Aurora

Sebuah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

Di bumi, aurora sering terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, yang dinamai Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut.

Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa. Konon kata para peneliti yang meneliti ionosfer, fenomena alam di atmosfer atas yang pertama kali teramati adalah aurora. Itu lho munculnya sinar warna-warni yang bentuknya macam-macam. Ada yang lengkung, garis, seperti lembaran, dll yang terlihat pada malam hari di angkasa.

Menurut legenda-legenda Yunani dan Cina, aurora itu dianggap sebagai penampakan dari dewa/penguasa alam semesta. Aurora sendiri sebenarnya sudah bikin penasaran orang sejak tahun 1500 an. Beberapa teori tentang aurora diberikan oleh beberapa ahli.

Edmund Halley yang sukses memprediksi kemunculan komet pernah memberi teori bahwa aurora itu uap air encer yang tersublimasi oleh pemanasan yang dengannya terkandung juga sulfur yang akan menghasilkan kilauan sinar warna-warni di atmosfer.

Tahun 1746, Leonard Euler (Swiss) menyatakan bahwa aurora adalah partikel dari atmosfer bumi yang melampaui ambang batasnya akibat cahaya matahari dan selanjutnya naik ke ketinggian beberapa ribu mil.

Di daerah kutub partikel-partikel ini tidak akan terdispersi akibat perputaran bumi. Orang ketiga yang berusaha menjelaskan tentang aurora adalah Benjamin Franklin. Pak Benjamin mengatakan bahwa aurora berkaitan dengan sirkulasi di atmosfer. Lebih lanjut Pak Ben menjelaskan bahwa atmosfer di daerah kutub lebih tebal/berat dan lebih rendah dibandingkan dengan di daerah ekuator karena gaya sentrifugalnya (gaya akibat rotasi) lebih kecil.

Elektrisitas (kelistrikan) yang dibawa awan ke daerah kutub tidak akan dapat menembus es sehingga akan terputus melewati atmosfer bawah kemudian ruang hampa menuju ke ekuator. Elektrisitas akan kelihatan lebih kuat di daerah lintang tinggi dan sebaliknya di lintang rendah. Hal itulah yang akan tampak sebagai Aurora Borealis.

Sebenarnya selama seratus lima puluh tahun terakhir banyak teori lain tentang aurora ini, antara lain bahwa aurora terjadi karena pemantulan sinar matahari oleh partikel-partikel es, pemantulan sinar matahari oleh awan, uap air yang mengandung sulfur, pembakaran udara yang mudah terbakar, pancaran partikel magnetik, debu meteor yang terbakar akibat gesekan dengan atmosfer, thunderstorm, listrik yang timbul antara dua kutub .

Sekitar tahun 1800 an karakteristik aurora mulai diketahui. Seorang ilmuwan Inggris bernama Cavendish berhasil menghitung ketinggian aurora yaitu antara 52 s.d 71 mil (83 km s.d 113,6 km). Tahun 1852 diketahui bahwa ada hubungan antara aktivitas geomagnet, aurora, dan sunspot dimana frekuensi dan amplitudo ketiganya berfluktuasi dengan periode yang hampir sama yaitu 11 tahunan.

Tahun 1860, Elias Loomis berhasil membuat diagram yang menunjukkan daerah dengan kejadian aurora paling banyak. Dari temuannya itu diketahui bahwa ternyata aurora berhubungan dengan medan magnet bumi. Angstrom, seorang ilmuwan Swedia, pada tahun 1867 berhasil melakukan pengukuran spektrum-spectrum dari aurora.

Penelitian tentang aurora semakin menemukan titik terang ketika seorang fisikawan Inggris J.J. Thomson berhasil menemukan elektron dan fisikawan Swedia Kristian Birkeland menyatakan bahwa aurora disebabkan oleh sinar dari elektron yang diemisikan matahari. Ketika elektron-elektron itu sampai ke bumi akan dipengaruhi oleh medan magnet bumi, dan terbawa ke daerah lintang tinggi dan terjadilah aurora.

