Merida

Sebelumnya kisah Disney Princess selalu membawa tema yang sama: fairytale yang didasarkan pada romantisme dan pelajaran hidup bagi target usia penontonnya. Dan yeah, Disney selalu berhasil, meski beberapa kali menemui kegagalan di franchise ini. Sleeping Beauty dan Pocahontas adalah contoh paling nyata. Dan di millenium baru, Disney mencoba peruntungan dengan formula baru.

Karakter para Disney Princess dibuat menyesuaikan zaman, dan tidak berpegang penuh pada dongeng aslinya. Lewat film Brave yang dirilis bersama Pixar pada 2012, Disney merubah semua sejarah panjang dari franchise Disney Princess mereka. Dalam film ini mereka memperkenalkan Merida. Berbeda dengan Disney Princess lain, Merida didasarkan pada karakter yang benar-benar baru, tidak mengambil dari folktales dan legenda.

Merida masuk dalam franchise Disney Princess pada 2013, menjadi Disney Princess kesebelas sekaligus paling bontot saat ini. Sama dengan dua film lain yang hadir setelah Millenium, Tangled dan The Princess and The Frog, Merida hadir dalam format CG animasi, meski dalam film kedua tidak semua bagiannya hadir dalam format CG. Brave juga didedikasikan untuk Steve Jobs, pendiri Pixar.

brave-merida-family

Merida adalah putri pemanah dari Brave, film Disney tahun 2012. Diceritakan berasal dari klan DunBroch di kerajaan yang berlatar belakang Skotlandia, Merida adalah putri dari King Fergus dan Queen Elinor. Di awal cerita, Merida mendapat panah dari ayahnya sebagai hadiah ulang tahun. Saat bermain-main dengan mainan barunya, Merida menemui Will-o-Wisp di hutan, ayahnya berkata mungkin itu adalah tanda bagi hidupnya.

Menjelang pesta, beruang iblis, Mor’du, menyerang dan membuat Fergus kehilangan satu kakinya demi mengusir Mor’du. Cerita melompat beberapa tahun kemudian. Merida kini berusia 16 tahun, ibunya selalu berusaha membuatnya menjadi putri yang sebenarnya meski Merida tidak menyukainya. Ayah dan ibunya mengatakan bahwa Merida akan dijodohkan dengan salah satu pewaris dari 3 klan lain yang ikut membentuk kerajaan DunBroch.

Merida yang marah pergi menumpahkan kekesalan di kamarnya. Ibunya datang untuk berbicara dan dia menceritakan bahwa pada zaman dulu, seorang raja yang membagikan kerajaannya menjadi 4, satu untuk tiap putranya. Yang tertua, tidak setuju dan menginginkan semua untuknya. Karena itu kerajaan menjadi hancur dan dijajah oleh kerajaan lain. Merida masih tidak ingin mendengarkan ibunya dan Elinor dengan nada final mengatakan Merida akan menikahi satu dari calon-calon suaminya, suka atau tidak.

Beberapa hari kemudian, ketiga klan lain dan calon suami Merida tiba, dimana ketiganya tak ada bagus-bagusnya sama sekali. Merida yang muak, mengusulkan bahwa untuk memenangkan  Highland Games dan dirinya, mereka harus bagus dalam memanah. Karena parahnya kemampuan dari calon-calon suaminya, Merida bebas dan yakin bahwa tidak ada satupun yang akan tepat sasaran.

b125_57acs-sel16-113

Wee Dingwall menjadi mimpi buruk Merida, secara kebetulan panahnya tepat sasaran. Marah, Merida mengambil panahnya sendiri dan menembakkannya ke tiga sasaran. Semuanya tepat, membuat tiga klan sekaligus calon suaminya melongo. Tapi tidak dengan Elinor. Ratu marah besar dengan tindakannya dan adu argumen tak terelakkan.

Elinor menuduh Merida kekanakan dan Merida menuduh ibunya ingin menghancurkan hidupnya. Dalam kemarahan, Merida tanpa sadar merusak tapestry, membelah gambar dirinya dan ibunya yang bergandengan tangan dengan pedang. Dalam kemarahan yang sama, Elinor melempar panah Merida ke perapian, keduanya melakukan sesuatu yang akan mereka sesali malam itu.

