Sakamichi Best MV’s Part 4

Bagian terakhir dari Sakamichi Best MV Series. Seri ini selesai di minggu ini setelah menjadi proyek akhir pekan selama 4 minggu terakhir. Nah, kira-kira MV apa saja yang menjadi pilihanku sebagai Best 15? Langsung saja ini dia.

Sekali lagi, aku mengingatkan bahwa seluruh rank disini subyektif sesuai seleraku. Jadi pasti akan ada discord dan aku malah akan heran kalau tidak. MV pilihan kalian tidak masuk Best 46? Well, kalau dibalik, apa ada MV di rank ini yang tidak kalian pilih?

#15 Kanashimi no Wasurekata

MV yang juga menjadi judul dari dokumenter Nogi ini memang cantik, tapi sayang terkesan terlalu over dalam membuat image Nogi terlalu princess-y. MV ini seperti MV Paparazzi untukku, bagus tapi kurang bisa menangkap emosi atau menyampaikan image yang mungkin seharusnya ingin disampaikan.

Yah, mudahnya, seperti saat editing, timnya “this is good, but this was supposed to be… and this one is… okay, this is a nice final version” tapi hasil akhirnya hanya berbeda 1% dari awal.

#14  Hoka no Hoshi Kara

http://video29.mais.uol.com.br/15336358.mp4?ver=1&r=http://mais.uol.com.br&hashId=15037561091832448
MV Here

Jelas MV ini wajib ada jika membahas Best MV Nogizaka. Hoka no Hoshi Kara menjadi must-seen karena konsepnya yang unik. Zero gravity? Count me in. Efek yang digunakan disini membuat MV ini lebih standout dari Girl’s Rule, Senpuuki, atau Sekai de Ichiban Kodoku na Lover yang dirilis bersamaan.

Hoka no Hoshi Kara menjadi ikonik karena efek dan seifuku yang digunakan simpel tapi berkesan space-age. Dan juga, bagiku pribadi, semua member bisa mengeluarkan semua potensi kecantikan alami mereka disini.

#13 Ano Kyoushitsu

Jangan terburu-buru menuduhku bias atau KKN karena menempatkan MV ini disini. Tapi memang MV ini adiktif untuk dilihat. Topik yang absurd, MV yang over the top, plus lagu yang adiktif, Ano Kyoushitsu akan membius siapapun dengan mudah. Memang cukup banyak MV Nogi yang seperti ini, tapi banyak hal yang membuatnya lebih ikonik.

Karakter anehdance yang unik, atau latar belakang yang eye candy? Semua ada. Expresionless yang ditampilkan AshuMiona juga baik, mengingat cukup banyak MV serupa tapi tidak bisa memberi kesan sekuat MV ini. Intinya, unik tidak masalah asal masih bisa dinikmati.

#12 Oto ga Denai Guitar

Lagu ini sering kusebut di beberapa artikel, and for good reason. MV ini adalah salah satu MV image breakthrough Nogi. Dengan membawakan lagu di tumpukan rongsokan mobil, gitar yang dirantai, Naachan yang bermain bass di lapangan serta Yumi yang bermain drum di aula, plus adegan final motor yang terbakar.

This MV is as badass as it could be. WCenter pertama -de facto- dalam sejarah Nogi tidak mengecewakan. Dan jika tidak bisa dibilang membosankan, MV ini juga menawarkan apa yang jadi ciri khas Tecchi saat ini, yaitu tatapan mata yang menusuk. Sayang sekarang Nogi tidak membuat MV rock seperti ini lagi.

#11 Another Ghost

Fabulous dance MV. Itu kata yang cukup menggambarkan MV ini. Berat di dance, maka tak berlebihan jika MV ini kusebut salah satu sebagai MV terbaik Nogi. Ingat, Nogi termasuk jarang membuat MV yang menonjolkan dance seperti Another Ghost. Pesaing terdekat mungkin Sekai de Ichiban Kodoku na Lover.

Storyline sederhana tapi mengena, yaitu dua sisi yang berbeda dari manusia. Teknik pengambilan 360º juga akhirnya diaplikasikan Nogi, membuat MV ini semakin menarik. Yang pasti, jika ingin melihat Nogi lebih sebagai performer daripada sekedar idol, MV ini bisa jadi rujukan.

#10 Natsu no Free&Easy

Mungkin kejutan paling besar adalah masuknya MV ini, apalagi di urutan atas. Padahal sering aku mengatakan Natsu no Free & Easy adalah summer single terlemah Nogi. Nah ada angin apa aku sampai menempatkannya di urutan atas dalam rank MV? Karena ini MV pertama Rena bersama Nogi? Jelas tidak.

