#TBT 2014

Di tahun ini, genap 3 tahun sejak aku pertama devote untuk satu grup di idol scene JPop. Tiga tahun lalu, aku benar-benar berpindah kapal dalam artian I’m officially done dengan 48G, atau harus kukatakan AKB48never really care about XXX48. Tidak, aku serius, waktuku selama di fandom 48G hanya berlangsung satu dua tahun dan itu tidak pernah dengan passion seperti yang kudapat di Girls’ Generation atau Sakamichi sekarang.

Kaze_wa_Fuiteiru_Promo
Let me cheerish this moment

Yep, this sounds nonsense. Tapi apa yang mau dikata kalau aku memang tak memiliki passion? Pindah ke Sakamichi sendiri bukan sesuatu yang mudah, karena lebih banyak sisi negatifnya saat itu. Well, katakan saja bagaimana dulu hanya segelintir saja yang mau komen di artikel Nogi di kos sebelah yang lama. Sejak 2013, aku sendiri hanya memberi komentar di artikel Nogi, mungkin persentasenya 95% banding 5% untuk 48G.

Tahun lalu aku membuat artikel #TBT untuk pertama kali, kali ini temanya masih sama ThrowBackTen, tapi sedikit berbeda karena aku akan menulis 10 momen definitif yang membuatku total di Sakamichi.

Comeback

Aku sudah tahu Nogi sejak 2013, sekitar mereka rilis Kimi no na wa Kibou, tapi belum benar-benar memperhatikan mereka. Pikiran pertama yang terlintas di kepalaku setelah mendengar Kimikibou adalah these girls can sing dan melihat satu-dua episode awal Nogidoko. Setelah berada sejenak di fandom AKB dan merasa cukup dengan banyaknya hal yang membuat capek -keributan di fandom itu sendiri jadi faktor utama- aku memutuskan walk out.

Selain itu, sejak UZA, praktis hanya KFC yang cukup masuk di seleraku. Well, selain itu aku sendiri masih total di fandom SONE saat itu, jadi bisa dibilang cukup cerewet soal lagu. Banyaknya member senbatsu juga menjadi pendukung, terlalu besar dan kurang menarik karena hanya member monster saja yang terlihat. Nah, disaat itu, Nogi memberi alternatif yang menurutku cukup…membosankan.

Ya, saat itu hanya Seifuku no Mannequin dan Kimi no na wa Kibou rilisan Nogi yang kusukai, aku masih belum menggali coupling, ingat. Selain dua lagu itu, bagiku Nogi hanya membawa apa yang dimiliki AKB di masa jayanya. Tapi nostalgia selalu bisa membuka hal baru, dan kuputuskan untuk memperhatikan mereka untuk sejenak sampai momen definitif berikutnya tiba.

Ikoma Rena Things

Screenshot (56)

Surely not typo. Harus kukatakan dikennin-nya Matsui Rena ke Nogi juga menjadi salah satu faktor pendorong yang membuatku ingin mengenal Nogi lebih jauh. Well, Rena selalu menjadi salah satu member 48G yang bisa dibilang cukup kusukai. Di-kennin-nya Rena memang mengejutkan, apalagi di waktu itu aku sendiri baru mencoba mengenal Nogi. Durian runtuh sebenarnya.

Aku hanya tahu Ikoma sebagai semi-perma Center Nogi, tidak lebih dari itu. Jadi kurang lebih aku paham kenapa dia yang dipilih kennin ke Team B. Mengikuti diskusi baik dari forum dalam dan luar negeri, jujur saja aku sendiri sempat tidak begitu menyukai Ikoma, meski tak sampai level haters. Bertahun-tahun menikmati dunia idol, aku belajar lebih dari cukup bahwa tak ada guna menjadi haters.

Nah, dengan masuknya Rena ke Nogi, hal ini menjadi stimulus yang bisa mempercepat minatku pada Nogi, hanya stimulus, tidak lebih dari itu. Tak lama setelah berita di-kennin-nya Rena, Kidzuitara Kataomoi rilis dan lanjut ke momen berikutnya.

Nanase’s Absurd Charm

Kidzuitara Kataomoi menjadi single pertamaku sebagai fans Nogi. Dan keberadaan Naachan sebagai center bagiku saat itu adalah pilihan yang absurd sekaligus anehnya, cocok. Naachan tampil begitu plain jika dibandingkan dengan center dari 48G, bukan hanya dari aura, juga terbantu oleh kostum Nogi.

Well, aku pernah sangat menyukai tipe Naachan dalam diri Han Hyojoo, tapi entah kenapa kesan personal ini di idol group bukanlah tipe yang benar-benar kusukai. Mungkin karena terbiasa melihat member yang berada di posisi ini adalah member yang glamor, melihat yang sederhana jadi terlihat awkward.

Melihat MV Kidzuitara memberikan kesan itu, namun anehnya hal ini terlihat menarik. Bagaimana sosok yang begitu plain bisa memberikan perasaan aneh adalah hal yang tidak pernah kutemui di 48G. Dan bagiku, meski Naachan bukanlah tipikal center yang sempurna -tidak sempurna untuk semua lagu- tapi Kidzuitara adalah titik balik.

Secara pribadi, aku memiliki tempat tersendiri untuk lagu setipe ini, dan penggambaran di MV tidak bisa lebih baik lagi. Lagu ini sedikit mengingatkan akan momen awal-awal GG, hanya saja lebih hangat dan membuatku fix memutuskan untuk mengikuti Nogi sebagai grup baruku di kancah J-Pop.

Dig into Variety

Screenshot (51)

Setelah memutuskan untuk terjun lebih dalam ke dunia Nogi, menjelajahi variety adalah langkah pertama yang kurekomendasikan untuk mengenal grup lebih jauh. Waktu itu aku jujur saja tak begitu berniat mengikuti Nogidoko karena sudah ketinggalan jauh. Yah mungkin hanya akan mencari episode yang sudah di-sub, karena lebih mudah untuk mengikuti.

Waktu itu jangan dipikir variety Nogi bisa ditonton dengan subtitle semudah saat ini. Hanya satu dua fansub yang aktif waktu itu, dan itupun dengan waktu rilis yang lama. Karena itu di akhir 2014 aku bergabung ke salah satu fansub meski hanya untuk waktu beberapa bulan sebelum mundur karena kesibukan dunia nyata. Well, kembali ke variety.

Nogibingo jauh lebih familiar karena mengambil variety flagship 48G yang lebih familiar. Yep, langkah pertamaku dalam dunia variety Nogi adalah Nogibingo, season 2 -gosh that was old one- dan yang mengejutkanku adalah bagaimana setelah 3 tahun Nogi baru memiliki Gen 2, siklus yang amat lambat jika dibandingkan 48G. Hal ini juga membuatku lebih berminat untuk menyelam lebih dalam dan mulai melirik Nogidoko dan lanjut ke poin berikutnya.

2014 Variety Moments

Masih kuingat sejelas rasa rokok pertamaku -it’s bittersweet- tentang episode pertama Nogidoko yang benar-benar kulihat; Episode 130, Akimoto Manatsu Trial. Bagaimana member lain seolah jadi pihak lawan Manatsu sedikit membuatku berpikir “Ah, masa internal Nogi sampai seperti ini?” well, butuh beberapa minggu sebelum aku menonton episode lain dan mengerti bahwa memang begitulah karakter Manatsu.

Nah, momen definitif berikutnya adalah campaign. Bukan campaign untuk single, karena Kidzuitara baru rilis pada Maret. Nogidoko episode 116-117, Nogizaka Talent Showdown, dimana sekaligus menjadi semacam campaign untuk 2014 yang lebih baik. Disinilah aku melihat dan terpikat pada Nogi lebih jauh. Well, aku tak pernah melihat yang seperti ini di acara 48G yang lebih fokus pada hiburan.

Search for The One

maxresdefault (2)

The One yang kumaksud disini bukanlah oshi, tapi sesuatu yang membuat kita bisa menjadi fans. Apa karena lagu? Dance? Image? Ini adalah faktor yang paling penting bagiku. Aku mulai tertarik untuk menyelam lebih dalam, tapi juga harus mempertimbangkan peralatan selam yang memadai kan?

Aku sudah memiliki semua single Nogi, dan karena sentimen kurang enak pada 3 single pertama, coupling pun aku tidak begitu mendengarkan. Hanya Kidzuitara yang kudengarkan, lalu ada Umareta Mama de, dan lagu-lagu yang kumasukkan dalam O Chart Nogi tapi ya masih begitu saja. Well, memang magis tapi masih kurang kuat, jadi apa yang kucari?

Jawabannya datang kemudian, yaitu sama seperti AKB dan GG, tidak hanya satu melainkan banyak faktor, gampangnya adalah gabungan dari semuanya. Ngidol itu untuk mencari hiburan, jadi selama cocok dengan pribadi sih jelas tidak ada salahnya. Aku pun tidak akan mengatai fandom AKB karena semua orang berbeda.

Crush

Nogizaka46 Manga Action 2013.10.15 No.21 01

Faktor penting berikutnya adalah oshi. Tapi mencari oshi sama mudahnya dengan menjadi jerami di tumpukan jarum, sudah susah seringkali bikin sakit hati. Lebih mudah menjadi serigala karena susahnya mencari oshi yang benar-benar cocok. Jika memilih member paling cantik sesuai standar kita sih mudah. Aku sendiri punya tiga orang crush di awal.

