Sakamichi Review : Influencer MV

MV dari 17th single Nogi, Influencer telah resmi dirilis. Tepatnya, full version-nya telah meluncur pada 2 Maret ini. Dan sayangnya hari ini aku tidak bisa mereview atau bahkan melihat MV ini lebih cepat karena tuntutan dunia nyata *sigh* dan terpaksa membaca review dari orang lain lebih dulu. Yah, setidaknya bisa menjadi masukan meski aku berusaha menulis review kali ini seobyektif mungkin, dari kacamataku.

omg-excited-face-cat-funny-picture
When I finally got to watch it

Satu hal yang membedakan MV ini dengan Sayonara no Imi atau MV spring single lain adalah tidak adanya storyline. Tapi juga bukan berarti yang pertama, Inochi wa Utsukushii juga menggunakan konsep ini. Dan Harujion juga, MV itu tidak punya storyline yang bisa dengan mudah kita cerna. Anyway, ini dia Sakamichi Review untuk MV dari Influencer.

Well, dari scene pembuka, harapanku tentang MV yang bertema Old California atau Gold Rush, lengkap dengan para cowgirls dan hacienda tamat sudah. Padahal dari lagunya aku sangat-sangat berharap akan seperti itu, tapi ya sudahlah. MV ini sebelas duabelas dengan Popipappapa, jelas dari konsep dance in the box dan lighting yang berasal dari dinding.

Double Suns membuka MV ini dengan dance ala rumba meski hanya di tangan saja. Oh okelah, akan lebih familiar jika aku bilang dubstep. Harus diakui dari segi kharisma, masih belum ada member lain yang bisa menandingi mereka. Dan sepertinya Maiyan  memang dijadikan sedikit di depan Naachan?

Setelah itu scene beralih ke 360°At last! Sudah berkali-kali aku menginginkan Sakamichi mengimplementasikan ini, meski aku akan lebih suka jika Keyaki yang melakukannya. Berlawanan jarum jam dalam 360 ini adalah Misa, Ashurin, Miona, Manatsu, Reika, Sayuringo, Ikuchan, Ikoma, Kaz, Yumi, Kanarin, Hinachima, Yuttan, Hoshimina, Bebitan, Kiichan, Ranze, Sayu, dan Maichun. Not exactly round, lebih ke oval-shaped 360 camera. 

Yang tidak kusukai adalah banner“INFLUENCER” dengan background pink yang menurutku sedikit tidak adil bagi member yang tertutupi, juga dengan banner “NOGIZAKA46” yang memiliki background biru. Kali ini, aku memberi nilai plus karena 360° memberi tiap member jaminan screentime yang meski tidak bisa dikatakan layak, tapi sangat-sangat eye candy. Semua member terlihat fabulous di scene ini.

Scene berikutnya kembali beralih ke Double Suns, kali ini mereka melakukan dance di tengah observatori. Lighting yang cukup suram namun romantis membuat dance mereka menjadi lebih eye catching. Keluhan mungkin pada lip sync yang kurang ‘dapat’, meski tak sampai taraf annoying. Selanjutnya adalah bagian para front row menari di drink bar. Hey, there’s underage one, mothafuckaScene ini terlihat Nogi seperti berusaha menjual kesan rebel, apalagi dua member yang menari diatas bar adalah Miona dan Ashurin.

Selanjutnya adalah salah satu dance scene paling indah dalam sejarah MV Nogi; member 2nd row melakukan dance yang intens dalam posisi utama duduk dengan gambar yang diambil dari sudut 90° dan eye-level. Dance yang dihadirkan juga cantik, perpaduan antara tradisional dan modern, hanya tidak didukung kostum sekuat Sayonara no Imi.

Saat scene berpindah ke semua senbatsu di latar belakang aula di sebuah skyscraper, tampak jelas betapa ramainya senbatsu kali ini. Dan masalah klasik kembali menghampiri; banyak member berarti semakin mengurangi per milliseconds yang berharga untuk tiap individu. Kali ini memang terkesan berusaha membuat tiap member mendapat jatahnya tapi masih terlalu random di bagian ini.

%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%a4%e3%83%b3%e3%83%95%e3%83%ab%e3%82%a8%e3%83%b3%e3%82%b5%e3%83%bc%e3%80%8f-video-dailymotion-ts_000121137%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%a4%e3%83%b3%e3%83%95%e3%83%ab%e3%82%a8%e3%83%b3%e3%82%b5%e3%83%bc%e3%80%8f-video-dailymotion-ts_000124139%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%a4%e3%83%b3%e3%83%95%e3%83%ab%e3%82%a8%e3%83%b3%e3%82%b5%e3%83%bc%e3%80%8f-video-dailymotion-ts_000127142%e4%b9%83%e6%9c%a8%e5%9d%8246-%e3%80%8e%e3%82%a4%e3%83%b3%e3%83%95%e3%83%ab%e3%82%a8%e3%83%b3%e3%82%b5%e3%83%bc%e3%80%8f-video-dailymotion-ts_000122138

Berikutnya adalah scene yang terasa aroma Ano Kyoushitsu. Dua member melakukan dance dalam satu scene. Ashurin-Kaz, Miona-Sayuringo, Manatsu-Yumi, dan Misa-Reika. Sisi sexy Misa dieksploitasi disini. Ekspresi yang datar kurasa mengambil inspirasi dari Flamenco. Berikutnya, kekhawatiran akan semakin minimnya screentime bagi 3rd row mentah di scene berikutnya.

