O Chart : Generations of Girls

Beberapa hari terakhir, aku mengambil kesempatan untuk sedikit bernostalgia dengan idol group lain, grup lain yang pernah menjadi #1 dalam daftarku. Dan kali ini berkaitan dengan sejarah ngidolku. Sedikit berbeda dengan sekarang, grup pertama yang kusukai adalah Arashi dan TVXQ, seperti yang kukatakan disini. Tapi aku tak akan membahas lagu-lagu mereka.

Idol group wanita pertama yang kukenal adalah Momusu, tapi di perjalanannya bukan idol group Jepang yang membawaku kembali ke musik idol, tapi idol dari negeri tetangga, Girls’ Generation. Dan aku tahu mereka di awal demam Hallyu, 7 tahun lalu. Tapi saat itu aku belum terlalu serius karena di tahun itu, I still wept over Michael Jackson’s death.

Sekitar tahun 2010 akhir baru aku mulai memperhatikan GG, cause I still believe music is universal, aku hanya akan mendengar musik yang kusuka tak peduli pada perbedaan bahasa atau faktor eksternal seperti, well, you know what I mean. Aku tak peduli dianggap weirdo karena terang-terangan menyukai mereka.

Tahun ini adalah peringatan 10 tahun debut mereka. Dan inilah dia 10 lagu GG yang paling kusukai. Satu lagi, klik tiap judul untuk mendengarkan lagunya.

10. Baby Baby

Repackaged Album, Baby Baby, 2008

girls-generation-snsd-baby-baby

Rilisan awal GG yang masih membawa image mereka yang pure dan sweet. Lagu ini cocok didengarkan bersama orang yang kau sukai, oh man, I did it in the past, dalam suasana hujan atau sejenisnya. Lagu ini perfect untuk suasana seperti itu, dengan catatan dua orang yang mendengarkan punya ketertarikan pada musik yang sama, tentu.

Members I’d like to sing this song : Trio Kwek-Kwek+Tecchi Neru

Lyrics here.

9. Diamond

Compilation Album SMTown The Warmest Gift, 2011

220px-smtown-the_warmest_gift

Diamond mendapat tempat khusus karena lagu ini tidak jelas antara original song GG atau remake dari lagu lain. Selama bertahun-tahun status lagu ini tak jelas sampai saat ini, karena nada yang digunakan terdengar familiar, namun label merilis lagu ini sebagai original song. Yang jelas, Diamond adalah satu-satunya lagu GG yang berbahasa Inggris yang proper. Lagu ini memiliki tema yang sama dengan All I Want for Christmas Is You-nya Mariah Carey.

Members I’d like to sing this song : Class of 92+Class of 94

8. 7989

1st Album Girls’ Generation, 2007, Kim Taeyeon feat. Kangta

girls-generation

Lagu solo Taeng di album debutnya ini masih salah satu couple song favoritku. Dua main vocal dari grup berbeda generasi ini bisa berharmonisasi dalam sebuah lagu yang sweet, menceritakan dua orang yang belum bisa saling terbuka dengan kata-kata, meskipun saling menyukai.

Members I’d like to sing this song : Yumi, and for obvious reason me sing Kangta’s part 😀

Lyrics here.

7. Mr.Mr.

4th Mini Album Mr.Mr., 2014

cover

Single terakhir dengan formasi 9 member sebelum konflik Sica dan SM di akhir 2014. Membawa sounds techno dan EDM khas SM, Mr.Mr. adalah usaha GG untuk bertahan, karena mereka sudah melewati kutukan 5 tahun -actually, 7 tahun saat lagu ini rilis- dan mereka termasuk salah satu dari sedikit girl group pre-2010 yang masih bertahan dengan formasi asli. Tidak exceptionally good, tapi karena ini lagu terakhir OT9, selalu punya tempat khusus di hatiku.

Members I’d like to sing this song : Dancer member, karena Mr.Mr menggunakan koreografi 360 yang cukup rumit

Lyrics here.

6. Forever

2nd Album Oh!, 2010

cover

Lagu yang membawa nuansa lebih dewasa dan megah dari rilisan umum GG, terutama di era waktu itu -2010. Kekuatan vokal dari kesembilan member dioptimalkan disini. Tak peduli berapa kali pun kudengarkan, selalu bisa membuatku merinding. Tipe lagu ballad yang menyayat hati, Forever adalah lagu dimana Fany bisa meng-outshine Sica dan Taeng.