Crush yang kumaksud adalah tiga member yang sempat kuperhatikan di awal, tapi setelah menemukan Yumi mereka turun kelas menjadi member yang kuperhatikan tapi tak sampai level oshi. Yang pertama -sudah kubilang aku tahu Nogi sejak 2013 meski sedikit- grad tak lama setelah Kimikibou, dan baru kusadari setelah mencari infonya di 2014. Dua yang lain masih bertahan saat ini, dan sama-sama di Senbatsu.

Memiliki crush membuatku lebih semangat dalam mengikuti mereka, meski semata-mata hanya karena mereka memenuhi kriteria “ideal face” untukku dan bukan dari personality. Aku hanya mendukung mereka karena belum menemukan oshi yang sebenarnya, karena jelas sulit mengingat di 48G pun aku tak pernah memiliki oshi.

Who are You?

Disini, BGM yang terjadi adalah Who are You dari BoA meski lagu ini rilis pada 2015. Ya, aku mendapatkan oshiku yang pertama setelah bertahun-tahun. Sedikit aneh saat memiliki member yang benar-benar kudukung setelah menjadi MD untuk waktu lama. Well, kurasa semua sudah tahu siapa, jadi kujelaskan saja prosesnya.

Well, semua berawal dari variety tentu saja. Memiliki crush tidak membuatku memiliki passion yang benar-benar besar, hanya sekedar magnet tiap kali menonton. Nah, saat menonton hampir semua variety Nogi yang ada -sudah ketinggalan 100 episode lebih untuk Nogidoko- ada satu yang membuatku jatuh cinta; Nogidoko episode 4, itu menjadi momen penting karena ketiga crush-ku tampil dan juga episode dimana aku menjadi Yumi-oshi sampai sekarang.

Aku selalu punya sweet spot untuk cewek yang bisa olahraga atau setidaknya tidak terlihat awkward saat berolahraga. Yumi memenuhi kriteria ini tepat sasaran, ini langkah pertama. Kedua adalah momen di Munekyun Battle di Nogibingo 2 dan Halloween 2012, tipe idealku. Manatsu no Zenkoku Tour 2014 juga membuatku semakin yakin karena Yumi terlihat sangat manis disitu.

Sementara untuk personality, aku merasa mirip dengan Yumi yang serius dan punya minat pada desain. Tapi itu juga tidak menghindarkan fakta bahwa sebelum bergabung dengan Nogi dia terlibat “skandal” yang mana tidak pernah kuanggap begitu karena terjadi sebelum dia bergabung. Well, sedikit sakit tentu rasanya, tapi seperti kata Alex, A true gentleman never leave his lady.

Summers Serenade

Musim panas 2014 menjadi single pertama dimana Rena ambil bagian. Jelas 9th single menjadi perhatian, terutama karena Rena. Untukku sendiri, single ini berarti melihat bagaimana Rena bisa blend dengan member lain, apakah akan cocok atau tidak. Jika melihat Kidzuitara, lagu tipe ini akan cocok dengan Rena apalagi setelah dia ikut perform pertama kali dengan Nogi, terlihat klop.

Nah, setelah semua itu, apalagi Kidzuitara sekarang menjadi lagu idol favoritku, maka harapan yang kugantungkan untuk summer single terbilang besar. Dan hasilnya? Jika tahu intro dari Real Slim Shady, seperti itulah yang berdenging di kepalaku. Terdengar bodoh, lalu percaya dan tidak percaya. Yah, tawa kosong intinya.

Kecewa pasti. Natsu no Free & Easy membuatku ingat kembali pada 3 single awal Nogi. Sesuatu yang tidak mudah kuterima, dan yah, sempat membuatku berpikir apa turbulensi ini sebaiknya dilalui atau dilewatkan? Untungnya aku terlalu keras kepala untuk mundur setelah satu hal mengecewakan. Natsu no akan menjadi pembelajaran yang baik untungnya.

La Sinfonia Perfetta

Yep, a perfect symphony di akhir 2014, tahun pertamaku berada di fandom Nogi. Well, tidak tepat akhir tahun karena jelas bukan itu. Nandome menjadi alasan utamaku bertahan dan itu tidak salah. Saat Ikuchan dipilih jadi center setelah hiatus, aku hanya menanggapi dengan biasa, karena dia sendiri bukan oshiku. Yah, kurasa aku masih terkotak-kotak dengan “oshi” dan “non-oshi” waktu itu.

Namun setelah rilis, Nandome mampu menggeser Kidzuitara sebagai lagu terbaik Nogi untukku. Tak cuma itu, coupling yang disajikan juga nyaris sempurna, semua lagu dari single ini kusukai. Nandome dan segala magisnya membayar tuntas semua momen ragu saat Natsu no Free & Easy. The One sudah komplit; lagu dan variety, dua hal definitif.

Selanjutnya adalah sejarah. Aku menjadi devoted fans Nogi sejak saat itu. Meski aku bukan fans yang akan menerima begitu saja semua yang diberikan manajemen melainkan lebih sering mengkritiknya. Tidak jarang aku terlibat adu argumen di kos sebelah yang lama karena ini. Hal pertama yang menjadi kritik adalah bagaimana mereka menyikapi kejadian akhir 2014, sedikit tak nyaman untukku. Tapi karena sudah memutuskan terjun, hal ini sekedar MSG dalam ngidol.

IMG_20160804_154700

Begitulah ceritaku sejak pertama mengenal Nogi hingga menjadi fans mereka. Artikel ini sebenarnya sudah naik sejak bulan kemarin, tapi karena penuh dengan Sakamichi Review, baru selesai sekarang. Ini ceritaku, apa ceritamu?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

103 Comments

  1. Ane ngikutin AKB itu sekitar pertengahan 2012. Itu pun juga effortless. Bahkan ane juga gak sempet menemukan oshi yg bener2 bisa ane dukung. Mungkin, usaha ane yg paling nguras tenaga itu pas download konser graduation Acchan. Ketertarikan ane malah lebih ke SKE setelah Acchan lulus. Disitu ane juga menemukan oshi. Rena sama Kuumin. Terus ada kejadian grad masal SKE yg membuat ane bener2 stop ngikutin 48G. Disamping itu, ada kepentingan lain yg lebih urgent daripada ngikutin mereka: Daftar Universitas. Praktisnya, ane ngikutin 48G dari pertengahan 2012 sampai awal 2013. Gak sampai setahun. Sesudah itu ane bener2 berhenti ngidol. Karena ane emang suka J-Pop, kadang2 berita 48G juga nyempil di website2 J-Pop. Jadi masih sedikit tahu tentang perkembangan 48G.

    3 Tahun Kemudian 😀
    Ketertarikan ane sama Nogi terjadi di awal 2016. Ane udah tahu Nogi sejak 2012, tapi dulu masih skeptis sama mereka. Dan entah gimana, dengan sekonyong-konyongnya, tiba-tiba ane nemu video KimiKibou di YT yg dibawain secara orchestra. Walaupun vokal mereka gak bagus2 amat tapi itu bener2 memukau. Mulai deh ane download MVnya di youtube. Dan… Their songs is my cup of tea. Ballad ditambah iringan piano itu bener2 ane banget.
    Trus mulai nonton variety nya. Ada perbedaan besar antara variety 48G dan Nogi. Kalau 48G lebih ke arah game, sedangkan Nogi lebih ke talkshow. Jujur, ane lebih suka konsep talkshow kaya gini, karena lebih bergizi dan bisa lebih tahu karakter member.
    Ketertarikan ane mencapai klimaksnya setelah ane putuskan untuk buat akun di s48. Satu lagi perbedaan besar yg bisa ane lihat setelah jalan2 di thread 48G dan thread Nogi. Mayoritas thread 48G itu bener2 mess. Sedangkan di threadnya Nogi lebih damai, walaupun kadang2 ada keributan. Disitu bisa ane lihat, kalau umur belum tentu membuat orang menjadi lebih dewasa.

    Untuk ketertarikan sama Keyaki terjadi di awal 2017. Ane tertarik ke Keyaki karena sedikit mengingatkan ane sama SKE dulu. Lagunya enerjik, penuh semangat.
    Dan utk variety show, jujur variety show mereka di awal2 episode itu ngebosenin banget, baik itu Kakenai atau Bingo. Ane juga belum menemukan oshi yg bener2 bisa ane dukung. Karena biasanya ane nemu oshi juga lewat variety. Tapi lumayan, akhir2 ini variety mereka udah menarik.

    Kesimpulannya, effort ane bener2 lebih kerasa saat ngidol 46. Galau, seneng, semuanya jadi satu. Hal yg hampir gak pernah ane rasain ketika ngidol 48. Mungkin suatu saat, ane juga akan graduate ngidol (lagi) setelah bener2 bosen. Tapi untuk saat ini, ane bener2 menikmati ngidol Nogi dan Keyaki.

