Sakamichi Review : Influencer

17th single Nogizaka46, Influencer akan rilis akan rilis pada 22 Maret 2017. Dan itu artinya Sakamichi Review akan dimulai lagi. Kali ini, aku ingin mencoba hal baru dengan membuat Sakamichi Review yang berbeda dari biasanya. Sakamichi Review untuk album biasanya kurilis paling akhir setelah main single MV dan coupling MV, tapi sekarang, akan kurilis duluan.

Kenapa? Karena jika kurilis setelah semua orang mendengarkan lagunya maka hype-nya sudah tidak dapat lagi. Jadi postingan ini akan bertahap, cover sudah rilis, maka cover akan kubahas duluan. Influencer sudah diperdengarkan di radio, maka reviewnya juga akan kutulis. Begitu sampai lagu terakhir dan seifuku. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review dari Influencer.

Covers Coverage

Type A & Type B mengambil Double SunsType C untuk 4 member front row lain, Type D untuk 2nd row dan Regular untuk 3rd row. Konsep yang digunakan kembali mencontoh cover Sayonara no Imi, yaitu tema fashion yang kental. Pewarnaan yang sama juga digunakan dimana dominan warna merah di A, biru di B, kuning di C, pink di D, dan violet di Regular.

Well, menggunakan Maiyan di A dan Naachan di B bisa menjadi ide bagus tapi juga sebaliknya, publik akan lebih mengenal center kali ini adalah Maiyan. Sebelumnya aku sudah mengatakan bahwa Maiyan sebagai center setelah Passport adalah sesuatu yang cukup riskan. Kita tahu bahwa dia hanya WCenter kali ini, tapi type mana yang akan lebih sering muncul di media, dan siapa yang akan ditangkap mata publik?

Sedikit perbedaan dengan Sayonara adalah tidak semua member mengenakan baju yang dominan dengan warna cover. Hanya Naachan, Manatsu, Ikuchan, Sayuringo, dan Ikoma yang mengenakan baju dengan warna yang sama dengan warna fontasi di cover. Nogi menitikberatkan cover kali ini pada fashion, terlihat jelas dari desain yang mirip majalah, mungkin lebih baik kalau bentuknya tidak persegi, mirip majalah yang sebenarnya bisa menjadi gimmick yang menarik. Oh, dan harus kukatakan, sejak Sayonara, Nogi terpengaruh oleh VIKI.

Cover kali ini jauh lebih bagus dari promo pic-nya yang terlalu overphotoshopped, kali ini member terlihat lebih natural. Tapi bukan berarti tanpa kekurangan. Kanarin dan Hinachima sebaiknya mengambil angle dari samping, dan aku tak bisa menahan tawa tiap melihat ekspresi Reika. Sementara member yang paling stand out kali ini adalah Naachan, Misa, Maichun, Ranze, dan Yuttan.

Track List

  • インフルエンサー Influencer / Senbatsu

Type A, B, C, D, Regular Track 01

Latin sounds yang dihadirkan kental terasa di lagu ini. Donald Trump will hate this song. Sudah lama sekali Nogi tidak menghadirkan lagu yang seperti ini, harus kukatakan ini memang tidak mendapatkan purple line seperti biasanya, tapi di sisi baiknya ini adalah variasi dan finally we get rid of EDM. Dan ballad, sudah berapa lama kita dihujani ballad dan selalu mengeluhkannya, kini datang nuansa lain dan masih mengkritik?

Aku tidak akan mengambil referensi “ini terlalu AKB” karena memang sudah tak terlalu mendengarkan lagu mereka. Hanya single terakhir mereka yang kudengarkan selain SakamichiAKB dan contrary to public, aku harus mengatakan Shoot Sign adalah momen pertama aku bisa mendapat feel dari AKB sejak beberapa tahun terakhir. Dan menurutku, Influencer, Shoot Sign, dan Dare no Koto wo Ichiban Itoshiteru adalah lagu yang berbeda.

Mengesampingkan Influencer dikatakan terlalu AKB, nuansa gitar latin terakhir Nogi adalah Kakigoori no Kataomoi, nomor dari album kedua Sorezore no Isu. Sebelumnya ada juga Seifuku no Mannequin, nuansa ini bukan hal baru untuk Nogi dan kembalinya di main single adalah oase di tengah terlalu beratnya sisi artifisial dari musik Nogi. Gitar atau banjo adalah nilai A untukku.

Memang di segi engrish dan kata yang diulang-ulang cukup meh, tapi tidak juga kok. Engrish memang selalu akan menjadi letdown untuk tiap lagu, tapi jika mengatakan lagu ini terlalu mirip AKB karena ini, konyol. Purple line memang kurang kali ini, tapi inovasi sedikit jauh lebih baik daripada selalu mengulang formula yang sama terus-menerus.

Untuk MV, aku benar-benar mengharap nuansa Old California pre-Gold Rush atau Mississippi, lengkap dengan background peternakan, cowboys, dan hacienda. Man, I really craved for this.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

  • 人生を考えたくなる Jinsei wo Kangaetaku Naru / Akimoto Manatsu, Sakurai Reika, Nakada Kana, Wakatsuki Yumi

Type A, B, C, D, Regular Track 02

Unit yang kembali setelah Kuchiyakusoku di Sorezore no Isu. Dan kesan pertamaku adalah, well, it’s spring, and it’s Nogi, ballad is a must. Lagu ini standout dalam artian satu-satunya lagu yang bertempo lambat di single ini. Dan yeah, aku tak bisa bilang aku tak akan merasa kehilangan ballad, dan lagu ini (untuk sementara) terdengar nostalgik. Meski aku tak bisa mengatakan vokal siapa yang mana, terasa terlalu artifisial.

Edit. Sebagai satu-satunya lagu yang bertempo lambat di single ini, Jinsei wo Kangaetaku Naru memang cukup mudah diingat, tapi bisa juga mudah dilupakan. Lagu ini dibuka oleh Manatsu? Jika kudengar berdasarkan proses eliminasi. Well, jika tak melihat siapa saja member yang menyanyikan lagu ini, aku akan bilang itu Misa.

Berbeda dengan Kuchiyakusoku, lagu ini jauh lebih ballad dan menariknya, jika melihat susunan member, tak kusangka bisa menarik lagu ini dengan sebaik ini. Well, Reika dan Yumi memang termasuk member yang cukup baik dalam vokal, tapi dua yang lain…katakan saja tidak. Yah memang bantuan dari komputer tak bisa diabaikan, tapi setidaknya Nogi bisa membungkus lagu ini sebagai alternatif yang cukup bagus dari lagu lain di single ini yang semuanya upbeat.

Rate : ⭐⭐⭐

  • 意外BREAK Igai BREAK / Eto Misa, Shiraishi Mai, Takayama Kazumi, Matsumura Sayuri

Type A Track 03

Well, dari line up member, hanya Sayuringo yang mungkin sedikit merusak komposisi vokal dari unit ini. Tapi ternyata malah melebihi ekspektasi. Semula kupikir hanya akan seperti Kyuushamen atau Kuukikan, mengingat membernya sama. Tapi ternyata cukup twist, suara cempreng tidak sebegitu dominan seperti Kuukikan. Antara Kaz atau Maiyan yang menyanyi pertama, hal ini membuat kesan pertamaku terhadap lagu ini langsung oke.

Dari segi komposisi, lagu ini membawa aroma funk yang cukup kental. Memang menarik, karena dari segi member juga mendukung, tinggal menunggu bagaimana MV lagu ini, dari yang dibocorkan, MV-nya akan cool. Penggunaan “Why don’t you fly away” juga menarik, english yang tepat pada tempatnya, tidak over dan timing yang bagus.  Overall, lagu ini menarik, dengan purple line yang lebih dalam, meski cenderung forgettable. 