Baik, selasai ngalor ngidulnya tentang Aurora, seperti yang diketahui, Mac sudah pernah membahas Aurora , tetapi kali ini berbeda, karena keresahan saya terhadap Techi, Hirate Yurina, dapat dikatakan sebagai panutan saya dalam menjalani hidup. ya, Techi yang diawal sudah over push, sampai Aki-P pernah secara tak langsung menyatakan kalau Techi setara dengan “The Great Idol” Yamaguchi Momoe. 

Tapi, siapalah Techi kalau tanpa Keyaki, mungkin hanya gadis biasa, seperti halnya teman-temanya, tetapi, kalau sudut pandangnya diubah, bagaimana kalau dia memang gadis biasa yang berpofresi sebagai seorang idol and she always doing great, right ??

Dari Saimajo hingga hingga yang terkahir, dia berkolaburasi Hirai Ken. Dan semua itu dia lakukan baik, saya jadi teringat dengan perkataan Hatohara Robato (Robot X Laser Beam) “Memangnya kau bisa mengukur besarnya usahamu dalam melakukan sesuatu”. dia mengatakan itu pada saat dia berusaha menjadi team inti di klub Golf di sekolahnya, jadi jangan pernah untuk berusaha, walaupun kalau hasilnya kadang tak sesuai apa yang kita harapkan. yah rada rada miriplah sama perjuangan Techi untuk membuktikan bahwa dia memang pantas untuk mendapatkan posisinya sekarang ini.

Begitu halnya Aurora, yang begitu melegenda, sebuah reaksi fisika biasa, tetapi bisa menampilkan hasil yang luar biasa, diawal kesannya luar biasa, namun kalau terlalu sering pasti akan bosan, tetapi tak akan pernah terlupakan oleh waktu, karena kerja keras mereka (Techi dan Aurora) dalam menampilkan yang terbaik.

Ngomong-ngomong masalah yang terbaik, tentu kalian punya versi masing masing, siapakah jagoan kalian tahun ini, tolong jawab di kolom komentar siapa yang pantas yang pantas mendapat yang gelar “terbaik” di Sakamichi di tahun 2017. kalau saya mah, sang kapten, Sugai Yuuka

(alasanya sederhana, tanpa kita ketahui, dia bisa menjaga stabilitas group secara utuh, dan itu sangat susah di dalam sebuah group yang popularitasnya sedang meroket, yah, namanya manusia, pasti punya ego masing masing, hhe)

Note dari penulis : jangan terlalu diseriusin tulisan ini, yang penting happy, hehe


Dua hari menjelang tahun baru, the owner, I suppose there’s only one Mac Orion out there, masih belum menemukan keinginan dan hasrat untuk menulis artikel baru. Just say I’m going through detox period right now. Mungkin akan ada satu artikel terakhir, tapi juga tidak bisa kujanjikan.

Aku juga belum tahu kapan akan kembali menulis, Under Album sudah di belokan, juga masih belum rilis Keyakizaka This Year 2017 dan prediksi 2018, yang, well, it’s just gonna stay for a while, I’d like to distance myself from anything idol-ish, lead a bitter and better way to start the new year. 

Jadi, kredit untuk tulisan kali ini, sekaligus menutup seminggu lebih tanpa artikel, pada kontributor がにす. Dan sebagai jawaban awal untuk siapa yang menjadi Aurora Sakamichi, member yang paling bersinar di tahun 2017 ini, pilihanku jatuh pada Nagahama Neru.