Secara pribadi, aku sangat menyukai warna-warna yang hadir di MV ini. Warna neon yang bertabrakan atau warna pastel yang senada, it’s just beautiful. Dan headset, seperti tidak penting dan nyatanya memang tidak, tapi entah kenapa itu membuat MV ini lebih enak dilihat. Bisa dikatakan Natsu no Free & Easy kurang oke dari lagu, tapi MV adalah #1 untuk summer single.

#09 Futari Saison

MV Keyaki ini luar biasa cantik dari segi visual. Padahal simpel saja storyline -jika ada- yang dihadirkan. Tempatnya juga biasa saja, Odaiba. Tapi teknik pengambilan gambarnya kelas top. Beberapa kali slo-mo cukup untuk membuat MV ini terasa lebih wah.

Menampilkan member dengan sedikit nuansa High School Musical, lalu pasukan ZAFT yang tiba-tiba muncul, memang sedikit absurd bagaimana mereka masih memaksakan pergantian seifuku di tengah lagu tanpa maksud yang jelas. Dance juga berbeda saat seifuku berganti, tapi kekurangan ini ditutupi dengan MV yang sangat eye candy.

#08 Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita

_000213171
MV Here

Salah satu contoh MV dimana center kalah dengan member lain. Secara resmi, center dari lagu ini adalah Sayu, tapi sepanjang MV kita lebih melihat Bebitan dan Ashurin. Juga MV dengan storyline yang kuat. Secara singkat, Ashurin mendapat peran utama di acara kesenian, namun Bebitan juga mengincar posisi yang sama.

Mengesampingkan itu, keduanya bekerja sama untuk hasil maksimal. Ashurin yang tahu betapa Bebitan menginginkan perannya berpura-pura bermasalah sebelum pertunjukan final. Bebitan yang akhirnya mendapat peran utama tersadar bahwa Ashurin lah yang lebih bisa memainkan.

Keduanya akhirnya meluruskan kesalahpahaman, pertunjukan berakhir sukses meski menghancurkan hati Bebitan. Peran Sayu sebagai center hanya terlihat di awal dan akhir, karena pada dasarnya MV ini adalah flashback. MV ini begitu sinkron dengan lagunya, maka dari itu layak berada di Top 10.

#07 Sayonara no Imi

Lebih dari ini adalah MV terakhir Nanamin, Sayonara no Imi punya hasil akhir yang indah. Sama seperti Futari Saison, MV ini mengedepankan nilai visual. Berlatar belakang Shizuoka, panorama di MV ini superb. Tapi bukan cuma panorama, dari segi kostum, ini adalah kostum terbaik Nogi menurutku, gabungan dari beberapa busana etnik.

Penggambaran “shijin” dan “ningen” juga menjadi tema yang menarik, seperti mengatakan “jangan melihat dari luar saja”. Dan sekali lagi, MV menjadi ajang unjuk gigi bahwa member Nogi memiliki visual idaman. Apalagi dengan balutan baju tradisional.

#06 Kimi no na wa Kibou

Kalau aku jelas lebih suka yang original ketimbang dance & lip versionStoryline yang dihadirkan nyaris tidak ada, hanya seperti rehearsal footage saja. Tapi yang paling indah disini adalah bagaimana member digambarkan apa adanya, sisi down to earth yang membuat Nogi terlihat berbeda dengan idol lain yang menonjolkan sisi kawaii.

Continuous shooting juga menjadi sesuatu yang kurindukan. Well, jelas dalam arti yang pelan seperti ini, karena di Influencer juga ada tapi dengan tempo yang jauh lebih cepat. Mudahnya, MV ini seperti base dari image Nogizaka, sederhana dan tidak terlalu flashy, meski sekarang cukup sering juga mereka bereksperimen.

#05 Nogizaka no Uta

Signature song ini memang memiliki MV yang kelewat sederhana. Menunjukkan kepelitan LLC dari awal mungkin? Tapi kenapa aku menempatkan ini di posisi atas, padahal “lagu kebangsaan” Keyaki ada di urutan bawah?

Jawabannya adalah, saat WKeyakizaka no Uta bermain-main dengan apa yang terjadi di timeline mereka, Nogi bermain dengan jalan yang lebih pure. Lagu kebangsaan yang ada sejak awal, dan MV yang dihadirkan saat debut. Unsur rookie menjadi hal yang tidak bisa digantikan, dan bagiku, hal ini sangat penting. Menunjukkan warna asli grup.

#04 Umareta Mama de

As interesting as it could be. Umareta menjadi MV yang berperan besar dalam hijrahku ke Nogi. Yang paling menarik dari MV ini jelas dance yang adiktif itu, sampai-sampai Fuusen wa Ikiteiru membangkitkan kembali kenangan atas salah satu MV ikonik ini dengan me-remake dance-nya.

Well, mungkin ada benarnya aku menyukai MV ini karena Bebitan dan Ashurin, karena ini MV ketiga dimana mereka mendapat peran banyak di Best 15. Tapi jelas bukan karena itu saja, melainkan karena MV ini memang unik, dan untukku, sangat adiktif.