    Sorry curhatnya kepanjangan. Udah kaya kata pengantar skripsi aja. 😀

    Like

    1. Hahaha, berarti kembali dari tidur panjang ya? 😀

      Dari dulu ane selalu bilang gini; mungkin thread Nogi lebih adem soalnya isinya orang2 yang udah pengalaman sama fandom sebelah atau dari fandom lain. Ane sendiri masuk yang kedua soalnya pas masih aktif2nya di SONE, sama aja kategori sumbu pendek 😀

      Ane episode awal2 Keyakake sama sekali gak ngikutin sampe rilis SiMa karena urusan dunia nyata+gak pengen ngerusak kejutan. Pas ane nonton lagi, ternyata emang aura newcomer Keyaki masih kuat dan rada nyesel juga sih. Soalnya gak pernah ngerasain sensasi ini di Nogi 😀

      Justru ini yang ane cari, pada terbuka soal sejarah ngidolnya 😀

      Itu Han Hyojoo, ane bakal bilang level cantiknya bahkan sedikit diatas Yumi 😀

      Like

  2. Ane tau grup idol dr yang produk lokal,pas tau yg di jkt cuma sister,dan si kakak ada di jepang,jadilah ane search,akhirnya tau akb.dan mulai baca2 tentang mereka,sekedar suka.sambil ngikutin sambil hapalin nama dan wajah mereka,(yang pertama hapal tentu saja original kami7😆)ane gak cuma suka pd 2 atau 3 member saja,tapi ane suka semua nya,ane suka akb.sempat tau nogi juga,tapi ane abaikan,karena akb aja belum hapal semua.makanya ane cuma ngikutin 48g aja(suka baca kosan sebelah yg lama,tp cm silent reader😆)
    Dimulai dari maeda,satu persatu member monster grad sampai shuffle team,tau sama ikoma,suka,jadi pengen tau nogi.cari tau,dengerin lagu2nya,hapalin nama dan wajah nya,pas liat shakiism,jatuh cinta sama ikoma.
    Anehnya baik 48 atau 46 variety nya gak trll ane ikutin,ane cm ngikutin berita sputar mereka dan mv.ane baru nonton pas ada yg ngesub(ane orgnya males download,jadi terima kasih buat yang udah upload di fb dan youtube😄😄😄).

    Like

    1. Kebanyakan pasti dari lokal dulu baru interlokal 😀
      Kalau yang punya kos sebelah tau deh, kayanya sih sama 😀

      Pas di kos sebelah yang lama, gak pernah main ke artikel Nogi?

      Sebagai mantan subber, pesan ane cuma hargailah yang ngesub, cukup dengan tekan tombol like 😀

      Like

    2. Iya awalnya sih dari hoby nongkrong di warnet pas poker lagi jaya2 nya,seharian (semalaman pun pernah),poker memudar lanjut liat youtube,nonton,tau dunia idol,jadi suka deh.sejak pake tab nongkrong di warnetnya berkurang tapi youtube tetap jalan😆😆😆

      Pernah sih,hampir tiap up beritanya ane baca,tapi ya cuma baca aja,tanpa pengen tau siapa sih ini,ntar juga tau sendiri dari baca komen2 nya,dan tau kosan sebelah ada yang baru pas udah kenal nogi malah.

      Siip

      Oh ya perasaan dari dulu2 tiap kali ada bahasan ‘member yang disukai di akb’ selalu menghindar kalau gak pakai clue doang😆kenapa sih?
      Apa itu alasan menyebrang ke ungu?😆😆😆

      Like

    3. Udah bakat jadi bandar ya dari dulu 😀

      Lah kena sindrom “baca komen dulu baru berita”? 😀

      Ane? Mau dijawab jujur apa jawaban palsu? 😀

      Like

    4. Cuma ikut trend,gak sampai mendalami,sekarang mah cuma bandar cinta buat member😆😆😆masuk #HBD😈 gak nih?

      Kyknya gitu,asyik juga liat para serigala berkumpul memperebutkan buruannya😆😆😆

      Yang jujurlah,yang di nogi sebelum yumi pun ane masih samar

      Like

    5. Banget XD

      Dulu sih mana ada terms serigala. Yang ada karena ya yang kaya situ, main tebar love2 aja XD

      Yang jujur udah ane tulis gede2 tuh diatas bagiah Crush; “di 48G pun aku tak pernah memiliki oshi.” emang ane gak pernah ada member yang begitu disukai di 48G.

      Like

  3. Ane kenal AKB sekitar awal 2014 pas ane sd lah, gara liat mv akb, lupa judulnya, tapi ane inget itu lagu lawas, ane nemu oshi , yaitu Jurina :lv

    Terus ane ga sengaja tau nogi dari blog yang ngereview natsu, disitu ane cuma oh, karena lagunya kurang greget.
    Pas nandome, ane langsung jatuh cinta sama ringo dan nogi :lv

    Like

    1. Wah masih SD tapi udah love2, sasuga para serigala 😀

      Natsu no Free & Easy itu cobaan bener buat ane 😀

      Jatuh cinta sama Sayuringo di Nandome, langsung kebanting ke tanah?

      Like

  4. Ane coba ikutin tulisan miminnya deh yg pake 10 hal walau ane gk tau bakal nyampe 10 apa kagak XD

    Awal ngidol
    Awal terjerumus ke 48G: Semua gra2 iklan minuman sweat pocari nya JKT, trus cari2 tau ttg mereka yg akhirnya bermuara ke AKB.
    Awal Terjerumus/nyari tau Nogi: Gara2 bumbu penyedap rasa “rival resmi AKB” XD

    — ok skrng fokus cerita ttg terjerumus ke Nogi aja —

    Aki-p: “Ikuchan = Acchan” (Iyakah?)
    Awal kenal Nogi ane langsung nembak ke Iku ❤ , pdahal ane yg baru kenal Nogi blum tau nih anak gmn, feeling aja (ceileh), trus baca2 deh ttg dia sampe nemu tulisan yg nulis “Aki-p pernah bilang saat audisi, Ikuchan itu mirip sama Acchan” walau sampe skrng ane gk tau maksud aki-p yg sama itu apanya XD

    Nogi bukan prioritas utama
    Dari awal ngidol n kenal Nogi, Nogi cuma no.kesekian setelah dinasti 48G, mulai dri single sampe variety, ane selalu mengutamakan koleksi file2 48G sedangkan klo utk Nogi, jumlah single, eh single? ane cuma koleksi 2 lagu, ya, lagu, bukan single, Ookami ni Kuchibue wo sama oto ga denai guitar sedangkan variety sama kyk miminnya, cuma download yg dah disub eng/bahasa. mulai dari nogidoko sama nogibingo season1, nogibingo pun gra2 penasaran sama HKTnya dan aroma battle yg ditawarin XD

    Titik balik ngelirik Nogi
    Ngikutin Nogi cuma sebatas kebutuhan bahan buat update blog, dan sampe akhirnya update berita soal single ke-7 mereka, “Barette” dan disitu pas update blog soal MVnya, ane serasa kena genjutsu setiap liat tatapan salh satu member yg ada di MV itu, ya sapa lagi klo bukan sang center, Miona, bahkan sampe skrng, ane selalu gk kuat klo liat area mata Miona ❤
    Lagu Barete juga yg buat ane mulai brusaha ngoleksi file2 Nogi

    Ternyata cuma 4 yg mampu ane tulis Min XD
    Kpla dah berasap aja XD

    Like

    1. Kadal PHP ternyata. Nulis 10 jadinya 4 XD

      Kayanya mata ente emang fix di tipe2 Acchan. Yang mirip jelas pertama visual sih. Cuma anehnya kok gak berlaku sama Zukki ya? XD

      Soal ngumpulin file ini masih berlanjut sampe sekarang?

      Barette ane cuma sekedar sedikit suka sama lagunya. Kalau MV sih sensitif issue-nya makanya gak begitu demen.

      Ini pastinya ada lanjutan kan? Nulisnya mau ikutan 10 kok XD

      Like

    2. Kan ada kata2 “Coba” nya min, klo gk sampe 10 berrti percobaannya gagal XD

      Iyakah visual mirip?
      Ane pikr awal2nya yg mirp itu krakter, eh taktaunya Acchan lebih pendiam klo Iku diam2 menggila XD
      Zukki ya? ane mlh lebih setuju sma yg bilang Akanen agak2 mirp Acchan ketimbang Zukki XD

      Ngumpulin file? masih pak, koujichuu, nobingo, kakenai, keyabingo, dll
      klo dari 48 skrng cuma akbingo sama odekakenya hkt, yg laen bbrp ane download tpi klo mnurut ane gk seru ane delete habis diputer XD

      Hahah, ane suka aja lagunya, joget di MVnya jg unik, sejenis kyk wareta makanya ane bisa suka wareta disaat yg laen “meh” sama tuh lagu n mvnya XD

      “Ini pastinya ada lanjutan kan? Nulisnya mau ikutan 10 kok” <- gk usah bikin beban ke ane deh, dah jelas2 ane bilang kpla ane berasap setelah nulis 4 point tadi XD

      Like

    3. Percobaan gagal apanya, kaya riset antidote buat APTX4869 aja XD

      Kalau ane sih liatnya visual yang rada mirip, apalagi hairstyle-nya sama. Justru malah gak begitu paham kalau Aka yang dibilang mirip Acchan. Jelas cakepan Aka kemana2 lah XD

      Masih rutin sama AKBINGO? Berarti fix emang ada yang diincer dari grup sebelah XD Odekake masih tayang ya? Ane cuma pernah liat pas zaman Sakura masih belum kena make up XD

      Pasti sukanya karena #HBD XD

      Kan masih kepala, jari2 belum. Tanggung tuh sekalian aja XD

      Like

    4. Klo riset antidote buat APTX4869 mah gk gagal, cuma blum 100% efeknya XD

      Aka dibeberap momen emng kelihat kyk Acchan, bentuk matanya, seyumnya, trus pernah dia ketawa ngerutin hidung, dan itu dah jadi ciri kahs Acchan, cuma ya itu, cuma di bbrp momen klo dimata ane. Klo Zuuki paling cuma rmbut, itupun gk mirip2 amat, klo rmbut malah ke Iku miripnya XD