Aku membaca sebuah komentar lagu ini lebih baik dari Influencer. Dari satu sisi, ya. Purple line yang dimiliki lagu ini lebih dalam, bahkan bisa kukatakan lebih dewasa. Tapi di sisi lain, lagu ini akan sedikit sulit dibawakan senbatsu, paling cocok adalah untuk unit seperti ini dengan member yang memiliki kriteria khusus. Selain itu, tidak seadiktif Influencer untuk dijadikan main single menurutku.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

  • Another Ghost / Ito Marika, Saito Asuka, Nishino Nanase

Type B Track 03

Lagu yang berada di sisi yang lebih cool dari biasanya. Nuansa funk yang dibawanya memberi lagu ini kredit lebih di single ini yang didominasi gitar, selain Igai BREAK tentu. Pemilihan member untuk lagu dengan judul seperti ini juga terasa tepat, dua member yang dork & dark, dan satu lagi Naachan.

Vokal Naachan terasa begitu berat di pembukanya, terasa sangat berbeda dan memberi kesan bahwa itu bukan dia. Bebitan juga membuat impresi dengan vokal yang sedikit berbeda dari biasanya. Terkesan bukan vokal yang sama di Ikuate no nai Bokutachi. Yang menjadi sedikit letdown adalah Ashurin, dari yang bisa kudengar dia masih sedikit bermasalah di pengaturan nafas.

Lagu ini masih butuh audio yang lebih jernih untuk bisa lebih dinikmati. Yang sekarang masih terlalu berisik dan distorsi dimana-mana. Hanya saja penggunaan efek yang cukup berbeda, sedikit campuran EDM dan rock pada instrumental terdengar indah. Jika mau dibandingkan, ini seperti Bohemian Rhapsody-nya Nogi dari segi instrumen.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

  • 風船は生きている Fuusen wa Ikiteiru / Under Members

Type C Track 03

Sama seperti single utama, Under song kali ini membawa suasana akustik yang kental. Yang membuat lagu ini spesial adalah rap yang digunakan di chorus lebih kental dari Buranko, siapa yang mendapat bagian rap ini masih membingungkan, antara Johnson, Karin, atau Maaya? Sayang, untuk sekarang, aku masih belum bisa menebak siapa saja member yang menyanyikan lagu ini. Masih menunggu lagunya secara penuh dulu. Namun untuk sekarang, aku menilai lagu ini tinggi.

Edit. Sama seperti sebelumnya, pendapatku tentang lagu ini masih tinggi. Terlebih setelah mendengarkan full version. Sejak awal, genjrengan gitar yang dominan adalah hook yang baik, dan dilanjutkan ke rap -well, katakan saja fast talking- yang cukup adiktif. Perubahan ini ditambah dengan masuknya gitar spanyol di pertengahan lagu dan gitar elektrik serta beat drum menjelang akhir. Dari segi musik, Fuusen wa Ikiteiru cukup beragam tapi anehnya masih membawa purple line yang kental.

Keluhanku hanya pada vokal member yang masih ngos-ngosan, terutama di bagian rap atau saat nada tinggi. Paling kentara adalah di bagian akhir setelah reff, Miria terdengar out of tune tepat begitu lagunya dimulai, well, sudah kukatakan kalau dia terkadang terlalu memaksa menyanyi di yang bukan vocal range-nya. Dan anehnya, di bagian akhir ini, vokal semua member terdengar sangat out of tune jika dibandingkan di awal. Hal ini berpengaruh pada penilaian finalku tentang lagu ini sayangnya.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

  • 三番目の風 Sanbanme no Kaze / 3rd Gen Members

Type D Track 03

Well, well, well, Gen 3 memang mendapat perlakuan jauh lebih istimewa dari Gen 2. Jika Gen 2 hanya mendapat Border dan baru di Kakigoori no Kataomoi mereka mendapat lagu yang decent, Gen 3 langsung mendapat lagu ini yang meski tidak bisa dikatakan decent tapi jelas lebih baik dari Gen 2. Jika dibandingkan dengan Dare Yori mo Takaku Tobe!, 11-12.

Namun sayang dari audio yang beredar, sounds EDM terkadang terlalu menutupi vokal dari Gen 3 ini sendiri, di beberapa bagian terlalu jedak-jeduk dan di bagian lain fade dan chorus yang cukup sering bertumpuk malah membuat lagu ini terkesan sedikit membosankan. Mungkin bagus jika digunakan untuk dance, tapi jika hanya audio, meh. 

Dari vokal juga masih belum bisa dikatakan memuaskan. Mungkin juga karena audio yang beredar masih terlalu raw karena hanya dari radio rip. Aku sendiri masih menunggu albumnya rilis atau setidaknya MV-nya keluar sebelum bisa memutuskan bagaimana pendapat finalku tentang lagu ini. Sejauh ini masih belum terdengar member yang bisa dikatakan vokalis yang menjanjikan dari Gen 3.

Edit. Setelah MV dan audio HQ keluar, maka pendapat finalku adalah lagu ini cukup untuk menjadi debut. Tapi sayangnya, di beberapa bagian efek suara masih terlalu menutupi vokal dari member, sehingga tak begitu nyaman dinikmati. Well, aku harus mencoba menghilangkan instrumen dari lagu ini dulu untuk bisa mendengar dan mengenal vokal dari Gen 3.

Rate : ⭐⭐ 1/2

  • 当たり障りのない話 Atarisawari no nai Hanashi / Ikoma Rina, Inoue Sayuri, Hoshino Minami, Hori Miona

Type Regular Track 03

Lagu ini mirip tipikal anime song di intro, dan kesan itu berlanjut hingga lagunya. Wajar saja karena vokal keempat member ini memang lebih berat disana. Lagu ini setipe seperti Hakumai Sama atau 2-dome no Kiss Kara, dalam artian not my piece of cake, dan audionya masih terlalu pendek, jadi masih belum bisa memberi pendapat lebih jauh.

Edit. Well, seperti dugaan awal, lagu ini terlalu  tipikal anime song, yang sayangnya bukan tipikal lagu favoritku. Yah, selama berhubungan dengan idol, lagu ini akan selalu ditemui, jadi harus kukatakan meskipun bukan seleraku, telan saja lagunya. Berbeda dengan SG dan MRG, lagu ini tidak mendapat MV, jadi pendapatku bisa total ke lagunya.

Harus kukatakan meski dari segi vokal lagu ini bukan my piece of cake, tapi aransemen yang dihadirkan cukup membuatku tertarik. Yah, sebelas duabelas dengan Seifuku wo Nuide Sayonara wo untukku. Vokal dari keempat member ini juga terbilang mirip, meski harus kuakui aku sedikit kehilangan vokal Sayu yang kuat, ambil contohnya dari Ikuate no nai Bokutachi.

Rate : ⭐⭐⭐

Seifuku

Seifuku ungu, biru, dan marun yang digunakan dalam MV Influencer digunakan dalam live pertama Influencer di MSte. Harus kukatakan dalam live seifuku ini tidak seburuk seperti di MV. Pertama, perbedaan warna yang jauh lebih kentara, selain itu intensitas dance di lagu ini memang cocok dengan menggunakan trousers, karena membuat member bisa lebih ekspresif. Saking ekspresifnya, ada yang jatuh saat live pertama?

