Sakamichi Review : IV MV’s Part 1

Kali ini aku ingin melakukan Sakamichi Review yang sedikit berbeda. Jika sebelum-sebelumnya tiap MV coupling single kutumpuk dalam satu artikel, kali ini akan kubuat satu artikel per MV. Hal ini karena banyak yang kurang ngeh jika aku mengupdate postingan seperti saat Influencer kemarin. Sementara jika menunggu sampai semua coupling keluar maka akan jadi terlalu lama.

Untuk bagian pertama tentu adalah W-Keyakizaka no Uta, coupling MV pertama yang dirilis. Well, jujur saja, aku sempat khawatir akan kemungkinan lagu ini akan hadir atau tidak di single kali ini, karena pertama diperdengarkan saat One Man Live bulan Desember kemarin. Setelah fix masuk dalam tracklist Fukyouwaon, kekhawatiran keduaku adalah mengenai MV, karena melihat LLC, bisa jadi mereka hanya akan memasukkan footage dari One Man Live alih-alih MV yang benar-benar baru.

Keyakizak46 1st One Man Live 06
Salah satu kekhawatiranku adalah seperti ini MV-nya akan terlihat

Untungnya, hal buruk ini tidak kejadian. LLC membuat W-Keyakizaka no Uta menjadi MV yang berbeda dari Fukyouwaon atau khas Keyaki yang penuh energi, melainkan MV yang soft. Ikeda Kazuma kembali duduk di kursi sutradara setelah  SiMa, Sekai ni, dan Otona wa Shinjite Kurenai. Kurasa ini pertama coupling MV bisa selembut ini setelah Mata Atte Kudasai. Dan MV ini juga menggambarkan timeline Keyaki sejak debut hingga saat ini.

Scene pembuka MV ini di pematang sungai dan dibuka oleh Tridente original Keyaki; Miyu-Tecchi-Zuumin. Yah, semua diawali oleh mereka, karena jika bukan Tridente ini, SiMa tidak akan menjadi SiMa yang kita tahu. Kemudian bergabung dua yang tersisa dari front row SiMa; Berika dan Yuipon. Yang sedikit tak kupahami adalah Risa, kurasa efeknya di awal lebih terbantu karena 2Watanabe?

Setelah itu adalah scene legendaris dari SiMa, ‘Kimi wa kimi rashiku’ yang diambil dari sudut samping 90° dengan 20 member original. Memang tak memberi impact sebaik yang asli, tapi fresh dan seperti kataku di awal, jauh lebih soft. Saat member berbalik menghadap kamera, dance yang digunakan adalah koreografi W-Keyakizaka no Uta dan saat member berada dalam satu baris, dance yang digunakan adalah Futari Saison.

Berikutnya, kurasa idenya adalah membuat sudut 46° saat member berjalan dan bergandengan tangan? Nice idea but fail though. Ide yang kudapat adalah ke-20 member mulai mendapat ikatan setelah SiMa rilis dan datanglah member yang ketinggalan bus, Neru. Ini adalah simbologi terkuat dari MV ini, karena sekaligus titik penting dalam sejarah Keyaki.

Yah, aku tak akan panjang lebar menceritakan kisah Neru, karena semua sudah pasti tahu. Baju yang dipakai Neru berbeda sendiri, menggambarkan statusnya sebagai Half-Blood Princess yang berusaha masuk dalam geng Slytherin yang berdarah murni. Singkatnya, dia tidak akan diterima dengan mudah.

Kini, member lain dan Neru sendiri mengakui ada tensi tersendiri saat dia bergabung, apalagi Keyaki saat itu baru kehilangan satu member akibat skandal. Lebih lagi, Neru bergabung bukan sebagai replacement melainkan sebagai member Hiragana Keyakizaka, yang diumumkan bersamaan dengan statusnya. Tak heran ada tensi, member baru, dan mendapat keistimewaan berupa ‘grup’ baru.

