Hello There…

Sudah lama ya? Well, karena kesibukan RL makanya aku sama sekali tidak bisa melanjutkan terus menulis. Dan seperti yang sudah kalian tahu (mungkin) macorionid sendiri sudah kututup akhir tahun 2019 kemarin. All things must pass.

Tenang saja, aku sudah mem-back up semua datanya dan kalau memungkinkan akan ku-upload ke alamat baru. Itu juga kalau sempat. Nah, kembali membuka dashboard untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan membuatku kagok juga. Melihat kanvas kosong untuk ditulis membuatku susah untuk merangkai kata-kata lagi.

Tapi karena memang sedang sempat, ya kali ini aku hanya ingin memberi salam saja dan sedikit menulis tentang apa yang kudengar tentang Sakamichi belakangan ini. Ya, aku masih mengikuti berita tentang mereka, masih menonton Nogichuu, Keyakake, dan Hinamashou hampir tiap minggunya. Lagu-lagunya masih kudengarkan juga.

Yah, meskipun sudah berhenti menulis review -sebenarnya saat Konna ni Suki ni Natchatte Ii no aku sangat tergoda untuk menulis reviewnya. Karena sejauh ini lagu itu adalah yang terbaik yang Hinata tawarkan untuk seleraku- aku masih juga mengikuti tiap kali mereka merilis lagu baru. Tapi untuk mereview, maaf saja, aku tidak punya cukup motivasi untuk itu. Mungkin di waktu yang akan datang.

Nah, belum juga sebulan dekade ’20 datang, sudah ada saja berita-berita yang membuatku kaget -ya sebenarnya tidak juga sih, cuma biar dramatis saja- pertama dari Maiyan yang mengumumkan graduation. I mean, it’s expected to come ever since the day I’ve wrote about it. The end of Double Suns era.

[2017.10.13-06.00] Nogizaka46 19th Single - Itsuka Dekiru Kara Kyou Dekiru Booklet Type-C(7).jpg

Apakah aku kaget dengan berita graduation Maiyan? Well, sama sekali tidak. Secara timing juga sebenarnya bagus, dia melakukan ini di awal tahun baru, dimana relatif adalah waktu paling pas untuk mengumumkannya. Maksudnya, dengan begini dia akan memberi cukup waktu bagi grup untuk bouncing back di pertengahan sampai akhir tahun yang mana lebih krusial untuk merilis lagu baru.

Kurang lebih sama seperti saat Maimai graduate, dimana dua single setelahnya membawa Nogi ke Kouhaku pertama kali. Intinya adalah, she’s done her part. Now she can leave in peace. Yah, secara grup mungkin Nogi masih dalam masa transisi dimana masih sangat depended dengan member senior seperti Ashu dan Ikuchan. Ya, masih.

Jujur saja, kalau harus kubilang, masa transisi Nogi ini sangat sangat lambat. Pertama kali Momo dan Yoda jadi center sudah hampir 3 tahun dan kita masih belum melihat Gen 3 memainkan peran yang krusial dalam popularitas Nogi seperti member OG. Tell me then, name some big project they achieved in the last 3 years, some recognizable one. 

They did well in modelling, that’s a given if you’re Nogis. Musical? sure thing but Iku’s light are foreshadowing ’em. Variety and radio, just barely catch up with the senpais. Sure there are some good things in commercial but it’s just after sales, not recognition. Same thing could be said to 4th Gen. If I’m not minded being harsh ‘cuz basically just Ensaku “introduced” in Yoake. 

Tentu itu bukan sepenuhnya salah member, LLC juga kurang bisa melanjutkan pondasi kuat yang dibangun OG terutama Maiyan; association within public and group. Ya tentu saja ini bisa dimaklumi mengingat status OG dan penerus ya, tapi ayolah…


26175210_1779304205473068_1125757075_n

Nah, disaat Nogi menurutku masih akan kesulitan dalam regenerasi ini, langkah yang diambil Keyaki ini mengejutkan -well, tidak juga- dan drastis. Tidak tanggung-tanggung, 4 member sekaligus. Dani dan Monta graduate, mengingat rumor yang ada justru malah mengejutkan kalau mereka masih bertahan. Satoshi yang hiatus, kurasa bukan masalah.

Tecchi yang “withdraw” dari grup, ini menarik juga. Bukan graduate karena dia merasa harus pergi dari grup karena tekanan mental. Oke, paling tidak dia bisa lepas dari antis sekarang. Tecchi adalah contoh dari live fast and die young. Memang beban yang ditanggungnya sebagai member yang selalu ada di spotlight hanya akan menyiksanya jika diteruskan.

Aku tidak akan memberi analisa kenapa Tecchi harus menggunakan kata yang tidak umum itu. Bukan juga karena aku termasuk yang menginginkan center baru Keyaki juga, karena jalan seperti ini juga tidak menyenangkan untukku. I’ll surely miss her crazy presence, one thing which givin’ Keyaki’s such a pleasure to watch. Nobody catch up to her till now.