3rd row untuk pertama kalinya mendapat decent screentime, bahkan sampai mendapat beberapa detik sendiri. 9 member  3rd row mencuri perhatian, terutama Bebitan yang menjadi center. Dia mendapat momentum bersamaan dengan dilibatkan dalam SakamichiAKB dan kali ini mendapat screentime yang mencuri perhatian. Edgy Bebitan bisa menjadi center 3rd row yang memukau, wajar karena dia sendiri 3 kali menjadi Under Center.

Nogi kembali menegaskan bahwa tema kali ini adalah dewasa. Dance scene dengan dinding jelas adalah adegan provokatif dalam artian bagaimanapun. Dan member melakukan itu dengan baik, sedikit khawatir juga. Tapi salut untuk lightning dan material reflektif yang digunakan (apa itu air?), membuat scene ini menjadi terbantu dari segi artistik>provokatif. Begitu juga dengan dance scene di lantai.

Dalam bagian scene yang menyorot seluruh member, sudah jelas bahwa MV ini menitikberatkan pada dance.  Nah, jika dikatakan MV ini adalah Inochi 2.0, aku jelas menolak. Memang Influencer membawa dance yang setara atau malah bisa dikatakan setingkat diatas Inochi. Namun, Influencer tidak bisa membawa magis Inochi karena faktor lagu yang jauh berbeda dari purple line dan member yang terlibat jauh lebih banyak.

Keluhan utama adalah minusnya storyline. Spring single Nogi biasanya memiliki storyline paling kuat atau tema yang berat di purple line. Kimikibou dan Kidzuitara adalah contoh storyline kuat, Inochi untuk tema di purple line. Kali ini tidak keduanya, tema memang kuat di dance dan dewasa, tapi ini adalah materi yang baru bagi Nogi. Jelas butuh waktu untuk ini. Terlebih MV dengan storyline sudah menjadi semacam trademark Nogi.

Kedua adalah absennya satu member; Ikuchan. Tidak, tidak, dia tidak absen sepenuhnya, di bagian dance saat member mengenakan baju yang seragam, dia masih ada. Tapi di bagian saat member menggunakan baju individual dia hampir sama sekali tak terlihat, hanya saat close up di pembukaan. Apalagi saat scene yang menyorot semua member, jumlah member hanya terhitung 20.

Hitung jumlah membernya, di saat kostum yang sama ada 21, di kostum individual hanya 18, Double Suns mendapat bagian sendiri.

Memang Ikuchan sudah diyakini akan banyak absen di single ini, terbukti dari absen total di HS, diturunkan ke 2nd row, dan banyaknya jadwal stage play. Tapi tak kusangka akan sampai pada absen di MV meski tidak di banyak bagian. Ketiga adalah konsep yang kurang nyambung antara lagu dan MV. Untuk lagu beraroma latin seperti ini, konsep MV seperti untuk lagu bertipe EDM.

Aku tidak akan membahas negatifnya saja, sekarang waktunya untuk hal yang positif. MV ini membuat beberapa member terlihat outstanding; Bebitan, Ikoma, Kanarin adalah contoh mereka yang berhasil membuat image yang berbeda kali ini, image yang lebih dewasa dan cool. Pembawaan MV yang lebih gelap juga patut diapresiasi karena gelap tidak melulu harus ballad. Koreografi juga masuk dalam kategori A- menurutku. Bukan apa-apa, tapi MV ini tidak bisa menyampaikan koreografi dengan sempurna.

Untuk urusan kostum, kostum terusan warna ungu dipadu celana bukan fashion item favoritku, terkesan awkward. Ankle boots hitam tidak membantu karena dasarnya ungu kurang blend dengan hitam. Motif semacam bunga atau crest yang digunakan juga tidak terkesan terlalu mewah karena sparkle yang dihasilkan dari bahannya malah membuat kesan murahan. Tiga badge emas yang digunakan malah tidak terlalu bersinar.

Lain cerita dengan kostum per individu. Mulai dari turtleneck, sleeveless, gown, sampai ke aksesoris seperti gelang, kalung, choker, dan anting semuanya bagus. Yang cukup aneh adalah member mengenakan sepatu pantofel dan kaus kaki yang sama.

Overall, Influencer adalah MV yang ground-breaking dari aspek kedewasaan. Nogi dikenal memiliki rataan usia yang cukup tinggi untuk ukuran idol, karena 70% dari mereka kini sudah diatas 20 tahun. Hal ini juga jelas menjadi pertimbangan apakah seharusnya Nogi diujicobakan mendapat sesuatu yang lebih dewasa. Selain itu, banjirnya PB member belakangan ini juga mendukung skenario ini.