#03 Silent Majority

Sorry, no surprise. MV terbaik Keyaki jelas adalah debut mereka, karena MV ini jugalah yang meroketkan Keyaki ke strata atas idol group. Apa lagi yang bisa dikatakan dari Silent Majority? Single yang meroketkan Keyaki, unorthodox idol image, lalu Son of the Sun yang viral…. mungkin hanya seberapa lama Keyaki harus hidup di bawah bayang-bayang Silent Majority.

#02 Seifuku no Mannequin

It was Nogi signature MV, and still is. Ya, Seifuku no Mannequin memiliki posisi istimewa karena pose khas yang dihadirkan di MV ini sampai sekarang masih menjadi pose mereka yang paling ikonik. Yah, sama seperti TT Pose untuk TWICEImage breakthrough pertama untuk Nogi, dan sukses besar.

Tidak pernah salah untuk membuat Seifuku no Mannequin menjadi MV pertamamu saat mengenal Nogi, karena tidak akan kecewa. Atau karena mengenal Keyaki lebih dulu dan baru mau mengenal Nogi, bukan masalah. Fans yang benar-benar baru sekalipun kemungkinan besar akan menyukai MV ini, selain lagunya yang bagus.

#01 Ima, Hanashitai Dareka ga Iru

Dan untuk peringkat #1 dalam Best MV Sakamichi versiku adalah…… Imahana. Yep, memilih #1 selalu menjadi hal tersulit, apalagi aku sendiri sudah kesusahan memilih dan mengurutkan Best 15. Tapi, banyak faktor yang membuatku menempatkan Imahana di urutan teratas, ini dia alasannya.

WCenter pertama dalam sejarah Sakamichi mendapat MV yang decent. Naachan mendapat peran gadis dengan disabilitas yang mulai berteman dengan member lain. Seiring waktu semakin membaur bahkan berniat mengikuti kontes menari. Sayangnya, di hari yang sama dengan kontes, Naachan harus pergi ke NY. Hal ini membatalkan keikutsertaan di kontes dan member mengantar Naachan pergi.

Dari awal, MV ini mungkin adalah yang paling menyentuh. Isu disabilitas masih menjadi topik panas. Di Jepang sendiri kaum disabilitas masih “tabu” sama seperti di Indonesia. It’s heart-wrenching. Bagaimana Nogi mengangkat tema ini menjadi sesuatu yang patut diapresiasi, dan mungkin juga, tekad akan persiapan menuju 2020, karena isu ini cukup diperhatikan.


Terakhir, seperti yang kusinggung diatas, rank kali ini subyektif dan jelas aku tidak bisa memenuhi harapan semua orang. Apalagi jika mengorbankan preferensiku. Tapi aku akan menjawab apabila ditanya “kenapa MV …… tidak masuk?”

Special thanks to IkudonSUBS and Sakamichi46

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

92 Comments

  1. Agak sesuai prediksi sih,yang agak kaget masuknya nogizaka no uta di big 5

    Kalau ane top 5 nya
    1.kidzuitara
    2.ima hana
    3.nandome
    4.futari saison
    5.shakiism

    Like

    1. Shakiism ada campur bias nya sih,ane jatuh cinta sama ikoma karena liat tu mv

      Ane jadi ngecek post sebelumnya,,,wah iya ternyata,kenapa bisa gak masuk ya?masak kalah sama nogizaka no uta yang dengan budget seumprit gitu😆😆😆

      Like

  2. Wah, Ima Hana toh peringkat 1 nya *plok plok plok

    Peringkat 1. Ima, Hanashitai Dareka ga Iru
    Jelas klo diantara 15 lagu ini, ane juga milih lagu ini, emski lagu ini gk masuk peringak besar dlm peringkat khilaf ane tpi ya, cerita MV nya yg mnyentuh jadi nilai terbaik MV ini.

    Peringkat 2. Ano Kyoushitsu
    Mungkin bias, tpi bias yang beralasan, sma kyk miminnya, abusrd tpi adiktif.

    Peringka 3. Futari Saison
    Adem aja liat MVnya, dance ballet nya jg bikin enak liat nih MV.

    Peringkat 4~ 15
    Otona de Guitar
    Sayonara no Imi
    Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita
    Natsu no F&E
    Another Ghost
    Umareta Mama de
    Kanashimi no Wasurekata
    Hoka no Hoshi Kara
    Kimi no na wa Kibou
    Seifuku no Mannequin
    Silent Majority
    Nogizaka no Uta

    Like

    1. Setdah, pas artikel terakhir malah baru ngasih komen yang “harusnya gini” dari Part 1 😀

      “emski lagu ini gk masuk peringak besar dlm peringkat khilaf ane ” typo udah biasa, tapi “khilaf” ini maksudnya???

