Sakamichi Review : Sayonara no Imi MV

Sakamichi Review dimulai lagi! MV untuk 16th single Nogi, Sayonara no Imi sudah dirilis sejak tanggal 21 Oktober kemarin. Rilisnya MV ini terbilang cepat karena hanya berselang sekitar satu minggu sejak diumumkannya senbatsu untuk 16th single. Dan MV ini membuat obsesiku pada karamel meningkat saat menulis reviewnya. Terlalu banyak untuk ditulis dalam satu minggu. Tapi sudahlah, satu review selesai dengan artikel ini. Have a nice reading.

Storyline untuk MV ini fokus pada Nanamin -atau harus kukatakan, fokusnya pada dua ‘7’- yang seperti biasa, memancing di air keruh. Meski aku sendiri akan abstain jika ditanya pendapat tentang ini, peran Nanase sebagai ‘manusia’ dan Nanamin sebagai ‘manusia duri’ atau Shijin seperti menceritakan dua sisi yang berbeda.

Shijin disini memiliki dua arti; 1. Orang yang hidup dalam penderitaan atau menderita karena penyakit 2. Seseorang yang hidup sebatang kara. Disini jelas yang digunakan adalah yang pertama. Nanamin grad dengan alasan fisiknya tak bisa diajak kompromi, fakta yang menjadi handicap-nya selama bertahun-tahun. Jadi dari segi storyline dan fakta ini single terakhirnya, tema ini bagus dan tepat sasaran.

Naachan sendiri mengatakan bahwa dia merasa mencuri banyak screentime di MV ini dan bahwa seharusnya The 3 Musketeers Nogi; Maiyan, Nanamin, dan Sayuringo lah yang seharusnya mendapat jatahnya. Aku sendiri akan lebih menyukai jika Maiyan dan Sayuringo yang mendampingi Nanamin di single terakhirnya, karena mereka praktis adalah pilar Nogi sejak awal, not to say mereka juga ‘dituakan’ di grup dalam banyak arti.

MV ini sedikit membingungkan timeline-nya, entah secara keseluruhan ini adalah flashback atau kejadian yang sedang terjadi. Kenapa? Karena handycam yang dibawa Miona berasal dari era 90’an sementara di scene lain ponsel modern berlayar sentuh juga hadir. Selain itu di scene penutup, kesannya Naachan seperti bernostalgia saat akan mengintip ke kamar Nanamin.

Shimada Kyusaku, atau lebih dikenal di fandom Sakamichi sebagai Tokuyama, kembali berperan di MV Nogi setelah Shakiism 3 tahun lalu. Kali ini, dia tetap mendapat peran antagonis -antihero mungkin lebih tepat- yang sedikit berlawanan dengan member. Dia berperan sebagai pemimpin dari sebuah desa mungkin? Yang mengetahui perbedaan diantara manusia dan Shijin dan tegas pada peraturan. Dialah yang memerintahkan Naachan melakukan ‘penyucian’ pada Nanamin, yang kemudian tak bisa dilakukannya.

Diantara banyak scene pada MV ini, yang menarik perhatianku adalah saat Ashurin memanggil Nanamin ‘onee-chan’, dan di saat upacara penyucian -aku tak menemukan idiom yang lebih bisa menggambarkan scene ini- saat berselisih dengan Miona yang merekam upacara kakaknya, terungkap bahwa dia juga adalah Shijin. Miss S & Little Miss S, tak kurang.

Secara garis besar, cerita yang kutangkap dari MV ini adalah di sebuah tempat ada ketakutan tersendiri akan Shijin, dimana mereka harus disucikan dengan memotong ‘duri’ mereka. Kurang lebih mengangkat tema rasisme dan bullying, from my point of view. Pembagian member dengan hakama merah dan biru, awalnya kukira adalah dua kubu yang berseberangan di ceritanya tapi ternyata mereka bersatu untuk upacara penyucian. Intinya menurutku adalah jangan lihat sesuatu hanya dari luarnya, klise dan klasik. Beberapa MV sebelumnya seperti Imahana juga membawa tema ini.

Harus kukatakan, kostum yang digunakan untuk MV ini mungkin salah satu yang terbaik dalam sejarah Nogi. Dance part di MV ini menjadi saat dimana kita bisa melihat kostum perpaduan ini.  Kostumnya seperti campuran dari beberapa kebudaayaan, terutama Vietnam dan China. Bagian top half yang mirip busana tradisional Vietnam, Áo Dài yang memiliki aksen Cheongsam. Sementara untuk bottom half, aksen mirip alfabet ‘ㅅ’ dalam Hangul  atau ‘λ’ terbalik dalam alfabet Yunani bisa ditemukan di bagian rok.

Sayangnya, mungkin kita tak bisa melihat Nogi perform menggunakan kostum ini, karena biasanya mereka memiliki seifuku sendiri untuk perform. A pity. Sementara di part drama, kita hanya mendapat Hakama dan Kimono biasa saja, dan baju casual untuk bagian lain, dan seragam sekolah juga. Meski harus diakui, kimono yang dikenakan Nanamin terlihat mewah, apalagi ditambah aksesoris seperti itu.

Scenery MV ini yang diambil di Yamanashi, prefektur Shizuoka kembali menunjukkan pemilihan tempat yang tepat. Kagura hall, panggung pertunjukan Noh, adegan kereta yang membelah air dan dance part berlatar belakang gunung Fuji, menunjukkan khas prefektur kelahiran Yumi ini.

Distribusi screentime, seperti yang sudah kukatakan di atas, didominasi oleh dua ‘7’. Nanamin jelas karena dia center, dan Naachan selalu menjadi top two pilihan untuk menjadi center tiap kali spring single atau fall single. 3rd row seperti biasa hanya muncul sepersekian detik, hanya Sayu yang cukup beruntung mendapat peran di dekat Nanamin saat upacara sering tersorot kamera. Sedikit penghiburan setelah 11 kali, eh?

Dari 2nd row pun, hanya Ashurin dan Miona yang mendapat jatah seharusnya. Baik dalam cerita maupun screentime. Sayuringo cukup sering mendapat screentime dan Misa hanya tersorot saat bagian upacara, sama seperti Manatsu. Sementara Yumi, okay, kembali ke Fukujin tidak semata-mata menjamin screentime berlimpah. Darn it. Untuk front row, berlimpah di MV ini, hanya saja Maiyan kurang memberi impact sebanyak Naachan.

Overall, MV kali ini lebih baik jika dibandingkan Harujion, yang menjadi standar sebuah MV+lagu kelulusan bagi Fukujin. Sayonara kini akan menjadi benchmark jika kasus Fukujin grad sebagai center terulang -meski aku tak berharap demikian- di masa depan. A beautiful MV with a decent song. Sayonara juga masih membawa image khas fall single Nogi, suram dengan jalan cerita yang berakhir bahagia (?) jadi dari segi purple line, single ini masih membawa sesuatu yang kita suka dari Nogi.

%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%b5%e3%83%a8%e3%83%8a%e3%83%a9%e3%81%ae%e6%84%8f%e5%91%b3%e3%80%8f-mp4_000469177
Last but not least, her final scene

All images used is credited to it’s respective owners

 

Advertisements

161 Comments

  1. Daripada Disebut “Shijin” Ane Lebih Demen Kalo Disebut “Togejin” Biar Agak Mirip Sama Judul PBnya Nanamin Yang Berjudul “Yasashi Toge”. 😀

    Nanase Banyak Dapet Screentime Mungkin Karena Bakal DiPlot Untuk Menggantikan “N”-nya Nanamin Dalam Trio MSN (Maiyan Sayuringo Nanami) Kali Yak. 🙂

    Rumahnya Nanamin DI MV Itu Sama Kayak Tempat Yang Dipake Seirarin Photoshoot Di Nogibingo 3 Ep.11 Gk Sih?

    Untuk Masalah Costum, Ane Setuju Sama Agan. Menurut Ane Costum Ini Termasuk Salah Satu Costum Terbaik Sejagad Aki-P Group

    Like

    1. Ane malah inget ketoprak tiap denger kata Toge XD

      Atau mungkin karena mereka sama-sama ‘7’. Yang jadi pemikiran ane, ini rada de javu sama Harujion. Di Harujion kan Maimai sama Miona yang jadi lead, nah disini Nanamin sama Naachan. Miona gak jadi center di Hadashi, artinya Naachan gak bakal jadi center dong di 17th single?

      Enggak ah. Lagian, gak mungkin acara kaya Nogibingo rela buang2 duit buat nerbangin 2-3 member ke Shizuoka.

      Ane suka banget sama kostum kali ini karena ane sendiri punya fetish sama Ao dai & cheongsam..XD

      Like

    2. Entah Kenapa Ane Laper Lagi 😀

      Yang Jadi Center Di Single 17th Itu Dedek Marika Gan Soalnya Dia Udah Ngasih Kode Di Judul Lagu PVnya “Marikka 17” 😀
      Ngomong2 Tentang Miona, Di Tahun Ini Tiap Doi Naik Pangkat Musti Ada Yang Jadi Tumbal.
      Harujion (Mai2 Grad) = Under ~> 3rd Row
      Sayonara (Nanamin Grad) = 3rd Row ~> 2nd Row
      Mungkin Kalo Ada Yang Grad Lagi Baru Doi Bisa Naik Ke Front Row 😀

      Soalnya Rumahnya Mirip Sama Yang Di Nogibingo Dulu Gan Makanya Ane Kira Tempat Yang Sama 🙂

      Ane Malah Baru Tau Ao Dai Dari Artikel Ini Hehehe

      Like

    3. Pesen ketoprak aja gan, delivery XD

      Disini aja ini adek satu susah banget diliat, mau jadi center 17th. XD Atau jangan2 centernya yang mau 17 tahun depan? Miria sama siapa dari Gen 3?

      Miona kan emang selalu minta tumbal. Pertama kali, Sayu sama Hoshimina. *awas ada suaminya XD

      Hukum pertama Sakamichi : LLC itu pelit. XD

      Ane suka sih mereka kaya promosiin negara lain. Bhutan, Vietnam, China. Indonesia kapan?