Merida kabur dari kastil, memacu kudanya tanpa sadar hingga ke tepi hutan dimana dia dulu bertemu dengan Will-o-Wisp, dan bertemu lagi dengannya. Will-o-Wisp itu menuntunnya ke sebuah pondok wanita tua pemahat kayu. Well, dengan cepat Merida menebak dengan benar bahwa dia adalah penyihir dan meminta sihir agar ibunya bisa berubah dengan bayaran kalung simbol kerajaan miliknya.

Si penyihir mengabulkan permintaan Merida dalam bentuk sebuah kue. Sambil membuatnya, dia bercerita bahwa di masa lalu dia pernah mengabulkan keinginan seorang pria yang menginginkan kekuatan 10 orang, namun tidak berjalan baik. Setelah kuenya jadi, Merida bergegas kembali ke kastil dan berpura-pura membuatkan ibunya kue sebagai tanda perdamaian. Elinor memakannya dan tiba-tiba berubah menjadi beruang.

Mengetahui kebencian ayahnya pada beruang, Merida meyakinkan tiga adiknya; Harris, Hubert, & Hamish, untuk membantunya menyelundupkan Elinor keluar dari kastil. Dengan kekonyolan yang terjadi, Merida dan Elinor berhasil keluar dari kastil dan mencari penyihir untuk mengembalikan ibunya kembali seperti semula. Di pondok penyihir, si penyihir meninggalkan pesan bahwa sebelum matahari terbit di hari kedua, mereka berdua harus “melihat ke dalam, menyatukan hubungan yang rusak”

Keesokan harinya, keduanya mulai bisa saling mengerti satu sama lain. Tak lama, Elinor mulai bertingkah seperti beruang sungguhan, fase terakhir sihirnya dimulai. Dalam kebingungan mereka dituntun oleh Will-o-Wisp menuju sebuah reruntuhan. Disana Merida menyadari bahwa kisah kerajaan yang diceritakan ibunya adalah nyata, dan pangeran tertua itu berubah menjadi Mor’du dan masih hidup. Mereka berdua selamat dari Mor’du dalam hitungan detik.

Dengan cepat Merida dan Elinor kembali ke istana, menyadari bahwa “menyatukan hubungan yang rusak” berarti memperbaiki tapestry yang dirusak Merida. Menyelinap ke kastil yang penuh, keduanya bisa sampai di kamar Merida tempat tapestry berada. Namun Elinor mulai berubah menjadi beruang seutuhnya. Dia menyerang Merida, dan Fergus memburunya bersama seluruh orang di istana dan mengunci Merida.

Berkat bantuan ketiga adiknya, Merida bebas dan mengejar semua orang. Dia mulai berhasil meyakinkan ayahnya bahwa beruang yang diburu adalah Elinor, saat Mor’du muncul. Setelah pertarungan epik antara Elinor dan Merida vs Mor’du, beruang iblis berhasil dikalahkan dan ternyata Will-o-Wisp selama ini adalah kepribadian asli pangeran tertua yang ingin jiwanya bebas.

Merida membawakan tapestry yang dijahitnya pada ibunya, dan sihirnya menghilang. Elinor kembali ke wujud manusianya, menyatakan bahwa bukan hanya dirinya yang berubah, tapi Merida juga. Film ini diakhiri dengan ketiga klan lain pulang ke tempatnya, dan Merida dan Elinor terlihat berkuda bersama.

Merida adalah tipikal gadis yang ingin mengetahui dunia luar dengan terjun ke dalamnya, sesuatu yang membuatnya sering bertikai dengan ibunya yang menginginkan Merida melanjutkan tradisi kerajaan. Dia bukan tipikal putri yang anggun dan sesuai bayangan orang akan sosok putri. Singkat kata, Merida membawa nilai Disney Princess klasik; pemberontak. Sama seperti Mulan, Jasmine, dan Ariel.

Merida mewarisi darah Fergus lebih banyak. Mereka sama-sama impulsif, berisik, dan punya kecenderungan mengabaikan peraturan. Namun begitu bukan berarti Merida tidak mirip ibunya, kesamaan mereka yang paling utama adalah keras kepala dan tidak mau mendengarkan orang lain. Merida juga digambarkan adalah seorang gadis tipe petualang dan berani.

Sisi negatifnya adalah dia terlalu cepat naik darah dan impulsif, cenderung bertindak sebelum berpikir, dan itu membawa konsekuensi. Kritikus menilai Merida sebagai gadis modern yang terjebak di dunia lama. Sounds familiar? Konsep ini sebelumnya digunakan di Pocahontas. Ini adalah taktik Disney untuk mengemas ulang konsep independent girl khas mereka lintas generasi.