Kisah discord antara Neru dan member lain di awal ini sudah lama terkuak. Dan cerita tentang Yone sebagai salah satu yang pertama bisa dekat dengan Neru pun sudah jadi cerita umum. Yang cukup mengejutkan bagiku justru manajemen mau mengangkat cerita yang bisa dibilang tabu seperti ini ke dalam MV. Ini seperti mengangkat cerita press conference Ikoma ke dalam MV Kidzuitara Kataomoi katakanlah.

Selanjutnya H.Keyaki ikut masuk ke dalam scene, dan simbologi mereka yang tampil hanya 2-3 detik disini dan menghilang ke bagian bawah frame adalah bagaimana status mereka tidak naik dari mitos sepanjang 2016 sementara Neru menjadi satu-satunya yang naik bersama K.Keyaki. Setelah itu kembalinya H.Keyaki ke frame adalah bagaimana mereka mulai naik ke permukaan di 2017 ini.

Member K.Keyaki+Neru melakukan dance Futari Saison di scene ini, sementara H.Keyaki menarikan Guru-guru Curtain? Entah kenapa di bagian pertama tidak begitu mirip Dare Yori mo Takaku Tobe! untukku. Well, ini menggambarkan saat H.Keyaki benar-benar mendapatkan kesempatan di 3rd single, karena di Sekai ni mereka hanya mendapatkan lagu tanpa MV.

Kemudian adalah simbologi yang menggambarkan Tecchi. Prodigy yang juga memiliki sisi negative. Keyaki mengambil tema multiverse disini, atau lebih umum dikenal sebagai alternate timeline. Tecchi yang berpapasan dengan member lain dan dirinya dalam kondisi multiverse, dimana mereka menjalani kehidupan normal. Sementara “dirinya” yang melihat adegan itu adalah Tecchi di dunia nyata.

Tecchi yang melihat itu kemudian berjalan mengikuti ke arah dirinya dan member lain pergi, scene lalu beralih pada 3 member H.Keyaki; aku tak bisa mengatakan siapa yang paling kiri, tapi dua yang lain adalah Memi dan Katoshi. Serta 3 member K.Keyaki; Mona, Aoi, dan Satoshi yang berjalan ke arah berlawanan. Disini peran Royal Couple sebagai kapten dan wakil kapten tampak, mereka mengejar dan mencegah Tecchi untuk menyerah pada godaan alternate universe dan kembali pada yang lain.

Setelah kembali kepada yang lain, Yuuka mengarahkan semua untuk kembali pada posisinya sementara Aka terlihat melakukan gerakan menyemangati. Kepribadian mereka ditonjolkan di scene ini. MV ini berakhir dengan bahagia, dimana member melakukan pose salute yang cukup identik dengan Keyaki di scene terakhir.

Well, secara keseluruhan MV ini adalah kisah Keyaki dalam real timeline mereka yang ditranslansikan ke dalam sebuah MV yang indah. Dari segi sinematografi, bisa dikatakan ini adalah MV Keyaki paling groundbreaking sejauh ini, dalam arti keluar dari pattern mereka yang militeristik atau cool. Yah, memang bukan yang pertama, tapi efeknya jauh lebih besar karena ini adalah MV untuk lagu yang menjadi identitas mereka.

Untukku pribadi, aku bukan fans besar dari pengambilan gambar seperti ini karena satu alasan; butuh angle yang benar-benar tepat agar menghasilkan efek yang dramatis. Dan benar saja, meski secara visual cantik, tapi terlalu 2D dan berkesan seperti game. Dan jujur saja, aku tak benar-benar paham dengan cara kerja “kiri” dan “kanan” dalam MV ini, setelah membaca banyak opini, aku masih tak bisa menyimpulkan.