      Like

    4. Udah Terlanjur Makan Nasgor Gan 😀

      Waktu Ane Nonton MV Sayonara Untuk Pertama Kali, 3rd Row Gk Kelihatan Sama Sekali Sama Ane. Baru Setelah Ane Tonton Lagi Baru Kelihatan. Member 3rd Row + Misa & Manatsu Ini Ibarat Cuma Jadi Panorama 😦
      Single 17th Mungkin Rilis Sekitar Akhir Maret Tahun Depan Dan Member Yang Pada Waktu Itu Masih Umur 17 Yaitu Miria, Oozono Momoko, Mukai Hazuki Sama Yamashita Mizuki. Diantara Mereka Masih Belum Ada Yang Cocok Jadi Center Di Single 17th. 😀

      Kalo Tumbalnya Cuma Turun Pangkat Sih Masih Gk Masalah Gan 🙂

      Oh Iya Ane Sempat Lupa 😀

      Ane Jadi Ngebayangin Ikuchan, Ashu, Sayu, Marika, KTK Pake Kebaya Trus Rambutnya Disanggul ❤

      Like

    5. Ane pertama liat ini MV malah gak nonton sama sekali, fokus sama lagunya doang. 😀
      3rd row yang keliatan dalam sekali liat itu Hoshimina, Sayu, sama You-Know-Who.
      Momoko jelas masuk center material deh, kan dia udah jadi center gak resmi Gen 3. Tapi ane ngarepnya sih Mizuki 😀

      Ciah, ngebayangin mereka pake kebaya+sanggul, pasti ngebayangin duduk di sebelah mereka di pelaminan juga ujungnya XD

      Like

    6. Karena Ane Udah Dengerin Lagunya Saat Showroom Jadi Waktu MVnya Keluar Langsung Ane Tonton Tanpa Merem 😀

      Ane Malah Lebih Dulu Nemuin Marika Daripada Hoshimina :/
      Momoko Emang Udah Punya Aura Center Seperti Yang Pernah Ane Bilang Di Comment Artikel Sebelumnya Tapi Kalo Buat Jadi Center Single 17th Jelas Masih Belum Soalnya Seluruh Member Di Senbatsu Saat Ini Juga Punya Aura Center 🙂

      Kalo Itu Bukan Sekedar Ngebayangin Gan 😀 (Ane Ngetik Ini Sambil Cekikikan)

      Like

    7. Ane sampe sekarang juga belum dengerin semua lagu yang udah keluar audionya. Bawaannya males aja.

      Yang di scene latihan buat upacara penyucian kan?
      Belum tentu, ingat aja kasus Miona dulu. “Yang terlihat belum tentu terlihat.”

      Aauuuu aauuuu aauuuu XD

      Like

    8. Lagu Solonya Nanamin Bagus Loh Gan (y)

      Iya, Waktu Doi Pake Baju Biru Muda Sebelahan Sama Mama Sayu ❤

      Miona Dulu Auranya Belum Keluar Tapi Member Yang Lain Juga Sama. Dulu Dikit Banget Yang Punya Aura Center. Paling Cuma Ikoma, Maiyan, Nanamin Sama Sayuringo.

      Semoga Aja Next Single Beneran Pake Kebaya Hahaha 😀

      Like

    9. Jangan spoiler please 😀
      Entar review ane bias jadinya 😀

      Makanya gan, gak punya aura center belum tentu gak dipilih jadi center. Bisa aja airdropped center lagi. Tapi ane gak ngarep juga sih, kasian liatnya.

      Gimana mau dance kalau pake kebaya? 😀

      Like

    10. Oke Gan Ditunggu Review Lengkapnya 🙂

      Janganlah Gan Kasian Sama Member2 Lain. Jangan Sampe Mentalnya Gen 3 Jadi Kayak Beberapa Member Baru AKB Yang Kalo Doi Gk Masuk TV/Gk Diajak Tampil Di TV/ Sedihnya Bukan Main Padahal Member Senpainya Dulu Butuh Waktu Lama Baru Bisa Masuk TV Dan Punya Acara Sendiri (Sumber: Perkataan AKiP Di AKBShow)

      Eh Kata Siapa Kalo Pake Kebaya Gk Bisa Ngedance? Bisa Loh Gan

      Like

    11. Asal MV 3rd single Keyaki gak keluar barengan sama audio HQ single ini sih bisa cepet review ane 😀

      Yang ane harapan jangan keburu ada yang grad duluan. Kemarin ane nonton lagi variety pas masih baru-barunya Gen 2 dan kehilangan beberapa member sebelum mereka naik pangkat dari KKS ngerasa baper lagi. Padahal dari visual, ane rasa mereka bersaing banget.

      Tapi bakal kaku kan? Kalau yang agak longgar mungkin bisa ya.

      Like

    12. MVnya Keyaki Paling Cepet Diupload 2 Minggu Lagi Kayaknya :/

      Yap Semoga Aja Gen 3 Punya Mental Tangguh Kayak Para Senpainya.
      Alumni Gen 2 Yang Paling Ane Sayangkan Itu Kyouka. Padahal Doi CUkup Kelihatan Di Awal Tapi Malah Grad Duluan.

      Ane Kurang Tau Itu Longgar Apa Nggak Tapi Yang Pasti Ane Pernah Liat Perform Yang Dancernya Pake Kebaya 🙂 Padahal Kemungkinan Nogi Pake Kebaya Aja Kecil Banget Tapi Udah Dibahas Aja Nih Haha 😀

      Like

    13. Ya bagus deh, ane bisa fokus sama review Sayonara dulu 😀

      Barusan dapet liat photoshot Momoko yang baru, kalah sih dari yang pertama tapi makin gak kaya anak baru dia.
      Yonetoku ya? Padahal dia punya base gila-gilaan, olimpiade junior bok. Sayang, layu sebelum berkembang.

      Kalau bawahnya pake rok biasa kaya Sayonara sih mungkin bisa ya. Hahaha, berharap duluan, kalau terwujud bisa nyombong duluan XD

      Like

    14. Sip Ditunggu Min 🙂

      Photoshoot Nogizaka46xPlayboy Yang RIlis 24 November 2016 Kah? Atau Individual Shoot Baru? Kasih Link Dong Min 😀
      Padahal Basenya Udah Bagus Semisal Doi Diundang Suatu Acara Ada Yang Bisa Jadi Bahan Obrolan 😦

      Gak Sekalian Buat Draftnya Gan Kali Aja Ntar Kewujud 😀

      Like

    15. Bukan, BOMB edisi november. Solo. Ada satu foto yang rada mirip Naanya. Kalau link udah lewat deh, soalnya ane gak pake lama langsung save save save. Seinget ane sih dari tumblr.

      Yah, makanya jangan ada yang keluar sebelum jadi member deh dari Gen 3. Sayang bener soalnya meskipun kita belum tahu mereka punya apa yang belum ketahuan publik.

      Udah kebanyakan draft sampe cape scroll nya. Kebanyakan ramalan yang belum terwujud sih XD

      Like

    16. Yang Inikah LINK
      Kalo Yang Gravure Yang Ini Itu Yang Ane Maksud Dulu Atau Adakah Yang Lain.

      Yap Itu Yang Paling Penting Apalagi Gen3 Ini Cakep2 Semua. Barusan Nemu Video Photoshootnya Yoda Yuki Di BLT Ternyata Doi Lucuk Juga ❤

      Kurang Sajen Kali Gan Makanya Belum Kewujud 😀

      Like

    17. Ya yang ini. Yang satu Flash yang satu BOMB kan. Berarti Momoko kalau sesuai jadwal masih ada 2 photoshot lagi.

      Ane baru liat satu fotonya Yuki pagi ini via TL, belum liat videonya sama gambar lainnya.

      Sesajen kuota masih kurang yak? XD

      Like

    18. Semoga Phtoshootnya Pake Kostum Musim Dingin ❤

      Entah Kenapa Setelah Ane Lihat Photoshootnya Member Gen 3, Ane Malah Jadi Kasian Sama Rotty & Maaya. Diantara Member Nogi Kayaknya Mereka Yang Paling Jarang Photoshoot. 😦

      Kurang Lah Gan, Musti Bertapa Didepan Kantornya LLC Dulu Biar Presentase Terwujudnya Semakin Tinggi 😀

      Like

    19. Kostum baru Nogi yang merah sama biru itu?

      Rotti sih masih ada lah ya, apalagi kebantu Guitar Heroine juga, Maaya yang beneran hampir nol soal photoshoot. Yah tapi emang Maaya gak fotogenik sih.
      Chiichan yang jauh lebih ngenes, proporsi body tinggi, fotogenik gak usah ditanya, tapi jarang banget dah dapet kesempatan.

      Kalau ane melipir ke kantor LLC gak dibolehin sama Yumi gan. Dia takutnya ane khilaf terus bakar kantornya XD

      Like

    20. Momoko kayak gadis biasa ya? Ane kok kurang nangkep aura dia.
      Kalo Yoda udah liat belum? Ane cuma liat video pembuatan photoshoot dia. Sekilas ane liat Satoshi, Iku, Johnson, Takahashi Juri di dia.
      Ito Riria sama Kubo Shiori apa udah ada? Video atau foto majalahnya?

      Like

    21. Auranya innocence kali ya bilangnya. Kalau Yuki ane juga baru liat videonya, dari sumber2 ane belum keluar juga.

      Riria aama Shiori masih antri, tapi udah pasti dapet.

      Like

    22. @Mac:
      Kostumnya Nogi Yang Merah Biru Mah Bukan Kostum Musim Dingin Gan 😀

      Iya Ya Chichan Lebih Jarang Dapet Photoshoot 😦
      Padahal Chichan Dulunya Adalah Model Anak2 😦
      ======================================================
      @Mas:
      Kalo Menurut Ane, Momoko Udah Punya Aura Center Sih Gan
      Kalo Yoda Yuki Menurut Ane Lucuk Kayak Fusionnya Sato Shiori, Oguri Yui Team 8 Sama Johnson

      Like

    23. Oh, maksudnya mau Nogi pake kostum kaya yang di covernya Sayonara no Imi?

      Sekali-kali dia photoshoot padahal buset dah. Seriusan. Sayang file ane dulu udah pada kedelete…

      Berarti image Yuki=Johnson? Gak jelek sih, asal jangan sampe nasibnya sama…

      Like

    24. Yes, Kostum Musim Dingin Yang Fashionable

      Yang Chichan x BLT Kah Photoshoot Yang Agan Maksud?