Sementara itu, seifuku resmi 17th yang beredar baru seifuku putih yang sialnya, aku tak menemukan sumber gambar lain selain Miria dan Renachi. Itupun hanya bagian close-up separuh atas. Jadi aku tak bisa berkata banyak tentang hal ini untuk sementara. 😛

*please understand it, I’m not doing well these days 😀

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

95 Comments

  1. Suara gitar spanyol 😀
    lagunya bagus cuma agak susah diinget liriknya 🙂

    mengingatkan saya dengan lagu princess cloacknya snh48 ya 😀

    mungkin karena sama sama make gutar 😀

    Like

  2. Dari cover jacket,
    Type A dan B, ane lebih ke B. Lebih adem warnanya. Ditambah kaki Naachan juga lebih natural dibanding Maiyan. Bukan berarti karena Naachan kakinya lebih kebuka, tapi kalo liat kaki Maiyan, apa itu di potosop? Betisnya keliatan besar, dan pahanya kecil banget!
    Type C, suka ekspresinya Misa. Asuka juga manteb, suka bajunya. Miona ekspresinya ga banget!
    Type D, ane ga terlalu tahu soal fashion, tapi Yumi, gaya fashioannya ga banget. Sabuk besi udah bikin efek langsing, tetapi kenapa harus pake sleeveless gitu? Seharusnya pake baju yang agak longgar, biar vocal pointnya lebih jelas, ga nyebar kayak gitu. Tapi tetep, ane cinta Yumi, apapun baju yg dipakainya. ❤
    Dan, ane suka celananya Ringo! 😀
    Regular, ekspresi Marikka, manteb! Ane suka celananya Kiichan! Dan, dari semuanya, tipe ini yg paling ane suka. Minim motif dan pola. Lebih banyak warna polos dan adem. Kesannya enak banget dilihat! 😀

    Lagu, Influencer.
    Setuju kalo dibilang purple linenya kurang. Ane malah dengernya lagu ini lebih pas buat coupling yg dibawaain Senbatsu. Single utama kurang pas menurut ane. Ditambah lagi, suaranya terlalu mentah. Gitar akustiknya terlalu kuat, sampai kedengeran gesekannya pas jari pindah fret. Atau mungkin kualitas audio ane aja yg kurang. Ini soalnya ane denger pake tablet ane, ga pake Headphone dan laptop. 😀
    Dari sini, harapan ane soal lagu kayaknya belum terkabul. Masih butuh bersabar, sepertinya. 😀 Ane sebelumnya berharap mirip dengan, kalo ga Sekai de atau Inochi, ya mungkin Kikkake atau Nandome. Tapi, beda gini, mungkin jawaban dari mnjmn dan AkiP kalo Nogi juga bisa berinovasi. Sekarang, tinggal tunggu MVnya. Biasanya berubah pendapat ane. 😀 Plus, lagu coupling, Under, Unit dan Gen3. XD
    *beneran, kayaknya ane harus beli tablet baru. Touchscreennya koplak!!! 😦

    Like

    1. Kadar photoshop di single ini emang sampe level bikin eneg. 😀 Duh, ngatain Miona pula, awas Voodoo! 😀 Sleeveless emang jadi trademark Yumi kan, jadi ane gak heran2 banget.

      Slow, jangan terlalu mendalam sampe analisa teknikal. Masih LQ kan, tunggu HQ atau MV dulu baru deh bisa yakin sama review kita. Tapi kayanya lusa paling lama MV Influencer udah keluar kok. 😀

      Like

    2. Potosop, sebenernya ga perlu. Member Nogi udah yahud dari sononya. 😀
      Kalo Miona ga pake poni macam itu dan dibuat macam Mbak Misa, okelah menurut ane. 🙂
      Kalo Yumi, ane ga masalah soal sleevelessnya. Sabuk besi itu loh, yg ga banget. Itu kan dipakai biar ada efek langsing. Yumi pinggang dan perutnya udah langsing dan seksi, ngapain juga pake itu.

      Influencer, ane beri OK deh, meski pendapat ane tetep, ga pas buat single utama. Dan dari cuplikan MV, ini bakalan ga ada ceritanya macam MV single utama sebelumnya. Dan emang, dancenya keren dan lumayan sulit. Salut buat bagian yg satu ini. 😀
      Dan, preview audio Sanbanme no Kaze! Langsung pas di kuping ane! Meski ga catchy, kalo dibiasain ntar juga suka! Aroma Keyaki kental banget, khususnya Katarunara. 😀

      Like

    3. Demi so-called perfection, apa sih sekarang yang gak diedit? 😀

      Fashion itu kutukan, style itu berkah, cuma harus dibedain aja 😀

      Jadi pendapat soal lagunya masih tetep nih?

      Duh ane belum bener2 dengerin Sanbame no Kaze, kalau udah pasti ane update. 😀

      Like

    4. Itulah malesnya, jadi kesannya mereka ga PD dengan penampilannya. 😦

      Ane nyalahin penata fashionnya. 🙂

      Masih tetep dan syukur Alhamdulillah, coupling dan unitnya sip!
      Sannbanme no Kaze – ini juga heavy dance mungkin. Kesan Keya kuat dan kesan masa mudanya juga kerasa banget. 🙂 Dan nadanya juga mudah diinget. Yang jelas anak muda banget! 😀
      Igai BREAK – Love it! Superb! Kenapa ga ini aja yg dijadiin single utama! Kocokan funknya manteb abis! Dan suara Ringo yg biasanya cemprenk abis ga kedengeran sama sekali. Menyatu dengan indah dengan Misa, Maiyan dan Kaz. 🙂 Dari semua lagu yg udah keluar, ini favorit ane! 😀
      Another Ghost – funk dan edm, mungkin? Yang jelas suka! Tapi sayangnya suara metahuman ngerusak. Dia dikasih solo line juga! Itu sayang banget! Andaikan Manatsu ga ikut unit Another Ghost, lagunya bakalan nyaman didengar. 😦
      Emang sih, lagu macam IgaiBreak dan Another Ghost ini butuh member dengan kualitas suara bagus. Ga bisa kayak di grup, yg suara jelek bisa tertutup sama member lain. Tapi ini ane denger dari speaker tablet ane, belum pake headphone dan laptop. Mungkin aja bisa berubah pendapat ane ntar. 🙂

      Like

    5. Didukung juga oleh fitur instant editing yang beredar dimana2, semua terobsesi buat tampil palsu 😀

      LLC selalu salah XD

      Ane udah dengerin semua sih, pake laptop & headset, tapi masih belum niat nulis reviewnya, masih tunggu file yang lebih jernih lagi. Kalau gak keluar2 juga, paling lama minggu siang ane tulis reviewnya.

