Planetarium 46

Kembali ke dunia blog setelah sekian lama, bangun dari tidur abadi. Ada juga pergeseran dari hal yang beda dari nge-blog kali ini dengan saat terakhir melakukannya. Times surely gone so fast. Semoga aja penyakit lama enggak kumat lagi kali ini. Yah, paling gak jangan keseringan kumat aja deh, kalo ketinggian malah beban, hehehe. Oh, satu lagi, semoga urusan DMCA yang belakangan bikin ribet cepet kelar deh. Sayang kalo kita kehilangan lahan delusi, ya gak?

Nah, untuk pos pertama, aku bakal mix apa yang menurutku menarik untuk ditulis. Nyempet-nyempetin garap di mobil kalo mood, dan kapan aja ide terlintas. So, gak pake lama ini pos pertama; Teori analogi tentang member Nogizaka46 dalam tatanan kosmik. Disini dianalogikan dalam lingkup tata surya kita sendiri; The Solar System, dan sedikit diperluas keluar ke hamparan bintang dan konstelasi dilihat dari planet bumi.

Kali ini membahas hal pertama yang terbayang soal angkasa luar: Planet. Disini terbagi dua, antara 4 terrestrial planet dan 4 gas giants. Terrestrial planet alias empat planet kecil di inner solar system; Mercury, Venus, Earth, dan Mars. Dan 4 gas giants planet; Jupiter, Saturn, Uranus, dan Neptune. Kedelapan member yang masuk kategori Planet adalah member-member yang besar, dengan kata lain, staple senbatsu.

Mercury vss00093

Planet terdekat dari matahari, sekaligus planet terkecil dalam Solar system kita. Sisi planet yang menghadap matahari bisa melebihi 427º C sementara sisi yang membelakangi matahari bisa -187º C.

Kondisi yang pernah dialami salah seorang member Nogi setelah skandalnya. Reaksi fandom antara sangat panas dan sangat dingin, ekstrim. Yap, si twin-tail Matsumura Sayuri. Dari kedelapan planet, Mercury adalah yang terkecil, dan honestly, begitu juga Sayurin di mata fandom. Dia tidak lagi ada di level Nanamin, satu member staple fukujin melainkan turun kelas jadi member 3rd row.

Fans yang berbalik memusuhinya, fans yang dari awal enggak suka dia, pada panas. Sementara beberapa, memilih cool pada hal itu, meski enggak serta merta memaafkan Sayurin begitu saja. Lebih pada “Kamu melalukan kesalahan dan kamu menyesal. Aku terima tapi keadaan tak akan pernah kembali sama seperti semula.” Just like that.

Dalam skala planet, Mercury tergolong kecil, namun Mercury tidak pernah turun dari status planet, sekalipun satelit dari Jupiter, Ganymede dan satelit Saturn, Titan, berukuran lebih besar dari Mercury. Dan sekali lagi, kita mendapat counterpart Ganymede dan Titan dalam bentuk member Nogi, yaitu Kitano Hinako dan Sagara Iori. Dua member ini aku berani bilang, considerably akan ada di level yang sama dengan Sayurin seandainya mereka juga adalah management darling.

Venus venus_clouds

Planet yang disebut sebagai bintang fajar dan evil twin dari Bumi. Mengambil nama dewi kecantikan Romawi kuno karena terlihat sangat jelas dari Bumi bahkan dengan mata telanjang sebagai obyek angkasa berwarna oranye. Selama berabad-abad manusia berpikir Venus adalah tempat yang indah, tapi kenyataan berkata sebaliknya. Dibalik keindahannya, Venus adalah planet neraka. Dengan suhu permukaan mencapai 464º C dan tekanan atmosfir 70 kali lebih besar dari Bumi, Venus adalah tempat yang paling mirip sekaligus paling berbeda dari Bumi. Karena mengecualikan lingkungan nerakanya, dari segi ukuran diameter Venus hanya sekitar 600 KM lebih kecil.

Member yang cocok dengan deskripsi Venus adalah dia yang cantik, punya sisi blakckheart, dan bisa dikatakan ‘kembar’ dengan seseorang. Tidak lain tidak bukan Misamisa adalah Venus. Dari dulu aku merasa senpai satu ini benar-benar cocok dengan gambaran Venus yang juga dikenal sebagai dewi penggoda.