      Iya, AKBINGO maish rutin, selain biar klo ada yg bahas ane ngeh ditambah episode baru2 ini sm kyk nogibingo, sama2 UP generasi baru, akbingo juga lagi UP gen-16 mereka, pengen liat aja masa depan AKb gmn dgn gen baru ini XD
      “Ane cuma pernah liat pas zaman Sakura masih belum kena make up” <- gile lu Ndro XD

      Jgn samakan ane dgn srigala dikosan sbelah yg suka #HBD 😎

      Gk usahlah, ntar pnjang lebar ente pula yg berasep kpalanya,
      ane baca komen agan Ein dibawah aja pham maksud komennya, situ mlah bingung sndiri, bukti kplanya dah mulai berasep XD

      Like

    5. Tenang, kegagalan itu cuma tidak berhasil #CLD *Cak Lontong Detected XD

      Tapi Aka lebih cakep kan? XD
      Gitu ya? Tapi okelah, jadi ente gak ada niat #HBD sama Zukki XD

      Nah, karena situ nonton, ramalan masa depan AKB bakal gimana?
      Ya emang bener udah selama itu, lagian kalau HKT ane gak pernah terlalu merhatiin XD

      Jiah, kabur dari pembicaraan XD
      Mau gimana lagi, bales komen pas nulis artikel itu susah pak, bukan berarti kepala berasap XD

      Like

    6. XD

      Tergantung, Ada momen2 Acchan lebih cakep, ada momen2 Aka lebih cakep, trgantung dempulannya XD
      Gk ada utk saat ini XD

      Sulit ramal AKB, kmarin2 abanyak juga mmeber yg potensi tpi apa daya, trlalu sibuk sama kennin manajemennya XD
      HKT ok juga, diacara odekake gen baru mreka juga nongol dan lebih menjanjikan sejauh pengamatan ane ltimbang gen baru 48 lainnya

      Bukan kabur, cuma berusaha menghindar XD
      Nah makanya ane gk mau nambah2 beban pikiran situ pas lagi nulis ntar XD

      Like

    7. Secara gak langsung ngakuin kalau Aka emang lebih oke XD

      Masih aja masalahnya. Masa dari ane pindah ke Nogi sampe sekarang tetep XD
      Duh, ane gak minat sayangnya mau download acara 48G, kecuali ente kirimin filenya lewat email XD

      Emang kalau punya bini banyak, ngelesnya pasti jago XD

      Like

    8. Loh ane bilang kan ada momen2nya, klo momen Aka yg kyk ngeden di MV Otona ya enggk cakep lah XD

      Ya emng itu kyknya masalh terbesar yg sampe skrng masih menggerogoti XD
      Ya gk usah didownlaod, skedar info aja,
      dikira file2 48g sizenya KB-an apa pake minta dikrim ke email, infra red atau bluetooth aja sekalian XD

      Ini bukan gra2 bini banyak, tpi gra2 bersahabt baik sama debt colector XD

      Like

    9. Itu sih fitnah oleh oknum gak bertanggung jawab XD

      Perlu dirukiyah kayanya tuh engkong pemilik XD
      Ya dikompres dong, dari GB sampe ukurannya KB, terus kirim lewat email XD

      Harus tepuk tangan atau tabur bunga ini? XD

      Like

    10. Klo ingat momen Aka yg itu, selalu jadi hiburan trsendiri XD

      Ntahlah, fans dah jerti2, masih gini2 aja XD
      Tau software yg bisa kompres hebat kyk gitu? XD

      Terserah, mana yg nyman aja XD

      Like

    11. Hahahaha, lagi gk ada ide kala itu, pas pula W-keya no uta lagi hype jadi ya udah pake “no uta”

      Like

    12. Ingtkan diri sndiri sblum mengingatkan org laen XD
      Mentang2 besok libur jgn pikir debt colector jg bakal libur nyari2 ente min buat nagih utang XD

      Like

    13. Cerita hidup yg penuh inspiratif kyk punya ane ini gk akan laku dijual ke tipi,
      mreka hanya butuh cerita yg bikin pusing + rating tinggi XD

      Like

  5. Next month i’ll have my nogiversary 😀
    Ane dlu sih korban arus kpop yg deras itu, tp pas tahun 2010/2011 ane liat mv akb yg hebirote yg melegenda ane jd pnsaran ama mrk tp ane cma tw sbatas mrk idol grup yg anggotanya seabreg. Mw cb cari lgunya yg enak malah bngung sndiri krn saking bnyakx akhirx hilang sendiri kmbali trseret arus kpop. Bru awal tahun kmren hasrat ngidol bangkit,krna ane taunya cma akb ya ane mulai dri sna lagi tp udah mulai tau nama2x yg sbtas kami7 aja sih plus wmatsui. Awal trtarik nogi tau dri akbingo yg battle ama nogi, dlu sih skpetis bgt krn jgn2 mrk cuma modal tampang dan clumsy pda umumx. Tp mv harujion dan adegan almost kissed ikuhoshi yg bikin liat2 mv lainya tp hnya nemu sifukumanekin, guruka dan natsu free easy yg mna msih blum trlalu mrsuk dhati. Tp pas tau kimikibou lgs brubah 180°, this girls can sing sama kyak agan. Dan lg favorite nogi ane diantaranya ada kimikibou, hane no kioku, ima hana, bokuga iru basho, kanashimi dan nandomeno. Bah ballad semua y tp ane rasa inilah warna nogi. Trus ane galih lg soal variety, tp ane dlu cma cari nogibingo krn ane suka dg akbingo pd awalx. Season 1 ah sama kyak akbingo tp pas bgian munekyun ane ikut kyun2 jg :D. Season 2 mulai ketagihan smpe skrg :D.
    Malah nogidoko dan koujichu g ane lirik krn episodex udah trlalu bnyak plus g smua dsub tp lama klamaan krn kehbisan stok nogibingo jd trpaksa ngikutin dan ketagihan jg.
    Soal oshi sperti yg udah ane ktakan di artikel sblumx maunya 1 aja tp ngelunjak jd skrg berangking dah tp yg msuk 3 bsar aja jd oshi lainya favorit aja 😀
    Jd daftarx kyak gni
    1. Nanamin
    2.kapten popcorn
    3.asuka
    4.kazumin
    5.naachan
    Sisanya g ane sbutin krn msih naik trun,klo yg diatas udah paten 😀
    Jd panjang gni…😊

    Like

    1. Hahaha, emang sih kalau mainnya di KPop terus liat JPop itu pasti susah. Ane tau AKB pertama kali karena pernah tampil bareng GG di 2011 kalau gak salah. Kesan pertamanya ya sama, banyak bener membernya jadi pusing sendiri. Cuma akhirnya karena penasaran mulai liatin dan downloadin lagunya ternyata not bad. Ya di masa keemasan AKB semua rata2 lagunya ane suka. 😀

      Kalau yang pertama transisi dari 48G rasanya emang variety rujukan pasti Nogibingo soalnya lebih familiar. Nogidoko sama Kojichuu kalau gak diniatin bener buat nonton pasti kerasa boring banget.

      Kan Nanamin udah pergi, jadi sekarang Capt jadi oshi #1?

      Like

    2. Nogidoko dan nogichu kan konsepx talkshow gtu dtmbah pngetahuan bhasa jepun ane nol besar jd ckup mles dan skip. Tp stlah baca2 blog dan tumblr ttg nogi trus cari episode2 yg mnrik aja dri 2 acara tsb dan lama klamaan jd lmyan paham ama bhsa jepang jd mulai ngelengkapin deh.
      Nanamin tetep jd #1 tp didmensi yg brbeda. Dan emg stlah nanamin prgi yg bsa jd plipur lara ya si kapten popcorn, mana stlah dpet PB makin bhaya aja level ke-fabulous-annya. Udah liat fto trbaru kapten yg di up dblogx kmren?
      Beuh itu jawlinex,,,,😍
      Nah fangirling ane kumat kan…😅

      Like

    3. Ane pas mulai serius merhatiin Nogi, grammar Nihongo masih kacau. Kebanyakan main di negara tetangga sama dimanjain eng sub acara AKB sih. Pelan2 dulu akhirnya kemampuan yang lama sedikit balik 😀

      Ane belakangan ini jarang blogwalking. Kebanyakan yang mau ditulis sih 😀
      Btw ada link fotonya Lord Kotoko gak? Ane males nyari di archive file yang belum ditata 😀

      Like

    4. Sama,ane juga pas kenal nogi jd intens ama jepun. Pdhal dlu pas diehard fans kpop ane cma ngerti saranghae ama pabo aja 😀
      Wah syg bgt,pdhal yg ini lg hot2nya 😍https://pbs.twimg.com/media/C-VqectUQAA-Rn_.jpg
      Mw fto lord ktk yg macam apa?
      Biasanya sih ane dpet dri blog dy ato g di fb nya itou kanarin. Lgian pose lord ktk itu udah paten, eh tp ane prnah tau fotoshoot dy dmjlah apa ane lupa jd cantik bgt beda image kyak biasanya. 😀
      Jd inget omongan si marika, dasaranya lord ktk itu udah bagus,tinggal otak atik dikit bakal smpurna 😀

      Like

    5. Kosakata wajib kalau itu mah 😀

      Oh kalau yang ini sih ane tau, dari tadi pagi keluar berkali2 di TL twitter ane 😀

      Kalau ditanya maunya kaya apa, ya bingung juga ane, wong Kotoko kaya patung lilin begitu 😀
      Ane dulu ada loh foto Kotoko yang bagus, cuma karena udah lama, makin terbenam di folder “foto gak kesortir” makanya males carinya 😀

      Like

  6. Ih ada post baru ternyata. Ikut komen lagi ah. Ngeramein. 😁

    Sama dong. Pertama kenal Nogi karena Kimikibou. Ngeliat PVnya kayanya beda bgt sama AKB. Selain itu, seifuku Nogi yang macam seragam madrasah juga bikin tertarik.