Selain itu, absennya close up di MV ini kecuali untuk Tecchi dan sedikit member lain memang sedikit disayangkan. Tapi apa mau dikata, Tecchi adalah Sol Invictus untuk Keyaki, dan kisahnya sudah dalam perjalanan menjadi legenda bukan cuma di internal, jadi masih bisa dimaklumi. Selain itu, kurasa ini untuk menggambarkan lagu ini yang berorientasi pada grup bukan individu.

Kepahitan utamaku atas MV ini adalah absennya Manafin! Ini lebih menyakitkan daripada apapun. Sejauh yang kubaca, absennya berhubungan dengan ujian akhir atau sejenisnya, aku baru membaca sekilas sebelum mereview MV ini. I mean, like, damn! Tidak diikutsertakan dalam MV seperti ini akan menjadi minus besar dalam kisah perjalanan member manapun. #cryingoutloud

Untuk seifuku, aku lebih menyukai ini ketimbang seifuku Fukyouwaon. Memberi nostalgia akan seifuku Nandome, hanya dengan warna hijau shamrock untuk K.Keyaki dan hijau mint untuk H.Keyaki. Klasik dan memberi Nogizaka-vibe, cocok dengan MV-nya. Sayang aku tak bisa mendapat gambar yang enak dilihat untuk seifuku ini.

Overall, W-Keyakizaka no Uta adalah MV yang mirip dokumenter secara keseluruhan. Lebih dari sekedar MV yang menjual dance dan storyline, membawa cerita nyata dari Keyaki sendiri. Sebagai lagu yang akan menjadi identitas utama Keyaki kedepannya, nilai 100 untuk konsep MV ini. Dan bagaimana Tecchi melihat multiverse, adalah perasaan semua member tentu, hal ini juga digambarkan baik melalui MV ini.

1080p MV Keyakizaka46 - W-KEYAKIZAKA no Uta suki48.web.id .mp4_000309142

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

60 Comments

  1. Kisah MV udah dibahas panjang lebar.
    Ane cuma mau bahas, MV ini dah bagus tpi terkesan asal jadi, maksud ane ada bbrp adegan yg menurut ane “knp gk di take ulang?”

    Ane bru sekali liat MV ini, cuma yg ane ingat ada 2 adgan yg menurut ane sedikit (sedikit) merusak kesempurnaan MV ini.
    Pertama ada adegan 3 member (berhubung baru nonton sekali jd lupa sapa itu XD0 yg berjalan trus member paling belakang jalan kecepatan trus tiba2 haurs ngerem nedadak gra2 hmpir mau ketabrak meber didepannya.
    Trus ad adegan UE klo gk salah yg masih mnghadap ke kamera sedagkan member yg lain sudah berbaris menyampingkan kamera.

    Mudah2an ini cuma salah penglihatan ane aja XD

    Tpi overall, konsep MV ini emang luar biasa, 1 tahun sejak debut dgn berbagai kejadian dikemas dalam MV berdurasi 4 menitan, keren

    Buat Manafi, yg sabar ya buat abangnya, mudah2an di MV Hiragana dia dapat banyak jatah, Aamiin 🙂

    Like

    1. @Kid:
      Mahal di biaya x gan XD

      ===================

      Dan satu lagi, pas bagian member ngedance gerakin tgan mmbentuk segitiga, UE ketangkap kamera nambah2 gerakan, malah loncat pula dia.. Duh UE bisa aja narik perhatian ane XD
      Pdahal gk usah berbuat gitu mata ane dah lock emncari posisi dia kok, gitu juga sma Neru n Berika, otomatis lock on mata ane ke mereka bertiga ❤ ❤ ❤

      Like

    2. Lah, kaya yang pertama kali aja liat MV keyaki yang terkesan asal jadi. Inget Dare Yori mo Takaku Tobe kan? XD

      Ane jadi buka lagi videonya padahal udah empet liat berkali2 buat review XD
      Tapi ane bingung yang adegan 3 member ini di menit berapa?
      Kalau yang Ue emang bukan salah mata, emang gak rapi di sininya.

