulunya dipandang sacred, yang roknya lebih tertutup dari akb. tapi yah, fanservice over anything, mereka dapet duit dari fans. dan pb juga sepertinya udah menjadi budaya dari idol idol grup disana. tapi yah… gravure bikin image kawai yang dalam pengertian gua jadi ilang (masih ga nerima neru doing gravure ._.). dan untuk kita orang indonesia yang memandang hal seperti gravure itu tabu, first impression liatnya udah mengarah ke hal yang aneh-aneh.

    untuk 2018 kayanya bakal masih aman-aman aja, gen 3 sebagai regenerasi udah dapat spotlight banyak banget, jadi kalaupun ada planet bahkan matahari yang hilang ga bakal ninggalin kekosongan yang besar.

    untuk sekarang tinggal nunggu under album keluar sebagai pembuka rilisan 2018.

    btw nice trap pattern this time hahaha
    nice article bang mac //
    eh buat keyaki dibuatin juga ga nanti?

    Like

    1. Nah maka dari itu 😀

      Entahlah kalau untuk duit doang atau masih ada bigger picture. 😀
      Jadi pengen nulis artikel soal gravure dan sejenisnya, sayang udah gak minat bikin.

      Liat flow yang gampang berubah tahun ini, ane jadi gak bisa yakin bilang kalau 2018 bakal “aman2 aja” 😀

      Buat Keyaki? Tau deh, males ane.

      Like

  2. Hmmm hmmm hm hmmm hmmmm hmmmm hmmm hmmm….

    Ane pengennya sih cuma satu. Semoga tahun depan nogi rilis dvd/bd konsernya cepet 😀 Ah sama semoga aja maiyan bisa solo center. Dan semoga juga dek kubo bisa senbatsu waktu maiyan masih ada di nogi 🙂 Dan semoga gen 3 dilebur. Dan semoga juga semua membernya bisa semakin sukses. Dan ane harap gak ada yang serigalain bini-bini dan kesayangan ane. Dan juga semoga ada drama nogi yang baru. Dan ane pengen juga ngeliat nogi dan keyaki bikin konser bareng. Dan semoga aja singlenya nogi kayak tahun 2013-2015. Dan semoga aja gen 2 gak dilupain lagi. Yang terakhir ane harap abang ipar cepat merestui hubungan ane sama marika ❤ dengan hati yang ikhlas 🙂

    Like

    1. Bun bun bun bun bun bun bun bun? 😀

      Ini bukan artikel harapan taun depan sih 😀 tapi bolehlah karena ane gak yakin apa mau bikin artikelnya.

      Yang pasti, harapan serigala susah terwujud 😀

      Like

  3. so next is keyaki re 2017??
    hahahha

    iya gan, ane stuju untuk tahun in. Influ emng punya hype trsendiri tapi emang gak begitu nendang
    nigemizu dan itsuka just so so
    lagu Under dari tiap single malah yg punya rasa lebih enak hahhaa

    model yg semakin menjadi jadi. Nogi emng semakin dimainin trs di bidang model in.
    Fans cewe yang semakin melihat maiyan adalah sosok yang didambakan.
    engga ane PB maiyan kejual banyak dan hampir 40% nya di beli cewe

    maiyan trpilih jd no.1 wajah yang diinginkan cewe jepang..
    but body goals.. g jd kpengen tau jg. blom prnh sih ada ranking tntang body goals

    trs
    untuk PB, ya jujur aja g demen bgt nogi dengan image nya yg bener” berbeda dgn 48G
    that purity is what i like from this 46G,
    jadi gmn ya.. kalo bisa sih emng engga ush trlalu tht visible.
    tapi untuk PB kyknya engga bisa dah. walaupun untuk Magz, yg sudah mulai menjerumus ke ‘tht visible’

    Like

    1. chris

      next, gak tau deh.

      Kalau soal Maiyan, yah, ane gak bisa bilang tahun ini peak-nya dia sih.

      Gravure di magazine udah menjurus? Sama sekali enggak, still the same.