    Langkah pertamaku dalam setiap memasuki fandom baru adalah… cari siapa yang paling cakep. ☺
    Mampir ke laman Member Profile di website dan naksirlah sama wajah ngegemesinnya Hoshino Minami. Waktu itu sih belum bisa dibilang oshi karena sekedar suka karena dia kelihatan lucuk.
    Setelahnya aku baca-bacain thread S48 dan coba ngecekin lagunya di YouTube yang naudzubillah susah banget dicarinya. Begini amat mau ngefans.

    Aku memutuskan untuk benar-benar pindah kapal di era Barrette karena:
    1. AKB itu berdirinya udah cukup lama dan aku nggak sanggup utk catch their things up, dan
    2. Barrete lagunya enak banget dan MVnya aneh puol alias ga nyambung, tapi justru itu yang bikin aku suka.

    Di era Natsu no, aku ngumpulin tekad buat nyari oshimen yg beneran oshimen. Rencanaku milih yang rada underrated. Ngeceklah foto profil gen 2. Tertarik sama komuknya Junna dan Kotoko. Cuma karena Junna dulu lumayan disenengin org-org di awal, pilih Kotoko aja deh. Nyari infonya di S48, ngumpulin foto dari Google Images, ngikutin blog… sampe tahu-tahu… jatuh cinta deh.

    Kalau Kidzuitara adalah single turning point Sensei, maka Inochi wa Utsukushii adalah single turning point aku. Lagu serius dengan lirik kuat dan koreografi yang beda dari biasanya. Di single ini juga aku mulai bisa menerima Naachan sebagai center. Pas di Kidzuitara sama Natsu no sih aku cenderung ga suka.

    “Because I was born into this world
    No matter how hurt I get
    I should stand up again”

    Aku mendapat tugas dari sekolah untuk membuat poster dgn tema suicidal dan penggalan lirik itu aku jadikan semacam tagline di posternya. Entah dapat nilai berapa, tapi aku pribadi cukup puas dengan hasilnya huahaha.

    OOT sedikit. Aku selalu merasa kalau lirik Keyaki itu identik dgn menentang orang dewasa, sementara lirik Nogi itu tentang menjadi dewasa. Iya nggak sih? Lirik Keyaki itu encouraging, sementara lirik Nogi itu… lebih ke… apa ya, membuat kita lebih memikirkan hidup? Entahlah. Buatku lirik Nogi lebih relatable.

    Oke, lanjut.

    Mmm, sejak itu aku jadi lebih aktif ngikutin Nogizaka as a whole group. Mulai nontonin varshownya (walaupun agak ngebosenin tbh), ikutan live streaming, belajar download torrent file (untuk yg pertama kali dlm hidup; dasar udik), bikin Twitter khusus untuk ngidol, dan sampe minta temen downloadin seluruh discographynya Nogi sebagai hadiah ultahku. Mager download soalnya. Cewe SMA lain kalo ultah dpt baju atau dompet atau apalah, aku malah dikasih flash disk. 😅

    Sebelumnya aku pernah ada di fandom 2NE1 dan AKB. Sekarang juga suka beberapa grup idola Jepang lain… tapi memang cuma dengan Nogi aku bisa ngidol pakai hati. 💜 Cielah.

    Like

    1. Oshi pertamanya Hoshimina, sekarang sama Lord Kotoko? Bisa jauh gitu ya 😀

      Ya di tahun itu Junna digadang2 bakal jadi Gen 2 ketiga yang bakal senbatsu, ane juga sempet tertarik sih, cuma karena ekspesi Junna terlalu judes jadi pass deh 😀

      Sebenernya, Kidzuitara itu bukan turning point, Nandome yang turning point. Kidzuitara jadi stimulus pertama, Nandome jadi stimulus permanen.

      Kaya yang ane bilang, Naachan punya charm yang rada absurd dan bukan ideal semua orang. Inochi ane liat Naachan yang beda, dan itu cuma jadi nilai plus buat ane dan Naachan sedikit lepas dari image Han Hyojoo.

      Hahaha, emang soal variety, Nogidoko sama Kojichuu jelas bukan selera semua. Kadang absurd banget, tapi kalau pas gold ya bagus banget. Ane masih dalam proses ngumpulin lagi semua episode Nogidoko yang ilang nih, jadi samar2 ingatan ane padahal banyak momen yang mau ane tulis 😀

      Ngidol pake hati ini baru ane dapet dua kali, GG & Nogi. Sekarang2 rada demen TWICE tapi belum kepikiran buat lebih jauh 😀

      Like

    2. Banting setir banget ya. Emg ga jelas seleraku.

      Hooo. Kalo gitu berarti Barrette stimulus pertamaku dan Inochi yg stimulus permanen!

      Waktu itu inget bgt dia nyenterin Inochi di 3rd BDL dan that moment I admitted she deserves the spot.

      Aku juga ga terlalu inget momen-momen di Nogidoko sih. Bahkan pertama kali nonton yg mana aja lupa. Yg ada Nanamin danso pokoknya. Episode Summer Love Grand Prix atau apa gt. Lupa.

      Berarti Sensei ini sampe skrg lumayan ngikutin Kpop juga ya?

      Like

    3. All hail Lord Kotoko 😀

      Naachan emang punya charm model begitu sih. Kalau misal dia ada di grup tetangga, paling cuma bakal berakhir jadi penghuni theater. Gak sedikit juga yang gak begitu suka Naachan pas dia pertama jadi center soalnya kesannya terlalu plain kalau dibandingin sama Maiyan.

      Yang Nanamin dapet skit sama Maichun itu bukan?

      Masih sedikit2. Tapi paling sering jelas variety K yang tiap minggu nonton. Kalau idol cuma sesekali aja. 😀

      Like

    4. Masih ada di

      Naachan emang punya charm model begitu sih. Kalau misal dia ada di grup tetangga, paling cuma bakal berakhir jadi penghuni theater. Gak sedikit juga yang gak begitu suka Naachan pas dia pertama jadi center soalnya kesannya terlalu plain kalau dibandingin sama Maiyan.

      Yang Nanamin dapet skit sama Maichun itu bukan?

      Masih sedikit2. Tapi paling sering jelas variety K yang tiap minggu nonton. Kalau idol cuma sesekali aja.

      Like

    5. Eh maap komen sebelumnya kepencet 😦

      Masih ada aja yg manggil dia Lord 😁

      Naachan mantapnya nyenter spring single ketimbang summer mah

      Waduh, lupa juga. Pokoknya Nanamin dandanannya kaya salaryman gitu. Ada Maiyan dapet peran jd cowo juga kayanya

      Like

    6. Hahaha pantesan kok pas pertama baca “kaya pernah nulis begini” 😀

      Masih dong. Sekali Lord tetep Lord 😀

      Setuju. Ane pernah bilang Naachan selalu jadi pilihan pertama untuk jadi center spring, kalau fall ane lebih suka Ikuchan. Kalau summer jelas Misa 😀

      Iya bener berarti yang pas dia skit bareng Maichun. Episode musim panas itu.

      Like

    7. Abis baca komen-komen lain.. Katanya mau bikin artikel tentang Kotoko ya? Wuah~ ditunggu loh

      Summer kali ini masih jagoin Misa? Masih hot-hotnya nih abis ngeluarin PB huahaha. Ntar MVnya bukan di pantai, bukan di kolam renang, tp di bak mandi 🙈

      Like

    8. Iya nih, tapi malah banyakan cerita soal sejarahnya daripada Kotokonya 😀

      Kalau prediksi sih, ane harus nunggu sampe album ketiga rilis dulu baru bisa nebak siapa yang bakal jadi center.

      Like

  7. 2009, ane masih ingat jenuhnya bangku perkuliahan.dan tahun dimana ane banyak berpetualang waktu itu. Untuk petualangan dumay, ane masih ingat demam AKB dan SNSD sedang mewabah di indo waktu itu. Jadi yah, itu awal mula ane terjerumus.

    Ane jadi bingung bagian lanjutannya. Udah uzur.. 😀

    Untuk Sakamichi, ane termasuk yang Keyaki first karena 5 sub pertama Keyakitte Kakenai, Nogi kyknya ane pernah cerita disini. Is it?

    Beneran jadi pelupa gini ane. 😀

    Like

    1. Kalau GG di awal 2010 emang bener mulai wabah disini, cuma kalau AKB ini yang ane rada lupa2 inget. Ane taunya mereka itu dari salah satu member duluan sih, itu yang demen gravure 😀

      Ini kok ane rada gak nyambung ya sama paragraf keduanya? Keyaki first? 5 sub pertama Keyakake?

      Like

    2. Ane waktu itu kecantol Ono Erena, tapi ga bener2 oshi juga. Ane mana tau konsep begitu dulu. 😀

      Ah, kebiasaan jelek ane menyingkat kalimat. Ane tau Nogi, tapi yah seperti mimin, ane ga tertarik.
      Justru Keyaki yang pertama2 menarik perhatian ane, bukan karena Saimajo, tapi karena 5 episode perdana Keyakake sudah disub. Ane kemudian mikir, kenapa ane ga gunakan grup ini untuk mengasah skill translate dan subbing ane? toh ane sudah pernah jadi timer amatir. Nanti ilmu-nya bisa ane gunakan jika suatu saat SKE punya variety show(lagi).

