The Final Standing of A Race of C

9 bulan yang lalu, aku menulis A Race of C, butuh waktu hingga Januari 2017 untuk melihat hasil akhir race ini. Waktu yang lama, tapi  layak untuk penantian panjang ini? So-so lah ya, karena hasil race ini bisa dibilang (sangat) predictable. Sugai Yuuka menjadi captain sementara Moriya Akane menjadi vice captain Keyakizaka46. Hal ini menjelaskan beberapa hal yang selama ini tertutup kabut.

Pertama, Keyaki kini mempunyai sosok yang benar-benar bisa dijadikan patokan. Membuat de facto captain menjadikan Keyaki tidak terlalu lost -well, aku tidak bisa menemukan kata lain- dan bisa memiliki arah yang lebih jelas. Seperti visi dan misi yang diungkapkan Yuukanen;

  1. Membuat Keyakizaka menjadi grup dengan teamwork yang bagus
  2. Keyakizaka tidak akan pernah berubah
  3. Tiap member akan bersinar dengan caranya masing-masing

Well, sekilas mereka lebih menekankan pada stabilitas Keyaki dan menghindari perubahan-perubahan yang terlalu dramatis. Memang masuk akal, tapi terkesan terlalu menahan diri? Keyaki belum berusia dua tahun, dan dengan tahun debut yang seperti itu, menahan diri terkesan terlalu cepat bukan?

a61e76d27369acc460011b680c97316b-1
Salah satu kesalahan pada visi misi Yuukanen

Kedua, hal ini memberi sedikit petunjuk tentang bagaimana sistem K&H bekerja, karena sebelum-sebelumnya sempat ada pembahasan bahwa K&H akan memiliki captain masing-masing. Dengan ditutupnya (?) kemungkinan H.Keyaki untuk memiliki captain sendiri, maka hampir bisa dipastikan H.Keyaki memang adalah Under, bukan entitas yang berdiri mandiri dalam Keyaki. Dengan kata lain, mereka tidak akan meniru mentah-mentah konsep team dari 48G.

Jika H.Keyaki memiliki captain, maka akan memunculkan sedikit ambiguitas. Contoh kecilnya adalah privelege senbatsu seorang captain, akan aneh jika captain H.Keyaki ada di K.Keyaki yang de facto adalah senbatsu bukan? Dan privelege itu juga akan tak adil jika captain H.Keyaki selalu ada di Under. Membuat kennin lagi untuk seorang captain juga terdengar sebagai ‘memecahkan masalah tanpa solusi’ untukku.

Ketiga, anomali dualisme di Keyaki semakin tampak disini. Sama seperti para couple di Keyaki, aku tidak bisa melihat satu member berdiri sendiri sebagai captain. Ada perasaan janggal karena mayoritas member di Keyaki memiliki semacam partner in crime masing-masing, dan jabatan captain tidak bisa dipegang oleh siapapun tanpa ada pendamping. Vice captain adalah opsi bagus yang direalisasikan.

Yuuka memimpin race sejak awal dengan Kawasaki H2, epitomi untuk betapa dia selalu ada di depan sejak awal. H2 adalah motor tercepat di kelas 1 liter superbike dengan top speed mencapai 365 km/h. Selain itu semua teknologi lain termasuk supercharger membuat H2 adalah motor produksi massal paling bertenaga di dunia. Varian H2R malah membuat rekor kecepatan 400 km/h di tangan pembalap supersport Kenan Sofuoglu pada 2016 lalu.

Yuuka selalu dianggap mirip Sayanee sejak awal, dan ini menimbulkan ekspektasi publik yang cukup tinggi akan dirinya. Kemudian penampilan perdana di Keyakake, dan munculnya identitas aslinya sebagai Her Majesty, semakin mengipasi harapan publik. Dan Yuuka tidak mengecewakan, seringkali dia tampil sebagai representatif di berbagai acara, menjadi member yang menjawab pertanyaan, dan membuat karakter dirinya semakin kuat secara personal.

Pemilihan Yuuka memiliki beberapa sisi positif, antara lain seperti yang sudah kusebutkan, Keyaki memiliki sosok pemimpin. Yuuka meskipun terkadang ponkotsu, adalah salah satu spokesperson terbaik Keyaki, dia bisa menjawab berbagai pertanyaan dan membungkusnya dengan komentar yang tepat. Karakter ojou-sama yang dimilikinya meski cukup aneh di Keyaki, menjadi salah satu tambahan yang sesuai untuk sosok captain.