      Ya Gak Kayak Johnson Juga SIh 😀 Lebih Mirip Ke Oguri Yui Sama Sato Shiori Sih Tapi Ada Beberapa Titik Yang Agak Mirip Johnson 😀

      Like

    25. Tapi bakal susah kali ya dance pake baju begitu 😀

      Lupa, udah gak punya filenya sih…

      Ane liat kok dia gak mirip2 amat ya sama Satoshi? Kalau Johnson iya struktur mukanya rada mirip.

      Like

    26. Kalo Gak Salah EGirls Pernah Ngedance Pake Kostum Musim Dingin Tapi Bawahannya Pake Celana Panjang Sih 😀

      Yang Ini Bukan
      *https://id.pinterest.com/pin/432134526719006681/

      Sebelumnya Kita Samain Persepsi Dulu Gan, Yang Agan Maksud Ini Sato Shiori Kayaki Atau Sato Shiori Team 8?

      Like

    27. Linknya Ane Lupa Gan Soalnya Semacam Cuplikan Performnya EGirls Waktu Nampilin Lagu Mr. Snowman Atau Merry Merry Christmas Gitu (Lupa Pastinya) Di Konser Mereka.

      Ane Nyoba Coba Googling Gravurenya Chichan Cuma Muncul Dikit Banget 😦

      Ada Gan, Yang Ane Maksud Dari Tadi Itu Sato Shiorinya Team 8 Haha 😀

      Like

    28. Hmmm, ya coba kalau ane punya waktu+kuota luang ane coba cari deh 😀

      Photoshoot Chiichan lebih langka dari gigi ayam. Hampir non-exist kaya member Nogi yang pada grad sebelum 5th single..

      Oh, pantesan ane ngerasa aneh. Ternyata ngomongin 48G, ane angkat tangan deh kalau bahas mereka. Kemarin aja coba-coba download MV baru mereka yang single terakhir Paruru, hasilnya ane butuh waktu buat mencerna itu MV.

      Like

    29. Kalo Gk Salah Liputannya Maidigi/Jijipress (Kalo Gk Salah Loh Ya) 😀

      Bahkan Gravurenya Miyazawa Seira Lebih Banyak Daripada Gravurenya Chichan 😀

      Haha 48G Yang Ane Ikutin Saat Ini Ya Cuma Mayuyu, Team8, HKT Sama AKBingo. Selain Itu Cuma Iseng2 Aja Kalo Ada Waktu Luang Haha 😀

      Kualitas MV Sama Cover SInglenya AKB Akhir2 Ini Emang Anjlok Gan. Makanya Gk Heran Kalo Popularitas Mereka Juga Ikut Menurun. 😦

      Like

    30. Iya kah? Ane gak begitu merhatiin Miyazawa sih dulu, keburu broken heart waktu member pertama Nogi yang ane perhatikan grad.

      Ane gak punya particular member yang disuka dari 48G sih makanya udah total. Gak tau deh ada angin apaan kemarin ane download tuh MV. 😀

      Menurut ane rada kaya K-Pop sih musiknya. Bagus kalau yang nyanyi gak sebanyak itu, kalau belasan member sih masih oke lah ya, kaya K-Pop beneran.

      Like

    31. Coba Aja Googling Pake Keyword “宮澤成良 gravure” Ntar Bakal Muncul Beberapa 😀 Siapa Gan? Ito Nene Kah?

      Kalo Ane Sih Tiap Major Single RIlis Pasti Ane Icip Dulu Tapi Coupingnya Jarang…

      Wah Kalo Ngomong KPop Ane Angkat Tangan Gan 😀 Ane Cuma Tau Gee Sama OSTnya Full House 😀

      Like

    32. Bukan Nenekoro. Yang pertama banget buat ane, ada 3, dua masih ada sekarang, yang satu bikin ane broken heart grad kira2 seminggu setelah ane mulai niat masuk fandom. Perih banget dah.

      Ane penasaran aja kali ya sama ini single, soalnya pas pertama2 ane mulai merhatiin AKB pas Paruru jadi center.

      Ane nyusun draft buat chart dari SNSD, tapi gak selesai2. Mantan pink #1 di hati ane tuh mereka 😀

      Like

    33. Ada 3 Biji Yak? Yumi, Mama Sayu Trus Yukina Kah? :/

      Jadi Mulai Ngelirik AKB Pas Masa Eien Pressure Yak? Wajar Sih Soalnya Masa Itu Emang Masa Jayanya AKB

      Ane Tau SNSD Ya Cuma Lagu Gee Itu Doang 😀 EH Ada Satu Lagi Sih Tapi Ane Lupa Judulnya Pokoknya Di MVnya Itu Ada Pesawat Sama Pesawat Kertasnya Kalo Gk Salah :/

      Like

    34. Ane gak bakal bilang siapa, cuma dari 3 yang disebutin, cuma satu yang bener.

      Cari alternatif selain Arashi aja sih, karena ane balik ke J-Pop scene itu karena Arashi, dan kebetulannya AKB pas lagi di puncak.

      Itu single debutnya gan. Into the new world, single paling tokcer di playlist SNSD ane.

      Like

    35. Gk Ada Clue Nih? 😀

      Pernah Jadi Fans Arashi Toh…Hal2 Yg Berbau Arashi Yang Ane Demen Cuma Drama Hana Yori Dango 😀

      Yak Itu Yang Ane Maksud. Lagunya Enak, MVnya Bagus Pula 🙂

      Like

    36. Gak perlu mengungkit masa lalu lah, ane sekarang bahagia sama Yumi XD

      Bukan pernah, masih lebih tepatnya. Dulu ane ngefans Fall Out Boy & Arashi barengan, lagunya aja berjejer di playlist ane. Sempat dikira edan juga sih. XD

      Mungkin masih lamaan ane rilis itu artikel, Sakamichi lagi menuntut konsentrasi 😀

      Like

    37. Ane Coba Nganalisis Ya Gan 😀
      “Gak perlu mengungkit masa lalu lah, ane sekarang bahagia sama Yumi” <~ Berarti Dulu Bukan Yumi 😀

      “Yang pertama banget buat ane, ada 3, dua masih ada sekarang, yang satu bikin ane broken heart grad kira2 seminggu setelah ane mulai niat masuk fandom.” <~ Ada Member Yg Udah Grad Dan 2 Still Member

      “Photoshoot Chiichan lebih langka dari gigi ayam. Hampir non-exist kaya member Nogi yang pada grad sebelum 5th single” <~ Terngiang Gara2 Bahasan 5th Single Berarti Oshi Yg Udah Grad Memutuskan Untuk Grad Di Masa Ini = Ando Mikumo

      “Ane gak bakal bilang siapa, cuma dari 3 yang disebutin, cuma satu yang bener.” <~ Ane Tadi Nyebutin Yumi, Mama Sayu, Yukina Karena Chance Untuk Yumi & Yukina Gugur Berarti Sisa mama Sayu

      Kesimpulan: Ane Prediksi 2 Dari 3 Oshi Agan Dulu Adalah Mama Sayu Dan Ando Mikumo….Satunya Lagi Ane Nebak Ikuchan (Karena Semua Orang Demen Ikuchan Haha)

      Like

    38. Buset niat bener gan. Tapi tetap ada yang keliru dan ane gak akan bilang yang mana. 😀

      Plus yang terakhir, “semua orang demen Ikuchan”, berarti ane termasuk spesies langka yang gak tertarik sama bocah gesrek satu ini XD

      Like

    39. Ane Cuma Nganalisis Dari Diskusi Kita (Ceileh Kita?) Di Page Ini Aja Kok Gan, Jadi Gk Terlalu Makan Waktu 😀
      WIh Masih Ada Yang Salah Yak? Kalo Begitu Ikuchan Replaced Sama 1 Diantara Member Ini (Reika, Maiyan, Nanami & Sayuringo)

      Berarti Agan Musti Dimuseumkan Nih Haha 😀

      Like

    40. Mendingan jadi detektif idol gan, gantiin bapak kos sebelah yang dulu menyandang gelar detektif ngidol #1 XD

      Museum pun masih terlalu muda buat ane. 😀

      Like

    41. Ane Baru Tau Kalo Ada Gelar Bergilir Kayak Gitu 😀
      Jadi Tebakan Ane Yang Baru, Betul Gk Nih? Kalo 3 Oshi Agan Dulu Itu Mama Sayu, Ando Mikumo Sama Satu Diantara Reika/Maiyan/Nanami/Sayuringo 😀

      Like

    42. Dia udah gagal jadi detektif, identitasnya udah ketahuan *ini superhero apa detektif 😀

      Saya tidak akan menjawab pertanyaan ini demi menjaga hati Yumi. Saya kembalikan pada tebakan orang-orang di luar sana. Terima kasih *ala press conference resmi 😀

      Like

  2. Memancing di air keruh, bisa dapat ikan lele, lumayan. XD

    Setuju, ane juga suka dan bisa bilang, kostum dancenya, yang paling bagus. Lebih bagus dari kostum ala Indian kemaren. Dan selain Hangul dan alphabet Yunani, rok bagian bawahnya juga sama dengan huruf Kanji “人” hito/orang/manusia. Apa ini menggambarkan hidup Nanamin setelah grad akan jadi manusia biasa, setelah 5 tahun menjadi dewi Idol Nogi? Mungkin.

    Dibandingin dengan Harujion, ane bisa bilang, Harujion menyedihkan secara visual. MaiMai nangis, pasti bocor tuh, bendungan air mata kita. Ini, lebih ke arti. Cocok dengan karakter pinter Nanamin. Banyaklah penggambaran perpisahan di sini, mulai dari upacara penghilangan duri, yg menurut ane bisa diartikan dia akan keluar dari kerasnya dunia hiburan atau dia nggak akan tersiksa lagi dengan semua ini atau dia akan menjadi manusia biasa, bukan artis, sampai yg paling nyesek di scene akhir. Nanamin ga ada/menghilang. Ntar kita bakalan cuma bisa liat dia dari rekaman video dan variety sebelumnya aja. Ditambah gambar paling bawah,…berkaca2 deh ane. 😦

    Overall, enjoyable. Di MV ini, Nanase yg nyetir, kita tinggal menikmati Nanamin.