      Ane masih belajar sekarang. Belum pede ane ngesub sendiri. 😀

      Like

    3. Wah kalau Ono Erena sih, pasti #HBD 😀

      “Grup ini” itu maksudnya Ikudon? Agan gabung sama Ikudon? kan mereka yang sub 5 episode pertama Keyakake?

      Like

    4. Jujur iya, ane masih beringas waktu itu. Ono grad, ane merasa K sudah mapan, ane pindah ke Yagami Kumi. 😀

      Bukan, ane ga join Ikudon, ane cuma ambil sub Ikudon buat bahan pelajaran-nya, sama ane juga ambil sub dari sumber lain untuk referensi. Tau sendiri sekarang Keyaki(dan Sakamichi) punya banyak fansub dibanding grup lain.
      Jadi kalau pingin belajar, yah ane mesti melipir sedikit mempelajari Keyaki juga.
      Eh, malah kecantol Nagasawa Nanako. Jadi ane diantara SKE dan Keyaki skrg, wkekkwkkw.

      Like

    5. Pilihannya bahaya. Ane gak tahan kalau liat mata Kuumin lama2 😀

      Oh kirain 😀
      Ya sekarang fansub Sakamichi lagi menjamur. Tapi yang begini ini musiman sih, sama kan kaya dulu 48G. Nama2 veteran kaya IkomaSubs & Ikudon udah rest in peace sekarang T.T

      Nah ini, ane mau angkat lagi artikel impresi pertama member dan gimana mereka berubah, cuma masih rada takut sama Nanako oshi yang pada berbahaya soalnya dulu ane nulis rada jelek soal dia 😀

      Like

    6. Ha! 😀
      Bisa dibilang Kuumin jembatan ane ke SKE, dan bisa dibilang karena itu ane belajar bahwa “Ada beberapa teman, eh, fans yang bisa berubah 180derajat ketika lu mencoba explore ke luar zona nyaman.”
      Ane ga sedih2 banget. Ane ga butuh juga orang yang terkotak2 begitu.
      Cuma pas Kuumin grad, nyos, sedih ga cukup buat menggambarkan perasaan ane. 😀

      Dulu SKE juga banyak fansub(Klo ini ane sempet terlibat sebentar, ga akan ane sebut fansub apa). Jadi ane paham.
      Beda sama fans musiman, fansub itu proyek yang berat, jarang dihargai, sering dibajak. Apalagi yang indo sub.

      Well, good luck aja. Anggap ane udah baca apa itu yang rada jelek, wkkwk 😀

      Like

    7. Hahaha, ane juga pernah diliatin aneh soalnya dari emo nyebrang ke GG, tapi cuek aja lah 😀 Masih mau temenan, take it or leave it.

      Duh kalau semua problematika itu ane juga pernah ngalamin, pokoknya tai bener lah kalau kena yang begitu. Gak jarang konflik sama pihak lain, padahal kalau minta kerjasama sama fansub luar tuh susah eh main dibajak, diduitin pula 😀 #malahcurhat

      Hahaha, mau lanjut tapi karena udah janjiin artikel Lord Kotoko, mungkin yang ada Nanako bakal rada lama 😀

      Liked by 1 person

  8. Kalau saya sih karna dari awal memang suka sama musik jepang,dari th 2006..
    Awal suka musik jepang karena Laruku,tapi kenal sama idol group sktr 2011 itu jg gak sengaja lewat di yutup..
    Wah apa ini,banyakan,pada cakep dan seksi pula(lihat heavy rotation versi lingeri 😀 )..cari2 info,ternyata grup itu,tp lagu2’y gak bnyk yg di ikuti kecuali yg pas dikuping musik’y,yg di ikuti’y cm variety bingo doang(itupun kl sempet) krn menghibur,masalah mp3 cm dikit yg dimiliki,MV gak ada satupun yg dikoleksi dr grup itu krn gak dpt member yg bisa di sayang seperti di Nogi 😀
    Awal kenal Nogi pas lihat MV Seifuku no Mannequin,awal’y saya kira itu grup plagiat krn belakang’y sama2 pake angka,ternyata setelah di cari tahu mereka adalah “rival”..dan pas lihat yg nama’y Nanamin lgsg cinta pada pandangan pertama, sampai sekarang walaupun sudah ” tiada” 😀
    Krn Nanamin lah yg narik saya jd suka Nogi sampai saat ini,semua yg berbau Nogi yg ada link’y(mklm rakyat jelata) akhir’y saya koleksi 😀

    Maaf min kepanjangan 😀

    Conan salamin buat pemilik kosan sebelah ya 😀

    Like

    1. 2006, generasi lawas juga nih gan? Ane di tahun itu malah udah rada2 lepas dari Laruku 😀

      Hahaha, Hebirote for life 😀 Semua yang kenal AKB pertama kali pasti yang diinget itu Hebirote. Cuma ane waktu itu lagu kuat2nya di fandom SONE sih, jadi nonton AKB kalau pas kumat hasrat buruknya 😀

      Awal kenal Nogi dari Seifuku no Mannequin, kalau jatuh cintanya gan? Di masa2 itu juga atau time skip kaya ane?

      Like

    2. Kalau saya sampe skrg gak lepas dr Laruku 😀

      Ya kl gak ada lagu hebirote,mungkin saya gak akan tahu cepat tentang idol 😀
      Kebanyakan hasrat buruk 😀

      Kl sama Nanamin sih saat itu juga,cuma kalau sama Nogi pas single ke-5 krn mendalami dulu lewat variety2 😀

      Like

    3. Rada lepas maksudnya lebih condong ke musik lain 😀

      Sayang sekarang biar ada yang begitu magisnya udah gak dapet lagi 😀

      Wah lebih senior dari ane 😀

      Like

    4. Musik lain?k-pop kah?soal’y srng lihat2 bahas k-pop 😀

      Bukan gak dapet lagi kalo saya,tp dah kurang minat,diluar lebih grup tsb bnyk yg lebih magis 😀

      Gak ah min,biasa aja gak senior atau apa,jg blm tentu yg agak dah lamaan dikit pengetahuan’y lebih bnyk 😀

      Like

    5. Di tahun 2006 itu emang pertama kalinya ane kenal KPop sih, tapi musik yang bener2 ane ikutin di tahun itu eranya musik rock 😀

      Hahaha, Sakamichi termasuk kategori magis berarti? 😀

      😀

      Like

    6. Pantes sering #HBD mainan’y K-Pop,yg GB2’y lebih nonjolin keseksian,gak sreg kl saya mh 😀

      Sakamichi magis’y kuat,terutama Nogi kl buat saya..walaupun sudah ditinggal oshi utama ttp suka sama mereka,untung’y ada yg ke-2,ke-3 dan ke-yg lain’y 😀

      Like

    7. Kalau saya sih lebih suka sama taiwan,sempet beli kaset sama cd salah satu group musik dr taiwan yg jd ost drama yg basket2 😀

      Gak lah,jgn dsbutin yg ke-2 ke-3 dst,nnti ketahuan sosok asli saya 😀

      Like

  9. Baca artikel sama komen-komennya bikin mikir: Kok bisa sih mereka ingat secara mendetail gitu awal mula ngidolnya? Expert banget.

    Kalo ane sih agak samar-samar.

    Akhir tahun 2016. Mungkin urutannya seperti ini:
    – Kehidupan sekolah yang membosankan
    – Hidup yang gak ada artinya
    – Gak tertarik ngelakuin apapun
    – Lalu nyari hiburan di yutub
    – Nonton dokkiri dan danso AKBingo
    – Baca-baca artikel tentang AKB
    – AKB = gravure (eksploitasi wanita)
    – Jadi kasihan ngeliat member AKB
    – Ternyata mereka sedang memperjuangkan kehidupannya masing-masing
    – Baca artikel tentang skandal
    – Jadi tambah kasihan, ternyata ada aturan golden rule ya namanya?
    – Terlibat skandal = di-bully dan botakin rambut
    – Baca artikel tentang kehidupan masa lalu Matsui Jurina
    – Jadi suka sama Matsui Jurina
    – Baca artikel tentang Ikoma-chan yang di-bully
    – Jadi suka sama Ikoma-chan
    – Ikoma-chan ternyata member Nogizaka46
    – Nonton Nogidoko, yang Christ event
    – Danso Ikoma-chan, ganteng ^^
    – Danso Nanamin, ganteng ^
    ^
    – Baca artikel tentang kehidupan masa lalu Nanamin buat bertahan hidup
    – Jadi suka sama Nanamin
    – Danso Wakatsuki, ganteng ^_^
    – Baca artikel tentang kehidupan keluarga dan skandal Wakatsuki
    – Jadi suka sama Wakatsuki
    – Shiraishi di-bully di sekolah
    – Nishino di-bully di sekolah
    – Asuka gak punya temen di sekolah
    – Dst

    Meski begitu, ane gak punya oshi 😀

    Awal 2017. Kenal sama Keyakizaka46 dan suka karena:
    – Ozeki Style ^_^
    – Jibun history Hirate: Techi gak suka dengan masa lalunya, bahkan gak ada foto masa kecilnya sama sekali
    – Jibun history Shida: Mona suka berpergian sendiri
    – Mona gak suka dibilang kawaii
    – Mona bisa menjadi dirinya sendiri dengan pola pikirnya yang menurut ane berbeda dengan yang lain

    Di sini pun gak punya oshi 😀

    Gak punya oshi karena:
    – Takut jadi hentai kayak Ikoma-chan
    – Takut jadi mania kayak Nakada Kana
    – Takut jadi Oda Nana yang suka sama Yuipon

    Like

    1. Soalnya kalau bener2 suka sama sesuatu, biasanya emang inget secara detail sis. Tapi ane bikin artikel ini juga makan waktu berminggu2, rada susah buat ngurutin momen mana yang duluan 😀

      Kalau dari 2016 berarti udah nonton dong dokumenter Nogi? Soalnya beberapa poin yang sis sebutin itu adanya cuma di dokumenter.