      Kalau versi Best 15 ente?

      Like

    2. Hahahaha.

      Ya peringkat khilaf ane, part 1_2 kan ane bikin peringkat ane sndiri yg seharusnya bikin peringkat berdasarkan lagu2 yg ada diartikel, makanya itu peringkat khilaf ane 😀

      Apa ya? ane aja dah gk inget mv apa yg dah ane sebut n mv apa yg blum ane sebut 😀
      Yg pasti masuk 15 besar versi ane:
      Ano kyo, barrette, nandome (3 itu bukan gra2 bias ya 😀 ), Nigemizu, Sonna bakana, Yubi Bouenkyou Kara, apalagi ya?

      Like

    3. Iya aja lah, baru denger soal “peringkat khilaf” juga ane 😀

      Dasar orang tua, kemarin2 aja bikin rusuh sekarang malah lupa 😀
      Yubi Bouenkyou “Kara”???

      Like

    4. Pdahal di part 2 ane dah bilang, “maafkan ane al peringkat khilaf ini, untuk kedepannya, ganbarimasu” (kurng lebih gitu lah seinget ane 😀 )

      Hahahha
      Ane copas dari nama file di PC ane, dan nama file MV nya “Nogizaka46 4th Single – Yubi Bouenkyou Kara + Sub Indo” lupa pula nulis kara nya 😀

      Like

    5. Oh iya ya, kan ente lebih berumur
      *tumben pak ngebully dri sndiri? 😀

      Yaampun, ini pasti efek ane amsih terkejut sama susunan snbtsu single nogi 😀

      Like

  3. lagu dengan mv favorit ane keluar peringkat #1 hooraayyy 😀

    meskipun ada beberapa mv yang ga masuk tapi emang udah di awal dijelasin kalau penilaian itu subjektif jadi ane ga masalah

    ini top 5 mv versi ane
    #1 Imahana
    #2 Kidzukata
    #3 Hadashi
    #4 Another Ghost
    #5 Silent Majority

    entah kenapa lebih suka mv yang warm, daripada gelap-gelapan 😀

    Like

    1. Kidzuitara ane gak akan bilang jelek, sama kaya Hadashi, cuma lack punch, jadinya kurang berkesan sesuai selera 😀

      Lah itu Another Ghost gelap, SiMa juga 😀

      Like

    2. hehe ya intinya penilaian masing2 pasti ada perbedaan

      ya sebenernya yang nomer 4 cuma suka pas bagian yang dance outdoor aja
      kalau nomer 5 ane bias sih, soalnya lagunya keya yang sering diputer di list hp ane selain eien no hakusen dan satu-satunya mv keya yang ane sedot 😀

      Like

    3. pastinya liat min, setiap artikel ane coba play videonya juga
      cuma ya itu, mungkin karena udah demen sama saimajo, jadinya liat mv lagu2 keya yang lain terkesan b aja 😀

      Like

  4. nyanyi dulu
    LA LA LA LA LA LA
    Utaou
    LA LA LA LA LA LA
    Nakama yo

    bener kan prediksi oshi ane, Seifuku no Mannequin pasti peringkat atas, dia pernah cerita, dia awal suka sama Tante Nogi kaena liat ni MV, hehe

    untuk kasus silent majority, ane sampe sekarang, lebih suka lagunya sama livenya dari pada mvnya, hehe

    Like

    1. Ane suka sama Nogi karena Seifuku no Mannequin? Salah info tuh 😀

      Kalau live, hmmm, sebenernya ane pengen masukin juga pas bikin seri ini, cuma karena lebih susah nyari video live yang sepotong2 gini makanya gak ane masukin 😀

      Like

    2. lah, yang bilang Bang Mac siapa, kan ane bilang, dia (Oshi ane) suka nogi karena denger tu lagu, wkwkwk (sambil minum Aqua)

      kalo dah slesai the best song nanti, buat juga dong yang The Worst MV sama Song nya, hehe

      btw, kalo mau ngirim artikel kemana ya, saya mau ngirim artikel saya kesini, siapa tau keterima, hehe

      Like

  5. wah uda lama gak nongol disini gara2 sibuk ngurusin yang di korea, china sama thai 😀

    wah rank 1nya 😀 bikin inget endingnya kokoro ga sakebitagatterunda kan 😥
    sebenernya klo saya disuru milih si nomer 1nya itu lagu ini sama sayonara no imi karena story sama lagunya emang bagus
    klo top15nya :
    #1 Sayonara no Imi & Hanashitai dareka ga iru
    #3 Shibuyagawa
    #4 Tuning
    #5 Nandome no Aozora ka & Kanashimi no Wasurekata
    #7 Sekai ni wa Ai Shikanai
    #8 Namida ga mada kanashimi datta koro & ano hi boku wa tossa ni uso wo tsuita
    #10 Inochi no Shinjitsu Musical
    #11 Kidzuitara Kataomoi
    #12 Taiyou Knock (walaupun banyak yg gasuka)
    #13 Te wo tsunaide
    #14 Ushinaitakunai Kara
    #15 Senpuuki