Downside dari pemilihan Yuuka sebagai captain mungkin hanya dari segi usia. Dia sudah hampir 22 tahun, setara dengan Reika yang sudah menjadi captain Nogi sejak 5 tahun lalu. Memilih captain dengan usia ini tidak akan bertahan lama, 3 tahun adalah taruhan terbaik. Sejujurnya, aku merasa lebih baik memilih member U-20 untuk jabatan jangka panjang, apalagi ditambah background Yuuka, sulit membayangkan dia akan bertahan lebih lama dari 3 tahun di Keyaki.

Aka, seperti yang kukatakan di A Race of C, sejak awal bukanlah penantang serius dalam captaincy, meski dia sudah memiliki karakter fierce khas Ducati 1299 Panigale, yang menjadi flagship Ducati untuk saat ini adalah motor yang brutal khas pabrikan merah ini. Kapasitas mesin yang sama dengan 1199 Panigale, namun ditambah beberapa teknologi terbaru, 1299 tetaplah hasil racikan Ducati, bukan Piaggio.

Memang 1299 terkadang tidak dianggap satu level dengan R1, Fireblade, atau H2 karena kapasitas mesinnya yang lebih dari 1 liter, malah mendekati hyperbike seperti Ninja ZX-14 atau Hayabusa. Karakter mesin oversquare khas Ducati, mesin L-twin turunan dari Desmosedici, dan berbagai pernik mewah yang dikhususkan untuk balap, 1299 adalah salah satu superbike terbaik saat ini.

Ducati adalah motor liar yang meledak-ledak, sama dengan Aka yang punya hasrat membara tidak ingin kalah. Ini juga salah satu alasanku menyamakannya dengan 1299. Both are fierce yet unpredictable. Sosok Aka sebagai Drill Sergeant Keyaki yang kadang bipolar bisa mengimbangi Yuuka yang sedikit ponkotsu, not to mention mereka adalah salah satu fans favorite couple.

Dilihat dari segi usia, kurasa cukup bagus. Aka masih baru 20 akhir tahun ini, dan seperti yang kukatakan, dengan usia Yuuka yang tidak akan bertahan dalam jangka panjang, Aka memegang jabatan vice captain dalam posisi yang strategis. Begini, jika Yuuka grad -ini skenario paling mudah dibayangkan- maka penggantinya kemungkinan adalah vice captain atau justru member lain sementara Aka akan membimbing captain baru dalam skenario ini. Sarge jelas akan bisa melakukan ini.

Sementara itu downside dari pemilihan Aka antara lain dia terkadang masih terlalu egois dalam artian karakternya yang diplot menjadi scene stealer dan terlalu antusias. Well, di satu sisi itu bagus, tapi yang kukhawatirkan adalah bisa-bisa Aka ataupun kombi Yuukanen ini meng-outshine member lain. Jadinya tidak sama dengan poin nomor 3 visi misi mereka kan?

Pemilihan dua orang ini, sesuai prediksi, memang bisa membuat warna baru di Keyaki. Wait, mungkin tidak tepat warna baru juga, karena kombi ini sudah terbentuk sejak SiMa. Dengan adanya official captain & vice captain, maka kini perhatian fans tidak hanya akan tertuju pada Tecchi. Which is a good thing. Tecchi adalah center material yang bagus, good performer, tapi masih tetaplah gadis 16 tahun. Bebannya terlalu besar untuk ditanggungnya sendiri.

Well, saat membuat prediksi 9 bulan lalu ada 7 member yang saat itu menjadi kandidat terkuat untuk jabatan ini di mataku, dan seiring waktu ada member lain yang juga menyodok ke barisan depan dalam race, Fuuchan. Meski tidak diperhitungkan dari awal, kita bisa melihat adanya sisi leadership dalam dirinya lewat The Time of Keyakizaka.