      Kalau di Keyaki semua bahas Mona, berarti Mona Oshi dong? 😀

      Hahaha, kalau punya oshi pun, gak bakal jadi kaya trio weirdo freak ini, mereka sih memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan 😀

      Like

    2. Ternyata tulisan ini dibikin sampe berminggu-minggu. Sugoii.. Penulisnya tipe-tipe majime sih ya 😀

      Iya, nonton dokumenter yang ending-nya Hori potong rambut.

      Gak, gak, pokoknya gak mau punya oshi 😛 Barusan nonton Keyakake, Oda Nana kowaii ≥﹏≤

      Like

    3. Semua artikel biasanya emang butuh berminggu2 kalau buat ane, kecuali buat Sakamichi Review/prediksi & review Senbatsu 😀

      Disitu Miona ditunggu2 ternyata cuma muncul di endingnya 😀

      Hahaha, emang kalau suka Mona itu bahaya, lama2 terjerumus makin dalem. Ini anak mulai keluar gilanya soalnya 😀
      Dana emang rada yabai, tapi ane gak nyangka seobsesif itu sama Yuipon 😀

      Like

  10. Mbah satu ini ternyata veteran Idol. Bravo! XD
    Kalo ane sejarahnya gini.
    – Kenal YouTube gara-gara mau cari videonya Matsumoto Hitoshi – Haunted Hotel Batsu Game. Terus nemu channelnya PewDiePie dan Good Mythical Morning.
    – Keranjingan PewDiePie dan Good Mythical Morning. Bosen, cari hiburan lain.
    – Nemu varietynya Morning Musume, yg kelas bahasa Inggris.
    – lama ga nonton, pengen cari variety Momusu itu, nemunya Akbingo 106 (mungkin) muchaburi dodgeball, ada Takamina, langsung suka. Terus nonton dan gali terus varietynya 48G, termasuk sister grupnya dan suka sama grup ini. Pernah tagihan internet lebih dari sebulan gaji gara2 ini. XD
    – Mulai cari lagu 48, ternyata ga banyak yg cocok, jadi fokus ke varietynya, dan jadi ngefans HKT.
    – Males dengan 48G karena Chiyori ditransfer. Mulai cari tahu grup yg katanya rival. Sebelumnya, haram bagi ane untuk liat foto, denger lagu atau nonton acara grup idol lain. 😀 Nemu fotonya Maiyan yg kata mereka diforum, cantiknya luar biasa. Bagi ane, biasa aja. 🙂
    – Coba cari lagu Nogi, ketemu Seifuku. Perasaan ane, gila enak banget! Perpaduan dua musik yg ane suka, EDM dan petikan gitar akustik. Mulai tertarik Nogi.
    – Cari variety, nemu Doko. Pas perkenalan member ep1 dan 2, satu member langsung menarik hati ane. Wakatsuki Yumi. Ada yg lain dari dia. Tambah suka pas ep3, dia dan persendian jempolnya. Ah, sisi koplak dan anehnya ada nih anak. Ini dia Oshimen ane. Terus, sama juga dengan mimin, terpesona pas ep4. Bukan karena bisa olahraganya, tapi kegilaannya. 😀
    – Tambah terpesona dengan Yumi pas double dutch. Double dutch ini juga yg bikin ane tertarik sama lagunya Nogi lebih jauh. Cari tahu berdasarkan lirik di BGM double dutch itu, dan nemu Sekai de, tambah suka Nogi. Sekai de masih jadi salah satu lagu Nogi favorit ane sampai sekarang. Makin sayang Yumi saat dia beatbox, robot dan hashikun. 😀
    – Pengumuman grad Takamina, ane langsung full ke Nogi.
    – 2015 akhir baru nemu dan jadi silent reader di kandang serigala.
    – Awal 2016, MasToppu, pecinta Yumi, lahir. XD

    Bisa dibilang, alasan awal ane bener2 ngidol Nogi adalah lagu. Dan sama sekali ga menyangka bisa tertarik sama lagunya idol, karena dengerin lagu idol korea yg adek ane suka, bikin pusing. Ane lebih ke musik funk, retro 80-an, dangdut retro, simple EDM atau jazz. Jadi ini anomali menurut ane. Mungkin saat itu ane stress berat. XD
    Lalu, sosok Yumi setelah itu penampilan mereka terutama kostumnya. Minim gravure juga salah satunya. Plus, mungkin umur ane yg ga remaja lagi. Kostum dan tingkah keimut-imutan macam 48G kayaknya ga pas lagi buat ane, meski sekarang ane demen banget sama member Nogi paling imut sejagad (Riria). XD

    Like

    1. Itu dari PewDiePie sampe tembus AKB butuh waktu berapa tahun prosesnya? 😀

      Ternyata dulunya fans HKT, pasti darah serigalanya mulai keluar di waktu itu! Kebanyakan nonton loli sih XD

      Bentar ane rada bingung sama timeline, Takamina grad tahun berapa sih? 2015 kan?

      Tergantung sih idol Korea yang diliat yang mana dulu 😀

      Umur situ gak remaja lagi? Ane pun percaya kalau dibilang udah gak ‘dewasa’ lagi 😀

      Like

    2. Beberapa bulan mungkin. Karena ga nonton TV Indo, hiburan ane cuma itu, dan karena terus2an bosen juga akhirnya. 😀

      Ga lah. Ane ga seperti serigala yg tebar lope dimana2. Di HKT cuma Meru aja. 🙂

      Ane mulai ngidol 2015 mungkin. Jadi waktu itu Takamina udah umumin grad, dan baru tahu setelah itu, dan males ikutin 48 lagi. XD Beberapa tahun sebelum ngidol, ane lupa apa yg ane lakuin. 😦

      Secara grup, ane kurang cocok. Tapi, kalo membernya, ada yg ane suka, macam Suzy atau Eun jung. Lagunya banyak yg ga cocok juga, itu yg jadi alasan utama.

      Mungkin juga sih, ane yang paling dewasa disini. XD Tapi apalah arti umur, Idol buat ane semangat hidup lagi. 😀 🐺

      Like

    3. Ane cuma sesekali liat PewDiePie, bukan selera ane sih meski sering digerecokin sama temen yang doyan bener liatnya 😀

      Cuma bisa begini pas situ ngomong “ane gak seperti serigala yg tebar lope dimana2” https://goo.gl/N245vR

      Pasti ada di dunia hitam sampe lupa XD

      Nah, ini ciri serigala banget, cuma liat satu member XD

      Antara situ sama @Ein kali. Oh kelupaan Anakamirikaru the Elder XD

      Like

    4. Ane ga sengaja, lumayan buat hiburan. 😀

      Kan pas ane ngefans HKT, ane cuma silent reader, jadi ga tebar2 lope dong. Dan, pas mulai coba komen, lope ane juga buat 2 bini dan adek2 ane aja. 😀

      Betul! Idol yg menyelamatkan ane. 😀

      Weduh, ingat azas praduga tak bersalah dongh, jangan asal tuduh. Ane tahunya kalo mereka grup idol setelah cari2, karena penasaran sama pemerannya Dream High. Jadi, bukan serigala dong. 😀

      Kadang ane berpikir, kalo mereka yg remaja, ngidol, gimana mereka menganggap Oshimennya, ya? Apa macam pacar atau pengen jadiin istri? Ane sendiri, ngidol cuma buat kawaii-kawaiian aja, sama member. Jadi penghilang stress juga, dengan jadiin member bahan delusi. 😀 Lebih baik, kan, daripada mabuk, drug dan hal negatif lainnya. 😀

      Like

    5. Youtuber favorit ane cuma mencakup reviewer, dari DetroitBORG, Saabkyle04, TLD, atau yang model2 DIY 😀

      Berarti di HKT ada bini & adek juga kan? SRGL 😀

      Asal gak jadi jatuh cinta sama Kim Soohyun aja setelah nonton Dream High. 😀

      Kalau U-20 sih biasanya itu mendewakan. Pasti ini mah, masih berdarah panas, ngerasa idolanya paling bener, dan yang lain itu jelek. Yah, tau sendiri lah. Hukum alam berbicara.

      Like

  11. Ane kenal akb sejak 2011, awalnya karena temen kelas di sma ane bawa majalah jepang yg ada ignya. Ignya bukan akb wktu itu dan kostumnya pake bikini yg ada bunga-bunganya 😀 Karena penasaran sama ig itu, ane coba cari tau. Nah, pas nyari tau ig ituane nemu ig yg lagi booming namanya akb48. Pas ane cari lagi, mereka cakep-cakep. Ya udah ane ngidolin mereka. Ane ngefans sama acchan cuma pindah ke paru gara-gara dia lebih lucu aja dari acchan. Seinget ane, pas rh 2012 yg nogi juga perform disaat itu ane kenap nogi. Membernya cakep-cakep juga 😀 yg paling ane suka ringgo, soalnya dia yang ppaling cakep menurut ane. Cuma ngidol ane ke nogi gak kyk akb. Pas masuk kuliah, ane sibuk banget jadi gak sempet ngidol dan hiatus sampai 2015. Dan pas tau ringgo kena skandal rasanya sakit banget 😀 ane waktu itu jadi bodoamat sama nogi. Cuma,karena akb ngebosenin dan paru mulai hiatus, ane mencoba menyukai nogi lagi dan cari tau member lain. Di situ ane ketemu maiyang sama nanasayang. Cuma karena maiyang lebih cakep, nanasayang masih sekedar suka doang. Nah pas marathon nonton varietynya, ane ketemu si pipi temben yang imutnya luar biasa, yaitu marika cinta. Begitulah ngidol ane sama nogi.