      Like

    6. Kemudahan ternyata ga selalu baik. 😀

      Kasian LLC. 😀

      Ternyata ane salah. Yg suaranya ga banget di Another Ghost adalah adeknya mimin, Ashurin. 😀 Maaf min. Tapi, Marikka lumayanlah, stabil. 😀

      Like

    7. Iya lah, dunia ini panggung sandiwara XD

      Kasihan? Ane lebih kasihan sama mereka yang beli dan dapetnya cuma begitu2 aja XD

      Ane akhirnya tulis reviewnya meski bukan Ashurin yang jadi concern utama ane, tapi audio yang masih butek. Emang sih Ashurin masih kurang, tapi yang bikin heran itu Igai BREAK, autotune sampe max kah? 😀

      Untuk sekarang sih Fuusen wa Ikiteiru nomor favorit ane. 😀

      Like

    8. Panggung sandiwara, jadi inget God Bless. 😀

      Tetep kasihan LLC. Meski mereka ngeluarin yg biasa2, masih banyak orang yg ambil dari link gratisan. 😀

      Igai BREAK autotune, ya? Ane ga ngerasa gitu, soalnya member yg masuk, suaranya ane suka. 🙂
      Sama, ane juga suka Fuusen. Kedua setelah Igai mungkin. 🙂
      Yang jelas, ane bersyukur, meski menurut pendapat ane single utama lemah, cuma menang dibeda doang, coupling dan unit songnya kualitas tinggi semua. Ga salah kalo bakalan sering kedengeran suara yg ga pas, karena butuh kemampuan menyanyi yg cukup baik juga buat bawain lagu2 ini. 🙂
      Sekarang, adeknya apa bisa lebih bagus dari komposisi kuat mbaknya. Tahun kemaren, adek banyak menang. Apa bisa juga tahun ini? 🙂

      Like

    9. Panggung sandiwara dan panggung editan foto 😀

      Mentalitas Robin Hood itu harus dipertahankan, LLC kan Sheriff of Nottingham 😀

      Yang ane tangkap sih gitu, rada heavy di autotune soalnya vokal Sayuringo gak kaya dia, ini faktor utama, yang lain Maiyan juga kurang ketangkap suaranya.

      Coupling kali ini emang diatas rata2, semuanya bagus, paling jelek nilai B- untuk saat ini (Sanbame no Kaze). Cuma ya itu balik lagi ke vokal.

      Ane masih nunggu audio yang enak bener dan mungkin nanti bakal revisi ini review.

      Untuk Keyaki, paling dua minggu lagi udah keluar main singlenya, tunggu aja. 😀

      Like

    10. Atau emang LLC udah jor-joran keluarin duit buat bikin lagu bagus, terus untuk cover pake jasa ala kadarnya. 🙂

      Tapi setidaknya sekali dalam seumur hidup, ane pengen beli. Di Fam48 kayaknya ada yg bisa bantu, anakpanti48 atau apa gitu. 🙂

      Kalo Maiyan & Misa ane masih bisa bedain. Kaz yg agak sulit, tapi masih bisa dirasa. Soal Ringo mungkin bener autotune kayak mimin bilang. Tapi ini juga dari audio ala kadarnya. Kalo MVnya muncul, baru keliatan sapa dan sapa yg nyanyi.

      Sayangnya, member yg dipilih buat coupling dan unit song kurang pas. Ane berharap member macam Karin, Rotti, Chichan, Junna, Iku, Reika, Misa bisa digabung satu unit atau salah satunya dikasih solo, terus kasih lagu bagus yg butuh teknik tinggi. Jadinya pasti wow banget! 😀 Tapi, sayangnya popularitas mereka kalah sama member yg suaranya ga banget. 😦
      Soal Sanbanme, ane ga bilang lagunya kualitas rendah. Sederhana dan mudah dihafal. Tapi, masalahnya di vokal Gen3 masih belum terasah. Dibandingin dengan Senpainya pas nyanyi single utama atau Under dengan Fuusen-nya, masih jauh kualitasnya. Butuh banyak latihan, mereka. 😀

      Sabar, ya, kuncinya. 🙂

      Like

    11. Buset, sampe segitunya. 😀
      Tapi ane liat kemarin, nama2 komposer kali ini rada asing ya.

      Dulu di fansub ane pada beli semua pas Tenchou, ada yang beli Fudangi, Yasashi Toge juga, tapi ane pass, mahal bener plus cukai masuknya 😀
      Kalau album kayanya tetep satu dua doang yang beli 😀

      Hahaha, ini salah satu kenapa ane biasanya rilis review lagu paling akhir, soalnya susah buat kasih review yang bener2 kalau audionya jelek 😀

      Ane rasa itu karena pride member ya, yakali manajemen terang2an bikin “ini unit vokal bagus” sama “ini unit vokal ancur”. Kalau yang emang in charge di variety kaya Manatsu sih oke, lah kalau Sayu yang tipe vokalnya emang cempreng gimana gitu masuk unit vokal ancur harga diri dong, padahal dia termasuk salah satu yang diatas rata2 😀

      Ane sih gak masalah dengan vokal yang raw, karena itu charm mereka sebagai debutan, sama kaya Dare Yori mo Takaku Tobe, makanya ane cuma bilang belum keliatan siapa vokalisnya Gen 3, tapi lebih gak begitu demen sama aransemen yang terlalu rame.

      Like

  3. Segi cover ane ga coment banyak cuman selain w center miona ama kaz kliatan cantik hahaha…
    Kalo segi music ane belum nangkep emosi dari single ini masih butuh waktu hahahaha

    Like

  4. Pas gambar promonya keluar, ane senyum pait pas liat foto Maiyan Ashurin n Bebitan, size kepala sama badan timpang..

    Pas cover per type keluar, ane senyum pait liat Miona, kok gitu amat style rmbut poninya (ini sekaligus menjawab gk akan ada voodo yg keluar buat yg ngatain Miona slm dalam batas wajar, klo berlebihan bkal ane keluarin tuh boneka)
    Lengn bajunya Miona juga kepanjangan lagi, fashion? malah gk perlu mnurut ane

    Pas cover per type keluar, ane ngakak liat Kanarin, ntah knp kyk liat kakak2 polwan yg nyempil dibelakng para remaja yg lagi fotoan XD

    Soal lagu? dah tau lah ya garis besar pndapat ane soal lalgu ini XD
    Blum 100% yakin sma penilaian diri sndiri, butuh MV dan kualitas suara yg lebih OK dulu 🙂

    Like

    1. Itu namanya Photoshop https://goo.gl/bvSemn.

      Kalau Miona, dan member lain, itu namanya fashion, sesuatu yang susah dimengerti kaya XD

      Yang ane heran dari Kanarin, disini sama di MV beda rambutnya, di MV coklat terang, disini hitam.

      Sekarang MV udah keluar, udah yakin? XD

      Like

    2. Ntah siapa editornya, photoshop utk memperbagus, ini mlah ancur..

      Ntahlah, tpi gk banget rmbutnya Miona di cover itu XD

      “Yang ane heran dari Kanarin, disini sama di MV beda rambutnya, di MV coklat terang, disini hitam.” mungkiinnn… Itu namanya Photoshop https://goo.gl/bvSemn

      Baru seklai liat, jadi masih sma penilain ane, bagus, udah msih smpe itu aja XD

      Like

    3. Fail, trus tetep dipake, sapa yg jenius dimasalh ini? XD

      Waktu itu ane lagi gk bareng Miona, lagi bikin urusan sama romeo + srigala2 diluar sana 😎

      bayar copyright pake kuota? ogah XD

      Bukan tumben, tpi emng baru bisa liat sekali gra2 kebanyakan senam jari om XD

      Like

    4. All hail LLC

      Justru gra2 gk ada ane makanya hasil Miona kyk gitu, soalnya cuma dari saran ane yg Miona dengerin, dia gk mau dengerin sran dari org laen… 😎

      Kan dah dibilang, 3310 unlimited seumur hidup, gk butuh kuota.. XD

      Belum, baru sekedar baca review dari sini aja, soalnya bbrp c/w ada MVnya, jd sekalin liat MV nya aja ntar XD

      Like

    5. Sama aja kaya All Hail Plankton XD

      Iya aja lah, kalah ane XD

      Butuh lah, buat sekedar punya. XD

      Bukannya semua ada MV, kecuali Atarisawari no nai Hanashi?