    Like

    1. Yang ada ini mancing piranha yang kebanyakan makan kastengel XD

      Siklus kostum tahun ini; Harujion-Edo, Hadashi-Hippies, Sayonara-baju tradisional. Nogi kembali ke era yang lebih jauh dari sekedar 80’an 😀
      Kalau yang kanji, setahu ane kan ‘hito’ itu aturannya harus simetris, iya gak sih? Rada lupa sih ane. Sementara kalau hangul emang mirip aksen itu

      Yang ane kurang dapet di Harujion itu feel. Antara kebanyakan mewek sama storyline+timeline yang gak jelas. Terkesan terlalu maksa ‘ini loh single graduate’ sementara Sayonara gak sebegitu maksa dan lebih ke simbologi. Lebih kaya single biasa aja, cuma dengan cerita yang lebih kuat.

      Kalimat terakhir bisa mancing juga tuh XD

      Like

    2. Piranhanya pasti kalorinya naik tuh. XD

      Kalo tahun ini temanya budaya, ya? Tahun kemaren warna, ya? TK ungu Imahana putih? Tahun depan temanya?
      Kalo soal aturan nulis, ane ga ngerti. Tapi menurut Kanji recognizer, di stroke ordernya kanji hito centang atasnya ke sebelah kanan, kalo kanji iri ke kiri. Hangul sama sekali ga ngerti.

      Harujion ane cuma terpengaruh MaiMai. MVnya yg agak mengecewakan karena gradnya MaiMai disesaki sma Yuri2an + lagunya ga terlalu bagus. Sederhana ini juga yg ane suka dari MV ini. Simple is the besuto, kalo kata Sayuringo Gundan. XD

      Mancing apaan nih? Kerusuhan Oshinya Nanamin? Tapi kalo soal Naachan,ga terlalu berdampak menurut ane, kalo bener2 diperhatiin cerita di MV ini. Nanamin tetep jadi inti dari cerita MV. Meski Naachan dapat banyak screentime, perannya bisa dibilang pendukung. Fokusnya tetep Nanamin, maslah toge dan perpisahan.

      Like

    3. Sekali-kali temanya dunia dongeng boleh juga lah 😀
      Sama berarti kaya hangul, centang atasnya ke kanan. Kirain yang kanji hito harus simetris.

      Gampangnya, momen grad Maimai overshadowed sama momen debut Keyaki. Musim semi tahun ini Nogi kalah telak. Btw, percaya sama kata-kata SG ya? XD

      Bisa perang antar fanbase dua ‘7’ tuh, yang satu ngerasa spotlight-nya diambil yang satu bilang itu salah manajemen. Tapi misal, bukan Naachan yang ambil porsi sebanyak itu tapi katakanlah Ashurin, apa bakal seramai sekarang?

      Like

    4. Berharap tradisional Jepang atau futuristik kalo ane, dan jangan mengkilap2 kayak grup sebelah. XD
      Kalo simetris sulit min nulisnya.

      Bener juga, Summer lumayan ke angkat dengan Center baru. Fall ini juga lumayan kuat nih, dengan lagu yg pas buat grad Nanami dan komposisi track yg lumayan menurut ane, belum denger yg CE dan Manatsu gundan. Tinggal Keyanya, bisa ga meningkat. Dari sisi formasi, udah menarik perhatian, tinggal lagunya.

      Sama aja min. Intinya, Oshi Nanamin ingin liat Nanamin lebih banyak di layar MV, karena ini grad dia. Kalo ada member yg makan terlalu banyak, ga peduli siapa, efeknya tetep. Tapi, seperti ane bilang, liat dari pespektif berbeda buat tahu keindahan MV ini. XD

      Like

    5. Berharap futuristik tapi gak bling-bling? Mana bisa 😀

      Ane masih belum serius merhatiin lagu lain, masih nunggu yang HQ sekalian. Kalau Keyaki, awal bulan nanti pasti udah rilis MV-nya.

      Entahlah, kalau ane ngerasa seandainya bukan Naachan tapi Maiyan sama Sayuringo misalnya, fans gak akan terlalu keki. Cuma karena ini Naachan, yah, prejudice gitu sih.

      Like

    6. Ngeblink boleh, tapi kain dan desainnya jangan terkesan murahan kayak grup sebelah. Ane sekarang malah berharap Nogi atau Keya pake Pink. Neon pink sekalian. XD Ini tantangan buat desainer kostumnya, gimana buat Pink ga terasa terlalu Kawaii kayak grup sebelah, dan tetep bisa nunjukin sisi elegan Nogi atau cool Keya. Mungkin Summer tahun depan?

      Emang beda min, antara yg rip radio sama yg asli?
      MV Keya semoga ga dibuka dengan Showroom kayak kemaren. Semoga dengan cara lain yg lebih inovatif.

      Memangnya, Naachan sebegitunya dibenci, ya? Kalo ane liat, dia emang di push secara perlahan, dan nemu popularitasnya sendiri juga secara bertahap. Ga tahu single ke 1-5, belum ane cek, tapi di single ke6 dia jadi centernya Hoka no Hoshi kara kan? Jadi ga bisa disebut gori kan.
      Kalo Maiyan dan Sayuringo, apa mungkin karena sama2 senior? Atau hubungan mereka dekat dengan Nanamin. Waktu ane telusuri blognya Nanamin diawal, dia lumayan deket dengan Naachan, bahkan akrab banget. Ada satu foto tangan Naachan lagi tepuk2 paha Nanamin. 🙂 Mungkin ini yg jadi dasar memasang mereka berdua.
      Ane kok kesannya bela Naachan, ya? 😁 Ane netral disini, dua2nya suka. XD

      Like

    7. Kalau pink yang gak terkesan murahan, ya cuma Pastel Pink yang bisa, dipadukan sama gray/gold lining. Kalau summer tahun depan, ane pengen liat kostum ijo malah, schere green atau turquoise gitu.

      Beda dong, rip radio sama sekali gak jernih. Belum lagi suara obrolan yang ganggu.
      Palingan juga sama di SHOWROOM, kaya Kataru nara sama MV solonya Tecchi-Neru.

      Emang bukan, tapi penawaran yang sama, kalau diteruskan, ya pasti bosen. Menjurus ke hate juga kan. Apalagi jor-joran banget dua tahun ini, dimana tahun penting orang-orang ngelirik Sakamichi. Secara gak langsung dia kaya Acchan, cuma beda porsi & timing aja.

      Like

    8. Mungkin pink udah jadi identitas akb, jadi ga dipake. Ane gogling dulu schere green itu kayak gimana, keren juga ternyata. Warnanya damai gitu ya? Bukannya pas buat adeknya yg jelas ijo warna identitasnya? Kalo kostum 16 ini, ane sebenernya suka warnanya, masalahnya garis dwiwarna itu yg bikin mata ane sakit. Ga tahu nih, kostum Nogi setelah Imahana kok lebih rame.

      Ane dengerinnya pake speaker tablet, jadi sama aja dengan yg asli, cemprenk. Tapi emang beda ternyata kalo denger pake headphone di laptop.
      Kalo Showroom, ane paling download, males nonton live. Maksud ane cara inovatif, misalnya tiba2 muncul di layar gede di gedung, apa itu namanya lupa ane, videotron ya?

      Kesimpulannya benci karena bosan. Namanya bisnis, mnjmn juga sadar hal ini, dan berani ambil resiko karena ada keuntungan/laba yg lebih besar, dibandingkan resikonya. Yg kasihan Nanasenya. Tapi, yg ane liat, sepertinya mnjmn berusaha bikin Nanase biar bisa mengimbangi Maiyan. Kalo menurut ane, Maiyan dewinya Nogi. Dia komplit dan unggul kemana-mana dibandingin Naachan. Cuma fansnya aja yg seimbang. Persiapan buat Maiyan grad tahun depan mungkin. Kalo gini, bisa2 Nanase = Ikoma 2.0. 🙂
      Mungkin bener juga kalo dikatakan Maiyan, Nanamin, Ringo 3 pilarnya Nogi. Maiyan wajah Nogi, Nanamin otak, acara2 dia butuh pemikiran lebih dan ini juga buat Nogi beda, Ringo bagian koplak. Ntar tunggu kalo 3 member ini lulus, Nogi bakalan berubah kayak gimana.
      Btw baru liat PB Naachan, pendapat ane sama dengan mimin. Kayak jalan2. Dan ginian bisa laku keras?

      Like

    9. Identitas di logo doang kan?
      Makanya, vote #GreenForSeifuku XD
      Untuk seifuku 16th, ane rada bingung nih. Antara versi yang udah beredar atau seifuku dari screenshoot majalah yang mirip seifuku inochi itu?

      Ane selalu pake headset kalau buat kepentingan nulis review, biar dapet feelnya.
      Videotron di Shibuya gitu? Udah kaya trailer blockbuster aja dong 😀

      Ini efek gigantisme, ngasih fandom darling kebanyakan dari yang seharusnya, di waktu awal bolehlah itu karena permintaan fandom, tapi lama-lama jadi kaya nyari untung doang.

      PB Naachan? Katanya gak demen sama PB kok tau juga? XD
      Soal laku enggaknya, emang sedikit bertentangan sama yang ane tulis barusan, fandom -atau fanbase Naachan kali ya lebih tepatnya- kayanya masih support dia. Aneh sih, tapi nyata.

      Like

    10. Meski cuma logo, tapi udah nempel di otak fans atau ane aja kali ya, kalo AKB pink, sama dengan NMB dengan loreng harimau.
      Vote apa ini? Lotte?
      Ntar kita tunggu aja di Koujichuu atau foto resmi di website mereka.

      Bener juga, ane ngedengerin MVnya AshuMiona yg Ano Kyoshitsu juga lewat headphone dulu, ternyata lebih enak gitu. Btw, ditunggu review MV ini. 🙂
      Ane baca di S48 lumayan inovatif, melibatkan klub broadcasting. Lega. 🙂

      Dari AkiP buat AKB dulu, idol udah maunya cari untung, dengan adanya HS yg sebenernya diadain secara ga sengaja. Idol sebelum itu kan sulit banget ditemui, jadi fans hanya bisa membayangkan Idol pujaannya. Idol seperti berada di tempat yg ga terjangkau. Bahasa kasarnya, Idol emang literally an Idol (berhala). Konsep cari untung ini juga nular ke Nogi, meski “lumayan” diimbangi kualitas penampilan, musik, MV dan tetek bengeknya yg bagus.