Ya Fuuchan adalah salah satu sosok leader di balik layar. Tapi itu tidak akan pernah cukup untuk seseorang yang diplot menjadi captain. Seorang captain tidak cukup hanya menjadi sosok yang dihormati di balik layar, tapi juga di depan layar. Say, Fuuchan punya kapabilitas untuk itu, tapi dia tidak punya back up resource -HS, popularitas, dan kemampuan variety yang cukup menarik- untuk ikut bersaing secara serius dalam race. Jika diibaratkan, dia hanyalah memiliki KTM RC8, bukan penantang serius di kelas 1 liter superbike atau dalam hal ini, race untuk memperebutkan jabatan captain.

quote
Pesan dan harapanku untuk captain & vice captain baru

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

39 Comments

  1. Dari ketiga motor di atas, emang motornya Yuuka yang keliatannya paling yahud 🙂

    Tinggal mengamati bagaimana ‘100 hari program kerja’ mereka berjalan 🙂

    Like

  2. Aka fotonya. XD
    Ane pikir emang pas kalo mereka berdua yg ngisi posisi ini. Dua2nya juga bukan tipe center, jadi pas. Kalo soal screenstealer, ga juga sih. Tergantung segmen acara varietynya. 😀
    Dan, soal kenapa ada kapten dan wakapten, mungkin biar lebih enak aja buat komunikasi ke publiknya. Dua orang ini saling isi, cuma yang ane khawatirin si Aka, yg bisa dibilang sering blank pas diwawancarai. Masih ada kurang PDnya.
    Mungkin, adanya kapten dan wakap ini, bisa diartikan ntar single ke4 centernya adalah member yg kurang bisa ngomong enak ke publik. Berika, Nanako, Risa, Mona? 😀

    Like

    1. Langsung save kah? 😀

      Justru ane mikirnya kemampuan scene stealer dua orang ini bahaya, liat Keyakake kemarin, atau pas Kojichuu SP, mau gak mau, mereka selalu stand out.

      Intinya kaya ada semacam leader yang satu ke ‘luar’ dan satu ke ‘dalam’ gitu ya?

      Ini yang paling ane pusingin dari berita 4th single bocor, sama sekali gak ada pikiran soal gimana susunan senbatsunya.

      Like

    2. Ga min, kalo Aka, pose seksi atau terjengkang ke belakang kayak gitu malah bikin ane ngakak. XD Ane lebih suka dia foto yg biasa. Kecantikan dan keseksiannya lebih keliatan. 🙂

      Karakter mereka udah kebentuk bahkan terlalu kuat mungkin, jadi menutupi member lain. Mereka emang pas, buat baris depan Variety. Kalo baris belakang, Oda, Naako atau Fuu. Mereka bertiga buat icebreaker.

      Ga gitu juga sih, karena Aka sendiri, ke dalamnya juga ga terlalu keliatan. Malah Oda atau Fuu yg manteb soal internal kalo ane liat. Mungkin tektok YuukaNen enak aja, jadi pas jawab wawancara, mereka bisa beri jawaban lebih baik. Ini juga yg bisa bantu Center. Tapi kalo ada kapten dan wakap, kayaknya bakalan berat perjalanan Keya ke depannya, hingga perlu disetir 2 orang.

      Emang ada beritanya, soal 4th? Dari S48?

      Like

    3. Ketawa karena karakter Drill Sergeant? 😀

      Makanya, biar gimana juga dua orang ini bakal selalu jadi scene stealer di tiap acara TV Keyaki, suka gak suka.

      Ke dalamnya itu dalam artian bisa bikin member semangat, dengan sedikit ancaman. Yuuka jelas gak bisa kalau ini. Kalau soal perjalanan ke depan sih, udah jelas berat makanya kaya poin ketiga yang ane bilang diatas, captain gak bisa sendirian.

      Dimana2 udah ada kan, karena majalah apa itu ada bocoran 4th bakal segera keluar, tinggal nunggu announcement senbatsu juga.

      Like

    4. Ga sih, karena ane suka Akane apa adanya. 😀
      Berarti tanggung jawab member lain buat menonjol. Dan, semoga karakter mereka ini ga jadi halangan buat rencana no3.
      Ane jadi ngebayangin Aka pake seifuku hitam, pake masker gambar tengkorak dan bawa shinai. 😀 Mungkin, keras kepalanya Aka yg ga ingin kalah ini yg bisa jadi penyemangat buat member lainnya buat terus maju. 🙂
      Link! 🙂

      Like

    5. Oi oi oi matanya dijaga 😎

      Asal mereka gak terlalu malu2 aja sih karakter apa aja juga bisa jalan. Zuumin kalau gak terlalu baperan dibilang baka pasti oke.

      Dikata Aka cocok main Scream kali. Yang cocok itu cuma Miona 😀

      Ya kali ane inget link tweet dari beberapa hari lalu. Di S48 aja sono, kali masih ada.