Aku tak masalah dengan Nogi menuju arah yang lebih dewasa. Stay di ballad bukan sesuatu yang baik, membuat perubahan adalah kewajiban. Kini dengan lagu yang berbeda dan MV yang berbeda pula, Nogi jelas berupaya meraup pasar sebanyak-banyaknya di awal tahun ini. Ambisi itu bagus, greedy bukan opsi, LLC. Tetaplah Nogi menjadi Nogi, purple line tetap purple line.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

64 Comments

  1. Sesuai prediksi sih,review bapak kos ini pasti akan seperti ini,,ikoma❤ makin dewasa,makin cantik,,,dan gak nyangka juga bebitan bakal berubah gitu,,makin…(gak boleh pake emot lope ya?) cantik.lama2 nonton mv ane bisa khilaf nih,,,

    Like

    1. Ane real kaito,,,gak ada darah serigalanya,,soal emot itu udah jadi template di tab ane,
      Toh masih adek juga kan?bisa dong dipanggil ‘abang ipar’?ane gak akan mengecewakan zukki❤,ane gak kyk bpk kos sebelah yang punya bini tujuh,ane cuma untuk zukki❤

      Eh gak ding,dua sama ikoma❤

      Like

    2. Kalau ikoma❤ mah udah dri awal,’bang’…(mulai membiasakan),kalau zukki❤ tulus dari hati,,,wkwkwkwk
      Ane ini https://goo.gl/gd8EUB😁,bpk kos sebelah mana sih? harus bertanggung jawab untuk pengaruh buruk ini

      Ngomong2 Rentan udah punya abang juga gak ya?

      Like

  2. “Bergerak itu memang melelahkan, tapi diam itu memalukan.”

    Untuk move on dari lagu ballad memang butuh pengorbanan, tapi kalau stay terus di lagu ballad ya kapan majunya.

    Sebenarnya ane gak pernah sreg sama lagu2 ngebeat kaya gini. Lagu2 yg ane dengerin sehari2 juga kebanyakan ballad. Tapi karena lagu ini lumayan catchy, seharian td cuma muterin lagu ini terus. 😀

    Btw, gerakan tangan yg berlebihan gak dibahas ya?

    Like

    1. Itu dia, kebangetan kalau ballad lagi ballad lagi, atau MV yang konsepnya itu lagi, bosen menjurus eneg lah 😀

      Ane gak tau kenapa tiap denger lagu ini bawaannya pengen muter Boom Boom Pow, adiktif soalnya 😀

      Ane cuma singgung sedikit, yang jelas, ada aura rumba, flamenco, sama dubstep soal gerakan tangan ini.

      Like

  3. yak akhirnya yang ditunggu keluar juga. sekarang tiap ada rilis baru dari sakamichi, pasti aku ngecek email buat liat notif post baru dari mac orion-sensei m(_ _)m ga lengkap soalnya rasanya. macam kalau makan nasi padang ga pake kuah rendang.

    aku pribadi, malah mengharapkan mv yang seperti ini. full dance dan close up shots, karena sayang sekali kalau koreografi serumit ini ditampilkannya malah cuma (lebih) separuh-separuh jika ada storyline di mvnya. aku juga senang dengan pemilihan background adegan pembuka yang simple (dan mengingatkanku akan sakanatachi no love song… nanamin…) supaya penonton lebih fokus dengan tariannya. ya tapi memang lebih cocok untuk genre musik edm, sih. terlepas dari itu, hampir semua unsur di mv sesuai dengan imajinasiku di awal. cuma untuk kostum ungu-ungu itu menurutku malah mirip penyanyi dangdut. the way it glitters and sparkles, man. kemudian, hampir semua orang di timeline twitter-ku mengeluhkan hal yang sama tentang kostum: celananya. ya jelas lah, buset, aneh abis. di awal aku berharap mereka akan memakai macam modern flamenco dress yang megah dan flower accessories di rambut… tapi setelah dipikir ulang kok alay, ya. sudahlah yang begini bagus juga. dan, omong-omong, ada badge emas? aku sama sekali nggak lihat.

    setuju dengan sensei (((sensei))) perihal pembagian screen time yang cukup memuaskan kali ini. aku bersyukur mereka membawa nakada ke senbatsu kali ini karena apalah arti heavy-dance song tanpa dia–dan rottii. ah, sayang sekali. tadi aku juga kepikiran, bayangkan senbatsu ini dengan ichiki rena lol. selain marika dan ikoma, ashu-mu juga mencuri perhatianku. dia terlihat effortless saat menari. ekspresi ashu nggak terlalu galak dan mencekam macam maiyan (dia kayak melotot banget) di opening, tapi seolah mengatakan, “chill guys I got this.” aku suka.

    apalagi, ya. impresiku terhadap mv ini sih lebih condong ke arah yang positif. aku tak masalah dengan genre baru dan nuansa dewasa yang ada dalam mv ini. bagus juga, ‘kan, kalau kita bisa melihat sisi-sisi lain dari para member yang jarang ditampilkan di televisi. menurutku hal ini juga bukan berarti nogi berangsur-angsur melupakan imej konservatifnya. bagaimana mengungkapkannya, ya… mau membawakan lagu dewasa nan sensual sekali pun, aku akan tetap melihat nogi memiliki imej konservatif itu, soalnya cara mereka berbicara dan bertingkah di depan media itu masih dan akan selalu sama: virtuous dan berkelas.

    oke, aku menulis terlalu panjang. aku agak excited soal mv ini soalnya. maafff.

    tambahan, semoga komentar ini gak double nongolnya nanti. tadi pas pertama kali submit rada error kayanya.