Sedikit kejutan kenapa Kanarin masuk? Tidak juga. Keduanya tipikal orang yang berisik. Hobi memanah Merida dan obsesi Kanarin pada idol kurang lebih sama. Dalam pemilihan assistant MC untuk Nogibingo season 7 juga, sifat Kanarin yang tidak mau mendengarkan orang lain juga sedikit terlihat. Selain itu, desain awal Merida menuai kontroversi karena dianggap ‘berlebihan’

Kiichan sebagai Merida adalah contoh paling cocok; mereka sama-sama berisik, cenderung bertindak sebelum berpikir, dan cukup mudah naik darah -dalam kasus Kiichan, dia clingy terhadap beberapa member- Dan lagi dia M6, kurasa mudah saja jika Zipper berniat melakukan photoshoot bertema Disney, tinggal memakaikan wig merah dan memberinya panah, voila, Merida Kiichan.

Memilih Dana sebagai Disney Princess tentu akan membuat fans kotak-kotak menjadi hyper. Aku tahu itu, makanya dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk karakter berisik dan baka, maka Dana sebagai Merida cocok. Hanya saja dari ketiga member ini, tidak ada yang se-tomboy atau bersumbu pendek seperti Merida.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

38 Comments

  1. Salah satu film disney favorit ane min…. Pesan moral cukup ngena terutama buat anak jaman sekarang..
    Dan yes kichan ane setuju….
    Member yg menurut ane paling ekstrim, sikut sana sikut sini dan semau nya kayak nya kl dia di keya cocok bgt ama karakter keya ahhahaha

    Like

    1. Kalau ane sih, well, rilisan Disney post-millenium emang bagus, tapi gak memorable. Ambil contoh Frozen, yang diinget cuma Elsa & Anna, tanya ceritanya, gak semua orang tahu.

      Hahaha, kalau Kiichan di Keyaki mereka gak bakal terlalu introvert dan Tsucchi Sawabe gak akan stress buat mancing obrolan 😀

      Like

    1. Yang diinget gunung doang nih 😄

      Ada apa kenapa bagaimana nih kok tiba2 bahas Nogidan? Apa juga kebawa mimpi? 😀

      Dana mirip Aka? Why did I feel offended? 😀

      Like

    2. Ane Cuma Mau Ngebayangin Hatinya Member Gan Dan Kebetulan Letak Hati Itu Ada DIbalik Gunung ^^’

      Ane Kalo Tidur Jarang Mimpi Gan…Akhir2 Ini Ya Cuma Kmaren Lusa Itu

      Serius Ane Pernah Ngeliat Foto Aka Yang Pamer Bahu Serta Pose Kayak Foto Dani Ini 🙂
      Dan Menurutku Sih Mirip 🙂

      Like

    3. Bisa aja alasan 😄

      Oh kirain ada mimpi tafsir soal Nogidan juga 😀

      Ya iyalah, seri foto HustlePress emang posenya begini semua. Dan iya semua, bahkan sampe yang sekarang H.Keyaki juga ikutan pose begini 😀

      Like

    4. Semakin Besar Gunungnya Semakin Besar Hatinya 🙄

      Ane Cuma Penasaran Pengen Ngeliat Bentuk PB-nya Nogidan Dan Duo Gundan Aja Kok Gan 😀

      Eh Iyakah? Ane Coba Cek Dulu Deh

      Like

    5. Hah? Ini bahas apaan? 😀

      PB? Hadeh, ngarepnya ketinggian. Dapet lagu satu aja enggak kejadian sampe ditinggal dua member, mau minta PB? 😀

      Coba aja cek, semuanya posenya kan kaya begini.

      Like

    6. Skip…Skip…

      Iya Nih Padahal Duo Gundan & Cinq Etouiles Aja Punya Lagu Sendiri :/
      Seharusnya Nogidan Juga Dikasih Nih :/

      Ada Yang Mirip Tapi Gak Semua Sih Gan….