    saya masi fans lawas yang suka lagu idolish atau yang mellow

    Like

    1. Di korea siapa di china siapa di thailand siapa? 😀

      Bah, #4 Tuning, pasti ada unsur HBD yang terlibat 😀

      Masih gagal paham ane sama cerita Te wo Tsunaide Kairou Ka 😀

      Like

    2. Di korea twice, dreamcatcher, elris, pristin(masi ngapalin member), wannaone(gr2 disuru nonton pd101 s2 sama temen 😀😀😀 perjuangannya itulo 😃 tapi cuma setaun aja jadi boibennya 😞), sama lagi ngikutin idol school(konsepnya kayak pd101 tapi di sekolah)
      Di china snh dan sisternya
      Di thai bnk sama ngikutin artis solo disana 😄😄

      Gak lah bukan gara2 turtlenecknya 😳😳😳

      Saya juga gapaham 😂😂😂 yg penting lagunya enak didenger 😅😅😅 mungkin ceritanya mereka mau pulang tapi ketiduran 😂😂😂

      Like

    3. Oneulun juinkung naya na, naya na~ ane cuma ngikutin IOI, males bener ikutin season 2 😀
      Kalau tuh TPE masih ada relasi sama AKB kah?
      Kirain di thailand ngikutin ladyboy 😀

      Terus karena? 😀

      Itulah, banyak lagu bagus MV ancur, atau sebaliknya. Makanya gak usah heran banyak yang gak masuk.

      Like

    4. Saya soalnya taunya pd101 s2 dulu 😂 klo ngikutin yg s1 untuk apa jugaan IOInya uda bubar 😂
      TPE masih anaknya babe kayaknya wkwkw belum ngikutin soalnya, itu TPE projeknya mangkrak kan gara2 dulu bikin SNH, gataudeh entar nasibnya gmn 😀😀😀
      Ngapain coba ngikutin ladyboy 😂😂

      Gara2 apa ya 😅😅😅 gara2 zumiko lah 😃😃😃 masukin rank tinggi karena bias

      Uda dari jaman rivalnya kali min 😁😁😁 mvnya banayk yg ganyambung sama lagunya, atau lagu bagus mvnya agak2, atau lagunya jelek mvnya tambah jelek (klo sakamichi sejauh ini belum ada yg kayak gini)

      Like

    5. IOI bubar tapi membernya masih aktif juga, tuh di Pristin kan juga ada si Nayoung & Kyulkyung. 😀
      Lah jadi gak ngikutin TPE tapi SNH? 😀
      Yakali udah bosen lurus 😀

      Kepolosan yang susah dipercaya 😀

      Ane gak akan bilang gak ada, tapi sekali lagi ini subyektif.

      Like

    6. IOI bubar membernya pada mencar masa diikutin semua gbnya 😂😂😂
      Kan belum ngikutin TPE wong teater sama debut aja belum 😂😂😂 masi audisi member pula

      Ane masi polos kok 😳😳😳 gamerhatiin ukurannya zumiko mengecil pas comeback 😳😳😳

      Ya tiap idol pasti ada aja lagu yg +- tergantung preferensi 😀

      Like

    7. Udah min 😂😂😂 jangan mensugesti saya wkkwk nanti beneran saya ikutin semuanya 😂😂
      Itu sisa akb taiwan audition min 😀 sama member akb yg ditranfer klo gen 1 nya masi audisi

      Ukuran pipinya 😳😳😳 jadi tambah tirus ndak embem kayak dulu

      Like

    8. Pristin Kyulkyung & Nayoung
      kyulkyung

      Jeon Somi
      somi

      Gugudan Kim Sejeong & Mina
      sejeong
      mina

      Alumni IOI emang maknyus. Ini belum semua padahal 😀 😀 😀

      Oh itu toh 😀
      Yang lain enggak? 😀

      Like

    9. Lah malah mimin yg ngikutin wkwkkwk lama2 saya beneran ikutin semuanya 😂😂😂😂 mending nyari bias dulu deh saya baru ngikutin daripada ngikutin tanpa arah wkwkw 😅😅😅

      Yang lain apa ya? 😳😳😳 #pura2polos

      Like

    10. Loh kalau ane emang dari dulu cukup suka IOI, cuma ya gitu aja, enak aja nonton mereka di variety. 😀

      Somi aja tuh, blasteran Kanada, seumuran Tecchi pula 😀

      Entahlah, apa ya? 😀

      Like

    11. Itu akip gajadi bikin acara macam gitu? Siapa tau sukses juga sekalian promoin idol jepang lainnya 😀

      Saya gaterlalu suka blasteran sama orang eropa/amerika 😃😃😃 sukaan blasteran sama asia timur sama tenggara 😀😀😀 kayak ashurin gitu 😳😳😳😳

      Udaah saya bukan aktivis habede jadi gatau apanya yg mengecil 😳😳😳

      Like

    12. Acara macam apa? Produce 101 atau Idol School?

      Bah, nyesel ujung2nya malah kumat lagi sama adek ane.