    Like

    1. Duh sensei, jadi kaya gimana gitu. 😀
      Padahal ane lebih suka jadi Master, tapi udah diambil sama Yoda Yuki 😛

      Yep, sisi minus gak ada storyline dikompensasi sama melimpahnya screentime untuk ekploitasi dance, meski jatuhnya pun rada maksa karena gak semua bagian dapet dalam porsi yang sesuai. Close up-nya menurut ane malah rada over kali ini, jadinya ngurangin esensi apalagi banyak yang burem. Ane harus berkali2 nyari screenshot yang lumayan buat naik ke artikel ini.

      Soal kostum emang jatuhnya aneh banget, tapi setelah ane pikir lagi ini kompromi paling pas antara kostum yang elegan sama fleksibiltas buat dance. Karena cukup banyak dance yang pake duduk dan angkat kaki, jelas gak mungkin dong pake dress? Dan desainnya juga ada beda, ada yang full terusan ada yang belakangnya gak nyatu, tapi gak terlalu jelas sih dari video ane.

      Ada badge emas, tuh di fotonya Yumi keliatan paling jelas.

      Kalau bahas Maiyan, ane rasa dia kehilangan beberapa kilo kali ini? Keliatan lebih kurus dari biasanya makanya ekspresi matanya keliatan melotot banget, dan Naachan sedikit plump, iya gak sih? Hahaha, Ashurin udah belajar banyak dari Miss S 😀

      Kalau untuk single ini, ane rasa sisi konservatif gak akan kena imbas. Variasi lagu bakal jadi alasan yang logis untuk siapapun. Dance-nya provokatif tapi karena imbas kostum yang fashionable, kesan provokatifnya jadi sedikit ketutup. Damage paling besar buat konservatif cuma dari PB, dan summer single besok jadi momen paling dag-dig-dug buat ane….

      Hahaha, gak apa2 kok komen panjang ane malah seneng, artinya tulisan ane diperhatiin 😀

      Like

    2. mulai sekarang kunobatkan kau jadi mac orion-sensei, ya 🙆

      rapid fast banget videonya hahaha. transisi dari satu scene ke yang lain lumayan rapi sih menurutku. gerakan narinya jadi keliatan nyambung. pingin ada dance version mv-nya kaya koko ni iru riyuu T_T

      pertamanya tuh kebayang kaya kostumnya snh48 di mv princess cloak, tapi ya, pahanya kemana-mana 😂 aku ngeliatnya sih cuma beda panjang hem-nya doang. ada yang sampe betis tapi kayanya tadi ada yang cuma sepaha juga. penasaran pas live-nya, sih, formasi yang nari duduk sama di dinding mau di-kaya-gimana-in. terus, tbh, lebih enak ngeliat mereka narinya telanjang kaki hahaha.

      maiyan selain kurus, keliatan capek juga. kantung matanya itu loh. naachan juga iya. tapi apa karena tatanan rambut, ya? aku ngerasa kaya poninya jadi lebih pendek…

      pb tahun ini sih gila-gilaan. dag-dig-dug kenapa nih? ngeri makin buka-bukaan lagi atau…?

      sering baca artikel tapi aku jarang komen hahaha. tadi terlalu hyped T_T

      Like

    3. Duh pake titel segala 😀

      Ane sih cuma ngarep pas live bisa seenggaknya 90% mirip ini dance-nya, soalnya disini gak pake mic jadi bisa eksplosif. Nah kalau live bakal jadi gimana.

      Ane belum pernah nonton tuh video SNH yang dibilang mirip ini, belum sempat aja. Tapi baca komen2 jadi penasaran 😀

      Itu dia, padahal di Kojichuu kemarin2 enggak sekurus ini, pas liat MV ini sama interview, ane kaget juga. Iya ane juga bilang poni Naachan agak dipotong…

      Ane udah bilang sebelumnya kalau dengan flow kaya gini, bukan gak mungkin tahun ini untuk pertama kalinya summer single melibatkan two pieces. PB jelas jadi faktor utama, sekarang ditambahi faktor spring single yang dewasa dan sedikit provokatif. Jadi agak khawatir kan?