      OOT Dikit
      Ane Habis Berpetualang Di Salah Satu Markasnya JaniOta (Girschannel). Di Salah Satu Artikel Ada Yang Posting Foto2nya KTK Dan Ternyata Banyak Yang Demen Sama Nih Anak Sampe2 Mereka Banyak Yang Merasa Kecewa Sama Manajemen Nogi Karena Nih Anak Kurang Di Push ….. Sasuga Lord KTK Haha 😀

      Like

    7. Kepanasan sendiri yak? 😀

      Nasib Nogidan sama kaya member2nya kecuali adek ane; miris 😀

      Ya gak tiap foto juga kali. Cuma pose andalan HustlePress ya ini kan. Pake sweater knit, terus shoulderless 😀

      Ya, dulu sih ane juga pernah sebel karena Kotoko gak dipush2 (FYI, dia satu dari cuma dua member Gen 2 yang ane dukung) tapi yah, setelah liat progress Aachan yang meroket lewat persona uniknya, Miria, Kiichan, Maichun, ane liat Kotoko lagi ya sadar diri lah 😀

      Like

    8. Karna Yang DIbahas Itu Gunung Berapi Jadi Wajar Keringatan 😀

      Adek Agan Yang Mana Nih? Yang Istri Ane Atau Yang Laen?

      Mungkin Yang Jadi Konsultan Fashionnya Hustle Press Itu Manatsu ^^’

      Cantiknya KTK Ini Cantik Yang Disukai Sama Cowok Maupun Cewek Dengan Kata Lain Cantiknya Kebangetan 😀
      Jadi Wajar JaniOta Yang Kebanyakan Cewek Demen Sama KTK. Mungkin Doi Termasuk Salah Satu Member Nogi Terpopuler (Populer Yang Ane Maksud Disini Adalah Banyak Yang Suka Bukan Banyak Yang Tahu) Di Kalangan JaniOta Bersama Maiyan, Ikoma, Ikuchuan, Ashu & Nanamin.

      Like

    9. Hah? Istri agan? Siapa? Johnson, Himetan, Maaya bukan adek ane kok. 😎

      Kepala editornya Maiyan, ribut terus dah 😀

      Tapi cantiknya Kotoko tergantung hairstyle, kalau masih pake kepang dua ya drop abis padahal ekspresi expressionless-nya dapet. Kalau fashion sih masih bisa ditoleransi lah ya, masalahnya cuma hairstyle.

      Like

    10. Istri Ane Itu Cuma Ikuchuan ❤ Ashu ❤ Mama Sayu ❤ Mami Miona ❤ Kok Gan
      Adek Agan Anggota Nogidan? Bukan Johnson, Himetan & Maaya? Berarti Adek Agan Itu Rotty Atau Chomolungma Yak? 😀

      Yang Satu M, Yang Satu Lagi S……Mungkin Mereka Bakal Saling Memuaskan 😀

      Kalo Kepang Dua Emang Gk Secakep Biasanya Tapi Menurut Ane Masih Tetep Di Level Papan Atas Kok Gan 😀
      Apalagi Kalo Hairstylenya Kayak Gini
      https://goo.gl/Jjtsul Atau https://goo.gl/C4ukh0 Atau https://goo.gl/3YPsrP Atau https://goo.gl/TQrtmF

      Like

    11. Emang dasar serigala, susah bener jinakinnya 😀

      Why it is sounds dodgy? 😀

      Kalau ane bilang sih kejadulan. Sama kaya Naachan di Kojichuu SP kemarin, rasanya kepang dua udah off content bahkan kalau konsepnya jadul. Kalau diikat dua kaya Hatsune Miku sih mungkin masih oke lah ya.

      Like

    12. Btw Istri Ane Ashu Masuk 3 Besar Wajah Yang Paling Diinginkan. Maiyan Dan Nanase Juga Berhasil Masuk 25 Besar 😉 Kalo Pengen List Yang Lengkap, Sumbernya Udah Ane Posting Di General Nogi Thread Di S48 🙂

      Tergantung Pemikiran Masing2 Sih ….. Kalo Polos Kayak Ane Sih Kedengarannya Biasa Aja 😎

      Iya Sih Kelihatan Jadul Tapi Tetep Cantik Kok. Rambutnya KTK Dibikin Pendek Kayak Dulu Juga Cantik https://goo.gl/vHq1kc

      Like

    13. Karena penyakit delusi susah sembuh, ane bahas adek ane aja. Well, surgery jelas bukan hal yang aneh, dan tingginya peringkat Ashurin bikin khawatir. Ini karena ukuran wajahnya yang kecil pasti, dan tingginya demand untuk face reduction biar kaya Ashurin itu rada gimana.