      Like

    6. “Iya aja lah, kalah ane” <- emang iya kan 😎

      Ya mungkin itu 3310 situ, 3310 ane unlimited, seumur hidup XD

      Ya, makanya, ane nungguin MVnya aja sekalian XD

      Like

    7. Yah ane tau situ lagi stress di kosan sendiri makanya ngalah aja lah XD

      Batereinya atau kuotanya? XD

      Ada bocoran kapan MV coupling rilis?

      Like

    8. Loh, stress gra2 apa? XD

      Kuota unlimited seumur hidup
      battereinya jg, bahkan bisa jadi power bank

      Klo nogi kyknya gk ada bocoran2 gitu,
      Beda sama keya yg sejauh ini maennya di showroom, jd ada bocorn

      Like

    9. Oh, klo itu sih gk buat pusing, bikin mual aja, delusiin kok member yg dah punya suami XD

      Multifungsi wak, emang gk salah dikasih julukan the legend XD

      Hmm, blm ada sih kyknya, blum keliling juga ane pas nulis komen ini XD

      Like

    10. Emang dasar susah kalau bakat alam XD

      Kalau lagi terjebak kerusuhan, bisa bikin aman juga XD

      Pas ane nulis ini, Keyabingo aja belum keluar XD

      Like

    11. Ya itu maksudnya, itu bahsa inggris hasil perpaduan jari-jemari ane + b.inggris ala Maaya XD

      Ini yg ane malas, bikin hari2 ane selalu ektra waspada aja XD

      Like

  5. Cover
    Nogi bner2 ingin mnegaskan we’re fashion idol dan tntu saja market para perempuan. Q g ngerti soal sotosop2an tp ane suka type D dan reguler, marika always stunning with her pose 😀
    Lagu
    Ane suka dan spendapat dg mimin, springs comes to nogi!.q suka nogi krna ini mrk berani ngolah brbagai jnis genre music, mulai diawal yg ckup idolish song,ballad,cool,EDM,SKA,musical,rock dan latin. Btw ane jg sayup2 dnger instrumen trompet di lgu ini jd kbayang hinachima yg main 😀
    Dan dri preview MV,I like it!. Dan mngkin g akan story based sprti single lalu tp kayak seifuku mannequin dan yah dancex cnderung cool sexy. G sbar nunggu full
    Trus lagu gen3 q jg suka,meski katanya mirip keyaki tp purple linex ckup kuat dg suara dri gen3 yg bisa ane bilang udah bulat dan standar nogi.

    Like

    1. Cuma kurang kreativitas di packaging CD kayanya. Cover kan gak harus kotak, persegi panjang bisa, bikin albumnya kaya majalah gitu. Tapi gak mungkin ya soalnya yang bikin pelit sih 😀

      Ini lagu aroma latinnya kental, tapi instrumen selain wajib juga kayanya diikutin. Ane belum dengerin bener2 sih lagunya, terlalu fokus sama MV-nya barusan, tunggu lossless aja deh atau seenggaknya HQ audio. 😀

      Lagu Gen 3 ane belum dengerin, kalau udah pasti artikel ini ane update kok. 😀

      Like

    2. Tambahan utk coupling song y,ane urut brdasar ranking ane
      Fuusen wa ikiteru,under slalu bisa diandalkan 😀
      Music ama vocal udah pas dikuping ane dan thanks to jhonson’s rap exposure di nogibingo shg bisa ksih warna lain di lagu2 under nogi. Bner2 pnasaran ama line up undermmber bneran wcenter kah. Krna Divocal awal ane denger suara ayane tp g tw satunya trus dislah stu bagian rap ada suara si zaki. Entah knp ane suka jumlah under yg 12 ini,lbih stabil. Jd fix y ini gen3 g msuk under tp bner2 pisah unit?
      Igai break,another gold song!
      Apalagi suara misa senpai,fiuuuuh!
      Dan utk ringo meski bsa dbilang dy bad vocal tp dy msih tw nada beda ama manatsu dan yuttan yg amburadul.smakin pnasaran ama mv,apakah tmbah dewasa auranya?
      Syg agenda nogi utk awal taun g ada konser kcuali BDL itupun dah lewat jd g bkal bisa liat live klog ikut HS 😦
      Jinsei-kapten’s unit
      Its really soothing,suka bgt wlo sayang dikit bgt previewx tp ada nada yg amat ngebeat di akhir itu bgian dri lgunya ato potongan radiox yg krg brsih?.smoga sih yg bgian akhir bukan bgian dri lgux krna ngerusak mood yg udah kbangun diawal dri dawaian piano yg mendayu2.Bisa ane byangin pas live mngkin waka atau kapten mainin pianox. Mrk ber2 bisa main piano kn y,referensi dri nogidoko
      Another ghost
      Funk abis,tp lbih pnasaran ama MV krna 3 mmber ini cukup kuat di dance. Apakah dance based lg ato yg lain.
      Sanbanme no kaze,bagus tp forgetable. Harapan ane smoga sgera gen3 muncul koujichu trus tampilin nih lagu 😀
      Atari-unique voices’s unit
      Suka intronya tp stlah itu biasa aja. Ane suka ama suara sayunyan disini,keinget pas di 46jikan tv sesi karaoke niruin hanazawa kana,kawaaiiii 😀
      Mnrut ane overall ini single yg mnyenangkan,kesan new nogizaka46 jg krasa 😀
      Mngkinkah ini salah satu alasan manajemen ngebolehin nama2 besar g ikut HS?

      Like

    3. Ane langsung kecantol sama Fuusen karena akustik+rap selalu jadi tipe lagu #1 buat ane. Rap ane masih ragu apa itu Johnson, apalagi siapa yang ngebuka lagu ini. Ane kurang yakin soalnya kalau Aachan sama Zaki, karena gak terlalu merhatiin suara mereka juga. Kayanya iya fix 12 Under, di Wiki48 juga ditulis begitu kok.

      Ane masih kurang begitu sreg dari sisi artifisialnya Igai BREAK sejauh ini, kalau udah dapet audio yang jernih mungkin bisa beda. Yah, sayang emang lagu ini gak bakal dibawain ke panggung semacam MSte, tapi bisa juga karena gak ada coupling senbatsu. Meski yah saingannya ketat; Gen 3 sama Under.

      Kayanya ane gak denger nada upbeat dari Jinsei deh, mungkin filenya beda. Kalau piano, unit ini emang kayanya ada kaitan sama instrumen satu ini, Sukima juga gini soalnya 😀

      Another Ghost kalau menurut ane MV-nya bakal setipe sama Ano Kyoushitsu sih, yang rada nyeleneh gitu 😀

      Mungkin maalah Sanbame no Kaze pertama kali bakal dibawain di 46 Show! 😀

      Atari ane masih belum dapet, soalnya emang bukan selera. Tapi yah tetep nunggu yang full.

      Single kali ini emang bisa dibilang awal dari New Nogizaka yang digembar-gemborkan, tapi jelas belum cukup kalau gak ada bukti nyata, dari manajemen dan member. Selama 3 bulan kedepan, waktu pembuktian. Kalau nama2 besar yang absen HS itu juga bagian dari skenario tahun ini, ane rasa harus dimanfaatkan meski di semester 2 tahun ini bisa aja kabar2 yang bikin banjir air mata kedengeran.