Members I’d like to sing this song : Hoka no Hoshi Kara Unit

Lyrics here.

5. Snowy Wish

3rd Mini Album Hoot, 2011

hoot

Satu lagi underrated song dari GG. Dirilis di masa keemasan mereka, dan harus menjadi coupling Hoot, Snowy Wish tak pernah dilirik dua kali oleh casual fans. Sesuai judulnya, Snowy Wish sangat cocok untuk suasana winter. Salah satu jenis lagu yang aku ingin sekali dengar dari Sakamichi.

Members I’d like to sing this song : Hinachima, Bebitan, Hoshimina, Miria, Iori, Ranze, Mii, Naako, Yone, Mirei

Lyrics here.

4. Etude

2nd Mini Album Tell Me Your Wish, 2009

1

Salah satu lagu yang judulnya kurang niat. Etude sendiri dalam terjemahan bebas berarti komposisi, lagu. Lagu ini memang tipikal GG era transformasi, dimana membawa karakteristik sweet dari era debut dan mature di era post 2010.

Members I’d like to sing this song : Hiragana Keyaki, karena ini cocok jika mereka berniat membuat identitas berbeda dengan Kanji Keyaki

Lyrics here.

3. Himnae! (Way To Go)

3rd Mini Album Gee, 2009

2m7t0k8

Lagu ini cocok untuk memulai hari. Dari lirik pembuka saja sudah jelas arah lagu ini, Himnae yang berarti semangat dalam bahasa Korea ditranslasikan menjadi lagu yang penuh semangat dan membawa aura positif. Dulu lagu ini menjadi lagu yang selalu kudengarkan setiap pagi sebelum memulai aktifitas, dan selama seminggu ini kulakukan lagi. It’s still make me smile.

Members I’d like to sing this song : Sayuringo, Rotti, Kazumin, Kiichan, Hime, Aka

Lyrics here.

2. Let It Rain

1st Japanese Album Girls’ Generation, 2012

girls-generation-1st-japanese-album

 

Girls’s Generation adalah usaha pertama GG untuk benar-benar menancapkan taring di Jepang. Namun sayang mereka lebih berusaha untuk Gee dan Tell Me Your Wish versi Jepang ketimbang lagu superb seperti Let It Rain. Nuansa opera bercampur EDM dan pronunciation yang jelas membuat lagu ini menjadi rilisan Jepang terbaik GG. Okay, to me at least. 

Members I’d like to sing this song : Onsen Trio+Yuichanzou+Rotti

Lyrics here.

1. Into The New World

Debut Album Girls’ Generation, 2007

Dan untuk puncak dari playlistku, single debut dari SNSD, Into the New World. I really like this one, played over than 300 times on iTunes since then. Sebagai lagu debut, Into the New World benar-benar membuat image bagaimana seharusnya GG di kepalaku, meski pada akhirnya musical style mereka tentu saja berubah. Sayangnya, lagu ini dirilis bersamaan dengan Tell Me-nya WG, membuat karir GG berada di bawah bayang-bayang ‘rival’ abadinya.

c2srny3vqaqia7k

Members I’d like to sing this song : Nogizaka 3rd Gen

Lyrics here.

Adakah SONE diantara reader? Jika iya punya lagu favorit kalian sendiri?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

59 Comments

    1. Ane pernah denger beberapa lagu, salah satunya Baby2 kyknya, cuma ane lakuin itu dibawah tahun 2010 klo gk salah, jadi dah lupa gimana lagu n iramanya XD

      Like

    2. Nah itu tau, harus bijak dalam penggunaan kuota XD

      Dan setelah baca komen2 dibawah, ada satu lagu lagi yg ane rasa ane juga pernah dengerin lagunya, yg Gee, tpi sama aja kyk Baby2, dah lupa iramanya gimana?
      Yg MVnya mereka kyk jadi mannequin, itu lagu apa? Gee ya?