      Kata2 sama emoticon beda jauh 😀

      Like

    13. Dulu pernah baca mau ngadain yg kayak pd101 (?) Tapi keduanya boleh 😂😂😂

      Siapa suru mancing😁😁😁

      Emoticon tidak menunjukkan jati diri yg sebenarnya (?)😳😳😳 -quote apaandah

      Like

    14. Ini bukannya udah lama ya? Iya pernah denger sih kalau ini tapi kirain ane salah baca doang waktu itu.

      Nah udah sono sama Master Yoda aja, menyeberang ke Light Side 😀

      Bercermin dulu gih, entar juga keliatan 😀

      Like

    15. itudah udah lama 😀 makanya kok ga dilanjutin si projectnya 😆

      tapi kan… tapi kan… pengen masuk dark side juga 😀 saya kan maso 😀

      saya gabisa bercermin 😀 cerminnya langsung pecah biasanya wkwkw

      Like

  6. Untuk best MV yg trkhr ini,3 besar buat saya
    1.Sayoimi
    Pertama Saya suka musik dan lagu’y
    Kedua saya suka alur cerita’y
    Ketiga,apalagi kl bkn krn Nanamin..senyuman di akhir MV sebelum dia hilang,masih membekas sampai skrg 😀
    2.Ima Hanashitai Dareka ga Iru
    Alur cerita yg saya suka dari MV ini,mengharukan 😀
    Musik dan lagu’y enak,dan selalu jd no.2 di daftar putar di hp setelah Sayoimi 😀
    3.Seifuku no Mannequin
    Ini MV awal saya kenal Nogi,lebih tepat’y kenal Nanamin dulu,baru kenal Nogi..Lagu dan musik’y jg enak..
    Berkat MV ini saya suka Nogi sampai skrg,meskipun Nanamin udah gak eksis tp ttp suka Nogi 😀

    Yg lain bkn’y gak masuk,tp males ngurut’y,bisa panjang 😀
    Sayang Naimononedari gak masuk,pdhl bagus,menceritakan kebersamaan Nanamin bersama Nogi yg gak mungkin terjadi lagi 😀

    Like

    1. Nanamin dimana2, Kok mirip kaya anak kos sebelah yang mendewikan Nanamin ya? Perasaan doang kah? 😀

      Kenapa gak ngurutin yang lain? Karena gak nemu faktor Nanamin kah? 😀

      Like

    2. ya memang Nanamin itu Dewi bagi saya,Dewi dihati saya 😀
      anak kos sebelah,abaikan saja,hanya peniru kyk’y 😀
      pernah nonton Arslan Senki?nah Nanamin itu mirip Pangeran Arslan,sosok yg saya kagumi..ini mungkin hanya saya yg faham,jd abaikan saja 😀

      urutan 15 versi saya :
      1.Sayonara no Imi
      2.Ima Hanashitai Dareka ga Iru
      3.Seifuku no Mannequin
      4.Naimononedari
      5.Harujion ga Sakukoro
      6.Kimi no Na wa Kibou
      7.Taiyou Knock
      8.Hadashi de Summer
      9.Natsu no Free&Easy
      10.Kyuushamen
      11.Kanashimi no Wasurekata
      12.Nogizaka no Uta
      13.Hoka no Hoshi Kara
      14.Sonna Baka na
      15.Sakanatachi no LOVE SONG

      Knp Keya gak ada satupun?Keya masih belum bisa nembus hati saya,meskipun ada Katoshi dan Satoshi sebagai tombak’y 😀

      Like

    3. Yg disana lah..saya sayang ini,dia ikutan sayang disana..untung’y gak ikutan sayang Ashu 😀

      Gak juga harus jd center sih,cuma ada yg kurang aja,tp entah apa 😀
      Dari variety jg krng,biasa’y variety bisa nambah rasa,tp kl nonton Kankenai krng menghibur,krn itu gak prnh dwnld..cm eps yg karaoke kmrn dwnld,tp kecewa gak ada Katoshi 😀

      Like

    4. Knp disamain mulu :p

      Ya tolong lah rukiyah,krn entah knp skrg2 agak bosenin,mulai dr kankenai,keyabingo..menurut saya pribadi ini mh 😀