      Like

    6. Aka udah cantik dari sononya. Jadi, ga perlu pose2 menantang gitu, kalo mau nunjukin dia cantik. 😀

      Untung di KeyaKake mereka udah bisa lepas. Tinggal di Keyabingo dan acara lainnya. 😀

      Iya deh, adeknya emang lebih pantes pake yg pink2. Tapi tetep, sambil bawa bola baja yang ada rantainya. 😀

      Tunggu pengumumannya aja ntar kalo begitu. 😀

      Like

    7. Mau gimana lagi, karakter 😀

      Belum akrab aja sama MC, kalau Keyakake kan emang dari awal.

      Emangnya adek ane Galactus, villain in pink?!? 😀

      Like

  3. Foto fuuchan mirip saito yuri vrsi agak tembem😀
    Kmren ane smpet ragu yuuka jd kapten krna umurx udah lbih dri 20 taon tp krna ada mbk gunsou jd masuk akal lah skrg.
    Jd udah clear nih nasib hiragana?
    Yg blum jlas tuh nasibx neru mau dijdikan apa neru ntar, masa halfblood trus? Keenakan tuh anak bisa memicu konflik internal😀
    Karna neru hiragana muncul
    Karna neru kennin di sakamichi muncul
    Konsep hiragana Ane kira jg gtu apalah arti sbuah nama klo toh konsepx sama. Biar nnti klo anak hiragana pnya live sndri biar beda dri underlivex nogi jd hiraganalive!
    Btw knp di nogi jg g ada wakil kapten?
    Apa krna dinogi member yg bisa diandalkan banyak?

    Like

    1. Kalau H.Keyaki, entahlah, masih belum jelas arahnya. Yang ane tangkap sih karena capt dan vice capt sama2 K.Keyaki, artinya emang H.Keyaki diposisikan Under. Cuma masih ada misteri antara lain kennin. Yah, ini salah satu yang bikin ane mager bikin draft prediksi senbatsu 4th single Keyaki. 😛

      Kenapa di Nogi gak ada vice capt, ane punya teori sendiri. Reika dipilih jadi capt di usia muda, kalau punya vice capt yang lebih tua jadinya aneh kan? Nah, dulu masih belum ada member yang sepantaran/dibawah Reika yang punya sisi leadership, bahkan Naachan dan Yumi masih malu2. Yang punya justru member Class of 92, tapi ya sekali lagi, bakal aneh kalau vice capt lebih tua. Akhirnya gak ada vice capt di Nogi, karena peran sebagai pembantu captain diambil sama member2 Class of 92.

      Like

    2. Wah udah mw bikin 4th single keyaki aja, ane aja msih kaget ama pngumuman mendadak nogi.

      Bagaimana dg serarin?
      Dy seumuran,mengayomi dn ckup pnya leadership yg baik pula. Yah wlopun udah kburu grad dluan sih. Sgt dsayangkan sosok rarin yg ckup pnya andil besar dblakang panggung tdk dlirik oleh manajemen

      Like

    3. Ya ini prediksi senbatsu 17th Nogi juga dalam proses, cuma bakal rada lama soalnya ane belum ada persiapan draft soal ini, mendadak banget sih.

      Rarin cuma punya karakter baka waktu itu, liat aja Doko pertama2. Yah bakat ponkotsu Reika juga udah keliatan sih, tapi karena dia dipilih jadi capt sedikit banyak ketolong lah dia. Rarin enggak dipush sejak awal, makanya akhirnya dia cuma jadi semacam leader di Under.

      Like

  4. Soal H.Keya, kyk ocehan gk jelas bpk kos sbelah, mungkin bakal punya kapten klo ada niatan dari manajemn buat nambah member, klo emang mentok sama 12 member ini, ya mungkin sosok kpten gk bakal ada, cuma sekedar sosok yg dihormati yg ngebimbing disetiap kegiatan…

    Dan banyak yg bilang sosok Mirei bisa jadi sosok yg diajukan buat peran ini, n ane emng liat klo Mirei lebih kalem n dewasa ketimbang member yg laen, setidaknya cuma dia sama Neru yg bikin poem untuk group di bonus single ke-3 Hiragana disaat member lain nulis buat diri pribadi mreka masing2…

    Like

    1. Kalau nambah member, jadinya gimana, Gen 2 Keyaki atau H.Keyaki 2.o? Selain itu soal privelege captain? Yah kecuali manajemen mau rencara rilis double A-side per rilisan, H.Keyaki gak akan ada captain.