      Like

    4. banyak gerakan tangan, sih. kalo sebelah pegang mic, merekanya jadi bingung. mungkin pake headworn mic buat gaya-gayaan aja. nyanyi mah kaga.

      nonton, nonton. total banget itu mvnya. pasti budgetnya gede. (padahal lagunya biasa aja)

      di showroom terakhir juga kayanya biasa aja. mungkin anu kali, pengaruh make up atau gara-gara poninya nutupin hampir 1/3 wajah.

      hmmm… ada kemungkinan sih, tapi aku sejauh ini masih beriman kalo mereka ga bakal bikinian. paling pol mungkin two piece dresses kaya di hadashi kemarin. harapannya, berhubung nogi nyobain imej yang beda di influencer, semoga mereka juga nyobain sesuatu yang baru nanti. summer nggak harus melulu main air, ah. ga kebayang lagian nogi syuting mv macam summer single akb. merinding…

      Like

    5. Yah, biarpun pasti lipsync tapi jangan terang2an gitu ah, 😀

      Barusan nonton dan emang wow itu MV-nya. Terkesan gak peduli budget dan hip, bagus sih.

      Make-up kali ya, sayang juga kalau Maiyan kurusan, cocoknya ya di kisaran sekarang.

      Karena Hadashi udah mulai main2 sama fashion terbuka, ini jadi concern utama ane. Itu centernya member paling muda dari Gen 1 loh. Sekarang tambah lagi image dewasa Influencer, jadi makin kepikiran. Kalau ane sih yang bener2 pengen, bikin summer single kali ini bertema summer camp.

      Like

    6. atau, apa tuh istilahnya… mereka nyanyi live, tapi di latar tetap diputar track yang ada vocalnya.

      mevvah ‘kan? 😁

      marilah kita berharap supaya alih-alih makin terbuka, mereka akan bermain dengan yukata. ha. aku malah pingin mereka tema festival huehehe.

      Like

    7. MR?

      Mewah karena jor2an soal budget, kapan nih LLC 😀

      Ane udah mulai nyerah dengan tema natsumatsuri, dari dulu pengen tapi gak kesampaian juga, paling mendekati cuma Girl’s Rule 😀

      Like

  4. Ok, setelah liat MVNya, penialain ane sama lagu ini agak berubah, faktor utamanya, Miona banyak dpt jatah XD

    Soal ulasan laen, udah pnjang lebar dibahas miminnya…
    Dari MV kyk ada kesan 4 cenetr saat Nanase sama Maiatan msiahkan diri, Miona sama Ashurin ambil alih barisan depan, mudah2an ini tanda bakal ada generasi Double Suns XD

    Like

    1. Ciah, bahagia karena Miona (doang) nih ceritanya XD

      Kasih lah uneg2 dikit XD

      Paragraf terakhir ini bisa sedikit direvisi? Bukan apa2 pak pegel juga harus translate setelah ngebutin ini artikel XD

      Like

    2. Mau gimana lagi, dusta klo ane bilang bahagia gra2 Iku… kan bapak jg bahas soal Iku di MV ini.. XD

      Baru nonton sekali, itupun pake jurus nyuri2 ksmptan, pas smpe rumah, lngsung snam jari XD

      Allahmak:
      Dari MV ini kyk ada kesan 4 center saat Nanase sama Maiyan msiahin diri, Miona sama Ashurin ambil alih barisan depan, mudah2an ini tanda bakal ada generasi Double Suns XD

      Like

    3. @conan, jarang2 loh ane bahas bini orang lain, sampe 2 paragraf. Itu pun akhirnya ente gak bahagia? XD

      Senam jari di tempat sendiri kan XD

      Itu sesuatu yang diharapkan dari lama, tapi belum aja kejadian sampe sekarang. Regenerasi, satu kata, susah kejadian XD

      @kid, atau nyuruh Ue main terompet XD

      Like

    4. @Mac:
      Jadi ente lagi mau buat ane bahagia ya? XD

      Ya iayalah, masak senam jari dimari, klo disini kan situ yg senam jari XD

      Miona, Iku dah 20tahun, klo gk skrng kapan lagi…

      ==========================

      @Kid:
      “iya ya,,,satu keluarga kok punya ‘kelebihan’ semua ya” <- makaish loh atas pujian utk keluarga kecil nan bahagia ane, 😎
      Gk ada galeri dirumah kami, setiap lukisan yg IkuMio hasilkan, stlah jadi langusng diborong para kolektor… XD

      Like

    5. Dah ane duga, emng gk brhrap banyak sih dari situ XD

      Maksudny jdi center klo dah grad? Jgnlah…. T.T

      Like

    6. Yah tau sendiri, Hashi-kun makannya banyak XD

      Itu kemungkinan paling besar, karena menurut ane, di 18th, kemungkinan bakal ada center baru atau seenggaknya muka yang fresh.

      Like

    7. Pake nyalah2in si hashikun pula…

      Berat-berat… Miria blum naek2, IkuMio jg blum comeback2 jd center lagi…

      Like

    8. 😃iya ya,,,satu keluarga kok punya ‘kelebihan’ semua ya,,belum lagi iku yang juga jago lukis,,mending agan @conan suruh bini2 nya bikin lukisan,bikin pameran seni,,atau jangan2 dirumah udah ada galeri?