      Polos? Serigala polos? 😄

      Kalau ane bilang, Kotoko itu hottest girl dengan dandanan normalnya, di era 70 😀

      Like

    14. Iya Ya…Ane Jadi Penasaran Kira2 Ada Gk Ya Operasi Pengecilan Tengkorak? :/

      Polos…. https://goo.gl/PxMIpz

      Akhir2 Ini Tren Fashion Era 70an Lagi Booming Lagi Loh Gan…..Mungkin Gk Lama Lagi Tren Hairstyle Era 70an Jga Bakal Booming Lagi Dan Hal Itu Bisa Jadi Berkah Buat KTK Nih 😀

      Like

    15. Tengkorak sih mana ada, volume otak dikecilin jadi bego dong, kalau jaw reduction sih ada. 😀

      oke, gagal paham 😀

      Bedanya, 70’s girls itu tipe yang ekstrovert, hyper, lah Kotoko? 😀

      Like

    16. Otaknya Gak Perlu Dikecilin Tapi Tulang Tengkoraknya Aja Ditipisin Haha 😀

      Coba Tanya Google Pake Keyword “Polos” Dan Gambar Itulah Yang Bakal Muncul 😀

      Soalnya Orang Dulu Gk Bisa Ngikutin Gaya Hidup Orang Jaman Sekarang Gan 😀

      Like

    17. Bisa dipapras abis lah kalau ditipisin sampe seukuran Ashurin 😀

      Google sekarang makin aneh 😀

      Iyalah, dulu gak ada produk yang “mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat” 😀

      Like

  2. “Selain itu, desain awal Merida menuai kontroversi karena dianggap ‘berlebihan’” <- berlebihan = Kanarin 😄

    Like

    1. Yg diatas itu pakarnya “Chomolungma” 😄

      Klo berisik, kyknya si Aoi juga berisikkan dikalanagn member Keyaki, dia curhat ke member tpi pas member mau kasih amsukan dia malah gk mau dengerin, jadi Aoi mungkin bisa juga amsuk ke karakter ini.. 😄 cuma klo Meirda mudah naek darah, klo Aoi mudah baperan, dikit2 anggap dia di bully 😄

      Like

    2. Yang diatas pakar gunung, yang dibawah fans kotak2 😄

      Kalau baperan yang jadi kriteria, bukan Merida itu mah, tapi Cinderella. Gak boleh dateng ke pesta nangis2 di kebon sampe ibu peri dateng 😄

      Like

  3. “Kotak-kotak” kayak kampanye aja. 😄
    Ane ga pernah liat utuh film ini, jadi ga tau gimana Merida sesungguhnya. Tapi, kalo dari deskripsi yang ada, bisa dibilang Merida punya kepribadian yang bebas, keras kepala, seenaknya, agak baka dan sayang keluarga.
    Kanarin, cocok kayaknya. Berisik dia punya, dan santai yang cukup buat karakter bebas didirinya. Soal berlebihan, no komen deh, malu ngebayanginnya. 🙂
    Kiichan, berisiknya juga dapet dan emang cocok kalau pake penampilan macam Merida. Ditambah lagi, dia juga ada baka dan susah diatur sama member lainnya.
    Dana!!! Manis legit!!! Mungkin di Keya hanya dia yang pas, dari sisi koplak. Lainnya terlalu serius. 🙂 Dan bener, agan brokoli diatas, soal Dana yg mirip Aka! https://goo.gl/C5efJ3 kalo bibirnya agak tebal, kembar deh sama Aka. 😀
    Satu lagi mungkin Tecchi. Ane kok kalo ngebayangin putri dengan sifat kayak Merida, Tecchi yg muncul, ya? Imej dia aja gara2 SiMajo mungkin. Dia muda, jahil, keras kepala (Zuumin juga, ya?), dan baka.

    Like

    1. Nah ini salah satu fans kotak-kotak datang 😄

      Mendingan jangan nonton kalau belum nonton, sayang kuota. Ane aja download ulang film ini cuma buat nulis ini artikel. Mendingan download Big Hero 6 lah 😀

      Malu ngebayangin? Malu tapi mau? 😄

      Tecchi jelas bukan, apalagi kalau baca deskripsi resmi Disney dan nonton filmnya. Karakter Merida yang asli nyebelin dari segi dia itu putri sama sekali beda dari Tecchi.