      Like

    3. Sesuap nasi dan seonggok kuota itu 2 hal yg berbeda XD

      wah ternyata bener Gee, masih tersisa ternyata ingatan ane XD

      Ingatan ane sedikit2 mulai balik, klo gk salah ada juga yg judulnya Taxi ya

      Like

    4. Oh jadi gak saling melengkapi? XD

      Biarpun gak doyan KPop, pasti pernah denger lah lagu satu ini XD

      Mr. Taxi dirilis 2011, barengan sama Kaze wa Fuiteiru, didedikasikan buat bencana nuklir Fukushima.

      Like

    5. Enggak. 2 hal yg berbeda itu.. XD

      Mr. Taxi didedikasikan buat bencana nuklir Fukushima??? apa hubungannya Taxi sama nuklir Fukushima? *pertanyaan berdasarkan judul, soalnya ane gk tau arti lirk lagunya XD

      Like

    6. Jadi makin miris sama hidup ente XD

      Lirik Mr. Taxi https://goo.gl/ar4wlP

      Ane jujur lupa. Tapi setelah ubek2 sumber data ane -FYI ane dulu selalu save berita dalam bentuk mht- yang berkaitan sama ini konklusinya ada di liriknya yang dulu dianggap penyemangat buat Jepang. Tapi yah, ane lupa beneran apa ini pernah dikonfirmasi sama SM Entertainment.

      Dan ane cuma inget ada hubungannya sama live dimana gitu.

      Liked by 1 person

    7. Gk perlu miris, cukup bantu kirimin kuota XD

      Wallan, sampe ngesave beritanya, ane ngelakuin hal itu jg skrng, tpi cuma info2 yg ane anggap penitng ygberkaitan dgn bidadari2 ane + adek2 tercinta ane.. 😎

      Klo dibaca liriknya gk ada kata2 yg jelas2 buat kasih semangt gitu ya, tpi emang sih lagunya seingat ane ceria…

      Like

    8. Itu permintaan yang gak akan bisa dipenuhi bahkan oleh Genie XD

      Sayang gak ada source berita yang valid -no offense-. Kalau dulu, ada AKBdaily sama situs apa itu yang dulu update banget. Sekarang gak ada site yang khusus Sakamichi sih -no offense lagi- XD

      Youtube aja lagunya.
      …ups lupa lagi, masalah utamanya XD

      Like

    9. Klo om jin bisa gk ya? klo bisa abiar ane call si jun XD

      Yah mau gimana lagi, skrng harus lebih berusaha utk cari sesuap informasi XD

      Situ lupa atau emang niat mempermainkan perasaan saya?

      Like

    10. Om Jin sekarang sudah tiada T.T
      Jun sekarang udah jadi family man XD

      Itu bini2 gak ada yang sumbang kuota? XD

      ….G signal detected….Me still straight…. 🐻

      Like

    11. Eh om jin dah tiada ya?
      XD

      Gk ada, Neru cuma nyumbang yoghurt + ketchup XD
      Berika sibuk nerima panggilan dri orng2 yg mau menetralisir netcut XD
      UE sibuk latihan terompet XD
      Iku, ya tau sndirilah kesibukan dia di januari ini.. 😥
      Miona sibuk mempertahankan diri dari srngan srigala XD
      Acchan sibuk nepis rumor selingkuh sama anggota radwimps XD
      Naanya, lagi psuing nentuin tanggal kelulusan XD

      Hhhh..

      Like

    12. Udah bertahun lalu kan

      Miria lagi pusing soal hairstyle XD
      Kalau Riria Reno? XD

      Btw punya link soal ulasan blog Gen 3, lagi butuh nih? Ane lagi mager buat buka site Nogi, link yang bahas Gen 3 khusus gitu?

      Like

    13. Gk tau beritanya ane…

      Yuph, Miria sibuk dgn rmbut, Riria & Reno mulai sibuk latihan principal, lagian kasian, baru juga masuk idol masak haru pusing sola kuota XD

      Gk ada, om Kanjo kmrin kyknya cuma nerjemahin postingan blog pertama, habis itu gk lagi,.

      Like

    14. Maklum sih, di tahun itu ente kayanya mulai mengembangkan karir jadi pencipta virus serigala XD

      Kalau Mirei? Sibuk apa dia? Nganggur aja kayanya, nah itu dia aja diajak diskusi XD

      Kalau ente nih, kan suka keliling2 blog mereka, ada rangkuman karakter mereka?