      Like

  5. Hmmm…oke, mulai! 😀
    – Ada 2 center yg ane temukan di MV ini, Maiyan dan My Marikka. Double Center asli, Maiyan dan Nanase, ga keliatan sepadan. Aura Maiyan meluap2 menutupi Naachan. Mungkin karena PB? 🙂 Dan, untuk My Marikka, pas formasi pohon cemara, My Marikka ada tepat ditengah dan keliatan macam puppetter mirip Yukka di SakamichiAkb. 😀
    – Setuju sama mimin soal 360°. Keren, meski agak terganggu sama judul dan tulisan Nogizaka. Hanya di scene ini juga ane bisa liat Yuttan dengan jelas. 🙂 Dan di scene ini juga, ane ga suka wajah pongah Ikoma. Dia berusaha keliatan seksi dengan memandang ke bawah, seperti meremehkan. Hasilnya ga banget. Dia paling pas kalo pake pandangan cool kayak Tecchi. Yg cocok dengan pandangan seksi sadis kayak gitu cuma My Marikka, sama seperti di scene khusus 3rd row, pas dia jadi centernya.
    – Dari sisi tone warna, lumayanlah. Suka yg tone warna pas scene wcenter dan baju bebas. Tapi pas pake seragam, cahayanya ga enak. Kostumnya jadi ga keliatan. Model kostumnya juga kurang, sama seperti yg dibilang, celana itu masalahnya.
    – Adegan tembok, My Marikka, Ikoma, Kanarin dan Nanase! Sip! Mirip Reza di Pertama? 🙂
    – Diluar MV ini, dari dancenya yg banyak gerakan tangan, kalo mereka tampil di MSte atau semacamnya, yg pake mic, gimana jadinya? 😀
    – Dan yang paling penting! Boom, boom, boom yg pertama itu berapa kali, sih? Ane coba nyanyi selalu kelebihan jadi pas liriknya dibagian Influencer, ga pas jadinya. XD

    Like

    1. Duh seenaknya aja main My Marika My Marika, udah sama HEJ aja sono 😀

      Cuma ane rasanya yang gak dapet momen pandangan Ikoma yang jadi permasalahan disini, soalnya video ane juga rada burem, dari source kayanya. Ada yang punya link yang bener2 jernih?

      Kalau kostum ane udah ngasih pendapat diatas, intinya ini kompromi antara style dan performance. 😀

      Bukan cuma tangan, dance kali ini excessive dari semua gerakan. Belum lagi yang duduk, jadi ane rasa 90% bakal pake ear mic atau kalau pake mic biasa, jelas dance-nya dikurangi.

      Sekitar 12 kali? 😀

      Like

    2. Santai, sama Marika cuma sebatas gemes. 😀

      Pada dasarnya ane ga suka dia berakting seksi dan menggoda. Ga pantes aja. Ane lebih suka dia pas imut atau cool. Lebih manteb! 🙂

      Warnana sayangnya senada dengan cahaya yg dipakai, jadi agak gimana gitu. 🙂

      Tapi kalo tampil di MSte atau semacamnua, kemungkinan pake versi pendek, yg ga pake duduk. Dan memang, lebih pas emang pake ear mic. 🙂

      Eh, sekarang ane lupa nadanya. 😀

      Like

    3. Dari cuma sebatas biasanya naik mulu progressnya, ane udah sering liat contoh kasusnya 😀

      Ya emang karakteristik Ikoma dari awal gak bisa buat jadi semacam Maiyan 😀

      Agak gimana gitu=bikin terlalu monoton kan?

      Itu skenario MSte, coba kalau pas konser, pasti full. Nah itu yang ane tunggu.

      Lah, amnesia? 😀

      Like

  6. Hemm kalo menurut ane..
    Music..
    seperti di kos kandang srigala kalo aja porsi gitar ditambah sedikit lagi makin manteb ni single perbandingan ne ane ambil lagu dr akb yg cinderela…..(lupa belakang nya) hahaha
    Mv …
    Puas hahahahah
    Costum..
    Cukup bagus sih make celana warna juga ok..
    Dance…
    Dance ane sangat puas manatsu juga bagus, dia g berlebihan
    O ya 1 lagi kalo mu..mu..mu..mu..mu influencer di intro ilang makin keren dah bagi ane itu cukup mengganggu
    Wkwkwkkw..

    Like

    1. Kalau soal lagu2 di postingan Sakamichi Review yang gak pake “MV” aja gan 🙂

      Ajegile, lagu udah banyak petikan senar begini masih kurang aja? 😀

      Cie cie, Manatsu Oshi berdatangan 😀

      Aslinya mu-mu-mu-mu-mu atau bum-bum-bum-bum-bum sih?