      Like

    2. well,
      now its reminds me

      asuka is really booming this year
      like in some magz or a cm of the the new 7rules

      ‘the new ace’
      of ‘nogizaka’s ace’

      looks like this weird dark gloomy kid yet cute when she smile and laughing so hard, will take the baton of maiyan’s fire when maiyan grad…

      no matter it’ll come true or not, still its like something that no one ever predited.
      just how come a girl from under, a girl that said “yeah, i dont feel nervous at all when senbatsu annoucement because i know i won’t be chosen” -> now become one of the top 3 in nogi 🙂

      damnn sorry, just cant hold myself when asuka involved…

      dan sorry g pke eng…. baru balik dr s48 wkwkwkwkw

      ~asukaaaaaaa #1

      Like

  4. Single – ane ga masalah. Pas dikuping.
    Grad – Hime ga masalah, tapi ane bakal kangen banget sama Marikka dan keeksentrikannya. Salah satu member yg bikin ane gali lebih dalam lagi soal Nogi.
    Stageplay – puas banget, karena bidadari2 ane dapet. 😀
    Uprising dan Push – lumayanlah. Brand 3rd gen udah cukup kuat difandom, tinggal gimana diluar itu. Dan, banyak anak Under yg dapat kesempatan juga. Lumayan puas. 🙂
    Tokyo Dome – huh? 😀
    PB – kekecewaan ane tahun ini atas Nogi. Terlalu banyak dan foto2 mizuginya terkesan murahan. Pengecualian untuk mizuginya Neru, yg bikin ane hor… ah gitu deh. 🙂 Ini buat Keya aja, ya. 😀

    2018 ane ga berani bayangin bakalan kayak gimana. Ane cuma ada harapan, semoga Nogi ga ngebosenin. 😀

    Like

    1. Kenapa dengan Tokyo Dome? 😀

      Untuk PB, karena belum liat semua, belum bisa bilang. Dari Maiyan, Ashurin, Misa, Capt, Manatsu, BBA, Sayuringo, temanya beda2 dan yah, emang skin yang ditunjukin lebih banyak dari tahun2 sebelumnya sih.

      Titik bosen udah mulai menyebar 😀

      Like

  5. Rilisan: Single ane gk masalah, masih bisa dinikmati, influencer bawa sesuatu yg baru dri segi musik n dance, Nigemizu enak meski sesaat, Itsuka, suka2 aja sih 😀
    Albumnya gk dibhas sekalian???

    Grad: Bukan menyayangkan sih, cuma ada yg ngeganjal aja klo grad sekalain pensiun dri dunia hiburan, tpi yoweslah itu dah jd pilihan hidup yg terbaik, ane yakin mreka ambil kputusan itu juga berat, jd hargai saja, buat yg maish lanjut, moga sukses berkarir solo

    Uprising: Gen-3 dgn segla “allhail”nya, Gen-2 yg juga bbrp dpt job solo, Magazine, model, OKlah tahun ini rezeki utk bbrp member Nogi.
    Itu Yoda yg maen drama gk dimasukin sekalian apa gra2 bukan pmeran utama kyk Naachan n Asuka?

    PB: Ane yakin image Nogi itu masih dilihat dari kemasan single mereka, klo urusan PB yg buka2an, gmn ya, bukan hal tabu juga sih disana, apalgi ini ditutupi sama member yg sering diundang dicara fashion2 gtu.
    Cuma klo mau rilis PB jgn dket2 amatlah jrak rilisannya, kan nampak x nguras fans, dan ya klo boleh jgn sering2 juga, klo mau sering2 ya kyk NogiMode aja 😀

    Image: PB yg buka2an diimbangi dengan kontrak model mjlah fashion + kmunculan member diatas runway, sepertinya masih aman image Nogi 😀

    2018??

    Like

    1. Album? Feel flat aja sih kalau itu.

      Kalau sekalian pensiun, dari pengalaman ane selama ini sih, gak menutup kemungkinan enggak bakal balik ke entertainment. Atau seenggaknya masih entertainment related itu mungking.

      Ah ane lupa soal Yoda, soalnya ane gak diem stalking dia kaya seseorang 😀

      Belagu, kaya ente beli aja pake ngomong “nampak x nguras fans” 😀

      Ane sama sekali gak siap 😀

      Like

    2. Mana tau lupa kan, ane sbg yg muda wajib mngingatkan yg tua 😀

      Minima siaran radio aja, walau mungkin ane jg bkal jrng sedot filenya, setidaknya ada yg bisa dibuat melepas rindu lah, ahhay 😀

      Klo lupa ya lupa aja pak, gk usah nyangkutin ke hal2 yg gk ada hubungannya sama sekali, Hhhhhhh.