      Like

  7. Sehati kita min 😀 #ImaHanaSquad

    List lima belas besar ane kayak gini :
    1. ImaHana
    Ini MV yang buat ane jatuh cinta sama Nogi 🙂
    2. Tachinaori Chuu
    Ane suka MVnya karena feelnya selalu dapet tiap ane mutar MVnya.
    3. Sekai Ni
    MV yang buat ane jatuh cinta sama Keyaki dan Risa meski dia keliatan cuma secuil 😀
    4. Futari
    Meski ane gak suka lagunya, MVnya emang bagus 🙂
    4. Harujion
    Akhir-akhir ini ane suka sedih kalau ingat MaiMai :’D
    6. GirlsRule
    Perlu ane jelasin? 😀
    6. Wareta
    MVnya bikin nagih 😀
    8. SayoImi
    Akhir-akhir ini ane suka sedih kalau ingat Nanamin :’D Dan bagusnya emang main castnya itu Nanamin-Maiyan. Biar lebih kerasa feelnya.
    9. Shibuyagawa
    Ane suka aja mvnya yang simple tapi tetap enak ditonton 🙂
    10. Taiyou Knock
    Ane suka warna mvnya.
    11. UmaretaMama
    Marika cintaaaaa
    12. Senpuuki
    Dancenya ane suka 🙂 Centernya juga 😀
    13. SekaiDeIchiban
    Maiyaaaaaaang ❤❤❤❤❤
    14. Arakajime
    (Failed) Duo Kombinya Nogi 😀
    15. Kidzuitara
    Nanasayaaaaaaang ❤
    15. Nandome
    Coba aja gak ada “kucing jantan” itu, pasti mvnya ini lebih bagus 😀

    Rangkingnya berubah drastis dari yang semula mau ane komenin. Karena akhir-akhir ini si Hijau membosankan dan tidaj se-replayable kakaknya.

    Untuk Simajo emang ane biasa aja 😀

    Like

  8. Untuk part terakhir kalo urutan ane :

    Natsu no free
    Masalah warna dan pengambilan latar tempat mantap 😀 Walaupun ane gk suka ama lagu nya.
    ImaHana
    Kalo ini suka MV ama lagunya, tapi ane gk nyangka kenapa ini bisa jadi rank 1 versi mimin 😀
    Sebenarnya konsep ceritanya terlalu sederhana sih, gampang ketebak, tapi ane suka aja entah kenapa 😀
    SayoImi
    Kalo yg ini the best lah, mulai dari lagu, latar, tema, costum semuanya mantap, bagian akhir waktu dia ngilang juga bikin hati sedih 😦

    Like

    1. Kenapa Imahana #1? Udah ane jelasin diatas kan 😀

      Kalau mau nambahin, sekitaran single ini rilis, kalau gak salah di National Geographic atau Asian Geographic pernah bahas soal disabilitas. Jadi timingnya pas buat ane untuk ngasih kredit lebih ke MV ini.

      Like

  9. Hai. Cuma mau dikit ngecuit: Wcenter udah dipake sejak single pertama. IkoIku di lagu Ushinaitakunai Kara

    Like

  10. Sayoimi klo ada kata diatas favorite itu bakal dtempatin 😀

    Ahh,otoga denai gitar itu prequel mukuchi na lion 😀

    Klo ada best yuri sakamichi mv, ane baka msukin
    1.mukuchi na lion
    2.shakiism
    3.harujion
    4.otoga denai gitar
    5.shitto no kenri
    6. Te wo tsunaide
    7. Wareta sumaho
    😀 😀 😀

    Tumben mv prtama marika di nogi g masuk?

    Like

    1. Maksudnya?

      Nah kalau gitu dari kapan dan gimana Reika bisa masuk ke cerita? Masih ada timeline tersembunyi? 😀

      Kayanya Shakiism gak cocok masuk kategori yuri deh, kan itu ceritanya udah co-ed 😀

      MV pertama Marika?

      Like

    2. Mksud ane klo ada predikat yg melebihi kata favorite/best, maka sayoimi mnrut ane ada dpredikat tsb 😀

      Justru itu,kan di otoga kan wakanana lg tengkar tuh critanya jd agak jauhan trus di mukuchi waka nemu gacoan baru tp nana blom bs move on maka trjadilah adegan legend itu 😀

      Yaah,apapun itu shakiism msih msuk list ane 😀
      *g mau nyerah pokonya 😀

      Yg harukanaru bhutan,itu yg sutradara ama ide crita marika kan y?