      Like

    4. Butuh bukti yg kayak apa lgi gan?
      Susunan senbatsu ato apa nih…:D
      Btw,knp preview lgu2 kmren g difull kyak yg 16 kmren y?
      Wah syukur deh klo yg jinsei full piano,brarti file yg ane dpet kmren krg brsih ngeditx.
      G sbar nunggu semua mv dipublish dan yg pling penting new individual pv 😀

      Like

    5. Regenerasi yang jalan bukan cuma sekedar pemanis, tapi nyata. Kasih yang angkatan 97 kebawah push yang lebih, tetep pertahankan yang lumayan kaya Maichun & Karin. Manfaatkan Under Live lebih jauh, Gen 3 udah pasti ikutan mereka kan? I’ll be darned kalau tahun ini gak ada nama besar lagi yang pergi. Regenerasi udah jadi keharusan, gak harus langsung tapi bertahap. Sekarang udah cukup bagus, tapi tentu harus lebih dong.

      Enggak juga, seinget ane Buranko juga begitu, malah 2-dome no Kiss Kara malah gak kedengeran sampe albumnya rilis.

      Ane cuma nunggu MV, individual PV enggak terlalu soalnya emang hampir gak pernah download kalau yang ini 😀

      Like

    6. Iya,mngkin gen3 bkal di ikutin under live tour tahun ini. Kbangetan klo g ikut ksihan under mmber mana lagu udah bnyak personel cma 12 biji.
      Ane pnggemar pv individu jd y ckup dnantikan slain itu bnyak yg mnrik di individual pv. Kyak duet kapten dan misa senpai suarax mantab,harmonix pas. Ane jg pngen tw lnjutan pvnya karin yg pnya kekuatan super ama zaki sg pengusir hantu 😀

      Like

    7. Asumsi Gen 3 ikut, mereka jelas jadi bintang utama. Gimana mereka bisa kerjasama sama senior tanpa terkungkung di lingkungan Gen 3 doang, itu yang paling penting. Buat para senior highlightnya palingan entar di beberapa tempat bakal ada cameo dari Nogidan, atau Hime.

      Duh, pass deh, ane gak pernah download soalnya. 😀
      Sering sih pengen download, tapi ujug2 palingan gak bakal ane liat, akhirnya lewat deh. Sama kaya konser2. 😀

      Like

    8. Wah msih sempet2nya update gan,ane kirain udah pasang plang “maaf yg punya kosan meriang” 😀
      Cepet sembuh gan,keyaki udah mnanti noh. Techi udah nunggu dg hrap2 cmas djendela 😀
      Ranking lgu ane g brubah kyak diatas jd ane komen soal live perform aja y. Nogi emg sesuatu klo live slalu bawa charm trsendiri di tiap lagu2x. Apalagi kapten,marika,kana,ikuchan,misa senpai, KYAAAAAAA!. ah maaf lepas kendali 😀
      Itu adegan maiyan pegang pundak manatsu kyak ngomong “move bitch!”. Dan lgi2 nanajojo pose skali2 doiyahsan kek.
      Dri 2 live mste dan CDTV ane lbih suka angle kmera yg di mste dripda CDTV. Iya tuh ranze jatuh pdahal yg diwanti2 kanarin. Kasihan debut Mste lgs jatuh tp dganjar screentime di CDTV kok.Ane jg bru tau trxata wrna bajux ada 3 dri fto ikuchan kmren dan tntu saja tiap mmber pnya kerah mrk sndiri. Gara2 takayama di koujichu kmren y? Jd tiap mmber jd ikutan pnyesuaian kerah jg. Btw posisi marika pas live mnrik y,0 potion gtu pas dblakang center tandakah?
      Dan dance utk live bagus dinamis cma y itu 21nin susah bgi kamera buat nangkepx. Jd smakin pngen liat yg Full nunggu nogishow nih.

      Like

    9. Gak masuk kerja dua hari, buang2 kuota download film mulu, bosen juga makanya kemarin garap aja deh pelan2, ngeditnya dari pagi itu 😀
      Kalau Keyaki udah ane bikin rangkanya, mulai review Fukyouwaon dari lagunya, tapi yang pertama rilis juga palingan review MV-nya 😀

      Kalau live, ane rasa yang versi CDTV bagusan, daripada yang MSte, tapi ya semua punya preferensi sendiri 😀

      Itu Ranze yang jatuh? Duh, debutan masih demam panggung 😀

      Ane juga baru ngeh ada tiga warna, yang biru sama ungu gak terlalu keliatan jelas di MV-nya, kirain cuma satu warna. Soal kerah juga, entah video ane rada burem atau gimana, tapi ane gak nangkap itu pas review MV-nya 😛

      Tanda2 apa nih? Jangan bikin H2C 😀

      Nah, itu dia, sisi jelek kebanyakan member ya begini, screentime MV mepet, live apalagi 😀
      Oh iya yang kemarin AKBSHOW cuma bahas SakamichiAKB ya? Disitu gak ada performnya? Ane cuma download yang bagian SakamichiAKB doang.

      Like

    10. Iya krna di mste si kapten kliatan charming bgt dg rambut barux yg trgerai,klo di cdtv rmbutx diiket jd krg greget 😀
      Utk warna emg di mv krg jelas krna kena efek lightingx dan kerah ane bisa liat detil dri foto/screenshot klo dri video susah.
      Soal marika bisa agan tnya di bola christal agan sendiri jgn drumput yg brgoyang 😀
      Udah liat kojin pv dy yg trbaru gan?
      TOP BGT!
      widih apalagi asuka,bikin mimisan. Mngkin bisa bntu agan biar lbih sehat gara2 pv mrk 😀
      Oh y soal seifuku baru detilx ada di iklan haruyama kan, maiyan jg udah mulai pake di program kudanya kemaren. Smoga tuh seifuku dpke pas acara abema tv ntar. 😀
      Suka bgt klo nogi pke wrna putih. Kyak dmjalah apa y anak2 hirakeya pke sragam putih jd mirip nogi, kesan keyakix jd lebur 😀
      Utk akbshow ane jg liatx pas mv making aja sih, kayakx g ada perform mngkin nunggu debut mste dlu bru akbshow.

      Like

    11. Apalagi dia ganti jadi blonde ya 😀

      Yah, ane kan dapet screenshotnya bikin sendiri, jadinya tetep aja burem 😀

      Bola kristal ane lagi dibersihin, baru kelar pas main prediksi2 lagi 😀

      Yah, kaya yang ane bilang, ane gak begitu minat sama Kojin PV jadinya ya gak download. Tau deh, link ada, bawaannya mager mulu tiap buka pagesnya.

      Duh, yang CM Haruyama kemarin ane belum sempat download pula, Maiyan pake seifuku putih 17th di Umazuki?

      Hmm, tapi belum ada juga jadwal Nogishow yang buat 17th ini kan?

      Like

    12. Yah,gmn sih akhirx si adek bisa senam malah g dlihat 😀
      Iya,dy pke di umazuki pas bgian vtr yg bagian entah sesi apa macam mousou kali.
      Iya yah,stelah episod sakamichiAKB ane kira bakal 17 yg tmpil tp g ada brita sama skali. Mngkin nunggu baju perform under jd dlu kali 😀
      G mngkin kan under tmpil pke suits walopun ane pngen bgt liat mrk perform pke itu 😀

      Like

    13. Hahaha senam 😀

      Ane jarang2 download umazuki sih, gak doyan kuda. Kira2 kapan Yuuka bisa jadi guest ya? 😀

      Kalau Under sih kayanya pasti pake dress putih, itu udah kemajuan dari Hadashi/Sayonara, kostum MV gak dipake perform 😀

      Like

  6. Seifukunya keren,,modifikasi ima hana,tapi yang ini versi dark nya,ada yang ditambahi celana dan menurut ane itu sedikit aneh(mungkin karena gak tau fashion) tapi aneh aja gitu dress dibawah lutut di pakein celana panjang pula.

