Beautiful Sakamichi 2020

Sekitar tiga tahun lalu aku membuat artikel Beautiful Nogizaka dan satu tahun sebelumnya Magnolia of K46 yang memuat siapa saja member yang menurutku bisa dibilang sebagai “visual” bagi Nogi dan Keyaki. Setelah beberapa tahun situasi berganti, banyak member-member baru menggantikan visual lama yang grad. Dan kupikir untuk mengisi waktu luang ada baiknya menulis ulang dua artikel itu.

Yah, ini juga untuk memantik kembali semangat ngidol yang akhir-akhir ini agak mulai naik lagi untukku. Dengan banyak kejadian di semester pertama tahun 2020 ini, banyak sudut pandang yang sudah kujelaskan dengan cukup baik -menurutku- di beberapa artikel terakhir. Maka untuk kali ini waktunya untuk yang ringan-ringan saja. Sekaligus mengundang para serigala-serigala tua yang mungkin masih berkeliaran di luar sana.

Jadi, untuk kali ini formatnya adalah 7 member visual masing-masing; Nogi, Keyaki, dan Hinata. Kenapa tidak sekalian 10? Jangan membuat orang susah, itu sama dengan memilih separo dari Hinata. Jadi rasanya 7 adalah pilihan aman karena memilih hanya 5 akan membuat susah kompetisinya untuk Nogi dan Keyaki. Dan untuk member yang mengumumkan graduation jelas tidak kumasukkan.

Jadi, langsung saja ini dia siapa saja yang menurutku bisa dibilang visual dari Sakamichi per tahun 2020.


Nogizaka46

7. Ikuta Erika

Bertahan, atau lebih tepatnya naik peringkat. Dia menggeser Kaz dari list ini. Kenapa bisa begitu? Well, bukan beralih preferensi, tapi untukku Ikuchan terlihat glowing up dalam dua tahun terakhir. Paling terlihat saat R&J, which is I absolutely loved. Sayangnya untuk penampilan idolnya memang tidak banyak berubah, padahal akan menarik melihat Ikuchan dengan hairstyle berbeda. Will the day ever come? Anyway, she’s raising her notch and she deserved the place.

6. Hayakawa Seira

Secchan kupikir adalah OG visual untuk Gen 4. Sudah pernah kutulis di Macorionid sebelumnya, dan pendapatku masih sama. Secchan mewarisi tempat Iori sebelumnya, visual member yang kurang diperhatikan. Untungnya dia lebih outspoken dibanding Iori dan bisa menempatkan komedi sebagai salah satu senjata. Tapi menempatkannya di posisi #6 untuk visual Nogi? Tidak berlebihan, karena sejauh ini pun dia masih kulihat sebagai Gen 4 dengan visual paling matang.

5. Tsutsui Ayame

Harus diakui, visual Ayame semakin hari semakin menonjol. Entah apa cuma aku yang berpikir begini, tapi kupikir dia mirip Fumika Baba? Biasanya aku tidak akan menempatkan visual yang lebih mengarah ke “kawaii” seperti Ayame setinggi ini, tapi mempertimbangkan waktu, dia layak. Seiring waktu dia akan semakin matang dan bisa menemukan warnanya sendiri. Rasanya seperti nostalgia dengan Ashurin dari 7 tahun yang lalu.

4. Oozono Momoko

OG center Gen 3 ini layak berada di #4 karena…well, apa yang bisa kukatakan? She’s downright cute at first, but aged well into a bijin. Melihat Momo dua tahun lalu dan sekarang, perbedaannya benar-benar kentara. Setidaknya untukku, entah kalau untuk kalian. Menarik mengamati perkembangan Momo satu dua tahun kedepan, apa dia akan dijadikan seperti Naachan, membentuk image baru Nogi?

3. Matsumura Sayuri

Ringo harus turun satu peringkat dari artikel tiga tahun lalu. Beberapa yang menonton Nogichuu beberapa bulan lalu pasti tahu kalau Ringo adalah “#1 wajah yang diinginkan di Nogizaka” dan aku tidak bisa menolak itu. I mean, she’s really pretty, but overshadowed all this time by Maiyan, and for me, by Misa. Untuk semua alasan yang disebutkan di Nogichuu, ditambah her crescent-shaped eye smile yang selalu jadi poin utama untukku.

2. Saito Asuka

Princess of Darkness yang masih memegang posisi atas untuk urusan visual. Yah, dia face Nogi untuk saat ini, jadi bukan hal aneh kalau dia ada di #2. Ashu punya semua alasan untuk ada disini, hanya kenapa dia tidak jadi #1 adalah karena aku sudah terbiasa melihatnya jadi kurang bisa mengapresiasi. Dan juga karena #1 kali ini memang punya visual yang meskipun juga sudah terasa familiar tapi membawa warna yang baru.