      Kebetulan nemu link dan penasaran dengan Naachan Guru Guru Curtain. Ya ambil, tapi berakhir dengan kekecewaan. :/

      Like

    11. Tapi warna masing2 grup itu juga gak sering dipake jadi warna seifuku kan. Buat warna masing-masing team aja enggak kan.
      Kalau seifukunya jadi yang kaya Inochi sih kecewa ane, mirip banget.

      Ane baru sedot tapi belum denger, udah mau keburu balik. Kalau review MV coupling ane gabung sama review lagu.
      Klub broadcast maksudnya?

      Pembahasan yang berat sih, kalau bikin definisi idol & artist, ane juga angkat sedikit di artikel baru…

      Kecewa apa kecewa? 😀
      Naachan guru-guru curtain? Maksudnya?

      Like

    12. Logo doank jadinya? Ane kira juga dipake.
      Inochi yg abu2 suram itu, kan? Ini warnanya apa desainnya. Kalo ane liat, desain dari foto di blog member, simpel banget. Mungkin dikasih garis2 biar keliatan rame.

      Pokoknya ditunggu deh reviewnya. XD Jangan lupa, gambar yang manteb! XD
      Mungkin, ane baca sekilas di S48. Ga terlalu paham maksudnya.

      Ane juga bingung.

      Kecewa karena gambar dia yg berselimut curtain cuma satu. Ane kira banyak kayak Seijun na Otona. 🙂

      Like

    13. Tau rumor seifuku abu-abu yang mirip seifuku Inochi itu kan?

      Yaelah, bikin susah milih gambarnya aja XD
      Kalau gak salah semua lagu dapet MV ya?

      Preeet, itu sih kecewa gak kecewa namanya XD

      Like

    14. Seperti di majalah atau yg dipake AshuMiona di MV? Ane suka panjang roknya, pas dengan musim dingin. Tapi yg penting, warnanya ini.

      Ya, itulah kewajiban pemilik kos, menyediakan yg terbaik bagi pengunjungnya. XD
      Beneran semua lagu dapat MV? H juga dong! Lega jadinya kalo gini, artinya mereka nggak menjadi yg terpinggirkan lagi. 🙂

      Ya kecewalah! Ekspektasi tinggi berakhir dengan ironi. Buang2 tenaga buat deg2an pas liat gambarnya satu persatu. Selain itu, fotonya juga ga sesuai dengan judulnya, “Berpakaian Angin”. Ane kira dia pake gaun lalu tertiup angin atau diartikan literally dengan memakai angin alias nggak pake apa2. 🙂 Ini sih ane ga rela liat. 🙂

      Like

    15. Itu yang di majalah. Lupa ane majalah apa.

      Eh? Ngapain H ikut2an? Yang 16th single ini maksud ane, bukannya semua dapet MV?

      Kalau ane gak nganggap literal judulnya. Ane sih mikirnya ‘berpakaian angin’ tuh maksudnya jalan2, dan bener aja begitu. Kalau literal sih bahaya.
      Gak rela apa gak rela XD

      Like

    16. Majalah, yang juga ada member Under? Ada kayaknya di Nogiclub atau dimana ane juga pernah liat. Lumayan bagus tuh! Tapi kayaknya resmi yang merah marun dengan garis dwiwarna, soalnya dipakai di nama idolnya Sayuringo dan Kanarin.

      Ane kira bahasannya masih sama dengan kampanye single Keya. XD
      Kalo nogi ya asyik juga tuh. Tapi ane liat di S48, solo Nanami dan kodoku na aozora ga ada mvnya.

      Judulnya PB Nanase semuanya berhubungan dengan baju, yg pertama juga.
      Beneran ga rela ane min. Lah wong ane liat ini aja “https://goo.gl/D3k35d” ane kaget setengah mati. Gimana kalo Nanase tampil polos! Mungkin nangis ane.

      Like

    17. Untuk seifuku kali ini, sumpah ane gak bisa nulis lebih dari 2 paragraf, kaya mager banget setelah liat seifukunya.

      Iya kah? Berarti ane harus seret bapak kos sebelah ke meja hukum setelah ngasih informasi hoax XD

      Ya emang yang pertama bagus, judul sama isi cocok. Yang kedua ini lebih ke filosofinya kali. Gak mungkin lah Naachan tampil polos, paling banter kaya Maiyan lah.

      Like

    1. Hmm, ane rasa bukan flashback, Miona punya kamera 90-an emang mungkin kamera itu yg Miona punya (dalam cerita MV ini) Miona blum ada duit x klo mau beli kamera keluran terbaru XD

      Klo soan scene penutup, Nanase lagi nyari keberadaan Nanamin pas ngintip dia liat sosok Nanamin seblum akhirnya sadar klo nanamin sudah gk ada di bilik itu

      Like

    2. Ane mau beliin tp Miona bilang gk usah, dia mau berusa sendiri, ya udah ane gk bisa maksa.. XD

      Ya, mungkin.. Mungkin Nanmin gk sanggup utk berpamitan jadi pergi diam2 klo kata superman sulit buat ucapin selamt tinggal XD

      Like

    3. @Mac:
      Ketawa krena ngalamin hal yg sama ya? Silakan, gk usah malu2.. XD

      Doraemon boleh lah, cuma klo biar nampak agak elitan ya superman XD

      Yg ane penasaran apa semua kelompok Nanamin (Maiyan, sayurin dll) itu berduri?, yg ane liat cuma nanamin sama si Ashu aja..

      ======================

      @mas:
      Hadeh, gk bosan gan cari2 kesalahan yg sebenarnya gk ada hanya untu menjauhkan ane dari bidadari2 ane?

      Like

    4. @conan, hahahaha

      Ya elitan si kucing biru lah. Apa yang elit dari cowok yang suka pake kancut di luar? XD

      Ane rasa enggak, yang pake hakama merah & biru itu mungkin lebih kaya ‘aliran’ yang beda. Kaya dojo kendo gitu kali. Ashurin juga bukan termasuk yang merah kan.

      @all, loh tanpa sepengetahuan ane sekarang udah pindah ke Miona toh? XD

      Like

    5. @Mac:

      Nah, ketawa kan.. XD

      Apa elitnya dari kucing yg (jadi) gk punya kuping ataukucing yang (jadi) takut sama tikus? XD

      Tapi ashurin manusia berduri juga kan? waktu dia bertengkar sama miona n nanase lerai kan diliatin tgn si ashurin juga berduri…

      =================

      Macam gk tau aja sama makhluk mitologi srigala dunia idol, semua nak di hembat.. XD

      Like

    6. Doraemon lebih punya selera humor. Lagi dirancang nih artikelnya XD

      Iya dia juga Shijin, tuh ane ada kasih screenshootnya diatas. Makanya, yang pake hakama merah belum tentu Shijin. Shijin bisa siapa aja.

      Like

    7. Lebih humoran mana ketimbang manusia yg pake kancut diluar celana panjang ketat berwarna bru + sepatu boot berwarna merah XD

      Setelah dengerin baek2 ternyata Iku dah bilang, klo Maiyan, Sayurin dkk itu “hitotachi / manusa”.. Gra2 Drama TokuDare ane lebih sering fokus ke video ketimbang audio, mana tau nemu hal2 aneh di video sampe gk sadar klo Iku dah kash info soal status Maiyan dkk.. XD

      Like

    8. Tapi superman jomblo seumur hidup. Yang akhirnya kawin kan Clark Kent XD

      Asal jangan salah fokus aja. XD
      ….
      ….mantengin si Tokuyama misalnya XD

      Like

    9. Emangnya doraemon kawin sama Mi-chan?

      Mana mungkin ane mantengin tokuyama disaat ada 3 bidadari + member2 cantik disekitarnya…

      Like

    10. Enggak sih, cerita akhirnya gimana aja gak jelas kok. Tapi cinta matinya kan Mi-chan, sama dorayaki XD

      Ya kali kan. Eh? 3 bidadari? Kan ini Nogi, bukannya harusnya cuma 2? Oh oh oh, jangan-jangan…. XD

      Like

    11. Lagian walau superman jomblo, toh ada batman yg nemenin.. XD

      Lah, tokuyama kan di dramanya keyaki…

      Like

    12. Batman sih playboy, Black Canary aja diembat, padahal dia bininya Green Arrow 😀

      Kan ini bahas Nogi om, jangan alasan deh XD

      Tuh kan ada yang siap memanfaatkan kesempatan XD

      Like

    13. Ahahahha, parah si batman, jgn2 si robin waktu masih dalam masa training juga dihembat dia XD

      Serius, baca Tokuyama jd ane pikir keyaki….