And that’s obvious, almost single handedly take over public appearance, when the rest are still confined. Sudah membaca interview Zuumin di Brody? That summarizes. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Advertisements

37 Comments

  1. btw, di gambar cover, ada pesan terselubung, kan ada bocah kecil memandang Aurora dengan dengan kagumnya, maksudnya, bocah tu maksudnya perlambang bagaimana fans melihat Techi dari awal sampai sekarang, dengan segala tingkah laku dan pergerakannya, baik itu di atas panggung maupun di belakang panggung, hhe

    Like

  2. Keren juga tulisannya. Menurut gue bahwa penghargaan aurora diberikan pada sugai-sama. Yup, yuuka dengan tenang dapat menenangkan fans yang khawatir pada techi ketika di odaiba agustus lalu, dan juga variety sense nya juga akan semakin terasah. がにず, good job

    Like

    1. terima kasih atas apresiasinya, terlepas dia ponkotsu atau tidak. setiap manusia punya kekurangannya masing masing, dan di sisi lain, yang saya tahu, dia belum mempunyai pengalaman dalam kepemimpinan di sebuah “Idol Group”, apa lagi group yang dia pimpin saat ini, sedang dalam perkembangan yang pesat, dan group itu tak boleh goyah sama sekali, dan saya sadari bahwa, pasti ada member lain yang ikut membantunya, hhe

      Like

  3. Techi as aurora is a nice analogy. Their presence are really outstanding, even though that just happen by a simple reaction. Just like techi that just show herself as she is. But people forget that aurora happen not only by themselves, its a reaction between a thousand particles of solar wind and earth’s magnetic field. Just like techi on keyaki, she is awesome because she is supported by the others that bolding her presence. Without the others, she is just an ordinary teenager. But we can’t blame people for that, because people just admire what they see. The good point on that, through techi, keyaki can attract more people and fans to know them further. Just like aurora, people first just admire the aurora itself, and then people starting to do research about them, and finally now we already know a lot information about them.

    For the most shining sakamichi member this year i will say obviously Neru. Being front member on discord – full kanji on kazeni – appearing on many tv shows – booming koko kara. Neru presence this year tell the public that keyaki is not only all about techi, and people slowly notice that. Not only aurora that bring awesomeness, but solar wind have a lot of thing too to know further.

    … and for their sister, i want to give a credit to their 3rd gen. they shine bright too this year and bring a fresh wind as the third wind to the group. They are not shine as a person, but as a whole gen, so i can’t decided which one. For the two suns and their planet, they didn’t make something unusual, they just spinning around on a better orbit this year. Congratulate on their winning at 59th Japan Record Awards for Influencer this year.

    Like

    1. ya, mudah mudahan, kedepannya Techi tidak memaksakan dirinya, sampai terlalu melewati batas wajar, biar ndak ada kejadian yang tidak diinginkan
      waktu di awal awal acara Keyakitte, amon-sensei juga pernah bilang, kalau techi termasuk “Natural Idol”, jadi walaupun ndak masuk Keyaki, dan jadi gadis biasa, pasti akan populer dan jadi panutan orang banyak, hhe

      Liked by 1 person

  4. Selamat menikmati masa hiatus. Semoga kembali ke dunia fana ngidol dengan semangat yang baru 🙂
    You’ve worked hard!

    Like

  5. Neru
    – PB pertma dgn angka pnjualan tertinggi di sakamichi
    – Perjlanan karir idolnya (Kennin – Kanji)
    – Member dgn undngan tmpil solo diacar tv tersering

    “Sudah membaca interview Zuumin di Brody? That summarizes. Bagaimana dengan kalian?” <- Belum, ane jrng baca hasil interview apalgi klo gk melibatkan member yg ada di list KK ane 😀

    Like

    1. itu yakin Conan ndak milih bebeb Miho yang prestasinya baru masuk dah main Dorama, hhe