      Loh, kuota itu emngnya ane dpt gratis hasil ngerampok toko jual pulsa? Beli pake duit tuh 😀

      Knp pula? Takut ada yg Grad lagi (yumi atau asuka) atau macam mana?

      Like

    3. Curhat? 😀

      Ya emang radio gak entertainment related pak? 😀

      Siapa yang geer duluan? Terus niatnya modus? 😀

      Ente bukannya pake barter garamicin sama kuota 😀

      Males kemungkinan tutup blog.

      Like

    4. Hadeh, kan ente yg lupa, malah ngatain ane curhat, minum dulu gih obat sakit kpalanya 😀

      Ya ane cuma menegaskan komen ente yg ambigu 😀

      Ente mah gtu, dah mancing trus nusuk 😀

      Ditempat ente x yg kyk gtu 😀

      Ciyaaah, ane kira gk ready soal Noginya, tk taunya soal blog 😀
      Lihat aja sebulan ini sambil latih kesabaran, klo tuh seonggok masih semngat bertingkah brukunya slm sebulan kedepan, baru deh ente berpikir keras mau diapain nih blog (termasuk beli hoting atau berhenti), soalnya yg bginian angin2an n mudah2an tuh seonggok gk ngederita penyakit ini scr permanen

      Like

    5. Ente rekomen yang merk apa? 😀

      Minum dulu gih 😀

      Di 2018 gak bakal gitu, bakal berevolusi lebih canggih 😀

      Pura2 aja juragan garamicin 😀

      Sama ready gak ready buat update nogifes *lah 😀

      Like

    6. Tergantung keuangan ente, ente punya modal berapa? 😀

      Ente rekomen yang merk apa? 😀

      Efeknya yg berevelusi? lebih dahsyat lagi ngenes ke anenya ya TT

      😎

      Hahahah, itu game demen amat nguras 90-an mb kuota ane 😀

      Like

    7. 10 diamonds ya, baygon lah brrti 😀

      Air yg kemasan botolnya kyk yg di NogiFes ada gak? 😀

      !@#$%^&*()_

      90mb tpi dah brp x update, 3x ya, dah 270 mb tuh, dah dpt satu file acara variety versi Hemat 😀

      Like

    8. Ente sering sakit kpala ya sampe nyuruh ane beli bnyak gtu 😀

      Allahmak, wajah makhluk satu ini pula yg muncul

      Apalagi ntar mlai Januari pnuh drama, 90mb itu trasa x khilangannya 😀

      Like

    9. Ane mah migrain cuma sesekali, gk dipelihra kyk ente 😀

      Bah, bisa ganteng jg wajahnya, ane kira dah mentok kyk gtu 😀

      😀

      Like

    10. Curhat? 😀

      Pechan: “Idddih, tak u u deh punya kolega kyk gtu”
      Gtu reaksinya pas bca komen ente 😀

      Like

  6. Pertama, ane turut prihatin sama blog ini. Denger2 yg sering copas itu salah satu admin fp yg cukup gede. Kalo emg bener ya huft bgt deh… Semoga masalahnya cepat kelar.

    Final words
    Overall, cukup puas sama Nogi tahun 2017. Tahun depan, ane rasa udah kelihatan mau dibawa kemana grup ini, dgn udah mulai go asia sama bbrp member yg dpt job drama.

    Satu yg ane sayangkan. Mereka emang cukup kuat di branding, modeling, dsb. I hate to say this, tapi mereka sangat lemah kalau urusan vocal. Emang ada bbrp member yg punya suara bagus. Tapi member yg bener2 top tier dan bener2 dpt support dari mgmt itu ya cuma 1. Dari banyak member, cuma ada 1 yg bener2 siap jadi penyanyi.
    Harapannya, kalau misalnya dibuka audisi di tahun 2018 atau 2019, ada beberapa member yg masuk dan bener2 disiapkan buat jadi penyanyi. Gen 3 juga gak wow banget kalau urusan vocal.
    Well, gimanapun juga, mereka idol group, nyanyi aktivitas utama mereka. Ane berharap gini karena prihatin aja, akhir2 ini Nogi selalu jadi bahan sirkus tiap kali buka 2ch, 5ch, dsb.

    Like

    1. Bakal susah untuk kelar. Itu aja. Except one is give up.

      Yah, kalau untuk vokal, gimana lagi. Mereka bukan grup yang dari awal ditargetkan untuk vokal. Sesuatu yang selalu hilang dari grup2 yang populer.