Hanya saja yang membuatku sedikit bertanya-tanya adalah bagaimana susunan senbatsu 9th single akan berubah. Berhubung sudah lama juga diumumkannya, aku yakin recording dan semuanya sudah selesai, bagaimana mereka akan merubahnya itu yang kutunggu. Dan terutama siapa yang akan mengisi posisi center. Punya taruhan siapa yang akan mengisi posisi Tecchi?


hinatazaka46 joyful love

Terakhir untuk Hinata, kurasa tidak ada berita mengejutkan atau newsworthy dari mereka. Kecuali sedikit kekecewaan karena Sonna Koto Nai Yo kurang bisa mengulang nikmatnya Natchatte. Yah, paling tidak ada satu yang masih enak untuk dinikmati tanpa perlu terlalu dipikirkan.

Sebagai penutup anekdot di awal 2020 ini, dan entah kapan lagi aku akan bisa menulis atau sekedar membuka dashboard karena ponsel yang biasanya kupakai untuk ngidol sekarang sudah benar-benar jarang kupegang. Silakan saja kalau mau ngobrol lewat Twitter, Facebook atau Instagram, tapi jangan berharap fast response ya.

Silakan juga tulis pendapat kalian di kolom komentar kalau berkenan. Mungkin akan kubalas kalau sempat. Sampai ketemu di lain kesempatan. Tetap semangat ngidolnya.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

4 Comments

  1. Maiyan, Monta, Dani tinggal nunggu waktu dan ya udah keduga gitu. Eh ada nama Tecchi dong, bukannya graduate malah resign. Bingung. Terkejut. Rada gak percaya tapi ngeliat karakter Tecchi ane gak heran. Yah moga aja mgmt bisa introspeksi lagi ke depannya. Damn berita awal tahun paling gak ngenakin setelah berita hebohnya negeri seberang.

    Btw comeback lagi ya gan akhirnya. Moga makin semangat nulis bagai quda kedepannya 😅

    Like

    1. Ya paling enggak sekarang yang selalu protes soal Tecchi bakal tutup mulut 🤣

      Hmmm…. gak comeback juga sih, cuma emang kebetulan pengen buka blog aja dan lagi ada waktu buat nulis.

      Review2 mungkin kalo emang bener2 suka materinya aja. Yang pasti gk bakal kaya dulu lagi

      Like

  2. Selamat datang kembali, bang. Udah lama nggak mampir ke sini. Sempet kaget pas nutup lapak sebelah. Berikut analisis awam gua.

    Bagi gua, udah saatnya Maiyan lulus. Gen 1 ini ada yang berhasil berkembang, stagnan, bahkan mundur. Hal biasa. Jadi tumpuan Gen 1 lebih kepada Asuka. Dia idola dengan keunikan yang nggak muncul sesering kacang goreng. Nggak tau kenapa, Maiyan layak jadi legenda. Dia sering laris manis dalam Akushukai. Cuman bedanya, dia lebih populer di kalangan fans, sama kayak Nanase, nggak mampu meluas kepada orang biasa, seperti Ikoma, walau jadi yang dibenci.

    Sekarang, LLC menumpukan Gen 3 dan 4. Sayangnya, ini malah memecah konsentrasi. Pada saat Gen 3 belum kegarap potensinya semuanya, Gen 4 tampil sebagai lawan ‘seimbang’. Sebab, ada yang tumbuh subur (Yoda), ada yang tumbuh lamban (Momoko), dan masih banyak pula yang belum di-push. Pas ngeliat Gen 4, gua lebih sreg dengan Kaki. Sedangkan Sakura, wah nggak tau nggak terima aja (namanya juga preferensi). Berharap kepada Gen 2 pun sudah sulit. 28/29 Januari lalu, KTK menyatakan lulus. Kemarin sering disandingkan dengan Ayane. Justru Ayane berkembang sebagai aktris stage play. Plus, makin kurang aja armada Sayuringo Gundan. Sebelumnya, Karin sudah lulus, kini mulai moncer sesudah lulus. Nggak tau dah kalo aja KTK lebih melejit sesudah lulus nanti.

    Sedangkan untuk Keyaki, gua punya pandangan lain. Hirate sudah terlalu jenuh untuk memangku posisi ini. Jadi centre berurutan bak domino justru menyebabkan Seed&Flower (S&F) nggak nyiapin centre pengganti. Dia menanggung beban yang sama seperti Ikoma. Tapi, dia tidak mampu mengatasi. Pasti ada alasan lain. Barang kali, tekanan psikologis yang mengharuskan tampil misterius. Padahal, Techi orang yang ceria dan menarik. Ini menjadikan seperti orang lain. Mungkin dia bukan orang yang punya persona lain. Atau cedera yang sering dialaminya juga semakin menyulitkan untuk mengikuti perkembangan koreo yang makin sulit. Sebelumnya Imaizumi kan ingin menantang status itu. Malah dia yang harus keluar. Entah dirisak (bully) atau dipaksa mundur. Ada pula Shida yang penanganan skandalnya amat amatiran. Terlalu lama menyembunyikan kenyataan membuat semakin banyak waktu menyiapkan kebohongan. Akhirnya, cara mundurnya nggak baik-baik. Sempet hiatus, biarpun ternyata kembali lagi ke dunia hiburan.