1. Umezawa Minami

Well, I mean, this is not debatable anymore isn’t it? Tidak setelah banyak yang bilang dia adalah adik tidak sedarah Maiyan dan bahkan berperan sebagai adiknya di MV Sora Tobira, kemiripan mereka memang mutlak. Untukku malah aneh kenapa Ume belum di-push sebagai pengganti Maiyan. Well, ada positif dan negatifnya memang, tapi untuk topik artikel kali ini, she’s a clear winner. 


Keyakizaka46

7. Watanabe Rika

Well, sudah 5 tahun Pechan dianggap sebagai visual Keyaki dan bisa kubilang, dari awal sampai akhir? It’s not even up to debate, kurasa kita semua bisa sepakat kalau Pechan adalah satu-satunya member dengan visual yang sudah matang saat debut Keyaki, dan masih sampai sekarang. Satu-satunya minus adalah dia tidak bisa membuat langkah berani dalam urusan make-up atau hairstyle. 

6. Ozono Rei

Pendatang baru yang langsung ada di #6 adalah Rei. Let’s talk slowly, Gen 2, yang awal dan baru, adalah nafas baru yang juga menurutku menaikkan level visual Keyaki. Terlebih dari Gen 2 yang baru, ada tiga yang masuk list kali ini, Rei jadi nama pertama karena menurutku dia masih agak kurang mengeksplor kemungkinan make-up yang cocok untuknya.

5. Moriya Akane

Membicarakan visual, membicarakan soal kecantikan, apa bisa melewatkan Aka? Obsesinya akan kecantikan sudah sampai tahap running gag, jadi tentu saja dia layak masuk list ini. Dari member Gen 1, untuk saat ini memang Aka yang kupikir jadi visual terbaik. But honestly, I didn’t find even one visually mind-blowing member from the OG, they’re moreish, maybe? But certainly not extraordinary.

4. Tamura Hono

Hono mungkin bukan favorit secara umum untuk urusan visual, tapi untukku, dia adalah member pertama yang membuatku berpikir “she’s the visual” saat mereka diperkenalkan. Dia punya visual yang lebih ke arah Nogi ketimbang Keyaki, which is not a bad thing. Membuatnya jadi terlihat spesial diantara member Keyaki. Yang paling menarik dari Hono adalah foto performance-nya, jarang dia terlihat jelek disana, hal yang susah ditemui.

3. Onuma Akiho

Member Gen 2 Keyaki memang monster untuk visual. Sekali lagi ada member baru yang masuk langsung ke #3. Akiho memang sekilas terlihat biasa saja, tapi kalau kubilang dia adalah hidden visual yang masih belum terlalu terlihat. Coba saja lihat blognya, mungkin saja bisa menemukan harta karun tersembunyi.

2. Seki Yumiko

Yumiko Kaichou memenangkan persaingan dengan Hono untuk “siapa member Gen 2 original yang paling cantik” versiku kali ini. Kaichou akhir-akhir ini mengalami peningkatan dalam hal make-up yang membuatnya terlihat lebih oke. Dia punya aura bijin yang lebih dari Yuuka dan Satoshi, yang sebelumnya kupikir adalah member yang masuk kategori ini.

1. Moriya Rena

Jujur. Rena ada di posisi ini bukan karena dia oshiku atau karena marganya sama dengan Aka. Rena adalah member baru dengan visual paling matang, dan siapapun yang bilang tidak sebaiknya bisa memberi alasan logis kenapa dia tidak. Alasan utama kenapa Rena adalah visual #1 di Keyaki adalah dia, di mataku, adalah perpaduan dari cantik “kawaii” dan cantiknya “bijin”.


Hinatazaka46

7. Matsuda Konoka

 

Turning point untuk Matsudakono adalah saat dia memotong rambutnya. Bukan mengatakan dia jelek dengan rambut panjang, but it was just… plain. Auranya lebih keluar dengan rambut pendek, juga dengan mengganti warna membuat kepribadiannya lebih terlihat. Tidak adil dong, karena artinya ini membahas personality? Tidak, memilih hairstyle yang tepat sangat membantu. Kontur wajahnya yang terlihat lebih jelas dengan rambut pendek, jadi nilai plus.

6. Watanabe Miho

Well, jelas aku tidak termakan dengan burikko soal ini. Kupikir Miho punya karakter wajah yang lovably, cenderung chubby dengan ekspresi yang kaya. Sebenarnya kalau dari penilaian seperti biasanya, aku lebih akan memasukkan Miho ke kategori “member dengan visual yang mudah diingat” alih-alih ke kategori Best Visual.

