M Series

M adalah emblem paling pretisius dari pabrikan Bavaria ini, dikenal sebagai seri performance. M yang merupakan singkatan dari Motorsport ini didirikan pada 1972 untuk memfasilitasi program balap BMW yang mengalami kesuksesan pada era 60-70. Kini BMW M adalah portofolio model modifikasi dan tuning tingkat lanjut untuk BMW, sama seperti AMG untuk Mercedes.

Namun BMW M berbeda dengan AMG dalam hal filosofi. BMW M hanya melakukan tuning pada seri tertentu dari BMW -dalam hal ini paling terkenal untuk 3 Series, 5 Series, dan roadsters- sementara AMG membuat versi tune up dalam hampir semua rilisan Mercedes Benz. Selain itu ada karakteristik lain dari BMW M, sebelum 2010, BMW M belum menggunakan supercharger atau turbocharger, yang mana cukup unik.

Seri mobil dengan emblem M secara umum adalah seri dengan mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamik, dan eksterior yang dimodifikasi untuk membedakan mereka dari seri BMW lain. Semua seri M diujicoba dan di-tune di fasilitas pribadi BMW di sirkuit Nürburgring, Jerman. BMW M juga satu-satunya subsidiaries dari perusahaan mobil -seperti AMG atau TRD- yang juga mengembangkan sepeda motor dalam bentuk BMW S1000RR.

BMW M memiliki range produk yang cukup banyak dari 1 Series hingga 6 Series, dengan pengecualian 7 Series, Z1, X1 & X3, serta seri hybrid i8 & i3. Tidak adanya badge M pada 7 Series adalah karena BMW tidak ingin sedan flagship mereka menjadi buas dengan suntikan teknologi M. Mesin V12 yang digunakan pada 7 Series terganas, 760Li hanya digunakan sebagai showoff. 

Sejauh ini baru versi unofficial Alpina B7 yang dianggap sebagai BMW M7. BMW X5 & X6 SAV adalah langkah pertama BMW M dengan teknologi xDrive 4WD dan transmisi otomatis, dan juga BMW M pertama dalam segmen ini. Kini, BMW M3 E92/E93 dianggap sebagai satu-satunya BMW M tradisional yang tersisa.

M Series dan M-badged Series

Beberapa seri BMW mendapat sentuhan BMW M, namun tidak menjadi M Series. Hal ini bisa dilihat dari style penamaan seperti M-tech I atau M-tech II. Sebagai contoh adalah BMW 530i M. Namun, seri yang di-tuning oleh BMW M bisa juga memiliki emblem M, sementara model yang asli dari BMW M seperti M2, M3, M4, M5, atau M6 memiliki emblem M dengan angka di belakangnya.

2017-BMW-5-Series-G30195
Tidak ada M-badge disini, menandakan ini bukan pure M Series

This slideshow requires JavaScript.

Pengecualian untuk seri roadster Z3 & Z4, serta 1 Series M, yang mana tidak memiliki badge M tapi adalah seri asli dari BMW M.

Kini, BMW menawarkan paket M Sport untuk pilihan order dari konsumen, yang mana lebih mahal dari paket Sport biasa. Jadi sudah umum menemui mobil BMW dengan emblem M meski bukan seri asli, hanya sekedar versi upgrade dengan sentuhan BMW Motorsport. Pada 2012, BMW memperkenalkan BMW M Diesel, dalam bentuk BMW M550d xDrive, yang ditawarkan dalam bentuk sedan dan station wagon. Kini, kelanjutan M Diesel masih abu-abu seiring peraturan pemerintah Jerman yang melarang penggunaan mesin diesel pada 2030.

bmw-m550d-xdrive-6
BMW M550d xDrive

Nah, sama seperti BMW, Nogi memiliki jajaran M Series mereka sendiri. Untuk Nogi, ini adalah Model Series. Selama ini Nogi memiliki 7 member yang dikontrak (atau pernah dikontrak) sebagai model ekslusif; Shiraishi Mai (RAY), Matsumura Sayuri, Hashimoto Nanami (CanCam), Nishino Nanase (non-no), Saito Asuka (CUTiE), Kitano Hinako (Zipper), dan Kawago Hina (Popteen). M7, kini kembali menjadi M6.