      Karena MV ini makanya jadi over? XD

      Duh, ane masih pengen ngemut obat nyamuk bakar tiap inget Manafin gak ikutan >:D

      Kalau Ue loncat udah jadi viral tuh XD

      Kalau Berika, karena gak ada sinyal wifi yang keluar dari dia makanya ane gak bisa nge-spot dia *lah XD

      Oh, yang terakhir kenapa gak ditake ulang, LLC says; Money no grow on trees XD

      Like

    3. Selalu aja ajtuh di lobang yg sama XD

      Bukan 3 member ternyata, pas adegan mau Kimi wa kimi rashiku, menit 1:20an, Nanako klo gk salah yg dibelakang UE,ngerem mendadak dia XD kejadiannya sebelum kejadian UE lompat sndiri XD

      Hahahah, ikhlaskan saja, makan obatnyamuk bakar jg g k bakal bikin Manafin tiba2 nongol di MV ini kan XD
      Tpi ntaha klo minum cairan pembersih WC XD

      Berika paling gaya larinya trus pas Suzumon, Yuichan sama berisa dah out dari lensa kamera, si Berika agak lama gra2 larinya lmbat XD

      Hhhh, dah gk bisa berkata apa2 ane klo LLC dah pake quote kyk gtu XD

      Like

    4. ue lompat dari one man live show…. ane kira mungkin dia mengejar ketinggian jadi nggk sadar lompat atau terlalu semangat…
      di menit 1:45 dibelakang satoshi entah siapa kyknya nanako telat naik, ue telat balik, hmmm emang 2 anak ini..hehehe
      di 1:20 salahnya ue yang berhenti tiba2, salah timing mungkin, jadi nanako berhenti juga..
      intinya banyak blunder deh disini.. tapi karena diambilnya jauh, konsep menarik plus lagunya enak jadi kurang kelihatan..
      oh iya scane terakhir pas naik bukit ada ozeki style.. hehehe

      Like

    5. kalo ane sih pas uemura telat gerak itu karena anginnya kenceng banget jadi dia gak sengaja. lagian ane suka kok MV gak sempurna kayak gini, mencerminkan mereka yang gak sempurna tapi tetep bisa jadi girlband/idol group paling viral se-jepang di tahun 2016

      Like

    6. @conan, kalau gak gitu gak LLC XD

      Soalnya Ue terlalu kecil makanya gak keliatan Nanako XD

      Kamvret XD

      Berika sih bukan lambat, dia kelamaan cari sinyal wifi XD

      Quote tertinggi dari Sakamichi Law itu XD

      @sadri, Ue+Nanako bisa jadi kombi baru ini, kombi orang2 blank 😀

      Di scene terakhir ane cuma fokus sama konduktor Yuuka & ouendan Aka 😀

      @riduch, setuju deh, terlalu perfect udah dikasih aja ke main single, coupling harusnya beda.

      Like

    7. @Sadri:
      Yg lucunya itu, loncat2 sebelumnya biasa aja, tpi pas loncat dibagian yg salah, loncatnya si UE begaya pula, loncat imut XD

      @Riduch:
      Sekedar penilaian aja sih gan, pengennya hal2 kecil kyk gini diperbaiki, sering amat kyknya ada adegan2 yg bikin “loh?!” XD

      @Mac:
      Jdi, mau coba gak pake cairan pembersih WC nya? XD

      @Kid:
      Duh, klo dah kombinasi kyk gitu pasrah aja deh XD

      Like

    8. Iye iye kalau udah Ue ane mah iya aja lah daripada ditiupin sangkakala di kuping XD

      Belum pernah ditabok kakaknya Patrick ya tanya2 mulu XD

      Like

    9. Apa pun yg ditiup UE, selalu terdengar merdu di telinga ane XD

      Ya, kan ane cuma memastikan, klo gk mau biar ane jual ke orng laen XD

      Like

  2. bagi ane..
    mv ini mv idol paling luar biasa bagus
    emosi ane diaduk2 di mv ini
    agh angka aja 9.8/10 naik 0.3 dari kos sebelah wkwkwk