      Like

    3. Ciah 😀

      Nah, gimana Reika bisa masuk ke cerita ini itu yang harusnya dikasih liat 😀

      Ngeyel 😀

      Harukanaru Bhutan kurang ngeksplor gimana Bhutan-nya, jadi ane miss. Padahal situasi dan kondisinya udah mendukung jadi cuma keliatan kaya cewek2 main ke museum doang. 😀

      Like

    1. Setelah Berhari2 Meluangkan Waktu 1-3 Jam Untuk Maraton MV Akhirnya Kelar Juga 🙂

      Best MV Versi Ane
      15. Inochi Wa Utsukushii
      14. Hoka No Hoshi Kara
      13. Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita
      12. Umareta Mama De
      11. Ano Kyoshitshu
      10. Koko Janai Doko Ka
      9. Live Shin
      8. Inochi No Shinjitsu
      7. 13 Nichi No Kinyobi
      6. Sayonara No Imi
      5. Romance No Start
      4. Seifuku No Mannequin
      3. Sekai de Ichiban Kodoku na Lover
      2. Ima, Hanashitai Dareka ga Iru
      1. Hane No Kioku

      Like

  11. Ga mau nambahin Honorable Mention min buat MV Nogizaka no Uta sama Kikkake yg dibuat waktu 46 Hours TV. Walaupun ngga resmi, dan biasa aja dari segi kualitas cinematografi. Tapi 2 MV tersebut layak, karena meninggalkan kesan tersendiri di hati mereka.

    1) Nogizaka no Uta
    Jadi mulai dari pagi sampai pagi nya lagi sekitar satu setengah hari mereka datengin ke spot2 yg sudah direkomendasikan fans / titik temu fans, di seluruh penjuru Jepang. (Wowowowowowowowow). Kemudian mereka pake konsep Voice Relay buat nyanyiin Nogizaka no uta tsb. Bener2 salut sama tim Staff nya, repot banget kalang kabut, ngurusin komunikasi dan lain2. Tapi akhirnya hasilnya bisa sangat memuaskan dan membuat kita terharu. Bangga juga lagunya bisa disenandungkan di berbagai penjuru wilayah, udah kayak lagu Nasional aja..
    Sebelumnya ane ngga begitu suka karena wowowowow nya itu yg terkesan norak dan mulai dari verse hingga chorus nya terdengar biasa aja, tapi MV ini merubah segalanya..

    2) Kikkake
    Graduation project nya Maimai, konsep MV nya yaitu membuat gambar di papan tulis dengan partisipasi semua member selama 46 jam itu. Dibagian awal ditunjukkan proses pembuatan gambar tersebut trus mulai bagian chorus disuguhkan flashback singkat mengenai aktivitas mereka selama 46 jam itu, Mulai dari jemput member dari Studio TV, W-Hina belanja bareng Fujimori, main werewolf, Duo gundan yg ngunjungin tempat wisata, Sayunyan yg capek nge-MC trus ketiduran, dan juga insiden Takayama yg ketiban papan tulis :)). Ketika ditampilkan hasil gambarnya untuk bagian pre-chorus dan chorus terakhir, kesan pertama “wow banget” dan worth it hasil kerja mereka, khususnya untuk member yg jago gambar dan berperan penting dalam proses pembuatan gambarnya seperti : wakatsuki, renacchi, marika, nishino, Ikucchan(eh). Dan bagian akhir menampilkan logo Nogizaka46 dengan nama semua member, dengan stop motion perlahan2 gambar itu dihapus dan menyisakan sebuah papan tulis hitam yang bersih.

    Dari 2 MV diatas bagian yg paling unik adalah kita bisa menyaksikan live reaction dari para member saat MV tersebut pertama kali diputar.

    Like

    1. Dua2nya bukan selera sih gan 😀

      Soalnya MV yang kaya begini itu ane alergi, cuma ngingetin sama pelitnya LLC doang, jadi esensinya gak dapet. Lagian kesel juga sih ada MV buat Kikkake, padahal udah bagus gak usah MV sekalian deh, jadinya ngarep kalau album tuh harus dapet MV -akhirnya Skydiving enggak kan-, toh akhirnya cuma numpang lewat dan dilupain.

      Like

    2. Ane kurang setuju kalo LLC dibilang pelit untuk ini. Secara 2 MV ini merupakan OUTPUT-an dari 46 Hours TV yg secara sumber daya (budget, tenaga, waktu) bisa dinilai besar banget namun meraup keuntungan yg sangat kecil dibanding event2 nogizaka lain, dan kita pun bisa menonton secara gratis live streaming tersebut. Dana yg masuk kurang lebih dari sponsor aja. Ngga ragu2 lagi mereka melakukannya untuk kali kedua dengan konsep yg lebih inovatif, namun dengan budget yg sedikit dikurangi.

      It’s okay gan kalo bukan selera, ane jg ngga masalahin MV di album, tapi sedih banget kalo sampe dilewatin bahkan dilupain…
      btw MV ini ada di channel resmi nya Nogizaka juga lo..

      Like

    3. Nah, karena alasan itulah ane gak suka. Kesannya terlalu maksa ngambil footage dari situ. Dan ini juga kenapa 46 Hours gak ada lagi.

      Well, sekali lagi balik ke selera emang. Cuma dari 10 orang, berapa yang bakal inget MV Kikkake?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s