    Like

  7. Lagu sanbanme no kaze mirip lagu sono saki no deguchi,,itu yang dibilang EDM ya?ane gak terlalu tahu nama2 aliran musik

    Like

    1. Ane https://goo.gl/xZ3ohl
      Soal coupling ane suka another wolf eh ghost (kalau wolf mah abangnya),atarisawari belum ada yang full ya?soal lagu gen3 setuju ama agan,music terlalu mendominasi,
      Yang bakalan ada mv nya yang mana aja ya?
      Semoga ada yang pake story line

      Like

    2. Cogan? XD

      Dih sendirinya serigala malah nuduh orang lain XD

      Atarisawari, Fuusen, sama Jinsei belum ada yang full, makanya ane kasih rate undecided dulu.

      Semua bakal ada MV kecuali Jinsei & Atarisawari. Kalau yang bakal ada storyline, ane rasa pasti ada, soalnya jarang coupling yang gak pake storyline.

      Like

    3. Pasti lagu another wolf didedikasikan buat agan tu,,untuk dipisahin sama naachan,kalau sempat cuma dua orang aja,bisa-bisa mereka cover lagu yovie nuno(…dia milikku,bukan milikmu,dia untukku,bukan untuk mu…)😆nasibmu lah dek,punya abang wolf

      Ane awam soal fashion atau musik,ane pure penikmat dari hati

      Ane selalu suka sama mv yang ada ceritanya,baik 48 ataupun 46,mudah2an single ini ada yang punya story line,kalau perlu bikin mv durasi 10 menit,

      Keya ada bayangan akan pakai story line?

      Like

    4. Ckckck, suka memutarbalikkan fakta adalah ciri khas serigala 😎

      Bah, 10 menit? Muguchi na Lion aja cuma 7 menitan, ini ngarep 10 menit? 😀

      Enggak. Selama ini apa MV mereka yang ada storyline-nya? Gak ada kan? Ane gak bakal bertaruh untuk Keyaki.

      Like

    5. Lah bini ane kan gak sampai nyanyiin hymne serigala

      Masih mending ngarep 10 menit,daripada mintanya dibikin kyk GM5 atau flying get nya 48.semoga sanbame ada story nya,dan zukki❤kuh centernya,tapi dari denger musiknya agak susah ya,,,itu jenis aliran musiknya apasih?

      Single ke 2 ‘nyaris’ punya story line menurut ane,,,meski seperti nya harapan itu tipis,tapi ane tetap berharap,mungkin saat yuipon center kali ya?

      Like

    6. Level serigala situ udah akut kayanya 😀

      Ini satu fakta lagi, main Zukki “KUH” aja, pake love2 lagi, ckckck 😎

      Aliran musik Sanbame? Campursari kayanya, apa aja ada XD

      Sekai ni cuma karena ada poetry jadi terasa ada storyline, padahal ya enggak juga. Kalaupun ada gak ada yang bisa decipher storyline-nya.

      Kenapa kok pas Yuipon baru ada storyline?

      Like

    7. Akut karena zukki❤ kayaknya…
      Dan setidaknya gak seakut agan lah,,,ane masih ada darah mugle nya

      Campur sari?wah baru tahu ane,idol ada aliran musik itu,,,musik pantura ada juga gak?😆
      Di gen 3 yang punya vokal ‘yang lumayan bisa dibanggakan’ siapa ya gan?

      Itu lah ane bilang nyaris,

      Karena kalau masih techi,akan lebih mengekspos techihiro kayaknya,magis di dance nya emang top,yang punya muka penuh drama ya yuipon,memelas sendu menawan ala naachan.😊

      Like

    8. Sama sekali gak percaya situ gak akut. Apalagi bawa2 adek ane 😎

      Koplo aja ada, tuh Popipappapa XD

      Masih belum tau siapa yang bisa dibilang vokalisnya Gen 3, audio dari Sanbame masih butek, Principal juga gak ada link sih.

      Oh karena faktor muka toh, tapi ane ngarepnya kalau Yuipon jadi center sih dapet MV yang selain ada storyline ada juga scene dancenya.

      Like

    9. Ya elah,masak ama adek ipar sendiri gak percaya,ane akan jaga zukki…

      Wahh,jadi popipapappa alirannya koplo ya?baru tau ane,lumayan suka sih ama itu lagu
      Penasaran ane liat mv sanbanme,terkadang mv bisa merubah penilaian

      Selain wajah,ane milih yuipon karena ingin liat center yang lain aja

      Like

    10. Adek ipar ane? Kayanya agan kebanyakan makan popcorn 😎

      Disco Koplo kali XD

      Paling bagus mungkin kaya Dare Yori mo Takaku Tobe, atau Nogizaka no Uta sih ane ngarepnya.

      Selain Yuipon, jagoan lain buat jadi center?

      Like

    11. Wah agan tau banyak kebiasaan ane kalau lagi nonton berdua ama zukki❤,dia juga bilang gitu,jangan kebanyakan ngemil…😆

      Tapi daripada popipapappa,ane lebih suka sono saki sih

      Tapi sayang banget atarisawari gak dapet mv,karena tanpa mv,ane gak begitu suka dengan lagunya(belum dengar yang full sih)tapi kalau ada mv nya kan,ane bisa liat adek ane❤,

      Kuritarou-zumiin-manaka-aka-neru.
      Menurut agan aka udah layak jadi center?

      Like

    12. Wkwkwkwk,,,sebagai abang yang baik,harus merelakan kebahagian adiknya brsama ane😆

      Setuja,,,dan ane berharap kalaupun gak dapat story line penuh,paling gak sanbanme kyk gitu mv nya,ada sedikit cerita dan dance nya,,,btw keluar mv couplingnya kapan ya?

      Iya juga sih,paling gak adalah tampil live di tv atau konser
      Kelebihan jinsei apasih?sampai-sampai ditaruh di track 02,padahal menurut ane igai break lebih enak dan tanggapan fandom lumayan bagus

      Ane nilai juga gitu,makanya ane taruh di pilihan ke sekian,dan menurut ane dari pada zumiin,ane lebih berharap pada kuritarou udah dapat center terlebih dulu,ane suka aja tatapan sadisnya di silent majority

      Like

    13. Itu bukan kebahagiaan Zukki, tapi iler berlebihan dari serigala 😀

      Tau deh, denger2 hari ini bakal ada previewnya coupling yang keluar, tapi ane tunggu kok belum juga.

      Sama kaya Harukanaru Bhutan, ada sisi soft sendiri dari lagu ini. Alasan lain, biar fans beli semua type 😀

      Kapan hari ane kaya mimpi kaya enggak, liat Miyu jadi center, soalnya pas sering nonton video sebelum tidur 😀

      Like

    14. Kata zukki❤ ane tidur gak ileran kok😆

      Ane udah liat mv igai break dan another ghost,untuk lagu ane suka igai,langsung nyantol dikuping,namun untuk mv ane lebih suka another wolf(eh),suka dance nya,suka kostum hitamnya,kalau igai dance nya sama kyk nogi bawain hebirote kemaren,terlalu ‘putri’,gemulai terlihat seperti kurang power

      Itu yang ngambil suara pertama di another naachan ya?pangling dengarnya

      Tapi ane lebih brharap banyak pada miyu,ane suka looknya di silent,tapi tambah suka pas liat dia di mv futari

      Like

    15. Delusi lagi 😎

      Kalau soal MV coupling, bahasnya di artikelnya aja,ane udah review dua MV itu 😀

      Iya emang Naachan kan? Tuh diatas ane juga tulis suara dia beda.