    Kalau keya, ane baru suka banget pas nonton drama tokuyama. Disitu juga ane kena karma ke risa. Jujur aja ane dulu salty banget sama risa. Dia kayak gak niat banget hidup 😀 Cuma namanya juga takdir akhirnya ane dan risa hidup bahagia bersama…

    Like

    1. Dari Acchan ke Paruru, ‘korban’ juga nih kayanya 😀

      Ciah, kena karma sama Risa. Makanya jangan asal misjudged dulu sama member 😀

      Like

    2. Waktu itu ane murni karena paru lebih asyik dan lucu keliatannya dari acchan min 😀

      Ane gak suka aja dulu risa sering banget dipush padahal menurut ane dia gak niat jadi idol. Cuma bener kata bijak, “Jangan terlalu membenci seseorang dan jangan terlalu mencintai seseorang…(ane lupa lanjutannya :D)”. Makanya bagi yg terlalu gimana sma member, hati-hati kena karma :p

      Like

    3. Gak melibatkan #HBD kah? 😀

      Ah, buat ane karma itu cuma karena ekspektasi yang meleset pake banget. Bertahun2 ada di dunia ngidol ane rasa udah gak ada lagi yang bisa bikin kaget 😀

      Like

    4. Ane mah murni karena cinta min. Kan ane bukan… Ah sudahlah mimin juga gak bakal percaya 😀

      Ya ane tau mimin udah banyak pengalaman, udah sepuh kayak yang punya kandang serigala :p

      Like

    5. Ya track record situ yang bikin ane gak percaya 😀

      Jadi tua banyak untungnya, ane udah liat dan ngalamin berbagai fase, jadi ya sekarang masa tenang 😀

      Like

    6. Ini masih dalam konteks ngidol kan? 😀

      Pengen ikutan ujian2 lagi malah. Mending cuma beberapa bulan sekali daripada tiap hari dapet ujian dengan konteks berbeda XD

      Like

    7. Ngidol + pengapaman pribadi 😀

      Ane tinggal ujian skripsi. Cuma kayaknya bakal lama soal dosen seneng banget suruh ane revisi. Dan ini baru sampai BAB 1.

      Like

  12. Masuk ke dunia per-idolan.

    -Pertama kenal dunia per-idolan tahun 2014 pas buka youtube dan gak sengaja nemu mv KFC, dan yang menarik perhatian ane waktu itu yukirin.menurut ane dia mirip yoona
    snsd, ane kurang suka korea, tapi siapa sih yang gak kenal yoona waktu boy/girlband sedang meledak-ledak waktu itu wkwkw
    -mulai tahu akb,dan mulai mengenal member-membernya. dan anehnya ane malah ngelupain yukirin dan fokus ke mayuyu,paruru,sakuratan
    -ngidol cuma sebatas ngidol aja, waktu itu yang ane pikirkan cuma pengen ke jepang dan hs dengan oshi.
    -dan baru disinilah ane tau apa itu jkt48,sebelumnya pernah denger juga tapi ane hiraukan,ane udah gak suka lagi dengan entertainer2 dari indonesia.
    tapi untuk mengobati hasrat ingin merasakan seperti apa itu theater dan HS,pelarian ane satu-satunya ya cuma yang produk lokal.dan pergi ke hs dan teater jkt juga
    masing masing cuma 1 kali.

    Titik jenuh yang diikuti dengan stimulus penting.

    2016 awal,mulai bosen dengan per-idolan, perlahan-lahan eneg dengan lagu over idolish yang semakin parah di akb,dan fokus lagi ke anime dan gaming.
    -kemudian gak sengaja nemu video kimi no nawa kibou yang dibawain mayuyu di request hour,dan disitu muncul lah sang ultimate oshi yang selama ini ane cari, anggun
    memainkan piano mengiringi suara imut merdu mayuyu. EUREKA! namanya ikuta erika, gadis ini seakan-akan versi upgrade dari shortcut-girl sakura-tan, diikuti
    kegesrekannya paruru dan musikalitas yang ternyata jauh lebih baik dari mayuyu.

    Mulai mengenal nogizaka lewat Ikuta Erika.

    -Download semua video yang berhubungan dengan ikuta di youtube.
    – mulai masuk ke nogibingo dan nogidoko (btw ane langganan nogidoko difansub nya mastoppu, terima kasih sub nya mas mastoppu wkwkwk)
    – dan ternyata tingkah konyol ikuta gap banget sama imej yang ane bayangin sebelumnya yaitu ojou-sama dengan pianonya.
    – mencoba mengenal satu persatu member secara keseluruhan tidak seperti masih di akb, mempelajari sistem grup dan sejarahnya yang membuat ane semakin tertarik.
    – ada 4 member penting yang berperan besar hijrah permanennya ane ke sakamichi. Ikuchan sebagai ultimate oshi,asuka sebagai dedek calon ultimate oshi.
    kemudian hubungan naachan dan manatsu yang membuat ane ingin jadi tau karakter setiap member lebih jauh.

    Imej pertama ane ke naachan waktu itu,’Nih anak kok kayak gak ada niat sih,bisa ya dipilih jadi center” dan untuk manatsu “uwagh.. ni anak songong minta ampun,pasti
    dimusuhin dah sama member” tapi ternyata semua itu terbantahkan ketika ane liat documentary dan making of concert-concert nogi sebelumnya. darisanalah ane mulai
    kena sihir”absurds charm” nya naachan dan salut sama prinsip “jibun wo korosu” nya manatsu”, membuat ane mantap memutuskan grup ini worth it banget untuk diikuti.

    Dan sampailah disini, dimana hardisk sudah dipenuhi nogizaka stuff,semua yang berhubungan dengan nogi ane download,sampai-sampai kepikiran juga ikut ngesub koujchuu
    walaupun fansub amatir di blog sendiri http://baka-jomblogger.blogspot.co.id/ (ini bukan IKLAN ya,beneran bukan IKLAN cuma pendukung cerita ane aja,inget bukan IKLAN)

    Like

    1. Ciah, kalau sama idol lokal ane malah gak pernah bener2 minat. Dari dulu alasannya sama : lagunya asal translate doang. Cuma tertarik sebentar pas Gon muncul sekitaran 2013/2014, tapi gak ngikutin juga. Biasanya kalau taunya Nogi dari Kimikibou itu dari coveran Goose House loh 😀

      Ikuchan, Princess of Darkness, Naachan & Manatsu? Class of 92 gak berperan kah? 😀

      Kalau sub2an sih ane udah pensi, pas sekitaran 2015 ane masih gabung di satu dari sedikit banget fansub yang ngesub acara Nogi 😀

      Like

  13. Di daerah ane gak ada fans yang bisa diajak bahas serius, mereka cuma gaya-gayaan doang ngefans akb/jkt yang mereka liat cuma pahanya doang wkwkwkw

    untuk pemicu pertama mungkin cuma mereka berempat,para tante baru sekarang-sekarang nyadar peran besar mereka.

    Like

  14. Reblogged this on Mac Orion Path and commented:

    Pada hari ini, Nogizaka46 berulang tahun yang ke 6, sejak pertama diperkenalkan ke publik pada 21 Agustus 2011. Diperkenalkan sebagai offiial rival dari AKB48, tanggapan fans dan publik pada umumnya sebelah mata kepada mereka. Wajar saja, di tahun itu AKB sedang ada di puncak.

    Seiring waktu, kini kondisinya berubah. Aku tidak akan mengatakan terbalik karena itu terkesan kurang ajar. Nogi sekarang bisa dikatakan menikmati atensi dan popularitas tertinggi sejak debut dan berada di top tier idol group di J-Pop. Quite a long way, from Failzaka46 to real Nogizaka46.

    Sementara, adik mereka Keyakizaka46 juga merayakan ulang tahun kedua sejak perkenalan mereka pada 21 Agustus 2015. Berbeda dengan Nogi, Keyaki mendapat jalan yang jauh lebih mulus menuju popularitas. Berada dalam satu payung Sakamichi Series, dan saat popularitas idola yang lebih konservatif diangkat kembali oleh Nogi, Keyaki langsung mendapat perhatian.

    Dan langsung saja manajemen memanfaatkan atensi itu dengan memberi Keyaki single debut yang meledak. Jika Nogi lebih konservatif, Keyaki menawarkan konsep idol yang lebih cool, rebels, tapi masih sesuai selera publik.

    Nah, selain sekedar mengucapkan happy birthday, aku juga ingin membuka diskusi utama tentang kapan dan bagaimana menurut kalian, tahun terbaik masing-masing grup sejak mengenal mereka?

    Pendapatku untuk hal ini sedikit banyak sudah tertuang dalam artikel sebelumnya,

    https://redmoonthink.wordpress.com/2017/04/26/tbt-2014/

    All images used is credited to it’s respective owners

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s