      Like

    2. Komen ane disini kok gk masuk2 terus ya, ini komen yg ke-4xnya..
      ????

      @Mac:
      Lah knp ente milih Neukuh bukannya milih Aka / Manafi 😀

      ====================

      @Ganisu
      Maennya cuma numpang2 lewat sih, jd gk ane pilih 😀

      Like

    3. Setdah, ada kali 5x ane komen tpi gk klihatan wujudnya TT

      “Ane sih realistis pak” <- Si Am I (halah)
      Sbenarnya mau milih Kapten juga, prestasi berkuda dia jg perlu diapresiasi ngebawa nama Keya kluar di jalur dunia idol, cuma gambar kapten diatas bgtusih, ntar klo ane pilih kapten “halah gara2 gambar kapten diatas menggoda ya, dasar srigala”, pasti gtu komen balesan yg ane dapet, diriku kan selalu salah 😀

      Like

    4. Tempat ini nih yg belum dibikin syukurannya, makanya gtu 😀

      Kirain gra2 kudanya dah pda dijualin makanya gk ikutan maen kuda lagi 😀

      Like

    5. Gak ngacaan sama partner ente di tambang garam tuh, udah berapa kali pindah 😀

      Asal jangan udah dijadiin santapan makan malam aja 😀

      Like

    6. Bedalah, itukan msalah yg timbul dari serangan laur, klo komen ane masuk ke spam berrti slah dari blog ini lah 😀

      Jgn2 dah diawetkan trus dijadiin gantungan kunci 😀

      Like

  6. Ternyata aurora munculnya di bulan tertentu aja ya, kirain sepanjang tahun.

    Yang nulis artikel ini がにす ya? Semangat deh ya 🙂

    Member Keyaki yang bersinar tahun 2017, mungkin Saito Fuyuka, alasannya cuma karena aku pengen ngedukung dia aja sih hehe 🙂

    Btw kamu udah berhenti nulis ya Mac, lagi ngalamin block-writing atau lagi nentuin jalan hidup nih. Moga sukses aja deh ya 😀

    Like

    1. Yah, kalau alasannya gitu sih namanya bukan member paling bersinar, tapi yang paling didukung 😀

      Bukan berhenti nulis, cuma hiatus sementara soalnya, yah banyak hal yang bikin ngidol gak sehat sekarang ini. 🙂

      Like

    2. @Mac:
      Iya nih, selain Fuyuka, aku juga dukung Ishimori loh. Selanjutnya tahun ini, kalo ada member yang berkembang dalam variety, berarti dia yang paling bersinar 😀

      Ngidol gak sehat? Tumbennn… 😀 Aku juga kayaknya bakal jarang mampir nih, soalnya perlu fokus ngambil IELTS.

      Semangat deh ya, moga cepat kembali ke permukaan 😀

      Like

    3. ya, memang tidak setiap saat, ada waktunya 😀

      terima kasih atas semangatnya, kakak juga ya, harus ikut berkarya, walaupun tidak berupa tulisan, paling tidak bisa berbentu audio/podcast, saya tunggu karyanya, hhe

      ya, kalau masalah “Terbaik”, bisa juga dilihat dari “kontribusi”nya terhadap tim, juga disetiap ada latihan konser, dia bersama Monta yang mimpin dalam latihan, hhe

      Like

    4. Dulu sih minat nulis, tapi karena kesibukan, sekarang minatnya udah ilang nih 😀 Jangan aku yang bikin audio, kamu dong, ditunggu ya 😀

      Iya nih, indikator yang kupake itu “kontribusi” bagi internal, bukan “prestasi” dan “popularitas” individu seperti model, PB, dsb.

      Like

    5. Yah, kalau ndak ada minat, minimal punya “keresahan” yang pengen kamu sampeikan kepada orang lain, kalau nulisnya, kan bisa minta tolong saudara atau temen, hhe

      Mungkin faktor sikap terhadap fans juga bisa mempengaruhi, seperti Zumin sebelum comeback dari hiatus yang sempet memberi kabar kepada para fansnya, hhe

      Like

    6. @Junie

      Yang bikin gak sehat itu ya ngehadepin orang2 gak tau malu yang ngerese, tau lah yang mana yang ane maksud.