Bumi

earth3au
Home

Planet ketiga dari matahari, planet terbesar keenam, dan planet yang kita sebut rumah. Satu-satunya tempat terdapat kehidupan dalam eksistensi yang kita kenal di alam semesta, rasanya tak berlebihan jika dikaitkan dengan seorang sosok Holy Mother Nogizaka46. Sayangnya, sekarang sudah mendekati akhir, dan akan jadi tantangan untuk mencari member lain yang bisa mengisi kekosongan Maimai. Sama menantangnya dengan menemukan exoplanet dengan kondisi lingkungan yang sama dengan Bumi dan memungkinkan akan adanya kehidupan.

 

Mars apakah-sayuran-bisa-hidup-di-mars

Planet merah, digadang-gadang sebagai calon masa depan tempat koloni manusia. Mars adalah obyek langit kedua setelah bulan yang paling kita sering pelajari, meskipun banyak yang kurang menyukai ide kolonisasi Mars karena lingkungan yang ekstrim.

Kondisi yang sama untuk member Nogi yang satu ini, di-push habis dengan kondisi ekstrim, dilabel sebagai tumpuan masa depan Nogi. Tidak sepenuhnya salah juga, karena dia tetap yang paling maju dari gen 2. Juga sempat dijatuhkan dari zona nyaman ke Unders, sama seperti para astronom yang pernah mengalihkan perhatian ke calon koloni bumi selain Mars. Mars juga adalah dewa perang, dalam astrologi diidentikkan dengan marabahaya. Ketika member ini di push habis-habisan pertama kalinya, itu juga saat dimana Mars bersinar di langit malam.

Jupiter51

The King of Solar System, seandainya massa Jupiter lebih besar 80%,dia adalah bintang sama seperti matahari karena komposisi kimianya sama dengan yang terdapat pada matahari. Dan Jupiter juga bisa dikatakan miniatur Solar System, karena 64 satelit alaminya mengorbit planet ini persis seperti kedelapan planet mengorbit matahari. Jupiter bahkan lebih berat dari ketujuh planet lain jika digabungkan sekaligus, dan ada di posisi spesial karena setiap planet dan bintang tipe brown dwarf yang ditemukan di luar tata surya kita, diukur dengan skala 1 Jupiter.

Counterpart Jupiter sebagai member Nogi sudah jelas siapa, jack of all trades Nogi. Hanya karena massa-nya yang kurang, dalam hal ini dukungan dan push yang enggak gila, dia masih bertahan hanya sebagai member terbesar dibawah matahari. Namun tak perlu dipungkiri dialah yang menyandang gelar member terbesar setelah dua orang yang ada di puncak, queen Maiyan dan fandom darling Naachan. Kalau kita membicarakan this ah-dork-able member, pasti bisa membuat kita geleng-geleng kepala, tertawa, atau berdelusi.

Saturn

Sang planet cincin, planet terbesar kedua di Solar System, dan planet paling ringan diantara semua planet lain. Sebagai komparasi, Saturn 95 kali lebih besar dari Bumi, namun kepadatannya hanya ⅛ Bumi. Jika ada lautan yang cukup luas, Saturn akan mengambang di atasnya.

saturn_malmercassini_5m

Di Nogi, member yang terpikir olehku cocok dengan Saturn hanya satu nama. Dia populer di publik, bisa dikatakan jewel of Nogi solar system seperti julukan untuk planet itu sendiri, unik dengan karakternya, tapi di sisi lain, dia nggak punya banyak hardcore fans, dan seolah keberadaan dirinya di senbatsu hanya untuk meningkatkan public recognition. Plus dia enggak banyak membantu Nogi dalam hal performance diatas panggung.

Uranus

Satu-satunya planet yang namanya diambil dari nama dewa Yunani kuno dan bukan Romawi kuno.Tidak, bahkan Urania dalam mitologi bukan dewa melainkan hanya Muse. Namun Uranus juga populer sebagai unsur kimia uranium, yang diberi nama sama untuk menghormati penemuan planet ini. Anomali lain Uranus tidak berotasi searah atau melawan arah jarum jam seperti planet lain, melainkan berputar seperti bola menggelinding.uranus_28edited29

Dengan analogi ini, dan fakta bahwa Uranus baru ditemukan pada 1781, satu-satunya member Nogi yang cocok dengan deskripsi ini adalah member yang populernya belakangan, dengan cara yang bisa dikatakan pionir di tubuh Sakamichi Series, sekarang hampir selalu disebut jika membicarakan fashion di Nogi, dan awalnya hanya dianggap member pelengkap. Tahu siapa yang aku maksud?

