Sebuah Nama Sebuah Cerita

Well, memang seperti itu nyatanya. It is something never happens before, not within a group as popular as them at least. Entahlah apa namanya, reboot, restart, whatever you call it. Waktu pertama kali mendengar berita ini, reaksi pertamaku hanyalah “Wait…what?” Bagaimana ya, rasanya unreal saja. Initial shock pasti ada, tapi setelah dipikir-pikir lagi hal ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan.

Aku tidak akan bilang ini masalah “Techizaka46” atau semacamnya. It is just plain childish. Beberapa komentar yang kulihat sudah cukup menggambarkan kalau image Keyaki sebagai Techizaka memang sudah terlalu mengakar. Tapi apa benar hanya itu alasannya sampai mengganti nama? Kupikir tidak. Setelah berpikir beberapa saat kupikir ada beberapa poin yang bisa digarisbawahi soal ini.

Pertama, apa urgensinya mengganti nama? Secara pribadi untukku, alasan utamanya mungkin karena memang ini sudah lewat tenggat waktu. Apanya? Let’s rewind it back to 2015, saat Hiragana diperkenalkan. Aku pernah menulis kalau konsep Kanji-Hiragana itu adalah kesalahan dari awal karena tidak adanya konsep yang jelas. Siapa yang masih ingat pertanyaan “bagaimana dengan senbatsu?”

Maju 4 tahun setelahnya, Hiragana akhirnya lepas dari bayang-bayang Keyaki. Langkah yang bagus karena tidak ada kebaikan yang dibawa sistem itu. Sayangnya artikel yang kutulis waktu itu sudah terhapus jadi tidak bisa kumasukkan disini. Intinya adalah, pecahnya Republic of Keyaki di 2019 diharapkan bisa membuka lembaran baru bagi kedua grup. Well it does, only it reached out into two different realms.

Hinata sebagai pecahan lepas sepenuhnya dengan image yang benar-benar baru. Reaksi fans? Bagus. Hinata lebih condong ke arah Nogi sebagai awal mula Sakamichi, dan relatif lebih bisa diterima. Not really works for me, if you remember I rated all their song for the first two singles “just average”. All changed in Konna but it went downhill again since Sonna. I didn’t reviewed their last two singles but I could say as far they did well.

Keyaki? Saat berita ini naik mereka hanya merilis satu single sejak pecahnya Republic. Satu single dalam satu setengah tahun, apa itu sudah cukup untuk bilang kalau hal tidak berjalan mulus untuk mereka? Belum? Bagaimana kalau ditambah bumbu member-member yang graduate, kena jebakan Bunshun, atau segala kontroversi lain yang puncaknya adalah berhentinya Tecchi?

Jadi bisa disimpulkan kalau mau main mistis-mistisan, gampangnya, nama Keyaki membawa sial. Sebagian karena urusan supernatural nonsense dan sebagian besarnya karena mismanagement. Rebranding dari nol mungkin diharapkan bisa membuang sial. Kembali ke alasan lewat tenggat waktu yang kusebut diatas, semuanya sudah terlalu berantakan untuk diperbaiki. Lebih enak merusak potongan puzzle separo jadi dan memulai dari awal.

Kedua, memangnya perlu sampai sejauh ini? Selain untuk buang sial, menurutku sah-sah saja. Tidak ada yang aneh dari sebuah grup mengganti nama, cari saja di Google berapa banyak band yang mengganti nama. Meski memang jarang terjadi sebuah grup mengganti nama saat sudah terkenal, tapi bukan berarti tidak ada. Soal perlu atau tidaknya, well….

Aku sendiri berpendapat kalau hal ini mungkin memang perlu. Mengesampingkan fakta kita masih belum akan tahu bagaimana nantinya konsep reboot ini, menurutku ini dilakukan untuk merubah, entah sedikit atau banyak, image Keyaki. Tidak, aku tidak akan menspesialkan Techizaka, member lain pernah dan bisa menjadi center, posisi itu bukan privelege yang tidak bisa digantikan.

Membuat seolah Tecchi adalah pusat dari Keyaki, matahari yang tidak tergantikan, adalah stigma yang keliru. Dia bisa digantikan, bahkan di lagu yang sepertinya tidak akan bisa dilakukan tanpanya. Apa aku harus mengingatkan siapa yang menjadi center di Kohaku tahun lalu? Yang kurang dari member lain hanya stage presence yang harus diakui, Tecchi bukan sosok yang mudah digantikan.