    Like

    1. mungkin sedikit bias min penilaian ane tapi emang ane demen mv yang kek gini simple tapi penuh makna sama kayak mv kimi no na wa kibou nya nogi simple tapi makna lagu nya bisa digambarin cukup bagus di mv wkkwkw

      Like

  3. Seperti yang ane bilang,ane paling suka mv yang punya storyline,dan untuk konsep ane juga nilai 100,
    Yang kurang cuma close upnya,mungkin udah diborong sama fukyouwaon kali ya?😆ane bisa lihat my kuritarou,tapi ane gak bisa lihat Aka.ane taunya pas udah baca komen di kosan sebelah,karena tiap mv keya yang ane liat pertama kali ya miyu sama aka

    Beruntung keya punya royal couple

    Dan sudah waktunya techi rehat sejenak,menjadi ‘manusia biasa’

    Like

    1. Ini sih bukan storyline lagi tapi dokumenter 😀

      Soal nge-spot member siapa yang mana, ane juga kesulitan. Kayanya gegara faktor video yang burem deh. Makanya tuh diatas ane gak cuma sekali bingung.

      Maksudnya Tecchi rehat?

      Like

    2. Semoga next main single kek gini

      Mungkin dibikin burem dan minimal close up untuk menyamarkan ketidak hadiran satu member😆,siapa sih namanya?

      Maksud ane mengurangi beban yang dipikulkan ke techi,setidaknya w center lah,atau yuipon atau zuumin udah siap kok untuk menjadi another ghost😄

      Like

    3. Setidaknya seperti ini,satu single ada lagu yang mvnya punya cerita

      Loh,kok marah-marah sih gan,,,ane kan cuma nanya,siapa sih namanya yang gak ada di mv?malah esmosian,pantas tadi aka ngelarang main kerumah,kata dia abangnya lagi badmood😆😆

      Like

  4. Mata ane cuma bisa berkaca-kaca lihat MV ini. Ini kaya mini documentary yang dipadatkan dan dikemas dalam bentuk MV. Dan itu luar biasa. Emang masih ada gerakan2 yg awkward dari member. Uemura, Ozeki, terus barisan yg gak simetris. Tapi justru itulah, imperfection makes perfection. Mereka idol yg akan terus berkembang dan menanjak.

    Well, jujur selama ini ane lebih bias ke Nogizaka daripada Keyakizaka. Dan ane sedikit iri lihat Keyakizaka hampir selalu lebih baik daripada Nogizaka. Keyaki ini seolah membuang jauh2 keburukan AKB dan Nogi dan mengambil yg baik2 dari mereka. Lalu menjadikan mereka jadi idol group yg bener2 matang.
    Seandainya, lagu Nogizaka favorit ane, Kanashimi no Wasurekata, dikemas dalam bentuk kaya gini.

    10/10 deh. Turut berduka yg adeknya gak masuk ke dalam MV. 😀

    Btw, ini template baru kayanya lebih berat buat di load ya? Apa cuma ane aja? Tapi lebih enak buat dibaca.

    Like

    1. Ya, emang sisi dokumenter yang dijual kali ini bikin ane salut 😀
      Kalau soal gerakan, ane rasa emang ini yang jadi poin, bukan karena kurang kompak atau gimana. Kesannya ngasih tahu kalau Keyaki tuh tetep grup baru, jadi masih banyak sisi fresh yang bisa dijual.