Itu untuk resminya, sementara untuk member yang tidak berstatus official model juga memiliki track record yang tak kalah dari M7 -entahlah dengan Miria dan Renka yang masuk list model untuk LOVEBERRY- Sejak tahun 2016, intensitas member Nogi yang tampil di majalah meningkat, namun yang menjadi sedikit pertanyaan, bagaimana M7 tidak bertambah sejak 2015, setelah Hina menjadi official model ketujuh?

Setelah Hina, tidak ada lagi penambahan member. Jika menilik bagaimana masifnya manajemen membuat member menjadi official model pada 2014-2015, hal ini cukup aneh. Dari M7, yang pertama adalah Maiyan, lalu Nanamin dan Sayuringo, kemudian Naachan, Ashurin, Kiichan, dan Hina. Untuk Hina, dia beda sendiri karena mendapat tempat ini melalui vote dari pembaca.

Aku cukup terkejut saat Hina menjadi M7, karena simpel saja, dia bukan top member, hanya sekali menjadi senbatsu, karakter baka yang dimilikinya tak sekuat Johnson atau Kiichan. Dalam satu kata, aku mengapresiasi bagaimana manajemen bisa memberinya kesempatan emas menjadi bagian dari salah satu jajaran member Nogi paling prestisius.

Nah, dari segi nama, sama seperti M Series BMW, menjadi official model di Nogi adalah realm yang setara dengan Vanaheimr di jagad Sakamichi. Menjadi bagian darinya berarti otomatis akan selalu diperhatikan, karena Nogi menitikberatkan di pasar remaja putri, dan bagaimana mereka jor-joran dalam urusan photoshot di majalah remaja dalam hal member non-M7 menjadi bukti.

Kini, Kiichan akan mendapatkan PB pertamanya yang dikonfirmasi akan dirilis pada bulan Juni. Terpilihnya Kiichan di satu sisi mengejutkan; dia bukan Gen 2 paling bersinar, bukan member level Fukujin, dan namanya bukan di barisan terdepan untuk PB. Tapi di sisi lain, Kiichan juga adalah M5, satu-satunya dari Gen 2. Popularitasnya sebagai KSGK juga terbilang stabil.

Nogizaka46 Kitano Hinako_zpspmmgocem

Pendapat pertamaku saat mendengar PB Kiichan adalah LLC berusaha terlalu keras untuk menambal semua lubang kecil tahun ini. Siapa yang bilang tidak akan ada nama besar yang pergi tahun ini?  Di Influencer saja beberapa member absen total dari HS, spekulasi bermunculan, dan semua yang dilakukan menurutku adalah upaya yang masuk akal; LLC selalu menjadi pihak pertama yang tahu siapa yang akan grad, dan grad bukan sesuatu yang bisa terjadi besok, melainkan butuh waktu berbulan-bulan, maka antisipasi untuk itu dilakukan.

Sebagai Gen 2 dan bagian dari M7, Kiichan memang layak mendapat PB, terlepas dari dia bukan Fukujin. Hal ini wajar, tapi memang bagi fanbase beberapa member, cukup susah diterima. Yang tidak kusukai adalah bagaimana manajemen terkesan terlalu nafsu dalam hal ini, dan membiarkan rumor PB Misa menggantung selama…..berapa, satu tahun terakhir?