      Audisi 4th Gen ya? Hmm, ane gak bisa bilang kemungkinannya kecil di 2018, karena Gen 3 sendiri bakal berumur dua tahun, mungkin aja. Tapi mengharap member dengan vokal bagus? 2020 at least 😀

      Like

    2. 2020 pun ane ga yakin improvement-nya bakal signifikan. 😀

      Grup besutan Aki-P, apapun itu, selalu punya reputasi, “Vokal training urutan kesekian”.
      Mereka yang bisa vokal(sebut nama grupnya, ane bisa sebut siapa saja jawara vokal-nya) rata-rata bisa karena ilmunya ada sebelum audisi, bukan lewat latihan vokal yang rutin setelah audisi.

      Berat komandan. 😀

      Like

  7. Baru ngetem… 😀
    Nogizaka this year y, awesome for individual.
    Macam iklan, maiyan dpet kontrak dri shiseido grup itu tangkapan yg besar. Dtmbah cm mouse yg dibritakan ktnya mningkatkan laba prusahaan smpe 40% y klo ane g slah inget. Dan berkat iklan jg nogi pnya acara lg 😀
    Film meski so-so tp msih diputer di bbrpa bioskop hingga detik ini jg patut dsyukuri. 😀
    Dan stelah liat apdetan brita akhir2 ni yg mana bnyak mmber nogi yg main dorama maupun stageplay, sdkit kasih gmbran jg taon dpan targetnya kmn. Taon 2017 bs dkatakan taon media cetak (majalah/pb).

    Last word be good to our LORD KTK 😀 😀

    Like

    1. Yah, konsekuensi pake password, banyak yang telat 😀

      Ane pikir masa tayang Asahinagu udah kelar?

      Taun depan, arahnya mulai keliatan, tapi itu kan masih di Q1, gak bisa dijadiin patokan 😀

      All hail Lord 😀

      Like

    2. Film masih tayang brdasarkan info ringo di line live kmren. Dtmbah tayang ditaiwan jg. Oh y ane prnah liat flyer asahinagu dlam bhs arab, mngkinkah? 😀

      Knp g bikin keyaki jg?

      Like

    3. Mungkin di negara2 yang less conservative, arabic script kan dipake juga di Turki atau Uzbek. 😀

      Keyaki this year 2017? Lagi dibikin kok. 😀

      Like

  8. Nogi di 2017 yg paling di ingat ya grad sklgs pensiun’y si sayang,walaupun udah jauh2 hari umumin’y😢..semoga secepat’y balik lagi meskipun kemungkinan’y kecil😂

    Kl buat single2,buat saya mayan,gak buruk maupun gak terlalu bagus,cukup lah😀

    Soal PB sebener’y senang,cuma kl bisa ada jarak 3 atau 4 bln per-member biar kesan’y gak grudak gruduk cari keuntungan😀

    Dan yg mengejutkan,itu “pocari” yg maju dua langkah di depan dr senpai’y,gen 1 dan gen 2,jd w-center sama dek Momoko,dpt drama dan PB👏😀
    Ditunggu kejutan lain’y dr Nogi di 2018(kl masih ngidol)😁

    Like

    1. Si sayang itu siapa ya? Dan balik ke mana? 😀

      Pret, bilang aja berharap link PB cepet keluar, pake alasan perlu ada jarak segala 😀

      Kalau masih ngidol? Kenapa? Inget umur? 😀

      Like

    2. Haha..gak usah disebutin jg udah tersirat kl diatas min🙊

      Kan kl ada jarak gitu enak min,link’y teratur,yg pertama rilis,itu link yg keluar😀

      Jaga2,siapa tahu kl Misa grad bisa barengan..kl yg utama grad,agak hambar..tp gak tahu jg,kl aja rasa sama yg lain meningkat😀

      Like

    3. Di mana? 😀

      Ya ente sebagai aktivis link bergerak dong 😀

      100% gak bakal grad, terus jadi alasan buat jadi serigala kaya bapak kos sebelah (eh ini sih udah ya) 😀

      Like

    4. Itu yg 1bln lagi ultah ke 25😊

      Saat ini agak sdg males cari2 link,lagi sibuk😀

      Gak lah,beda sama bpk kost sebelah,gak akan pernah mencampakan atau dicampakan seseorang😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s