      Kalau ane perbedaan style antara Nogi & Keyaki emang bukan masalah, jadi gak bisa bilang lebih suka yang mana 😀
      Kanashimi no Wasurekata emang MV biasa aja, tapi akhirnya malah jadi dokumenter 😀

      Kamvret kamvret kamvret diingetin lagi 😢😢😢

      Orang kesekian yang bilang template ini lebih berat dari sebelumnya, tapi ane mau bilang gimana coba selain “namanya juga gratisan” XD

      Like

    2. Menurut ane, ini template malah ringan, load homepage termasuk cepet, kalo pas buka tiap post agak lelet itu karena banyaknya gambar+ukuran tiap gambar lumayan gede…
      .
      kalo pengen super cepet loadingnya, tingkatkan koneksi internetnya, kalo gk ya mimin ganti template yg super minimalis, tapi dampaknya tampilan kurang mantep wkwkwkwkw

      Like

    3. Iya sih habis itu permintaan pembaca sih mintanya gambar HD mulu 😀

      Ane sebenernya suka template yang lama, tapi karena sidebar dll harus klik2 dulu makanya ganti deh 😀

      Like

  5. bersyukur sekali 1 member di kick gegara skandal,
    bersyukur pula neru masuk, dan lebih bersyukur, yone-san yang pertama kali berteman dengan neru 🙂
    Great MV!!!

    Like

    1. Ya, bersyukur gak bersyukur juga sih dulu, skandal sama masuknya Neru barengan, jadi campur aduk perasaan…

      Dan kayanya, cuma ane yang masih tetap oposisi sama posisi Neru dari dulu sampe sekarang 😀

      Like

    1. Hahaha, banyak yang penasaran sama ajaibnya Mao 😀

      Tapi bocoran aja sis, jangan ngarep ketinggian bisa nge-spot member siapa yang mana 😀

      Like

    2. Member Hiragana banyak komedian nih, menarik banget kalo mereka tetap ikut variety. Dan Iguchi Mao dance nya unik 😀

      MV nya bagus nih, rasanya seperti liat film. Dan bener, gak bisa ngenalin member, kameranya jauh banget dan bergerak terus. Tapi cerita di MV ini pas sama liriknya, good job 😀

      Like

    3. Yang bikin penasaran, pas di konser H.Keyaki kemarin Mao jadi center SiMa dan responnya bagus, sayang gak ada link 😀

      Pinter aja manajemen bikin konsep begini, tapi yang bikin down, dokumenter ‘beneran’ Keyaki bakal makin lama kejadian 😀

      Like

    4. Dokumenter beneran itu maksudnya kehidupan member di balik layar ya. Semoga hubungan member Keya baik-baik saja ya. Mungkin perlu mencontoh Nogizaka, karena sepertinya member-member Nogi deket banget.

      Like

    5. Iya, makanya ane gak begitu suka keseringan begini soalnya gak ada ‘misteri di backstage’ yang bisa bikin ngidol tuh deg2an 😀

      Karena Keyaki masih setahun lebih dikit, ane wajar kalau masih banyak discord diantara member.

      Like

  6. mengenai kisah neru kyknya bukan hal yang tabu, justru ane menganggap ini nilai plus dari keyakizaka dan neru itu sendiri… sebuah kisah dari keyakizaka, seperti cerita dalam komik – komik… dan mungkin ini akan diceritakan lagi dalam documenter perjalan keyakizaka 1 tahun (klau ada) bagaimana perasaan neru pada mamber pada saat itu, dan sebaliknya… tidak ada yang salah, hanya saja takdir neru menuntunya kejalan yang berbeda… so kenapa harus ditutupin…

    untuk mv ini 9/10, 1 nya dancenya yang masih banyak yang ngeblunder, padahal mereka hampir 1 tahun debut..

    Like

    1. Ane mikirin gimana perasaan member pas shooting adegan begini, soalnya pasti ada yang awkward. Kalau bisa let it go ya bagus, tapi kan orang beda2.

      Dokumenter 1 tahun? Setelah tiap single dapet mini dokumenter, dan kali ini MV-nya aja kaya dokumenter, tinggal harapan deh buat dokumenter ‘asli’ 😀

      Soal dance ane malah anggap ini charm-nya MV ini.