17

Sementara itu, meski menjadi primadona untuk urusan prestige, menjadi official model tidaklah selalu menyenangkan. Pertama, jika dibandingkan dengan non-M7, mereka membawa tambahan harus selalu menjaga image untuk majalah yang menjadi sponsor, dan aku yakin itu termasuk larangan akan pose yang tidak sesuai dalam photoshot dengan majalah lain. Well, sedikit pengecualian mungkin untuk Maiyan yang bagian dari Passport diterbitkan di FLASH, karena momennya bertepatan dengan PB.

Kedua, bagaimana mereka juga terkekang dalam image majalah ini, Naachan dan Maiyan sebagai dedengkot fashion, apalagi di majalah selevel non-no dan RAY, wardrobe failure bukan pilihan. Padahal semua photoshot dilakukan dengan pakaian yang disediakan jadi member tak bisa berbuat apapun.

Yang terakhir adalah bagaimana jika peran sebagai official model tidak berbanding lurus dengan bagaimana nasibnya di grup. Ya, aku berbicara tentang Hina. Miris nasibnya disaat menjadi bagian dari line up ini dan masih struggle dengan nasibnya di grup. Hanya menjadi member forever under, hampir sama dengan memegang pedang untuk berperang, tapi tidak membawa tameng.

Selain itu, ada sedikit ambiguitas dalam kontrak official model untuk Ashurin dan Hina, karena berbeda dengan yang lain, mereka tidak begitu banyak terlibat lagi dengan CUTiE dan Popteen, atau memang hanya lebih tidak terekspose? Karena M7 yang lain masih bisa dengan mudah dicari kemunculannya di majalah masing-masing, dua member ini seperti hampir tidak pernah terlihat melakukan photoshot di dua majalah itu.

Ya, para official model adalah BMW M yang sebenarnya, dimana mereka memiliki tingkat yang berbeda diantara para member Nogi. Dari 1 Series M sampai M6, kekuatan para official model ini ada di level yang lain untuk bisa menarik fans. Bagi yang non-official model, mereka hanya M-badged, serupa tapi tak sama. Photoshot di majalah memang membuat mereka memiliki pengalaman, tapi hanya dipandang sebelah mata karena tidaklah resmi.

Seiring waktu, titel official model di Nogi akan semakin luntur seiring hilangnya prestige dengan semakin banyaknya member yang mendapat photoshot yang berkualitas. Tidak adanya penambahan member juga menjadi alasan. Yang pasti adalah, aku mendukung akan nilai ekslusivitas official model di Nogi, karena ini semakin menguatkan image mereka.

Memang menambah official model akan berarti seperti mengenalkan M550D saat regulasi kendaraan diesel diketatkan, tapi disisi lain akan seperti BMW Motorsport melakukan tune up pada BMW i Series. Bisa menjadi bahaya yang mengakhiri M Series, tapi bisa juga membuat era baru bagi member untuk menapaki karir sebagai model.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

66 Comments

  1. Untuk model2an ane pas,,,ane buta soal fashion,ane cuma bisa….ctrl+s😀
    Maksudnya official itu apa sih gan?

    Rentan udah ada yang claim?ane seneng liat dia pas tampil di nogishow!

    Like

    1. Ya mereka yang dikontrak buat jadi model ekslusif majalah. Cuma gitu aja sih.

      Jangan tanya ane, tanya di kos sebelah yang kandangnya serigala 😀

      Like

    2. Bukan tepat endorse juga, lebih ke kerjasama mutualisme antara majalah sama member. Majalah butuh orang yang bisa mewakili target pasar, member butuh pegangan buat popularitas publik.

      Kalau Nanamin, anehnya masih belum ada pengumuman resmi dari CanCam, yang jelas Sayuringo masih bertahan sampe sekarang.

      Like

  2. Miona kyknya jadi officalnya “ar”, sejak pengumuman diawal tahun dan sampe bulan ke-3 ini, tiap bulan dia nongol trus.