Neptune

Planet terakhir dan terkecil dari 4 gas giants, memiliki keadaan ekstrim yang membuat badai El Nino di bumi seolah hanya semilir angin sore di planet terjauh dari matahari ini. Hujan berlian bukan hal aneh di planet ini. Meski paling jauh dan paling kecil, Neptune tak bisa disangkal masih lebih populer dari planet kembarannya, Uranus.

neptune_1563910a

Satu member yang aku analogikan dengan planet ini, selalu bisa membuat keributan di fandom dengan semua kontroversinya meskipun bukan salahnya melainkan alam-lah yang membuatnya seperti itu. Dan dalam mitologi Yunani kuno, Neptune dikenal dengan nama yang lebih familiar: Poseidon. Umumya, Poseidon dikenal sebagai ‘pengguncang Bumi’, satu lagi karakteristik yang dimiliki member ini sebagai ‘pengguncang fandom’

Dwarf Planet

Obyek yang lebih besar dari asteroid, namun lebih kecil dari planet. Lima nama dwarf planet yang resmi dikenal adalah Eris, Pluto, Ceres, Makemake, dan Haumea. Member yang termasuk kategori dwarf planet dalam sistem tata surya Nogi adalah mereka yang mempunyai banyak dukungan dari fandom, bakat yang cukup tersia-sia, atau bukanlah management darling.

artists_impression_dwarf_planet_erisEris adalah dwarf planet terbesar dan terletak jauh di belakang Neptune, ‘planet’ terdingin di angkasa. Berdiameter sedikit lebih besar dari Pluto, lebih mudah membayangkan Eris sebagai bongkahan es yang mengapung di angkasa. Mengacu pada definisi planet saat ini, Eris hanya tak bisa ‘membersihkan’ orbitnya dari asteroid, yang mana gagal membuatnya naik kelas menjadi planet.

Sama seperti Eris, Kawamura Mahiro atau Rotti juga gagal untuk membersihkan jalannya menuju popularitas sehingga hanya bertahan sebagai dwarf planet. Dari segi bakat dan variety wise dia cocok menjadi member besar. Sayangnya, hanya saja jika dia memiliki fanbase yang kuat, setidaknya dia akan ada di level seorang Himetan.

Pluto

plutodog
Guk!

Anjing berwarna oranye peliharaan Mickey Mouse ini…. er, maaf. Bukan Pluto yang ini.

nh-pluto-in-false-color

Pluto adalah planet pertama yang diturunkan kelasnya (poor Clyde Tombaugh) setelah klasifikasi benda luar angkasa diredefinisikan tahun 2006. Kondisi yang sama dialami oleh satu member Nogi. Yang dimaksud disini adalah member yang pernah besar di senbatsu namun sekarang berjuang di Under. Siapa dia? Nakada Kana. Kanarin pernah jadi staple senbatsu meski sekarang statusnya tak lebih dari under. Sama dengan Ichiki Rena.

maxresdefaultCeres, obyek terbesar di asteroid belt, sabuk asteroid yang terletak diantara orbit Mars dan Jupiter. ¼ massa asteroid belt adalah Ceres, pecahan terbesar dari planet kelima. Ada diantara Mars dan Jupiter, tentu masih ingat siapa komparasi mereka sebagai member Nogi kan?

Nah, seorang Himetan sangat pas dengan deskripsi Ceres, dia dekat dengan Miona dan Ikuchan, tapi posisinya lebih kerdil dibandingkan keduanya di mata publik. Tak perlu diragukan juga dia adalah Under member terbesar saat ini.

Makemake & Haumea

Dua dwarf planet ini masih penuh misteri karena bahkan teleskop paling canggih di Bumi saat ini juga masih belum mampu menguak lebih banyak dari Makemake dan Haumea. Jadi aku akan meninggalkan dua planet ini untuk sementara. Mungkin juga akan diisi oleh Gen 3 Nogi, jadi tinggal menunggu waktu.

Masih ada beberapa klasifikasi lain tentang member yang belum dimasukkan dalam kategori planet dan dwarf planet, termasuk member Jyuu-fukujin lain, Unders, dan bahkan Maiyan dan Nanase, so, stay update!

All image used is credited to it’s respective owners

Advertisements

4 Comments

    1. The X Planet ya, Karena masih simpang siur masih ane anggap ini planet reserved buat siapa aja yang bakal breakthrough selanjutnya, kemungkinan dari gen 2/3. Ngikutin perkembangan astronomi juga nih?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s