Dan mumpung di topik ini, Pon yang terpilih jadi center untuk single terakhir, apa ini mengejutkan? Kalau kalian mengikutiku selama bertahun-tahun pasti mengerti. Terlebih sekarang, kupikir belum ada member lain yang punya stage presence Pon. Meski yah, beberapa minggu yang lalu serigala-serigala tua seperti Anakamirikaru dan Mastoppu ribut sendiri soal siapa yang bisa jadi mengisi posisi center 9th single.

Kembali ke topik, menurutku, yang perlu sedikit dirubah adalah image keseluruhan Keyaki terlalu dark. Lagu yang mereka bawakan memang oke, pesan rebel yang kuat, tapi itu sudah terlanjur mendarah daging. Setelah Kaze, tiga single selanjutnya ada di level berbeda, it is really dark, even reaching the point of no return, coba saja mereka merilis single dengan tema yang lebih ringan, bisa dibayangkan reaksinya?

Oh bukan reaksi kalian para fans yang sampai membaca ini tentu saja, memangnya opini kalian pernah didengar? Bukan, tapi reaksi dari general public. Tanyakan pada orang awam, komparasikan katakan saja…. Kuroi Hitsuji dengan Sekai ni, mana yang lebih melekat untuk orang awam? Bet my ass it would be the former. Bayangkan mereka mengubah image, itu tidak akan mudah. People would stuck to their best, ironically also their darkest.

Gambar hanya pemanis untuk memancing kalian

Ketiga, dan terakhir, apa hal ini adalah keputusan tepat? Terlalu cepat untuk bilang iya atau tidak. Ini langkah ekstrim tentu saja, tapi menurutku ini jauh lebih cepat daripada mencoba merubah sesuatu yang sudah susah untuk dirubah lagi. Belum lagi soal opini publik dan fans  yang pasti akan selalu protes. Halo cermin ajaib, sudahkah aku menjadi true fans Keyaki?

Untuk sekarang sih, aku lebih pada menunggu saja. Karena sekarang posisiku bukan lagi reviewer aktif, hanya casual fans yang suka bacot kalau ada topik yang cukup menarik perhatian saja. Soal lagu, tentu itu jadi prioritas, padahal sih kalau aku lebih suka nonton variety mereka tiap minggu dibanding menikmati lagu mereka tiap hari.

Sekarang pertanyaan untuk kalian, seberapa besar sih pengaruhnya rebranding, reboot, or whatever it may called ini? Masih akan tetap mendukung atau malah stop? Masih menyalahkan Tecchi dan menganggap karena semuanya berpusat padanya maka perginya dia dari grup adalah yang menyebabkan rebranding ini? -I surely pity you if you think so-

Akhir kata, dengan adanya berita ini, apa sih sebenarnya ekspektasi kalian untuk Keyaki? Setelah selama satu setengah tahun aku membaca komen-komen seperti “mana single selanjutnya” “bosen centernya itu terus” dan sebagainya, jujur saja, bikin muak.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

2 Comments

  1. jujur masih tak enak hati mendengar berita ganti nama ini, apalagi dengan rumor nama sakurazaka dan logo berwarna pink yg membuat kemungkinan keyaki bakal menghilangkan konsep dark nya.

    setelah membaca tulisan mimin kayaknya ini yg terbaik buat keyaki dan membuat hati lebih tenang lol

    harapannya 1st single lagunya lebih ringan kayak saimajo atau katarunara, minimal futari / taiyou miageru lah 🙂 kaget gua kalo entar kayak kyun doremi, dan berharap gak ada ledakan graduate terutama dari gen 2.

    di review ya min single terakhir keyaki, butuh lebih banyak asupan keyaki setelah berpuasa berbulan bulan. gak maksa min wkwkwk

    Like

  2. Dih apaan bawa2 ane, ngata2in srigla tua berdebat lagi, bkn berdebat cma mnyodorkan nama yg banyak disebut berpotensi jd center, Hikaru, apalgi dia emng pernah jd center pas keya tmpil di CDTV awal tahun kmarin klo gk salah.

    Klo soal ganti nama, ane jg berpendpt ini bkn ssuatu yg harus didramatisir, skedar sdikit kaget ya boleh lah 😀
    SETUJA sma poin yg ditulis dsini (jrng2 ane setuja sma p dapat ente min 😀 )
    Nama Keya dah besar iya tp palu udh diketok mnjemen, tinggal mnantikan saja gmn mnjemen meracik grup ini kedepannya n gmn member n fans kembali mmbesarkan nama baru mereka layaknya nama besar Keyaki. Nama baru, awal baru, semangat baru, center baru, single baru, seifuku baru, iler baru… EH!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s