    Yg loveberry kok nama Ayane gk ditulis? XD

    Dan setuju, titel official model di Nogi semakin luntur sprtinya, mungkin gra2 image Nogi juga yg pas buat majalah2 jadi ya asal ada tawaran dari majalah, ya ditelan XD

    Like

    1. Ya masalahnya belum ada pengumuman resmi kan, dari LLC atau ar-nya sendiri. Makanya ane gak masukin jadi M Series, tapi Miona masih M-badged.

      Lupa2 inget siapa aja yang diangkut Loveberry XD

      Itu dia, makanya ane ngarep ada kelanjutan atau di stop aja ini. Ashurin sama Hina udah jarang kayanya ikutan di CUTiE & Popteen. Kalau Ashurin malah dulu ada sedikit masalah kan soal official model ini?

      Like

    2. Tk palah, mau official atau enggk yg penting tiap bulan nongol dan smalam di 755 nya Miona kasih tau, edisi april dia nongol jg XD

      Hmm, yah mau gmn lagi, umur sih XD

      Iya, klo gk salah majalah sweet ya?. lupa2 inget juga ane soal apa, majalahnya bangkrut atau gmn?

      Like

    3. Kok taunya dari 755? *mancing XD

      Iya nih, mau masuk 500 tahun jadi sering lupa 😎

      Kalau kata @kochan sih sampe sekarang jalan, cuma ane sendiri gak yakin, soalnya ane buka websitenya juga gak nemu official list-nya.

      Like

    4. Asem…

      Nah gitu dong, ngaku, jgn boong mulu, dah tua boong lagi, mau jadi apa ntar XD

      Yg sweet?

      Oh iya, ane yg biasanya pake krtu 2+1 buat modem tpi skrng pake LX (murahan soalnya harganya XD ), cuma kok gk bisa buka aidoru ya? aidoru nya problem atau LX yg kerajinan sok2 nge-block web begituan?
      Bisa buka aidoru?

      Like

    5. Ya patut dipertanyakan XD

      Ah, masih muda itu, belum ngerasain Perang Salib kalau masih 500 tahun XD

      Ho’oh.

      Emang LX rada susah buat buka situs2 torrent, bukan cuma aidoru. Tapi kalau aidoru ane juga rada bingung, soalnya pake Teman Pintar juga kadang gak bisa dibuka.

      Like

    6. Ya kan dia lagi sibuk2nya menjelang rilis single baru, ane pun gk mau ganggu dia… 😎

      Bagi situ muda, tpi bgi ane yg anak meliniuman ya dah tua 500 tahun itu, sangat teramat tua XD

      Welah dalah, trnyata bukan gra2 LX, tpi emang aidoru ada maslah
      https://goo.gl/iuUjpY
      cm gk tau itu twitter official aidoru atau enggak
      wah teman pinter juga? brrti emang enakan 1+2 klo urusan buka2an XD

      Like

    7. Sibuk berburu serigala atau berburu romeo ya? XD

      Iye tau situ anak millenium, millenium pertama kan? XD

      TApi ane barusan ganti operator M bisa dibuka, cuma koneksinya kaya siput pincang XD

      Like

    8. Ini Miona loh, gk ada hubungannya sama romeo *emot-tepok-jidat

      Loh, malah curhat pula situ XD

      Kyknya udah beres problemnya, ane coba buka jg udah bisa, tpi pke krtu 1+2, gk tau deh klo pke LX XD

      Like

    9. Loh masalah satu bini itu bukan masalah bini lain toh? XD

      Ane sih millenium ketiga pak XD

      LX bisa, tapi ane gak bisa download soalnya kuotanya tinggal 1 GB, yang M masih 27 GB tapi jaringan gak ada. Nasib. XD

      Like

    10. Ya eggaklah, ngapain juga Miona dikaitkan sama romeo, nambah2 kerjaan ane aja XD

      Milenium ke-3 sebelum maehi? XD

      Brrti emng brmslah kmarin aidoru bukan soal LX, tpi emng ada jg sih situs yg bukan stus gmn2 tp gk bisa ane buka pke LX

      Like

    11. Kayanya ada miskomunikasi komen, tapi ya sudahlah XD

      Millenium ketiga setelah punahnya dinosaurus XD

      Pake kartu apa lagi selain LX sama 2+1? Si Merah sama Oreo M pake gak?