      Like

    15. Mana mungkin ane jadi pencipta virus yg saat ini justru sedang ane usahain utntuk musnah tuh virus XD

      Duh Mirei ya? ternyata itu hanya ketertarikan sesaat, gk mantau dia lagi XD

      Ane cuma liat2 blog riria sama Reno, klo riria kyknya pendiem tpi ekspresif didepan kamera, liat foto2 solo dia di blog yg penuh ekspresi dan seolah ingin menunjukkan kekawaiian khas idol.. XD
      Klo reno nih kyknya dewasa, foto2nya juga sama kyk foto2 Mirei, gk terlalu nunjukin ekpresi idol yg gimana2, sekedar lempar senyum XD
      Jgn percaya ulasan ini, sok taunya ane aja itu XD

      Like

    16. Penyesalan di akhir mungkin? Guilty pleasure XD

      Jadi gak ada pegangan di H.Keyaki nih?

      Pas baca ini komen lagi final proofing buat artikel Gen 3, jadi gak yakin buat ngelanjutin XD

      Like

    17. Itu cuma cerita2 di film saja,.. XD

      Lah Neru.. XD
      Klo yg pure H.Keya sejauh ini gk ada XD

      Tadi mau langusng komen, tpi ampas, dah dua hari ini, modem klo dah lewat jam 18:00 keceptan cuma 50kbps, apa yg bisa dilakuin dgn keceptan sprti itu, bikin postingan aja nyaris makan waktu sejam, benar2 ampas jaringan 2 hari ini… *curhat XD

      Like

    18. Loh bukannya Miona juga bintang film? Friday the 13th? XD

      Neru kan antara ada dan tiada. XD
      Takut nambah lagi ya? XD

      Kuota udah habis kali, makanya speed turun?

      Like

    19. Klo komen suka bener ya.. Puas?!

      Bagi ane dia sellau ada XD
      Bukan, emang gk ada yg nendang XD

      Masih 4gb kuota ane, emang ampas aja, ni gk tau deh malam ini gimana

      Like

    20. Ciah Neru selalu ada, tunggu sampe dia dapet musikal XD
      Memi atau Katoshi juga enggak? Lagi viral tuh XD

      Malam minggu tanpa kuota? Ke laut aja XD

      Like

    21. Klo neru dpt musikal yg “aneh” paling ane cuma bisa bersabar sambil nangis XD
      Enggak, emang blum ada yg nendang H.keya sejauh ini.. XD

      Ke lau, mancing ikan, dah dapat, jual, baru hasil penjualan beli kuota, ide yg cerdas XD

      Like

    22. Kalau Neru main di musikal Beauty and the Beast, mau daftar jadi Beast? XD

      Inget loh ya sekarang gak klaim entar gak boleh nyerobot punya orang XD

      Ribet amat, gak sekalian aja barter ikan sama kuota, atau mancing ikan berbonus kuota aja *loh XD

      Like

    23. Gak perlu, karena ane selalu jadi pangeran buat Neru dirumah kecil nan bahagia kami 😎

      Ya klo besok ada yg nendang tpi dah ada yg klaim mau tk mau ane mundur, tpi klo belum ya ane bungkus XD

      Emang ada kolam pancingan kuota? XD

      Like

    24. Mau muntah, ngotorin kosan sendiri. Gak muntah ada rasa eneg XD

      Emang ada yang slotnya masih kosong? XD

      Kalau ada, ane mancing tiap hari XD

      Like

    25. Pake kantong plastik lah, gitu aja kok repot XD

      Soal slot itu bisa dikondisikan XD

      Ane bakal kesitu tiap hari, gk bakal nongkrong diwarnet lagi XD

      Like

    26. Repot nyarinya, sekarang emang kantong plastik masih zaman? 😎

      Wah bibit2 claim jumper nih XD

      Kalau bisa pemancingan yang isinya file ngidol langsung, gak usah kuota XD

      Like

    27. Ya kalo gk mau repot ya telan aja lagi muntahnya XD

      Ya enggaklah, kan ane komen seblumnya “Ya klo besok ada yg nendang tpi dah ada yg klaim mau tk mau ane mundur, tpi klo belum ya ane bungkus