5. Sasaki Kumi 

Suprise surprise, or not. Kurasa Kiku mulai menampilkan visual yang menawan sejak setahun terakhir. Sebelumnya aku hanya melihatnya sebagai sainenshou di Hinata tapi belakangan dia seperti mulai menemukan make-up yang tepat, dan itu hal yang baik. I think she’s the #1 otona bijin in Hinata right now.

4. Nibu Akari

Mengesampingkan karakter konyol -seperti mayoritas Hinata- kupikir Nibuchan layak ada di #4. Dia sama seperti Kaz, kurang diapresiasi karena lebih menjual karakter ketimbang visual. Padahal sejak awal mereka punya visual yang tidak bisa diremehkan. Let’s appreciate her visual more from now on, are we agree on that?

3. Miyata Manamo

Untukku, Manamo punya visual yang paling unik dari semua member Hinata. Aku tidak bisa menjelaskan dengan detail soal ini. Lebih seperti half mungkin istilahnya? Aku malah tidak akan kaget kalau dia berasal dari Taiwan atau China misalnya, atau malah dari Asia Tenggara, kinda exotic. Karena itu dia langsung terlihat menonjol sejak awal, entah kalian melihatnya bagaimana.

2. Kosaka Nao

Kalau Nao adalah kebalikan dari Manamo, di mataku dia punya visual yang paling Jepang dari member Hinata. Seperti kalau kalian disuruh membayangkan gadis Jepang, larinya bisa jadi ke Nao. I mean she’s very lovely in yukata, as far as I could imagine. We can’t argue on that, she’s not only has the visual but also the aura. Would it be too far if I say I could see Yamato Nadeshiko in her?

1. Kato Shiho

Sejak hari-hari Hiragana Keyaki, Katoshi punya visual paling matang dibanding rekan satu grupnya, dan masih bertahan sampai hari ini. It’s a bit harsh but she’s a clear winner, even more so than Ume. Memilih Ume di Nogi masih butuh sedikit usaha lebih dibandingkan memilih Katoshi. Bukan merendahkan Hinata, tapi kenyatannya di mataku memang seperti itu.


Jadi itu dia siapa saja yang menurutku bisa dibilang sebagai visual dari Sakamichi group per tahun 2020. Tentu saja ini versiku sendiri jadi tidak akan bisa memuaskan semua orang. Obyektif hanya dari segi visual di mataku, mengesampingkan siapa saja oshiku. Bias kuusahakan di batas minimal supaya artikel ini bisa seobyektif mungkin, seperti biasa, aku tidak akan membuat bias mempengaruhi penilaian.

Jelas ada pendapat berbeda, dan aku mau mendengarnya juga. Tulis saja di kolom komentar di bawah atau lewat social media yang lain, meski belum tentu semuanya akan kujawab. Aku sedikit kehilangan semangat untuk membalas komentar, makanya jangan heran kalau di beberapa artikel sebelumnya juga tidak ada satupun komentar yang kubalas.

Tapi jangan segan untuk berkomentar. Jangan jadi silent reader terus. Oh satu lagi, kenapa aku lebih prefer menggunakan foto dari blog ketimbang saat photoshoot, itu untuk mencoba menunjukkan poin yang kutulis, meski tidak semuanya tepat sasaran.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

2 Comments

  1. Sebagian besar setuju sih, tapi menurutku ini list visualnya.
    Nogi :
    7. Yamashita Mizuki
    Zukki sejak potong rambut jadi makin cantik menurutku.
    6. Hayakawa Seira
    Setuju tentang seira, dia cantik banget. Padahal waktu liat dia pertama kali di koujichuu biasa aja, tapi sejak liat dia di sam no koto jadi semakin tertarik.
    5. Ikuta Erika
    Cantik. Dah gitu aja 😀
    4. Oozono Momoko
    Suka aja sama wajahnya yang ‘jepang’ banget.
    3. Tsutsui Ayame
    Udah cantik dari audisi 😀
    2. Kubo Shiori
    Rada bias, tapi dia emang cantik 😀
    1. Matsuo Miyu
    Cantik elegan yang nogi banget menurutku.

    Keyakizaka46
    7. Oozono Rei
    6. Moriya Rena
    5. Moriya Akane
    4. Watanabe Rika
    3. Morita Hikaru
    2. Seki Yumiko
    1. Tamura Hono

    Kalau untuk hinata, aku ga begitu ngerasa ada yang menonjol masalah visual.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s