      Emang gitu, selalu nyari kesemptan buat nyerang XD

      Like

    14. Dia punya anak dari musuh besarnya pula, labil ini kalong satu XD

      Ehem, ehem, ane ngerasa ada aura bersalah XD

      Harusnya diapain tuh? XD

      Like

    15. Rusak juga kalong satu itu.. XD

      Lebih kearah menjelaskan yg sebenarnya, disini klo gk jelas bisa kena serang terus soalnya XD

      Gk ada yg bisa diperbuat selain berdoa agar dia diberi cahaya yg menuntuunnya kejalan yg lurus XD

      Like

    16. alah, kyk gk paham aja, kan cuma 2-3 komen yg on the track, habis itu nikung sana nikung sini XD

      Sama bini sih enggak, mereka paham, sama srigala ni yg susah, asyik nak nyerangaaaaang aja XD

      yah mau gimana lagi, tinggal itu cara yg bisa ditempuh XD

      Like

    17. Ya kaya gak ada superhero lain yang lebih enak dibahas. Wonder woman kek, Supergirl kek, malah Batman XD

      Nah, reaksi mereka gimana tuh? *mancing

      Jalan terakhir ya XD

      Like

    18. Klo bahas super dede gimana? XD

      Ya mereka biasa aja, soalnya mereka tau emang ane pas bales komen 3 itu gra2 tokuyama kan di dramanya keyaki, jadi 3 itu bukan soal Nogi XD

      last weapon n last hope XD

      Like

    19. Apa lagi tuh?

      Ah masak? Pasti pake acara ngeles dulu nih ke mereka XD

      Btw menang banyak ente ya, habis Berika sekarang Ue yang feature di HustlePress 😀

      Like

    20. Hadeh, ternyata setipis-tipisnya kulit bawang, mash lebih tipis prgaulan ente min XD
      super dede itu super hero masa kini, coba deh gugling XD

      Enggaklah, hubungan kami didasari rasa percaya XD

      Haha, iya, tinggal nunggu extra editionnya Ue, baru 20 picture, nunggu 20 picture extra edition lagi baru komplit HP nya Ue utk bulan ini…XD

      Like

    21. Anjir buang2 kuota ngikutin saran ente. Superhero sesat. XD

      Mereka juga percaya kalau ente itu buaya? XD

      Sekarang mah enak cepet seminggu bisa dua kali. Lah dulu, seminggu sekali juga belum tentu. Ane masih nunggu H.Keyaki feature di HustlePress, sendiri-sendiri, kurang puas sama yang bertiga. 😀

      Like

    22. Hahahaha, sesat dari mana, justru seharusnya superhero barat terutama iron maran niru superhero lokal ini, bersahaja.. XD

      Klo itu ya enggaklah…

      Ini juga dah lama ane nungguin, klo gk salah Berika sama Ue awal muncul bulan 5, lah ini bulan 10, 5 bulan wak nunggunya… XD
      Dulu .K.Keya pertama muncul langsung sendiri2 kan? knp H.keya bertiga ya? XD

      Like

    23. Ya bayangin aja Superman/Batman pake kostum kaya gitu, penjahat ngeri kagak geli ya XD

      Sama aja kali, emangnya ane gak lama nungguin Aka 😀
      Dulu juga awalnya bertiga kali, sampe 7 minggu setelah semuanya dapet giliran baru sendiri-sendiri, yang giliran pertama Yuuka.

      Like

    24. Yg penting ada efeknya kan buat penjahatnya meski efek geli XD

      Ahahahaha… Aka dah berapa x? baru sekali kan?
      Oh iya ya? ane gk terlalu ikutin foto2 HP sih kecuali 3 bini itu….. dan Ue, berika sama neru dah 2 kali tmpil di HP…

      Like

    25. Kalau superhero kaya dia semua sih ane jadi penjahat aja deh.

      Aka udah duluan, dua kali sebelum Berisa.
      Masih banyak yang belum di season 2 ini, Mona, Zuumin, Tecchi, Yuipon, dll

      Like

    26. Ane jadi penonton aja lah atau korban yg teriak “tolonggg… toloongg..” XD

      Oh, dah dua x juga toh ternyata..
      Yg laen sih gk ane koleksi, yg penting 3 bidadari ane aja XD

      Like

    27. Kalau ane jadi superhero dan ente jadi korban yang harus diselamatin, mendingan ane nongkrong sambil nyemil XD

      Gak koleksi nih? Mau link rar yang lengkap? *mancing XD

      Like

    28. Aduh, untunglah agan bukan superhero, superhero kok milih2 sosok yg mau ditolong, klo ane minta tolong gra2 liat Yumi dikelilingi srigala gimana coba? XD

      Gk usah,
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .gk usah disini kasih linknya, kirim lwat email aja XD

      Like

    29. Karena gak semua orang itu layak ditolong. XD
      Ngapain harus via ente minta tolongnya? Yumi sih direct ke ane XD

      Jadinya Mau apa enggak? *mancing lagi XD

      Like

    30. Ya kan Yumi disekap mulut n tangannya, ane yg habis pulang dari toko es krim (beliin buat Miria) kebetulan liat kejadian kejahatan itu, jd ane yg minta tolong XD

      Ya elah pake ditanya, ikan dah sambar umpan, dah dinaekkan ke kapal, tinggal dimasukin ke baskom berisi air aja lagi ini, pake ditanya lagi XD

      Like

    31. Imajinasi ente ketinggian, dasar muridnya SpongeBob & Patrick XD
      Apalagi yang bagian beliin Miria es krim? Gak salah tuh, bukannya cuma sanggup permen kaki? XD

      Tunggu ane punya kesempatan buat upload ye, tapi ane kasih yang season 1 aja XD

      Like

    32. Dunia tnpa imajinasi itu = hampa XD
      Itu istilah kerennya aja, kejadian sebenarnya dilapang cuma beli es lilin yg seribuan XD

      Lah, upload? ane pikir ente tinggal nyebar link yg org laen upload XD

      Like

    33. Tuh kan, es lilin apa es batu+lilin? XD

      Emang pernah gitu ente liat ada yang ngasih link ‘kumpulan photoshoot Nogi 2011-2016.rar’ XD

      Like

    34. Klo lilin dihari2 tertentu aja ane beli XD

      Loh kok lari ke photoshoot Nogi, kan ini lagi bicarain hustle press nya keyakichan…
      Ane yg salah atau situ yg mabuk? XD

      Like

    35. Kalau mati lampu atau ada sebab lain? XD

      Itu contoh kali pak. Perumpamaan. Example. Gitu loh. Pernah nemu yang begituan? XD

      @Mas, kasih tuh dia, biar gak penasaran mulu XD

      Like

    36. @Mac:
      Rumah ane gk pernah mati lampu.. mati listrik sering XD
      Oh contoh, ane pikir situ mabuk XD

      ===================

      @Mas & Mac
      Sebenanrnya ane dah cukup kok dengan koleksi lengkap punya Ue, Berika sama Neru, tp klo ada yg mau nyediain lnik, knp tidak? denagn senang hati ane menantikannya 😀

      Like

    37. Oh, tapi beli lilin untuk alasan yang logis kan, gak supernatural? XD

      Memangnya sekarang zaman apaan masih mabuk? *cie pesan moral

      Oke, udah ngerasa cukup ya, ya gak usah dibagi lah ya XD

      Like

    38. Bukanlah, emang ane ngepet..
      Itu untuk dipake di kamar klo dah malam, bidadari2 ane suka suasana yg remang2, Yah sekalian menghemat biaya tagihan listrik juga sih XD

      mabuk gk mengenal zaman, mirasantika gk mengenal usia… kata sang satria bergitar XD

      Ya klo mau berbagi apasalahnya, ane ikhlas nerimanya *ngarep beneran ini jadinya XD

      Like

    39. Dimana-mana, alasan kedua itu selalu alasan utama yang disamarkan XD

      Wah pass deh kalau udah nyasar Bang Haji. Ane lebih doyan PMR XD

      Kalau ngarep, bagi kuota dong XD

      Like

    40. Sama2 paham aja lah… XD

      Palang Merah Remaja? XD
      Ngeri amat PMR maenannya XD

      Anda meminta kpd org yg salah.. XD

      Like

    41. Oh, oke, oke XD

      Sok gak tau PMR ih, XD
      Soalnya ane juga pernah nyasar ke hutan rimba tempat setan berpesta pora XD

      Oh iya ya, kayanya ane udah harus rehat nih. Ane minta ke orang yang lebih membutuhkan XD

      Like

    42. Sama2 mengalami aja pun XD

      Ahahahahaha,.
      pesta pora kok nyasar ke hutan, itu pesta atau berburu srigala? XD

      Kebanyakan mikirin draft sih XD

      Like

    43. Eh enak aja. Iya sih emang XD

      Makanya, malam Jum’at yang selanjutnya, ane lewat tempat lainnya, malah nyasar ke hutan serigala XD

      Kebanyakan permintaan draft tepatnya XD

      Like

    44. Nah kan…

      “Kebanyakan permintaan draft tepatnya” permintaan daari sapa? XD

      BTW ini template WPnya gk ada yg laen gan, solanya pas mau bels komen, kolom komennya diatas/di bawah komn awal, sedangkan komen yg mau dibelas ada di bawah…

      Like

    45. Pake tanya kaya gak bersalah aja ente. XD

      Ane punya satu site eksperimen buat coba2 template, dan ane masih gagal paham sama maksud agan.

      Like

    46. Loh, ane gk merasa tuh XD

      Gagal paham? gini loh, klo di blog kan (conton blog ane) kalau kita klik “balas” kan langsung disedian kolom buat nulis pesan tepat di bawah komen paling terbaru, nah klo template agan ini, pas klik “reply” kolom buat nulisnya malah di bawah kolom komen paling awal bukan dibawah komen paling terbaru..

      Like

    47. Lempar batu sembunyi tangan nih ceritanya XD

      Kalau sekarang? Baru ane rubah settingnya. Kalau masalah template kayanya enggak sih, ane coba di site eksperimen juga sama.

      Like

  3. Mungkinkah jatah screentime nns berlimpah karena di 15th & 16th dia tak disertakan di unit/solo b-side (kecuali senbatsu)?

    Cover gak dikomen kaya 15th min? Ahh kayanya gak perlu ya? Bagus soalnya hehe 😀 Btw, selain Type A di cover Type D ada koper juga ya? Isyarat kah? Maichun mungkin?

    17th, ane berharap gen 3 segera debut dan masuk Under sehingga jumlah formasi Senbatsu dan Under ttp stabil, semoga Ranze Ayane Renachi segera debut senbatsu, aamiinn

    Like

    1. Kalau soal itu, ane rasa manajemen juga sadar kalau fandom udah teriak bosen soal banyaknya privelege yang Naachan dapet tahun lalu; 1 center & 3 solo, plus tahun ini 2 solo. Belum lagi 2 PB. Gantian lah istilahnya.

      Cover+lagu+seifuku nanti di Sakamichi Review yang full. Yang ini emang cuma buat MV aja. Maichun? Hmm, tunggu aja artikelnya 😀

      Mungkin di 17th cuma beberapa yang udah naik pangkat jadi member, sama kaya Gen 2 dulu, gak semua langsung naik.

      Like

    2. Ane gak haters nns, tapi ane harus akui screentime nns di 16th “mengundang” bbrp fans buat gasuka sama dia, setidaknya itu opini ane liat komen2 yang ada, terutama fans casual maupun nanamin oshi.