      Like

    2. Wew salah tempat wkwkkw maafkan min…
      Kalo mv dah bnyak yg ngereview diatas+bawah ane jd ane pass hahahah..
      Yg jelas seneng Ashurin kuh ama miona kuh mv ini serasa mereka w centernya hahhaha
      Wew salah lirik juga habis mirip sih pengucapan ne zzzz hahahah

      Like

  7. Ok,ane mw fangirling dulu.
    OH MY GADDDHHHH MARIKA!!!
    U R MY TRUE GODDESSSSSS!!!
    Keputusan potong rambut adlh kputusan trbaik taun ini.
    pringkat marika dri 10 bsar mlejit 5 besar dlist ane 😀
    Slain marika yg stand out ada kanarin yg super duper gorgeous dg rambutx,naachan dan asuka dg tatapan matanya ok cukup klo ane sbut smua bisa abis ruang komen buat para mmber nogi yg stunningnya unbearable 😀
    Balik ke review,prtama koreo pmilihan seishiro sbg sensei baru cukup tepat. Dan stelah ane stalk seishiro emg pola dancex bnyak main di tangan dan sgt intense. Trus sutradarax sama ama yg nyuting dokumenter nogi. Ada bbrpa angle yg ane suka diantarax yg 360,trus pas bagian dance 2nd,dan adegan pas sluruh mmber bntuk pola mnyudut macam segitiga. Jujur ane g trlalu bnyak komplain utk mv ini, udah ckup sempurna bgi ane. Dan jdul influencer cocok krn y prpaduan musik yg latinx kuat trus dpadukan mv yg macam ini mnrut q gap moenya brhasil. Dan klo misalkan mv nya nurut ama ke-latinan lgunya mngkin akan trlalu brlebihan mnrut q, emg klo lagunya latin mvnya harus latin. Dan di mv ini unsur latinya msih ckup kental kok walopun g diornamen setting misal red lipstik (suka bgt ama bibir para mmber yg merah merona membabi buta :D). Soal kostum, emg sharusx dibuat agak sdkit sexy gtu y krn kesan yg q tngkap dri kostum yg biru ama merah/ungu kokoh tp entahlah maksudx apa,dan untuk stunya dbuat monokrom bagus bgt jrg idol grup yg pke baju biasa tp bgus, dan dlihat2 kostum itu sesuai dg krakter tiap mmber. Ada poin yg bsa dpetik klo ingin kesorot make ur self stand out g peduli ada di baris brp. Tinggal nunggu livenya nih,pngen liat rotasi dance member ama angle kamera yg dpke. Ane brsyukur krna nogi di awal dktakan sbg idol yg g pnya konsep jd mrk bisa mncoba brbagai macam hal kyak gini. Ane harap ini bkal jd single yg mnyenangkan 😀

    Like

    1. Hahaha, untuk pertama kalinya nih 3rd row bisa dapet sambutan sebaik ini. Entah ada angin apa LLC mau push Bebitan sejauh ini. Mereka baca postingan ane pas b’day Bebitan kemarin kali yak 😀

      Ah sutradaranya sama kaya Kanashimi no Wasurekata? Pantes anglenya bagus tapi transisi scene belum memuaskan.

      Kalau live, ini yang paling ane tunggu. Soalnya kompleks di dance yang pake duduk buat diimplementasikan ke live stage. Juga kostumnya, soalnya kalau pake yang di MV ini kok rada gak rela ane 😀

      Put your hands up, say together Bum-bum-bum-bum-bum-bum-bum-bum-bum Influencer! 😀

      Like

    2. Cie si agan kena demam bum bum jg y….:D
      Akhirnya usaha marika smpe kehati ato kantong LLC? 😀
      Sperti yg ane bilang diatas MARIKA IS TRUE GODDESSS, she brings miracle 😀
      3rd row harus brterima kasih ama marika,jrg lho 3rd row dpat sorot macam gni
      Dri intel yg ane dpat sih gtu sutradarax sama ama dokumenter nogi,emg bgus sih hsilx .
      Kalo kostum ane yakin nogi g bakal pke yg di MV,udah bnyak kasusnya. Dpake pun bkal 1-2 kali aja kayak sayoimi kmren. Prediksi ane baju yg dpke di 5BDL kmren yg putih bunga2 brcelana jg.
      Btw agan bkal review coupling song satu2 ato nunggu kmpul dlu?
      Krna igai break keren bgt sumvah!!!

      Like

    3. Ane sih emang dari awal cukup suka, cuma masih nunggu audio yang lebih jernih buat bener2 suka. 😀

      Pilihan center (?) 3rd row emang tepat, apalagi karena pengalaman yang banyak dan karakter yang unik. Selanjutnya ane berharap Ranze atau siapalah yang bisa gini juga di 18th. Atau gak jauh2 deh, Under Center kali ini.

      Kalau Sayonara emang khusus, karena Hadashi, Harujion, Imahana, Taiyou gak ada kostum di MV. Tapi sebelumnya kostum Inochi di MV lumayan sering dipake pas live loh.