      Sekalian aja kolam pancing yg isi nya idolnya langusng XD

      Like

    28. Ane masih sanggup makan enak kok, belum separah itu. Yah roti isi pr#mag juga enak XD

      Tapi kok kesannya kaya “semua bisa diatur” dan “jangkrik bos” XD

      Kasih alamatnya dong XD

      Like

    29. Ini bukan soal makan enak, tpi urusan repot/gk repot menghadapi situ yg mau muntah XD

      Itukan kesan suudzon bapak aja 😎

      Itu dikolam pancing yg ada di MV lagu solo Naachan XD

      Like

    30. Muntah aja jadi bahasan ya? Tapi ‘mengatasi masalah tanpa solusi’ jadinya XD

      Awas, main duit kena fatwa haram XD

      Naachan tiap hari mancing? Nganggur amat? XD

      Like

  1. Meski ane bukan SONE tp ane dlu jg kna dmpak hallyu. Dan bner kta agan g peduli bahasanya apa asalkan musikx masuk y oke aja, music is universal rite 😀
    Meski awal kena hallyu gra2 lgu i dont care nya 2ne1, dri situ prjalanan musik hallyu dimulai. Lgu GG awal yg ane dnger sih gee, genie, run devil run, mr.taxi emg rata2 lagu utama yg ane denger hal ini krna ane udah lbih dlu prokalimirkan dri sbg vipblacjack😀
    Itu yg no.1 yakin mw dinyanyiin gen3?
    Kata agan mrk msih ogohpogo, keahlian blum kliatan. Knp g nogizaka voice yg dplih utk nyanyi lgu itu suara n tampang udah trjamin😀
    Dan utk lgu himnae, member sakamichi yg nyanyiin bner2 tantangan tuh antara suara surga ama neraka disatuin

    Like

    1. Waktu itu, cuma dikit cowok di sekolah ane yang terang2an ngaku doyan KPop, dan karena ane bukan anak yang suka dibully, gak ada yang berani permasalahin 😀 malah jadi lumayan tenar di kalangan cewek 😀

      Sama sih, karena ane udah SONE duluan, jadi kalau dari grup lain cuma main single yang didengerin 😀

      Justru karena ITNW single debut GG, makanya ane pengen liat gimana kalau Gen 3 yang bawain. Gimana raw-nya mereka, gimana masih meraba2 kemampuan tiap member. Yang ane cari ‘sesuatu yang fresh’ itu 😀

      Hahaha, ane justru baru nyadar kalau pilihan member ane selang-seling begitu

      Like

  2. Yoona. . . 🙂

    Nomor 1 nya sama Min 🙂
    Itu lagu pertama GG yg ane dengar setelah diracuni sama tetangga kamar 😀
    Tapi ane ga ngopy semua lagu GG dari dia.. hanya beberapa aja yg familiar ane dengar ketika dia muter playlist GG..
    dan makasih Min udah ngasih link di playlistnya, jadi bisa nostalgia lagi sambil baca artikelnya.. walau ada lagu yg belum familiar di kuping ane 😀
    *maaf koreksi, ada linknya yg keliru Min 🙂
    7, 5

    Gen 3 bawain ITNW, menurut ane oke2 aja..
    mereka belum begitu dipoles sama manajemen toh.. masih polos juga (kayaknya :D)

    Like

    1. Joohyun… 😀

      Kalau ane, lagu GG pertama, ya jelas lagu yang paling populer, Gee. Dan ane gak tau itu lagu judulnya apa atau siapa penyanyinya sampe gak sengaja nemu lagi pas browsing. 😀
      Ah, makasih gan, udah ane benerin 🙂

      Ini juga alasan ane milih Gen 3 buat bawain ITNW 😀

      Like

    2. Joohyun ki yg mana e Min? 😮

      Lagu Gee juga termasuk lagu awal GG yg ane denger tapi seinget ane yg pertama dikenalin sama temen ane sih yg INTW..
      Gee ga dimasukin ke playlist Min? kira2 member 46 yg cocok bawain Gee sapa aja ya? 🙂

      INTW versi rok/celana panjang 🙂

      Like

    3. Maknae, maknae 😀

      Kalau gitu impresi pertama agan soal GG lebih baik dari ane 😀

      Ane gak pernah suka2 banget Gee, malahan pertamanya heran lagu lucuk begitu bisa hits. Kalau member Sakamichi yang bawain, yang dibutuhin cuma proporsi kaki yang panjang 😀