      Like

    12. Dia yg hiduya tnpa beban XD

      Tua ngajak2…

      Ini maslah duit dan kepuasan mas bro, kyk ane tes LX, muarh tpi gk puas, jadi klo dah ada yg memnuhi kriteria “duit+kepuasan” ngapain coba yg laen,
      buat kuota kok coba-coba XD

      Like

    13. Gimana mau punya beban kalau dari awal dia gak bisa ngerasain beban? XD

      Kalau situ sih gak usah diajak kali XD

      Bilang aja duit buat beli kuota itu harus dibatesin XD

      Like

    14. Enak x ya hidup kyk gitu XD

      Lah itu, kata “sama2” nya kan artinya ngajak2 tua bareng

      2+1 lebih mahal ktimbang LX, pdahal besaran kuota sama.. XD

      Like

    15. Enak lah, semua yang dikerjain gak bisa dibilang salah XD

      Kalau subyeknya -dalam hal ini situ- aslinya emang udah tua, artinya gak ngajak2 XD

      Nah ini contohnya, ada batas XD

      Like

    16. Pengen punya hidup kyk pattrick XD

      Ah, yg penting situ tua, duah gitu aja gk usah dibahas panjang lebar XD

      Sudah2, mulai gk jelas, mending persiapkan jari jemari buat kerja romusa lagi XD

      Like

    17. Hidup dibawah batu, punya tetangga berhidung besar dan teman yang kepalanya kotak? XD

      Ya semua juga tahulah situ juga tua XD

      Romusha part 1 udah selesai, tinggal part 2 review lagu. XD
      ….
      …setelah itu babak belur lagi sama adeknya XD

      Like

    18. Loh gk mestilah, tua pengalama gk mesti tua umur… XD

      “itu tanggal 17 cuma lagu doang ya yang keluar?” <- CUMA?! kata cuma aja bisa bikin situ senam jari pak, bersyukurlah cuma lagu doang, besok2 baru yg laen nyusul XD

      Like

    19. Itu sesuatu yang pasti linear pak XD

      Kalau lagu baru satu yang keluar, ane gak bakal bikin reviewnya juga kali. Kan udah ane bilang, review buat lagu itu selalu paling akhir, nungguin HQ audio dulu. Ini review lagu dari Influencer aja masih editing kok. XD

      Like

    20. AI Haibara, Masih kecil dah dewasa gar2 tua pengalaman XD

      Brrti situ aman dong hari jumat ntar? XD

      Like

    21. Dia sih aslinya 84 tahun kan XD

      Kecuali kalau MV rilis sekalian, ane gak bakal rilis Sakamichi Review buat Fukyouwaon. Mungkin malah review buat lagu yang ane rilis ulang.