      Ane bakal mulai review kalau udah nemu video/audio yang seenggaknya lebih jernih sedikit dari yang sekarang. Tunggu aja di artikel Influencer. 😀

      Like

    4. Udah saatx marika masuk bursa calon center single 18 gan 😀
      Klo utk ranze stand out btuh wktu dkit lg,dia prlu diasah dlu macam marika,asuka,kana,bhkan chima.
      Iya y,ane bru nyadar klo yg mv nya dance based pke sragam mv kyak seifuku manequin dan inochi tp kn itu wktu nogi masih miskin gan,skrg mrk top idol grup lho bolehlah sdikit brharap 😀
      Ane sih bkal dg senang hati nunggu,igai break udah enk apalagi klo dg HQ. Suara misa senpai bisa mrsuk smpe kalbu gan 😀
      Knp nogizaka voice g dbangkitin lg mmpung mmberx masih lengkap. Ane gemes nih ama LLC nogi pnya bnyak unit brkualitas tp y gtu g dseriusin 😦 . Itu unitx ikoma mbok y dgnti nogidan ato unit under lg kek tp syg himetan lg hiatus.

      Like

    5. Center kejauhan, Fukujin dulu lah 😀

      Kalau LLC udah kumat gilanya, siapa aja bisa jadi Under Center, meski gak begitu bagus. Inget Sayu, sekalinya jadi center malah fokusnya di Bebitan & Ashurin? Tergantung push manajemen.

      Inget hukum pertama Sakamichi : LLC itu pelit 😀

      Mungkin besok kalau gak ada halangan, kalau gak salah yang Jinsei wo Kangaetaku Naru juga besok tayang?

      Like

    6. Bisa bgt marika msuk fukujin single dpan tp klo bsa lgs center knp g, siapa tau summer single g lg terkutuk stelah marika nyenter 😀
      Iya besok hari trakhir reveal smua lagu trus mnggu dpan bru mv smua kli y. G sbar pngen liat yg another ghost mvnya coz unit para member pling fashionable dinogi.

      Like

    7. Ane sih menentang airdropped center lagi, kalau yang udah ngerasain Fukujin aja masih mikir2 buat dijadiin center, lah ini Bebitan, makin disapprove 😀

      Lagu Under juga nanti malam?

      Like

  8. Dari dulu, ane paling kurang suka mv yang isinya member cuma nari sama nyanyi doang. Mau gimanapun bagus efek atau koreonya, ane lebih suka kalau ada storylinenya. Mv ini bisa aja sebenernya kalau mau di adain storylinenya, tanpa harus mengurangi scene dancenya. Kalau ane sih pengennya mv influencer ini ngambil tema “battle dance”. Kan di sini kita punya dua center, maiyang ❤ sama nanasayang. Nah, mereka bisa aja ceritanya jadi ketua dari dua group yang berbeda. Terus kan di scene awal mv ini ada tarian yang mereka lakukan bareng, bisa tuh di mv impian ane mereka saling battle nari gilir-giliran(?). Intinya kalau ada ceritanya ane bakal lebih suka! Walau ceritanya itu mainstream.

    Dan soal penampilan member, apa ane aja yang gak suka liat marika rambutnya dipotong pendek gitu? Dia keliatan lebih “berisi” dengan rambut kayak gitu. Duh, semoga aja dia panjangin lagi tuh rambut.

    Terakhir masalah lagu, mimin udah denger lagu under belum? Ane suka lagu under di single ini 😀 Ane juga lumayan suka lagu igai break. Suaranya misa duh bikin ane seneng ngulang-ngulang bagiannya dia ❤

    Like

    1. Kalau dance battle, mungkin cocok dibuat di Under MV, soalnya yang rada hip-hop gitu kan suka ada battle, Johnson side vs center side 😀

      Emang dari segi struktur muka, Bebitan sama sekali gak direkomendasikan pake rambut pendek, pipinya makin gede soalnya. Ini bukan yang pertama kali sih, jadi buat ane biasa aja, edgy dork-nya makin keliatan ❤

      Udah dong, tuh review sementaranya ada di post Influencer (gak pake MV), semua coupling yang udah keluar ane review.

      Like

    2. Ngomong-ngomong soap under,mimin punya kandidat buat center under gak? Ane siapapun asap jangan gen 3. Kasian gen 2 udah lama dianaktirikan dan perlakuan yang diberikan beda banget sama gen 3. Ya meski ada member gen 2 yg langsung jadi center sementara gen 3 gak, tetep aja perlakuan yang diberikan untuk kesluruhan gen 2 gak seistimewa gen . Kecuali dek kuboshi jadi center under. Bisa termaafkan lah 😀 Soalnya dia udah gantiin posisinya dek mizuki jadi official adek ane satu-satunya 😀

      Ya sisi baiknya dia makin keliatan gemesin 😀 Pengen ane cubit pipinya

      Like

    3. Tebakan ane untuk Under Center kali ini antara Aachan atau Miria, untuk kesempatan yang lebih kecil Renachi. Kalau main sedikit bias, Johnson 😀

      Ane rasa Under Center gak bakal Gen 3, mereka udah dapet lagu sendiri soalnya. Jadi udah sama Kuboshi? Selamat berperang dengan para serigala 😀

      Emang Bebitan larinya ke pipi semua sih ❤ ❤

      Like

    4. Atau mungkin double center juga? Makin seru kayaknya 😀

      Kuboshi kan adik min 😀 Gak bakal peranglah ane 😀

      Si mimin pake emot “cinta” segala. Untung ane menghargai calon kakak ipar jadi termaafkanlah 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s