      Hahaha, karena kick dance-nya ya 😀

      Like

    4. Woalah yg maknae toh.. 😀

      Haha..ga juga kok Min.. efek kena racun ini 😀

      Proporsi kaki yang panjang ya.. mungkin agan MasToppu bisa kasih rekomendasi 🙂

      Yup.. 🙂

      Like

    5. Member favorit ane tuh 😀

      Aduh, jangan panggil2 serigala deh, apalagi kalau dipancingnya pake kaki 😀

      Di zaman itu, ane tau GG barengan sama AKB, ITNW sama Hebirote, bisa dibayangin gimana persepsi ane waktu itu 😀

      Like

    6. Yang muda emang beda… 🙂

      Haha.. bukannya beliau ‘pakar’ kaki y? 😀

      Yang satu hotpants.. satunya lagi lingerie(?)
      Yang 9 orang aja belum hafal wajahnya satu2, eh ni ada yg 48 orang..
      Gitu ga Min kira2? Kalo ane sih gitu ketika dikenalin ITNW dan Hebirote 😀

      Like

    7. Tapi sekarang udah tua juga sih 😀

      Oh tidak, kalau sampe serigala go international jadi pakar kaki idol group negara tetangga tamatlah dunia ngidol ini 😀

      Kalau ITNW bukan hotpants, tapi seragam cheerleader. Kalau hotpants, itu Tell Me Your Wish.
      Kalau ane dari segi lagu, lebih suka ITNW, tapi soal addicting, Hebirote menang. Selera sih ya, milih yang lebih tertutup atau terbuka 😀

      Like

  3. Ane Taunya Cuma Gee Sama Into The New World
    Gee Cocok Dinyanyiin Sama Dedek Marika, Dedek Chima, Dedek KTK, Dedek Miria, Dedek Ayane, Kanarin, Kazumin , Maiyan, Sayuringo Sama Misa.
    Into The New World Cocok Dinyanyiin Sama Ikuchuan ❤ , Ashu ❤ , Mama Sayu ❤ , Mami Miona ❤ , Nanase, Reika, Ikoma, Wakachuki Dan Himetan.

    Like

    1. Setelah ane dengerin jadi inget jaman main ke net trs liat yg lain main ayo dance dan ternyata lagu nya ini wkkwkwkwkwkwk…
      hemmmm pertanyaan sulit min selera music kita beda hahahahah ane suka yg temponya rada cepet min

      Like

    2. Hahaha, iya juga dulu KPop sempet merajai segala jenis game, dari arcade sampe online 😀

      Kalau GG yang temponya rada cepet, ada Mr.Mr, I Got A Boy, The Boys, gak minat dengerin? 😀

      Like

    1. Ane lagi pengen nostalgia, makanya seminggu belakangan dengerin ulang mereka, liat variety2 lamanya, dan ane sadar di dalam hati ane masih SONE 😀

      Like

    2. ane si cuma suka lagunya min, apalagi dulu belom punya internet yg cukup selain buat download lagunya, haha

      Like

  4. Wow wow, hebat gan, selain idol grup jepang, ente juga mendalami girlband korea. Dan itu terang-terangan? (⊙.⊙)

    Untuk lagu Girls Generation, ane pernah liat MV-nya di yutub, into the new world. Yang ane ingat ada cewek rambut pendek lagi nge-cat scooter. Sama cewek yang nerbangin pesawat.

    Btw ane cenderung suka variety show-nya idolgrup jepang. Sedangkan untuk musik, kalau ada MV atau PV yang menarik biasanya ane akan coba nonton dan dengerin. Ane bukan penikmat musik sejati.

    Like

    1. Ane gak terlalu setuju sama musik yang terlalu terkotak2 aja, meskipun sama2 idol. Kalau universal, ane gak masalah sama sekali dengerin lagu Nogi setelah Eminem, atau GG sebelum AC/DC.

      Hahaha, di MV itu Taeng bener2 keliatan kaya maknae, sempet bikin ane salah nebak 😀

      Kalau buat variety sama aja menurut ane. Yang ngebedain cuma kalau Jepang lebih banyak teks, di Korea gak terlalu. Dari segi mau nonjolin member juga menang Korea, karena membernya gak sebanyak Jepang.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s