      Daripada ane naik darah mulu, nulis panjang lebar dicopas, diaku2 pula, mendingan hiatus sementara.

      Like

  7. Aurora lgs yg trlintas princess aurora 😀
    Krn sperti yg ane smpain di artikel sblumnya jd pantauan ane g terlalu mendalam shg ksimpulannya ane idem 😀

    Oh dan akhir taon ini trlalu bnyak “drama” utk mrk jd ane cma bs doain yg terbaik 😀
    Kasih link interviewnya zuumin dong?

    Liked by 1 person

  8. Jd mimin Mac cuma hiatus nulis?atau hiatus ngidol juga?duh bakal kesepian,tp
    kesempatan bagus buat ciduk Ashu 😀

    Aurora ya?gak terlalu banyak tentang aurora,tp di Keya dua aorora tsb saya ibaratkan Satoshi dan Katoshi😀
    Semoga di 2018,kedua’y tambah bersinar..aamiin 😀

    Liked by 1 person

  9. wadahhh g blom baca yg zuumin punya interview d brody wkwkw

    ya memang neru aku akui di tahun ini dimana mana banyak tampil, masuk ke publik, keyaki yang terkenal dengan hirate dan juga cerita tentang neru yg tiba” masuk ckup booming di pasaran

    so engga aneh. lagian dengan starting kyk gitu, neru perlahan bsa ngikutin alur di acara” itu. bahkan ada yg jadi sering tampil . mntab
    ** jgn lupa PB nya yg laku keras di pasaran, smoga bsa menyusul maiyan, ckup kaget asuka langsung ke geser ke posisi 3 >,<

    btw. aurora di sakamichi tahun ini menurut ku, mungkin asuka. krna di tahun ini, aku semakin sering lihat kalau dia selalu ada embel” ace of new nogizaka

    setiap kali foto hampir bgt sering dia di middle naachan dan maiyan di kiri kanan nya
    tp yauda gpp.

    dan gelar terbaik di tahun ini.
    di nogi seperti nya ikuchan. yang semakin melayang dan terbang. lewat unplugged nya di akhir tahun kmrin 🙂
    keren bgt liat dia yg masih nervous” nya
    smoga dia makin nanjak ke atas

    Like

    1. wkwk g blom lama” bgt main dsni udh mau hiatus
      yasuda mau bgmana lg.

      btw g udh baca tulisan u dr awal wkwkw
      di sela waktu kosong kantor LOL

      Like

    2. Hmm, Asuka memang ku akui, makin bersinar di 2017, dengan PBnya, mungkin titik baliknya, pas dipercaya menjadi Center senbatsu di tahun 2016, maka makin banyak mata yang tertuju kepadanya, selain menyandang sebagai member termuda di generesi pertama, tentunya

      Ikuchan, apa hanya faktor masuk unplugged saja yg membuatnya terbaik, apakah ada faktor lain ??

      Like

    3. Ya kan 🙂

      ikuta di tahun 2017 juga cukup intens untuk pamor nya, ditambah katanya kmrin ada acara tahun baru dmn rating nya tinggi bgt ya, nah isinya tuh maiyan, ikoma ikuta.
      Mungkin yang lbh pas itu trbaik dalam urusan pamor yg semakin meningkat, itung” ikuta bukan member 1st row lagi di tahun 2017.

      Like

    4. Kalau Ashu sih udah dari tahun2 kemarin sih ya, 2016 maksudnya, jadi gak bisa dibilang progessnya “diluar dugaan” untuk 2017.

      Ikuchan stray away dari grup, bikin namanya berdiri sendiri. Bukan hal jelek, liat Sasshi, tapi masih dedikasi sama grup itu yang paling penting, dan ane gak liat alasan kenapa banyak yang pengen dia grad.

      Hiatus karena terpaksa sih, mau gimana lagi.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s