      Gen 3 satu dua orang aja gpp debut, biar Under nambah personil dan Senbatsu stabil di 19 member, ane pengen banget Ranze bisa nembus senbatsu tahun depan, mengingat dia sekarang udah dapat alokasi hs maksimum dan udah jadi center under kan? Syukur syukur bisa jadi fukujin di akhir tahun depan 😀

      Ane pengen Bebitan sama Sayunyan bisa “nyentuh” fukujin, sekalii aja, dan ane liat posisi Kaz sama Sayuringo itu ganggu banget, kaya ada bumbu favorit mnjmn gitu hehe.

      Like

    3. Lebih karena dia ‘seolah’ mencuri spotlight Nanamin, bukan benci ke Naachan. Kaya yang @Madoka bilang, manajemen berusaha naikin popularitas Naachan juga karena jujur, ane gak akan kaget kalau dia udah ada di barisan buat grad tahun depan.

      Semua tergantung sama berapa posisi yang disediakan buat senbatsu. Kalau balik ke 16-nin lagi, ya 3rd row sekarang bakal kena tendang. Kalau 18-20 nin, masih lumayan besar posibilitasnya.

      Entahlah, dua Half-angel Half-human ini udah kaya Jack o’ Lantern aja deh. Disono enggak disini enggak. Fukujin juga rasanya tipis banget.

      Kaz dan Sayuringo emang management darling, gak usah diperdebatkan. Tapi untuk alasan yang logis. Kaz itu ice-breaker di variety sementara Sayuringo, well, dia tetep salah satu eye-candy paling populer di Nogi dan ikut andil dalam urusan public appearance. Semuanya balik ke stabilitas dan ane rasa, biar gimanapun kita beranggapan, manajemen benar mempertahankan mereka.

      Liked by 1 person

    4. Jadi pertanyaanya, duluan grad Nns apa Maiyan kira kira? 😀

      Ane rasa Ashu-Miona lagi dipersiapin buat jadi new double suns di nogi, entahlah, asal jangan langsung hilang aja di 17th.

      Menurut mimin, next “boom” setelah Misa dan Ashu, siapa?

      Like

    5. Itu pertanyaan yang jawabannya nyaris sains. Ane harus konsultasi sama astronom buat jawabnya; siapa yang bakal supernova duluan, Betelgeuse atau Antares? 😀

      Untuk jangka menengah mungkin, karena Ashurin & Miona punya advantage dari segi umur dan pondasi popularitas yang kuat. Tapi unpredictable sih soal center, Nanamin udah dari bertahun-tahun lalu dijagokan jadi center juga kejadiannya pas dia grad.

      Jawaban ane disini gan, http://wp.me/p7mD6e-ae

      Like

    6. Kok ane mikirnya Maiyan duluan ya? Mengingat dia punya “segalanya” untuk debut jadi artis ex idol, tampang ok, dan suara lumayan. Jika dia grad tahun depan, dia hanya perlu memikirkan dia mau fokus ke mana nantinya. Sedangkan nns? Ane bukan bermaksud bagaimana, tapi dia “hanya” punya bekal model kalau kalau lulus nantinya. Err gimana ya, suara doi sih masih gitu gitu aja dan hanya main di ballad doang, dan ane juga pernah baca kayanua akting dia kurang kan? Ditambah dengan radar publik secara umum yg rendah kaya agan madoka blg, kayanya dia harus ttp stay dulu di nogi 2-3 thn lagi, dan “membiarkan” mnjmn melakukan itu untuk dia sebagaimana dia mampu bertransformasi dr nothing menjadi fandom darling di nogi.

      Miria ya? Kalo ane pasang Ayane dan Renachi, jika mereka bisa sold out lagi kali ini, bisa jadi Ayane naik 20an slot dan (mungkin) Renachi bisa 25-30 slot dan foila senbatsu sejengkal lagi.

      Like

    7. Sebaliknya, Maiyan juga bisa ditahan dulu biar gak grad sama manajemen untuk alasan stabilitas dan ngebiarin Naachan pergi duluan karena manajemen ngerasa mentok sama dia. Dan lagi karir selama di grup sama sekali bukan jaminan untuk sukses di luar grup. Contohnya udah bejibun ya dari grup sebelah, yang Double Suns mereka juga nyaris hilang dari peredaran.

      Kalau dibilang boom dengan jalan kaya Naachan dan Ashurin, ya Miria. Sementara Renachi dan Aachan meskipun populer di HS, selama mereka belum punya pondasi untuk jangkau fans far (far far away buat kita) mereka cuma bakal selevel Under, maksimal hobi naik turun senbatsu lah.

      Like

    8. Ngomongin ayane, miria, dan renachi. Sama kayak Jonathan, ayane dan renachi bakal melampaui miria. Baik popularitas di kalangan fans maupun luar.

      Tapi kalau berbicara senbatsu, miria bakal masuk duluan karena dia lebih di favor manajemen. Perbandingannya kayak Waka, Reika, dengan Kazumin.

      Melihat fans jepang: mereka lebih rame ngedukung ayane dan renachi ketimbang miria.

      Ayane, udah cukup mengestablishkan fanbase dan karakter. Dia pemalu tapi cepat belajar. Pas interview dg zip saat underlive di akita, pas diundang ke event gunpla plus jd guest host.

      Renachi adl yg paling ga dipush dr ketiganya. Tapi dia rajin apdet akun medsos. Dan kasih reaksi oke saat HS. Ga heran kalo dia naik daun.

      Miria dpt screentime lumayan di variety dan di-push ke depan di jajaran UG. Presensinya di variety cukup menghibur. Dan HS popularitynya naik meski ga seprogress ayane dan renachi.

      Kalo untuk popularitas luar. Malah ane lihat ayane paling punya potensi. Dia bisa memulai dr fashion. Karena fitur wajah yg mendukung. Dan karakter yg mudah disukai serta cepat berkembang. Manajemen juga mulai support dia. Respons yg lebih baik ketimbang dg apa yg diberikan untuk renachi. Mungkin karena ayane masih muda dan punya kesempatan buat jd “sejenis” Nanase dg karakter yg lebih bikin fans ingin dukung dia (kalo Nanase kan objek buat dilindungi).

      Renachi juga jatuhnya mirip dengan misa, idol yg pengen kamu dukung lantaran ga dapet porsi yg cukup sebanding dg popularitas.

      Miria, dia bakal tumbuh step by step. Tapi untuk lompatan besar di mata fans. Belum ada tanda2, terlebih dia dpt push. Fans bakal kurang memprioritaskannya karena toh udah dpt prioritas dr manajemen. Mirip Kazumin yg kurang jd prioritas fans karna udah dpt favor dr manajemen. Untuk breaktrough di luar, kalo dilihat skema nogi biasanya, fashion adl jalur utama yg digunakan buat nge-push gadis cantik dg talenta rata2. Untuk miria dia cute tapi kurang punya fitur wajah yg memorable untuk kelas majalah fashion . Justru ayane dan renachi yang lebih fotogenik menang di wilayah ini.

      Mungkin miria bisa berkembang di wilayah variety duluan.

      Like

    9. Ane prediksi memang Aachan & Renachi bisa jadi next big thing dengan semua aspek yang ditulis diatas. -Dengan syarat- ada beberapa member Fukujin lagi yang grad. Baru mereka bisa merasakan kursi senbatsu.

      Sementara Miria, yah dia lumayan progress akhir-akhir ini meski memang jalurnya kayanya emang di variety dan semua yang onscreen. Tapi setelah Ranze, dia yang menurut ane di urutan berikutnya untuk ngerasain senbatsu pertama kali.

      Sementara untuk jadi senbatsu, karakter lebih dibutuhkan. Liat Maichun, karakter OL yang dia punya nempel banget dan besar pengaruhnya ke popularitas dia. Ranze populer, dua unit resmi sekaligus, tapi masih belum. Miria udah punya sedikit batu loncatan di variety dan fresh, makanya ane liat Miria -untuk saat ini- bakal lebih diperhitungkan manajemen.

      Like

  4. Masuk akal kalau Nanase dijatah banyak screentime. Biar gimana pun dia nomor satu-nya nogi saat ini. Tapi presensinya di mata orang luar masih di bawah Maiyan, Ikoma, bahkan Ikuchan yg jarang dimunculkan di media di antara keempatnya.

    Mumpung PBnya berpotensi jd nomor 1 tahun ini. Mumpung perhatian publik lagi gencar2nya ke nogi. Ini waktu yg tepat buat mempromosikan wajah Nanase, tanpa harus menjadikannya center.

    Btw, baru2 ini baca satu artikel yg nyebut nogi sbg grup idol nomor satu jepang. Tapi lupa entah TPL, modelpress, nikkei, atau oricon.

    Like

    1. Kalau soal presensi di mata publik, iya Naachan masih jauh dari tiga member itu. Tapi balik lagi, jujur, karakter fragile girl Naachan ane rasa bakal susah buat bersaing di luar Nogi. Yah, apa ya, mau dibilang ngejual image pure juga rada sulit setelah PB, kalau cuma fragile girl sih kayanya susah ya.

      Oh? Meski belum sampe 1 M tapi udah ada yang bilang gitu?

      Like

    2. Ya mungki n dibilang nomor satu karena mereka grup idol paling menarik atensi saat ini. Kalo dilihat2 pekerjaan member di luar grup meningkat pesat.

      Dari musim panas aja ada PB grup yg laris manis. September jd bulannya Nanase lantaran PB. Ikuchan dpt 4 penampilan solo sbg tamu di variety show. Dua diantaranya ngasih kesempatan showcase kemampuan musiknya.

      Bahkan untuk rising star dr gen dua juga dpt job solo
      Kemaren pas awal summer, Ayane menggebrak dg proyek gunpla. Renachi baru2 dikabarin bakal tampil di radio live di gunma.

      Boleh dibilang tahun ini tahunnya nogi. Biar pun dedek keyaki dapet hit mainstream duluan. Tapi nogi punya jalan seperti momoclo tahun 2013-14. Mereka disukai karena konsep yg mampu menarik dukungan. Menarik sebanyak mungkin penggemar kasual dengan mengurangi risiko munculnya hater.