      Like

    22. Yg ane tau dia kecil tpi bertingkah tua, kecuali ada pemail favoritnya XD

      Klo MV enggaklah, tunggu cincai2 dulu sama SR XD

      Like

    23. Higo san? Jenggotnya gak nahan, Ai sukanya yang berjenggot kali ya XD

      Ane belum keliling, kepala masih pusing bener, besok aja lah liat2 beritanya. XD

      Like

    24. Si Ai cocok tuh sama srigala yg suka tebar glitik2 pake jenggot XD

      Yg kerja jari-jemari, yg down malah kepala XD

      Like

  3. Wah bahas M,bukan masochist kan y?:D
    Klo ini ranze bisa jdi ketua nih.
    Nambahin dikit gan,asuka udah g di cutie lg tp sweet emg msih satu produksi tp beda nama aja gra2 entah kontrak cutie abis ato apa krg jlas jg mkanya diawal asuka smpet ambigu statusx tp stlah itu lancar kok. Asuka ada sesi sndiri namanya asuka fashion buzz klo g slah. Slain itu nama asuka kecatut di list model loveberry brsamaan ama ayane,miria dan renka. Ini yg ane bingung bisa y 2 official model gtu?
    Maiyan jg 2 kn di ray dan larme.
    Dan klo kasus kiichan,smpet kaget jg diawal nih anak g prnah kliatan tb2 jd model resmi zipper yg mna klo dri nogibingo4 dlu dy g ikut tmpil kan y. Baru stelah dpet zipper kyakx karirx trus mnanjak.mkanya dikos sblah ane kasih pola macam itu buat cari hbungan antara official model dg perhatian manajemen.
    Cover majalah favorit ane yg nogidan di young guitar, marika+nanase di bubka y klo g slah,yg smpe sold out majalahx ama yg overture kmren.

    Like

    1. Ranze Masochist Gundan? Melebarkan sayap diluar SG? 😀

      Nah itu dia yang bikin ane pusing. Sweet juga gak begitu ‘in’ dibanding CUTiE, udah lama banget kayanya ane gak liat Ashurin photoshot di Sweet, kayanya cuma di awal2 dulu, yang segmen sendiri itu juga mandek kayanya. Nah, kalau Loveberry, ane bingungnya itu apa yang dicantumin sebagai model di website mereka itu official, atau cuma sekedar kontrak untuk beberapa issue?

      Well, Kiichan ketiban durian runtuh dengan jadi M6. Tapi kalau dibilang gak keliatan sebelum2nya juga enggak dong, dia Gen 2 pertama selain Miona yang masuk senbatsu, sampai sebelum jadi M6 dia juga keliatan cukup aktif di Under, maksudnya gak terlalu sepi juga. Yah, yang ane denger gitu sih, soalnya gak pernah teratur ikutin Nogiten atau Nogikoko. Management darling bisa dibilang, tapi dibayar Kiichan dengan popularitas yang lumayan juga.

      Kalau cover favorit sih ane pegang dari MdN atau Mac Fan, bagus2 soalnya, gak berkesan rame 😀

      Like

    2. Hahaha,,,
      Ranze buka cabang krna krg dibully di SR.
      Ane jg krg tau klo soal loveberry tp klo logikanya dcntumin otomatis official kan tp y gtu gantian ama model lainx scara list loveberry bejibun loli semua 😀
      Yg ane maksud sepak trjang kiichan didunia pemotretan,malah yg dgadang dlu kn sagara tp y gtu g dmnfaatin ama dy.
      Tiap gen udah ada prwakilan M seriesnya tinggal gen3 kira2 siapa yg bakal dcomot dluan y?

      Like

    3. Soalnya gak ada yang S di SG, makanya hasratnya Ranze gak terpenuhi 😀

      Artinya cuma seasonal ya, cuma dikontrak buat beberapa issue kali.

      Bentar ane inget2 dulu, duluan mana sih pas Nogibingo yang milih model itu sama pas Kiichan ditunjuk sama Zipper?

      Yah, itu Renka udah pasti kan, meski mungkin gak bakal permanen 😀

      Like

    4. Duluan nogibingo lah gan,kiichan baru dtunjuk zipper skitar 2016 awal,sblum msuk senbatsu single 15.mkanya sepak trjang kiichan didunia permodeln g kecium sblum 2016 kmren.