      Like

    2. Sama sekali bukan min. Ane benci politik, jadi males ikut kayak gituan. 🙂

      Ntar nunggu aja, sapa tau diputer lagi di TV. 🙂 Kalo Big Hero 6 udah punya, berkat adek ane yg rela ngedownload buat ane. 😀

      Sumpah malu. Ane ga tega aja liat member 46 pamer gituan. Ashu juga kayaknya di PBnya bakalan buka2an, ya? Mungkin ane ntar liat sebagai formalitas aja. 🙂

      Gitu, ya? Tapi kalo Tecchi jadi nyebelin, nakal dan keras kepala macam Merida, imut juga kali, ya? 🙂

      Like

    3. Maksud ane kotak-kotak yang ber-hotpants 😄

      Duh prinsipnya sama kaya bapak kos sebelah nih “sabar aja entar juga keluar di TV” 😀

      Cih, formalitas apaan? Paling entar melolong juga kalau udah liat. Inget dia adek ane! >:D

      Kalau Tecchi begitu, pawangnya siapa dong? 😀

      Like

    4. Eh, kalo yg itu, ane suka! 😄 ❤

      Dan lucunya, ane ga pernah liat TV sekarang. Jadi gimana dong? 😄

      Ga mungkin lah! Lha wong Maiyan yang sampai kebuka banget gitu aja ane liatnya sambil senyum kecut. Kalo Ashu mungkin ane ambil scan2annya, terus crop bagian kakinya doang. 😀

      Tecchi milik bersama, jadi mari kita pawangin bersama. 😀

      Like

    5. Cih, dulu aja kaya alergi sama Dana 😄

      Ya liat TV dong, kalau gak pernah liat ya sekali2 diliat, entar dia kabur kalau gak diperhatiin *emangnya kucing 😄

      Senyum kecut, keringat dingin, mimisan? 😀

      Enggak, maksudnya kaya Berisa-Aoi, Naachan-Ikoma, kalau yang jadi adek mulai gesrek, harus ada kakak yang jadi pawang kan? 😀

      Like

    6. Ane ga pernah bilang anti, alergi atau benci loh sama dia. Memang, sukanya lebih lambat dari member lain. Tapi, sebelumnya biasa aja. 😀

      Masih liat sih, cuma yang jam 11 ke atas, pas sinetron udah ga ada. Dan mana ada film Disney diputer jam segitu. 😀

      Ga, kalo bagian Mizugi ane liat sekilas, ga lama2. Liat gituan kayak liat adek kandung ane sendiri telanjang. Ga enak rasanya. 😦

      Kalo gitu adeknya mimin aja, si Sadis Yankee Pemancing Para Pria aja jadi pawangnya. Pasti menurut si Tecchi. Kalo ga menurut pasti dikeplak deh. 😄

      Like

    7. Berarti sekarang iya atau enggak sama Dana? 😀

      Bisa aja, kalau liat pake DVD 😀

      Hahhaha segitunya 😀

      Kalau Aka yang jadi kakaknya Tecchi, makin ruwet relationship tree-nya Keyaki 😀

      Like

    8. Kalo ane, sekarang udah suka sama semua member Keya, meski tetep Ue yg jadi paling utama. Jadi, kalo ditanya suka sama Dana, ya akan ane jawab, ane suka. 😄

      Males cari dan sewa. Beli juga sayang duit. Mending baca sinopsisnya aja. 😀

      Tapi tetep, intip dikit! 😄

      Maksudnya karena Yukka Nen atau Aka Mona? Emangnya Tecchi keliatan paling deket sama siapa, sih? Kalo selain dua pasangan itu, ada kan, Ue dan Zuu, Ue dan Oz, Mii dan Yone, Dana dan Pon, Yuichanzu, dan lain2. Tecchi ga ada ya, yg berdua kayak pasangan gitu? Atau Neru aja yg jadi pawangnya!

      Like

    9. Ngomong di sebelah dong, jangan disini. Kan gak banyak yang tau 😀

      Download juga sayang kuota ya 😀

      Tuh kan, darah serigala mau digimanain juga tetep ada 😀

      Di S48 kalau gak salah ada bahasan relationship tree Keyaki kan, nah ambil aja dari itu. Kalau dari trailer Keyabingo 2 sih, Berisa yang jadi sosok macho buat Tecchi 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s