      Mirei ya? Yang jadi ganjalan sekarang mayoritas taunya cuma Neru di H.Keyaki, kalau member yang kurang populer jadi captain sementara H.Keyaki butuh rekognitas publik lebih, mungkin rada susah.

      Like

    2. Ya berhubung ini lagi bahsa nambah member H.keya, ya berarti gen 2 H.keya XD

      Nah itu juga masalhnya, dari pd mikirn sapa kapten H.keya, utk awal lebih bagus mikrin gimana anekin pamor member H.keya lainnya, mending fokus buatin acara sendiri buat H.keya XD

      Like

    3. Haha, seribet hidup situ ya? XD

      Apa aja sih, tpi klo bisa jgn terllau banyak talknya, variety gitulah, atau acara jalan2 diluar studio XD
      klo dsuruh milih kyk nogiten/eigo/golf, ane milih kyk nogiten

      Like

    4. MCnya juga penting! Kalo bisa si Kojima sama sapa gitu. Lumayan enak tektoknya si Kojima sama anak Keya.

      Like

    5. @conan, emang hidup situ gak ribet? XD

      Nogiten konsepnya gak jelas gitu, dan gak nunjukin karakteristik jelas per member.

      @mas, kira2 siapa MC yang cocok, masa Kojima doang?

      Like

    6. @Mas:
      Setuja, pemilihan MC juga harus bagus, sayangnya Kojima abaru tektok sama K.Keya, sedangkan ini ngebahs acra H.Keya… Kira2 si Kojima hapal jg gk ya member H.keya? XD

      ================

      @Mas:
      Ya gak seribet hidup situlah XD
      Eh salah, maksud ane kyk nogi eigo XD

      Like

    7. mikirin H keya jadi ikut pusing hahahahahhaha….
      kalo enak sihcapten terpilih -> single 4 rilis -> unit song khusus mix H+K keya – > single 5 fix senbatsu+under hahahaha
      atau kalau gila mix member lalu dibagi H+k keya trs capten + vice sama2 double di H+k keya jadi tiap beda perfom entah capten/vice bisa mewakili salah 1 tim..
      trs kalo nambaha member ya jadiin member pelatihan dgn catatan jgn banyak2 5 orang per angkatan ok juga hahahahahah ngayal mode on

      Like

    8. @conan, ya MC gak harus hafal nama member kan, justru bisa jadi lucu+penuh gimmick kalau gak hafal.

      Cari member yang pinter gitu ya? Jelas Neru-Manafin yang menang 😀

      @ibnu, atau lebih absurd, bikin koreografi yang bisa gantian antara K&H, jadi satu lagu bisa separuh awal K.Keyaki, separuh terakhir H.Keyaki 😀

      Like

    9. Iya, sih tpi maksudnya ngikutin soal H.keya dikit2lah, jadi pengetahuan MCnya juga bisa jadi bahan nantinya…Atau pake MC boongan yg dikeyabingo season1 aja XD

      Like

    10. @mac
      Kalo komedian ane hafalnya cuma beberapa, itu juga yg ekstrim, ga panteslah buat MC Keya.
      Atau pake Nobushi Kobushi, salah satu anggotanya kan datang pas LIVE Keya sama Sawabe, dia juga bagian Boke. Jadi pas lah, Kojima yg Tsukkomi dia yg Boke. Lupa namanya. Bisa ga liatin di KeyaKake ep 63? 😀
      Danger Mastoppu? Yang ada, Mastoppu Rangers 46, anggotanya, Yumi, Ue, Oz, Junna, Rena, Mona, Sari, Riria, Kuboshi, Shiichan dan Zuumin. My Marika jadi Alpha. 😀

      @conan
      Harus hafal! Dia kan ngaku2 fans nomor satunya Keya. Tapi seperti mimin bilang, ga hafal bakalan bikin rusuh dan lucu. XD

      Like

    11. @Mac:
      Bukan yg danger, yg MC sempet gantiin pas sandwichman gk bisa nge-mc keya episode 2 yg karaokean itu loh..

      =============

      @Mas:
      HApal tpi pas di program pura2 gk hapal XD

      Like

    12. Ntahlah klo soal peluang, tpi maunya member H.keya contoh member Under Nogi dulu, mereka protes klo senbatsu ada nogidoko, mereka juga mau ada acara, lahirlah nogi koko (klo ane gk salah inget sejrh lahirnya tuh acara) XD

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s