      Masih lama banget kayanya ganti center, paling masuk akal di 5th, itu juga kalau kejadian.

      Like

    16. Untuk lagu menurut ane influencer-jinsei-another ghost-atari(bias😄)-igai break-sanbanme-fuusen

      Karena ane ballad addict,jadi ane langsung suka sama lagu jinsei,tau deh kalau dibawain live

      Dan ya seperti yang ane tanyain diatas,di another ghost yang nyanyi pertama naachan?beda banget

      Like

    17. Wah wah wah? Fuusen terakhir?

      Jinsei dibawain live? Sama aja kaya buka kotak pandora itu namanya, ngelepas vokal Manatsu ke publik 😀

      Bukan cuma vokal Naachan yang bikin ane kaget, di Jinsei juga vokal pertama gak kaya Manatsu 😀

      Like

    18. Iya,kalau sambil liat mv nya ane lumayan suka,tapi kalau hanya lagunya,ane lebih suka sama jinsei

      Wkwkwkwk,,iya ya,setuju,lebih baik tetap terkurung di kotak pandora,meski ane lebih berharap lagu kek gini dibawain senbatsu,baru single kali ini ya senbatsu gak dapat lagu coupling?apalagi dibawain pas konser kyk akb bawain aozora no soba ni ite di tokyo dome

      Iya yah,ane pun dengar yang ke 3 kali baru nyadar kalau itu manatan

      Like

    19. Dari semua lagu di single ini Jinsei #1?

      Sama kaya tahun lalu sih, coupling senbatsu gak ada dan gantinya unit Harukanaru Bhutan.

      Ane nunggu liriknya aja lah biar jelas, soalnya biar mau pake headset sekalipun, ane ragu itu suaranya Manatsu atau komputer 😀

      Like

    20. Tepatnya dibawah influencer,kalau untuk unit,ya,jinsei #1

      Wah wah, agan bully juga nih?marah bpk kos sebelah nanti,,,tapi bener juga sih,kalau beneran itu suara manatan pasti pake autotune tingkat bidadari tuh😆

      Like

    21. Suka gak sih,cuma playlist isinya mellow semua😆😆😆(udah addict malah)

      Ane suka dia kalau di variety apalagi kalau dia udah mancing kuroishi nya si maiyan😆

      Like

  8. Udah denger semua preview coupling-nya, autotune abis buat dipas-in ke musiknya. 😀
    Tapi lumayanlah buat variasi di telinga ane.

    Igai Break bikin ane ingat dengan Persona the Series. Jadi nostalgia aja rasanya sama itu game. 😀

    Like

    1. Yep, autotune dimana2, tapi yah mau gimana lagi, Ikuchan absen, lagu dibagi rata ke unit yang frankly, gak punya solid vocalist kecuali Igai BREAK, yang lain paling bagus cuma middle-tier vocalist. 😀

      Udah bagus kali ini gak pake solo 😀

      DUh kalau game, pass deh 😀

      Like

  9. Ranking sementara dari ane:

    Influencer = Fuusen = Igai (susah nentuin mana yg ranking 1 dari ketiga lagu ini. Lagunya lumayan unik2 semua.)
    Jinsei (imo, lagu ini mirip lagu Hanamizuki. Lagu legend yang jadi soundtrack dramanya Yui Aragaki)
    Sanbanme (jedag-jedug di lagu ini mengingatkan sama lagu Hiragana Keyaki)
    Another Ghost (Dari duluuu, ane gak suka karakter suaranya Naachan. Gak tau kenapa deh. Tapi lumayan lagunya.)
    Atari (agak bosen lama2 denger lagu ini)

    Ranking bisa berubah2 kalau udah lihat semua MV fullnya.
    Kesimpulannya mungkin single ini bisa jadi single terkuat Nogi. Semoga aja hits.

    Like

    1. Wah tumben nih ada yang naruh Influencer di #1, yang ane liat ditaruh bawahnya Igai BREAK rata2 😀

      Hanamizuki yang mana ini? Banyak bener soalnya.

      Sanbame emang setipe sama Dare Yori mo Takaku Tobe sih menurut ane…

      Gak suka karena Naachan keseringan main di lagu yang mewek?

      Atari ane masih nunggu versi full.

      Yah, tinggal MV-nya. Yang gak ada cuma Atari sama Jinsei, rada sayang sih.

      Punya tebakan bakal di angka berapa ini single?

      Like

    2. Gak tau juga nih. Tiap kali denger Influencer bawaannya jadi pgn joget kaya gini 😀 https://twitter.com/lazysn0rlax/status/836203512488841218

      Hanamizuki yg original gan, yg dinyanyiin sama Yo Hitoto. Pianonya lumayan mirip menurut ane.

      Kalo menurut ane, lagu yg judulnya Hiragana Keyaki (single ke 2) yg agak mirip Sanbanme.

      Suara Naachan itu gak pernah bisa alami gitu. Gak tau kenapa.

      Padahal pgn banget lihat unitnya Miona di MV. Ah sudahlah T_T

      Kalau soal tebak2an, mungkin di angka sekitaran 900k. Bukan pesimis gak bisa dpt 1jt. Tapi lebih ke realistis aja.

      Like

    3. Medianya gak bisa diplay tuh…

      Menurut ane rada beda, kalau yang itu lebih ke piano gereja suaranya. Kalau Jinsei lebih ke klasik piano.

      Oh lagu yang itu, sampe lupa ane 😀

      Yah, dari awal, sama teknik, Naachan emang bukan top tier, apalagi soal pengaturan nafas kadang juga masih unstable.

      Ane malah prediksi sedikit dibawah 900K, tapi prediksi angka ane biasanya meleset sih, bola aja kalah mulu 😀

      Like

  10. Untuk cover, ane nilainya biased jadi ane suka semuanya. Kalau lagu, sejauh ini baru suka igai sama lagu under. Another ghost bisa aja masuk kalau suara nanasayang gak kayak orang lagi ngeden(?) 😀 Dan seifukunya kurang ane suka. Kalau ane kasih nilai secara keseluruhan single ini 7/10 menurut ane.

    Like

    1. Yang Fuusen belum ada link audio lengkap kan ya?

      Hahaha kaya orang ngeden, masa (ngaku2) bininya tapi dikatain XD

      Seifuku yang ungu+trousers? Yah, dari blog ember Kiichan, udah pasti jadi seifuku yang dipake buat perform sih ini.

      Like

    2. Ane kurang apdet soal single ini min. Biasa orang sibuk 😀 Jadi mungkin aja blm ada.

      Nanasayang belum resmi jadi bini ane gan. Ane masih setia sama MaRiNa(Maiyang, Risa, dan Hinata) jadi status nanasayng masih sebatas member yang ane sayang 😀

      Gak apalah. Karena ane kalau liat nogi perform yang ane perhatiin membernya, jadi gak msalah 😀

      Like

    3. Ceileh orang sibuk XD

      Hinata? Hinatanya Naruto? 😀

      Hmm, kostum juga mendukung kan, kalau pake yang ini kesan elegannya jadi rada jatuh.

      Like

  11. Ane sudah pernah baca postingan yang ini, ternyata ada update-nya ya. Dan Jinsei satu-satunya lagu ballad ya, sepertinya ane akan menunda dulu untuk mendengarkannya, sampai MV EDM-nya Keyaki keluar.

    Like

    1. Yep, ane update soalnya males juga bikin postingan ganda 😀

      Hahaha, tingkat penasaran sama gimana MV Keyaki emang susah dilawan ya 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s