      Like

  7. Pertama, ane emang suka lagunya. Langsung nyangkut pas diputer di 1万Live kemaren. Terus ditambah MV macam ini, tambah suka. Biasanya kalo liat MV, ane selalu pasang radar cari Ue dan adek2 ane. Tapi, pertama liat MV ini, ane menikmati secara keseluruhan. Menikmati sebagai fans Keya, dan seluruh membernya. Jadi inget pas liat konsernya kemaren, ikutan menari meski ga bawa cylium. 😀
    Seperti kata mimin dan lainnya, ini seperti liat film dokumenter Keya versi pendek. Semua atau sebagian besar titik penting dalam perjalanan Keya dikemas manis dalam MV ini. Mulai dari single mereka, dari dance single 1, 2 dan 3, termasuk dancenya H di lagu Hiragana Keyakizaka dan Dare yori. Sedikit berkaca2 pas scene Yone. Dan ane pikir ini bukan hal tabu, karena udah banyak diketahui.
    Dan scene paling ane suka, scene akhir saat 32 (-1) member Keyakizaka berjajar diatas bukit. Ga tau mungkin sutradaranya pengen buat siluet yg bikin H dan K menyatu dalam satu warna atau gimana, yg jelas ane melihat scene ini punya arti lebih dan dalam. Yg jelas ini memang MV khusus buat fans. 😀

    Btw, yg jadi pemeran pengganti Tecchi sapa tuh? Di Overture hampir keliatan wajahnya. 😀

    Like

    1. Ane juga kurang begitu dapet feel-nya dari One Man Live, di lagu ini lebih kena. Tapi ya gak gitu2 amat sih, masih harus ngebiasain diri ini lagu yang beda dari march Nogizaka no Uta.

      Bukan tabu buat fans tapi buat fans baru/awam, liatnya pasti rada negatif kan, Keyaki punya masalah sama alienasi -ane gak akan bilang bullying karena bukan itu-

      Ini diingetin pula soal -1, kamvret 😀
      Ya sayangnya kurang jelas, entah aslinya begitu atau videonya aja yang terlalu burem. Nunggu ada foto yang HQ aja lah 😀

      Ane belum cari overture, udah beberapa hari absen gak cari gambar Keyaki…

      Like

    2. Ane malah lebih nyngkut yg ini daripada Nogizaka no Uta. Nadanya lebih enak ini, plus karena Ikoma jadi centernya, jadi ga banget buat ane. 😀

      Dan bakalan buat merek cari tau 2 member itu, Neru dan Yone. Ini bisa jadi promosi buat mereka dan grup. 😀

      Ane pikir juga gitu, 1080p tapi kok burem. Mungkin dibikin macam film dulu? Sayang banget Manafi ga ikut. Ini bisa dibilang MV bersejarah Keya. Ga terlibat disitu seperti eksistensi dia ga ada di Keya itu sendiri. 😦

      Like

    3. Duh, diskriminasi sama Dia-Yang-Namanya-Tak-Boleh-Disebut XD

      Yah semoga aja promosinya mengarah yang positif.

      Lagi terobsesi retro kali? 😀
      Ane udah nulis itu, ini emang liat gambarnya doang atau gimana??? 😀

      Like

    4. Asal Ikoma ga jadi center, ga nyanyi dan ga ngomong pas segmen talkshow di koujichuu, ane oke2 aja. Kalo segmen variety atau gila2an silakan, gapapa. 😀

      Amin! 😀

      Ini ane pengen download yg format ts, dari Music station, tunggu kuota buat minggu depan. 268 MB buat video 5 menitan XD Semoga aja lebih jelas. 😀
      Ane punya masalah ingatan jangka pendek kayaknya. XD

      Like

    5. Yee, bukan diskriminasi lagi ini namanya, fasis! 😀

      Dih, kuota seret aja coba2 download .ts gaya bener! Awas seminggu gak ngidol kalau nekat 😀