      Like

    3. Kalo menurut ane masuk akal dia dapet screentime karena kepentingan storyline. cuma dia yang pas buat peran di mv-nya sekarang, mukanya pas banget soalnya buat peran tragis kayak gini. yang protes argumennya eneg tapi kalo ane liatnya dari segi kepentingan jangka pendek emang emang keputusannya tepat kok. lagian sama nanamin itungannya sama sebenernya, cuma nanamin kurang dapet peran pihak ke-2 dimana kamera gak gitu fokus ke dia jadi ilusinya banyakan nanase. kalo ada yang perlu dikasihanin itu maiyan. no, 3 tapi cuma dapet beberapa detik aja.

      kalo nogizaka dibilang idol group terbaik emang bener sih. konsepnya paling rapih dan elegan, semua idol grup lain biasanya norak dan atau over the top. Lagian belum sejuta tapi itungannya biaya efisiensinya udah berkali-kali lipat lebih murah dari akb jadi profitnya udah dari tahun lalu menang dari akb

      kalo kelanjutan karir member, si nanase ntar nikah sama ane, wkwk canda2. dia actingnya mayan kok, jadi supporing/muncul 2-3 episode setahun 2 kali bisa lah ya, kalo acting paling bagus nanamin tapi nasibnya jelek, kesehatan gak mendukung, kedua maiyan dia bisa lah jadi love interest atau partner main character dan bisa main setahun 2 drama juga. kalo yang lain gak tau dah, hoki-hokian sih ini, aktris yang actingnya ancur macam tsubasa honda sama emi takei aja muncul terus kok, gak bisa kita prediksi hehe.

      tahun depan member top pada cabut, tapi semoga aja ikuchan gak. kalo dia keluar bahaya di segi musikalitas, anak muda, tidak termasuk gen 3 karena belum diketahui, suaranya ancur semua

      Like

    4. Kalo kebutuhan storyline sih bisa jd. Tapi ane ga yakin. Maiyan lebih bisa klop dan punya facial expression yg luwes. Dia bisa nge-deliver peran depresif dg lumayan oke. Apalagi kalo lawannya Nanamin. Kimia keduanya udah ada sejak era awal nogi. Menurut logika tidak ada alasan yg lbih kuat selain agenda promosi Nanase.

      Kalo diikir dr segi bisnis. Ini menguntungkan. Nanase punya karakter yg mendekati Atsuko Maeda. Tapi kenapa dia Nana blm juga bisa mencuri perhatian publik? Let’s face it, dia “cuma” gadis biasa di mata publik. Kurang menarik dlm sekali pandang. Jelas kalah dg Maiyan atau Ikuchan yg punya talenta dan daya tarik bawaan yg tdk mudah diduplikasi.

      Sukses Atsuko Maeda bukan lantaran dia anak ajaib seperti Techi. Tapi karna promosi yg konsisten. wajahnya ditampilkan berulang2 sampai publik berpikir dia adl wajah akb. Padahal gebrakan AKB terjadi saat Heavy Rotation yg dicenteri Yuko. Teori ttg hal seperti ini pernah ane temui ilmu komunikasi.

      Hal sama beraku untuk Ikoma. Dan Nanase jd proyek selanjutnya. Bedanya jika Nana berhasil, keuntungan akan berlipat-lipat dan manajemen bs pasang tarif mahal. Karna Ikoma toh sudah masuk masa jenuh. Dia sudah tidak terlalu berpotensi untuk dieksplorasi.

      Like

  5. Yosha akhirx agan ngeriview nih mv,dri kmaren ane jg udah gatel pngen bahas nih mv…
    Ok,prtma ane slalu suka cri hint2 trsembunyi yg ada d mv nogi dan ane jg prnah bahas di 2 mv sblumx. Untuk mv ini yg jd sorotan adl prgolakan antara nanase/miona/asuka. Ane mlihatx ini sperti perebutan center slanjutx. Diawal nanase memang memimpin trus miona hnya pemantau tp pnya mksud trsembunyi kyak di mv tsuki no ookisa dan yg pling epic adalah munculx “little monster” asuka. Dan di akhir asuka mnsuk nanase yg mngakibatkan dy hrus mndur. Lgian karakter nanase sbagai center udah dbwa pergi ma kreta di imahana jd hrapan ane g akan ada lagi nanase center. Dan di mv ni kental bgt dg aroma ashumiona sbg the next ace of nogi.
    Ini salah satu the best mv dri nogi,syg pas dance partx sedikit. Ada stu bgian dance yg sgt pnuh makna ktk smua member saling mnyentuh pundak dn centerx nanamin seolah mngatakan kami akan slalu mndukungmu nanamin. Dan yah the best part adalah senyum nanamin di akhir oh dan stu lagi tangis nanamin dtngah danau dg baju merahx mnmbah kontras n keindahanx. Dan diawal mv ktk iku kaz n nanase ngintip nanamin kyak iklan sabun/handbody kulit nanamin mulus bener.

    Like

    1. Hahaha, kok pake nungguin ane gan, ane moody soal nulis artikel. 😀

      Ane abstain kalau ditanya soal kemungkinan Naachan center lagi. Separuh karena memang mayoritas lagu Nogi cocok sama karakternya, separuh karena -minjem istilah @MasToppu- kastengel. Lama2 eneg juga kalau kebanyakan.
      Kalau race untuk posisi center 17th single, ane belum terlalu mikirin karena dalam waktu 3-4 bulan semua bisa kejadian. Agak terlalu dini kalau buat ane. Kalau persaingan Ashurin-Miona, entahlah, kaya kurang aura rivalitas aja sih.

      Buat ane, ini jauh lebih sophiticasted ketimbang perpisahan penuh air mata di Harujion. Gak nge-bash Maimai, tapi emang kenyataan. Ane malah rada kesel Maimai grad diiringi Harujion, jujur aja. Sayonara lebih elegan dan lebih bagus dari segi musik.

      Nanamin perawatan level tinggi 😀

      Like

    2. Nah itu hrapan ane emg gak akan ada lgi nanase center di masa datang. Udah bosen…
      Syg official mv ini hnya trbatas djepun cb dbka bebas kyak akb. Pasti udah 5 jt kali skrg.
      Ktk mlihat tokuyama ane yakin dy udah mati beneran, buktinya dy udah pindah kenirwana dikelilingi bidadari nogi. Hehehe
      Tinggal nunggu livex di akhir blan ini.

      Like

    3. Abstain deh kalau soal ini 🙂

      Enggak diupload ke YouTube vevo Nogi ya? Kaya Keyaki gitu?

      Yah, matinya sama Keyaki nyasarnya ke suramga Nogi XD

      Like

    4. Iya mending officialx keyaki walopun videox g bsa dbka tp akunx bsa dlihat,lha nogi g bsa sma skali…
      Oh y mnrut agan dri skala 1-10 mv ini brp nilaix?

      Like

  6. Coba deh habis liat MV Sayonara langsung disambung dg MV Tachinaori Chuu kayaknya “image graduasi” kena baget deh, walaupun beda skenario tapi makna & spiritnya sama . Setelah karakter yg coba ditonjolkan di Sayonara kemudian Nnamin menjalani kehidupan biasa di desa, punya anak yg cantik dan setelah sekian lama dipertemukan dg teman baiknya (Maiyan) . Perfect ending !

    Overall Sayonara MV sangat bagus, ada yg bilang “Nogizaka MV is to hight” .cinematografi dan jalan cerita lebih bagus dari MV single 15 (hadashi +secret graft) yg menurut saya hambar.
    Btw…. sedikit kesan2 lucu saya setelah pertamakali melihat MVnya :
    1.adanya shikansen lewat. membuat saya heran dan berpikiran ini disengaja atau gak ya oleh sutradaranya ?
    2. tercovernya Tas Shamanta Thavasa diawal (waktu iku,kaz ,nachan ngrumpi) dan diakhir scene (ditenteng nachan) lagi2 pikiran saya ini bukanya itu tas yg di MV popippapapa? sempet jg tas tsb tampil di Mery Xmas show 2015 saat Takayama Kazumi Presento. Kayaknya ada sponsorsip di MV produksi ?
    3. nanamin hilang waktu dilihat nachan di ending? kemana? melompatkah dari jendela?

    Like

    1. Kalau misalnya ini gak pake adegan Shijin, ane setuju cerita Tachinaorichuu bisa jadi alternate universe buat Sayonara no Imi. Sama kaya Ikuate no Nai Bokutachi & Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita.

      Kalau dibandingin sama summer single, emang tradisinya spring single & fall single Nogi menang kemana-mana, dari segi musikalitas maupun impact.

      Soal kesan:
      1. Ane rasa emang disengajain gan, mungkin juga itu simbologi atas perginya Nanamin.
      2. Ane gak heran kalau ada sponsorship di MV Nogi, yang katanya udah jadi #1 idol group sekarang ini. Ada juga usaha promosi Sony Electronics lewat handycam yang dibawa Miona.
      3. Pendapat ane, dia emang dari awal udah gak ada, Naachan-nya aja yang baper ngerasa Nanamin masih ada.

      Like

  7. akhir nya ngarti juga maksud mv ini wkkwkw kagak dong lirik ama klip nya match nya dimana dan akhirnya paham hahaha
    ane juga suka min ama baju khas nya di akhir yang make jadi lebih bersinar wkkwkw

    Like

    1. Yang mirip baju khas china itu wkwkwk
      Kl boleh berpendpat min, kl soal mv ane lbih suka harujion, emosi mai2 di akhir mv kuat bgt tp kl lirik+musik ane milih sayonara no imi hehehhr

      Like

    2. Ah, kostum di MV ini toh? Yah emang deh pilihan kostum kali ini bagus. Sama sih kaya Harujion, kesan budayanya dapet banget.

      Image yang dibuat untuk Nanamin dipertahankan sampe akhir, Miss S kok nangis, gak pantes dong 😀
      Bedanya sama Maimai yang Holy Mother, yang juga member pertama yang grad saat berstatus Fukujin.

      Like

  8. Hadah dan trrjadi lagi… meski sebuah keniscayaan bahwa member harus grad. But tetep nyesek bagi gw. Aplg slh satu fantastic four nogi. Dengar info nanamin grad dtmbh nyumak single sayonara no imi bener2 bkin baper bermggu2. Please jangan lagi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s