    Ditambah lagi Oda dan Suzumoto. Oda kena hukuman karena sama seperti kasus Shida. Ketidakjelasan status juga bikin lulus lebih masuk akal. Ya, nggak usah berharap dengan transparansi manajemen artis di sana. Suzumoto sendiri punya keadaan yang sama seperti Hirate. Lelah dengan koreografi yang menguras tenaga. Peluangnya juga sempit, ya karena posisi centre yang semi-permanen tadi. Gua pikir. Keyaki hadir untuk menyaingi K-Pop yang punya tarian yang energik dan koreografi yang apik. Menggebrak gelanggang idola perempuan yang lebih dihiasi oleh tarian yang anggun nan gemulai. Juga pilihan musik yang lebih keras untuk ukuran idola Jepang. Walaupun harus dibilang, mayoritas Gen 1 Keyaki terpengaruh oleh Seifuku no Mannequine yang benar-benar membelalakkan pandangan orang tentang idola.

    Namun, pilihan lagu tidak diimbangi dengan persiapan yang matang. Agar segala kemungkinan buruk dapat teratasi. Misalkan member yang kelelahan dengan koreografi yang rumit atau lain-lain. Jelas nggak main-main S&F menyewa Takahiro sebagai koreografer. Keyaki sendiri punya masalah yang jamak ditemui di grup idola lain. Fans yang toxic. Itu pula jadi masalah yang belum ada obatnya. Orang biasa malah lebih antipati kalo bertemu dengan fans tipikal ini.

    Terakhir, gua nggak dapat memberi komentar untuk Hinata. Gua belum masuk aja dengan pilihan musiknya. Tambahan lagi, belum ada single yang menjadikan gua jatuh cinta dengan grup ini. Arakian, gua blank mau ngomentarin Hinata.

    NB:
    Ini komentar yang ketiga. Nggak tau kenapa komentar gua yang pertama dan kedua hilang ditelan angin. Jadi, udah lupa yang ditulis sebelumnya. Cuma berusaha mengingat inti pendapat gua yang kemarin.

    Like

  3. Wah bro udh lama bgt gk bkin komen nih

    hahaha lupa gua kpan trakhir kali komen dsni,
    gua sempet kaghet macorionid gk bsa gua akses wkwkw, ada rasa kangen untuk ngebaca tulisan yang baru dari mac,
    Ini aja gua udh telat bgt ya komen di Bulan 3 hahaha,

    Gua pun udh engga begitu jor” an untuk ngikutin 46, karena emg skrng tuntutan kerjaan dan tanggung jawab makin banyak dan emng harus fokus, namun sama gua masih ada d group sakamichi, main di s48, Facebook page, twitter, ntn acara” mereka atau ikutin news mereka,
    Cuman skrng udh gk main lagi di weibo kyk dlu, ikutin blog atau 755 masih kok hahahaha
    gk kerasa udh lama bgt rasanya gua ngidol… semua dimulai oleh foto asuka yg gua like di IG hahaha,
    dan akhirnya bsa ktemu page milik u ini, menambah wawasan gua untuk idol dan hal” lain, gua pgen baca lagi tulisan” u yg unik,

    rasanya baca tulisan double suns itu gmn ya, wkwkwkw cuman dsni doang gua tau hal itu dan gua inget dikepala gua jg akhirnya.

    Banyak banget yg bsa d bahas dr nogi keya hina, banyak perubahan,
    join nya para member baru kenkyusei ke masing” group.

    Banyak yg grad.. maiyan, inoue, kotoko, monta, oda, techi yg mundur, katoshi hiatus, iguchi mao grad.

    so many has been changed since Jan 2020…
    feels a bit lonely, gua kangen masa” ngidol wktu tahun 2017 dlu, 2018 gua sangat on fire bgt. skrng udh mulai slow hahahaha

    Single mereka ckup bagus loh, gua demen konna ni ne” , sonna koto juga lumayan, naze juga wkwkw
    Keya suram bgt gk tau nasib nya gmn itu 9th single mereka, wkwkwk
    Nogi gua demen 25th single nya, agak sedih kalo mikirin gk bakal ada maiyan lagi saat acara apapun yg ada nogi nya, tapi seneng jg mungkin maiyan akan join Instagram wkwkw

    Nogi bakal empot” an untuk regenerasi wajah” masa depan mereka, karna gen 1… yauda ada disana sebagai sampul nogi…

    Gua pikir gk bakal liat update dsni lg, tp gk sia” gua buka page ini lagi hari ini yahaha

    Well menunggu komen mastoppu dan anakamirakuru wkwkw

    semoga kalian semua sehat” di saat virus corona ini, walaupun gua gk prnh ktemu kalian, tp gua merasa ada hubungan yang dekat karna sesama fans 46 hahaha,
    to end this long curhat…

    I hope everything goes well for our beloved 46 hahahaha
    see ya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s