      Like

  4. Wah… Ane pernah komen tentang M dan langsung dibuatin artikelnya hahaha 😀
    Ane juga pernah lihat di youtube kalo seri M itu langsung dibuat di Jerman. Gak kaya seri2 lain yg bisa dirakit di negara lain. Jadi ya harus impor kalau mau beli.
    M6 jelas yg paling sangar dan paling cantik. Tapi X6M itu bener2 SUV tercantik yg pernah ada. Bahkan lebih cantik drpd Range Rover menurut ane. X6 pelopor SUV coupe, yg sempat diplagiat sama AMG GLE 63. 😀

    Oke, jadi ini temanya pencarian M7.
    Jujur ane gak paham tentang dunia permodelan di Nogi. Sbnrnya banyak member potensial, contohnya Junna, Misa, Chiharu, Ranze, dsb. Ya, semoga aja cepet menemukan kandidat M7.

    Like

    1. Dih kepedean XD
      Ane udah lama bikin draft ini, cuma baru sekarang sempat rilis pas materinya barengan cocok sama PB Kiichan 😀

      Ya M Series dibikin langsung di Jerman, sedikit dari line up BMW yang masih dirakit di negara asal. Rumornya ini buat ngejaga kualitas M Series. Sebaliknya gan, ane jauh lebih suka M5, M6 terlalu over dari segala sisi buat ane 😀
      Kalau SUV, peringkat pertama ane masih Discovery, nomor 2 Tesla X 😀

      Bukan tentang pencarian M8 juga sih, tepatnya gimana ane berharap ekslusivitas M Series bisa bertahan, terutama buat M7, arahnya sama sekali gak jelas. Kesan ekslusif ini makin lama makin hilang, karena ane juga punya sedikit harapan, official model sedikit ngurangin photoshot di majalah lain demi ekslusivitas juga.

      Like

  5. Waduh, 2 sisi mata uang.
    Image Nogi mau tetap dibuat premium dengan 7 official model prestisius? Ini pernyataan official atau fan-made? 😀
    Lah terus yang lain gimana? apa Under sebegitu hina-nya sampai Hina dibilang miris? 😀

    Tapi ya sudahlah, agree to disagree.
    Kadang kalau kita ambil posisi jadi pendukung underdog, jadi sering kontra sama hal-hal yang berbau eksklusif. But that’s how it is.

    Like

    1. Kayanya ada miskonsepsi, yang jadi harapan ane adalah gimana manajemen harus bikin M7 jadi lebih ekslusif, karena ane jelas gak menentang soal banyaknya photoshot buat member “normal”

      Bisa dengan bikin jatah photoshot M7 di majalah lain dibatasi, atau cuma melibatkan M7 di runway, atau seenggaknya runway yang levelnya cukup tinggi, karena mereka yang resmi.

      Bukan Nogi cuma harus push M7 doang, cuma kadarnya yang harus dibedain karena kalau begini, prestise-nya ilang.

      Dan seinget ane emang Nogi sendiri kan yang bikin ini official, paling gampang di Nogibingo, gak mungkin pake istilah ini kalau gak ada izin manajemen kan?

      Yah tapi emang gak pernah ada hitam dan putih, yang selalu ada itu abu2.

      Like

    2. Yah, kita cuma bisa bilang “Tau apa kita?”. Ini abu2.

      Kadang ane juga lupa sama kata pamungkas ini dan perlu diingatkan lagi.

      Atau mungkin emosi ane lagi naik. Pertanda jangan nge-forum dlu utk sementara. 😀

      Liked by 1 person

    1. Min, ikut proyek BDnya Yumi? Yang bawa goodsnya Yumi, foto ditempat menarik di daerah kita, terus kirim pesan dalam bhs Inggris atau Jepang. Ane pengen ikut tapi ga punya produk resminya.

      Like

    2. Mau sih ikutan, cuma tempat ane sama sekali jauh dari obyek wisata 😛

      Yang ada cuma candi2 doang, ya rada males juga XD

      Soal goods kan bisa bikinan sendiri tuh.

      Like

    3. Jadi, ga apa, kalo goods bikinan sendiri?

      Ditempat ane ada obyek wisata keren. Tapi, ya gitu, trekking dulu kalo mau kesana. Fisik ane ga kuat buat itu. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s