      Like

    6. Emang dia cocoknya dibagian itu, kok. Jadi, ane obyektif disini. 😀

      Kan Keyabingo udah habis. Jadi minggu depan ada kuota lebih buat ngidol. 😀 Tapi kalo tetep ga jelas juga, yasalam deh. 😀

      Like

    7. Yang bully-able itu harusnya cuma Manatsu 😀

      Keyabingo emang abis, tapi lanjut Nogibingo 8 kan. Belum lagi kalau bonus kaya S1 kemaren mendadak keluar 😀

      Like

    8. Ane ga ngebully. Cuma menyatakan fakta. Suara dia emang ga enak dan topik pembicaraan dia juga ga menarik. 😀

      Kadal! Pake dibahas soal itu! Padahal ane pengen merasakan enteng tekanan kuota beberapa minggu ke depan. XD

      Like

  8. Alhamdulillah, keyaki punya mv kyak gini 😀
    Dan ane suka bgt seifukunya, pendpat ane persis ama agan soal seifuku pas prtama liat td jd kangen cover nandomeno. Udah bagus cm bagi ane akan lbih smpurna lg dksih footage pas awal mrk msuk keyaki ato dkenalin didpan umum ato interaksi h&k dblakang layar. Krna ane liatx msih trlalu dikastakan pdahal ini lagu kebangsaan persatuan k&h, ato ini bs jd hint klo g ada transfer antara 2 kubu?.
    Dan ane agak sdikit ngeri y ama grakan tangan yg ngebentuk sgitiga krn pose akhirx mirip salam nazi ato hnya prasaan ane 🙂

    Like

    1. Ya, akhirnya gak serius mulu temanya 😀

      Kaya Sanbame no Kaze gitu? Ane rasa ini udah pas soalnya kalau pake begituan malah esensi & uniknya MV ini bakal kurang.

      Duh amit2 kalau gak ada transfer antara K&H, keenakan H.Keyaki dong, member lebih dikit, exposure lebih terjamin dari 20+1 K.Keyaki, cuma kurang di media aja tapi itu juga masalah waktu doang.

      Enggak mirip Nazi kok, menurut ane malah mirip salute-nya angkatan laut Jepang. Yang ane pernah baca, salute angkatan laut tuh ngepalin tangan di dada kaya di MV ini. Sayang gak ada gambar yang bisa ngejelasin.

      Like

    2. Justru trlalu bnyak simbolisnya sih bgi ane jd pinch in the heart kurang, dan dg sdikit ada footage akan smkin beri bukti tp blik lg ke selera sih klo ane sih itu. Dan g smua fans tw apa yg trjd dg yone neru klo g liat nogiroom, ato ini jg bagian promo dg hulu? LLC yg oportunis 😀
      Iya stelah ane lihat lg trxata mata ane yg burem,itu tnganx ngepal y ane kira ke buka syukurlah. Syg kam lgu dan mv yg sentimentil ini klo trnoda 😀
      Widih,super kejam emg klo g ada tranfer antar K&H tp smoga nggak deh. LLC boleh pelit tp jgn kejam 😀
      Adem bgt liat seifukunya,udah ijo simple pula jempol deh. Arigatou yonemura san, eh iya klo org yg sama?😅

      Like

    3. Hmm, ane bilang soal Yone-Neru emang gak semua orang tahu, tapi ane gak pernah nonton Keyaroom juga bisa tahu, soalnya pasti ada yang share info beginian kan. Buat ane ini MV emang dikhususkan buat fans yang ngikutin Keyaki dari awal.

      Hahaha, kalau soal burem sih emang kebangetan kali ini 😀

      Yah selama direktur mereka masih Scrooge McDuck sih aman ya, lain cerita kalau Flintheart Glomgold udah ngambil alih 😀

      Kalau desainer sih ane gak tau, emang biasanya yang namanya Yonemura ini yang bikin?

      Like

    4. Bisa jadi beda, soalnya pasti keteteran kalau harus mikirin kostum buat dua grup sekaligus, mana biasanya seifuku nogi per individu aja beda2.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s